NEW VELOZ 2022!!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by KielConstantine »

Syauqi wrote: 11 Nov 2021, 15:08 OOT dikit, barusan liat ignya bchannel ada info tentang harganya BRV yang woooww 🤣
Sementara itu xpander sudah rilis harga resminya yang masih mepet sama avanza & veloz.

Kalau memang benar brv harganya seperti itu, apa gak terlalu gila itu harga diatas Veloz cvt non tss cuma dapet brv trondol manual velg kaleng 🤔

Image

Image
Yang ane liat ini pabrikan lagi bertarung sengit buat ngambil cuan dari konsumen kelas menengah seh .. diliat dari karakter calon buyernya sih dapet banget moment nya ..

Enggak mitsu / honda / toyota

Mumpung ekonomi mulai bergeliat lagi .. saatnya nyedot kantong sampe kering :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Herman7103 »

KielConstantine wrote:
Syauqi wrote: 11 Nov 2021, 15:08 OOT dikit, barusan liat ignya bchannel ada info tentang harganya BRV yang woooww [emoji1787]
Sementara itu xpander sudah rilis harga resminya yang masih mepet sama avanza & veloz.

Kalau memang benar brv harganya seperti itu, apa gak terlalu gila itu harga diatas Veloz cvt non tss cuma dapet brv trondol manual velg kaleng [emoji848]

Image

Image
Yang ane liat ini pabrikan lagi bertarung sengit buat ngambil cuan dari konsumen kelas menengah seh .. diliat dari karakter calon buyernya sih dapet banget moment nya ..

Enggak mitsu / honda / toyota

Mumpung ekonomi mulai bergeliat lagi .. saatnya nyedot kantong sampe kering :big_grin:
Saya juga melihat sekarang pabrikan memang lagi bertarung
sengit buat ngambil cuan dari konsumen untuk merecover pendapatan (Revenue) mereka yang hilang akibat turunnya jumlah penjualan Mobil selama pandemic Covid 19 yang sampai saat ini masih
berlangsung walaupun mulai relatif terkendali karena proses Vaksinasi.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by alvin23 »

Syauqi wrote: 11 Nov 2021, 15:08 OOT dikit, barusan liat ignya bchannel ada info tentang harganya BRV yang woooww 🤣
Sementara itu xpander sudah rilis harga resminya yang masih mepet sama avanza & veloz.

Kalau memang benar brv harganya seperti itu, apa gak terlalu gila itu harga diatas Veloz cvt non tss cuma dapet brv trondol manual velg kaleng 🤔
The Prestige deserves Prestige pricing (katanya) :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by black2345 »

Kemarin iseng mau belanja ternyata uda dipamerin aja avanza yg tipe G cvt tss..

Overall liat secara langsung mobilnya ‘b’ aja, dari depan identitas avanza masih kelihatan dari headlamp-nya. Dari samping malah keinget siluet mobilio. Dari belakang campuran xpander & cayla. Tinggi sy 171cm dan entah knp ngerasa mobil ini atapnya pendek dibanding xpander & all new ertiga yg biasa sy pakai

Masuk ke jok driver, pengaturan pengemudinya terlengkap di kelas lmpv, jadi gampang buat ane cari posisi mengemudi yg pas. Sayang bahan2 interior di mobil 250jt-an kerasa spt LCGC, bahkan shift knob kerasa ga solid

Pindah duduk di samping pengemudi, rasanya sempit (apa krn interiornya warna item ya, biasa di ANE &XP ultimate interior warna cerah). Headroom jg ga selega di kedua mobil yg biasa ane pakai sehari2. Oiya jok depan cm support 7/8 bagian paha, berpotensi pegel buat yg sering setir jarak jauh spt ane

Pindah ke row 2, headroom lebih sempit lagi, kesisa 5 jari ukuran ane. Nothin special di row 2, apalagi row ke 3. Ane males masuk2nya 😂

Memang ini mobil baru, tp buat yg pernah naik avanza lama terus naik ini, kayak ga ada bedanya dari build quality maupun bahan yg dipake, cuman beda design aja. Fyi kendaraan kantor ane pakai veloz, semoga th depan jg diganti veloz yg terbaru #ngarep biar ga usah beli buat ngerasain naikannya tiap hari
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Or4cle »

black2345 wrote: 12 Nov 2021, 05:33 Kemarin iseng mau belanja ternyata uda dipamerin aja avanza yg tipe G cvt tss..

Overall liat secara langsung mobilnya ‘b’ aja, dari depan identitas avanza masih kelihatan dari headlamp-nya. Dari samping malah keinget siluet mobilio. Dari belakang campuran xpander & cayla. Tinggi sy 171cm dan entah knp ngerasa mobil ini atapnya pendek dibanding xpander & all new ertiga yg biasa sy pakai

Masuk ke jok driver, pengaturan pengemudinya terlengkap di kelas lmpv, jadi gampang buat ane cari posisi mengemudi yg pas. Sayang bahan2 interior di mobil 250jt-an kerasa spt LCGC, bahkan shift knob kerasa ga solid

Pindah duduk di samping pengemudi, rasanya sempit (apa krn interiornya warna item ya, biasa di ANE &XP ultimate interior warna cerah). Headroom jg ga selega di kedua mobil yg biasa ane pakai sehari2. Oiya jok depan cm support 7/8 bagian paha, berpotensi pegel buat yg sering setir jarak jauh spt ane

Pindah ke row 2, headroom lebih sempit lagi, kesisa 5 jari ukuran ane. Nothin special di row 2, apalagi row ke 3. Ane males masuk2nya 😂

Memang ini mobil baru, tp buat yg pernah naik avanza lama terus naik ini, kayak ga ada bedanya dari build quality maupun bahan yg dipake, cuman beda design aja. Fyi kendaraan kantor ane pakai veloz, semoga th depan jg diganti veloz yg terbaru #ngarep biar ga usah beli buat ngerasain naikannya tiap hari
Saat ini masih kelihatan stand out, nanti kalau sdh banyak berseliweran di jalan akan jadi biasa aja.
Bagaimana pun ini seekor Low MPV, ya kualitasnya masih 11-12 seperti yang dulu pernah ada.
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by FR6 »

black2345 wrote: 12 Nov 2021, 05:33 Kemarin iseng mau belanja ternyata uda dipamerin aja avanza yg tipe G cvt tss..

Overall liat secara langsung mobilnya ‘b’ aja, dari depan identitas avanza masih kelihatan dari headlamp-nya. Dari samping malah keinget siluet mobilio. Dari belakang campuran xpander & cayla. Tinggi sy 171cm dan entah knp ngerasa mobil ini atapnya pendek dibanding xpander & all new ertiga yg biasa sy pakai

Masuk ke jok driver, pengaturan pengemudinya terlengkap di kelas lmpv, jadi gampang buat ane cari posisi mengemudi yg pas. Sayang bahan2 interior di mobil 250jt-an kerasa spt LCGC, bahkan shift knob kerasa ga solid

Pindah duduk di samping pengemudi, rasanya sempit (apa krn interiornya warna item ya, biasa di ANE &XP ultimate interior warna cerah). Headroom jg ga selega di kedua mobil yg biasa ane pakai sehari2. Oiya jok depan cm support 7/8 bagian paha, berpotensi pegel buat yg sering setir jarak jauh spt ane

Pindah ke row 2, headroom lebih sempit lagi, kesisa 5 jari ukuran ane. Nothin special di row 2, apalagi row ke 3. Ane males masuk2nya 😂

Memang ini mobil baru, tp buat yg pernah naik avanza lama terus naik ini, kayak ga ada bedanya dari build quality maupun bahan yg dipake, cuman beda design aja. Fyi kendaraan kantor ane pakai veloz, semoga th depan jg diganti veloz yg terbaru #ngarep biar ga usah beli buat ngerasain naikannya tiap hari
Jadi masih mendingan Sepander ya Om?
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by kenop »

FR6 wrote: 12 Nov 2021, 11:09
black2345 wrote: 12 Nov 2021, 05:33 Kemarin iseng mau belanja ternyata uda dipamerin aja avanza yg tipe G cvt tss..

Overall liat secara langsung mobilnya ‘b’ aja, dari depan identitas avanza masih kelihatan dari headlamp-nya. Dari samping malah keinget siluet mobilio. Dari belakang campuran xpander & cayla. Tinggi sy 171cm dan entah knp ngerasa mobil ini atapnya pendek dibanding xpander & all new ertiga yg biasa sy pakai

Masuk ke jok driver, pengaturan pengemudinya terlengkap di kelas lmpv, jadi gampang buat ane cari posisi mengemudi yg pas. Sayang bahan2 interior di mobil 250jt-an kerasa spt LCGC, bahkan shift knob kerasa ga solid

Pindah duduk di samping pengemudi, rasanya sempit (apa krn interiornya warna item ya, biasa di ANE &XP ultimate interior warna cerah). Headroom jg ga selega di kedua mobil yg biasa ane pakai sehari2. Oiya jok depan cm support 7/8 bagian paha, berpotensi pegel buat yg sering setir jarak jauh spt ane

Pindah ke row 2, headroom lebih sempit lagi, kesisa 5 jari ukuran ane. Nothin special di row 2, apalagi row ke 3. Ane males masuk2nya 😂

Memang ini mobil baru, tp buat yg pernah naik avanza lama terus naik ini, kayak ga ada bedanya dari build quality maupun bahan yg dipake, cuman beda design aja. Fyi kendaraan kantor ane pakai veloz, semoga th depan jg diganti veloz yg terbaru #ngarep biar ga usah beli buat ngerasain naikannya tiap hari
Jadi masih mendingan Sepander ya Om?
xpander jg yg worth kayak nya malah jd yg ultimate, yg tipe sport velg nya "keren" bgt :big_biglaugh:
vpmg01e
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 23 Jul 2018, 22:38
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: AVANZA

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by vpmg01e »

ane juga lagi bingung antara veloz atau xpander, pengennya veloz karena ada TSS tapi tanggung ga ada ACC nya, kira2 kedepan ACCnya bisa ditambahin sediri ga ya ambil part dari RAIZE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

black2345 wrote: 12 Nov 2021, 05:33 Kemarin iseng mau belanja ternyata uda dipamerin aja avanza yg tipe G cvt tss..

Overall liat secara langsung mobilnya ‘b’ aja, dari depan identitas avanza masih kelihatan dari headlamp-nya. Dari samping malah keinget siluet mobilio. Dari belakang campuran xpander & cayla. Tinggi sy 171cm dan entah knp ngerasa mobil ini atapnya pendek dibanding xpander & all new ertiga yg biasa sy pakai

Masuk ke jok driver, pengaturan pengemudinya terlengkap di kelas lmpv, jadi gampang buat ane cari posisi mengemudi yg pas. Sayang bahan2 interior di mobil 250jt-an kerasa spt LCGC, bahkan shift knob kerasa ga solid

Pindah duduk di samping pengemudi, rasanya sempit (apa krn interiornya warna item ya, biasa di ANE &XP ultimate interior warna cerah). Headroom jg ga selega di kedua mobil yg biasa ane pakai sehari2. Oiya jok depan cm support 7/8 bagian paha, berpotensi pegel buat yg sering setir jarak jauh spt ane

Pindah ke row 2, headroom lebih sempit lagi, kesisa 5 jari ukuran ane. Nothin special di row 2, apalagi row ke 3. Ane males masuk2nya 😂

Memang ini mobil baru, tp buat yg pernah naik avanza lama terus naik ini, kayak ga ada bedanya dari build quality maupun bahan yg dipake, cuman beda design aja. Fyi kendaraan kantor ane pakai veloz, semoga th depan jg diganti veloz yg terbaru #ngarep biar ga usah beli buat ngerasain naikannya tiap hari
nah tadi banget ini abis liat head on veloz dan avanza baru...

jujur liat kesannya emang harus sadar ini sebuah avanza. pegang door handle aja udah berasa tipis langsung dalam kepala tek... ini emang avanza sih.

masuk kabin material doortrim dan dasbor nya jg ingetin old avanza dan calya bgt... gak beda sama honda model termurah isinya cuma hasil recycling-an parts dari mobil 10 thn yang lalu. shift knob juga rasanya goyang bgt yang makin bikin rasa murah. masuk raize rasanya lebih bagus.

tapi somehow oke lah kl mau dipertahankan avanza yang utilitarian... masalahnya : kalo mau dibilang mobil utilitarian entry nya G 1.5 itu udah 243juta di kota ane dgn masih diskon PPNBM... yang veloz Q TSS udah 293juta.

sebagai orang yang masih pegang xpander lama dan toyota sienta 2016 jujur kesan interior gak istimewa sih, betul kalo cuma mau upgrade avanza lama ke baru agak sia-sia nomboknya. ya terserah sih kalo mau nombok 100 juta dari avanza lama demi fitur dan tampilan doank. tp kalo saya cuma cari utilitarian car ya mending pertahankan avanza lama yg masih bisa dipake sampe 30 taun lagi.

ini secara kalo kita gak put into account driving experience ya (walaupun toyota paling ya gitu sih rasanya, ekspektasi kayak calya tapi gede aja). technical update ke FWD dan CVT bagus sih irrelevant juga avanza bukan BMW seri-3 kok yang punya pake musti RWD. expect bbmnya makin irit.

di veloz emang dibuat premium cluster meter, door trim, dan belakang dikasih rear disc dan velg 17inch. tapi kok bannya... 50jt dari avanza termurah mbok ya ban dikasih turanza t005a masa champiro ekotek...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Syauqi »

ChZ wrote: 12 Nov 2021, 14:11 nah tadi banget ini abis liat head on veloz dan avanza baru...

jujur liat kesannya emang harus sadar ini sebuah avanza. pegang door handle aja udah berasa tipis langsung dalam kepala tek... ini emang avanza sih.

masuk kabin material doortrim dan dasbor nya jg ingetin old avanza dan calya bgt... gak beda sama honda model termurah isinya cuma hasil recycling-an parts dari mobil 10 thn yang lalu. shift knob juga rasanya goyang bgt yang makin bikin rasa murah. masuk raize rasanya lebih bagus.

tapi somehow oke lah kl mau dipertahankan avanza yang utilitarian... masalahnya : kalo mau dibilang mobil utilitarian entry nya G 1.5 itu udah 243juta di kota ane dgn masih diskon PPNBM... yang veloz Q TSS udah 293juta.

sebagai orang yang masih pegang xpander lama dan toyota sienta 2016 jujur kesan interior gak istimewa sih, betul kalo cuma mau upgrade avanza lama ke baru agak sia-sia nomboknya. ya terserah sih kalo mau nombok 100 juta dari avanza lama demi fitur dan tampilan doank. tp kalo saya cuma cari utilitarian car ya mending pertahankan avanza lama yg masih bisa dipake sampe 30 taun lagi.

ini secara kalo kita gak put into account driving experience ya (walaupun toyota paling ya gitu sih rasanya, ekspektasi kayak calya tapi gede aja). technical update ke FWD dan CVT bagus sih irrelevant juga avanza bukan BMW seri-3 kok yang punya pake musti RWD. expect bbmnya makin irit.

di veloz emang dibuat premium cluster meter, door trim, dan belakang dikasih rear disc dan velg 17inch. tapi kok bannya... 50jt dari avanza termurah mbok ya ban dikasih turanza t005a masa champiro ekotek...
Untuk bannya, sebagian unit dapet turanza t005 kok om. Sama kaya dulu rush, ada yg dapet bs alenza ada juga yang dapet enasave. Dan emang pada akhirnya tetap ga bisa berharap banyak soal kualitas. Liat2 video reviewnya keliatan banget plastik doortrimnya mengkilap & tipis, saking aja kebantu sama lekuk2an desain & aksen silver/chrome. Joknya juga empuk2 gembos kas mobil 'murah'.
Paling gak jok depannya lebih proper, ga pendek & kecil kayak avanza-rush current gen. Kalo dibanding avanza/veloz lama driving experience jelas meningkat, fitur buanyakk, model juga lebih keren. Tapi ya tetep ga worth it nombok 100jt++ buat nuker dari avanza/veloz lama, kecuali emang kebetulan cari mobil baru.

Tapi btw emang kebiasaan deh toyota ngatrol harga dibanding kembaran daihatsunya. ASA di xenia cuma nambah 9jt masa di avanza/veloz nambahnya 20jt wkwkwk padahal kelengkapannya sama loh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

Syauqi wrote: 12 Nov 2021, 15:13 Untuk bannya, sebagian unit dapet turanza t005 kok om. Sama kaya dulu rush, ada yg dapet bs alenza ada juga yang dapet enasave. Dan emang pada akhirnya tetap ga bisa berharap banyak soal kualitas. Liat2 video reviewnya keliatan banget plastik doortrimnya mengkilap & tipis, saking aja kebantu sama lekuk2an desain & aksen silver/chrome. Joknya juga empuk2 gembos kas mobil 'murah'.
Paling gak jok depannya lebih proper, ga pendek & kecil kayak avanza-rush current gen. Kalo dibanding avanza/veloz lama driving experience jelas meningkat, fitur buanyakk, model juga lebih keren. Tapi ya tetep ga worth it nombok 100jt++ buat nuker dari avanza/veloz lama, kecuali emang kebetulan cari mobil baru.

Tapi btw emang kebiasaan deh toyota ngatrol harga dibanding kembaran daihatsunya. ASA di xenia cuma nambah 9jt masa di avanza/veloz nambahnya 20jt wkwkwk padahal kelengkapannya sama loh
ahh ic aneh juga kadang toyota pilihan bannya bisa beda drastis... wkwkwkkwkw eko ekoan ama ban rada bagusan macem alenza / turanza.

betul kalo kursi dan posisi mengemudi sih jadi enak banget. akhirnya proper seating position untuk toyota rakitan daihatsu setelah selama ini jok cuma asal nempel... yah second to raize/rocky sih.

itu dia kemaren liat yang xenia top line aja cuma 24x .... toyota memang mau naik segmen veloz dibuat lebih premium jadi yang dulu pake avanza lama upgrade nya ya xenia. xenia malah trimnya lebih lengkap ada 1.3 CVT dan 1.5 CVT.

sejak xenia keluar 1.5 liter makin keliatan polanya kl "spiritual successor" avanza non-veloz itu xenia sih dan veloz sejak dibikin nama terpisah juga bukan lagi "avanza veloz" tapi "toyota veloz" macem mainan nama innova venturer dan venturer doank,

walaupun tetep agak gimana kan kesannya orang downgrade dari avanza ke xenia walaupun itu barang yang sama persis.

masalahnya kan... ya gimana ya... dulu veloz image nya kan avanza top trim... agak susah mencernanya :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by rakyatwkwkland »

Syauqi wrote: 12 Nov 2021, 15:13
Tapi btw emang kebiasaan deh toyota ngatrol harga dibanding kembaran daihatsunya. ASA di xenia cuma nambah 9jt masa di avanza/veloz nambahnya 20jt wkwkwk padahal kelengkapannya sama loh
Kalo perkara ini, soalnya di apansah dan pilus TSS balonnya jg ikut jadi 6 oom... Kalo di seniah kan balonnya masih 2. Makanya ASA nya seniah cmn nambah 8,7 jt, TSS nya apansa nambah 23 jt dan TSS nya pilus nambah 19,4 jt.

Cmn ya ane gapaham jg ya, apa iya nambah 4 biji balon kudu nambah wang sampe belasan juta? Semahal itukah harga 4 biji balon?

Yg pasti ya, menurut ane dari ASA nya daihatsu ini kita jd tau kalo sebenernya fitur radar dan fitur2 safety aktif pasif lainnya sebenernya gak mahal2 amat kok. Kok ya tega2nya pabrikan mobil di indo demi cuan beberapa juta per unit kudu sampe ngorbanin keselamatan customernya... :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: 12 Nov 2021, 16:59
Syauqi wrote: 12 Nov 2021, 15:13
Tapi btw emang kebiasaan deh toyota ngatrol harga dibanding kembaran daihatsunya. ASA di xenia cuma nambah 9jt masa di avanza/veloz nambahnya 20jt wkwkwk padahal kelengkapannya sama loh
Kalo perkara ini, soalnya di apansah dan pilus TSS balonnya jg ikut jadi 6 oom... Kalo di seniah kan balonnya masih 2. Makanya ASA nya seniah cmn nambah 8,7 jt, TSS nya apansa nambah 23 jt dan TSS nya pilus nambah 19,4 jt.

Cmn ya ane gapaham jg ya, apa iya nambah 4 biji balon kudu nambah wang sampe belasan juta? Semahal itukah harga 4 biji balon?

Yg pasti ya, menurut ane dari ASA nya daihatsu ini kita jd tau kalo sebenernya fitur radar dan fitur2 safety aktif pasif lainnya sebenernya gak mahal2 amat kok. Kok ya tega2nya pabrikan mobil di indo demi cuan beberapa juta per unit kudu sampe ngorbanin keselamatan customernya... :big_dunno:
Mahal om. 1 airbag module itu bisa 7-10juta. Katakan kita ambil estimasi 5juta aja krn pasti beli banyak lebih murah. Itu erbeg doang beda 4 biji udah 20jt... Wkwkwkwkw

Mobil bekas kecelakaan banyak yang erbegnya gak diganti kok krn emang bisa abis 1/4 dari biaya repairnya sendiri. Been there done that.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Syauqi »

ChZ wrote: 12 Nov 2021, 17:10
rakyatwkwkland wrote: 12 Nov 2021, 16:59
Kalo perkara ini, soalnya di apansah dan pilus TSS balonnya jg ikut jadi 6 oom... Kalo di seniah kan balonnya masih 2. Makanya ASA nya seniah cmn nambah 8,7 jt, TSS nya apansa nambah 23 jt dan TSS nya pilus nambah 19,4 jt.

Cmn ya ane gapaham jg ya, apa iya nambah 4 biji balon kudu nambah wang sampe belasan juta? Semahal itukah harga 4 biji balon?

Yg pasti ya, menurut ane dari ASA nya daihatsu ini kita jd tau kalo sebenernya fitur radar dan fitur2 safety aktif pasif lainnya sebenernya gak mahal2 amat kok. Kok ya tega2nya pabrikan mobil di indo demi cuan beberapa juta per unit kudu sampe ngorbanin keselamatan customernya... :big_dunno:
Mahal om. 1 airbag module itu bisa 7-10juta. Katakan kita ambil estimasi 5juta aja krn pasti beli banyak lebih murah. Itu erbeg doang beda 4 biji udah 20jt... Wkwkwkwkw

Mobil bekas kecelakaan banyak yang erbegnya gak diganti kok krn emang bisa abis 1/4 dari biaya repairnya sendiri. Been there done that.
Oooh iya sih makasih om wkwkwkland ampe lupa saya kalo avanza/veloz TSS balonnya ada 6 👍👍

Nah tapi anehnya gini, yaris fl 2020 kan ada tipe 3 airbag dan 7 airbag. Yang tipe 7 airbag harganya cuma lebih mahal 5jt loh wkwk apa gak aneh pake banget.
Trus coba liat selisih harga matic-manualnya agya dengan ayla, calya dengan sigra. Yang toyota selisihnya lebih mahal loh wkwk padahal di daihatsu yg selisih harganya lebih kecil udah bonus abs pula. Kalo atoyot kan manualnya emang udh abs, jadi ngapain dong ya kok maticnya malah dimahalin 🤣
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: 12 Nov 2021, 17:10
rakyatwkwkland wrote: 12 Nov 2021, 16:59
Syauqi wrote: 12 Nov 2021, 15:13
Tapi btw emang kebiasaan deh toyota ngatrol harga dibanding kembaran daihatsunya. ASA di xenia cuma nambah 9jt masa di avanza/veloz nambahnya 20jt wkwkwk padahal kelengkapannya sama loh
Kalo perkara ini, soalnya di apansah dan pilus TSS balonnya jg ikut jadi 6 oom... Kalo di seniah kan balonnya masih 2. Makanya ASA nya seniah cmn nambah 8,7 jt, TSS nya apansa nambah 23 jt dan TSS nya pilus nambah 19,4 jt.

Cmn ya ane gapaham jg ya, apa iya nambah 4 biji balon kudu nambah wang sampe belasan juta? Semahal itukah harga 4 biji balon?

Yg pasti ya, menurut ane dari ASA nya daihatsu ini kita jd tau kalo sebenernya fitur radar dan fitur2 safety aktif pasif lainnya sebenernya gak mahal2 amat kok. Kok ya tega2nya pabrikan mobil di indo demi cuan beberapa juta per unit kudu sampe ngorbanin keselamatan customernya... :big_dunno:
Mahal om. 1 airbag module itu bisa 7-10juta. Katakan kita ambil estimasi 5juta aja krn pasti beli banyak lebih murah. Itu erbeg doang beda 4 biji udah 20jt... Wkwkwkwkw

Mobil bekas kecelakaan banyak yang erbegnya gak diganti kok krn emang bisa abis 1/4 dari biaya repairnya sendiri. Been there done that.
Syauqi wrote: 12 Nov 2021, 18:11
ChZ wrote: 12 Nov 2021, 17:10
rakyatwkwkland wrote: 12 Nov 2021, 16:59
Kalo perkara ini, soalnya di apansah dan pilus TSS balonnya jg ikut jadi 6 oom... Kalo di seniah kan balonnya masih 2. Makanya ASA nya seniah cmn nambah 8,7 jt, TSS nya apansa nambah 23 jt dan TSS nya pilus nambah 19,4 jt.

Cmn ya ane gapaham jg ya, apa iya nambah 4 biji balon kudu nambah wang sampe belasan juta? Semahal itukah harga 4 biji balon?

Yg pasti ya, menurut ane dari ASA nya daihatsu ini kita jd tau kalo sebenernya fitur radar dan fitur2 safety aktif pasif lainnya sebenernya gak mahal2 amat kok. Kok ya tega2nya pabrikan mobil di indo demi cuan beberapa juta per unit kudu sampe ngorbanin keselamatan customernya... :big_dunno:
Mahal om. 1 airbag module itu bisa 7-10juta. Katakan kita ambil estimasi 5juta aja krn pasti beli banyak lebih murah. Itu erbeg doang beda 4 biji udah 20jt... Wkwkwkwkw

Mobil bekas kecelakaan banyak yang erbegnya gak diganti kok krn emang bisa abis 1/4 dari biaya repairnya sendiri. Been there done that.
Oooh iya sih makasih om wkwkwkland ampe lupa saya kalo avanza/veloz TSS balonnya ada 6 👍👍

Nah tapi anehnya gini, yaris fl 2020 kan ada tipe 3 airbag dan 7 airbag. Yang tipe 7 airbag harganya cuma lebih mahal 5jt loh wkwk apa gak aneh pake banget.
Trus coba liat selisih harga matic-manualnya agya dengan ayla, calya dengan sigra. Yang toyota selisihnya lebih mahal loh wkwk padahal di daihatsu yg selisih harganya lebih kecil udah bonus abs pula. Kalo atoyot kan manualnya emang udh abs, jadi ngapain dong ya kok maticnya malah dimahalin 🤣
Yg dibilang oom ChZ ada benernya, emg konon perangkat airbag itu mahal. Tapi kalo ente nanya kenapa yasir 3 balon vs 7 balon cmn selisih 5 jt, ada 2 kemungkinan. Yg pertama antara atoyot nge-cuan-in yg varian 3 balon lebih banyak daripada yg 7 balon, yg kedua karena efek produksi massal. Ingat, gabisa bandingin biaya repair vs beli baru dari pabrik karena kalo repair kan beli perangkatnya satuan meanwhile pabrik produksinya massal jadi pasti jauh lebih murah.

Kalo ane mau coba bandingin selisih harganya dgn brand H miring aja. Kebetulan mereka ngasih opsi buat custom fitur di creta. Nah airbag ini termasuk salah satu yg bisa dicustom, jd kalo misalkan kita beli tipe active atau trend yg balonnya cmn 2 bisa custom jd 6. Ada paketnya yaitu paket premium yg harganya 10 jt. Isinya salah satunya upgrade side and curtain airbag, tp selain itu ada beberapa fitur yg cukup signifikan di paket ini yaitu dapet jg ventilated seat, cooling glove box, sama ambient lamp.
1.jpeg
1.jpeg (114.87 KiB) Viewed 1187 times
Dibandingkan dgn harga TSS nya apanjah yg lebih mahal 14 juta atau veloz yg lebih mahal 10 juta daripada ASA nya seniah tapi perbedaannya cuman upgrade dari 2 ke 6 airbag doang.

So, sila disimpulkan sendiri selisih harganya worth it ga :big_grin:

Ngebandingin worth atau engga itu emg paling nikmat kalo ngelirik ke pricingnya kompetitor ya :big_biglaugh: Itulah sisi positif buat konsumen dari adanya persaingan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: 12 Nov 2021, 20:27
Syauqi wrote: 12 Nov 2021, 18:11

Oooh iya sih makasih om wkwkwkland ampe lupa saya kalo avanza/veloz TSS balonnya ada 6 👍👍

Nah tapi anehnya gini, yaris fl 2020 kan ada tipe 3 airbag dan 7 airbag. Yang tipe 7 airbag harganya cuma lebih mahal 5jt loh wkwk apa gak aneh pake banget.
Trus coba liat selisih harga matic-manualnya agya dengan ayla, calya dengan sigra. Yang toyota selisihnya lebih mahal loh wkwk padahal di daihatsu yg selisih harganya lebih kecil udah bonus abs pula. Kalo atoyot kan manualnya emang udh abs, jadi ngapain dong ya kok maticnya malah dimahalin 🤣
Yg dibilang oom ChZ ada benernya, emg konon perangkat airbag itu mahal. Tapi kalo ente nanya kenapa yasir 3 balon vs 7 balon cmn selisih 5 jt, ada 2 kemungkinan. Yg pertama antara atoyot nge-cuan-in yg varian 3 balon lebih banyak daripada yg 7 balon, yg kedua karena efek produksi massal. Ingat, gabisa bandingin biaya repair vs beli baru dari pabrik karena kalo repair kan beli perangkatnya satuan meanwhile pabrik produksinya massal jadi pasti jauh lebih murah.

Kalo ane mau coba bandingin selisih harganya dgn brand H miring aja. Kebetulan mereka ngasih opsi buat custom fitur di creta. Nah airbag ini termasuk salah satu yg bisa dicustom, jd kalo misalkan kita beli tipe active atau trend yg balonnya cmn 2 bisa custom jd 6. Ada paketnya yaitu paket premium yg harganya 10 jt. Isinya salah satunya upgrade side and curtain airbag, tp selain itu ada beberapa fitur yg cukup signifikan di paket ini yaitu dapet jg ventilated seat, cooling glove box, sama ambient lamp.
1.jpeg
Dibandingkan dgn harga TSS nya apanjah yg lebih mahal 14 juta atau veloz yg lebih mahal 10 juta daripada ASA nya seniah tapi perbedaannya cuman upgrade dari 2 ke 6 airbag doang.

So, sila disimpulkan sendiri selisih harganya worth it ga :big_grin:

Ngebandingin worth atau engga itu emg paling nikmat kalo ngelirik ke pricingnya kompetitor ya :big_biglaugh: Itulah sisi positif buat konsumen dari adanya persaingan.
kalo ane lebih percaya kemungkinan 1. atau kadang mungkin ya curtain airbags dan side airbags module nya lebih murah. bisa aja. tapi skenario 1 itu more likely to happen, why?

terkadang dalam dunia jualan tuh emang ada istilah decoy product. ini sering banget di starbucks atau gerai fast food. harga yang medium size ama yang large bisa cuma beda serebu, padahal yang small ama medium beda 3 rebu. logika berpikir kita kan : ah enak beli yang gede aja sekalian, lebih worth it. sama kaya mobil kan? :big_biglaugh:

dan mungkin iniii mungkinnnn sebenernya selisih harga dibuat dikit itu supaya konsumen malah tertarik untuk "nambah dikit" nya itu. makanya kadang lahirlah mobil dengan spec tanggung dan aneh tapi selisihnya cuma dikit sama yang top line. supaya orang beli yang top line. yang tipe 3 airbag ya dicuanin lebih lah pastinya demi efek decoy, boost penjualan tipe top line yang 7 airbag supaya dibeli dan mereka dapet cuan (lebih) lagi.

ibaratnya yang 3 airbag dicuanin 20%, yang 7 airbag cuma 10-15%, tapi 10-15% dari harga 7 airbag yang lebih mahal itu kan juga secara nominal duit lebih gede, atau minimal kalaupun gak lebih gede, kan volume jualannya lebih gede yang tipe 7 airbag :big_grin: terus kalo tanya yang tipe 3 airbag, biasanya stoknya lebih tipis supaya bisa upsell khan lumayan. jualan mah enak main volume daripada main big margin, kl ada yang beli tipe 3 airbag ya dianggep lagi dapet ikan gede aja.

kl model kaya creta opsional gitu sih ya mungkin base pricenya udah di mark-up duluan. biar keliatan worth nambah dari 2 ke 6 airbag. padahal aslinya kalo kita gak nambah option 10jt itu kita beli barang kemahalan banget. same trick both ways. jualan option itu soalnya paling enak. bikin orang merasa miserable dan "nanggung ah, sekalian". akhirnya mobil kaya alphard bisa dari 700 juta jadi 1 miliar cuma gara-gara option.

dulu cap S pernah di SX4 kok jualan tipe X-Road yang terondolan cuma beda 10jeti ama yang X-over. padahal kelengkapannya mah gila beda banget. honda jazz S dan RS aja juga gitu.

ya itulah bisnis, makanya jualan mah cari cuan dan caranya dikit-dikit curang gitu lah :big_grin: kalo gak curang namanya badan amal atau nonprofit organization :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by artoodetoo »

Tapi waktu saya mau meminang Yaris, yg 7 balon kosong sama sekali, mesti PO dulu, sedangkan yg 3 masih bisa "langsung" dibeli walaupun ya inden juga sih :mky_03:
Entahlah, mungkin memang sengaja dibikin begitu supaya pada gak mau susah2 beli yg 7 balon karena cuan mereka dikit.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

artoodetoo wrote: 13 Nov 2021, 14:18 Tapi waktu saya mau meminang Yaris, yg 7 balon kosong sama sekali, mesti PO dulu, sedangkan yg 3 masih bisa "langsung" dibeli walaupun ya inden juga sih :mky_03:
Entahlah, mungkin memang sengaja dibikin begitu supaya pada gak mau susah2 beli yg 7 balon karena cuan mereka dikit.
atau bisa om :

yang 7 airbag abis karena udah sold out semua

atau

yang 3 airbag saking gak lakunya jadi yang ready itu.

atau

chip shortage kan waktu itu? bisa jd modul airbagnya terbatas jd bikin yang 3 airbag dulu

atau

sebenernya ada barang tapi ngakunya kosong apalagi waktu itu awal awal diskon PPNBM jd ada alesan gak kasih diskon

intinya di jualan mah gitu deh, triknya ada aja :mky_03: :mky_03: :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
topiqfurqan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 28 Mar 2017, 20:05

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by topiqfurqan »

kemaren abis ke giias kebetulan memang lg cari mobil budget 300jt an
pas coba veloz di bagian driver, ya fitur bener sih banyak dan keren, cuman memang pas buka pintu itu handle berasa ringan, masuk ngeliat doortrim plastikan semua, duduk jok ga terlalu tebel.
masuk jok baris kedua, dejavu rasanya kayak naik calya.. no offense
tapi kalo dibandingin sama yang lain dengan uang yang sama kok rasanya sayang ya, akhirnya dicoret dari pilihan, tinggal xpander sama brv
sempet diracun almaz juga yang di giias diskonnya bisa mepet harga veloz q tss, (almaz lux+ 7 seater)
cuman karna akan jadi mobil operasional sehari hari belum berani belum wuling, dan denger denger boros juga
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by adrianomyman »

Belom prnh liat aslinya, tp ngeliat reviewer di inet, Gw senang akhirnya astra bikin lmpv fwd, praktikalitynya bgs dan ga kopong bgt fiturnya meski hrs ditebus dgn trim atas. Cuman apa g langkahnya terlalu "maju" pakai cvt ? Ini mobil utk tempur loh, dipakai Sabang Merauke ,untuk dilepas kunci dalam 1 instansi/dikuarga, pakai CVT ? Minat bgt ambil avxen fwd ini, andai aja transmisinya ga cvt.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by nyotsaeba »

adrianomyman wrote:Belom prnh liat aslinya, tp ngeliat reviewer di inet, Gw senang akhirnya astra bikin lmpv fwd, praktikalitynya bgs dan ga kopong bgt fiturnya meski hrs ditebus dgn trim atas. Cuman apa g langkahnya terlalu "maju" pakai cvt ? Ini mobil utk tempur loh, dipakai Sabang Merauke ,untuk dilepas kunci dalam 1 instansi/dikuarga, pakai CVT ? Minat bgt ambil avxen fwd ini, andai aja transmisinya ga cvt.
Harusnya kl buat di abuse baik buat di daerah atau fleet, ya pake yg MT
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Ibet »

mungkin yg fleet bakal beli transmover ya .. konon katanya transmover tetep pake base yg lama rwd kan?

=======

Sempet liat ini eksterior cukup ok. Tapi masuk ke dalemnya berasa LCGC+.
Selain fitur gimmick, memang mesin 1.500cc + cvt nya sih. Penasaran driving dynamic mobil ini ..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Pboyz97 »

Ibet wrote: 15 Nov 2021, 08:17 mungkin yg fleet bakal beli transmover ya .. konon katanya transmover tetep pake base yg lama rwd kan?

=======

Sempet liat ini eksterior cukup ok. Tapi masuk ke dalemnya berasa LCGC+.
Selain fitur gimmick, memang mesin 1.500cc + cvt nya sih. Penasaran driving dynamic mobil ini ..
iya om, denger2 yg transmover tetep pake model lama dan rwd. kalo fleet paling bakal pindah ke rushter tipe terendah, secara fiturnya udh cukup oke lah buat harganya menurut saya

kebetulan udh pernah liat langsung yg tipe g dan veloz + udh pernah test drive yg veloznya juga di GIIAS kemaren. exterior interior dan fiturnya sih cukup oke, yg tipe G nya emg entah knp kalo masuk kedelam, interior qualitynya gajauh beda sm avanza lama (kebetulan pernah punya avanza 2012, 2015, 2017 dan 2018) , cuma pas masuk yg di veloz, bq nya menurut saya pribadi sedikit lebih baik dibanding tipe G, kerasa lebih solid sedikit , ya 11 12 sm raize lah menurut saya. terus fiturnya juga jauh upgrade dibanding yg lama, sm sukses bikin avanza lama kaya ketinggalan 2 generasi interiornya :big_biglaugh: . kalo driving dynamic, tergantung sebelumnya pake mobil apa dulu. kalo biasa pake LCGC, avxen lama atau rushter, rasa nyetirnya lebih enak, tapi kalo biasa pake xpander atau brv atau mobilio, driving feel, tarikan dan handlingnya dibawah 3 mobil tersebut (kebetulan saya pernah pake xpander + cukup sering nyetir brv dan mobilio punya temen) . kalo biasa nyetir sienta dan yaris tarikannya mirip2 , minus utamanya buat saya ya tarikan bawahnya agak kurang, rpm tengah atasnya baru ngisi + bagusnya shifting cvtnya cukup halus dan bantingannya jauh lebih nyaman dan lebih empuk dibanding avanza lama. kalo dipake ke poldur, bantingannya persissssssssss sama kaya xpander saya dulu, cuma kalo dipake ke gundukkan kecil , rasanya lebih empuk dikitttt dibanding xpander menurut saya sm plusnya radius putarnya termasuk bagus buat ukuran lmpv, ga separah yaris joker sm sienta :big_biglaugh:
Last edited by Pboyz97 on 15 Nov 2021, 08:33, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Pboyz97 »

topiqfurqan wrote: 14 Nov 2021, 10:41 kemaren abis ke giias kebetulan memang lg cari mobil budget 300jt an
pas coba veloz di bagian driver, ya fitur bener sih banyak dan keren, cuman memang pas buka pintu itu handle berasa ringan, masuk ngeliat doortrim plastikan semua, duduk jok ga terlalu tebel.
masuk jok baris kedua, dejavu rasanya kayak naik calya.. no offense
tapi kalo dibandingin sama yang lain dengan uang yang sama kok rasanya sayang ya, akhirnya dicoret dari pilihan, tinggal xpander sama brv
sempet diracun almaz juga yang di giias diskonnya bisa mepet harga veloz q tss, (almaz lux+ 7 seater)
cuman karna akan jadi mobil operasional sehari hari belum berani belum wuling, dan denger denger boros juga
setuju om, cuma kalo biasa pake lcgc , avxen lama atau rushter, inteiror qualitynya lebih bagus dikit sih kalo yg veloz, kebetulan udh pernah liat langsung unitnya dan test drive di GIIAS kemaren. entah knp yg tipe g gak sebagus yg veloz interior qualitynya which is 11 12 sm avanza lama (kebetulan saya ex user avanza lama 4x dan ex user xpander juga) . sm dibanding xpander masih lebih bagus interior qualitynya xpander menurut saya, walaupun dibanding avanza lama, yg veloz ini udh lebih bagus bqnya menurut saya. sm kalo om lebih sering nyetir sendiri, coret veloz, rasa nyetirnya kaya bawa kapal menurut saya, tarikannya gajauh beda sm yaris dan sienta which is lemot tarikan bawahnya, kebetulan dulu saya pernah piara yaris joker juga. cuma plusnya radius putarnya termasuk bagus, ga separah yaris joker atau sienta hehehe sm bantingannya juga kalo biasa bawa xpander 2017-2019 mirip2 kok, cuma lebih empuk dikit aja menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by FR6 »

ChZ wrote: 12 Nov 2021, 17:10
rakyatwkwkland wrote: 12 Nov 2021, 16:59
Syauqi wrote: 12 Nov 2021, 15:13
Tapi btw emang kebiasaan deh toyota ngatrol harga dibanding kembaran daihatsunya. ASA di xenia cuma nambah 9jt masa di avanza/veloz nambahnya 20jt wkwkwk padahal kelengkapannya sama loh
Kalo perkara ini, soalnya di apansah dan pilus TSS balonnya jg ikut jadi 6 oom... Kalo di seniah kan balonnya masih 2. Makanya ASA nya seniah cmn nambah 8,7 jt, TSS nya apansa nambah 23 jt dan TSS nya pilus nambah 19,4 jt.

Cmn ya ane gapaham jg ya, apa iya nambah 4 biji balon kudu nambah wang sampe belasan juta? Semahal itukah harga 4 biji balon?

Yg pasti ya, menurut ane dari ASA nya daihatsu ini kita jd tau kalo sebenernya fitur radar dan fitur2 safety aktif pasif lainnya sebenernya gak mahal2 amat kok. Kok ya tega2nya pabrikan mobil di indo demi cuan beberapa juta per unit kudu sampe ngorbanin keselamatan customernya... :big_dunno:
Mahal om. 1 airbag module itu bisa 7-10juta. Katakan kita ambil estimasi 5juta aja krn pasti beli banyak lebih murah. Itu erbeg doang beda 4 biji udah 20jt... Wkwkwkwkw

Mobil bekas kecelakaan banyak yang erbegnya gak diganti kok krn emang bisa abis 1/4 dari biaya repairnya sendiri. Been there done that.
ngg anu Om, mau info aja..
saia kerja di dunia spare parts, yang namanya harga vs cogs spare part itu bisa 3-4x nya.. jadi kalo di bilang satu balon harga 7jt, paling modal nya gak sampe 2jt :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Setau saya, kalo spare part mobil justru harganya gila2an, bisa di atas 4x harga cosg(modal), Yaris 3 vs 7 balon beda 5jt doang bisa jadi cuma beda harga cogs :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

edit:
oiya, itu harga khusus aftermarket ya, beda kalo production line, besar kemungkinan cogs nya lebih rendah lagi :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post