dimasj wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 14:02
Wah terimakasih semua suhu atas wejangannya,, jadi paham bahwa jazz is a no,, setelah Menimbang dan menghitung ketersediaan unit di kota saya,, kemungkinan saya akan jadi mengambil avanza 2010-2011 or xenia 2013-2014,, minat ertiga sih, tapi disini budget segitu nggak nemu,,
Kemungkinan besar sih akan jadi ke xenia, karena melihat tahunnya lebih muda,,
Oya suhu,, karena saya masih sangat hijau dalam dunia permobilan, nanti saat ngecek barang bagaimana caranya memastikan kualitas mobil tsb ya? Mungkin ada tips untuk mendeteksi mobil2 bekas taxol?
domisili dimana om memangnya? dan ternyata masih lumayan tinggi juga ya pasaran avanza 2010-2011, which is masih anteng di 90an jt. kalo di jakarta. 90 jt udh dapet yg 2012-2013 atau kalo ngambil tipe e bisa dapet yg 2014-2015. sedangkan xenia di budget segitu, bisa dapet yg 2015 kondisi lumayan bagus hehehe
dan kalo mau ambil avxen yg bagus. kudu siap mental dan punya waktu lebih buat hunting mobil + jangan lupa bawa mekanik atau kenalan yg ngerti mobil, jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan dan kalo bisa cari di pemake langsung aja . karena nyari avxen yg bagus agak susah. banyak yg jadi workhorse ownernya, serta banyak digunakan buat armada pt, rental dan taksol sehingga yg km nya tinggi + kondisinya cape dan ga karuan juga banyak. sama siapin mental kalo beli avxen apalagi yg tahun segitu gabisa sekali jadi. sama siap2 buat worse case kalo harus sampai puluhan kali pengecekkan baru bisa dapet barang yg harga dan kondisinya sesuai. kalo taksol agak jarang ya yg 2010-2014. mayoritas 2015 keatas kalo avxen yg buat taksol. paling ya yg banyak ex pt dan rental hehehe kalo tahun segitu
saya sudah pernah mengalami sendiri susahnya nyari avxen yg bagus even sampe dapet odo puteran pun pernah, which is murni kesalahan saya yg kurang teliti dan saat itu masih awam mobekas (maklum itu avanza, jadi mobil bekas pertama saya) dan baru 1 bulan pakai saya jual mobilnya karena sudah ga ada lagi rasa nyaman buat memakainya . dulu saya sempet hunting avanza g manual 2014-2015 pertengahan tahun lalu. sudah ngecek keliling jabodetabek dan survei lebih dari 20 unit gaada yg cocok. banyak yg bodynya udh cat2an alias cat ulang, ex laka, ex banjir, buku servis udh ilang entah kemana, body banyak dempul + km nya banyak yg gondrong2 . hingga akhirnya saya memutuskan untuk beli avanza G manual tahun 2015 pra GNA. kondisi body sih cukup mulus buat ukuran avanza, km 78rb, full ori luar dalam. dan setelah di test drive mobil masih enak naikkannya, ac dingin, kaki2 senyap. minus buku servis ilang dan interior agak kotor2 sedikit terutama bagian karpetnya . nah drama dimulai dari situ. alhasil karena budget dan kondisi masuk, akhirnya saya beli avanza tersebut. nah keanehan terjadi 3 hari setelah mobil tiba dirumah saya. pas dinyalain ada sedikit bunyi tek2 dari dalam mesin, kaya fanbelt yg udh mulai kena + suara mesinnya agak kasar. untung abis ganti oli suaranya mesinnya ga sekasar sebelumnya. nah saya mulai curiga. kok mobil berusia 5 tahun, km 78 rb suara mesinnya udh gitu. nah saya coba kontak ke beres toyota. dan alangkah kagetnya saya ketika mengetahui mobil tersebut ternyata sudah pernah servis di km 140rb
. kecewa , sedih dan penyesalan saya rasakan pada saat itu. selain itu, mobil ternyata juga sudah diakal2in dibagian interiornya:
- setir udh alus, walaupun blm oblak kalo dipegang. biasanya avxen kalo udh diatas 150-200rb, setirnya bakal oblak kalo dipegang. kalo udh alus, tapi blm oblak. km nya ya ada di kisaran 100-150rb
- pedal gas dan remnya udh aus
- jok bagian driver ternyata udh mblesek kaya yg om pugman bilang
- baut dibawah jok disisi driver ada sedikit karat
- seatbelt yg bagian tengah udh jamuran semua. sedangkan yg di bagian pinggir masih bersih
- mobil ternyata ex rental. karena saya pas awal ga gitu merhatiin pt nya bergerak dibidang apa . karena kebetulan mobil tersebut atas nama PT
akhirnya saya memutuskan untuk menjual saja mobilnya karena sudah tidak ada rasa nyaman lagi memakainya. 2 bulan berlalu. saya mencoba mencari penggantinya dengan tahun yg lebih muda. akhirnya selang beberapa lama, saya mendapatkan GNA G MT 2017 dual VVTI dengan km 78 rb asli record. kondisi full ori luar dalam. dan buku servis , buku manual dan gantungan oli lengkap semua. walaupun harus bayar lebih mahal sedikit. tapi saya puas dengan unitnya
kalo avanza 2010-2011 atau xenia 2013-2014 (karena mesinnya sama persis) yg perlu diperhatiin paling
- paking2 sm kaki2. karena tahun segitu apalagi km nya udh diatas 150rb udh mulai rembes mesinnya
- buku servis, buku manual dan faktur WAJIB ADA. kalo salah 1 nya gaada mending cari unit lain karena kemungkinan besar gaberes barangnya
- jangan segan segan buat cek kolong. biar lebih tau ada kebocoran oli atau tidaknya
- wiring. karena avxen tahun segitu banyak yg udh dimodif2 gajelas which is jatohnya jamet. sukur2 masih dapet yg full ori luar dalam
- suara mesin. coba bawa mekanik yg ngerti soal permesinan. kalo suaranya udh kasar mending tinggalin aja karena biaya perbaikannya denger2 lumayan
- coba buka tutup oli yg dibagian mesin. kalo udh banyak kerak atau lumpur olinya. lebih baik tinggalin aja. karena takutnya harus overhaul atau turun mesin which is menghabiskan biaya yg lumayan menurut saya
- jangan lupa test drive
kalo mau mendeteksi mobil2 bekas taksol ya cukup mudah ya caranya
kalo dari exterior
- coba bagian cek bagian headlamp dan foglamp. kalo km nya udh diatas 100 rb. biasanya headlamp dan foglampnya udh mulai kusam (walaupun ini bisa diganti)
kalo inteiror (kalo emg om mau ngecek sendiri dengan asumsi buku servis atau gantungan olinya udh hilang entah kemana)
- coba cek bagian setir. kalo km dibawah 100 rb. tapi setirnya udh alus alias abis kulit jerukanya. atau logo toyotanya udh pudar, apalagi kalo dipegang oblak, mending cari unit lain karena besar kemungkinan km nya sudah dimundurin (ini juga gampang diakalin. tinggal ganti setir copotan, beres)
- cek bagian jok disisi driver. kalo km nya masih dibawah 100 rb, tapi jok drivernya udh mlbesek kaya yg om pugman bilang , lebih baik cari unit lain karena sama kaya poin pertama, km nya ada indikasi sudah dimundurkan (walaupun ini juga bisa diakalin ya. tinggal bungkus joknya pake bahan kulit. atau kalo emg niat ganti jok baru sekalian
)
- cek bagian doortrim atau shiftkob. kalo di bagian doortirmnya udh kotor parah, terus shiftknobnya juga udh abis kulit jeruknya, tapi km dibawah 100rb, mending cari unit lain (nah ini juga kudu hati2. karena bisa diakalin dengan ganti shiftknobnya dengan yg baru wkkw)
- cek semua bagian seatbelt. jangan cuma yg dipinggir doang. coba cek yg ditengah. kalo yg dipinggir kiri kanan bersih. sementara yg tengahnya kotor alias jamuran. berarti mobil tersebut sudah sering dipakai. avanza 2015 saya dulu yg km aslinya 150 -170 rb juga gitu soalnya. seatbelt yg di pinggirnya which is sering diliat orang dibikin bersih. sementara yg ditengah which is jarang diperhatiin orang keliatan kotor dan berjamur, khas mobil yg sering dipake tiap hari
- cek pedal gas dan rem, karena bagian ini gabisa bohong dan paling susah buat diakalin. kalo km mobil dibawah 100 rb, tapi pedal gas dan remnya udh alus, mending tinggalin aja, karena kemungkinan besar odonya udh diputer
sekian aja dari saya. semoga bermanfaat
Pugman wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 15:07
Ini cuma saran aja, kalau sampeyan ga mau bawa mekanik.
Lihat kilometer mobil bandingkan sama kondisi interior, terus lihat jok driver. Bagian ini ga bisa bohong. Kalau km rendah tapi jok driver udah mblesek, sementara yang punya badannya ga gede. Test semua fungsi, lampu, klakson, sein, AC tape dll, nyalain mesin agak lama tanpa jalan sambil nyalain dan matiin AC beberapa kali, coba nyalakan dan matikan mesin 2-3x. Kalau memungkinkan ya test jalan.
setuju om. kalo km rendah (dibawah 100rb) tapi jok driver udh mblesek, apalagi buku servis dan gantungan oli nya gaada besar kemungkinan odonya udh diputer. tapi kalo saya pribadi, bagian pedal gas dan rem yg paling aman. karena bagian itu justru yg gabisa bohong, karena paling susah diakalin dan menggambarkan kondisi mobil yg sesungguhnya. kalo km rendah dibawah 100 rb tapi pedal gas sm remnya udh aus mending cari unit lain karena besar kemungkinan km nya sudah diputar. karena kalo jok driver. sepengalaman saya, bisa diakalin dengan diretrim pake bahan kulit, jadi ga terlalu keliatan mbleseknya atau kalo emg niat buat nyulapnya bisa diganti sm jok baru sekalian