Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

klo mau ganti mufler ada merk BRD,khusus 2.8,

ada 1set sampe depan blakang,

lgsg ane sikat,

tarikan lebih plong,suara idle sedikit dung dung ,tp klo jalan bisa lebih halus gans,

bengkel yg masukin sendiri BRD,td bekas owner bengkel pake vrz 2.4 malah ngempos gak ada tenaga n suara melempem,

bengkel masih ada 1 stok lengkap brd dr depan sampe blakang khusus udah main turbo gede,


berhubung bnyk 1 GD yg tuning mau pesan banyak ke thailan gans,
Screenshot_20220310-072855_Gallery.jpg
User avatar
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1352
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by smgandi »

vanosz wrote: 10 Mar 2022, 07:23 :big_think:

diesel euro 4 apa tuh gans,

ane isi solar pake euro brp tuh gans,

Screenshot_20220310-071855_Gallery.jpg
Screenshot_20220310-072000_Gallery.jpg
Screenshot_20220310-072028_Gallery.jpg



salam mobil diesel solar goceng gans,
Kabarnya dex memenuhi euro 4 kalau punya shell euro 5. Kalau biosol nggak tau tuh euro berapa. :upss:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
User avatar
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1352
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by smgandi »

coipan wrote: 08 Mar 2022, 19:47 Klo spk bulan ini dan dijanjiin bulan ini gmn ya? Otr jg masih pake yg lama di spk

Sama beda euro 2 dan 4 ad beda di tenaga? Apa sebatas emisi aja?
https://oto.detik.com/mobil/d-5977068/n ... itaTerkait

Jakarta - Jelang penerapan aturan Euro4 7 April 2022, para pabrikan tengah mempersiapkan produk guna memenuhi standar yang ditetapkan. Hal itu rupanya turut berpengaruh pada harga jual dari deretan kendaraan diesel itu sendiri.
Harga mobil diesel bakal terkerek. PT Toyota Astra Motor pun mengamini hal itu. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyebut pihaknya akan melakukan penyesuaian harga termasuk pada Kijang Innova dan Fortuner bermesin diesel.

"Iya akan ada price adjustment, nilainya nanti ya. Untuk mesin diesel ya Euro4 mainly," ungkap Anton saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (10/3/2022).
Anton lebih lanjut menjelaskan kenaikan harga itu akan berlaku saat penerapan aturan Euro4. Kalau tak ada perubahan, maka konsumen yang membeli mobil diesel Toyota pada 7 April tak perlu heran bila harganya sudah naik.

Saat ini harga Toyota Fortuner bermesin diesel termurah dibanderol Rp 524,1 juta. Sedangkan varian termahalnya dijual dengan harga Rp 687 juta.

Sementara itu untuk Kijang Innova diesel harga paling murahnya adalah Rp 375,4 juta sampai yang termahal Rp 450,1 juta.

"Timing sesuai aturan, nilainya nanti ya," sambung Anton lagi.

Kendaraan diesel Toyota bukan hanya mobil penumpang. Mobil komersial bermesin diesel seperti Hilux, truk Dyna, dan Hiace pun akan mengalami penyesuaian harga.
Sekadar informasi, pemerintah berencana menerapkan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel mulai 2022. Peraturan itu tertuang dalam surat yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020.

Nantinya, semua produsen otomotif yang merakit kendaraan bermesin diesel akan mulai melakukan produksi pada 7 April 2022. Anjuran untuk beralih ke Euro 4 itu sebenarnya sudah tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
User avatar
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1352
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by smgandi »

https://oto.detik.com/tips-and-tricks/d ... sin-diesel

Jakarta - Indonesia akan menerapkan standar emisi Euro4 untuk mesin diesel pada bulan April 2022. Beberapa merek kendaraan komersil pun sudah ancang-ancang memperkenalkan produk truk dan bus terbaru dengan standar emisi Euro4. Bicara dari sisi teknologi, seperti apa perbedaan Euro2 dan Euro4?
Sebagai informasi regulasi emisi Euro1 telah diterapkan di Eropa sejak 1992, kemudian Euro2 pada 1996, Euro3 pada 2000, dan Euro4 pada 2005. Di Tanah Air sendiri penerapan standar emisi ini memang cukup terlambat.

Jika di Eropa kini sudah memberlakukan Euro6 sejak 2014, maka di Indonesia baru akan menerapkan Euro4. Berdasar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017, peraturan Euro4 untuk mesin diesel berlaku sejak April 2022.

Nah, jika kendaraan sepeda motor melewati fase Euro3, maka untuk produk kendaraan roda empat atau lebih bermesin bensin atau diesel, langsung loncat dari standar emisi Euro2 ke Euro4.

Sekilas mengenai perbedaan teknologi Euro2 dan Euro4 di mesin diesel, terkait erat dengan komponen di dalam mesin. "Kalau Euro2 engine-nya masih bisa menggunakan injection pump dengan kadar sulfurnya 500ppm," terang Deputy General Manager PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Tri Hariyanto di Purwakarta, Rabu (9/3/2022).

"Sementara itu, kalau mesin Euro4 harus common rail, jadi injection pump sudah tidak ada lagi. Mesin ini pakai Exhaust Gas Recirculation (EGR) kemudian ada DOC (Diesel Oxidation Catalysts), dan juga bahan bakarnya maksimum di 50 ppm," sambung Tri.

Mengutip situs resmi Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), mesin diesel Euro2 memiliki kadar NOx (Nitrogen Oksida) 730 mg/km dan Partikulat Material (PM) 100 mg/km. Sementara mesin diesel Euro4 jauh lebih ramah lingkungan dengan kadar NOx 250 mg/km dan PM 25 mg/km.

Selain mesin lebih ramah lingkungan, teknologi Euro4 juga bikin kendaraan jadi lebih bertenaga. "Misal yang kelas Dutro, yang tadinya 110 PS di Euro2, akan naik jadi 115 PS di Euro4. Yang tadinya 130 PS, naik jadi 136 PS. Selain itu GVW juga naik, yang tadinya 5,2 naik menjadi 5,4. Yang tadinya 8,250 naik menjadi 8,6," bilang Tri.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10468
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

selamat nge dpf regen yaaa .... hehehe. 1gd di oz aja pada bete kl udah urusan dpf.
nyotsaeba
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by nyotsaeba »

Omnibus wrote:selamat nge dpf regen yaaa .... hehehe. 1gd di oz aja pada bete kl udah urusan dpf.
Om bukannya DPF itu standard euro 5 ya? Kl baca2 sih euro 4 masih DOC yg maintenance free
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10468
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

nyotsaeba wrote: 10 Mar 2022, 20:53 Om bukannya DPF itu standard euro 5 ya? Kl baca2 sih euro 4 masih DOC yg maintenance free
yg skrg tuh udah ada doc. atau mungkin balik lagi posisinya ke dp. kita liat aja. tp kl ternyata dptnya dpf ya congrats aja hehe.
User avatar
darrelund
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 423
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by darrelund »

Omnibus wrote: 10 Mar 2022, 18:00 selamat nge dpf regen yaaa .... hehehe. 1gd di oz aja pada bete kl udah urusan dpf.
ni dpf regen active (pke tombol) apa passive yak oom

klo passive mesti dibawa lari mobilnya supaya rontok tuh kotoran di dpf :big_biglaugh:

yg di oz emg pada bete kenapa oom klo boleh tau? gegara ngebul apa gimana oom
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10468
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

darrelund wrote: 10 Mar 2022, 23:23
Omnibus wrote: 10 Mar 2022, 18:00 selamat nge dpf regen yaaa .... hehehe. 1gd di oz aja pada bete kl udah urusan dpf.
ni dpf regen active (pke tombol) apa passive yak oom

klo passive mesti dibawa lari mobilnya supaya rontok tuh kotoran di dpf :big_biglaugh:

yg di oz emg pada bete kenapa oom klo boleh tau? gegara ngebul apa gimana oom
iya begitulah. hrs ada xtra care. udah improvement jg msh aja. baca aja disini
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1479
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by lemonadelovers »

Mungkin krna ini ada ipah bensin hybrid jaga2 ada kebijakan pembatasan biosolar subsidi + euro4
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3650
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: 10 Mar 2022, 18:00 selamat nge dpf regen yaaa .... hehehe. 1gd di oz aja pada bete kl udah urusan dpf.
kalau di jkt si the notorious LC200 diesel UK :big_grin:
modif stage 1-2 gampang, tapi kondisi normal saja sudah nyusahin tuh DPF. not to mention EGR. dikasih EGR delete kit entah nongol Engine check atau kena solar jelek, christmast light nongol di speedo :big_biglaugh: tapi itu dulu ya, mestinya sekarang udah ga lah karena orang Indo kan kreatiff :big_exellent:
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

akhirnya..apa bisa 250...

disayangkan jalannya tambalan loncat2an...
Screenshot_20220312-073119_Video Player.jpg
Screenshot_20220312-071004_Video Player.jpg
Screenshot_20220312-071050_Video Player.jpg
Screenshot_20220312-072224_Video Player.jpg
Screenshot_20220312-072819_Gallery.jpg

salam mobil diesel isi solar goceng jarum sepet limit nyender pojok kanan kebawah,gassspooollllll
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

smgandi wrote: 10 Mar 2022, 12:12
Kabarnya dex memenuhi euro 4 kalau punya shell euro 5. Kalau biosol nggak tau tuh euro berapa. :upss:
wah enak isi solar gans,

pake indo aja,

bagus murah gans,isi dompet kerasssss,

njelimet amat euro euro gans,

yang penting jalan gans,kencang irit gans,


jangan mau diperbudak sama mobil euro euro an...


jangan jd mental babu gans,



salam mobil diesel isi solar goceng gans,
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

ane kmrn sore isi solar ful dr nyala indikator gans,

langsung gaspoll gans,jarum sepet limit nyender pojok kanan kebawah gans,anti aliran siksa diri gans,pulse glide,anti katanya katanya gans,apalg aliran standar tapi ky suhu alias mbah,


sbelum ane serah terima mobil ke orang rumah ane tes gassss,,,,,polllll gans,

maklum perempuan yang pake kantor gans,aliran sama jarum sepet limit nyender hampir pojok kanan gans,,tapi gak pake kebawah,

gasssss,,,,,polllllll,


solar murni tanpa ratjoen,gak mau njelimetin diri soal euro dan i art belgedes gans,


kalo belum coba gak akan pernah tau,gassssssss,,pollllll

sing penting kencang irit awet,dompet susah lipat krn isi isi duit gans,



btw jarum sepet limit gak bisa lebih dr 200 gans,

Screenshot_20220312-191644_Gallery.jpg
Screenshot_20220312-191607_Gallery.jpg
Screenshot_20220313-070252_Video Player.jpg
Screenshot_20220313-070218_Video Player.jpg
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Suryaputra »

Hati2 mbah kompree, mobil gajah gtu.

Resiko tinggi:
- jika tiba2 ada genangan air (this is not mandalika)
- angin samping

Klo suka hi speed, sikat spk type r turboh
*Colek me if I'm wrong
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2016
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ilhami »

Itu semua jenis Innova dan Fortuner euro 4 semua ya?
AbdulHakim
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by AbdulHakim »

vanosz wrote: 13 Mar 2022, 07:26 ane kmrn sore isi solar ful dr nyala indikator gans,

langsung gaspoll gans,jarum sepet limit nyender pojok kanan kebawah gans,anti aliran siksa diri gans,pulse glide,anti katanya katanya gans,apalg aliran standar tapi ky suhu alias mbah,


sbelum ane serah terima mobil ke orang rumah ane tes gassss,,,,,polllll gans,

maklum perempuan yang pake kantor gans,aliran sama jarum sepet limit nyender hampir pojok kanan gans,,tapi gak pake kebawah,

gasssss,,,,,polllllll,


solar murni tanpa ratjoen,gak mau njelimetin diri soal euro dan i art belgedes gans,


kalo belum coba gak akan pernah tau,gassssssss,,pollllll

sing penting kencang irit awet,dompet susah lipat krn isi isi duit gans,



btw jarum sepet limit gak bisa lebih dr 200 gans,


Screenshot_20220312-191644_Gallery.jpg
Screenshot_20220312-191607_Gallery.jpg
Screenshot_20220313-070252_Video Player.jpg
Screenshot_20220313-070218_Video Player.jpg
orang rumahnya mbah kompre doyan ngebut juga?😲
wah, DNA keluarga pembalap ini kyknya 👏🏻👍🏻
keep safe di jalan mbahbdan sampai di rumah dg selamat 🙏🏻
alexand
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by alexand »

ngeri bener itu gajah terbang larinya mentok kanan speedometernya :mky_02:

sangat berbakat buat jadi pembalap :big_exellent:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 596
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

vanosz wrote:ane kmrn sore isi solar ful dr nyala indikator gans,

langsung gaspoll gans,jarum sepet limit nyender pojok kanan kebawah gans,anti aliran siksa diri gans,pulse glide,anti katanya katanya gans,apalg aliran standar tapi ky suhu alias mbah,


sbelum ane serah terima mobil ke orang rumah ane tes gassss,,,,,polllll gans,

maklum perempuan yang pake kantor gans,aliran sama jarum sepet limit nyender hampir pojok kanan gans,,tapi gak pake kebawah,

gasssss,,,,,polllllll,


solar murni tanpa ratjoen,gak mau njelimetin diri soal euro dan i art belgedes gans,


kalo belum coba gak akan pernah tau,gassssssss,,pollllll

sing penting kencang irit awet,dompet susah lipat krn isi isi duit gans,



btw jarum sepet limit gak bisa lebih dr 200 gans,

Screenshot_20220312-191644_Gallery.jpg
Screenshot_20220312-191607_Gallery.jpg
Screenshot_20220313-070252_Video Player.jpg
Screenshot_20220313-070218_Video Player.jpg
edann wkwkwk ini uda di remap om akirnya?
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: 13 Mar 2022, 08:59 Hati2 mbah kompree, mobil gajah gtu.

Resiko tinggi:
- jika tiba2 ada genangan air (this is not mandalika)
- angin samping

Klo suka hi speed, sikat spk type r turboh

:big_think:
kok mbah kompree,

coba jawab,

semua mobil ngebut pasti beresiko,setidaknya harus tau mobilnya kondisi seperti apa,

tapi emang sudah aliran gas,pake pol,

wah type r yah,

ane tadi mau beli gans,tapi gak ful ane pake,buat perempuan kantor,orangnya gak mau,jelek blakangnya lebay ktnya,manual pula,maklum sudah emak emak gans,
truk 1 GD aja sudah bukan ane pegang gans,kerja kantor taro parkiran,bolak balik naik gojek kantor dekat rumah,jumat balik rumah ane gans,
ngalah aja sama perempuan,


yah akhirnya beli toyota lagi ajalah,coupe sekalian buat ngeceng kantor,biar emak emak berasa abege umur 20an gitu gans,

klo ane sih cinta fortuner gans,mobil enak buat harian,ane kan gubrak gabruk nyetir gans,bilstein aja tiap 50 ribu km ganti gans,
yah klo keluar fortuner baru msh pake diesel monster ane akan beli itu aja gans,
ane cari yang ane rasa nyaman gans,kencang irit awet isi solar goceng gans,modelnya bagus pula,
walo bnyk yg saranin beli mobil eropa,beneran gak selera gans,udah hilang rasa,

yah jos lah fortuner gans
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

AbdulHakim wrote: 13 Mar 2022, 09:48
orang rumahnya mbah kompre doyan ngebut juga?😲
wah, DNA keluarga pembalap ini kyknya 👏🏻👍🏻
keep safe di jalan mbahbdan sampai di rumah dg selamat 🙏🏻
ini knp mbah kompree lagi,

oke trims gans
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: 13 Mar 2022, 12:17
edann wkwkwk ini uda di remap om akirnya?
begtulah gans,

tapi entah knp ane masih senang pigibak,

mungkin suatu hari :big_childish:
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

alexand wrote: 13 Mar 2022, 10:18 ngeri bener itu gajah terbang larinya mentok kanan speedometernya :mky_02:

sangat berbakat buat jadi pembalap :big_exellent:
36 tahun lalu ane pernah mau brenti sekolah gans,ngotot sama ortu,sekolah balap mobil, :big_biglaugh:

akhirnya ortu jelasin,zaman dulu ortu aja jualan warung sembako,

tp bsyukur ada rejeki msh bisa menyalurkan hobi,masih bisa gonta ganti beli mobil,


GOD IS GOOD,
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1682
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by KielConstantine »

vanosz wrote: 13 Mar 2022, 07:26 ane kmrn sore isi solar ful dr nyala indikator gans,

langsung gaspoll gans,jarum sepet limit nyender pojok kanan kebawah gans,anti aliran siksa diri gans,pulse glide,anti katanya katanya gans,apalg aliran standar tapi ky suhu alias mbah,


sbelum ane serah terima mobil ke orang rumah ane tes gassss,,,,,polllll gans,

maklum perempuan yang pake kantor gans,aliran sama jarum sepet limit nyender hampir pojok kanan gans,,tapi gak pake kebawah,

gasssss,,,,,polllllll,


solar murni tanpa ratjoen,gak mau njelimetin diri soal euro dan i art belgedes gans,


kalo belum coba gak akan pernah tau,gassssssss,,pollllll

sing penting kencang irit awet,dompet susah lipat krn isi isi duit gans,



btw jarum sepet limit gak bisa lebih dr 200 gans,

Image
Wouww ud 1800 km aja odonya . Cepet jg si om . Gaspol mulu sih :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1352
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by smgandi »

Ceritanya pada bersaing mentokin speedo fortie sambil difoto nih. Hebat2, pada bernyali ya pengemudi GC tinggi. :big_exellent: :mky_02:
Cuma hati2 aja ya jgn sampai terjadi hil2 yg mustahal. :upss:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Post Reply