Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Jadi beberapa hari yang lalu, pas ane lagi mantau di trit er3 di forum sebelah, ane nemu ada yang up mengenai kasus mesin rembes ini. Ane pikir cuma random case aja kali yah, jadi awalnya ane abaikan aja. Eh tapi makin di reply orang kok konon katanya di pesbuk malah udah heboh ya mengenai mesin rembes ini, terutama di XL7 katanya. Wah, mulailah ane takut2 apa jangan2 ANE ane jg kena ya. Tapi mau ngecek ke enjin bay lupa mulu.
Sampai hari ini kesampaian ngintip di enjin bay. Dan hasilnya adalahh.... :
Terdapat jelaga item2 yang agaknya sudah bercampur dgn sedikit minyak, yang kalo dicolek pakai jari hasilnya :
Yang mana setelah tanya sana tanya sini dengan berat hati sepertinya ane juga sudah dapat bergabung ke dalam rembes2 club
Bagian mesin yang disinyalir ada rembes :
Kira2 di wilayah situ lah, deket2 van belt
Untungnya setelah ngecek dipstik, terpantau belum ada penurunan level oli semenjak penggantian oli terakhir kali sekitar 4600 km dan 3 bulan yang lalu.
*itu yg di foto olinya udah naik banyak gegara tangan ane geter2 megang dipstiknya pas mau foto, aslinya cuma sebatas titik yang atas agak naikan dikit
Jadi ane pingin minta wejangan sama suhu2 di sini. Ini mobil sebenernya masih dalam masa garansi yang akan berakhir bulan depan karena november nanti ini mobil tepat berusia 3 tahun. So harusnya klaim garansi masih bisa dilakukan. Cuma yang jadi pertimbangan ane, kalo klaim garansi dan dilakukan perbaikan/penggantian parts kan artinya mesin ane bakal dikobel2 dan jadi gak perawan lagi... Nah kira2 kalo begini better tetep klaim garansi atau dibiarkan ya? Soalnya juga pikir ane toh masih ringan dan level oli gak sampai berkurang. Terus kalau misalnya dibiarkan, kira2 kedepannya bakal ada dampak buruk apa? Apakah mungkin rembesnya bertambah parah dalam waktu yang tidak terlalu lama? Kalau ane klaim garansi lalu mesin ane dikobel2 efeknya apa ya, apakah mungkin kepresisian pemasangan orang bengkel kalah dengan pemasangan orang pabrik?
Barangkali user ANE dan XL7 di marih juga ada yang kena case mesin rembes ini? Sebab seperti yang ane bilang di atas, denger2 di pesbuk udah lumayan rame dan ada agak banyak yang kena terutama di XL7, tapi ane gatau pasti sebab ane ga ada pesbuk Mungkin kalau ada yang kena case serupa bisa sharing tindakan apa yang diambil. Kalau klaim garansi juga bisa sharing prosesnya gimana, ribet gak, apa kudu gebrak meja dulu atau langsung ditangani dengan sigap, terus juga hasilnya gimana apakah langsung beres dan bebas rembes.
Thanks to all
Sampai hari ini kesampaian ngintip di enjin bay. Dan hasilnya adalahh.... :
Terdapat jelaga item2 yang agaknya sudah bercampur dgn sedikit minyak, yang kalo dicolek pakai jari hasilnya :
Yang mana setelah tanya sana tanya sini dengan berat hati sepertinya ane juga sudah dapat bergabung ke dalam rembes2 club
Bagian mesin yang disinyalir ada rembes :
Kira2 di wilayah situ lah, deket2 van belt
Untungnya setelah ngecek dipstik, terpantau belum ada penurunan level oli semenjak penggantian oli terakhir kali sekitar 4600 km dan 3 bulan yang lalu.
*itu yg di foto olinya udah naik banyak gegara tangan ane geter2 megang dipstiknya pas mau foto, aslinya cuma sebatas titik yang atas agak naikan dikit
Jadi ane pingin minta wejangan sama suhu2 di sini. Ini mobil sebenernya masih dalam masa garansi yang akan berakhir bulan depan karena november nanti ini mobil tepat berusia 3 tahun. So harusnya klaim garansi masih bisa dilakukan. Cuma yang jadi pertimbangan ane, kalo klaim garansi dan dilakukan perbaikan/penggantian parts kan artinya mesin ane bakal dikobel2 dan jadi gak perawan lagi... Nah kira2 kalo begini better tetep klaim garansi atau dibiarkan ya? Soalnya juga pikir ane toh masih ringan dan level oli gak sampai berkurang. Terus kalau misalnya dibiarkan, kira2 kedepannya bakal ada dampak buruk apa? Apakah mungkin rembesnya bertambah parah dalam waktu yang tidak terlalu lama? Kalau ane klaim garansi lalu mesin ane dikobel2 efeknya apa ya, apakah mungkin kepresisian pemasangan orang bengkel kalah dengan pemasangan orang pabrik?
Barangkali user ANE dan XL7 di marih juga ada yang kena case mesin rembes ini? Sebab seperti yang ane bilang di atas, denger2 di pesbuk udah lumayan rame dan ada agak banyak yang kena terutama di XL7, tapi ane gatau pasti sebab ane ga ada pesbuk Mungkin kalau ada yang kena case serupa bisa sharing tindakan apa yang diambil. Kalau klaim garansi juga bisa sharing prosesnya gimana, ribet gak, apa kudu gebrak meja dulu atau langsung ditangani dengan sigap, terus juga hasilnya gimana apakah langsung beres dan bebas rembes.
Thanks to all
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
sebaiknya tanya ke bengkel resmi apakah mereka ada TSB (technical service bulletin) yg diterbitkan oleh ATPM ttg masalah ini ngga dan bagaimana proses penanganannya. kalau ternyata ada dan melibatkan penggantian parts yg sdh di improve kualitasnya (gasket/packing/rtv sealant) kemungkinan besar problemnya bisa solved.
mengenai bagusan mana kerjaan pabrik sm bengkel ya tergantung siapa yg ngerjain. kl dapet buruh pabrik yg lagi suntuk vs mekanik bengkel yg baru gajian ya kayanya bagusan mekanik bengkel. utk kerjaan overhaul mekanik bengkel juga biasanya ga sembarang mekanik tp yg sdh training tingkat lanjutan, biasanya step 3 atau minimal step 2. tp yg lbh hrs dipertimbangkan bukan besar kecilnya rembes tp apakah rembes tsb even kecil mempengaruhi tekanan oli secara keseluruhan ngga. sebab kl iya artinya bisa mengganggu pasokan oli naik ke cam dan valves atas. kalau ternyata cuma masalah sealant front cover (timing chain cover) yg spt pernah kejadian jg di ipah ca. 2005-2006 itu ga pengaruh ke tekanan oli cuma jd ga enak aja ada bocor2. (atau dulu pengaruh kali krn oil pump kan nempel di front cover, ai lupa)
kl mau iseng, lap dulu itu bekas oli keringnya, semprot dulu pake brake cleaner/degreaser sampai kinclong. nanti leleran oli yg baru kan muncul, baru keliatan dr bagian mana lebih tepatnya rembesnya. mudah2an bukan packing cylinder head.
mengenai bagusan mana kerjaan pabrik sm bengkel ya tergantung siapa yg ngerjain. kl dapet buruh pabrik yg lagi suntuk vs mekanik bengkel yg baru gajian ya kayanya bagusan mekanik bengkel. utk kerjaan overhaul mekanik bengkel juga biasanya ga sembarang mekanik tp yg sdh training tingkat lanjutan, biasanya step 3 atau minimal step 2. tp yg lbh hrs dipertimbangkan bukan besar kecilnya rembes tp apakah rembes tsb even kecil mempengaruhi tekanan oli secara keseluruhan ngga. sebab kl iya artinya bisa mengganggu pasokan oli naik ke cam dan valves atas. kalau ternyata cuma masalah sealant front cover (timing chain cover) yg spt pernah kejadian jg di ipah ca. 2005-2006 itu ga pengaruh ke tekanan oli cuma jd ga enak aja ada bocor2. (atau dulu pengaruh kali krn oil pump kan nempel di front cover, ai lupa)
kl mau iseng, lap dulu itu bekas oli keringnya, semprot dulu pake brake cleaner/degreaser sampai kinclong. nanti leleran oli yg baru kan muncul, baru keliatan dr bagian mana lebih tepatnya rembesnya. mudah2an bukan packing cylinder head.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Siap oom, nanti coba ane pertimbangkan buat nanya2 dulu ke beresOmnibus wrote: ↑Tue Oct 05, 2021 14:27 sebaiknya tanya ke bengkel resmi apakah mereka ada TSB (technical service bulletin) yg diterbitkan oleh ATPM ttg masalah ini ngga dan bagaimana proses penanganannya. kalau ternyata ada dan melibatkan penggantian parts yg sdh di improve kualitasnya (gasket/packing/rtv sealant) kemungkinan besar problemnya bisa solved.
mengenai bagusan mana kerjaan pabrik sm bengkel ya tergantung siapa yg ngerjain. kl dapet buruh pabrik yg lagi suntuk vs mekanik bengkel yg baru gajian ya kayanya bagusan mekanik bengkel. utk kerjaan overhaul mekanik bengkel juga biasanya ga sembarang mekanik tp yg sdh training tingkat lanjutan, biasanya step 3 atau minimal step 2. tp yg lbh hrs dipertimbangkan bukan besar kecilnya rembes tp apakah rembes tsb even kecil mempengaruhi tekanan oli secara keseluruhan ngga. sebab kl iya artinya bisa mengganggu pasokan oli naik ke cam dan valves atas. kalau ternyata cuma masalah sealant front cover (timing chain cover) yg spt pernah kejadian jg di ipah ca. 2005-2006 itu ga pengaruh ke tekanan oli cuma jd ga enak aja ada bocor2. (atau dulu pengaruh kali krn oil pump kan nempel di front cover, ai lupa)
kl mau iseng, lap dulu itu bekas oli keringnya, semprot dulu pake brake cleaner/degreaser sampai kinclong. nanti leleran oli yg baru kan muncul, baru keliatan dr bagian mana lebih tepatnya rembesnya. mudah2an bukan packing cylinder head.
Wah iya ya, yg ini lupa ane perhitungkan. Kalo mempengaruhi tekanan oli gawat juga sih ya, nanti pasokan olinya jadi terganggu. Siap deh oom, thanks atas insightnyatp yg lbh hrs dipertimbangkan bukan besar kecilnya rembes tp apakah rembes tsb even kecil mempengaruhi tekanan oli secara keseluruhan ngga. sebab kl iya artinya bisa mengganggu pasokan oli naik ke cam dan valves atas. kalau ternyata cuma masalah sealant front cover (timing chain cover) yg spt pernah kejadian jg di ipah ca. 2005-2006 itu ga pengaruh ke tekanan oli cuma jd ga enak aja ada bocor2.
Nah kalo ini, masalahnya kan bulan depan akhir november garansi abis. Nah yang ane takutkan kalo misalnya abis dibersihin dan dia gak nongol2 lagi rembesannya sampe masa garansi abis dan baru nongol lagi pas udah lepas garansi, kayak gitu mungkin gak ya? Kan tricky juga kalo baru mulai meler lagi pas garansi udah abiskl mau iseng, lap dulu itu bekas oli keringnya, semprot dulu pake brake cleaner/degreaser sampai kinclong. nanti leleran oli yg baru kan muncul, baru keliatan dr bagian mana lebih tepatnya rembesnya. mudah2an bukan packing cylinder head.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
anu mbah
kl di inofa lama dulu, penyakitnya justru di sil O-ring jalur oil yg dari oil pump (yes, oil pump nempel ke timing cover, confirmed pas bongkar sendiri, bukan katanya2 temen, apalagi ngaku2 temen) yg buat naek ke kem atas, ama mungkin yg ke squirter2 di enjin blok .. entah ud improved atau belom bahan O-ring nya utk inofa 1TR skrg
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
ohh maklum mbah, dulu ane punya ipah lagi diservis berkala di beres, sama mrk orang main langsung dikerjain aja dibongkar itunya katanya ada program silent campaign. pas ane tanya kenapa bilangnya sealant front cover rembes krn kurang bagus specnya jd diganti dr warna item ke warna grey (apa sebaliknya ya sy lupa). dia ga ada cerita o-ring oil pump yg bermasalah ya udah abis ane liat bentar ya ta tinggal. engga kok ik ga ambil makanan, suwerrrr mbah langsung pulang.DOHC wrote: ↑Tue Oct 05, 2021 16:29anu mbah
kl di inofa lama dulu, penyakitnya justru di sil O-ring jalur oil yg dari oil pump (yes, oil pump nempel ke timing cover, confirmed pas bongkar sendiri, bukan katanya2 temen, apalagi ngaku2 temen) yg buat naek ke kem atas, ama mungkin yg ke squirter2 di enjin blok .. entah ud improved atau belom bahan O-ring nya utk inofa 1TR skrg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
bener juga wkwkwkwkwkrakyatwkwkland wrote: ↑Tue Oct 05, 2021 15:36
Nah kalo ini, masalahnya kan bulan depan akhir november garansi abis. Nah yang ane takutkan kalo misalnya abis dibersihin dan dia gak nongol2 lagi rembesannya sampe masa garansi abis dan baru nongol lagi pas udah lepas garansi, kayak gitu mungkin gak ya? Kan tricky juga kalo baru mulai meler lagi pas garansi udah abis
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Wed Aug 19, 2020 3:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Honda suzuki
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Ertiga ane jg bgitu om persis kyak yg dipoto,ANE th 2018 akhir,td nya jg sempet panik,udh 1 tahunan lah ketauan rembes,tp ane cuekin aja krna pas cek dipstik ga berkurang,dan ga sampe netes lantai,soalnya saya klo ganti2 cairan DIY.,jd mau nanya ke beres rada males di tanya servis recordnya,ane pantau kelanjutanyanya om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
udah jalan berapa km om ANE nya?
rata rata mulai rembes di km berapa?
jadi was was juga..
rata rata mulai rembes di km berapa?
jadi was was juga..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 655
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Sering cuci mobil sekalian cuci mesin pas abis dipake gak?
Mungkin mesin msh panas banget abis dipake langsung ke air dingin.
Klo sering cuci gitu kemungkinan crack di bagian itu sepersekian nol koma sekian2 mili... Lama2 tambah lebar akhirnya oli rembes
Mungkin mesin msh panas banget abis dipake langsung ke air dingin.
Klo sering cuci gitu kemungkinan crack di bagian itu sepersekian nol koma sekian2 mili... Lama2 tambah lebar akhirnya oli rembes
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Wah... 1 tahunan rembes and dibiarkan ada efeknya kah oom? Mobil ente masih baik2 saja?Otomania wrote: ↑Tue Oct 05, 2021 23:21 Ertiga ane jg bgitu om persis kyak yg dipoto,ANE th 2018 akhir,td nya jg sempet panik,udh 1 tahunan lah ketauan rembes,tp ane cuekin aja krna pas cek dipstik ga berkurang,dan ga sampe netes lantai,soalnya saya klo ganti2 cairan DIY.,jd mau nanya ke beres rada males di tanya servis recordnya,ane pantau kelanjutanyanya om
Siap oom, nanti kalo ada kelanjutannya coba ane update lagi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
saya pake ertiga sport nik 2020 plat maret 2021
emang di bag mesinnya ada rembes dkit
dashboard kiri dpn kalo jalanan conblock agak berisik
dan di plat body pintu kanan kiri dpn di bag dket handlenya ada karat..
tdnya jg gak ngeh.. gr2 liat di group facebook jd ngecek juga
emang di bag mesinnya ada rembes dkit
dashboard kiri dpn kalo jalanan conblock agak berisik
dan di plat body pintu kanan kiri dpn di bag dket handlenya ada karat..
tdnya jg gak ngeh.. gr2 liat di group facebook jd ngecek juga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Kalo punya ane sih saat ini baru 44k km, tapi rembesnya mulai kapan ane kurang tahu soalnya ane juga baru mudeng buat ngecek gegara ada yg nge up di trit er3 kaskus sih (yg ternyata katanya udah heboh lebih dulu di pesbuk)
Rata2 mulai rembes di km berapa? Kayanya yg rembes dgn km di bawah ane jg ada oom... Kayanya kebanyakan km rendah sih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Cuma pernah sekali doang oom, waktu di carwash. Sisanya mesin jarang mandi, paling kalo lagi di beres aja mesin ikut dibersihin dan itu mesti setelah pekerjaan lain kelar yg mana artinya mesin pasti udah ESJUK.
Kalo ini sih kayanya emang murni cacat desain sih oom, soalnya konon katanya banyak yang kena.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Hahahaha... Nemu kawan lagiadrianwill wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 1:05 saya pake ertiga sport nik 2020 plat maret 2021
emang di bag mesinnya ada rembes dkit
dashboard kiri dpn kalo jalanan conblock agak berisik
dan di plat body pintu kanan kiri dpn di bag dket handlenya ada karat..
tdnya jg gak ngeh.. gr2 liat di group facebook jd ngecek juga
Udah coba klaim garansi segala macem belon oom? Kalo udah berkabar yak oom, pingin tahu hasilnya macam mana.
Kalo yang lain2 sih punya ane aman2 aja ya. Denger2 orang lain ada jg yg kena di intermidiate shaft (walau yg ini kayanya jauh lebih sedikit, cmn random case aja), tapi punya ane sektor kaki2 masih sangat2 aman dan msh like new sih.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Hmm mungkin jg seh, kombinasi rtv silen jelek ama O ring ampasOmnibus wrote: ↑Tue Oct 05, 2021 23:13ohh maklum mbah, dulu ane punya ipah lagi diservis berkala di beres, sama mrk orang main langsung dikerjain aja dibongkar itunya katanya ada program silent campaign. pas ane tanya kenapa bilangnya sealant front cover rembes krn kurang bagus specnya jd diganti dr warna item ke warna grey (apa sebaliknya ya sy lupa). dia ga ada cerita o-ring oil pump yg bermasalah ya udah abis ane liat bentar ya ta tinggal. engga kok ik ga ambil makanan, suwerrrr mbah langsung pulang.DOHC wrote: ↑Tue Oct 05, 2021 16:29anu mbah
kl di inofa lama dulu, penyakitnya justru di sil O-ring jalur oil yg dari oil pump (yes, oil pump nempel ke timing cover, confirmed pas bongkar sendiri, bukan katanya2 temen, apalagi ngaku2 temen) yg buat naek ke kem atas, ama mungkin yg ke squirter2 di enjin blok .. entah ud improved atau belom bahan O-ring nya utk inofa 1TR skrg
Ke beres a2000 tp ga minta makan ??cihhhhh dasar kaum sugesti
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
sudah chat ke salesnya sih.. dan ditanggapi dgn baik.. dan tinggal dibawa aja ke bengkel suzukinya.. tp belom saya bawa.... nih mbl kmmya baru 6000.. pas 5000 kmrn baru service ganti oli...rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 1:12Hahahaha... Nemu kawan lagiadrianwill wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 1:05 saya pake ertiga sport nik 2020 plat maret 2021
emang di bag mesinnya ada rembes dkit
dashboard kiri dpn kalo jalanan conblock agak berisik
dan di plat body pintu kanan kiri dpn di bag dket handlenya ada karat..
tdnya jg gak ngeh.. gr2 liat di group facebook jd ngecek juga
Udah coba klaim garansi segala macem belon oom? Kalo udah berkabar yak oom, pingin tahu hasilnya macam mana.
Kalo yang lain2 sih punya ane aman2 aja ya. Denger2 orang lain ada jg yg kena di intermidiate shaft (walau yg ini kayanya jauh lebih sedikit, cmn random case aja), tapi punya ane sektor kaki2 masih sangat2 aman dan msh like new sih.
intermediate shaft susah ceknya hrs ngolong... jd kayaknya org ga kerajinan jg ngeceknya karna susah..
yg bikin bingung itu plat pintu dket handle napa bisa karatan.....
kalo mbl umurnya udah diatas 5 tahun ya mungkin wajar... lah ini baru brp bulan..
dan yg rembes ya sbnernya agak ga wajar jg sih.. scara ini mblnya baru.. cuman yaudah lah.. ga sampe netes2.. jd ya masi ok...
kalo secara kualitas mbl ertiga ini sbnernya bagus kok.. cuman 2 hal td aja.... dan gara2 gabung di grup fb jd tau.. kalo engga kayaknya org ga akan ngeh... sama kayak saya sebelumnya..
dr mblnya baru dtg sampe kmrn ini ga pernah buka kap mesin ... dan gah ngeh juga ada karat.. dikirain cuman kotoran .
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
ngga usah parno oli habis, karena bukan dari seal itu bocornya.
kemungkinan terbesar antara valve cover gasket, atau timing chain cover gasket.
selama mobil masih garansi, bawa saja untuk klaim. apapun alasan mereka, anda punya hak mendapatkan perbaikan karena masih dalam masa garansi.
saran saya, segera bawa ke bengkel resmi untuk diproses perbaikan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 567
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Wah ada juga member SM yang rembes.
Di fb rame bgt di grup xl7. Akhirnya pada ke beres, dan dikasih 2 opsi, ganti sealer atau ganti gasket.
Sepengamatan saya sih karena desain head-nya yang agak nggk nyambung gitu dan gasket nggak nutup sempurna.
Kemarin ada yang report ganti sealer di beres pengerjaan 7 jam, dari pagi sore selesai bisa pulang. Kl ganti gasket harus nginep katanya.
Beres susuki juga sudah pada aware sepertinya.
Di fb rame bgt di grup xl7. Akhirnya pada ke beres, dan dikasih 2 opsi, ganti sealer atau ganti gasket.
Sepengamatan saya sih karena desain head-nya yang agak nggk nyambung gitu dan gasket nggak nutup sempurna.
Kemarin ada yang report ganti sealer di beres pengerjaan 7 jam, dari pagi sore selesai bisa pulang. Kl ganti gasket harus nginep katanya.
Beres susuki juga sudah pada aware sepertinya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Wah silent recall ya, kaya jaman ertiga lama 2013an yg axle beam belakangnya bunyi2. Proses bongkarnya berarti lama dan repot ya sampe sehari penuhsatriakarisma wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 2:36 Wah ada juga member SM yang rembes.
Di fb rame bgt di grup xl7. Akhirnya pada ke beres, dan dikasih 2 opsi, ganti sealer atau ganti gasket.
Sepengamatan saya sih karena desain head-nya yang agak nggk nyambung gitu dan gasket nggak nutup sempurna.
Kemarin ada yang report ganti sealer di beres pengerjaan 7 jam, dari pagi sore selesai bisa pulang. Kl ganti gasket harus nginep katanya.
Beres susuki juga sudah pada aware sepertinya.
Dr service bulletin juga carry baru mulai prod desember 2020 dan part terkait produksi des 2020 ada revisi improvement di matahari kopling, flywheel, sama cover matahari koplingnya (part number juga direvisi)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Kalo parno oli habis sih enggak lah oom, ane tenang kok sebab seperti yang ane bilang di atas setelah dipantau lewat dipstik sepertinya tidak ada penurunan level olimarmut wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 2:12
ngga usah parno oli habis, karena bukan dari seal itu bocornya.
kemungkinan terbesar antara valve cover gasket, atau timing chain cover gasket.
selama mobil masih garansi, bawa saja untuk klaim. apapun alasan mereka, anda punya hak mendapatkan perbaikan karena masih dalam masa garansi.
saran saya, segera bawa ke bengkel resmi untuk diproses perbaikan.
Wah, malah bukan dari seal kah bocornya? Sebab denger punya denger dari yang dah klaim ke beres, beres ngasih opsinya selain ganti gasket ya sealant nya itu diberesin, mbah.
Siap mbah, tampaknya makin mantap bawa aja ya ke beres. Ngurusin beginian gak sampe harus turun mesin kan? Kalo gasalah ada yang bilang cuma buka cover timing chain doang...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Kalo di pesbuk kebanyakan yang lebih work yang mana oom? Ganti sealer atau ganti gasket?satriakarisma wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 2:36 Wah ada juga member SM yang rembes.
Di fb rame bgt di grup xl7. Akhirnya pada ke beres, dan dikasih 2 opsi, ganti sealer atau ganti gasket.
Sepengamatan saya sih karena desain head-nya yang agak nggk nyambung gitu dan gasket nggak nutup sempurna.
Kemarin ada yang report ganti sealer di beres pengerjaan 7 jam, dari pagi sore selesai bisa pulang. Kl ganti gasket harus nginep katanya.
Beres susuki juga sudah pada aware sepertinya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 567
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Setau saya masih pada ganti sealent-nya aja Om.rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 3:49Kalo di pesbuk kebanyakan yang lebih work yang mana oom? Ganti sealer atau ganti gasket?satriakarisma wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 2:36 Wah ada juga member SM yang rembes.
Di fb rame bgt di grup xl7. Akhirnya pada ke beres, dan dikasih 2 opsi, ganti sealer atau ganti gasket.
Sepengamatan saya sih karena desain head-nya yang agak nggk nyambung gitu dan gasket nggak nutup sempurna.
Kemarin ada yang report ganti sealer di beres pengerjaan 7 jam, dari pagi sore selesai bisa pulang. Kl ganti gasket harus nginep katanya.
Beres susuki juga sudah pada aware sepertinya.
Tapi ya logikanya sih lebih aman ganti gasket ya.
O ya semua di grup bilang free, tapi oli harus dikuras dulu dan nantinya oli lama dimasukkan lagi. Jika oli diganti maka penggantian oli bayar sendiri.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Numpang nimbrung ya om tsrakyatwkwkland wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 3:48Kalo parno oli habis sih enggak lah oom, ane tenang kok sebab seperti yang ane bilang di atas setelah dipantau lewat dipstik sepertinya tidak ada penurunan level olimarmut wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 2:12
ngga usah parno oli habis, karena bukan dari seal itu bocornya.
kemungkinan terbesar antara valve cover gasket, atau timing chain cover gasket.
selama mobil masih garansi, bawa saja untuk klaim. apapun alasan mereka, anda punya hak mendapatkan perbaikan karena masih dalam masa garansi.
saran saya, segera bawa ke bengkel resmi untuk diproses perbaikan.
Wah, malah bukan dari seal kah bocornya? Sebab denger punya denger dari yang dah klaim ke beres, beres ngasih opsinya selain ganti gasket ya sealant nya itu diberesin, mbah.
Siap mbah, tampaknya makin mantap bawa aja ya ke beres. Ngurusin beginian gak sampe harus turun mesin kan? Kalo gasalah ada yang bilang cuma buka cover timing chain doang...
Kl saya jadi omTS, justru menit ini jg bakal cecer tu beres betulin
Urusan nge sil ulang timing cover itu sebenernya ga ampe turun mesin , tp rempong pake banget, dan kl dikerjain oleh bengkel jadi2an, biasanya malah ngerembet sana sini ntar... dari yg masalah pake lem RTV murahan, rembes lagi, baut slek gara2 dkencengin se tenaga igun, selang ac bsa ad yg meleot atau patah, dsb
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 3:48
Wah, malah bukan dari seal kah bocornya? Sebab denger punya denger dari yang dah klaim ke beres, beres ngasih opsinya selain ganti gasket ya sealant nya itu diberesin, mbah.
Siap mbah, tampaknya makin mantap bawa aja ya ke beres. Ngurusin beginian gak sampe harus turun mesin kan? Kalo gasalah ada yang bilang cuma buka cover timing chain doang...
itu mesin kan pake rante (cukup rante aja nulisnya gaperlu rante keteng chain karena keteng itu artinya rante dari bahasa belanda. kalo ditulis rante keteng berarti lain kali musti nulis sepatu shoes, kue cake, tangan hand, kepala head, belok kiri turn left), jadi seal di bagian depannya mesin hanya ada di bagian depan kruk as tempat nempelnya puli kruk as.
puli kruk as adanya di bawah, sementara bocor/rembesnya ada di sebelah atas. jadi nggak mungkin seal kruk as depan yang bocor.
mohon koreksinya kalo salah. tapi yang namanya gasket sepengertian saya ada 2 macem, liquid dan solid.
ini yang liquid (murahan) :
dan ini yang solid :
mesin jaman sekarang biasanya pakai liquid gasket untuk timing chain cover. belum nemu lagi yang pake gasket/paking kertas seperti jaman dulu.
beresin kaya gitu ga sampe turun mesin, tapi waktunya nggak bisa sebentar karena banyak yang musti dilepas. buka timing chain cover, kemungkinannya musti ngelepas oil pan. andaikata oil pan musti dilepas, ya oli mesin musti dibuang.
nah, mumpung chain cover dilepas, sekalian todong seal kruk as depan diganti juga.
jangan sampe nanti pas kebocoran sudah selesai, seal kruk as malah gantian rembes.
misal mereka banyak alesan, ya sudah rogoh kocek beli saja seal-nya yang baru dan suruh pasang.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes
Wah, okelah kalau begitu, mungkin nanti sekalian ane coba ojrok2 orang beresnya biar kalo bisa sekalian ganti gasket.satriakarisma wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 4:13Setau saya masih pada ganti sealent-nya aja Om.rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 3:49Kalo di pesbuk kebanyakan yang lebih work yang mana oom? Ganti sealer atau ganti gasket?satriakarisma wrote: ↑Wed Oct 06, 2021 2:36 Wah ada juga member SM yang rembes.
Di fb rame bgt di grup xl7. Akhirnya pada ke beres, dan dikasih 2 opsi, ganti sealer atau ganti gasket.
Sepengamatan saya sih karena desain head-nya yang agak nggk nyambung gitu dan gasket nggak nutup sempurna.
Kemarin ada yang report ganti sealer di beres pengerjaan 7 jam, dari pagi sore selesai bisa pulang. Kl ganti gasket harus nginep katanya.
Beres susuki juga sudah pada aware sepertinya.
Tapi ya logikanya sih lebih aman ganti gasket ya.
O ya semua di grup bilang free, tapi oli harus dikuras dulu dan nantinya oli lama dimasukkan lagi. Jika oli diganti maka penggantian oli bayar sendiri.
Mungkin sekalian ane jg ganti oli baru kali ya soalnya oli lama udah jalan 5000 km dan si ecstar ini baru 5000 km dah item aja...