Tanya Civic Turbo

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Tanya Civic Turbo

Post by levofloxacine »

Salam dan mohon petunjuk semua suhu2 tersayang di SM,
Izinkan saya curhat sedikit mengenai civic turbo 2017 yang baru saya angkat sekitar 2 bulan...
Jadi ada dua masalah yang mengganjal bagi saya mengenai mobil ini...
1. Pada saat idle, di dalam kabin terasa vibrasi halus yang saya rasakan tidak wajar untuk mobil dengan odometer baru 25.000 KM, dan ternyata saat dilihat kasat mata di ruang mesin juga mesin terlihat bergetar (bukan pincang) tapi bergetar seperti tidak diredam secara maksimal oleh engine mounting, saat diakselerasi tidak ada gejala brebet, tetapi saat idle memang terlihat kasat mata getarannya, sampe selang2 yang nempel di mesin getarannya pun kelihatan. Permasalahan ini sudah saya bawa ke 2 bengkel resmi yang berbeda di kota saya, tetapi mekanik mengatakan mountingnya masih bagus, saya jadi bingung apa penyebab getaran ini.
2. Mohon petunjuk suhu-suhu yang sehari-hari menggunakan Civic turbo ini, apakah memang pergerakan horizontal mobil ini agak lebay?, jadi saya merasakan semisal ada gundukan kecil saja di jalan sangat terasa, dan gerakan horizontal kiri kanannya sangat terasa, seperti apa ya.. kalo bayangan saya apakah travel suspensinya memang pendek atau entah, tetapi kalo bantingan di polisi tidur menurut saya masih cukup acceptable, tidak ada seperti shock mati atau terbanting (tapi saya juga tidak tahu karakter suspensi Cibo ini kalo shockbreakernya mati apakah sama seperti FD yang jadi keras sekali) yang terasa sekali itu kalo saat hanya satu roda yang melewati jalan tidak rata, jadi seperti terombang ambing kiri-kanan.
Demikian sedikit curhat saya, semoga suhu-suhu SM dapat memberikan petunjuk kepada saya, beribu terima kasih sebelumnya :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya Civic Turbo

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: Mon Oct 11, 2021 1:49 Salam dan mohon petunjuk semua suhu2 tersayang di SM,
Izinkan saya curhat sedikit mengenai civic turbo 2017 yang baru saya angkat sekitar 2 bulan...
Jadi ada dua masalah yang mengganjal bagi saya mengenai mobil ini...
1. Pada saat idle, di dalam kabin terasa vibrasi halus yang saya rasakan tidak wajar untuk mobil dengan odometer baru 25.000 KM, dan ternyata saat dilihat kasat mata di ruang mesin juga mesin terlihat bergetar (bukan pincang) tapi bergetar seperti tidak diredam secara maksimal oleh engine mounting, saat diakselerasi tidak ada gejala brebet, tetapi saat idle memang terlihat kasat mata getarannya, sampe selang2 yang nempel di mesin getarannya pun kelihatan. Permasalahan ini sudah saya bawa ke 2 bengkel resmi yang berbeda di kota saya, tetapi mekanik mengatakan mountingnya masih bagus, saya jadi bingung apa penyebab getaran ini.
2. Mohon petunjuk suhu-suhu yang sehari-hari menggunakan Civic turbo ini, apakah memang pergerakan horizontal mobil ini agak lebay?, jadi saya merasakan semisal ada gundukan kecil saja di jalan sangat terasa, dan gerakan horizontal kiri kanannya sangat terasa, seperti apa ya.. kalo bayangan saya apakah travel suspensinya memang pendek atau entah, tetapi kalo bantingan di polisi tidur menurut saya masih cukup acceptable, tidak ada seperti shock mati atau terbanting (tapi saya juga tidak tahu karakter suspensi Cibo ini kalo shockbreakernya mati apakah sama seperti FD yang jadi keras sekali) yang terasa sekali itu kalo saat hanya satu roda yang melewati jalan tidak rata, jadi seperti terombang ambing kiri-kanan.
Demikian sedikit curhat saya, semoga suhu-suhu SM dapat memberikan petunjuk kepada saya, beribu terima kasih sebelumnya :big_childish:
1. seputar pengapian uda dicek (busi,coil) ? saringan udara ud dibersihkan? ud coba re-learning ecu (lepas kutub aki negatif) ? mirip saya kemarin odometer 25k juga... ternyata penyebabnya coil no 4 jelek tapi emang pincang dan boros... tp kalo bukan mounting berarti agak beda kasusnya.

2. kl saya udah pasang velg 18 ban 225/45 enggak merasakan gerakan abnormal sih, kena gundukan msh tenang. uda coba cek tekanan angin ban? shock absorber uda dilihat 4-4nya ada yang bocor atau gak? kl dugaan saya sampe goncangan lebay shock mati sih, krn kalo over pressurized agak keras tp gak sampe lebay ganggu kenyamanan. kl gak bocor coba di test shocknya ditekan 1-1.

3. kl mau make sure coba pinjam unit test drive dealer dibandingkan.
Last edited by ChZ on Mon Oct 11, 2021 2:35, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
shanben
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Feb 02, 2017 10:14

Re: Tanya Civic Turbo

Post by shanben »

Bantu jawab om, saya user civic turbo sedan 2017 juga

1. Getar2 kecil dikabin sama om saya jg ngerasain, apalagi saat start mobil, kerasa getarannya, tapi kalau uda idle dan jalan uda gk terlalu kerasa vibrasinya.
Dan betul kalau kita lihat ke ruang mesin, kelihatan sekali getar2 mesin dan selang2nya, asumsi saya ya memang begini mesinnnya, yg penting gk ada pincang dan mesin jalan normal masih ok om

2.suspensi civic diset dr pabrik itu "empuk".. plusnya kalau kena poldur empuk sekali enak, nyaman oriented bukan sporty oriented, minusnya dibawa belok kiri kanan kerasa body rollnya, bahkan kalau cm sekedar pindah jalur aja kerasa ngayunnya kalau pindahnya agak cepat.
Jd kalau om blg terombang ambing betul sekali ini karakter civic, empuk nyaman, bukan keras sporty. Singkatnya mbl ini lebih buat dibawa santai nyaman, untuk bawa agresif masih bisa juga tapi kurang kerasa sportynya karena body roll dan ditambah cvtnya yang gk mendukung buat bw sporty.

Semoga bs jawab ya om, ini murni pendapat pribadi saya..
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Tanya Civic Turbo

Post by levofloxacine »

ChZ wrote: Mon Oct 11, 2021 2:30
levofloxacine wrote: Mon Oct 11, 2021 1:49 Salam dan mohon petunjuk semua suhu2 tersayang di SM,
Izinkan saya curhat sedikit mengenai civic turbo 2017 yang baru saya angkat sekitar 2 bulan...
Jadi ada dua masalah yang mengganjal bagi saya mengenai mobil ini...
1. Pada saat idle, di dalam kabin terasa vibrasi halus yang saya rasakan tidak wajar untuk mobil dengan odometer baru 25.000 KM, dan ternyata saat dilihat kasat mata di ruang mesin juga mesin terlihat bergetar (bukan pincang) tapi bergetar seperti tidak diredam secara maksimal oleh engine mounting, saat diakselerasi tidak ada gejala brebet, tetapi saat idle memang terlihat kasat mata getarannya, sampe selang2 yang nempel di mesin getarannya pun kelihatan. Permasalahan ini sudah saya bawa ke 2 bengkel resmi yang berbeda di kota saya, tetapi mekanik mengatakan mountingnya masih bagus, saya jadi bingung apa penyebab getaran ini.
2. Mohon petunjuk suhu-suhu yang sehari-hari menggunakan Civic turbo ini, apakah memang pergerakan horizontal mobil ini agak lebay?, jadi saya merasakan semisal ada gundukan kecil saja di jalan sangat terasa, dan gerakan horizontal kiri kanannya sangat terasa, seperti apa ya.. kalo bayangan saya apakah travel suspensinya memang pendek atau entah, tetapi kalo bantingan di polisi tidur menurut saya masih cukup acceptable, tidak ada seperti shock mati atau terbanting (tapi saya juga tidak tahu karakter suspensi Cibo ini kalo shockbreakernya mati apakah sama seperti FD yang jadi keras sekali) yang terasa sekali itu kalo saat hanya satu roda yang melewati jalan tidak rata, jadi seperti terombang ambing kiri-kanan.
Demikian sedikit curhat saya, semoga suhu-suhu SM dapat memberikan petunjuk kepada saya, beribu terima kasih sebelumnya :big_childish:
1. seputar pengapian uda dicek (busi,coil) ? saringan udara ud dibersihkan? ud coba re-learning ecu (lepas kutub aki negatif) ? mirip saya kemarin odometer 25k juga... ternyata penyebabnya coil no 4 jelek tapi emang pincang dan boros... tp kalo bukan mounting berarti agak beda kasusnya.

2. kl saya udah pasang velg 18 ban 225/45 enggak merasakan gerakan abnormal sih, kena gundukan msh tenang. uda coba cek tekanan angin ban? shock absorber uda dilihat 4-4nya ada yang bocor atau gak? kl dugaan saya sampe goncangan lebay shock mati sih, krn kalo over pressurized agak keras tp gak sampe lebay ganggu kenyamanan. kl gak bocor coba di test shocknya ditekan 1-1.

3. kl mau make sure coba pinjam unit test drive dealer dibandingkan.
Terima kasih om ChZ atas petunjuknya,
1. jadi setelah saya angkat kemarin langsung saya bawa ke beres untuk servis, tune up, ganti oli mesin dan transmisi, dan dari beres katanya sudah diupdate ECU dan dikalibrasi throttle bodynya saringan udara kata mekanik beres belum perlu diganti, tetapi saya merasa tidak ada perubahan, vibrasi dalam kabin masih terasa walau halus, dan getaran mesin masih terlihat di ruang mesin, nanti rencananya akan saya bawa lagi untuk cek pengapian (koil dan busi) walaupun seharusnya beres sudah mengecek karena keluhan saya seputar getaran tersebut ya, tapi terkadang kalo kita nggak ngotot ya dibilang bagus2 aja sama beres sih. Oh ya satu hal lagi, kalo saya perhatikan di mounting kanan (mounting yang paling gede) terlihat getaran di perbatasan karet mountingnya (karet hitam berbentuk persegi) jadi seperti agak longgar begitu, tapi saya tidak tahu apakah memang standarnya memang begitu..

2. velg dan ban saya masih standar, kemarin tekanan angin saya buat 35 apakah terlalu keras ya, kalo saya lihat sih tidak bocor, tapi ya mata awam saya mungkin salah...

3. nah ini, kemarin saya sempat tes civic turbo seken yang lain, saya rasakan tidak ada vibrasi di kabin setelah suhu mesin cukup ideal (cuma pada saat mesin dingin saja vibrasinya kalo itu wajar kan), dan getaran mesin dilihat dari luar (ruang mesin) tidak terlihat bergetar, selang2 juga tidak goyang, tapi memang saya belum tes jalan untuk merasakan suspensinya...
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Tanya Civic Turbo

Post by levofloxacine »

shanben wrote: Mon Oct 11, 2021 2:32 Bantu jawab om, saya user civic turbo sedan 2017 juga

1. Getar2 kecil dikabin sama om saya jg ngerasain, apalagi saat start mobil, kerasa getarannya, tapi kalau uda idle dan jalan uda gk terlalu kerasa vibrasinya.
Dan betul kalau kita lihat ke ruang mesin, kelihatan sekali getar2 mesin dan selang2nya, asumsi saya ya memang begini mesinnnya, yg penting gk ada pincang dan mesin jalan normal masih ok om

2.suspensi civic diset dr pabrik itu "empuk".. plusnya kalau kena poldur empuk sekali enak, nyaman oriented bukan sporty oriented, minusnya dibawa belok kiri kanan kerasa body rollnya, bahkan kalau cm sekedar pindah jalur aja kerasa ngayunnya kalau pindahnya agak cepat.
Jd kalau om blg terombang ambing betul sekali ini karakter civic, empuk nyaman, bukan keras sporty. Singkatnya mbl ini lebih buat dibawa santai nyaman, untuk bawa agresif masih bisa juga tapi kurang kerasa sportynya karena body roll dan ditambah cvtnya yang gk mendukung buat bw sporty.

Semoga bs jawab ya om, ini murni pendapat pribadi saya..
terima kasih atas petunjuknya om,
1. getar2 kecil di kabin saya ini terasa justru saat mesin idle dan sudah pada suhu ideal om, soalnya saya bandingkan dengan civic turbo seken yang lain tidak terasa getarannya dan di ruang mesin tidak terlihat getaran2 mesin dan selangnya... jadi saya masih galau apakah perlu saya ganti engine mounting satu set, tetapi dari mekanik beres bilang mountingnya masih bagus, takutnya sia2 penggantiannya, dan harga mounting ori kan lumayan juga

2. nah iya om, kalo dibilang keras juga bukan keras, jadi rasanya seperti empuk tapi travelnya pendek, jadi misal kena gundukan sebelah kiri, yang kiri main tetapi suspensi kanan terlalu cepat ngebalesnya gitu, gimana mendeskripsikannya ya hmmm..., soalnya kalo di polisi tidur empuk bukan seperti mobil yang suspensinya keras, kalo saya bandingkan misal dengan civic FD kan suspensinya memang keras, tapi goyangan horizontal justru tidak terlalu terasa..
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Tanya Civic Turbo

Post by whitehorse4 »

Nyimak om.. hrv 1.8 sy juga gitu geter kalo idle ac on dan mesin operating temp
Umurnya udah 5 tahun sih
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya Civic Turbo

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: Mon Oct 11, 2021 3:35
Terima kasih om ChZ atas petunjuknya,
1. jadi setelah saya angkat kemarin langsung saya bawa ke beres untuk servis, tune up, ganti oli mesin dan transmisi, dan dari beres katanya sudah diupdate ECU dan dikalibrasi throttle bodynya saringan udara kata mekanik beres belum perlu diganti, tetapi saya merasa tidak ada perubahan, vibrasi dalam kabin masih terasa walau halus, dan getaran mesin masih terlihat di ruang mesin, nanti rencananya akan saya bawa lagi untuk cek pengapian (koil dan busi) walaupun seharusnya beres sudah mengecek karena keluhan saya seputar getaran tersebut ya, tapi terkadang kalo kita nggak ngotot ya dibilang bagus2 aja sama beres sih. Oh ya satu hal lagi, kalo saya perhatikan di mounting kanan (mounting yang paling gede) terlihat getaran di perbatasan karet mountingnya (karet hitam berbentuk persegi) jadi seperti agak longgar begitu, tapi saya tidak tahu apakah memang standarnya memang begitu..

2. velg dan ban saya masih standar, kemarin tekanan angin saya buat 35 apakah terlalu keras ya, kalo saya lihat sih tidak bocor, tapi ya mata awam saya mungkin salah...

3. nah ini, kemarin saya sempat tes civic turbo seken yang lain, saya rasakan tidak ada vibrasi di kabin setelah suhu mesin cukup ideal (cuma pada saat mesin dingin saja vibrasinya kalo itu wajar kan), dan getaran mesin dilihat dari luar (ruang mesin) tidak terlihat bergetar, selang2 juga tidak goyang, tapi memang saya belum tes jalan untuk merasakan suspensinya...
1. kalau bukan semuanya ada kemungkinan problem di sekitaran AC.... idle AC civic itu saya rasa kalo blom on AC rada terlalu rendah. suka drop sendiri jd ada small vibration gitu. blom lagi rasanya ada pengaruh oli bawaan pabrik, civic / CRV itu saya rasain ganti ganti brand oli sweet spotnya kalo pake 5W-30 kelas keraton macem Q8/AMS (sy di Civic dan CRV pake Q8 5W-30), kalo 0W-20 spek pabrikan apalagi rasanya vibration agak lebih banyak...

setau saya AC compressor di civic sedan 2016-an sempat ada yang defect beberapa unit, saya gak tau kalo 2017 apa masih gitu juga apa gak. ini 2017 batch bulan berapa om?

kalau curiga mounting coba ajak 1 mekanik buat liat ruang mesin sambil dipindah-pindahin perseneleng dari P ke R gitu kalo getarannya beda berarti mountingnya memang perlu ganti.

atau coba ke bengkel lain (nonresmi) krn jawaban standar bengkel resmi itu biasanya gitu.....

2. possible cause tekanan anginnya agak berlebih itu coba turunin 32/30 saja, saya biasa isi 30 aja krn jarang bawa passenger. saya gak ngerti soalnya seberapa signifikan sway / rolling yang dimaksud, kalau compare nya dengan civic FD/FB harusnya FK/FC ini lebih ngeredam / smooth kalo kena gundukan. saya selama ini gak pernah ada masalah sih both civic atau CRV keduanya masih acceptable, dengan CRV jelas lebih terasa guncangan krn mobil tinggi dan bodyroll lebih besar.

sebenarnya akan lebih jelas movement abnormal kalau bisa di videokan gerakannya waktu gerak zigzag. tp kalau pakai penjelasan gini kita agak bingung om hehe :mky_01:

saran saya coba dokumentasi video saja om.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya Civic Turbo

Post by ariswp »

whitehorse4 wrote: Mon Oct 11, 2021 5:30 Nyimak om.. hrv 1.8 sy juga gitu geter kalo idle ac on dan mesin operating temp
Umurnya udah 5 tahun sih
Honda R series gitu ums, dirumah ada crv r20a 2008 sama hrv prestige r18a 2017
idlenya sangat terasa, apalagi ketika ac on temperatur ideal, udah menyamai level 2gd getarannya haha
udah dicek ke beres sampe non beres spesialis honda, normal kata mereka
terakhir inisiatif bersihkan throttle body, maf sensor, sama egr valve, lanjut reset idle learning berasa jauh lebih baik meskipun tidak sehalus brio l12a cvt emak yg uniknya tidak gitu kerawat
cuma belom ngecek koil dan busi sih,
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Re: Tanya Civic Turbo

Post by Naruto »

levofloxacine wrote: Mon Oct 11, 2021 1:49 Salam dan mohon petunjuk semua suhu2 tersayang di SM,
Izinkan saya curhat sedikit mengenai civic turbo 2017 yang baru saya angkat sekitar 2 bulan...
Jadi ada dua masalah yang mengganjal bagi saya mengenai mobil ini...
1. Pada saat idle, di dalam kabin terasa vibrasi halus yang saya rasakan tidak wajar untuk mobil dengan odometer baru 25.000 KM, dan ternyata saat dilihat kasat mata di ruang mesin juga mesin terlihat bergetar (bukan pincang) tapi bergetar seperti tidak diredam secara maksimal oleh engine mounting, saat diakselerasi tidak ada gejala brebet, tetapi saat idle memang terlihat kasat mata getarannya, sampe selang2 yang nempel di mesin getarannya pun kelihatan. Permasalahan ini sudah saya bawa ke 2 bengkel resmi yang berbeda di kota saya, tetapi mekanik mengatakan mountingnya masih bagus, saya jadi bingung apa penyebab getaran ini.
2. Mohon petunjuk suhu-suhu yang sehari-hari menggunakan Civic turbo ini, apakah memang pergerakan horizontal mobil ini agak lebay?, jadi saya merasakan semisal ada gundukan kecil saja di jalan sangat terasa, dan gerakan horizontal kiri kanannya sangat terasa, seperti apa ya.. kalo bayangan saya apakah travel suspensinya memang pendek atau entah, tetapi kalo bantingan di polisi tidur menurut saya masih cukup acceptable, tidak ada seperti shock mati atau terbanting (tapi saya juga tidak tahu karakter suspensi Cibo ini kalo shockbreakernya mati apakah sama seperti FD yang jadi keras sekali) yang terasa sekali itu kalo saat hanya satu roda yang melewati jalan tidak rata, jadi seperti terombang ambing kiri-kanan.
Demikian sedikit curhat saya, semoga suhu-suhu SM dapat memberikan petunjuk kepada saya, beribu terima kasih sebelumnya :big_childish:
Bantu jawab yg no 2 om, kalo di sedan saya dulu masalahnya ada di ban. Kena jalan tidak rata atau ada gundukan kecil di speed pelan saja, 40-50 kmh, mobil bergeser horizontal (setirnya juga ikut ketarik). Coba cek ban dulu om,.kalo bawaan, apalagi dah umur 5 taun dan kita ga tau dulu yg punya pakainya gimana, mendingan ganti saja.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Tanya Civic Turbo

Post by whitehorse4 »

ariswp wrote: Mon Oct 11, 2021 10:51
whitehorse4 wrote: Mon Oct 11, 2021 5:30 Nyimak om.. hrv 1.8 sy juga gitu geter kalo idle ac on dan mesin operating temp
Umurnya udah 5 tahun sih
Honda R series gitu ums, dirumah ada crv r20a 2008 sama hrv prestige r18a 2017
idlenya sangat terasa, apalagi ketika ac on temperatur ideal, udah menyamai level 2gd getarannya haha
udah dicek ke beres sampe non beres spesialis honda, normal kata mereka
terakhir inisiatif bersihkan throttle body, maf sensor, sama egr valve, lanjut reset idle learning berasa jauh lebih baik meskipun tidak sehalus brio l12a cvt emak yg uniknya tidak gitu kerawat
cuma belom ngecek koil dan busi sih,
Ahh okay um... makasih banyak sarannya, nanti dicoba step2 yg om lakukan siapa tau bisa membaik :big_okay:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Tanya Civic Turbo

Post by levofloxacine »

ariswp wrote: Mon Oct 11, 2021 10:51
whitehorse4 wrote: Mon Oct 11, 2021 5:30 Nyimak om.. hrv 1.8 sy juga gitu geter kalo idle ac on dan mesin operating temp
Umurnya udah 5 tahun sih
Honda R series gitu ums, dirumah ada crv r20a 2008 sama hrv prestige r18a 2017
idlenya sangat terasa, apalagi ketika ac on temperatur ideal, udah menyamai level 2gd getarannya haha
udah dicek ke beres sampe non beres spesialis honda, normal kata mereka
terakhir inisiatif bersihkan throttle body, maf sensor, sama egr valve, lanjut reset idle learning berasa jauh lebih baik meskipun tidak sehalus brio l12a cvt emak yg uniknya tidak gitu kerawat
cuma belom ngecek koil dan busi sih,
hmm, tapi anehnya FD saya tahun 2011 (R18A) kilometer 98xxx, untuk idle baik AC on maupun off getaran tidak terasa sih, mungkin beda ya, tapi memang saya bandingkan dengan brio 2018 istri saya justru lebih tidak terasa getaran brio daripada civic turbo, apakah memang karakter mesin turbo ini getarannya berlebih??
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya Civic Turbo

Post by Omnibus »

levofloxacine wrote: Tue Oct 12, 2021 3:00
hmm, tapi anehnya FD saya tahun 2011 (R18A) kilometer 98xxx, untuk idle baik AC on maupun off getaran tidak terasa sih, mungkin beda ya, tapi memang saya bandingkan dengan brio 2018 istri saya justru lebih tidak terasa getaran brio daripada civic turbo, apakah memang karakter mesin turbo ini getarannya berlebih??
coba bikin test kaya gini om, kl ada air muncrat2 tinggi di permukaan airnya berarti emang getarannya ga stabil.

ini video anf vrz sy, meski diesel tp getarannya stabil ga ada misfiring


User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Tanya Civic Turbo

Post by levofloxacine »

Omnibus wrote: Tue Oct 12, 2021 5:27
levofloxacine wrote: Tue Oct 12, 2021 3:00
hmm, tapi anehnya FD saya tahun 2011 (R18A) kilometer 98xxx, untuk idle baik AC on maupun off getaran tidak terasa sih, mungkin beda ya, tapi memang saya bandingkan dengan brio 2018 istri saya justru lebih tidak terasa getaran brio daripada civic turbo, apakah memang karakter mesin turbo ini getarannya berlebih??
coba bikin test kaya gini om, kl ada air muncrat2 tinggi di permukaan airnya berarti emang getarannya ga stabil.

ini video anf vrz sy, meski diesel tp getarannya stabil ga ada misfiring


saya udah coba test pake air dalam botol itu om, memang di civic turbo saya ga sampe muncrat tinggi, tetapi getaran permukaan airnya kelihatan dibandingkan mobil lain yang permukaan airnya adem ayem
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Tanya Civic Turbo

Post by levofloxacine »

levofloxacine wrote: Tue Oct 12, 2021 7:33
Omnibus wrote: Tue Oct 12, 2021 5:27
levofloxacine wrote: Tue Oct 12, 2021 3:00
hmm, tapi anehnya FD saya tahun 2011 (R18A) kilometer 98xxx, untuk idle baik AC on maupun off getaran tidak terasa sih, mungkin beda ya, tapi memang saya bandingkan dengan brio 2018 istri saya justru lebih tidak terasa getaran brio daripada civic turbo, apakah memang karakter mesin turbo ini getarannya berlebih??
coba bikin test kaya gini om, kl ada air muncrat2 tinggi di permukaan airnya berarti emang getarannya ga stabil.

ini video anf vrz sy, meski diesel tp getarannya stabil ga ada misfiring


saya udah coba test pake air dalam botol itu om (tapi di dalam kabin biar ketauan vibrasi halusnya), memang di civic turbo saya ga sampe muncrat tinggi, tetapi getaran permukaan airnya kelihatan dibandingkan mobil lain yang permukaan airnya adem ayem
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tanya Civic Turbo

Post by vincewonk »

Omnibus wrote: Tue Oct 12, 2021 5:27
levofloxacine wrote: Tue Oct 12, 2021 3:00
hmm, tapi anehnya FD saya tahun 2011 (R18A) kilometer 98xxx, untuk idle baik AC on maupun off getaran tidak terasa sih, mungkin beda ya, tapi memang saya bandingkan dengan brio 2018 istri saya justru lebih tidak terasa getaran brio daripada civic turbo, apakah memang karakter mesin turbo ini getarannya berlebih??
coba bikin test kaya gini om, kl ada air muncrat2 tinggi di permukaan airnya berarti emang getarannya ga stabil.

ini video anf vrz sy, meski diesel tp getarannya stabil ga ada misfiring


jd keinget iklan lexus om gelas champagne hehehe. :big_peace:

Saya sempet 3x ganti engine mounting di tiga mobil berbeda, padahal divonis belum rusak dan karetnya belum ada yg robek.
cuma karena memang terasa getaran yg agak berlebihan jadi saya ganti. dan memang hilang sih. kalau denger SA atau mekanik mereka baru ganti kalau karetnya sobek.

biasanya saya ganti engine mounting mobil bensin di km 50rb-an. gejala engine mounting yg lain juga bisa dirasakan pas akselerasi mendadak, mesin mestinya ga terlalu banyak "berayun". agak susah jg saya jelasinnya, tp kerasa "ngayun" mesinnya waktu itu. skrg anteng dan getarannya jg minim.
menurut saya beda bgt getaran karena misfiring spt om dan memang misalnya karena karet engine mountingnya dah mati atau sobek.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya Civic Turbo

Post by Omnibus »

vincewonk wrote: Tue Oct 12, 2021 8:13
Omnibus wrote: Tue Oct 12, 2021 5:27
levofloxacine wrote: Tue Oct 12, 2021 3:00
hmm, tapi anehnya FD saya tahun 2011 (R18A) kilometer 98xxx, untuk idle baik AC on maupun off getaran tidak terasa sih, mungkin beda ya, tapi memang saya bandingkan dengan brio 2018 istri saya justru lebih tidak terasa getaran brio daripada civic turbo, apakah memang karakter mesin turbo ini getarannya berlebih??
coba bikin test kaya gini om, kl ada air muncrat2 tinggi di permukaan airnya berarti emang getarannya ga stabil.

ini video anf vrz sy, meski diesel tp getarannya stabil ga ada misfiring


jd keinget iklan lexus om gelas champagne hehehe. :big_peace:

Saya sempet 3x ganti engine mounting di tiga mobil berbeda, padahal divonis belum rusak dan karetnya belum ada yg robek.
cuma karena memang terasa getaran yg agak berlebihan jadi saya ganti. dan memang hilang sih. kalau denger SA atau mekanik mereka baru ganti kalau karetnya sobek.

biasanya saya ganti engine mounting mobil bensin di km 50rb-an. gejala engine mounting yg lain juga bisa dirasakan pas akselerasi mendadak, mesin mestinya ga terlalu banyak "berayun". agak susah jg saya jelasinnya, tp kerasa "ngayun" mesinnya waktu itu. skrg anteng dan getarannya jg minim.
menurut saya beda bgt getaran karena misfiring spt om dan memang misalnya karena karet engine mountingnya dah mati atau sobek.
wkwkwk yg iklan lexus itu ya sy tau. tp kl ini belajar dr betawi diesel di yutup yg orgnya skrg sdh alm.

betul, getaran hrs dipastikan dr mesinnya yg emang getar abnormal atau dr emon yg sdh ga megang dgn bagus. atauuuu emang sebenernya ga ada apa2 cuma perasaan doang. :big_smile]
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Tanya Civic Turbo

Post by benzz89 »

Nanti kl sdh jaman EV semua, kayanya bakalan kangen ama getaran2 mesin kaya gini kali yah [emoji1]

Kaya skrng aja msh ada yg kangen ama getaran mesin panther or mesin kisul diesel.

Tussbol ntah apakah msh laku atau berubah jd tukang gulung dinamo motor.

Getaran mesin gini emang rada ganggu sih yah kl di mesin bengsin, ntah dr celah kelep mesin, coil, busi, saringan udara, saringan bensin, TB yg kurang bersih, sensor2 yg kotor, smp engine mounting yg sdh payah.

Kl semuanya sdh di cek, bersih2 & diganti part2 yg perlu diganti, yah sdh terima kenyataan berarti emang bawaan orok itu (kebetulan) dpt mesin yg "kurang balance".

Coba di tussbol, dengar2 katanya saking halusnya suara & getaran mesinnya jd kaya mesin mati padahal lg idle, sehingga mesin di start 2x...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya Civic Turbo

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Tue Oct 12, 2021 14:13 Nanti kl sdh jaman EV semua, kayanya bakalan kangen ama getaran2 mesin kaya gini kali yah [emoji1]

Kaya skrng aja msh ada yg kangen ama getaran mesin panther or mesin kisul diesel.

Tussbol ntah apakah msh laku atau berubah jd tukang gulung dinamo motor.

Getaran mesin gini emang rada ganggu sih yah kl di mesin bengsin, ntah dr celah kelep mesin, coil, busi, saringan udara, saringan bensin, TB yg kurang bersih, sensor2 yg kotor, smp engine mounting yg sdh payah.

Kl semuanya sdh di cek, bersih2 & diganti part2 yg perlu diganti, yah sdh terima kenyataan berarti emang bawaan orok itu (kebetulan) dpt mesin yg "kurang balance".

Coba di tussbol, dengar2 katanya saking halusnya suara & getaran mesinnya jd kaya mesin mati padahal lg idle, sehingga mesin di start 2x...
om, civic turbo di tussbol bisa kaya civic ini ga om? :upss:


vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tanya Civic Turbo

Post by vincewonk »

Omnibus wrote: Tue Oct 12, 2021 9:57
vincewonk wrote: Tue Oct 12, 2021 8:13
Omnibus wrote: Tue Oct 12, 2021 5:27

coba bikin test kaya gini om, kl ada air muncrat2 tinggi di permukaan airnya berarti emang getarannya ga stabil.

ini video anf vrz sy, meski diesel tp getarannya stabil ga ada misfiring


jd keinget iklan lexus om gelas champagne hehehe. :big_peace:

Saya sempet 3x ganti engine mounting di tiga mobil berbeda, padahal divonis belum rusak dan karetnya belum ada yg robek.
cuma karena memang terasa getaran yg agak berlebihan jadi saya ganti. dan memang hilang sih. kalau denger SA atau mekanik mereka baru ganti kalau karetnya sobek.

biasanya saya ganti engine mounting mobil bensin di km 50rb-an. gejala engine mounting yg lain juga bisa dirasakan pas akselerasi mendadak, mesin mestinya ga terlalu banyak "berayun". agak susah jg saya jelasinnya, tp kerasa "ngayun" mesinnya waktu itu. skrg anteng dan getarannya jg minim.
menurut saya beda bgt getaran karena misfiring spt om dan memang misalnya karena karet engine mountingnya dah mati atau sobek.
wkwkwk yg iklan lexus itu ya sy tau. tp kl ini belajar dr betawi diesel di yutup yg orgnya skrg sdh alm.

betul, getaran hrs dipastikan dr mesinnya yg emang getar abnormal atau dr emon yg sdh ga megang dgn bagus. atauuuu emang sebenernya ga ada apa2 cuma perasaan doang. :big_smile]
Legenda hidup om giok can tuh. Jaman papa saya pake panther kesitu emang jago dia. Ga cuma sekedar omong doang kayak tussboll.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Tanya Civic Turbo

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Tue Oct 12, 2021 14:13 Nanti kl sdh jaman EV semua, kayanya bakalan kangen ama getaran2 mesin kaya gini kali yah [emoji1]

Kaya skrng aja msh ada yg kangen ama getaran mesin panther or mesin kisul diesel.

Tussbol ntah apakah msh laku atau berubah jd tukang gulung dinamo motor.

Getaran mesin gini emang rada ganggu sih yah kl di mesin bengsin, ntah dr celah kelep mesin, coil, busi, saringan udara, saringan bensin, TB yg kurang bersih, sensor2 yg kotor, smp engine mounting yg sdh payah.

Kl semuanya sdh di cek, bersih2 & diganti part2 yg perlu diganti, yah sdh terima kenyataan berarti emang bawaan orok itu (kebetulan) dpt mesin yg "kurang balance".

Coba di tussbol, dengar2 katanya saking halusnya suara & getaran mesinnya jd kaya mesin mati padahal lg idle, sehingga mesin di start 2x...
om, civic turbo di tussbol bisa kaya civic ini ga om? :upss:


Wadidaw... ampun bang jagooo, tussbol khusus buat yg suka sensasi suara & getaran mesin super duper alusss aja.

Ntu estilo keknya cocok banget buat mbah omni [emoji5]

Jd kangen yah bawa manual lg & tarik mesin sampe redline, sensasi yg susah di dapat dr matic.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya Civic Turbo

Post by Suryaputra »

Hmmm bisa mau halus bebas vibrasi ketika idle, pakai EV

Hyundai konak atau ioniq.

Tesla kondisi second 5 thn jg tetap super halus, paling banter yah ganti batre aja dan update software

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Tanya Civic Turbo

Post by ctopher7 »

untuk no 2 kasihin tein flex z coilover jaminan mutu om kalo demen suspensi sporty ehehehe
pecinta bio solar
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya Civic Turbo

Post by sahabatq8 »

levofloxacine wrote: Mon Oct 11, 2021 1:49 Salam dan mohon petunjuk semua suhu2 tersayang di SM,
Izinkan saya curhat sedikit mengenai civic turbo 2017 yang baru saya angkat sekitar 2 bulan...
Jadi ada dua masalah yang mengganjal bagi saya mengenai mobil ini...
1. Pada saat idle, di dalam kabin terasa vibrasi halus yang saya rasakan tidak wajar untuk mobil dengan odometer baru 25.000 KM, dan ternyata saat dilihat kasat mata di ruang mesin juga mesin terlihat bergetar (bukan pincang) tapi bergetar seperti tidak diredam secara maksimal oleh engine mounting, saat diakselerasi tidak ada gejala brebet, tetapi saat idle memang terlihat kasat mata getarannya, sampe selang2 yang nempel di mesin getarannya pun kelihatan. Permasalahan ini sudah saya bawa ke 2 bengkel resmi yang berbeda di kota saya, tetapi mekanik mengatakan mountingnya masih bagus, saya jadi bingung apa penyebab getaran ini.
2. Mohon petunjuk suhu-suhu yang sehari-hari menggunakan Civic turbo ini, apakah memang pergerakan horizontal mobil ini agak lebay?, jadi saya merasakan semisal ada gundukan kecil saja di jalan sangat terasa, dan gerakan horizontal kiri kanannya sangat terasa, seperti apa ya.. kalo bayangan saya apakah travel suspensinya memang pendek atau entah, tetapi kalo bantingan di polisi tidur menurut saya masih cukup acceptable, tidak ada seperti shock mati atau terbanting (tapi saya juga tidak tahu karakter suspensi Cibo ini kalo shockbreakernya mati apakah sama seperti FD yang jadi keras sekali) yang terasa sekali itu kalo saat hanya satu roda yang melewati jalan tidak rata, jadi seperti terombang ambing kiri-kanan.
Demikian sedikit curhat saya, semoga suhu-suhu SM dapat memberikan petunjuk kepada saya, beribu terima kasih sebelumnya :big_childish:
Oh iya om, mobil ini pake oli honda yang apa? Pasti udah anti lspi kan ? (api sn+ ato sp) karena kalo low speed pre ignition itu mesin juga jadi lebih bergetar di low load (seperti idle/merayap di kemacetan).
Poster LSPI.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Tanya Civic Turbo

Post by silentIm2 »

Kalo mesin masih dingin wajar lebih bergetar. Piston dan slinder belum memuai dengan baik.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140