enggak.
saya kan punya juga ratchet handle monotaro yang sq.dr 1/2" gaada masalah. plug and play dengan socket bit yang ada.
ini sq.dr yang 3/8" :
nggak terlihat ada keanehan.
aman bisa masuk dan keluar dengan mudah.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
jadi opsi kalau ratchet krisbow saya jebolmarmut wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:36
enggak.
saya kan punya juga ratchet handle monotaro yang sq.dr 1/2" gaada masalah. plug and play dengan socket bit yang ada.
ini sq.dr yang 3/8" :
IMG_20210820_143231.jpg
IMG_20210820_143319.jpg
nggak terlihat ada keanehan.
IMG_20210820_143039.jpg
aman bisa masuk dan keluar dengan mudah.
iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.Profith83 wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:20Bener mau regrease boot CV joint yang dalam(bukan yang nempel roda).singachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:11untuk re-grease cv joint ?Profith83 wrote: ↑Thu Aug 19, 2021 16:02
Mbah tanya yah.
Kalau misal kita cuma buka klem dari bawah, denga cara lepas dulu cover bawah. Apa pernah melakukan?
Buka klem, buang grease, bersihkan pakai kain majun lewat celah celah sempit.
Kemudian isi grease baru pasang klem lagi.
Boot pakai yg lama heheheh, soalnya susah masang boot baru hehehehe
Belum coba ngolong posisi mobilio apakah memungkinkan atau tidak.
Dulu aku pernah di aerio, ngolong sambil ngegrease hadap atas, pegel, belepotan.
Enakan dilepas sih ngerjain sambil duduk di kursi, geser karet bootnya aja juga bisa ga usah lepas cv joint dari batangnya.
Tapi aku cara asemreges
regards,
singachu
Artinya mesti lepas CV joint dari mobil yah mbah?
Yang diambil dari mobil adalah boot CV joint luar masih klem klem an, boot CV joint dalam juga masih klem klem an. Bener gitu ?
Nah artinya melepasnya CV joint yang nempel/masuk ke transmisi. Itu perlu alat apa yah? atau ada link youtube mbah? mau belajar saya
Siap, kita orang kalau pakai boot selama bisa pakai, maka pakai apa adanya, rusak baru beli. Apalgi mbah bilang ada yang sampai 13 tahun gapapa.DOHC wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 5:02boot karet sehh ga ad patokan umur mbahProfith83 wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 3:05Siap, mau belajar dulu di youtube yang banyak, kemudian beli tool, beli part, bongkar deh.DOHC wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 2:36
DiY itu kl pakem kita orang asemregez sehh yg penting nekat dl mbah... bsa ga bsa, ckup alat atau ga itu urusan blakangan
Saya seumur2 perna skali bongkar timing cover inofa yg riweh nya minta ampun, ilmu g ad, tools ga lengkap, TW ga punya... tp bongkar dulu, stelah itu baru deh catet parts apa aj yg dbutuhin, baru ke beres beliin parts nya satu2
(Ya, saya beli parts daleman mesin d beres koq, tp masang sendiri d rumah, bukan tebaliknya )
Kalau perlu youtube disimpan, alat sudah beli, begitu ada sobek dikit masih rembes, cuss ke BeRes beli part, langsung bongkar
Masa Pandemi gini tidak tahu apa yang terjadi ke depan mesti dele, tahu, tempe.
Punya pengalaman bisa sampai berapa lama boot dalam? atau berapa tahun sekali ganti om?
kl bagus yah kadang bsa ampe bertaon2 dan d atas 100 rebu jg masi gapapa
dulu saya punya ferio pake 13 taon ga perna rusak samsek... perna jg liat lancer CK kuaran taon 2001 ampe 2018 aj masi pake boot bawaan
tp dulu skalinya lipindut, taon ke 3 aj ud sobek pecah
Hampir semua maker/pabrikannya bilang dianjurkan sih om. Biasanya 5000 - 8000 klik / setahun. Mana yg tercapai dahulu.
mantapppsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:59iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.Profith83 wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:20Bener mau regrease boot CV joint yang dalam(bukan yang nempel roda).singachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:11
untuk re-grease cv joint ?
Dulu aku pernah di aerio, ngolong sambil ngegrease hadap atas, pegel, belepotan.
Enakan dilepas sih ngerjain sambil duduk di kursi, geser karet bootnya aja juga bisa ga usah lepas cv joint dari batangnya.
Tapi aku cara asemreges
regards,
singachu
Artinya mesti lepas CV joint dari mobil yah mbah?
Yang diambil dari mobil adalah boot CV joint luar masih klem klem an, boot CV joint dalam juga masih klem klem an. Bener gitu ?
Nah artinya melepasnya CV joint yang nempel/masuk ke transmisi. Itu perlu alat apa yah? atau ada link youtube mbah? mau belajar saya
Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.
Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
wah ga ada link nya.
Capture.JPG
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya
regards,
singachu
Mantap banget mbah, terima kasih.singachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:59
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
NOS itu apa ya om ?yanuarra wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:17
Hampir semua maker/pabrikannya bilang dianjurkan sih om. Biasanya 5000 - 8000 klik / setahun. Mana yg tercapai dahulu.
Tp dpt ngunduh ilmu disini, kalau untuk diy hoby/kerjaan intensitas ringan doang asal dirawat bener/nggk jatuh sih rasanya ga perlu dikalibrasi berkala om. Dlm artian kalibrasi awal udah cukup. Udah sy coba test yg NOS dgn yg baru ga ada beda. Mbah taufik jg pernah ngetest pakai beban. Hasilnya bagus pdhl barang NOS.
Jd asumsi saya kalo sedikit digunain brti internal wear nya minim.
Lain hal kalo penggunaan di workshop itu rasanya perlu kalibrasi berkala om
Krn mgkin banyak tangan yg pakai, jd beda perlakuan yg diterima si tw. Makanya pabriknya anjurkan kalibrasi berkala krn asumsinya itu tw dibuat kerja workshop kan
master apaan, ala asem reges, baca2 di sini saya jadi malu ama cara2 sayaDOHC wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:25mantapppsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:59iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.Profith83 wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:20
Bener mau regrease boot CV joint yang dalam(bukan yang nempel roda).
Artinya mesti lepas CV joint dari mobil yah mbah?
Yang diambil dari mobil adalah boot CV joint luar masih klem klem an, boot CV joint dalam juga masih klem klem an. Bener gitu ?
Nah artinya melepasnya CV joint yang nempel/masuk ke transmisi. Itu perlu alat apa yah? atau ada link youtube mbah? mau belajar saya
Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.
Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
wah ga ada link nya.
Capture.JPG
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya
regards,
singachu
master nya DIY turun gunung
btw aerio masi ada mbah ??
Yang dipegang batangnya yang panah merah : Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.Profith83 wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:25Mantap banget mbah, terima kasih.singachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:59
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg
bekas berarti ?marmut wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:46
tadinya mau ga di post, tapi karena sudah janji dan mau kasih laporan pandangan mata, ya saya tampilkan juga...
IMG_20210820_120711.jpg
sudah tau?
belum?
IMG20210820112732.jpg
sudah jelas kan?
ini yang lebih jelas...
IMG20210820115752.jpg
IMG20210820131906.jpg
IMG_20210820_120558.jpg
IMG20210820120514.jpg
kunci model T 8mm dan 10mm.
dapet murah di coys motor tokopedia. hebat mereka jualannya, saya beli 2 kunci T ini boleh nawar dan dapet bonus sepesiyal ini :
IMG20210820135046.jpg
tertera di keterangannya, barang baru. tapi waktu saya komplen ke mereka cuma dapet jawaban kaya gini :
IMG_20210820_154138.jpg
nah, bagi yang ngiler dengan barang dagangan mereka, tanya yang detail kalo perlu minta foto lagi sisi yang lain.
kalo saya sih, ogah belanja disana lagi...
Jangan merendah gtu mbahsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:33master apaan, ala asem reges, baca2 di sini saya jadi malu ama cara2 sayaDOHC wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:25mantapppsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:59
iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.
Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.
Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
wah ga ada link nya.
Capture.JPG
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya
regards,
singachu
master nya DIY turun gunung
btw aerio masi ada mbah ??
Aerio masih ada, semoga bertahan 3 tahun lagi buat peremajaan
regards,
singachu
Kirim balik poto britool mbah k ybs, blangin ini jg seken, tp kl djual baru jg orang percayamarmut wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:46
tadinya mau ga di post, tapi karena sudah janji dan mau kasih laporan pandangan mata, ya saya tampilkan juga...
IMG_20210820_120711.jpg
sudah tau?
belum?
IMG20210820112732.jpg
sudah jelas kan?
ini yang lebih jelas...
IMG20210820115752.jpg
IMG20210820131906.jpg
IMG_20210820_120558.jpg
IMG20210820120514.jpg
kunci model T 8mm dan 10mm.
dapet murah di coys motor tokopedia. hebat mereka jualannya, saya beli 2 kunci T ini boleh nawar dan dapet bonus sepesiyal ini :
IMG20210820135046.jpg
tertera di keterangannya, barang baru. tapi waktu saya komplen ke mereka cuma dapet jawaban kaya gini :
IMG_20210820_154138.jpg
nah, bagi yang ngiler dengan barang dagangan mereka, tanya yang detail kalo perlu minta foto lagi sisi yang lain.
kalo saya sih, ogah belanja disana lagi...
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..singachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:31NOS itu apa ya om ?yanuarra wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:17
Hampir semua maker/pabrikannya bilang dianjurkan sih om. Biasanya 5000 - 8000 klik / setahun. Mana yg tercapai dahulu.
Tp dpt ngunduh ilmu disini, kalau untuk diy hoby/kerjaan intensitas ringan doang asal dirawat bener/nggk jatuh sih rasanya ga perlu dikalibrasi berkala om. Dlm artian kalibrasi awal udah cukup. Udah sy coba test yg NOS dgn yg baru ga ada beda. Mbah taufik jg pernah ngetest pakai beban. Hasilnya bagus pdhl barang NOS.
Jd asumsi saya kalo sedikit digunain brti internal wear nya minim.
Lain hal kalo penggunaan di workshop itu rasanya perlu kalibrasi berkala om
Krn mgkin banyak tangan yg pakai, jd beda perlakuan yg diterima si tw. Makanya pabriknya anjurkan kalibrasi berkala krn asumsinya itu tw dibuat kerja workshop kan
Lagi liat2 JTC tipe TC-1202 : 3/8" Dr. , Torsi 19~110NM/14~81FT/LB di toped sidoarjo nih, tapi ya itu pusing juga kalau tiap taon di kalibrasi,
penggunaan mungkin jarang2.
Kalau memang ga perlu kalibrasi karena ga melenceng jauh sih ok, asal nyimpennya di kondisi 0 dikasih tension dikit ya ?
Penggunaan paling buat lugnut, mungkin ketambahan busi ama tap oli palingan..... makanya cari yang bisa agak rendah juga torsinya.
Nah baca lagi untuk rentang torsi kalau mau kencengin di range torsi alatnya paling rendah atau paling tinggi dari range torsinya kemungkinan kurang akurat dibanding kalau di range tengah spek torsi tadi. Tapi seberapa amannya ya ?
trus liat video ini, kok ga perlu di kalibrasi untuk yang digital torque ini jadi pengen juga :
Pengen yang range tipe range torsi 10Nm - 200 Nm. tapi balik lagi apa buat kencengin busi di 19-25Nm masih bisa diandalkan apa tidak.
Kalau nurut om gmn ?
o ya yang digital torque itu ada youtube yang ngebongkar isinya, prinsip kerjanya flexing diukur mirip seperti load cell, diukur nilai hambatannya
regards,
singachu
asli om cara2 ngawur saya
Kl yg saya sering liat (dan perna coba sendiri) sehh, jd inner cv nya di congkel pake linggis yg pipih mbah, trus di hentak ke luar nya pake linggis tsb... lebi gampang sehsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:45Yang dipegang batangnya yang panah merah :Profith83 wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:25Mantap banget mbah, terima kasih.singachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 7:59
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg
Capture.JPG
Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.
iya ini foto terlepasnya juga knuckle masih terpasang :
capture1.JPG
kalau cara bengkel mereka lepasin mur yang ngiket cv joint luar.
Jadi ga perlu lepas cakram dan balljoint. Cuman males ngelepas pasang mur ukuran 30 an itu.
nah pernah kejadian di bengkel alternator, itu alternator udah kelepas tapi ga bisa dikeluarkan dari dalam mobil, kepentok sana sini, aku bilang lepas aja as rodanya, nah pas narik mungkin kurang disentak jadi inner cv joint yang ijo masih nempel, bola2 besinya (bukan tripod kebetulan) pada berceceran semua. Dia coba congkel2 yang cv joint ketinggalan ga bisa. Akhirnya aku bilang balikin aja bola2nya, harusnya ada circlipnya pasang juga, karena itu yang bikin rumah inner cv jointnya ga kelepas dari batang as roda. Abis dibalikin disentak nariknya baru deh rumah inner cv joint nya ikutan kecabut.
jadi pas narik sentaknya jangan ragu2.... yang nahan nancep itu circlip bentuk cincin C kalau disentak mingkup.
ah ini ada foto dokumentasinya ternyata setelah as rodanya berhasil cabut berikut inner cv joint nya
Capture2.JPG
regards,
singachu
Ohh avansa fwd, kayanya dr jaman lipindut jg ud beberapa kl denger.. tp saya yakin sehh kayanya ga deh mbah, makan pasar calsig donk yg ud gemuk nan laku gini... dan kl bener jd fwd, itu pasar sulawesi dan kalimantan berarti goodbye donk, cuman ngandelin inofa doanksingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:55asli om cara2 ngawur saya
inofa cuman sebentar pakai, itu mobil dari kantor dan aku skrg pindah kantor
kalau next g matic yang sudah ganti avanza 2019, yang pakai nyonya tapi. ganti mobil dua juta umat
eh btw kok ada yang posting avanza yang rwd ini bakalan diganti avanza fwd ya, kirain beda positioning. bener ga sih ? eh jadi oot
regards,
singachu
Bang tamvan,yanuarra wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:53
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..
Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus
Ybs jd lembaga penilainya soalnya
Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.
Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.
Makanya mbah gerasi 69, mbah masas aka omnibus, mbah delko, mbah profit99 lgsg alergi gatel2 kalau smpe megang tw merek Sellera
Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen...
marmut wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:46
tadinya mau ga di post, tapi karena sudah janji dan mau kasih laporan pandangan mata, ya saya tampilkan juga...
IMG_20210820_120711.jpg
sudah tau?
belum?
IMG20210820112732.jpg
sudah jelas kan?
ini yang lebih jelas...
IMG20210820115752.jpg
IMG20210820131906.jpg
IMG_20210820_120558.jpg
IMG20210820120514.jpg
kunci model T 8mm dan 10mm.
dapet murah di coys motor tokopedia. hebat mereka jualannya, saya beli 2 kunci T ini boleh nawar dan dapet bonus sepesiyal ini :
IMG20210820135046.jpg
tertera di keterangannya, barang baru. tapi waktu saya komplen ke mereka cuma dapet jawaban kaya gini :
IMG_20210820_154138.jpg
nah, bagi yang ngiler dengan barang dagangan mereka, tanya yang detail kalo perlu minta foto lagi sisi yang lain.
kalo saya sih, ogah belanja disana lagi...
Lama ga ngikutin tread ini, puyeng juga banyak barang bagus, keinginan banyak tapi sadar kemampuan ga adayanuarra wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:53
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..
Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus
Ybs jd lembaga penilainya soalnya
Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.
Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.
Makanya mbah gerasi 69, mbah masas aka omnibus, mbah delko, mbah profit99 lgsg alergi gatel2 kalau smpe megang tw merek Sellera
Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen...
extensyen nya mana mbah? kl belum ada beli 2 aja dulu yg 75mm dan 150mm.marmut wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 6:37
ntap mbah...
saya pun beli ketengan kok. kemarin sudah pajang ratchet handle, sekarang socket bit 3/8" 6pt dan 12pt,
ini yang 6pt,
IMG20210820132221.jpg
dari kiri ke kanan :
8mm, 10mm, 12mm, 14mm.
yang 12pt baru punya 2 ini :
IMG20210820132630.jpg
IMG20210820132936.jpg
kiri : 10mm
kanan : deepwall 12mm
Atau pake rante juga enak (bukan chain), tinggal dikalungin aja , trus tarikDOHC wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:55Kl yg saya sering liat (dan perna coba sendiri) sehh, jd inner cv nya di congkel pake linggis yg pipih mbah, trus di hentak ke luar nya pake linggis tsb... lebi gampang sehsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:45Yang dipegang batangnya yang panah merah :Profith83 wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:25
Mantap banget mbah, terima kasih.
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg
Capture.JPG
Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.
iya ini foto terlepasnya juga knuckle masih terpasang :
capture1.JPG
kalau cara bengkel mereka lepasin mur yang ngiket cv joint luar.
Jadi ga perlu lepas cakram dan balljoint. Cuman males ngelepas pasang mur ukuran 30 an itu.
nah pernah kejadian di bengkel alternator, itu alternator udah kelepas tapi ga bisa dikeluarkan dari dalam mobil, kepentok sana sini, aku bilang lepas aja as rodanya, nah pas narik mungkin kurang disentak jadi inner cv joint yang ijo masih nempel, bola2 besinya (bukan tripod kebetulan) pada berceceran semua. Dia coba congkel2 yang cv joint ketinggalan ga bisa. Akhirnya aku bilang balikin aja bola2nya, harusnya ada circlipnya pasang juga, karena itu yang bikin rumah inner cv jointnya ga kelepas dari batang as roda. Abis dibalikin disentak nariknya baru deh rumah inner cv joint nya ikutan kecabut.
jadi pas narik sentaknya jangan ragu2.... yang nahan nancep itu circlip bentuk cincin C kalau disentak mingkup.
ah ini ada foto dokumentasinya ternyata setelah as rodanya berhasil cabut berikut inner cv joint nya
Capture2.JPG
regards,
singachu
o ya bisa juga mestinya.... apalagi kalau punya sliding hammer yayanuarra wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 9:07Atau pake rante juga enak (bukan chain), tinggal dikalungin aja , trus tarikDOHC wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:55Kl yg saya sering liat (dan perna coba sendiri) sehh, jd inner cv nya di congkel pake linggis yg pipih mbah, trus di hentak ke luar nya pake linggis tsb... lebi gampang sehsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:45
Yang dipegang batangnya yang panah merah :
Capture.JPG
Iya kalau pegang rumah inner cv joint nya (warna hijau) ga kejangkau, soalnya kita kan "jongkok" di samping roda, jadi yang dipegang buat hentak batang besinya, tangan satunya sekedar pegang/angkat cakramnya biar ga nyangkut di arm / lain2nya pas batangnya kita hentak.
iya ini foto terlepasnya juga knuckle masih terpasang :
capture1.JPG
kalau cara bengkel mereka lepasin mur yang ngiket cv joint luar.
Jadi ga perlu lepas cakram dan balljoint. Cuman males ngelepas pasang mur ukuran 30 an itu.
nah pernah kejadian di bengkel alternator, itu alternator udah kelepas tapi ga bisa dikeluarkan dari dalam mobil, kepentok sana sini, aku bilang lepas aja as rodanya, nah pas narik mungkin kurang disentak jadi inner cv joint yang ijo masih nempel, bola2 besinya (bukan tripod kebetulan) pada berceceran semua. Dia coba congkel2 yang cv joint ketinggalan ga bisa. Akhirnya aku bilang balikin aja bola2nya, harusnya ada circlipnya pasang juga, karena itu yang bikin rumah inner cv jointnya ga kelepas dari batang as roda. Abis dibalikin disentak nariknya baru deh rumah inner cv joint nya ikutan kecabut.
jadi pas narik sentaknya jangan ragu2.... yang nahan nancep itu circlip bentuk cincin C kalau disentak mingkup.
ah ini ada foto dokumentasinya ternyata setelah as rodanya berhasil cabut berikut inner cv joint nya
Capture2.JPG
regards,
singachu
Kl yg saya rangkum gini mbahsingachu wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 9:04Lama ga ngikutin tread ini, puyeng juga banyak barang bagus, keinginan banyak tapi sadar kemampuan ga adayanuarra wrote: ↑Fri Aug 20, 2021 8:53
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..
Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus
Ybs jd lembaga penilainya soalnya
Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.
Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.
Makanya mbah gerasi 69, mbah masas aka omnibus, mbah delko, mbah profit99 lgsg alergi gatel2 kalau smpe megang tw merek Sellera
Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen...
banyak istilah2 plesetan juga kadang bingung, ada trelek oglek ntah apa lagi, sellera itu maksudnya sellery ya ? bukannya itu china ya masa TW ?
Ada lagi merk Pegasi, lebih murah lagi itu dari Sellery
JTC ya, noted....
Nah ini ada video torque wrench disengaja dijatoh2in dan dilempar2 trus diukur apa masih akurat :
Ada istilah di training dulu 6 klik kalau pindah2 CW / CCW sebelum dipakai.
iya nih lagi bingung juga aku kalau beli torque wrench ini bakalan aku sering pake atau malah jadi debuan di lemari ya, masih galau butuh ga nya, kalau penginnya sih pasti pingin
Pernah beli juga dulu wipro tapi yang model jarum manual, udah copot itu skalanya wkwkwkw, dan ga terlalu yakin ama akurasinya
regards,
singachu