Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by AbdulHakim »

erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 5:00 Kl mengerucutnya HRV dan bakal dipake lama, yg artinya itu mbl bakal dinikmatin = HRV 1.8 prestis aja om, ini bumi langit bedanya sama yg 1.5. Kerasa naek HRV global beneran ya di 1.8 prestis ini, asal kaki sekolah terhitung irit buat 1.8.

- Garasi ga maksa krn panjang 4,3m
- Mungkin keliatannya kecil, tapi dia msh satu basis sama jazz+ultra seatnya. Ultra seat honda ini joss gandos pengaturannya, dan jok belakang walaupun akses masuknya kudu nunduk sama ambles dikit tp legroomnya juara leganya
- Saya ga ikutin hrg sekennya, tp yg jelas kl di pre fl prestis itu bagusnya dia msh genuine leather dan lampu LED headlampnya msh becus krn projector bi lens. Yg model fl jok kulitnya jd sintetis dan LED headlampnya kaya vario yg ga seterang di pfl.
- Terhitung kedap buat ukuran honda, kedapnya jauh di atas HRV 1.5
- Tenaga balance sama bodinya, jd fuel cons kebayar sama tenaganya yg lumayan
1,8 liter itu SOHC atau DOHC ya om? kalo yg 1,5 SOHC.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by maastricht889 »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 13, 2021 6:29
erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 5:00 Kl mengerucutnya HRV dan bakal dipake lama, yg artinya itu mbl bakal dinikmatin = HRV 1.8 prestis aja om, ini bumi langit bedanya sama yg 1.5. Kerasa naek HRV global beneran ya di 1.8 prestis ini, asal kaki sekolah terhitung irit buat 1.8.

- Garasi ga maksa krn panjang 4,3m
- Mungkin keliatannya kecil, tapi dia msh satu basis sama jazz+ultra seatnya. Ultra seat honda ini joss gandos pengaturannya, dan jok belakang walaupun akses masuknya kudu nunduk sama ambles dikit tp legroomnya juara leganya
- Saya ga ikutin hrg sekennya, tp yg jelas kl di pre fl prestis itu bagusnya dia msh genuine leather dan lampu LED headlampnya msh becus krn projector bi lens. Yg model fl jok kulitnya jd sintetis dan LED headlampnya kaya vario yg ga seterang di pfl.
- Terhitung kedap buat ukuran honda, kedapnya jauh di atas HRV 1.5
- Tenaga balance sama bodinya, jd fuel cons kebayar sama tenaganya yg lumayan
1,8 liter itu SOHC atau DOHC ya om? kalo yg 1,5 SOHC.
Masih SOHC om

Bedanya apa ya om honda SOHC sama DOHC itu? Apa potensi tuningnya lbh edan DOHC kaya K24/L15B ya
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by AbdulHakim »

erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 6:36
AbdulHakim wrote: Fri Aug 13, 2021 6:29
erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 5:00 Kl mengerucutnya HRV dan bakal dipake lama, yg artinya itu mbl bakal dinikmatin = HRV 1.8 prestis aja om, ini bumi langit bedanya sama yg 1.5. Kerasa naek HRV global beneran ya di 1.8 prestis ini, asal kaki sekolah terhitung irit buat 1.8.

- Garasi ga maksa krn panjang 4,3m
- Mungkin keliatannya kecil, tapi dia msh satu basis sama jazz+ultra seatnya. Ultra seat honda ini joss gandos pengaturannya, dan jok belakang walaupun akses masuknya kudu nunduk sama ambles dikit tp legroomnya juara leganya
- Saya ga ikutin hrg sekennya, tp yg jelas kl di pre fl prestis itu bagusnya dia msh genuine leather dan lampu LED headlampnya msh becus krn projector bi lens. Yg model fl jok kulitnya jd sintetis dan LED headlampnya kaya vario yg ga seterang di pfl.
- Terhitung kedap buat ukuran honda, kedapnya jauh di atas HRV 1.5
- Tenaga balance sama bodinya, jd fuel cons kebayar sama tenaganya yg lumayan
1,8 liter itu SOHC atau DOHC ya om? kalo yg 1,5 SOHC.
Masih SOHC om

Bedanya apa ya om honda SOHC sama DOHC itu? Apa potensi tuningnya lbh edan DOHC kaya K24/L15B ya
kirain 1,8 liternya itu turunan dari Civic FD yg 1,8 tapi ternyata bukan ya..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by maastricht889 »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 13, 2021 6:40
erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 6:36
AbdulHakim wrote: Fri Aug 13, 2021 6:29
1,8 liter itu SOHC atau DOHC ya om? kalo yg 1,5 SOHC.
Masih SOHC om

Bedanya apa ya om honda SOHC sama DOHC itu? Apa potensi tuningnya lbh edan DOHC kaya K24/L15B ya
kirain 1,8 liternya itu turunan dari Civic FD yg 1,8 tapi ternyata bukan ya..
Samaan deh om, di wiki itu FD 1.8 R18A1; HRV pres R18Z9
barzagli43
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Aug 09, 2021 6:23

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by barzagli43 »

KielConstantine wrote: Fri Aug 13, 2021 0:52
ginting wrote: Wed Aug 11, 2021 16:31
erwinign wrote: Wed Aug 11, 2021 8:41

Kadang itu pas milih2 gini kebentur sama aspek sentimental/emotional om, ini yg ngawang scr pengukurannya tp efeknya gede pas decision making pilih mobil mana
paling sulit itu menjinakkan hati. karena dia suka liar meronta ronta saat kemauannya tidak dituruti.
beda sama logika. dia akan duduk sambil mendehem saja di sudut ruangan saat kita mengabaikannya. sembari mendesah lirih dia berkata "tunggu aja bentar lagi, elo juga bakal tahu rasanya "sheer repairing pleasure" :mky_07: :mky_07:
colek oom @KielConstantine
benzz89 wrote: Thu Aug 12, 2021 0:17
erwinign wrote:
Yang penting hati hepi dan ayem ya om kl udah ngerasain. Rasanya "plooooonnggggg" "oh begini to" :mky_02:
Repot kl wakil ketua 3S sdh bersabda... suka, sikat, senang... yg lain NANTI urusan belakangan, sing penting heppy drpd penasaran.

Gak salah emang wakil ketua 3S kasih wejangan, kl mau pinter urusan permobilan ambilah sherr repairing plisur tuwir, gak pake lama, perkiraan 1 taon otomatis dia jd ahli dlm hampir segala hal permobilan.

Contoh nyata ane liat sih om kiel sdh khatam bener dia ama sherrr repairing plisurnya, ketik2 dimari suka dukanya bs sambil merem tiduran hahahaha...

Utk om TS ambil aja CX-5 kl sdh ngidam dr dulu, hidup cuman 1 kali, biar gak penasaran, kl nanti misal sdh bosan bolak balik bengkel beresin kendala2 & persoalan di mobil2 bekas pd umumnya yah tinggal jual lg aja, toh depresiasinya sdh mulai anteng jd gak rugi2 amatlah, sing penting heppy sdh gak penasaran lg [emoji5]

Kl mau paling peace of mind yah mobil baru... HRV jg not bad, ikutin kata hati aja om... suka, sikat, senang...
Wekwkekwekwwkew .. Gimana mata enggak melotot mbah. Kluar 88jt buat ngebengkel selama 4 tahun bukan duit kecil tuh… Pasti kita secara manusia jg mau tau, alesannya apa. Knp harga partnya mahal, kenapa bisa rusak, alesan klo dibiarin aja misal kg di replace kenapa… bakal merembet rusaknya apa kaga.. daya tahan partsnya brapa tahun kedepan setelah di replace.. and so on……

Jadinya sesi tanya jawab sama montir & owner bengkel… baru rela ngegesek tu kartu debit BCA klo ud puas sama jawabannya :wkkk:

Kcuali sultan sejati.. injektor range rover V6 diesel. Ganti 6 pcs = 300jt (dari cerita om hendra htannis). Langsung gesek kg pake nanya kg pake mikir.. bahahahaha



Anyway buat @TS. CX-5 masih kelas jepang. Relative lebih easy lah buat dirawat, enggak sehoror / semahal pelihara eropa seken kan. Banyak testinya jg dari bbrapa user disini. Gpp pelihara aja santai menn.. jangan terlalu overthinking :upss:
kalau ngeliat paparannya malah jadi overthinking ni saya sama CX-5 wwkwkwkwkkw, tapi makasih banget om atas penjelasannya, nambah pengetahuan baru buat saya
Profith83 wrote: Fri Aug 13, 2021 3:43 Setelah belajar mobil beberapa tahun, agak susah jelasin.

1. Tiap mobil ada titik kelemabahannya. Kalau mau tahu ikutlah group di FB, ikut dulu selama 3 bulan dan sering baca, biasanya akan banyak comment/problem yang sring muncul
1a. Pastikan ikut group yang akfit minim sehari ada 3 yang posting baru dan ratusan reply.
1b. Percuma kalau ikut group tapi gak ada yang aktif posting/comment maka tidak bisa tahu problem di mobil itu apa saja

2. Siapkan budget, list penyakit mobil itu :
2a. Penyakitya apa saja, berapa biaya tiap penyakit.
2b. Tiap berapa lama penyakit akan kambuh, walaupun om sudah ganti dengan yang ORI

Contoh
penyakit A(kaki kaki) biaya 8 jt, tiap 4 thn ganti, alias per tahun 2 jt.
penyakit B(olie, grease, filter, aki, brake pad, etc) rata2x biaya per tahun 1 jt
Pastikan kalau mau beli mobil dipakai jangka waktu yang lama maka pakai oli ASLI BeRes atau oli ORI
Karena sekali dapat oli jelek, dan kita tidak bisa merasakan kalau dapat oli palsi maka mobil cepat rusak.

Dengan list diatas berarti biaya per tahun 3 jt plus STNK misal 4 jt = total 7 jt.
kalau beli baru maka cuma STNK 4 jt pert tahun, selama 5 thn an aman biasanya.
Kalau beli bekas 5 thn, biasanya ada saja, pakai cara diatas masuk ke FB group.
PLUS siapin dana awal 15 jt an buat repair mobil bekasnya, karena kuatir dapat mobil yang harus diremajakan kaki2xnya.

Kalau om yakin 100% bisa benerin sendiri dengan proper, punya kunci2x yang mendukung maka biaya bisa berkurang sekitar 40%(rata2x yah)

NOTE PENTING : harga part mahal atau murahnya mengikut harga mobil baru.
Contoh biarpun Mazda thn 2015 misal harga cuma 300, bandingkan HRV baru harga 300.
Tapi spare part nya Mazda akan lebih mahal dari HRV, bisa 2x kali lebih mahal.

Semoga membantu om
kalau bekasan tapi misal dibawah 5 taun kira2 masih aman gak ya? HRV prestige taun paling muda yg masih masuk budget secondnya taun 2018
erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 5:00 Kl mengerucutnya HRV dan bakal dipake lama, yg artinya itu mbl bakal dinikmatin = HRV 1.8 prestis aja om, ini bumi langit bedanya sama yg 1.5. Kerasa naek HRV global beneran ya di 1.8 prestis ini, asal kaki sekolah terhitung irit buat 1.8.

- Garasi ga maksa krn panjang 4,3m
- Mungkin keliatannya kecil, tapi dia msh satu basis sama jazz+ultra seatnya. Ultra seat honda ini joss gandos pengaturannya, dan jok belakang walaupun akses masuknya kudu nunduk sama ambles dikit tp legroomnya juara leganya
- Saya ga ikutin hrg sekennya, tp yg jelas kl di pre fl prestis itu bagusnya dia msh genuine leather dan lampu LED headlampnya msh becus krn projector bi lens. Yg model fl jok kulitnya jd sintetis dan LED headlampnya kaya vario yg ga seterang di pfl.
- Terhitung kedap buat ukuran honda, kedapnya jauh di atas HRV 1.5
- Tenaga balance sama bodinya, jd fuel cons kebayar sama tenaganya yg lumayan
wah ternyata soalan kekedapan sama kenyamanan ada beda ya yg 1,5 sama yg prestige
kalau soal ukuran - keluasan kabin emang kayaknya HRV yg paling optimal ya buat 5 seater
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Profith83 »

barzagli43 wrote: Fri Aug 13, 2021 8:51
Profith83 wrote: Fri Aug 13, 2021 3:43 Setelah belajar mobil beberapa tahun, agak susah jelasin.

1. Tiap mobil ada titik kelemabahannya. Kalau mau tahu ikutlah group di FB, ikut dulu selama 3 bulan dan sering baca, biasanya akan banyak comment/problem yang sring muncul
1a. Pastikan ikut group yang akfit minim sehari ada 3 yang posting baru dan ratusan reply.
1b. Percuma kalau ikut group tapi gak ada yang aktif posting/comment maka tidak bisa tahu problem di mobil itu apa saja

2. Siapkan budget, list penyakit mobil itu :
2a. Penyakitya apa saja, berapa biaya tiap penyakit.
2b. Tiap berapa lama penyakit akan kambuh, walaupun om sudah ganti dengan yang ORI

Contoh
penyakit A(kaki kaki) biaya 8 jt, tiap 4 thn ganti, alias per tahun 2 jt.
penyakit B(olie, grease, filter, aki, brake pad, etc) rata2x biaya per tahun 1 jt
Pastikan kalau mau beli mobil dipakai jangka waktu yang lama maka pakai oli ASLI BeRes atau oli ORI
Karena sekali dapat oli jelek, dan kita tidak bisa merasakan kalau dapat oli palsi maka mobil cepat rusak.

Dengan list diatas berarti biaya per tahun 3 jt plus STNK misal 4 jt = total 7 jt.
kalau beli baru maka cuma STNK 4 jt pert tahun, selama 5 thn an aman biasanya.
Kalau beli bekas 5 thn, biasanya ada saja, pakai cara diatas masuk ke FB group.
PLUS siapin dana awal 15 jt an buat repair mobil bekasnya, karena kuatir dapat mobil yang harus diremajakan kaki2xnya.

Kalau om yakin 100% bisa benerin sendiri dengan proper, punya kunci2x yang mendukung maka biaya bisa berkurang sekitar 40%(rata2x yah)

NOTE PENTING : harga part mahal atau murahnya mengikut harga mobil baru.
Contoh biarpun Mazda thn 2015 misal harga cuma 300, bandingkan HRV baru harga 300.
Tapi spare part nya Mazda akan lebih mahal dari HRV, bisa 2x kali lebih mahal.

Semoga membantu om
kalau bekasan tapi misal dibawah 5 taun kira2 masih aman gak ya? HRV prestige taun paling muda yg masih masuk budget secondnya taun 2018
Intinya bekas kita tidak bisa yakin 100% orang jual karena kenapa, kita tidak tahu.
Dulu selama 3 thn pemakaiannya bagaimana? contoh kalau sering jadi genset dan jarak pendek, kemudian oli ganti 1 thn sekali. Kebayang dalaman mesin kurang bagus, apalagi kalau beli oli di luar yang katanya ORI

Kecuali yakin 100%(benar benar yakin om tidak salah yah) pemakai sebelumnya bagus go ahead.

Kalau tidak mau report selama 3 thn di depan ambil mobil baru. APALAGI kalau baru belajar mobil tidak tahu kalau rusak apa dan asal percaya bengkel resmi. Om pernah tahu kan bengkel resmi itu orang pernah keluar duit belasan juta tapi masalah belum selesai.
Tahu kan sttering rack HRV ada banyak case kena, kalau ganti ORI 15 jt an. Kalau diservis 2 sd 3 jt, tapi rasa berkendara beda dan tidak yakin kuat berapa lama.

Intinya mobil kalau bekas diatas 3 thn maka tidak ada garansi, persiapkan budget dengan cara diatas ... survey ke FB.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by b0ku »

erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 6:36
Bedanya apa ya om honda SOHC sama DOHC itu? Apa potensi tuningnya lbh edan DOHC kaya K24/L15B ya
cuma beda mau pilih nafas panjang atau torsi bawah kenceng, kalo SOHC itu torsi bawahnya lebih dapet pas atas di bantu I-VTEC jadi nafasnya masih panjang, tapi sohcnya honda sendiri biasa saya punya saya pakein oli encer buat bantu tarikan bawah karena kalo di compare dohcnya toyota torsi bawahnya masih payah juga karena sistem VTEC nya :big_bored:

kalo DOHC torsi bawahnya lebih berat karena pas RPM rendah mesin narik 2 cam jd lebih beban tapi pas pas RPM atas flow udara lebih bagus makannya top speednya sama HPnya lebih dapet dohc kalo sistem mesinnya sama, sebenernya kalo manual mending DOHC cuma kalo metic karena biasa rationya panjang jd butuh torsi bawah jadi enakan SOHC :mky_01:

makannya ada bebeerapa orang ngomong CITY HB tarikan bawahnya lebih pelan dari JAZZ karena ya dohc, tapi city HB tarikan atasnya lebih nendang :mky_01:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by fl4b1e »

Kalau sayasih, krn mobil pertama ya cari yang baru. Biasanya servicenya gratis, sambil belajar dulu ngebengkel sejak awal. Kalau keluarga kexil dan balita bukan berarti ga butuh bagasi gede ya.

HRV memang ccok, tapi mnrt saya rada sayang ya budgetnya dihabisin tuk beli mobilnya aja. Mengaoa? gairah tuk modif ini itu biasanya tinggi pas baeu mobil pertama. Misal, ganti kaca film hanis 3 jutaan. Terus coating nano ceramic 3 jutaan, pasang blaxkfuson, ant karat, karpet dasar, karpet mie, peredam dll. jadi 300 jita dah harus lg sdilurangin budget ini itu..

kalau mau yg sekelas HrV, mungkin S-Cross, atau Sonet ataupun Yaris/City HB pun harusnya oke ya.. Cukup kaya fitur, dan lebih bergengsi drpd LMPV.

Semoga membantu
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Pboyz97 »

barzagli43 wrote: Fri Aug 13, 2021 8:51
kalau bekasan tapi misal dibawah 5 taun kira2 masih aman gak ya? HRV prestige taun paling muda yg masih masuk budget secondnya taun 2018

masih aman kok. yg penting usahain cari yg km rendah (dibawah 50rb) dan asli. terus yg kedua, faktur, buku servis dan buku manual wajib ada, lebih bagus lagi kalo ada gantungan oli dan bon penggantian parts di beres ataupun spesialis, jadi kita tau kedepannya mobil tersebut bakal jajan apa aja. dan kalo HRV Prestige tahun 2018, kayanya agak mepet ya. maybe yg 2017 masuk budget, tapi kalo buat mobil pertama , yg 1.5 udh cukup kok buat daily menurut saya, malah budget 300 bisa dapet yg tipe SE 2019-2020 hehehe, lampu2 udh led dan fiturnya lumayan lengkap buat HRV 1.5. terus kalo HRV, siapin spare budget sekitar 10-20 jt buat balik nama dan beresin PR nya. terus usahain cari mobil yg udh pernah ganti kaki2 atau rack steeringnya, karena 2 bagian ini cukup sering kena kalo di HRV. punya saya sendiri udh pernah kena bearing dan link stabnya pas 1 minggu setelah beli. odometer di 20rb, saya beli seken akhir tahun lalu pas odonya masih 18rban. setelah itu, saya ganti dua bagian itu di bengkel kaki2 langganan saya, dan untungnya sampe sekarang blm ada masalah apa2 selama kurleb 8 bulan pemakaian

terus poin kedua. saya setuju sm yg om profith bilang , mobil bekas dibawah 5 tahun memang harusnya masih aman, karena umurnya masih tergolong muda, tapi, itu ga menjamin kalo kita bisa sekali jadi dan cepet dapet unitnya. karena ya balik lg ke pemakaian owner sebelumnya kaya gimana which is kita gak tau + perlu ada opsi pembanding minimal 2 unit yg disurvei secara langsung biar kita bisa memutuskan, mobil mana yg lebih worth buat dibeli dari segi harga dan kondisi , mobil muda kalo makenya ngasal dan gak terawat ya bakal cepet rusak juga. dan lebih baik servis di spesialis kalo beli honda seken yg udh abis garansi, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya

dan juga nyari HRV seken tahun muda yg kondisinya oke itu gak mudah, apalagi di jakarta. saya kebetulan sudah mengalami sendiri. untuk mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 yg saya pakai sampe sekarang, perlu 6x pengecekan dan survei baru jadi. karena banyak faktor. ceritanya, pas akhir tahun lalu, saya berencana untuk membeli HRV 1.5 E CVT seken 2017-2019 untuk menggantikan mobil sebelumnya, yaitu GNA G MT 2017 dan yaris joker TRD CVT 2019 , untuk proses hunting unitnya memerlukan waktu sekitar 3 bulan (saya mulai hunting dari oktober, dan baru dapet mobilnya desember dengan 6 unit yg disurvei langsung + wawancara sudah belasan kali hehehe ), dari 6 unit yg saya survei lengsung , cuma 2 unit yg sesuai dengan ekspektasi saya (4 unit lain yg saya cek zonk semua , 2 unit ex laka depan, 1 unit ex banjir, 1 unit lg ex laka belakang, padahal kondisinya mulus bgt sekilas bodynya , kaya baru wkkwwk) . dan HRV di jakarta yg kondisinya gak karuan lumayan banyak ya kalo dari pengalaman saya pribadi , banyak yg ex laka, ex banjir , bodynya udh full dempul dan cat ulang + interior gak terawat alias bau apek, buku servis dan gantungan olinya udh ilang entah kemana, terus banyak juga yg dijadikan workhorse ownernya, jadi yg km nya udh gondrong, diatas 70 rb juga lumayan banyak + sekalinya nemu yg bagus, harganya bener2 suka2 yg jual deh wkwkkw :big_biglaugh: . sampai akhirnya saya mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 PFL dengan kondisi mulus like new. km 18 rb asli record beres honda. selain itu, body juga masih mulus (bukan ex laka maupun ex banjir), minus cuma spet2 kecil dan baret2 pemakaian di bemper depan dan belakang kiri ,terus juga masih full ori luar dalem. selain itu dokumen2 masih lengkap (buku servis, buku manual, even sampe bon2 perbaikkan di beres dari awal beli sampe terakir servis sebelum dijual dan gantungan oli dari awal beli sampe terakhir ganti oli sebelum dijual masih tersimpan rapih oleh owner sebelumnya) , selain itu, juga suara mesinnya masih halus dan gaada rembes atau kebocoran oli sama sekali (even tanda inspeksi dari pabriknya masih utuh dan lengkap semua di engine baynya). memang harganya sedikit lebih mahal daripada unit2 yg saya sudah pernah survei sebelumnya, tapi secara overall saya puas dan masih saya pakai sampai sekarang hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by vanosz »

Pboyz97 wrote: Sat Aug 14, 2021 3:38
barzagli43 wrote: Fri Aug 13, 2021 8:51
kalau bekasan tapi misal dibawah 5 taun kira2 masih aman gak ya? HRV prestige taun paling muda yg masih masuk budget secondnya taun 2018

masih aman kok. yg penting usahain cari yg km rendah (dibawah 50rb) dan asli. terus yg kedua, faktur, buku servis dan buku manual wajib ada, lebih bagus lagi kalo ada gantungan oli dan bon penggantian parts di beres ataupun spesialis, jadi kita tau kedepannya mobil tersebut bakal jajan apa aja. dan kalo HRV Prestige tahun 2018, kayanya agak mepet ya. maybe yg 2017 masuk budget, tapi kalo buat mobil pertama , yg 1.5 udh cukup kok buat daily menurut saya, malah budget 300 bisa dapet yg tipe SE 2019-2020 hehehe, lampu2 udh led dan fiturnya lumayan lengkap buat HRV 1.5. terus kalo HRV, siapin spare budget sekitar 10-20 jt buat balik nama dan beresin PR nya. terus usahain cari mobil yg udh pernah ganti kaki2 atau rack steeringnya, karena 2 bagian ini cukup sering kena kalo di HRV. punya saya sendiri udh pernah kena bearing dan link stabnya pas 1 minggu setelah beli. odometer di 20rb, saya beli seken akhir tahun lalu pas odonya masih 18rban. setelah itu, saya ganti dua bagian itu di bengkel kaki2 langganan saya, dan untungnya sampe sekarang blm ada masalah apa2 selama kurleb 8 bulan pemakaian

terus poin kedua. saya setuju sm yg om profith bilang , mobil bekas dibawah 5 tahun memang harusnya masih aman, karena umurnya masih tergolong muda, tapi, itu ga menjamin kalo kita bisa sekali jadi dan cepet dapet unitnya. karena ya balik lg ke pemakaian owner sebelumnya kaya gimana which is kita gak tau + perlu ada opsi pembanding minimal 2 unit yg disurvei secara langsung biar kita bisa memutuskan, mobil mana yg lebih worth buat dibeli dari segi harga dan kondisi , mobil muda kalo makenya ngasal dan gak terawat ya bakal cepet rusak juga. dan lebih baik servis di spesialis kalo beli honda seken yg udh abis garansi, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya

dan juga nyari HRV seken tahun muda yg kondisinya oke itu gak mudah, apalagi di jakarta. saya kebetulan sudah mengalami sendiri. untuk mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 yg saya pakai sampe sekarang, perlu 6x pengecekan dan survei baru jadi. karena banyak faktor. ceritanya, pas akhir tahun lalu, saya berencana untuk membeli HRV 1.5 E CVT seken 2017-2019 untuk menggantikan mobil sebelumnya, yaitu GNA G MT 2017 dan yaris joker TRD CVT 2019 , untuk proses hunting unitnya memerlukan waktu sekitar 3 bulan (saya mulai hunting dari oktober, dan baru dapet mobilnya desember dengan 6 unit yg disurvei langsung + wawancara sudah belasan kali hehehe ), dari 6 unit yg saya survei lengsung , cuma 2 unit yg sesuai dengan ekspektasi saya (4 unit lain yg saya cek zonk semua , 2 unit ex laka depan, 1 unit ex banjir, 1 unit lg ex laka belakang, padahal kondisinya mulus bgt sekilas bodynya , kaya baru wkkwwk) . dan HRV di jakarta yg kondisinya gak karuan lumayan banyak ya kalo dari pengalaman saya pribadi , banyak yg ex laka, ex banjir , bodynya udh full dempul dan cat ulang + interior gak terawat alias bau apek, buku servis dan gantungan olinya udh ilang entah kemana, terus banyak juga yg dijadikan workhorse ownernya, jadi yg km nya udh gondrong, diatas 70 rb juga lumayan banyak + sekalinya nemu yg bagus, harganya bener2 suka2 yg jual deh wkwkkw :big_biglaugh: . sampai akhirnya saya mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 PFL dengan kondisi mulus like new. km 18 rb asli record beres honda. selain itu, body juga masih mulus (bukan ex laka maupun ex banjir), minus cuma spet2 kecil dan baret2 pemakaian di bemper depan dan belakang kiri ,terus juga masih full ori luar dalem. selain itu dokumen2 masih lengkap (buku servis, buku manual, even sampe bon2 perbaikkan di beres dari awal beli sampe terakir servis sebelum dijual dan gantungan oli dari awal beli sampe terakhir ganti oli sebelum dijual masih tersimpan rapih oleh owner sebelumnya) , selain itu, juga suara mesinnya masih halus dan gaada rembes atau kebocoran oli sama sekali (even tanda inspeksi dari pabriknya masih utuh dan lengkap semua di engine baynya). memang harganya sedikit lebih mahal daripada unit2 yg saya sudah pernah survei sebelumnya, tapi secara overall saya puas dan masih saya pakai sampai sekarang hehehe
Wow semangat banget infonya om :big_exellent:

Gak pusing baca sendiri om

tar sudah lengkap tulis info 1 buku malah TS ambil avanza GR loh
barzagli43
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Aug 09, 2021 6:23

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by barzagli43 »

Pboyz97 wrote: Sat Aug 14, 2021 3:38
barzagli43 wrote: Fri Aug 13, 2021 8:51
kalau bekasan tapi misal dibawah 5 taun kira2 masih aman gak ya? HRV prestige taun paling muda yg masih masuk budget secondnya taun 2018

masih aman kok. yg penting usahain cari yg km rendah (dibawah 50rb) dan asli. terus yg kedua, faktur, buku servis dan buku manual wajib ada, lebih bagus lagi kalo ada gantungan oli dan bon penggantian parts di beres ataupun spesialis, jadi kita tau kedepannya mobil tersebut bakal jajan apa aja. dan kalo HRV Prestige tahun 2018, kayanya agak mepet ya. maybe yg 2017 masuk budget, tapi kalo buat mobil pertama , yg 1.5 udh cukup kok buat daily menurut saya, malah budget 300 bisa dapet yg tipe SE 2019-2020 hehehe, lampu2 udh led dan fiturnya lumayan lengkap buat HRV 1.5. terus kalo HRV, siapin spare budget sekitar 10-20 jt buat balik nama dan beresin PR nya. terus usahain cari mobil yg udh pernah ganti kaki2 atau rack steeringnya, karena 2 bagian ini cukup sering kena kalo di HRV. punya saya sendiri udh pernah kena bearing dan link stabnya pas 1 minggu setelah beli. odometer di 20rb, saya beli seken akhir tahun lalu pas odonya masih 18rban. setelah itu, saya ganti dua bagian itu di bengkel kaki2 langganan saya, dan untungnya sampe sekarang blm ada masalah apa2 selama kurleb 8 bulan pemakaian

terus poin kedua. saya setuju sm yg om profith bilang , mobil bekas dibawah 5 tahun memang harusnya masih aman, karena umurnya masih tergolong muda, tapi, itu ga menjamin kalo kita bisa sekali jadi dan cepet dapet unitnya. karena ya balik lg ke pemakaian owner sebelumnya kaya gimana which is kita gak tau + perlu ada opsi pembanding minimal 2 unit yg disurvei secara langsung biar kita bisa memutuskan, mobil mana yg lebih worth buat dibeli dari segi harga dan kondisi , mobil muda kalo makenya ngasal dan gak terawat ya bakal cepet rusak juga. dan lebih baik servis di spesialis kalo beli honda seken yg udh abis garansi, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya

dan juga nyari HRV seken tahun muda yg kondisinya oke itu gak mudah, apalagi di jakarta. saya kebetulan sudah mengalami sendiri. untuk mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 yg saya pakai sampe sekarang, perlu 6x pengecekan dan survei baru jadi. karena banyak faktor. ceritanya, pas akhir tahun lalu, saya berencana untuk membeli HRV 1.5 E CVT seken 2017-2019 untuk menggantikan mobil sebelumnya, yaitu GNA G MT 2017 dan yaris joker TRD CVT 2019 , untuk proses hunting unitnya memerlukan waktu sekitar 3 bulan (saya mulai hunting dari oktober, dan baru dapet mobilnya desember dengan 6 unit yg disurvei langsung + wawancara sudah belasan kali hehehe ), dari 6 unit yg saya survei lengsung , cuma 2 unit yg sesuai dengan ekspektasi saya (4 unit lain yg saya cek zonk semua , 2 unit ex laka depan, 1 unit ex banjir, 1 unit lg ex laka belakang, padahal kondisinya mulus bgt sekilas bodynya , kaya baru wkkwwk) . dan HRV di jakarta yg kondisinya gak karuan lumayan banyak ya kalo dari pengalaman saya pribadi , banyak yg ex laka, ex banjir , bodynya udh full dempul dan cat ulang + interior gak terawat alias bau apek, buku servis dan gantungan olinya udh ilang entah kemana, terus banyak juga yg dijadikan workhorse ownernya, jadi yg km nya udh gondrong, diatas 70 rb juga lumayan banyak + sekalinya nemu yg bagus, harganya bener2 suka2 yg jual deh wkwkkw :big_biglaugh: . sampai akhirnya saya mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 PFL dengan kondisi mulus like new. km 18 rb asli record beres honda. selain itu, body juga masih mulus (bukan ex laka maupun ex banjir), minus cuma spet2 kecil dan baret2 pemakaian di bemper depan dan belakang kiri ,terus juga masih full ori luar dalem. selain itu dokumen2 masih lengkap (buku servis, buku manual, even sampe bon2 perbaikkan di beres dari awal beli sampe terakir servis sebelum dijual dan gantungan oli dari awal beli sampe terakhir ganti oli sebelum dijual masih tersimpan rapih oleh owner sebelumnya) , selain itu, juga suara mesinnya masih halus dan gaada rembes atau kebocoran oli sama sekali (even tanda inspeksi dari pabriknya masih utuh dan lengkap semua di engine baynya). memang harganya sedikit lebih mahal daripada unit2 yg saya sudah pernah survei sebelumnya, tapi secara overall saya puas dan masih saya pakai sampai sekarang hehehe
waduh padahal taun taun muda ya, btw mas nya nyari nyari ke pemilik pribadi atau ada yg ke showroom juga? kalau ke showroom yg punya nama gitu harusnya kondisi lebih terjaminn ya? walau harga pasti agak mahalan dikit.

Saya juga jadi kepikiran nih buat ambil HRV prestige taun 2016-2017 an terus ganti sendiri kaki kaki nya pake yg baru, ya itung2 masuk ke biaya beli ja sih jatohnya, tapi emang bener ya secara build quality yg prestige itu better drpd tipe lain?
fl4b1e wrote: Fri Aug 13, 2021 17:20 Kalau sayasih, krn mobil pertama ya cari yang baru. Biasanya servicenya gratis, sambil belajar dulu ngebengkel sejak awal. Kalau keluarga kexil dan balita bukan berarti ga butuh bagasi gede ya.

HRV memang ccok, tapi mnrt saya rada sayang ya budgetnya dihabisin tuk beli mobilnya aja. Mengaoa? gairah tuk modif ini itu biasanya tinggi pas baeu mobil pertama. Misal, ganti kaca film hanis 3 jutaan. Terus coating nano ceramic 3 jutaan, pasang blaxkfuson, ant karat, karpet dasar, karpet mie, peredam dll. jadi 300 jita dah harus lg sdilurangin budget ini itu..

kalau mau yg sekelas HrV, mungkin S-Cross, atau Sonet ataupun Yaris/City HB pun harusnya oke ya.. Cukup kaya fitur, dan lebih bergengsi drpd LMPV.

Semoga membantu
thanks om atas sarannya, iya sih betul juga, nimbang2 buat akomodasi anak di mobil juga perlu space yg agak gede biar nyaman, kalau diliat2 di kelas LMPV XL7 deh ya yg paling value for money, cmn emang blm pernah nyobain itu mobil sih
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Zaxis »

Di jkt mah cari mobil bekas ga perna tabrak ditabrak mah susah
Lagi macet diem aja bisa tiba2 disundul gara2 supir nya asik maen hp
Atau tiba2 disundul emak2 naek motor gara2 asik ngegosip
Yg penting ada asuransi jd kalo ditabrak atau nabrak yah masuk bengkel langsung ganti panel nya bukan diketok dan dempul
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by elraedrew »

yg penting jangan bekas crash besar aja
klo lecet2 mah wajar lah..

TS ga minat innova bensin ? sekali beli, drpada skrg ini itu akhirnya ganti innova lagi nanti
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Suryaputra »

Klo saya jadi mbah TS,
saya ambil Brand New Suzuki Ertiga

knp?
- Nyaman dan cukup kedap, on par dgn Xpander
- Row baris ke 2 nyaman duduknya
- Mesin tuned for BBM pertalite
- Rawatan mudah banget
- Servis murah di bengkel resmi
- Sisa uang bisa buat tabungan selama masa krisis yg belum menentu ini (we never know what happen next)
- Peace of Mind are second to none
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by fl4b1e »

barzagli43 wrote:
Pboyz97 wrote: Sat Aug 14, 2021 3:38
barzagli43 wrote: Fri Aug 13, 2021 8:51
kalau bekasan tapi misal dibawah 5 taun kira2 masih aman gak ya? HRV prestige taun paling muda yg masih masuk budget secondnya taun 2018

masih aman kok. yg penting usahain cari yg km rendah (dibawah 50rb) dan asli. terus yg kedua, faktur, buku servis dan buku manual wajib ada, lebih bagus lagi kalo ada gantungan oli dan bon penggantian parts di beres ataupun spesialis, jadi kita tau kedepannya mobil tersebut bakal jajan apa aja. dan kalo HRV Prestige tahun 2018, kayanya agak mepet ya. maybe yg 2017 masuk budget, tapi kalo buat mobil pertama , yg 1.5 udh cukup kok buat daily menurut saya, malah budget 300 bisa dapet yg tipe SE 2019-2020 hehehe, lampu2 udh led dan fiturnya lumayan lengkap buat HRV 1.5. terus kalo HRV, siapin spare budget sekitar 10-20 jt buat balik nama dan beresin PR nya. terus usahain cari mobil yg udh pernah ganti kaki2 atau rack steeringnya, karena 2 bagian ini cukup sering kena kalo di HRV. punya saya sendiri udh pernah kena bearing dan link stabnya pas 1 minggu setelah beli. odometer di 20rb, saya beli seken akhir tahun lalu pas odonya masih 18rban. setelah itu, saya ganti dua bagian itu di bengkel kaki2 langganan saya, dan untungnya sampe sekarang blm ada masalah apa2 selama kurleb 8 bulan pemakaian

terus poin kedua. saya setuju sm yg om profith bilang , mobil bekas dibawah 5 tahun memang harusnya masih aman, karena umurnya masih tergolong muda, tapi, itu ga menjamin kalo kita bisa sekali jadi dan cepet dapet unitnya. karena ya balik lg ke pemakaian owner sebelumnya kaya gimana which is kita gak tau + perlu ada opsi pembanding minimal 2 unit yg disurvei secara langsung biar kita bisa memutuskan, mobil mana yg lebih worth buat dibeli dari segi harga dan kondisi , mobil muda kalo makenya ngasal dan gak terawat ya bakal cepet rusak juga. dan lebih baik servis di spesialis kalo beli honda seken yg udh abis garansi, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya

dan juga nyari HRV seken tahun muda yg kondisinya oke itu gak mudah, apalagi di jakarta. saya kebetulan sudah mengalami sendiri. untuk mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 yg saya pakai sampe sekarang, perlu 6x pengecekan dan survei baru jadi. karena banyak faktor. ceritanya, pas akhir tahun lalu, saya berencana untuk membeli HRV 1.5 E CVT seken 2017-2019 untuk menggantikan mobil sebelumnya, yaitu GNA G MT 2017 dan yaris joker TRD CVT 2019 , untuk proses hunting unitnya memerlukan waktu sekitar 3 bulan (saya mulai hunting dari oktober, dan baru dapet mobilnya desember dengan 6 unit yg disurvei langsung + wawancara sudah belasan kali hehehe ), dari 6 unit yg saya survei lengsung , cuma 2 unit yg sesuai dengan ekspektasi saya (4 unit lain yg saya cek zonk semua , 2 unit ex laka depan, 1 unit ex banjir, 1 unit lg ex laka belakang, padahal kondisinya mulus bgt sekilas bodynya , kaya baru wkkwwk) . dan HRV di jakarta yg kondisinya gak karuan lumayan banyak ya kalo dari pengalaman saya pribadi , banyak yg ex laka, ex banjir , bodynya udh full dempul dan cat ulang + interior gak terawat alias bau apek, buku servis dan gantungan olinya udh ilang entah kemana, terus banyak juga yg dijadikan workhorse ownernya, jadi yg km nya udh gondrong, diatas 70 rb juga lumayan banyak + sekalinya nemu yg bagus, harganya bener2 suka2 yg jual deh wkwkkw :big_biglaugh: . sampai akhirnya saya mendapatkan HRV 1.5 E CVT 2018 PFL dengan kondisi mulus like new. km 18 rb asli record beres honda. selain itu, body juga masih mulus (bukan ex laka maupun ex banjir), minus cuma spet2 kecil dan baret2 pemakaian di bemper depan dan belakang kiri ,terus juga masih full ori luar dalem. selain itu dokumen2 masih lengkap (buku servis, buku manual, even sampe bon2 perbaikkan di beres dari awal beli sampe terakir servis sebelum dijual dan gantungan oli dari awal beli sampe terakhir ganti oli sebelum dijual masih tersimpan rapih oleh owner sebelumnya) , selain itu, juga suara mesinnya masih halus dan gaada rembes atau kebocoran oli sama sekali (even tanda inspeksi dari pabriknya masih utuh dan lengkap semua di engine baynya). memang harganya sedikit lebih mahal daripada unit2 yg saya sudah pernah survei sebelumnya, tapi secara overall saya puas dan masih saya pakai sampai sekarang hehehe
waduh padahal taun taun muda ya, btw mas nya nyari nyari ke pemilik pribadi atau ada yg ke showroom juga? kalau ke showroom yg punya nama gitu harusnya kondisi lebih terjaminn ya? walau harga pasti agak mahalan dikit.

Saya juga jadi kepikiran nih buat ambil HRV prestige taun 2016-2017 an terus ganti sendiri kaki kaki nya pake yg baru, ya itung2 masuk ke biaya beli ja sih jatohnya, tapi emang bener ya secara build quality yg prestige itu better drpd tipe lain?
fl4b1e wrote: Fri Aug 13, 2021 17:20 Kalau sayasih, krn mobil pertama ya cari yang baru. Biasanya servicenya gratis, sambil belajar dulu ngebengkel sejak awal. Kalau keluarga kexil dan balita bukan berarti ga butuh bagasi gede ya.

HRV memang ccok, tapi mnrt saya rada sayang ya budgetnya dihabisin tuk beli mobilnya aja. Mengaoa? gairah tuk modif ini itu biasanya tinggi pas baeu mobil pertama. Misal, ganti kaca film hanis 3 jutaan. Terus coating nano ceramic 3 jutaan, pasang blaxkfuson, ant karat, karpet dasar, karpet mie, peredam dll. jadi 300 jita dah harus lg sdilurangin budget ini itu..

kalau mau yg sekelas HrV, mungkin S-Cross, atau Sonet ataupun Yaris/City HB pun harusnya oke ya.. Cukup kaya fitur, dan lebih bergengsi drpd LMPV.

Semoga membantu
thanks om atas sarannya, iya sih betul juga, nimbang2 buat akomodasi anak di mobil juga perlu space yg agak gede biar nyaman, kalau diliat2 di kelas LMPV XL7 deh ya yg paling value for money, cmn emang blm pernah nyobain itu mobil sih
Kalau XL7, dari pengalaman saya memilikin sebulan ini: service gratis 30 bulan pertama termaauk ganti oli. Mesin XL7 itu K15B, persis sama dengan All New Ertiga. Mengenai biaya perawatan, lumayan termasuk yang paling hemat dibandingpabrikan jepang.

bantngan mobil ini lumayan empuk, ga beda jauh sama Xoander, lega banget jarak di row 2nya karena sliding bisa mundur banget, ada arm rest tengah, tempat duduk nyaman krn support paha saya, serta bagasi luas banget tuk keluarga saya. 1 anak balita, 1 istri, 1 nanny dan ibu saya.

Tarikan, ya namanya mobil keluarga jangan dibandingkan sama HRV ya kalah jauh. Tapi kalau sama Xpander, S-Cross, atau hatchback 1500cc yg ga ada turbo ya lymayanlah sebanding. Cukup banget tuk Jakarta dan keluar kota.

Fitur ya standar2 saja: SRS airbag 2, Isofix 2 tuk balita di row 2, ABS, EBD, kontrol traksi, colokan charge di 3 row, ac climate control.

tapi krn saya ambil yg alpha matic, harusnya transmisi 4AT begini lumayan badak ya (dibanding dual clutch kayak Seltos, atau cvt, atau manual yg ganti kopling tiap 40 ribu km).

enakknya ambil alpha matic adalah krm e mirrornya yang jernih bisa liat belakang. sudutnya lebar jadi saya dah jarang liat spion di tol. Selain fungsi DVRnya di emirror biaa tuk kamera depan ya..

Knp ga ambil Xpander, memang Xpander dah teleskopik steering jadi nyetir lebih nyaman. tapi, krn suzuki ada diskon lumayan + ppnbm, ya saya ambil yang murah aja :)





Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Pboyz97 »

vanosz wrote: Mon Aug 16, 2021 0:02
Wow semangat banget infonya om :big_exellent:

Gak pusing baca sendiri om

tar sudah lengkap tulis info 1 buku malah TS ambil avanza GR loh
gak pusing kok om. hehehe. kalo masalah ambil mobil apa , itu kembali lagi ke keputusan TS nya mau mobil yg seperti apa. yg penting saya sudah memberikan gambaran tentang kondisi HRV seken di jakarta yg notabene umurnya masih lumayan muda kepada om TS nya yg memang sedang berencana untuk mengambil HRV seken wkwk

barzagli43 wrote: Mon Aug 16, 2021 0:24

waduh padahal taun taun muda ya, btw mas nya nyari nyari ke pemilik pribadi atau ada yg ke showroom juga? kalau ke showroom yg punya nama gitu harusnya kondisi lebih terjaminn ya? walau harga pasti agak mahalan dikit.

Saya juga jadi kepikiran nih buat ambil HRV prestige taun 2016-2017 an terus ganti sendiri kaki kaki nya pake yg baru, ya itung2 masuk ke biaya beli ja sih jatohnya, tapi emang bener ya secara build quality yg prestige itu better drpd tipe lain?

iya om, umurnya masih lumayan muda padahal, baru 3-4 tahun, dan saya sendiri juga kaget. awalnya saya berpikir kalo saya bisa dapet HRV yg saya inginkan dengan 2x atau maksimal 3x pengecekkan , biar ada pembanding dari segi harga dan kondisi. karena saya juga awalnya berpikir kalo mobil masih muda itu cenderung kondisinya lebih oke dibandingkan dengan mobil yg sudah berumur lebih dari 5 tahun , ternyata apa yg dibilang sm om profith bener, semua diluar dugaan saya, dari ekspektasi awal dengan 2-3 x pengecekkan udh berhasil ternyata perlu sampai 6x :big_biglaugh: .

intinya, umur muda ga menjamin kalo kondisi mobil tersebut bakal oke. semua tergantung orangnya , pemakaian dan perawatannya seperti apa. mobil umur muda km rendah jarang pake, tapi kalo owner sebelumnya makenya ngasal dan ga terawat bakal cepet rusak juga. sebaliknya, kalo mobil umur tua km tinggi karena sering dipake tetapi owner sebelumnya makenya telaten dan perawatannya dilakukan dengan baik bakal sehat dan awet terus hehehe

saya nyarinya ke pemilik pribadi mas, blm pernah ngecek ke showroom samsek, karena kondisi barangnya kalo masih di pemakai pribadi lebih "apa adanya" dan gaada yg di tutup tutupi menurut saya, dan harganya juga bisa dapet yg lebih murah dibanding beli di showroom hehehe. kalo showroom yg punya nama pun, tetep harus bawa mekanik atau orang yg ngerti mobil, jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan, intinya kalo mau ke showroom pun pastiin buku servis, buku manual sm faktur ada. kalo 3 itu gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes mobilnya

kalo soal BQ sepertinya sama aja ya, baik 1.8 maupun yg 1.5, resiko gamblingnya pun juga sama aja menurut saya antara yg 1.5 maupun 1.8. cuma yg 1.8 menang di fitur, tenaga mesin, peforma, handling sm peredaman aja yg lebih baik daripada 1.5 menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by maastricht889 »

barzagli43 wrote: Mon Aug 16, 2021 0:24 waduh padahal taun taun muda ya, btw mas nya nyari nyari ke pemilik pribadi atau ada yg ke showroom juga? kalau ke showroom yg punya nama gitu harusnya kondisi lebih terjaminn ya? walau harga pasti agak mahalan dikit.

Saya juga jadi kepikiran nih buat ambil HRV prestige taun 2016-2017 an terus ganti sendiri kaki kaki nya pake yg baru, ya itung2 masuk ke biaya beli ja sih jatohnya, tapi emang bener ya secara build quality yg prestige itu better drpd tipe lain?
Tetep gambling om mo prestis sekalipun soal build quality.

Unit yg pernah saya naikin kebetulan dpt unit hoki sih, th 2018 akhir fl. Wkt itu km udh 25rb lebih masih senyap semua. Paling kl HRV prestis 1.8 yg harus diperhatiin ya cover penutup pano sunroofnya suka turun om yg banyak kejadian, trs ya tipikal honda cvt yg hrs dipastiin record ganti oli CVTFnya harus jelas dan spek olinya haru HCF2. Usahain dr user langsung sih om
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by vanosz »

Pboyz97 wrote: Mon Aug 16, 2021 16:34
vanosz wrote: Mon Aug 16, 2021 0:02
Wow semangat banget infonya om :big_exellent:

Gak pusing baca sendiri om

tar sudah lengkap tulis info 1 buku malah TS ambil avanza GR loh
gak pusing kok om. hehehe. kalo masalah ambil mobil apa , itu kembali lagi ke keputusan TS nya mau mobil yg seperti apa. yg penting saya sudah memberikan gambaran tentang kondisi HRV seken di jakarta yg notabene umurnya masih lumayan muda kepada om TS nya yg memang sedang berencana untuk mengambil HRV seken wkwk

barzagli43 wrote: Mon Aug 16, 2021 0:24

waduh padahal taun taun muda ya, btw mas nya nyari nyari ke pemilik pribadi atau ada yg ke showroom juga? kalau ke showroom yg punya nama gitu harusnya kondisi lebih terjaminn ya? walau harga pasti agak mahalan dikit.

Saya juga jadi kepikiran nih buat ambil HRV prestige taun 2016-2017 an terus ganti sendiri kaki kaki nya pake yg baru, ya itung2 masuk ke biaya beli ja sih jatohnya, tapi emang bener ya secara build quality yg prestige itu better drpd tipe lain?

iya om, umurnya masih lumayan muda padahal, baru 3-4 tahun, dan saya sendiri juga kaget. awalnya saya berpikir kalo saya bisa dapet HRV yg saya inginkan dengan 2x atau maksimal 3x pengecekkan , biar ada pembanding dari segi harga dan kondisi. karena saya juga awalnya berpikir kalo mobil masih muda itu cenderung kondisinya lebih oke dibandingkan dengan mobil yg sudah berumur lebih dari 5 tahun , ternyata apa yg dibilang sm om profith bener, semua diluar dugaan saya, dari ekspektasi awal dengan 2-3 x pengecekkan udh berhasil ternyata perlu sampai 6x :big_biglaugh: .

intinya, umur muda ga menjamin kalo kondisi mobil tersebut bakal oke. semua tergantung orangnya , pemakaian dan perawatannya seperti apa. mobil umur muda km rendah jarang pake, tapi kalo owner sebelumnya makenya ngasal dan ga terawat bakal cepet rusak juga. sebaliknya, kalo mobil umur tua km tinggi karena sering dipake tetapi owner sebelumnya makenya telaten dan perawatannya dilakukan dengan baik bakal sehat dan awet terus hehehe

saya nyarinya ke pemilik pribadi mas, blm pernah ngecek ke showroom samsek, karena kondisi barangnya kalo masih di pemakai pribadi lebih "apa adanya" dan gaada yg di tutup tutupi menurut saya, dan harganya juga bisa dapet yg lebih murah dibanding beli di showroom hehehe. kalo showroom yg punya nama pun, tetep harus bawa mekanik atau orang yg ngerti mobil, jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan, intinya kalo mau ke showroom pun pastiin buku servis, buku manual sm faktur ada. kalo 3 itu gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes mobilnya

kalo soal BQ sepertinya sama aja ya, baik 1.8 maupun yg 1.5, resiko gamblingnya pun juga sama aja menurut saya antara yg 1.5 maupun 1.8. cuma yg 1.8 menang di fitur, tenaga mesin, peforma, handling sm peredaman aja yg lebih baik daripada 1.5 menurut saya
wow keren ganz infonya :big_exellent:

jadi yang galau bisa ada masukan lengkap.tmasuk ky ane

ane ada anggaran mobil buat tahun ini dan tahun depan ada 3M

galau mau beli 3 mobil

beli 1 mobil eropa atau campur 2 jepang

ane senangnya mobil balap gan.tp gak kepengen yang kelewat boros gitu ganz
barzagli43
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Aug 09, 2021 6:23

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by barzagli43 »

Alhamdulillah setelah menimbang2 segala masukan berharga di trit ini, akhirnya saya minang Xpander cross AT, ternyata keputusan final adanya di tangan istri hahahha terutama soal akomodasi, ntar mau coba bikin review dikit2 terutama dari sudut pandang yg pemula seperti saya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Pboyz97 »

barzagli43 wrote: Mon Aug 23, 2021 0:48 Alhamdulillah setelah menimbang2 segala masukan berharga di trit ini, akhirnya saya minang Xpander cross AT, ternyata keputusan final adanya di tangan istri hahahha terutama soal akomodasi, ntar mau coba bikin review dikit2 terutama dari sudut pandang yg pemula seperti saya
congrats om buat mobil barunya. ditunggu ya reviewnya dimari. kalo soal akomodasi, xpander ini memang salah 1 yg paling oke dikelasnya, karena row 2 dan row 3 yg lega, serta storagenya juga cukup banyak

vanosz wrote: Mon Aug 16, 2021 23:42

wow keren ganz infonya :big_exellent:

jadi yang galau bisa ada masukan lengkap.tmasuk ky ane

ane ada anggaran mobil buat tahun ini dan tahun depan ada 3M

galau mau beli 3 mobil

beli 1 mobil eropa atau campur 2 jepang

ane senangnya mobil balap gan.tp gak kepengen yang kelewat boros gitu ganz
kalo saya lebih prefer campur 2 jepang aja, atau 1 jepang baru, 1 nya lg eropa seken tapi yg tahunnya ga terlalu tua (berumur kurang dari 10 tahun) , kecuali emg sudah siap dengan segala resikonya + punya mobil lain buat daily, baru beli 1 mobil eropa hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by vanosz »

Pboyz97 wrote: Mon Aug 23, 2021 4:34
barzagli43 wrote: Mon Aug 23, 2021 0:48 Alhamdulillah setelah menimbang2 segala masukan berharga di trit ini, akhirnya saya minang Xpander cross AT, ternyata keputusan final adanya di tangan istri hahahha terutama soal akomodasi, ntar mau coba bikin review dikit2 terutama dari sudut pandang yg pemula seperti saya
congrats om buat mobil barunya. ditunggu ya reviewnya dimari. kalo soal akomodasi, xpander ini memang salah 1 yg paling oke dikelasnya, karena row 2 dan row 3 yg lega, serta storagenya juga cukup banyak

vanosz wrote: Mon Aug 16, 2021 23:42

wow keren ganz infonya :big_exellent:

jadi yang galau bisa ada masukan lengkap.tmasuk ky ane

ane ada anggaran mobil buat tahun ini dan tahun depan ada 3M

galau mau beli 3 mobil

beli 1 mobil eropa atau campur 2 jepang

ane senangnya mobil balap gan.tp gak kepengen yang kelewat boros gitu ganz
kalo saya lebih prefer campur 2 jepang aja, atau 1 jepang baru, 1 nya lg eropa seken tapi yg tahunnya ga terlalu tua (berumur kurang dari 10 tahun) , kecuali emg sudah siap dengan segala resikonya + punya mobil lain buat daily, baru beli 1 mobil eropa hehehe
:ungg:
mobil dirumah ada 5 ganz,bisa buat daily semua
piara eropa pernah brp x ganz dari baru,terakhir hampir habis garansi 3 taun ane jual ganz.gak mau pusing
ane gak mau beli bekas ganz,duitnya ada kok msh sisa bnyk pula dr anggaran:big_slap:
klo hyundai gmn ganz :big_childish:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Pboyz97 »

vanosz wrote: Mon Aug 23, 2021 6:05

:ungg:
mobil dirumah ada 5 ganz,bisa buat daily semua
piara eropa pernah brp x ganz dari baru,terakhir hampir habis garansi 3 taun ane jual ganz.gak mau pusing
ane gak mau beli bekas ganz,duitnya ada kok msh sisa bnyk pula dr anggaran:big_slap:
klo hyundai gmn ganz :big_childish:
kalo hyundai cukup worth it lah. tertutama grand santa fe diesel dan palisadenya. fitur, desain dan teknologi ala mobil eropa. selain itu naikkan juga jauh lebih enak daripada mobil jepang menurut saya + durabilitynya juga udh jauh lebih baik daripada korea jadul
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by vanosz »

Pboyz97 wrote: Mon Aug 23, 2021 12:50
vanosz wrote: Mon Aug 23, 2021 6:05

:ungg:
mobil dirumah ada 5 ganz,bisa buat daily semua
piara eropa pernah brp x ganz dari baru,terakhir hampir habis garansi 3 taun ane jual ganz.gak mau pusing
ane gak mau beli bekas ganz,duitnya ada kok msh sisa bnyk pula dr anggaran:big_slap:
klo hyundai gmn ganz :big_childish:
kalo hyundai cukup worth it lah. tertutama grand santa fe diesel dan palisadenya. fitur, desain dan teknologi ala mobil eropa. selain itu naikkan juga jauh lebih enak daripada mobil jepang menurut saya + durabilitynya juga udh jauh lebih baik daripada korea jadul
hmmmm


pernah punya hiundai ganz
durabiliti dan part gmn banding jepang ganz
hyundai sama mobil eropa pilih mana ganz
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by Pboyz97 »

vanosz wrote: Mon Aug 23, 2021 23:09

hmmmm


pernah punya hiundai ganz
durabiliti dan part gmn banding jepang ganz
hyundai sama mobil eropa pilih mana ganz
durability ya mirip2 lah sm mobil jepang menurut saya. part juga ga se susah yg dibayangkan, ya beda tipis lah kaya mobil jepang (mazda, nissan, honda) menurut saya kalo soal parts dan sama2 di beres kwkw , selama tinggal di kota besar kaya jakarta ya masih cukup mudah lah, bengkel resminya lumayan banyak yg bisa nanganin kalo sekarang hehehe


kalo sama mobil eropa sih, saya pilih mobil eropa ya. karena kelas dan prestigenya jelas diatas hyundai, tapi asal siap dengan segala resikonya ya, yaitu biaya perawatan yg lebih mahal daripada hyundai.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Mobil yang cocok untuk pengemudi pemula budget 300 juta

Post by FR6 »

barzagli43 wrote: Mon Aug 23, 2021 0:48 Alhamdulillah setelah menimbang2 segala masukan berharga di trit ini, akhirnya saya minang Xpander cross AT, ternyata keputusan final adanya di tangan istri hahahha terutama soal akomodasi, ntar mau coba bikin review dikit2 terutama dari sudut pandang yg pemula seperti saya
SELAMAT OM! Emg faktor "istri" itu vital, dulu Istri prefer Xpander daripada R3 SS, katanya lebih keliatan gede :big_biglaugh: