Koleksi hand tools [Part 07]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 7:03
Mbah silly question yah.

Itu kepala ratchet 3/8 kan merek monotaro, gak kuatir merusak lubang 3/8 kunci shock stw?
Saya soalnya juga punya ratchet 3/8 merek krisbow, kunci shock 3/8 KTC


enggak.

saya kan punya juga ratchet handle monotaro yang sq.dr 1/2" gaada masalah. plug and play dengan socket bit yang ada.

ini sq.dr yang 3/8" :


IMG_20210820_143231.jpg
IMG_20210820_143319.jpg


nggak terlihat ada keanehan.



IMG_20210820_143039.jpg


aman bisa masuk dan keluar dengan mudah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4589
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

marmut wrote: Fri Aug 20, 2021 7:36
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 7:03
Mbah silly question yah.

Itu kepala ratchet 3/8 kan merek monotaro, gak kuatir merusak lubang 3/8 kunci shock stw?
Saya soalnya juga punya ratchet 3/8 merek krisbow, kunci shock 3/8 KTC


enggak.

saya kan punya juga ratchet handle monotaro yang sq.dr 1/2" gaada masalah. plug and play dengan socket bit yang ada.

ini sq.dr yang 3/8" :



IMG_20210820_143231.jpg
IMG_20210820_143319.jpg



nggak terlihat ada keanehan.




IMG_20210820_143039.jpg



aman bisa masuk dan keluar dengan mudah.
jadi opsi kalau ratchet krisbow saya jebol
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 7:20
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:11
Profith83 wrote: Thu Aug 19, 2021 16:02
Mbah tanya yah.

Kalau misal kita cuma buka klem dari bawah, denga cara lepas dulu cover bawah. Apa pernah melakukan?
Buka klem, buang grease, bersihkan pakai kain majun lewat celah celah sempit.
Kemudian isi grease baru pasang klem lagi.
Boot pakai yg lama heheheh, soalnya susah masang boot baru hehehehe

Belum coba ngolong posisi mobilio apakah memungkinkan atau tidak.
untuk re-grease cv joint ?
Dulu aku pernah di aerio, ngolong sambil ngegrease hadap atas, pegel, belepotan.
Enakan dilepas sih ngerjain sambil duduk di kursi, geser karet bootnya aja juga bisa ga usah lepas cv joint dari batangnya.
Tapi aku cara asemreges :ungg:

regards,
singachu
Bener mau regrease boot CV joint yang dalam(bukan yang nempel roda).

Artinya mesti lepas CV joint dari mobil yah mbah?
Yang diambil dari mobil adalah boot CV joint luar masih klem klem an, boot CV joint dalam juga masih klem klem an. Bener gitu ?
Nah artinya melepasnya CV joint yang nempel/masuk ke transmisi. Itu perlu alat apa yah? atau ada link youtube mbah? mau belajar saya
iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.

Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.

Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.

wah ga ada link nya.
Capture.JPG
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).

Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya

regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4589
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 5:02
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 3:05
DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 2:36

DiY itu kl pakem kita orang asemregez sehh yg penting nekat dl mbah... bsa ga bsa, ckup alat atau ga itu urusan blakangan

Saya seumur2 perna skali bongkar timing cover inofa yg riweh nya minta ampun, ilmu g ad, tools ga lengkap, TW ga punya... tp bongkar dulu, stelah itu baru deh catet parts apa aj yg dbutuhin, baru ke beres beliin parts nya satu2

(Ya, saya beli parts daleman mesin d beres koq, tp masang sendiri d rumah, bukan tebaliknya :mky_03: )
Siap, mau belajar dulu di youtube yang banyak, kemudian beli tool, beli part, bongkar deh.
Kalau perlu youtube disimpan, alat sudah beli, begitu ada sobek dikit masih rembes, cuss ke BeRes beli part, langsung bongkar
Masa Pandemi gini tidak tahu apa yang terjadi ke depan mesti dele, tahu, tempe.
Punya pengalaman bisa sampai berapa lama boot dalam? atau berapa tahun sekali ganti om?
boot karet sehh ga ad patokan umur mbah

kl bagus yah kadang bsa ampe bertaon2 dan d atas 100 rebu jg masi gapapa

dulu saya punya ferio pake 13 taon ga perna rusak samsek... perna jg liat lancer CK kuaran taon 2001 ampe 2018 aj masi pake boot bawaan

tp dulu skalinya lipindut, taon ke 3 aj ud sobek pecah
Siap, kita orang kalau pakai boot selama bisa pakai, maka pakai apa adanya, rusak baru beli. Apalgi mbah bilang ada yang sampai 13 tahun gapapa.
Catat info dari om Omni : Grease persiapan CRC seperti mbah tugel ada graphite nya, campur olie gardan GL5.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 6:36
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 4:17 Sertifikat kalibrasi si wera 2,5 - 25 Nm. Walopun click type +-3% pada waktu pengukuran ketemunya segini :big_grin:

IMG_20210820_111354.jpg

Impresif tydack? :upss:
kunci torsi perlu di calibrasi berkala ga om ?

regards,
singachu
Hampir semua maker/pabrikannya bilang dianjurkan sih om. Biasanya 5000 - 8000 klik / setahun. Mana yg tercapai dahulu.

Tp dpt ngunduh ilmu disini, kalau untuk diy hoby/kerjaan intensitas ringan doang asal dirawat bener/nggk jatuh sih rasanya ga perlu dikalibrasi berkala om. Dlm artian kalibrasi awal udah cukup. Udah sy coba test yg NOS dgn yg baru ga ada beda. Mbah taufik jg pernah ngetest pakai beban. Hasilnya bagus pdhl barang NOS.

Jd asumsi saya kalo sedikit digunain brti internal wear nya minim.

Lain hal kalo penggunaan di workshop itu rasanya perlu kalibrasi berkala om :big_smile]
Krn mgkin banyak tangan yg pakai, jd beda perlakuan yg diterima si tw. Makanya pabriknya anjurkan kalibrasi berkala krn asumsinya itu tw dibuat kerja workshop kan :big_smile]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:59
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 7:20
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:11

untuk re-grease cv joint ?
Dulu aku pernah di aerio, ngolong sambil ngegrease hadap atas, pegel, belepotan.
Enakan dilepas sih ngerjain sambil duduk di kursi, geser karet bootnya aja juga bisa ga usah lepas cv joint dari batangnya.
Tapi aku cara asemreges :ungg:

regards,
singachu
Bener mau regrease boot CV joint yang dalam(bukan yang nempel roda).

Artinya mesti lepas CV joint dari mobil yah mbah?
Yang diambil dari mobil adalah boot CV joint luar masih klem klem an, boot CV joint dalam juga masih klem klem an. Bener gitu ?
Nah artinya melepasnya CV joint yang nempel/masuk ke transmisi. Itu perlu alat apa yah? atau ada link youtube mbah? mau belajar saya
iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.

Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.

Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.

wah ga ada link nya.

Capture.JPG

kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).

Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya

regards,
singachu
mantappp :big_exellent: :big_exellent:


master nya DIY turun gunung :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

btw aerio masi ada mbah ??
Last edited by DOHC on Fri Aug 20, 2021 8:25, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4589
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:59
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.

kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).

Mantap banget mbah, terima kasih.
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 8:17
Hampir semua maker/pabrikannya bilang dianjurkan sih om. Biasanya 5000 - 8000 klik / setahun. Mana yg tercapai dahulu.

Tp dpt ngunduh ilmu disini, kalau untuk diy hoby/kerjaan intensitas ringan doang asal dirawat bener/nggk jatuh sih rasanya ga perlu dikalibrasi berkala om. Dlm artian kalibrasi awal udah cukup. Udah sy coba test yg NOS dgn yg baru ga ada beda. Mbah taufik jg pernah ngetest pakai beban. Hasilnya bagus pdhl barang NOS.

Jd asumsi saya kalo sedikit digunain brti internal wear nya minim.

Lain hal kalo penggunaan di workshop itu rasanya perlu kalibrasi berkala om :big_smile]
Krn mgkin banyak tangan yg pakai, jd beda perlakuan yg diterima si tw. Makanya pabriknya anjurkan kalibrasi berkala krn asumsinya itu tw dibuat kerja workshop kan :big_smile]
NOS itu apa ya om ?

Lagi liat2 JTC tipe TC-1202 : 3/8" Dr. , Torsi 19~110NM/14~81FT/LB di toped sidoarjo nih, tapi ya itu pusing juga kalau tiap taon di kalibrasi,
penggunaan mungkin jarang2.
Kalau memang ga perlu kalibrasi karena ga melenceng jauh sih ok, asal nyimpennya di kondisi 0 dikasih tension dikit ya ?
Penggunaan paling buat lugnut, mungkin ketambahan busi ama tap oli palingan..... makanya cari yang bisa agak rendah juga torsinya.

Nah baca lagi untuk rentang torsi kalau mau kencengin di range torsi alatnya paling rendah atau paling tinggi dari range torsinya kemungkinan kurang akurat dibanding kalau di range tengah spek torsi tadi. Tapi seberapa amannya ya ?

trus liat video ini, kok ga perlu di kalibrasi untuk yang digital torque ini jadi pengen juga :

Pengen yang range tipe range torsi 10Nm - 200 Nm. tapi balik lagi apa buat kencengin busi di 19-25Nm masih bisa diandalkan apa tidak.

Kalau nurut om gmn ?

o ya yang digital torque itu ada youtube yang ngebongkar isinya, prinsip kerjanya flexing diukur mirip seperti load cell, diukur nilai hambatannya



regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 8:25
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:59
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 7:20

Bener mau regrease boot CV joint yang dalam(bukan yang nempel roda).

Artinya mesti lepas CV joint dari mobil yah mbah?
Yang diambil dari mobil adalah boot CV joint luar masih klem klem an, boot CV joint dalam juga masih klem klem an. Bener gitu ?
Nah artinya melepasnya CV joint yang nempel/masuk ke transmisi. Itu perlu alat apa yah? atau ada link youtube mbah? mau belajar saya
iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.

Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.

Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.

wah ga ada link nya.

Capture.JPG

kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).

Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya

regards,
singachu
mantappp :big_exellent: :big_exellent:


master nya DIY turun gunung :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

btw aerio masi ada mbah ??
master apaan, ala asem reges, baca2 di sini saya jadi malu ama cara2 saya :ungg:

Aerio masih ada, semoga bertahan 3 tahun lagi buat peremajaan :upss:

regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 8:25
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:59
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.

kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).

Mantap banget mbah, terima kasih.
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg
Yang dipegang batangnya yang panah merah :
Capture.JPG
Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.

iya ini foto terlepasnya juga knuckle masih terpasang :
capture1.JPG
kalau cara bengkel mereka lepasin mur yang ngiket cv joint luar.
Jadi ga perlu lepas cakram dan balljoint. Cuman males ngelepas pasang mur ukuran 30 an itu.



nah pernah kejadian di bengkel alternator, itu alternator udah kelepas tapi ga bisa dikeluarkan dari dalam mobil, kepentok sana sini, aku bilang lepas aja as rodanya, nah pas narik mungkin kurang disentak jadi inner cv joint yang ijo masih nempel, bola2 besinya (bukan tripod kebetulan) pada berceceran semua. Dia coba congkel2 yang cv joint ketinggalan ga bisa. Akhirnya aku bilang balikin aja bola2nya, harusnya ada circlipnya pasang juga, karena itu yang bikin rumah inner cv jointnya ga kelepas dari batang as roda. Abis dibalikin disentak nariknya baru deh rumah inner cv joint nya ikutan kecabut.
jadi pas narik sentaknya jangan ragu2.... yang nahan nancep itu circlip bentuk cincin C kalau disentak mingkup.

ah ini ada foto dokumentasinya ternyata setelah as rodanya berhasil cabut berikut inner cv joint nya
Capture2.JPG

regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by singachu on Fri Aug 20, 2021 8:52, edited 1 time in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 2:30

Eh tp katanya ari ini bakal mo d post.. koq belom mbah


tadinya mau ga di post, tapi karena sudah janji dan mau kasih laporan pandangan mata, ya saya tampilkan juga...


IMG_20210820_120711.jpg


sudah tau?






belum?







IMG20210820112732.jpg


sudah jelas kan?








ini yang lebih jelas...


IMG20210820115752.jpg
IMG20210820131906.jpg
IMG_20210820_120558.jpg
IMG20210820120514.jpg


kunci model T 8mm dan 10mm.
dapet murah di coys motor tokopedia. hebat mereka jualannya, saya beli 2 kunci T ini boleh nawar dan dapet bonus sepesiyal ini :












IMG20210820135046.jpg


:big_weee:

tertera di keterangannya, barang baru. tapi waktu saya komplen ke mereka cuma dapet jawaban kaya gini :


IMG_20210820_154138.jpg


nah, bagi yang ngiler dengan barang dagangan mereka, tanya yang detail kalo perlu minta foto lagi sisi yang lain.
kalo saya sih, ogah belanja disana lagi...

:mky_03:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

marmut wrote: Fri Aug 20, 2021 8:46
DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 2:30

Eh tp katanya ari ini bakal mo d post.. koq belom mbah


tadinya mau ga di post, tapi karena sudah janji dan mau kasih laporan pandangan mata, ya saya tampilkan juga...



IMG_20210820_120711.jpg



sudah tau?






belum?








IMG20210820112732.jpg



sudah jelas kan?








ini yang lebih jelas...



IMG20210820115752.jpg
IMG20210820131906.jpg
IMG_20210820_120558.jpg
IMG20210820120514.jpg



kunci model T 8mm dan 10mm.
dapet murah di coys motor tokopedia. hebat mereka jualannya, saya beli 2 kunci T ini boleh nawar dan dapet bonus sepesiyal ini :













IMG20210820135046.jpg



:big_weee:

tertera di keterangannya, barang baru. tapi waktu saya komplen ke mereka cuma dapet jawaban kaya gini :



IMG_20210820_154138.jpg



nah, bagi yang ngiler dengan barang dagangan mereka, tanya yang detail kalo perlu minta foto lagi sisi yang lain.
kalo saya sih, ogah belanja disana lagi...

:mky_03:
bekas berarti ?

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:33
DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 8:25
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:59

iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.

Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.

Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.

wah ga ada link nya.

Capture.JPG

kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).

Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya

regards,
singachu
mantappp :big_exellent: :big_exellent:


master nya DIY turun gunung :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

btw aerio masi ada mbah ??
master apaan, ala asem reges, baca2 di sini saya jadi malu ama cara2 saya :ungg:

Aerio masih ada, semoga bertahan 3 tahun lagi buat peremajaan :upss:

regards,
singachu
Jangan merendah gtu mbah

Saya sala satu penggemar blog si mbah loh

Wuihh aerio lejen masi ad rupanja... btw, kl inofa nya gmana mbah, ud d modif apa aj nehh :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Aug 20, 2021 8:46
DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 2:30

Eh tp katanya ari ini bakal mo d post.. koq belom mbah


tadinya mau ga di post, tapi karena sudah janji dan mau kasih laporan pandangan mata, ya saya tampilkan juga...



IMG_20210820_120711.jpg



sudah tau?






belum?








IMG20210820112732.jpg



sudah jelas kan?








ini yang lebih jelas...



IMG20210820115752.jpg
IMG20210820131906.jpg
IMG_20210820_120558.jpg
IMG20210820120514.jpg



kunci model T 8mm dan 10mm.
dapet murah di coys motor tokopedia. hebat mereka jualannya, saya beli 2 kunci T ini boleh nawar dan dapet bonus sepesiyal ini :













IMG20210820135046.jpg



:big_weee:

tertera di keterangannya, barang baru. tapi waktu saya komplen ke mereka cuma dapet jawaban kaya gini :



IMG_20210820_154138.jpg



nah, bagi yang ngiler dengan barang dagangan mereka, tanya yang detail kalo perlu minta foto lagi sisi yang lain.
kalo saya sih, ogah belanja disana lagi...

:mky_03:
Kirim balik poto britool mbah k ybs, blangin ini jg seken, tp kl djual baru jg orang percaya


Btw seller tsb saya perna liat tu TW STW nya, biar kata cuman cetiaw an, seken.. saya tetep ogah mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:31
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 8:17
Hampir semua maker/pabrikannya bilang dianjurkan sih om. Biasanya 5000 - 8000 klik / setahun. Mana yg tercapai dahulu.

Tp dpt ngunduh ilmu disini, kalau untuk diy hoby/kerjaan intensitas ringan doang asal dirawat bener/nggk jatuh sih rasanya ga perlu dikalibrasi berkala om. Dlm artian kalibrasi awal udah cukup. Udah sy coba test yg NOS dgn yg baru ga ada beda. Mbah taufik jg pernah ngetest pakai beban. Hasilnya bagus pdhl barang NOS.

Jd asumsi saya kalo sedikit digunain brti internal wear nya minim.

Lain hal kalo penggunaan di workshop itu rasanya perlu kalibrasi berkala om :big_smile]
Krn mgkin banyak tangan yg pakai, jd beda perlakuan yg diterima si tw. Makanya pabriknya anjurkan kalibrasi berkala krn asumsinya itu tw dibuat kerja workshop kan :big_smile]
NOS itu apa ya om ?

Lagi liat2 JTC tipe TC-1202 : 3/8" Dr. , Torsi 19~110NM/14~81FT/LB di toped sidoarjo nih, tapi ya itu pusing juga kalau tiap taon di kalibrasi,
penggunaan mungkin jarang2.
Kalau memang ga perlu kalibrasi karena ga melenceng jauh sih ok, asal nyimpennya di kondisi 0 dikasih tension dikit ya ?
Penggunaan paling buat lugnut, mungkin ketambahan busi ama tap oli palingan..... makanya cari yang bisa agak rendah juga torsinya.

Nah baca lagi untuk rentang torsi kalau mau kencengin di range torsi alatnya paling rendah atau paling tinggi dari range torsinya kemungkinan kurang akurat dibanding kalau di range tengah spek torsi tadi. Tapi seberapa amannya ya ?

trus liat video ini, kok ga perlu di kalibrasi untuk yang digital torque ini jadi pengen juga :

Pengen yang range tipe range torsi 10Nm - 200 Nm. tapi balik lagi apa buat kencengin busi di 19-25Nm masih bisa diandalkan apa tidak.

Kalau nurut om gmn ?

o ya yang digital torque itu ada youtube yang ngebongkar isinya, prinsip kerjanya flexing diukur mirip seperti load cell, diukur nilai hambatannya



regards,
singachu
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..

Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus :big_biglaugh:
Ybs jd lembaga penilainya soalnya :wkkk:

Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.

Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.

Makanya mbah gerasi 69, mbah masas aka omnibus, mbah delko, mbah profit99 lgsg alergi gatel2 kalau smpe megang tw merek Sellera :big_biglaugh:

Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen... :mky_01:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 8:50 Jangan merendah gtu mbah

Saya sala satu penggemar blog si mbah loh

Wuihh aerio lejen masi ad rupanja... btw, kl inofa nya gmana mbah, ud d modif apa aj nehh :upss:
asli om cara2 ngawur saya :big_blushing:

inofa cuman sebentar pakai, itu mobil dari kantor dan aku skrg pindah kantor :big_childish:

kalau next g matic yang sudah ganti avanza 2019, yang pakai nyonya tapi. ganti mobil dua juta umat :big_peace:
eh btw kok ada yang posting avanza yang rwd ini bakalan diganti avanza fwd ya, kirain beda positioning. bener ga sih ? eh jadi oot

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:45
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 8:25
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:59
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.

kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).

Mantap banget mbah, terima kasih.
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg
Yang dipegang batangnya yang panah merah :
Capture.JPG
Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.

iya ini foto terlepasnya juga knuckle masih terpasang :
capture1.JPG

kalau cara bengkel mereka lepasin mur yang ngiket cv joint luar.
Jadi ga perlu lepas cakram dan balljoint. Cuman males ngelepas pasang mur ukuran 30 an itu.



nah pernah kejadian di bengkel alternator, itu alternator udah kelepas tapi ga bisa dikeluarkan dari dalam mobil, kepentok sana sini, aku bilang lepas aja as rodanya, nah pas narik mungkin kurang disentak jadi inner cv joint yang ijo masih nempel, bola2 besinya (bukan tripod kebetulan) pada berceceran semua. Dia coba congkel2 yang cv joint ketinggalan ga bisa. Akhirnya aku bilang balikin aja bola2nya, harusnya ada circlipnya pasang juga, karena itu yang bikin rumah inner cv jointnya ga kelepas dari batang as roda. Abis dibalikin disentak nariknya baru deh rumah inner cv joint nya ikutan kecabut.
jadi pas narik sentaknya jangan ragu2.... yang nahan nancep itu circlip bentuk cincin C kalau disentak mingkup.

ah ini ada foto dokumentasinya ternyata setelah as rodanya berhasil cabut berikut inner cv joint nya
Capture2.JPG


regards,
singachu
Kl yg saya sering liat (dan perna coba sendiri) sehh, jd inner cv nya di congkel pake linggis yg pipih mbah, trus di hentak ke luar nya pake linggis tsb... lebi gampang seh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:55
DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 8:50 Jangan merendah gtu mbah

Saya sala satu penggemar blog si mbah loh

Wuihh aerio lejen masi ad rupanja... btw, kl inofa nya gmana mbah, ud d modif apa aj nehh :upss:
asli om cara2 ngawur saya :big_blushing:

inofa cuman sebentar pakai, itu mobil dari kantor dan aku skrg pindah kantor :big_childish:

kalau next g matic yang sudah ganti avanza 2019, yang pakai nyonya tapi. ganti mobil dua juta umat :big_peace:
eh btw kok ada yang posting avanza yang rwd ini bakalan diganti avanza fwd ya, kirain beda positioning. bener ga sih ? eh jadi oot

regards,
singachu
Ohh avansa fwd, kayanya dr jaman lipindut jg ud beberapa kl denger.. tp saya yakin sehh kayanya ga deh mbah, makan pasar calsig donk yg ud gemuk nan laku gini... dan kl bener jd fwd, itu pasar sulawesi dan kalimantan berarti goodbye donk, cuman ngandelin inofa doank

Paling banter sehh ganti body doank, enjin, rangka, kaki2 tetep sama... ya resep inofa ribon lah dpake lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 8:53

New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..

Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus :big_biglaugh:
Ybs jd lembaga penilainya soalnya :wkkk:

Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.

Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.

Makanya mbah gerasi 69, mbah masas aka omnibus, mbah delko, mbah profit99 lgsg alergi gatel2 kalau smpe megang tw merek Sellera :big_biglaugh:

Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen... :mky_01:
Bang tamvan,

Aku ga alergi koq ama selleray... apalagi lakoni pro

Btw, dsini ad mbah yg pake TW digital.. kl ga salah d tret hentul part 3 kl ga salah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Fri Aug 20, 2021 8:46
DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 2:30

Eh tp katanya ari ini bakal mo d post.. koq belom mbah


tadinya mau ga di post, tapi karena sudah janji dan mau kasih laporan pandangan mata, ya saya tampilkan juga...



IMG_20210820_120711.jpg



sudah tau?






belum?








IMG20210820112732.jpg



sudah jelas kan?








ini yang lebih jelas...



IMG20210820115752.jpg
IMG20210820131906.jpg
IMG_20210820_120558.jpg
IMG20210820120514.jpg



kunci model T 8mm dan 10mm.
dapet murah di coys motor tokopedia. hebat mereka jualannya, saya beli 2 kunci T ini boleh nawar dan dapet bonus sepesiyal ini :













IMG20210820135046.jpg



:big_weee:

tertera di keterangannya, barang baru. tapi waktu saya komplen ke mereka cuma dapet jawaban kaya gini :



IMG_20210820_154138.jpg



nah, bagi yang ngiler dengan barang dagangan mereka, tanya yang detail kalo perlu minta foto lagi sisi yang lain.
kalo saya sih, ogah belanja disana lagi...

:mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:



Upss maap mbah :big_cat:

Ane ada nih, malah lebih extrim lg chat2annya :big_biglaugh:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 8:53
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..

Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus :big_biglaugh:
Ybs jd lembaga penilainya soalnya :wkkk:

Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.

Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.

Makanya mbah gerasi 69, mbah masas aka omnibus, mbah delko, mbah profit99 lgsg alergi gatel2 kalau smpe megang tw merek Sellera :big_biglaugh:

Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen... :mky_01:
Lama ga ngikutin tread ini, puyeng juga banyak barang bagus, keinginan banyak tapi sadar kemampuan ga ada :big_chicken:
banyak istilah2 plesetan juga kadang bingung, ada trelek oglek ntah apa lagi, sellera itu maksudnya sellery ya ? bukannya itu china ya masa TW ?
Ada lagi merk Pegasi, lebih murah lagi itu dari Sellery :big_bored:
JTC ya, noted....

Nah ini ada video torque wrench disengaja dijatoh2in dan dilempar2 trus diukur apa masih akurat :

Ada istilah di training dulu 6 klik kalau pindah2 CW / CCW sebelum dipakai.

iya nih lagi bingung juga aku kalau beli torque wrench ini bakalan aku sering pake atau malah jadi debuan di lemari ya, masih galau butuh ga nya, kalau penginnya sih pasti pingin :big_slap:

Pernah beli juga dulu wipro tapi yang model jarum manual, udah copot itu skalanya wkwkwkw, dan ga terlalu yakin ama akurasinya

regards,
singachu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Fri Aug 20, 2021 6:37
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 4:04
Yang datang sementara 12 dan 14. Beli ketengan nyicil seperlunya :big_smile]

KTC shock 12 14.jpg


ntap mbah...

saya pun beli ketengan kok. kemarin sudah pajang ratchet handle, sekarang socket bit 3/8" 6pt dan 12pt,

ini yang 6pt,



IMG20210820132221.jpg



dari kiri ke kanan :
8mm, 10mm, 12mm, 14mm.

yang 12pt baru punya 2 ini :



IMG20210820132630.jpg
IMG20210820132936.jpg



kiri : 10mm
kanan : deepwall 12mm
extensyen nya mana mbah? kl belum ada beli 2 aja dulu yg 75mm dan 150mm.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 8:55
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:45
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 8:25

Mantap banget mbah, terima kasih.
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg
Yang dipegang batangnya yang panah merah :
Capture.JPG
Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.

iya ini foto terlepasnya juga knuckle masih terpasang :
capture1.JPG

kalau cara bengkel mereka lepasin mur yang ngiket cv joint luar.
Jadi ga perlu lepas cakram dan balljoint. Cuman males ngelepas pasang mur ukuran 30 an itu.



nah pernah kejadian di bengkel alternator, itu alternator udah kelepas tapi ga bisa dikeluarkan dari dalam mobil, kepentok sana sini, aku bilang lepas aja as rodanya, nah pas narik mungkin kurang disentak jadi inner cv joint yang ijo masih nempel, bola2 besinya (bukan tripod kebetulan) pada berceceran semua. Dia coba congkel2 yang cv joint ketinggalan ga bisa. Akhirnya aku bilang balikin aja bola2nya, harusnya ada circlipnya pasang juga, karena itu yang bikin rumah inner cv jointnya ga kelepas dari batang as roda. Abis dibalikin disentak nariknya baru deh rumah inner cv joint nya ikutan kecabut.
jadi pas narik sentaknya jangan ragu2.... yang nahan nancep itu circlip bentuk cincin C kalau disentak mingkup.

ah ini ada foto dokumentasinya ternyata setelah as rodanya berhasil cabut berikut inner cv joint nya
Capture2.JPG


regards,
singachu
Kl yg saya sering liat (dan perna coba sendiri) sehh, jd inner cv nya di congkel pake linggis yg pipih mbah, trus di hentak ke luar nya pake linggis tsb... lebi gampang seh
Atau pake rante juga enak (bukan chain), tinggal dikalungin aja , trus tarik :upss:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by singachu »

yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 9:07
DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 8:55
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:45

Yang dipegang batangnya yang panah merah :
Capture.JPG
Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.

iya ini foto terlepasnya juga knuckle masih terpasang :
capture1.JPG

kalau cara bengkel mereka lepasin mur yang ngiket cv joint luar.
Jadi ga perlu lepas cakram dan balljoint. Cuman males ngelepas pasang mur ukuran 30 an itu.



nah pernah kejadian di bengkel alternator, itu alternator udah kelepas tapi ga bisa dikeluarkan dari dalam mobil, kepentok sana sini, aku bilang lepas aja as rodanya, nah pas narik mungkin kurang disentak jadi inner cv joint yang ijo masih nempel, bola2 besinya (bukan tripod kebetulan) pada berceceran semua. Dia coba congkel2 yang cv joint ketinggalan ga bisa. Akhirnya aku bilang balikin aja bola2nya, harusnya ada circlipnya pasang juga, karena itu yang bikin rumah inner cv jointnya ga kelepas dari batang as roda. Abis dibalikin disentak nariknya baru deh rumah inner cv joint nya ikutan kecabut.
jadi pas narik sentaknya jangan ragu2.... yang nahan nancep itu circlip bentuk cincin C kalau disentak mingkup.

ah ini ada foto dokumentasinya ternyata setelah as rodanya berhasil cabut berikut inner cv joint nya
Capture2.JPG


regards,
singachu
Kl yg saya sering liat (dan perna coba sendiri) sehh, jd inner cv nya di congkel pake linggis yg pipih mbah, trus di hentak ke luar nya pake linggis tsb... lebi gampang seh
Atau pake rante juga enak (bukan chain), tinggal dikalungin aja , trus tarik :upss:
o ya bisa juga mestinya.... apalagi kalau punya sliding hammer ya

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 9:04
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 8:53
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..

Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus :big_biglaugh:
Ybs jd lembaga penilainya soalnya :wkkk:

Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.

Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.

Makanya mbah gerasi 69, mbah masas aka omnibus, mbah delko, mbah profit99 lgsg alergi gatel2 kalau smpe megang tw merek Sellera :big_biglaugh:

Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen... :mky_01:
Lama ga ngikutin tread ini, puyeng juga banyak barang bagus, keinginan banyak tapi sadar kemampuan ga ada :big_chicken:
banyak istilah2 plesetan juga kadang bingung, ada trelek oglek ntah apa lagi, sellera itu maksudnya sellery ya ? bukannya itu china ya masa TW ?
Ada lagi merk Pegasi, lebih murah lagi itu dari Sellery :big_bored:
JTC ya, noted....

Nah ini ada video torque wrench disengaja dijatoh2in dan dilempar2 trus diukur apa masih akurat :

Ada istilah di training dulu 6 klik kalau pindah2 CW / CCW sebelum dipakai.

iya nih lagi bingung juga aku kalau beli torque wrench ini bakalan aku sering pake atau malah jadi debuan di lemari ya, masih galau butuh ga nya, kalau penginnya sih pasti pingin :big_slap:

Pernah beli juga dulu wipro tapi yang model jarum manual, udah copot itu skalanya wkwkwkw, dan ga terlalu yakin ama akurasinya

regards,
singachu
Kl yg saya rangkum gini mbah

TW yg di rekomen ama mbah2 sini itu dibagi 2 rejim.. eh region

Region asia itu : JTC (taiwan), Sata ( taiwan) , toptul ( taiwan), genius ( taiwan), tohnichi ( nihon), koken (nihon), tone ( nihon)

Region eropa : stahlwille (jerman) , hazet (jerman), gedore ( jerman)

Laen dari tuu merek, ga perna d coba jd no comment mbah

Perlu apa kaga ? Entahlah mbah, saya yg dulunya orang asemregez yg doyan nya pake pipa besi aj, skrg ampe keracunan punya 2 TW, ini kl bulan lalu gaji ga dpotong pandemi ppkm ama bos, mungkin us 3 biji TW kl saya beli ...

emang tret sarang penyamun ini
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: