1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3682
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Pboyz97 »

blackncp91 wrote: 20 Dec 2021, 15:22 Rekan2 SM, akhirnya setelah berhasil menjual Yaris Bapao saya dengan harga yang menurut saya not bad, sy putuskan untuk meminang sebuah Raize GR Sport non-TSS karena setelah ngubek-ngubek dealer Atoyot se-Jkt-Bdg, hampir semua tidak ada ready stok tipe G (hrs inden gatau sampe kapan, ini yg sy hindari karena harus setor duid sekian puluh juta sbg tanda jadi).
congrats om buat mobil barunya
kunaskun wrote: 20 Dec 2021, 21:12

sama saya awal bulan juga hunting coba2 buat Raize 1.2G AT. sepertinya memang tidak ada stok se Jabodetabek. inden sepertinya sampai januari awal saja, karena seperti biasa pabrikan sekarang sudah tidak produksi VIN Desember 2021. langsung produksi VIN tahun 2022.

Raize non TSS memang sepertinya berlimpah ya. two tone pun ada stok.
kalo yg non TSS di jakarta emg cukup banyak om stocknya, karena kalo di jakarta lakunya yg TSS, sedangkan kalo yg non TSS, lebih laku di daerah menurut pengamatan sotoy saya
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3599
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: 21 Dec 2021, 07:52 kalo yg non TSS di jakarta emg cukup banyak om stocknya, karena kalo di jakarta lakunya yg TSS, sedangkan kalo yg non TSS, lebih laku di daerah menurut pengamatan sotoy saya
ohhh ya juga ya beda market ya :big_peace:
blackncp91
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by blackncp91 »

omenRoo wrote: 20 Dec 2021, 15:47 congrats om Raize GRS nya.. dapet warna apa?
Saya ambil warna putih om... dan ternyata di lingkungan kompleks sy tinggal, yg rumah sederetan sudah ada 1 GRS putih juga dan belok sedikit ke blok sebelah eh ada 1 lagi GRS putih juga :big_biglaugh:
kunaskun wrote: 20 Dec 2021, 21:12
sama saya awal bulan juga hunting coba2 buat Raize 1.2G AT. sepertinya memang tidak ada stok se Jabodetabek. inden sepertinya sampai januari awal saja, karena seperti biasa pabrikan sekarang sudah tidak produksi VIN Desember 2021. langsung produksi VIN tahun 2022.

Raize non TSS memang sepertinya berlimpah ya. two tone pun ada stok.
Betul om, entah kenapa tipe G cuma dibuat sedikit sepertinya, karena pabrikan lebih fokus pengen jual tipe GR tampaknya, saya sendiri dapat unit one tone yg produksi akhir bulan Oktober 2021, pas pertama cek unit di stock yard dealer, kondisi mobil agak kumuh, body banyak noda hitam2 tampaknya bekas terpapar hujan, bahkan smp delivery ke rumah pun, itu di sela2 tulisan Turbo diatas fender depan, msh aja ada kotoran hitam2, kesel sih beli mobil baru koq gitu, tp yasudahlah yg penting secara fisik dan kelistrikan tidak ada issue apapun (at least sampai sekarang) :big_childish:

Oiya rekan2 SM, di raize sy juga sama nih kalo kontak posisi ACC itu ada bunyi ngiinnggg panjang di engine bay, kata teknisi dealer sih itu suara komponen kelistrikan apa gitu (sy lupa nama komponennya) dan sy cek di unit pajangan diler juga sama keluar suara yg sama persis dan sy perhatiin, suara itu ada terus ketika engine posisi nyala, hanya saja agak samar karena tertutup suara deru engine.

Kemudian, keanehan lainnya, kalo tombol start engine di posisi ACC (mesin msh posisi off), itu lampu bagasi kenapa nyala terus ya, padahal pintu bagasi dalam posisi tertutup rapat, lampu bagasi baru mati apabila kita start engine atau lock door... mobil2 saya sebelum ini ga pernah ada yg begini, biasanya kan lampu bagasi nyala kalo pintunya posisi terbuka saja. Rekan2 lain ada yg raizenya begitu juga kah?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by ChZ »

blackncp91 wrote: 03 Jan 2022, 15:02
Oiya rekan2 SM, di raize sy juga sama nih kalo kontak posisi ACC itu ada bunyi ngiinnggg panjang di engine bay, kata teknisi dealer sih itu suara komponen kelistrikan apa gitu (sy lupa nama komponennya) dan sy cek di unit pajangan diler juga sama keluar suara yg sama persis dan sy perhatiin, suara itu ada terus ketika engine posisi nyala, hanya saja agak samar karena tertutup suara deru engine.
suara rotor fuel pump biasanya itu mbah. posisi kontak on biasanya fuel pump emang udah nyala, kadang2 makanya kl posisi mesin blom nyala tp kontak udah on average bensin bisa turun.

wajar koq biasanya ada yang kedengeran ada yang enggak wkwkwkwk
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
blackncp91
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by blackncp91 »

ChZ wrote: 03 Jan 2022, 15:08
blackncp91 wrote: 03 Jan 2022, 15:02
Oiya rekan2 SM, di raize sy juga sama nih kalo kontak posisi ACC itu ada bunyi ngiinnggg panjang di engine bay, kata teknisi dealer sih itu suara komponen kelistrikan apa gitu (sy lupa nama komponennya) dan sy cek di unit pajangan diler juga sama keluar suara yg sama persis dan sy perhatiin, suara itu ada terus ketika engine posisi nyala, hanya saja agak samar karena tertutup suara deru engine.
suara rotor fuel pump biasanya itu mbah. posisi kontak on biasanya fuel pump emang udah nyala, kadang2 makanya kl posisi mesin blom nyala tp kontak udah on average bensin bisa turun.

wajar koq biasanya ada yang kedengeran ada yang enggak wkwkwkwk
Om ChZ, tapi suara2 kaya gini kalo di mobil sy sebelum2 ini biasa cuma kedengeran bbrapa waktu doang (kadang kurang dr 2 detik) trus udahnya ilang, kalo di raize terus2an selama kontak mobil msh di posisi acc :big_dunno:

Ini barusan cek di mobil sy yg satu lg, si livina rasa xpander, itu juga sama ada bunyi2 kek gitu pas dikontak posisi acc tp cuma bentar doang terus udahnya ilang sama sekali suaranya :big_think:
Bunnykuma
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 03 Jan 2022, 17:30
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Serena HWS 2015 - Raize GR 2021

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Bunnykuma »

blackncp91 wrote: 03 Jan 2022, 15:02
omenRoo wrote: 20 Dec 2021, 15:47 congrats om Raize GRS nya.. dapet warna apa?
Saya ambil warna putih om... dan ternyata di lingkungan kompleks sy tinggal, yg rumah sederetan sudah ada 1 GRS putih juga dan belok sedikit ke blok sebelah eh ada 1 lagi GRS putih juga :big_biglaugh:
kunaskun wrote: 20 Dec 2021, 21:12
sama saya awal bulan juga hunting coba2 buat Raize 1.2G AT. sepertinya memang tidak ada stok se Jabodetabek. inden sepertinya sampai januari awal saja, karena seperti biasa pabrikan sekarang sudah tidak produksi VIN Desember 2021. langsung produksi VIN tahun 2022.

Raize non TSS memang sepertinya berlimpah ya. two tone pun ada stok.
Betul om, entah kenapa tipe G cuma dibuat sedikit sepertinya, karena pabrikan lebih fokus pengen jual tipe GR tampaknya, saya sendiri dapat unit one tone yg produksi akhir bulan Oktober 2021, pas pertama cek unit di stock yard dealer, kondisi mobil agak kumuh, body banyak noda hitam2 tampaknya bekas terpapar hujan, bahkan smp delivery ke rumah pun, itu di sela2 tulisan Turbo diatas fender depan, msh aja ada kotoran hitam2, kesel sih beli mobil baru koq gitu, tp yasudahlah yg penting secara fisik dan kelistrikan tidak ada issue apapun (at least sampai sekarang) :big_childish:

Oiya rekan2 SM, di raize sy juga sama nih kalo kontak posisi ACC itu ada bunyi ngiinnggg panjang di engine bay, kata teknisi dealer sih itu suara komponen kelistrikan apa gitu (sy lupa nama komponennya) dan sy cek di unit pajangan diler juga sama keluar suara yg sama persis dan sy perhatiin, suara itu ada terus ketika engine posisi nyala, hanya saja agak samar karena tertutup suara deru engine.

Kemudian, keanehan lainnya, kalo tombol start engine di posisi ACC (mesin msh posisi off), itu lampu bagasi kenapa nyala terus ya, padahal pintu bagasi dalam posisi tertutup rapat, lampu bagasi baru mati apabila kita start engine atau lock door... mobil2 saya sebelum ini ga pernah ada yg begini, biasanya kan lampu bagasi nyala kalo pintunya posisi terbuka saja. Rekan2 lain ada yg raizenya begitu juga kah?
Salam kenal om.mau info aja,itu lampu bagasi auto on kalo kita mendekat dengan kunci.sekarang saya set juga dengan lampu kabin.lucu om,kalo kita ndekat nyala sendiri,kalo menjauh redup sendiri.

Kalo bunyi nging masi belum si saya.

Yang aneh,transmisinya ndut ndut an juga ya.pernah saya pakek beberapa hari dilatih,udah enak.trus hari ini jadi balik lagi transmisinya.jadi pas kita lepas gas,kayak masuk gigi 2 di turunan 😅
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4901
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sintoni »

Ini lg bawa Raize GR 1.0 TSS ke Bali dari Surabaya.

4 orang dewasa + 1 anak kecil 3 tahun.

Enak aja sih, cuma kursi belakang terlalu tegap.

Transmisi jg kalau kecepatan rendah agak getar2 ndut2an.

Kalau tenaga cukup oke sih untuk salip2.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1766
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by alvin23 »

sintoni wrote:Ini lg bawa Raize GR 1.0 TSS ke Bali dari Surabaya.

4 orang dewasa + 1 anak kecil 3 tahun.

Enak aja sih, cuma kursi belakang terlalu tegap.

Transmisi jg kalau kecepatan rendah agak getar2 ndut2an.

Kalau tenaga cukup oke sih untuk salip2.
Udh coba direcline? Itu kursi belakang bisa di recline 2 step
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4901
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sintoni »

alvin23 wrote: 03 Jan 2022, 21:21
sintoni wrote:Ini lg bawa Raize GR 1.0 TSS ke Bali dari Surabaya.

4 orang dewasa + 1 anak kecil 3 tahun.

Enak aja sih, cuma kursi belakang terlalu tegap.

Transmisi jg kalau kecepatan rendah agak getar2 ndut2an.

Kalau tenaga cukup oke sih untuk salip2.
Udh coba direcline? Itu kursi belakang bisa di recline 2 step
Ya ini sudah posisi recline om.

Haha
sonsa
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 14 Feb 2017, 21:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sonsa »

blackncp91 wrote: 03 Jan 2022, 15:02

Oiya rekan2 SM, di raize sy juga sama nih kalo kontak posisi ACC itu ada bunyi ngiinnggg panjang di engine bay, kata teknisi dealer sih itu suara komponen kelistrikan apa gitu (sy lupa nama komponennya) dan sy cek di unit pajangan diler juga sama keluar suara yg sama persis dan sy perhatiin, suara itu ada terus ketika engine posisi nyala, hanya saja agak samar karena tertutup suara deru engine.

Kemudian, keanehan lainnya, kalo tombol start engine di posisi ACC (mesin msh posisi off), itu lampu bagasi kenapa nyala terus ya, padahal pintu bagasi dalam posisi tertutup rapat, lampu bagasi baru mati apabila kita start engine atau lock door... mobil2 saya sebelum ini ga pernah ada yg begini, biasanya kan lampu bagasi nyala kalo pintunya posisi terbuka saja. Rekan2 lain ada yg raizenya begitu juga kah?
salam kenal om, sy juga ambil Raize GR non TSS, kejadian sama kayak punya om. ada bunyi ngiiinngg .. pas unit masih baru delivery suara nya kenceng sekali. skrg uda 2 bulanan mulai berkurang, tp masih tetep kedengaran. sy tanya ke AUTO2000 katanya bunyi throtlle body.. entah bener apa gak..
perihal lampu bagasi mmg begitu om. mungkin mmg dibuat seperti itu ya hehe..

oh ya om, apa unit nya ga ada bunyi rattle di daerah belakang laci dashboard ? punya sy bunyi begitu pas jalan, meski jalan nya tidak terlalu rusak pun tetep ada bunyi2 an gitu.. mengganggu sekali buat saya. dan 1 hal lagi yg kurang menurut saya lampu nya !!! tidak terang sama sekali baik lampu utama maupun foglamp. uda ganti foglamp pake LED Philips ya lumayan membantu untuk area dekat dan samping karena mmg sinar nya jarak nya cuman segitu aja, tp yg lampu utama nya untuk area yg agak jauh wah payah sekali.. apalagi kl hujan uda ga keliatan.. (note : dulu sy pake Jazz GK masih lumayan terang drpada Raize )
Bibieight
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Bibieight »

Impresinya Rocky ini memang diluar ekspektasi ya... angkut Rocky ASA 1.0 CVT pas GIIAS kemarin, ready stock kena di 225. 2 minggu pelat resmi dah keluar...

BQ standard Daihatsu lah, dari bungkus sampai 1500 km ndak ada rattle di dashboard depan, cuma ada rattle dikit di pintu belakang kalo kena jalanan lubang, kayak suara besi kena besi, suara nging mesin juga ndak ada, terus geteran 3 silinder juga ndak kerasa (mungkin kerna biasa bawa Venturer 2KD, dah kebal sama segala getaran :big_biglaugh: ). Kata penumpang, leg room belakang lebih lega dari depan, reklining lumayan nyaman, bagasi bisa muat 2 koper samsonite hardcase yang 25 kg plus printilan2. AV bisa Carplay & Android Auto (bahkan G20 ndak ada android auto kan.... :big_peace: ), tapi memang kwalitet suara yagitudeh :big_bored:

Handling dalkot selip2 enak bener, parkir gampang secara setir enteng banget karena EPS (coba aja bandingin ama setir Venturer), fitur PCW/PCB ternyata berguna, meleng dikit mobil teriak2, mepet langsung brake hard (saya pasang di early soalnya).

Handling lukot, bawa ke Surabaya, level kecepatan nyaman di 120 , liwat itu dah mulai geter2. Tanki bensin ternyata 30 liter doang, jadi harus isi di Rest Area Brebes, soalnya kalo sampe ke Rest Area Kalikangkung dijamin ndak nyampe.... :big_biglaugh:.
Fitur LDW dan LDP amat berguna di tol, apalagi kalo trek lurus macam Solo-Surabaya, meleng dikit langsung dikoreksi, cuma ya itu, brisik bener kalo coba selip2 di tol, harus pake sein, kalo ndak alarmnya teriak2 mulu.... (jadi mikir, kayaknya fitur ACC ndak kepake2 banget di tol Trans Jawa, masa mau ngikutin truk ODOL ?). Tapi kalo mau ngandelin LDW ama LDP malem hari harus hati2, soalnya kalo dapet jalan yang aspal item dan basah habis hujan kayaknya ndak bisa baca marka jalan (di dashboard keluar penanda dua garisnya kan, itu ilang nemu intermittent gitu kalo malem2 di jalanan item basah)

Urusan tanjakan, hari pertama tahun baru naik ke Tretes (ternyata macetnya saingan ama puncak ya ?), masuk jalan tikus sana-sini yang tembus ke Taman Dayu, baru kerasa enaknya mobil kecil, jauh lebih lincah, udah ada HSA jadi aman jaya, kalo transmisi saya geser ke kanan masuk Snow Mode (S) nanjak aman aja, turunan juga brake engine.

Ngimpi mode ON :
Ini kan TNGA yak, kira2 fitur ASA-nya bisa diganti jadi kayak yang JDM punya ndak yak ?... soalnya liat di website daihatsu jepang, yang rocky-nya ada fitur auto park & ACC-nya, kira2 apa cuman tinggal re-program ECU doang ndak, atau kalo ndak bisa apa bisa ya ganti ECU versi JDM jadi bisa dapet autopark dan ACC-nya....
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4901
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sintoni »

Oh ya, cara kunci pintu mobil pake remot ini gimana ya?

Apa emang ga bs?

Harus kunci pake fitur sentuh di handle pintu?
Bunnykuma
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 03 Jan 2022, 17:30
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Serena HWS 2015 - Raize GR 2021

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Bunnykuma »

sintoni wrote: 04 Jan 2022, 12:49 Oh ya, cara kunci pintu mobil pake remot ini gimana ya?

Apa emang ga bs?

Harus kunci pake fitur sentuh di handle pintu?
bukan dengan teken logo toyotanya ya om buat kunci?

tadi saya coba manual, ternyata lumayan membantu buat start 1-2 biar nggak terlalu ndut ndut an, jadi mirip AGS nya ignis
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1766
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by alvin23 »

sintoni wrote: 04 Jan 2022, 12:49 Oh ya, cara kunci pintu mobil pake remot ini gimana ya?

Apa emang ga bs?

Harus kunci pake fitur sentuh di handle pintu?
pencet logo di kunci, itu tombol locknya
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4901
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sintoni »

Bunnykuma wrote: 04 Jan 2022, 12:59
alvin23 wrote: 04 Jan 2022, 13:51
Baru tau logo Toyota itu bisa dipencet.

Makasih buat om2.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3599
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by kunaskun »

blackncp91 wrote: 03 Jan 2022, 15:02 Betul om, entah kenapa tipe G cuma dibuat sedikit sepertinya, karena pabrikan lebih fokus pengen jual tipe GR tampaknya, saya sendiri dapat unit one tone yg produksi akhir bulan Oktober 2021, pas pertama cek unit di stock yard dealer, kondisi mobil agak kumuh, body banyak noda hitam2 tampaknya bekas terpapar hujan, bahkan smp delivery ke rumah pun, itu di sela2 tulisan Turbo diatas fender depan, msh aja ada kotoran hitam2, kesel sih beli mobil baru koq gitu, tp yasudahlah yg penting secara fisik dan kelistrikan tidak ada issue apapun (at least sampai sekarang) :big_childish:
wow oktober saja sudah dapet kondisi gitu ya, pantesan bulan lalu sampe sempet lihat ada beberapa dealer yang free cat two tone, dengan pengecatan dari dealer tsb. distribusi stok atau dari pabrik produksi type yang kurang sesuai penjualan ya.

Oiya rekan2 SM, di raize sy juga sama nih kalo kontak posisi ACC itu ada bunyi ngiinnggg panjang di engine bay, kata teknisi dealer sih itu suara komponen kelistrikan apa gitu (sy lupa nama komponennya) dan sy cek di unit pajangan diler juga sama keluar suara yg sama persis dan sy perhatiin, suara itu ada terus ketika engine posisi nyala, hanya saja agak samar karena tertutup suara deru engine.

Kemudian, keanehan lainnya, kalo tombol start engine di posisi ACC (mesin msh posisi off), itu lampu bagasi kenapa nyala terus ya, padahal pintu bagasi dalam posisi tertutup rapat, lampu bagasi baru mati apabila kita start engine atau lock door... mobil2 saya sebelum ini ga pernah ada yg begini, biasanya kan lampu bagasi nyala kalo pintunya posisi terbuka saja. Rekan2 lain ada yg raizenya begitu juga kah?
kalau ada denging di interior biasanya dari fuel pump. coba saja dengerin apakah itu bunyi denging asalnya dari bawah jok belakang.

untuk lampu bagasi, karena dari sananya itu tidak ada saklar OFF, maka posisi selalu ON. nah ON ini terhubung ke switch engine ON. kalau aktifkan fitur Welcome Lamp juga begitu.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3599
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by kunaskun »

sonsa wrote: 04 Jan 2022, 07:56 salam kenal om, sy juga ambil Raize GR non TSS, kejadian sama kayak punya om. ada bunyi ngiiinngg .. pas unit masih baru delivery suara nya kenceng sekali. skrg uda 2 bulanan mulai berkurang, tp masih tetep kedengaran. sy tanya ke AUTO2000 katanya bunyi throtlle body.. entah bener apa gak..
perihal lampu bagasi mmg begitu om. mungkin mmg dibuat seperti itu ya hehe..

oh ya om, apa unit nya ga ada bunyi rattle di daerah belakang laci dashboard ? punya sy bunyi begitu pas jalan, meski jalan nya tidak terlalu rusak pun tetep ada bunyi2 an gitu.. mengganggu sekali buat saya. dan 1 hal lagi yg kurang menurut saya lampu nya !!! tidak terang sama sekali baik lampu utama maupun foglamp. uda ganti foglamp pake LED Philips ya lumayan membantu untuk area dekat dan samping karena mmg sinar nya jarak nya cuman segitu aja, tp yg lampu utama nya untuk area yg agak jauh wah payah sekali.. apalagi kl hujan uda ga keliatan.. (note : dulu sy pake Jazz GK masih lumayan terang drpada Raize )
soal lampu utama LED ini sepertinya malah ngikutin saudara2nya di keluarga besar duo kaleng... :big_dunno:
apalagi sampe kalah terang dari jazz GK yg sudah terkenal tidak terang juga :big_comfort:

untuk foglamp apakah sudah coba setel ulang ketinggian, siapa tahu lumayan membantu, karena biasanya karakter sebaran cahaya dari rumah Foglamp Toyota itu kan driving light yg menyebar rata kiri kanan.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3599
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by kunaskun »

Bibieight wrote: 04 Jan 2022, 10:29 Impresinya Rocky ini memang diluar ekspektasi ya... angkut Rocky ASA 1.0 CVT pas GIIAS kemarin, ready stock kena di 225. 2 minggu pelat resmi dah keluar...

BQ standard Daihatsu lah, dari bungkus sampai 1500 km ndak ada rattle di dashboard depan, cuma ada rattle dikit di pintu belakang kalo kena jalanan lubang, kayak suara besi kena besi, suara nging mesin juga ndak ada, terus geteran 3 silinder juga ndak kerasa (mungkin kerna biasa bawa Venturer 2KD, dah kebal sama segala getaran :big_biglaugh: ). Kata penumpang, leg room belakang lebih lega dari depan, reklining lumayan nyaman, bagasi bisa muat 2 koper samsonite hardcase yang 25 kg plus printilan2. AV bisa Carplay & Android Auto (bahkan G20 ndak ada android auto kan.... :big_peace: ), tapi memang kwalitet suara yagitudeh :big_bored:

Handling dalkot selip2 enak bener, parkir gampang secara setir enteng banget karena EPS (coba aja bandingin ama setir Venturer), fitur PCW/PCB ternyata berguna, meleng dikit mobil teriak2, mepet langsung brake hard (saya pasang di early soalnya).

Handling lukot, bawa ke Surabaya, level kecepatan nyaman di 120 , liwat itu dah mulai geter2. Tanki bensin ternyata 30 liter doang, jadi harus isi di Rest Area Brebes, soalnya kalo sampe ke Rest Area Kalikangkung dijamin ndak nyampe.... :big_biglaugh:.
Fitur LDW dan LDP amat berguna di tol, apalagi kalo trek lurus macam Solo-Surabaya, meleng dikit langsung dikoreksi, cuma ya itu, brisik bener kalo coba selip2 di tol, harus pake sein, kalo ndak alarmnya teriak2 mulu.... (jadi mikir, kayaknya fitur ACC ndak kepake2 banget di tol Trans Jawa, masa mau ngikutin truk ODOL ?). Tapi kalo mau ngandelin LDW ama LDP malem hari harus hati2, soalnya kalo dapet jalan yang aspal item dan basah habis hujan kayaknya ndak bisa baca marka jalan (di dashboard keluar penanda dua garisnya kan, itu ilang nemu intermittent gitu kalo malem2 di jalanan item basah)

kelemahan stereo camera only system memang begitu, kecuali ditambah infrared camera untuk night vision atau radar untuk membantu pas malam hari atau cuaca buruk.

btw impresi fitur ASA-nya ini menarik banget ya, jarang ada yang review ASA ini.

Urusan tanjakan, hari pertama tahun baru naik ke Tretes (ternyata macetnya saingan ama puncak ya ?), masuk jalan tikus sana-sini yang tembus ke Taman Dayu, baru kerasa enaknya mobil kecil, jauh lebih lincah, udah ada HSA jadi aman jaya, kalo transmisi saya geser ke kanan masuk Snow Mode (S) nanjak aman aja, turunan juga brake engine.
btw itu Posisi Transmisi S itu bukan Snow atau SPORT, tapi SLOPE MODE :big_biglaugh: emang rada aneh si tapi di manual Perodua Ativa yang bahasa Inggris memang disebut SLOPE atau manual Toyota Raize bahasa Indonesia disebut LERENG = SLOPE. tapi kalau dipikir2 memang tepat si, karena waktu saya TD Rocky karakter transmisi atau mesin atau throttle ga berubah hanya rpm ditahan di rpm tinggi saja.


Ngimpi mode ON :
Ini kan TNGA yak, kira2 fitur ASA-nya bisa diganti jadi kayak yang JDM punya ndak yak ?... soalnya liat di website daihatsu jepang, yang rocky-nya ada fitur auto park & ACC-nya, kira2 apa cuman tinggal re-program ECU doang ndak, atau kalo ndak bisa apa bisa ya ganti ECU versi JDM jadi bisa dapet autopark dan ACC-nya....
bukan TNGA, tapi DNGA = Daihatsu New Global Architecture. untuk ASA sepertinya tidak bisa di program seperti JDM. karena selain kurang camera, juga tentu saja wiring dan sensor, ASA ini pake punyanya Perodua. sedangkan di Jepang pakai punyanya Daihatsu Smart Assist. dan komputernya bukan pakai ECU tapi BCM / Body Control Module = kalau Daihatsu sebutnya Network Gateway Computer, yg akan mengontrol ECU.

bahkan untuk sekedar bikin Rocky ASA Indonesia jadi ada fitur seperti Raize TSS Indonesia saja sepertinya tidak bisa, karena ada beberapa part yang kurang/beda seperti Fuse Block Assy, network gateway, multiplex network (kabel spiral steer), computer power steering, wiring assy. juga jenis camera sepertinya berbeda karena part numbernya beda. Makanya sampai sekarang sepertinya tidak ada bengkel hobi oprek yang upgrade atau ubah Rocky / Raize jadi ada TSS.
bl4ckhead
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 17 Dec 2012, 07:41

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by bl4ckhead »

Apakah sudah ada yang melakukan service 10000km dengan memanfaatkan fasilitas service gratis ya? Dapat oli mesin nya apakah TMO yang 5W-30 atau 0W-20 ?
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 06 Nov 2010, 06:54

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sanfip77 »

bl4ckhead wrote: 06 Jan 2022, 00:29 Apakah sudah ada yang melakukan service 10000km dengan memanfaatkan fasilitas service gratis ya? Dapat oli mesin nya apakah TMO yang 5W-30 atau 0W-20 ?
Saya bulan lalu servis rocky ASA di beres Armada, dapetnya oli gratis 0w-20 om. Untuk raize kayaknya dapet nya 5w30 tp bayar, kalo free dapetnya 15w30, :big_dunno: info itu saya dapet dari fb om . Padahal spek di buku manual 5w30 atau 0w20 :weekk:
bl4ckhead
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 17 Dec 2012, 07:41

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by bl4ckhead »

sanfip77 wrote: 06 Jan 2022, 06:20
bl4ckhead wrote: 06 Jan 2022, 00:29 Apakah sudah ada yang melakukan service 10000km dengan memanfaatkan fasilitas service gratis ya? Dapat oli mesin nya apakah TMO yang 5W-30 atau 0W-20 ?
Saya bulan lalu servis rocky ASA di beres Armada, dapetnya oli gratis 0w-20 om. Untuk raize kayaknya dapet nya 5w30 tp bayar, kalo free dapetnya 15w30, :big_dunno: info itu saya dapet dari fb om . Padahal spek di buku manual 5w30 atau 0w20 :weekk:
Wah Rocky malah dapat 0W-20 ya ...
Kemarin pas mencetak sertifikat service gratis 4th/50.000 km di website nya Astra Toyota sih tertulisnya TMO 5W-30 ... punya sy baru 3 bulan dan baru 2200 km odometernya ... perkiraan service 6 bulan di Maret 2022 nanti ... di buku manualnya Raize ada 0W-20 & 5W-30 ... nambah berapa ya misal ganti 0W-20?
bl4ckhead
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 17 Dec 2012, 07:41

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by bl4ckhead »

bl4ckhead wrote: 06 Jan 2022, 20:41
sanfip77 wrote: 06 Jan 2022, 06:20
bl4ckhead wrote: 06 Jan 2022, 00:29 Apakah sudah ada yang melakukan service 10000km dengan memanfaatkan fasilitas service gratis ya? Dapat oli mesin nya apakah TMO yang 5W-30 atau 0W-20 ?
Saya bulan lalu servis rocky ASA di beres Armada, dapetnya oli gratis 0w-20 om. Untuk raize kayaknya dapet nya 5w30 tp bayar, kalo free dapetnya 15w30, :big_dunno: info itu saya dapet dari fb om . Padahal spek di buku manual 5w30 atau 0w20 :weekk:
Wah Rocky malah dapat 0W-20 ya ...
Kemarin pas mencetak sertifikat service gratis 4th/50.000 km di website nya Astra Toyota sih tertulisnya TMO 5W-30 ... punya sy baru 3 bulan dan baru 2200 km odometernya ... perkiraan service 6 bulan di Maret 2022 nanti ... di buku manualnya Raize ada 0W-20 & 5W-30 ... nambah berapa ya misal ganti 0W-20?
Di website https://aftersales.toyota.astra.co.id/p ... aintenance nemù info spt ini :
** Harga yang tertera hanya estimasi dengan menggunakan TMO 10W-40 (gasoline) dan TMO 15W-40 (diesel), kecuali raize menggunakan TMO 5w-30. Harga di dealer dapat berbeda sesuai layanan tambahan yang diberikan dealer dan permin
br3wox
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 07 May 2015, 01:58

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by br3wox »

bl4ckhead wrote:
sanfip77 wrote: 06 Jan 2022, 06:20
bl4ckhead wrote: 06 Jan 2022, 00:29 Apakah sudah ada yang melakukan service 10000km dengan memanfaatkan fasilitas service gratis ya? Dapat oli mesin nya apakah TMO yang 5W-30 atau 0W-20 ?
Saya bulan lalu servis rocky ASA di beres Armada, dapetnya oli gratis 0w-20 om. Untuk raize kayaknya dapet nya 5w30 tp bayar, kalo free dapetnya 15w30, :big_dunno: info itu saya dapet dari fb om . Padahal spek di buku manual 5w30 atau 0w20 :weekk:
Wah Rocky malah dapat 0W-20 ya ...
Kemarin pas mencetak sertifikat service gratis 4th/50.000 km di website nya Astra Toyota sih tertulisnya TMO 5W-30 ... punya sy baru 3 bulan dan baru 2200 km odometernya ... perkiraan service 6 bulan di Maret 2022 nanti ... di buku manualnya Raize ada 0W-20 & 5W-30 ... nambah berapa ya misal ganti 0W-20?
Sharing sekalian ya di thread Raize ini. Pengguna Raize 1.0 TSS. Genap 6 bulan April 11 2022, service berkala, Km 2610. Pas di chat sama A2K dibilang dapet oli gratis 10-40 TMO, langsung siap2 ngoceh krn spec oli 0-20 atau 5-30.

Sy kebetulan ada stock PTT 0-20 Botol Emas fullsyn 4 liter, jadi saya bawa aja ke beres, SA nya info paketan gratis service nya dapet oli 5-30 TMO akhirnya sy putuskan pake 0-20 PTT yang saya bawa aja.

TMO 5-30 gratisan saya bawa pulang aja nanti mungkin buat flush atau cekokin di Terios bisa jg nenggak 5-30 buat OCI tiap 6 bulan.

Sejauh ini pake 0-20 PTT mesin lebih responsif, bahan bakar Pertabo, dan yang annoying masih ada sisa “ndut-ndut” an di kecepatan rendah dan rpm rendah. Gak selalu tapi masih ada, karena saya ud 2x complain. Kalo pake pertamax tuh ndut2an ganggu banget karena istri pernah salah diisi pertamax

Tapi saya perhatiin, kalo pake pertabo lebih minim dan sejak pake ni 0-20 entah sugesti atau apa ndut2an nya nyaris ilang.

Belum pernah ketemu masalah gak kuat nanjak, mungkin belum ketemu tanjakan maut, pernah test jalur2 nanjak di daerah sentul yang tembus ke rainbowhill gunung putri dsb bisa bisa aja dengan muatan 4 orang dewasa.

Prosnya menurut saya :
1. Lincah
2. BBM irit Tol 1:20, dalkot 1:11 kadang jd genset buat makan siang di mobil krn males turun ke resto
3. AC dingin
4. TSS berguna banget

Cons:
1. BQ kurang, kesel liat gap dashboard di pilar a kiri
2. Lampu kurang terang
3. Posisi nyetir susah dapet sweet spot
4. Jok nya kurang empuk
5. Musti upgrade headunit

Overall cukup memuaskan, buat dalam kota, sesekali ke luar kota, mungkin nanti kalau sudah ada part aftermarket suspensi boleh dicoba dan pastinya perlu upgrade ban. Ni enasave beneran gak enak karakter ban nya.
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 558
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sahabatq8 »

br3wox wrote: 21 Apr 2022, 23:22
Sejauh ini pake 0-20 PTT mesin lebih responsif, bahan bakar Pertabo, dan yang annoying masih ada sisa “ndut-ndut” an di kecepatan rendah dan rpm rendah. Gak selalu tapi masih ada, karena saya ud 2x complain. Kalo pake pertamax tuh ndut2an ganggu banget karena istri pernah salah diisi pertamax

Tapi saya perhatiin, kalo pake pertabo lebih minim dan sejak pake ni 0-20 entah sugesti atau apa ndut2an nya nyaris ilang.

Belum pernah ketemu masalah gak kuat nanjak, mungkin belum ketemu tanjakan maut, pernah test jalur2 nanjak di daerah sentul yang tembus ke rainbowhill gunung putri dsb bisa bisa aja dengan muatan 4 orang dewasa.
Ndut²annya kyk gimana dan konsisten dari mobil baru nyala sampe pas udah panas? Mungkin dari transmisinya gak? Ada yang bilang ganti oli transmisi ngaruh di mobil ini, walaupun biasanya mobil baru belom perlu.
IG: @sahabatq8
Q8 OFFICIAL STORE
Tokped: https://tokopedia.link/q8oils
Shopee: https://shopee.co.id/q8indonesia
Blibli: Q8 store official store
br3wox
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 07 May 2015, 01:58

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by br3wox »

sahabatq8 wrote:
br3wox wrote: 21 Apr 2022, 23:22
Sejauh ini pake 0-20 PTT mesin lebih responsif, bahan bakar Pertabo, dan yang annoying masih ada sisa “ndut-ndut” an di kecepatan rendah dan rpm rendah. Gak selalu tapi masih ada, karena saya ud 2x complain. Kalo pake pertamax tuh ndut2an ganggu banget karena istri pernah salah diisi pertamax

Tapi saya perhatiin, kalo pake pertabo lebih minim dan sejak pake ni 0-20 entah sugesti atau apa ndut2an nya nyaris ilang.

Belum pernah ketemu masalah gak kuat nanjak, mungkin belum ketemu tanjakan maut, pernah test jalur2 nanjak di daerah sentul yang tembus ke rainbowhill gunung putri dsb bisa bisa aja dengan muatan 4 orang dewasa.
Ndut²annya kyk gimana dan konsisten dari mobil baru nyala sampe pas udah panas? Mungkin dari transmisinya gak? Ada yang bilang ganti oli transmisi ngaruh di mobil ini, walaupun biasanya mobil baru belom perlu.
Konsisten dari baru nyala sampe ud panas kalo di unit saya, gimana ya rasanya beda kalo dari transmisi menurut saya. Sekarang sih ganti 0-20 gejala ndut2 minim ampir ilang, berikutnya emang mau coba ganti oli transmisi, sekalian next OCI naik level lagi olinya, biar rasa berkendaranya selalu baru tiap 6 bulan

Ketika komplain di beres solusinya cuma “ nanti kami reset” coba dulu Pak.
Post Reply