Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

Halo om

Setiap hari gw lewat jalan tol cikampek mulai dari jatiasih sampai karawang timur

Sering juga lewat transjawa

Sejak ada pembangunan tol elevated sampai skg tol cikampek ancur gak karu2an. Jalan bumpy dimana2, baik di lajur kiri sampai paling kanan sama aja

Jalur kiri ancur karena bekas truk muatan, jalur paling kanan sepanjang jalan itu tambelan semua, kadang ada lubang

Apalagi udah deket2 cibitung itu jalur paling kiri udah parah gak enak dilewatin

gw pernah bbrp kali kejadian

1. Naik kijang (yg bawa kawan) kecepatan sekitar 90 km/h lajur 2, begitu di cibitung itu tiba2 ada lubang bekas sambungan beton yg gede banget.

tau lah ya kalo lubang di beton itu kasar2, yaudah kehajar dah tuh lobang. Denger suaranya kesian tuh mobil, sampe besi2 kolong kedengeran keras sampe ke cabin..... jedarrrrrr... rontok dah itu kaki2

2. Naik sedan kecepatan sekitar 100 kpj di lajur 3 tiba2 didepan ada aspal yg gompal2 (potholes) tp cukup dalam. Alhasil sepanjang 400m bergetar semua seluruh bodi mobil. gak taunya depan ada lubang lagi.. darrr... pecah2 dah tuh busing honda

Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi

Dengan kondisi tol yg begini kira2 kaki2 mobil tahan berapa lama ya ?

Thanks
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by pernahmiskin »

Ga ada patokan pasti.

Tergantung nasib dan cara berkendara

Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.

Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

pernahmiskin wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 14:18 Ga ada patokan pasti.

Tergantung nasib dan cara berkendara

Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.

Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Pasport KM 70rb udh nyerah ya, itu glodakan apa gimana om ?
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by pernahmiskin »

Jordiansyah007 wrote: ↑Tue Aug 10, 2021 11:31
pernahmiskin wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 14:18 Ga ada patokan pasti.

Tergantung nasib dan cara berkendara

Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.

Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Pasport KM 70rb udh nyerah ya, itu glodakan apa gimana om ?
Shock bocor, Mounting pecah.

Buat jalan bunyi kriyet2 ky truk.

Sy typical ga telaten serong kanan/kiri untuk ambil jalan mulus.

Mungkin itu penyebab utama.

Jd kalau ada yg bilang kaki2 rwd aman sampai kiamat, itu buat yg seneng milih jalan mulus dan telaten di jalan.

Atau nasib2an sj.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by alexdonovan »

Jordiansyah007 wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited

Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi

-edited
Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.

Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.

Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga

Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini" πŸ˜…
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by benzz89 »

Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?

Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.

Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.

Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

pernahmiskin wrote: ↑Tue Aug 10, 2021 18:20
Jordiansyah007 wrote: ↑Tue Aug 10, 2021 11:31
pernahmiskin wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 14:18 Ga ada patokan pasti.

Tergantung nasib dan cara berkendara

Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.

Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Pasport KM 70rb udh nyerah ya, itu glodakan apa gimana om ?
Shock bocor, Mounting pecah.

Buat jalan bunyi kriyet2 ky truk.

Sy typical ga telaten serong kanan/kiri untuk ambil jalan mulus.

Mungkin itu penyebab utama.

Jd kalau ada yg bilang kaki2 rwd aman sampai kiamat, itu buat yg seneng milih jalan mulus dan telaten di jalan.

Atau nasib2an sj.
Waah SUV aja dijalan rusak 70rb KM nyerah ya. harusnya kaki2 lebih kuat sih, pajero kaki2 kan mirip triton yg banyak dipake di tambang

Gimana kaki2 fwd yah
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

alexdonovan wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 6:34
Jordiansyah007 wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited

Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi

-edited
Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.

Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.

Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga

Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini" πŸ˜…
Mungkin kalo mobil yg lebih murah struktur kaki2 nya lebih simpel om, link2 n bushing2 lebih sedikit

Jd untuk timbul bunyi2an di kaki2 lebih minim :mky_01:

avansa emg kuat sih sodara punya veloz 2013 kaki2nya nyerah di KM 170 rebu, itu pun baru link stabil yg glodakan

benzz89 wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 10:36 Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?

Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.

Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.

Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Tol japek emg gak ada yg bener om, bumpy semua. Gelombang sana sini

Tp ane banyak liat lcgc yg make nya hajar lubang sana sini, ada poldur juga gak rem

Di tol japek jg mobil2 fwd pada kencang2 aja gak pilih2 jalan bnyk lobang

Entah awet gak itu kaki2, cuma penasaran aja seberapa kuat itu kaki

Pake avansa emg paling enak ya nyiksa ni mobil, gak rusak2 :big_grin:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by josomba »

Jordiansyah007 wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 15:40
alexdonovan wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 6:34
Jordiansyah007 wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited

Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi

-edited
Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.

Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.

Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga

Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini" πŸ˜…
Mungkin kalo mobil yg lebih murah struktur kaki2 nya lebih simpel om, link2 n bushing2 lebih sedikit

Jd untuk timbul bunyi2an di kaki2 lebih minim :mky_01:

avansa emg kuat sih sodara punya veloz 2013 kaki2nya nyerah di KM 170 rebu, itu pun baru link stabil yg glodakan

benzz89 wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 10:36 Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?

Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.

Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.

Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Tol japek emg gak ada yg bener om, bumpy semua. Gelombang sana sini

Tp ane banyak liat lcgc yg make nya hajar lubang sana sini, ada poldur juga gak rem

Di tol japek jg mobil2 fwd pada kencang2 aja gak pilih2 jalan bnyk lobang

Entah awet gak itu kaki2, cuma penasaran aja seberapa kuat itu kaki

Pake avansa emg paling enak ya nyiksa ni mobil, gak rusak2 :big_grin:
Anu om...

Kadang mobil dah bunyi glodakan atau pun setir dah ga enak, ga semua orang sensitip juga. Dan karena tiap hari atau rutin pake tuh mobil, perubahan gini2an kan biasa gradual ya, orangnya jadi tambah makin ga berasa. Beda ya kalau kasusnya bushing langsung pecah di tempat atau link stabil misalkan copot :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Jadi jangan heran juga ada yg hobby "nyiksa mobil" tp dia bilang masih biasa aja.

Emak ane termasuk yg kek gitu soalnya, kalau ada poldur suka dihajar bae. Karena ane ga rutin nyetir t32 d rumah, jd berasa waktu nyetr ni mobil kok kalau abis mendarat poldur ada bunyi glek n setir agak miring dikit. Bawa ke mbah marmut ternyata dah retak gede 1 bushing arm-nya. Nah pas ane tanya balik ke emak ga berasa memangnya? Beliau bilang "ah biasa2 aja, kamu aja terlalu sensitip"

:big_biglaugh:
Image
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by vincewonk »

alexdonovan wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 6:34
Jordiansyah007 wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited

Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi

-edited
Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.

Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.

Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga

Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini" πŸ˜…
sialnya orang berasumsi mobil kayak blazer itu tangguh di jalan rusak.

padahal balljointnya kecil banget dan sialnya aslinya harus ganti assy sama arm (terakhir GM punya yg bs disuntik gemuk 850rb 10thn lalu), kalah ukuran sama kijang kapsul.
bearing rodanya juga ngga banget (timken per pcs 200rb). padahal part lainnya bener2 tebel besinya kayak rel kereta.
entah desainernya pas bikin arm tie rod itu lagi sadar trus mabok atau kehabisan budget pas balljoint arm bawah sama bearing.

Avanza 2010 dirumah so far kaki2nya masih ori dr baru (jalan ga banyak sih 120rb km). yg ganti cuma bushing lateral rod. dulu rutenya tiap hari ke deltamas.

intinya semakin lunak karet bushing dan semakin nyaman mobil itu, siapin aja dompet yg tebel untuk reparasinya. :big_smile]
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by alexdonovan »

vincewonk wrote: ↑Thu Aug 12, 2021 7:31

sialnya orang berasumsi mobil kayak blazer itu tangguh di jalan rusak.

padahal balljointnya kecil banget dan sialnya aslinya harus ganti assy sama arm (terakhir GM punya yg bs disuntik gemuk 850rb 10thn lalu), kalah ukuran sama kijang kapsul.
bearing rodanya juga ngga banget (timken per pcs 200rb). padahal part lainnya bener2 tebel besinya kayak rel kereta.
entah desainernya pas bikin arm tie rod itu lagi sadar trus mabok atau kehabisan budget pas balljoint arm bawah sama bearing.

Avanza 2010 dirumah so far kaki2nya masih ori dr baru (jalan ga banyak sih 120rb km). yg ganti cuma bushing lateral rod. dulu rutenya tiap hari ke deltamas.

intinya semakin lunak karet bushing dan semakin nyaman mobil itu, siapin aja dompet yg tebel untuk reparasinya. :big_smile]
emang gokil tuh. Aku dulu dapet yang masih original. 2 tahun di tanganku, udah ada balljoint aftermarket yang dibaut ke arm.
kalau bearing roda ga pernah masalah untungnya...

ah, jadi pengen beli lagi... nostalgia
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by lemonadelovers »

Klo jatiasih karawang timur bukannya lewat elevated ya?

Btw sering lewat jalan rusak profil ban ganti yang lebih tebal aja
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Omnibus »

kl kena nya bushing arm, shock absorber, karet support msh bisa tahan harganya. begitu kena steering rack n harus ganti assy barulah segala kesal berkecamuk habis tau harganya.

kl lcgc hajar lobang terus ga masalah krn spare part paling berapa. ane malah bayangin mobil yg pake airsus, lewat situ mungkin cuma deb deb deb derrr derrr derrr aja suara di dalam kabin. krn ga berasa makin di gas. ga taunya jebol airsus kena puluhan/ratus juta he he he
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by adiputra4 »

Tol japek ini tol paling gak enak se indonesa kayanya :big_biglaugh:

pilih2 jalan aja kalo lewat sini kalo mau kaki2 awet

Heran jg ya ga pernah diperbaiki dari dulu
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

josomba wrote: ↑Thu Aug 12, 2021 2:13
Jordiansyah007 wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 15:40
alexdonovan wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 6:34
Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.

Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.

Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga

Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini" πŸ˜…
Mungkin kalo mobil yg lebih murah struktur kaki2 nya lebih simpel om, link2 n bushing2 lebih sedikit

Jd untuk timbul bunyi2an di kaki2 lebih minim :mky_01:

avansa emg kuat sih sodara punya veloz 2013 kaki2nya nyerah di KM 170 rebu, itu pun baru link stabil yg glodakan

benzz89 wrote: ↑Wed Aug 11, 2021 10:36 Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?

Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.

Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.

Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Tol japek emg gak ada yg bener om, bumpy semua. Gelombang sana sini

Tp ane banyak liat lcgc yg make nya hajar lubang sana sini, ada poldur juga gak rem

Di tol japek jg mobil2 fwd pada kencang2 aja gak pilih2 jalan bnyk lobang

Entah awet gak itu kaki2, cuma penasaran aja seberapa kuat itu kaki

Pake avansa emg paling enak ya nyiksa ni mobil, gak rusak2 :big_grin:
Anu om...

Kadang mobil dah bunyi glodakan atau pun setir dah ga enak, ga semua orang sensitip juga. Dan karena tiap hari atau rutin pake tuh mobil, perubahan gini2an kan biasa gradual ya, orangnya jadi tambah makin ga berasa. Beda ya kalau kasusnya bushing langsung pecah di tempat atau link stabil misalkan copot :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Jadi jangan heran juga ada yg hobby "nyiksa mobil" tp dia bilang masih biasa aja.

Emak ane termasuk yg kek gitu soalnya, kalau ada poldur suka dihajar bae. Karena ane ga rutin nyetir t32 d rumah, jd berasa waktu nyetr ni mobil kok kalau abis mendarat poldur ada bunyi glek n setir agak miring dikit. Bawa ke mbah marmut ternyata dah retak gede 1 bushing arm-nya. Nah pas ane tanya balik ke emak ga berasa memangnya? Beliau bilang "ah biasa2 aja, kamu aja terlalu sensitip"

:big_biglaugh:

Kakak ane cewek punya rush 2013 trd, yg namanya poldur dihajar, lobang di hajar, skg KM nya 120 ribu.. dibawa ke toyota buat cek kaki2 tnyt cuma ganti sok doang, sisanya ori pabrik :big_biglaugh:

Pas ane coba jg emg kaki2 nya ga glodakan :big_biglaugh: kok bisa yah :big_biglaugh:

Kayanya masalah kaki2 ini emg nasib2an ya om..
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

lemonadelovers wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 4:44 Klo jatiasih karawang timur bukannya lewat elevated ya?

Btw sering lewat jalan rusak profil ban ganti yang lebih tebal aja
Kadang lewat elevated om, seringnya masuk bekasi barat.. cari akses masuk tol yg mudah aja.. lebih sering lewat non elevated

Profil ban lebih tebel bikin kaki2 lebih awet?
Omnibus wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 4:50
kl kena nya bushing arm, shock absorber, karet support msh bisa tahan harganya. begitu kena steering rack n harus ganti assy barulah segala kesal berkecamuk habis tau harganya.

kl lcgc hajar lobang terus ga masalah krn spare part paling berapa. ane malah bayangin mobil yg pake airsus, lewat situ mungkin cuma deb deb deb derrr derrr derrr aja suara di dalam kabin. krn ga berasa makin di gas. ga taunya jebol airsus kena puluhan/ratus juta he he he
Biasanya penyebab utama yg bikin steering rack berumur pendek apa om?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Omnibus »

Jordiansyah007 wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 14:26
Kakak ane cewek punya rush 2013 trd, yg namanya poldur dihajar, lobang di hajar, skg KM nya 120 ribu.. dibawa ke toyota buat cek kaki2 tnyt cuma ganti sok doang, sisanya ori pabrik :big_biglaugh:

Pas ane coba jg emg kaki2 nya ga glodakan :big_biglaugh: kok bisa yah :big_biglaugh:

Kayanya masalah kaki2 ini emg nasib2an ya om..
salah satunya krn profile ban nya rush tebal om. ban pengaruh banget dlm menahan benturan pertama, jadi yg ke transfer ke kaki2 sudah jauh berkurang impact nya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Omnibus »

Jordiansyah007 wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 14:46
Biasanya penyebab utama yg bikin steering rack berumur pendek apa om?
1. kurang grease (kering -> makin banyak gesekan, keausan). bisa krn ga terkontrol atau lewat banjir grease habis terbawa air, plus karatan kl ga segera dibersihkan + grease ulang.
2. sudah ada grease tp dlm kondisi tertentu kepanasan (krn steering rack dekat dgn downpipe knalpot) -> overheat, bikin grease lumer dan tdk bisa bekerja optimal terutama grease murah.
3. menghindari lubang besar, karena reflek driver jadi pas nginjek lubang setir pas diputar sehingga gearnya cacat/codet. konon cacat gear mayoritas terjadi di rack (papan gilesan) di area posisi setir lurus dan 2-3 gigi sebelahnya. he he he ane sering begini, harus belajar NERIMO kalo liat lubang ya jangan pake reflek, pasti nginjek juga lah.
4. inferior part quality dr pabriknya.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by whitehorse4 »

Lcgc? Brio tuh kaki2nya stronkkk abiss
Punya kk brio satya 5 tahun cuma fast moving blm ganti kaki
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by smgandi »

Jordiansyah007 wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 14:26
Kakak ane cewek punya rush 2013 trd, yg namanya poldur dihajar, lobang di hajar, skg KM nya 120 ribu.. dibawa ke toyota buat cek kaki2 tnyt cuma ganti sok doang, sisanya ori pabrik :big_biglaugh:

Pas ane coba jg emg kaki2 nya ga glodakan :big_biglaugh: kok bisa yah :big_biglaugh:

Kayanya masalah kaki2 ini emg nasib2an ya om..
Poldurnya nggak tinggi kaleee, lobangnya kecil2 kaleee. :big_grin:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

Omnibus wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:07
Jordiansyah007 wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 14:46
Biasanya penyebab utama yg bikin steering rack berumur pendek apa om?
1. kurang grease (kering -> makin banyak gesekan, keausan). bisa krn ga terkontrol atau lewat banjir grease habis terbawa air, plus karatan kl ga segera dibersihkan + grease ulang.
2. sudah ada grease tp dlm kondisi tertentu kepanasan (krn steering rack dekat dgn downpipe knalpot) -> overheat, bikin grease lumer dan tdk bisa bekerja optimal terutama grease murah.
3. menghindari lubang besar, karena reflek driver jadi pas nginjek lubang setir pas diputar sehingga gearnya cacat/codet. konon cacat gear mayoritas terjadi di rack (papan gilesan) di area posisi setir lurus dan 2-3 gigi sebelahnya. he he he ane sering begini, harus belajar NERIMO kalo liat lubang ya jangan pake reflek, pasti nginjek juga lah.
4. inferior part quality dr pabriknya.
Kalo gt brati nginjek lubang setir jangan reflek diputar ya om

Mantap penjelasannya, nambah ilmu baru :mky_02:

Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?


smgandi wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:08
Poldurnya nggak tinggi kaleee, lobangnya kecil2 kaleee. :big_grin:
yah namanya dijalan kan macem2, gak semua lobang/poldur kecil..gak semuanya besar juga.. tp ya pake mobilnya jorok ga ati2
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Omnibus »

Jordiansyah007 wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:38

Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?
itu juga kita biasa reflek om, pas ban kena poldur masih dlm posisi ngerem. salah tuh krn titik berat jd shifting ke roda depan pdhl as depan nahan mesin juga, kita malah nambah2in dgn pake ngerem segala.

yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.

jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Jordiansyah007 »

Omnibus wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:45 -
yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.

jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
Kalo poldur di gaspol nanti ball join sm busing2 gmn om? Karna benturan kencang saat kita gas pol


Autonomous driving kayanya disetting di jalan2 besar deh, jalan besar biasanya jarang poldur.. kalo ada biasanya poldurnya halus.. lain hal kalo potholes..

Kalo poldur di jalan2 kecil kaya di indo yg biasanya tinggi2 ini baru deh pusing tuh enjiner :big_biglaugh:
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by vincewonk »

Omnibus wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:45
Jordiansyah007 wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:38

Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?
itu juga kita biasa reflek om, pas ban kena poldur masih dlm posisi ngerem. salah tuh krn titik berat jd shifting ke roda depan pdhl as depan nahan mesin juga, kita malah nambah2in dgn pake ngerem segala.

yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.

jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
Saya ada pengalaman lucu sama istri saya soal ini.
Saya ajarin kalau ada lubang ditancep aja jangan direm.
Dia bener2 melakukan saran saya sih. Polisi tidurnya di green garden om. Bentuknya lancip kayak gunung berapi.
Tp saya lupa profil bannya cuma 40 dan hasilnya velg orinya bengkok :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?

Post by Omnibus »

vincewonk wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 16:39
Omnibus wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:45
Jordiansyah007 wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 15:38

Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?
itu juga kita biasa reflek om, pas ban kena poldur masih dlm posisi ngerem. salah tuh krn titik berat jd shifting ke roda depan pdhl as depan nahan mesin juga, kita malah nambah2in dgn pake ngerem segala.

yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.

jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
Saya ada pengalaman lucu sama istri saya soal ini.
Saya ajarin kalau ada lubang ditancep aja jangan direm.
Dia bener2 melakukan saran saya sih. Polisi tidurnya di green garden om. Bentuknya lancip kayak gunung berapi.
Tp saya lupa profil bannya cuma 40 dan hasilnya velg orinya bengkok :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

iya, jadi banyak faktor juga so there's no single solution. bentuknya atau tingginya si poldur. makanya reflek kita juga adapt, masalahnya kecepatan kita adapt, proses mikir what to do, sama speed kendaraan ga sinkron.

dulu sy sering denger kl mobil jd sering rusak bahwa jalanannya yg salah, bukan mobilnya. ternyata mungkin ada benernya.