NEW VELOZ 2022!!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

silenzo wrote: Thu Oct 20, 2022 10:17 Saya kok merasa ground clearance Veloz itu ngga 205mm seperti yg ada di brosur. Barusan lihat Hyundai Creta, yang ground clearance versi brosurnya di angka 190mm. Kok kelihatan kalau si Hyundai Creta lebih tinggi ground clearance-nya dibandingkan dengan Veloz? Jadi terkesan lebih aman buat jalanan yg permukaanya amburadul. Minta tolong komentar men temen. Thanks.
ground clearance ngitungnya dari titik terendah om. biasanya sih dari tumpuan shock absorber ke lantai.

makanya innova itu ground clearance cuma gak sampe 200mm padahal keliatannya jangkung gitu kan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

ChZ wrote: Fri Oct 21, 2022 3:09
silenzo wrote: Thu Oct 20, 2022 10:17 Saya kok merasa ground clearance Veloz itu ngga 205mm seperti yg ada di brosur. Barusan lihat Hyundai Creta, yang ground clearance versi brosurnya di angka 190mm. Kok kelihatan kalau si Hyundai Creta lebih tinggi ground clearance-nya dibandingkan dengan Veloz? Jadi terkesan lebih aman buat jalanan yg permukaanya amburadul. Minta tolong komentar men temen. Thanks.
ground clearance ngitungnya dari titik terendah om. biasanya sih dari tumpuan shock absorber ke lantai.

makanya innova itu ground clearance cuma gak sampe 200mm padahal keliatannya jangkung gitu kan
Oh, saya lihatnya dari bagian terendah sisi kiri atau kanan mobil om. Lebih spesifik ke sisi terbawah di tengah2 antara pintu depan dan belakang, lihatnya dari samping kiri atau kanan. Kalo gitu angka ground clearance brosur, ngga bisa jadi patokan dong ya? Contoh yg om sebut Innova itu berarti lebih aman untuk kondisi jalan permukaan yg amburadul dibandingkan Veloz?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Suryaputra »

silenzo wrote: Fri Oct 21, 2022 5:41
ChZ wrote: Fri Oct 21, 2022 3:09
silenzo wrote: Thu Oct 20, 2022 10:17 Saya kok merasa ground clearance Veloz itu ngga 205mm seperti yg ada di brosur. Barusan lihat Hyundai Creta, yang ground clearance versi brosurnya di angka 190mm. Kok kelihatan kalau si Hyundai Creta lebih tinggi ground clearance-nya dibandingkan dengan Veloz? Jadi terkesan lebih aman buat jalanan yg permukaanya amburadul. Minta tolong komentar men temen. Thanks.
ground clearance ngitungnya dari titik terendah om. biasanya sih dari tumpuan shock absorber ke lantai.

makanya innova itu ground clearance cuma gak sampe 200mm padahal keliatannya jangkung gitu kan
Oh, saya lihatnya dari bagian terendah sisi kiri atau kanan mobil om. Lebih spesifik ke sisi terbawah di tengah2 antara pintu depan dan belakang, lihatnya dari samping kiri atau kanan. Kalo gitu angka ground clearance brosur, ngga bisa jadi patokan dong ya? Contoh yg om sebut Innova itu berarti lebih aman untuk kondisi jalan permukaan yg amburadul dibandingkan Veloz?
GC = titik terendah

Innova titik terendah nya ada di bagian casing gardan dan tumpuan suspensi belakang bagian bawahnya

Bisa jadi, ipah FWD yg baru, malah lbh tinggi GC nya.
Mungkin loh yaa :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by arsaerescool »

AbdulHakim wrote: Thu Oct 20, 2022 6:54 lha lebih make-sense Direct Shift-CVT nya Toyota dong kalo gitu
setelah googling mobil Toyota apa yg pake Direct Shift-CVT di Indonesia, ternyata Voxy :big_grin: ya ono rego ono rupo lah ya
ngarep avxenveloz pake Direct Shift-CVT mo jadi berapa harganya :big_biglaugh:
Detail yang tidak terduga di toyota voxy baru
emang betul perlu banget ni apalagi buat nanjak panjang
potensi cvt slip pasti, karena mobilnya gede ,berat, penggerak sabuk baja
kalo ada gear lebih tenang pas tanjakan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

silenzo wrote: Fri Oct 21, 2022 5:41
Oh, saya lihatnya dari bagian terendah sisi kiri atau kanan mobil om. Lebih spesifik ke sisi terbawah di tengah2 antara pintu depan dan belakang, lihatnya dari samping kiri atau kanan. Kalo gitu angka ground clearance brosur, ngga bisa jadi patokan dong ya? Contoh yg om sebut Innova itu berarti lebih aman untuk kondisi jalan permukaan yg amburadul dibandingkan Veloz?
ya betul om makanya sebenernya di indo ni fokusnya sering ke gc padahal kalo buat menghadapi medan gak rata butuh banyak faktor

approach angle (bibir depan mobil)
departure angle (bumper belakang)
wheelbase (makin panjang makin gampang stuck)
suspension travel dan spring rate (kaku/lemesnya per, terlalu kaku atau terlalu lemes punya efek sendiri)
wading depth (kemampuan nerjang air)
dll

yang unik tuh subaru forester dan XV keliatan jangkung forester, padahal gc nya sama 220mm.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: Fri Oct 21, 2022 5:51
silenzo wrote: Fri Oct 21, 2022 5:41
ChZ wrote: Fri Oct 21, 2022 3:09

ground clearance ngitungnya dari titik terendah om. biasanya sih dari tumpuan shock absorber ke lantai.

makanya innova itu ground clearance cuma gak sampe 200mm padahal keliatannya jangkung gitu kan
Oh, saya lihatnya dari bagian terendah sisi kiri atau kanan mobil om. Lebih spesifik ke sisi terbawah di tengah2 antara pintu depan dan belakang, lihatnya dari samping kiri atau kanan. Kalo gitu angka ground clearance brosur, ngga bisa jadi patokan dong ya? Contoh yg om sebut Innova itu berarti lebih aman untuk kondisi jalan permukaan yg amburadul dibandingkan Veloz?
GC = titik terendah

Innova titik terendah nya ada di bagian casing gardan dan tumpuan suspensi belakang bagian bawahnya

Bisa jadi, ipah FWD yg baru, malah lbh tinggi GC nya.
Mungkin loh yaa :big_peace:
Tp pengalaman saya di GNKI malah pernah beberapa kali gasruk nya itu kena frame pelindung mesin & rack steer mbah. Belakang selalu aman.

Yg paling parah waktu jaman2 belum ada transjawabahn, msh jalur pantura itu daerah pemalang/tegal yang jalannya keriting banget, dengan pede nya ngangkangin tonjolan keritingan jalan, eh tau2 denger suara "grokkkk"

Udah sempet panik jangan sampe kena part yg vital, syukurnya kena nya cuma di pelindung mesin & rack steer nya itu
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: Fri Oct 21, 2022 8:19
Suryaputra wrote: Fri Oct 21, 2022 5:51
silenzo wrote: Fri Oct 21, 2022 5:41

Oh, saya lihatnya dari bagian terendah sisi kiri atau kanan mobil om. Lebih spesifik ke sisi terbawah di tengah2 antara pintu depan dan belakang, lihatnya dari samping kiri atau kanan. Kalo gitu angka ground clearance brosur, ngga bisa jadi patokan dong ya? Contoh yg om sebut Innova itu berarti lebih aman untuk kondisi jalan permukaan yg amburadul dibandingkan Veloz?
GC = titik terendah

Innova titik terendah nya ada di bagian casing gardan dan tumpuan suspensi belakang bagian bawahnya

Bisa jadi, ipah FWD yg baru, malah lbh tinggi GC nya.
Mungkin loh yaa :big_peace:
Tp pengalaman saya di GNKI malah pernah beberapa kali gasruk nya itu kena frame pelindung mesin & rack steer mbah. Belakang selalu aman.

Yg paling parah waktu jaman2 belum ada transjawabahn, msh jalur pantura itu daerah pemalang/tegal yang jalannya keriting banget, dengan pede nya ngangkangin tonjolan keritingan jalan, eh tau2 denger suara "grokkkk"

Udah sempet panik jangan sampe kena part yg vital, syukurnya kena nya cuma di pelindung mesin & rack steer nya itu
:mky_01:
:upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

antonwdj wrote: Sat Oct 15, 2022 1:06 Apakah ada yg merasakan di veloz 2022 matic saat gas dilepas mobil seperti ngerem sendiri? Terasa seperti engine brake. Efeknya tidak selalu terjadi. Terasa paling mengganggu saat kecepatan rendah sekitar 10-20 kpj. Saat terjadi dan dibiarkan sehingga kecepatan makin menurun, efek engine brakenya bisa tiba2 hilang sendiri dan menyebabkan hentakan. Saya lihat di youtube ada yg merasakan efek ini juga di avanza matic.
Saya merasakan hal yang sama. Belum sampai tahap mengganggu dan saya anggap sebagai karakter dari transmisi si Veloz saja.
siwidjaja
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jan 07, 2024 1:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Veloz 2022

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by siwidjaja »

Veloz sy type Q matic TSS 2022 juga merasakan hal yg sama... Apalagi kl kondisi jalanan macet ... Berasa ndut²an gitu... Dan saat deselerasi bareng magnetic cluch nya jalan, pasti berasa nyendal mesin nya...

Ada solusi gak ya?.. Krn beberapa kali ke bengkel resmi komplain hal ini tp tetap tidak ada perubahan...
the-mantal wrote: Sat Oct 15, 2022 7:46 Ini efek engine cut off ya... Makanya tiap kali lepas gas berasa deselerasi nya kuat dan kl diperhatiin di current fuel consumption nya lsg mentok ke 99.9km/l. Nanti turun sampai kecepatan 20 atau dibawah nya agak terasa ndut2an pas perpindahan ke coasting dan current fuel consumption nya jadi 20-30 km/l aja.

Klo saya ngakali nya biasa saya gas lagi aja trus lepas nanti dia akan lsg ganti ke coasting. Cuman efeknya jd berasa nyetir agresif banget haha..

Yg saya jg ga suka dr dcvt / mesin nya itu klo rpm dibawah 1500 mesin terasa bergetar gitu. Jd saya kl mnyetir ga pernah dibawah 1500 rpm... Dan kesannya jd agresif banget krn nyetir 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

1. Pake manual mode / mode sport, ndut2an kecepatan rendah akan hilang
2. Kl mo coba2 bs pake corong jahat + kabel grounding (cek di fb namanya ari estrella), ada user rocky disini blg ndut2an kecepatan rendah jauh berkurang stelah pakai ini.
3. Ganti oli transmisi cvt (flush aja)
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Chr1stm1 »

the-mantal wrote: Sun Jan 07, 2024 9:35 1. Pake manual mode / mode sport, ndut2an kecepatan rendah akan hilang
2. Kl mo coba2 bs pake corong jahat + kabel grounding (cek di fb namanya ari estrella), ada user rocky disini blg ndut2an kecepatan rendah jauh berkurang stelah pakai ini.
3. Ganti oli transmisi cvt (flush aja)
Om utk poin 3, apakah bisa kuras cvt yah? Kalo drain n refiill saya pernah tanya kena 3 liter, rencana mau ganti oli cvtnya jg
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:17

Om utk poin 3, apakah bisa kuras cvt yah? Kalo drain n refiill saya pernah tanya kena 3 liter, rencana mau ganti oli cvtnya jg
katanya sih bisa. kemarin saya di daihatsu minta ganti oli - SA nya nawarin mau flush atau kuras. Saya pilih flush aja, dan cm 2 liter di tagihan.
drpd kuras, lebih baik flush berulang2 aja, jd skrg flush 2-3 liter, nanti servis 6 bulan berikutnya flush lagi 2-3 liter, sampai 3-4 kali servis cukup hrsnya.

* note maksud flush disini drain n refill... maap kalo membingungkan.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Chr1stm1 »

the-mantal wrote: Mon Jan 08, 2024 5:01
Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:17

Om utk poin 3, apakah bisa kuras cvt yah? Kalo drain n refiill saya pernah tanya kena 3 liter, rencana mau ganti oli cvtnya jg
katanya sih bisa. kemarin saya di daihatsu minta ganti oli - SA nya nawarin mau flush atau kuras. Saya pilih flush aja, dan cm 2 liter di tagihan.
drpd kuras, lebih baik flush berulang2 aja, jd skrg flush 2-3 liter, nanti servis 6 bulan berikutnya flush lagi 2-3 liter, sampai 3-4 kali servis cukup hrsnya.

* note maksud flush disini drain n refill... maap kalo membingungkan.
Dikit yah Bro cuma 2 liter? Mirip 4at nya Rush...btw pakai oli cvt apa? TMO CvtFE kah?
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Chr1stm1 wrote: Mon Jan 08, 2024 8:30
Dikit yah Bro cuma 2 liter? Mirip 4at nya Rush...btw pakai oli cvt apa? TMO CvtFE kah?
oli daihatsu cvt, mobil saya xenia cvt
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by MSU »

the-mantal wrote: Sun Jan 07, 2024 9:35 1. Pake manual mode / mode sport, ndut2an kecepatan rendah akan hilang
2. Kl mo coba2 bs pake corong jahat + kabel grounding (cek di fb namanya ari estrella), ada user rocky disini blg ndut2an kecepatan rendah jauh berkurang stelah pakai ini.
3. Ganti oli transmisi cvt (flush aja)
Kalo di mode sport ini trans akan pindah gigi seolah2 ada gigi kayak di AT jadul om? Di rpm brp pindah2nya?
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

MSU wrote: Mon Jan 08, 2024 9:45

Kalo di mode sport ini trans akan pindah gigi seolah2 ada gigi kayak di AT jadul om? Di rpm brp pindah2nya?
iya klo transmisi ditaro di S, dia ada simulasi pindah2 giginya, kayanya sekitar RPM 2500-3000 an
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by kunaskun »

the-mantal wrote: Mon Jan 08, 2024 9:59
MSU wrote: Mon Jan 08, 2024 9:45

Kalo di mode sport ini trans akan pindah gigi seolah2 ada gigi kayak di AT jadul om? Di rpm brp pindah2nya?
iya klo transmisi ditaro di S, dia ada simulasi pindah2 giginya, kayanya sekitar RPM 2500-3000 an
Mode S itu Slope bukan Sport. Emang aneh si tapi ya di buku manual dibilang gitu.

ndut2an di kecepatan 20 kph bisa dikurangi dengan air intake mods = buka saja itu jalur intake sebelum air filter, instant effect. nambah sekian persen dengana high flow air filter + ground cable extra.
tapi ya ga tuntas karena emang bawaan orok, tebakan saya ndut2an itu pindah2 dari CVT ke Direct Gear-nya = jerky = hunting gear di geared AT.

mestinya itu ECT bisa di program ulang supaya ga seagresif itu. tapi ya namanya aja kerjaan DaiToyo :big_biglaugh:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by MSU »

kunaskun wrote: Wed Jan 10, 2024 3:00
the-mantal wrote: Mon Jan 08, 2024 9:59
MSU wrote: Mon Jan 08, 2024 9:45

Kalo di mode sport ini trans akan pindah gigi seolah2 ada gigi kayak di AT jadul om? Di rpm brp pindah2nya?
iya klo transmisi ditaro di S, dia ada simulasi pindah2 giginya, kayanya sekitar RPM 2500-3000 an
Mode S itu Slope bukan Sport. Emang aneh si tapi ya di buku manual dibilang gitu.

ndut2an di kecepatan 20 kph bisa dikurangi dengan air intake mods = buka saja itu jalur intake sebelum air filter, instant effect. nambah sekian persen dengana high flow air filter + ground cable extra.
tapi ya ga tuntas karena emang bawaan orok, tebakan saya ndut2an itu pindah2 dari CVT ke Direct Gear-nya = jerky = hunting gear di geared AT.

mestinya itu ECT bisa di program ulang supaya ga seagresif itu. tapi ya namanya aja kerjaan DaiToyo :big_biglaugh:
mungkin bole share lokasi titik ground cable-nya om? ama apa akan batalin garansi kl pasang ground cable ya
kebetulan lg tunggu unit dikirim ni ..
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

kunaskun wrote: Wed Jan 10, 2024 3:00

Mode S itu Slope bukan Sport. Emang aneh si tapi ya di buku manual dibilang gitu.

ndut2an di kecepatan 20 kph bisa dikurangi dengan air intake mods = buka saja itu jalur intake sebelum air filter, instant effect. nambah sekian persen dengana high flow air filter + ground cable extra.
tapi ya ga tuntas karena emang bawaan orok, tebakan saya ndut2an itu pindah2 dari CVT ke Direct Gear-nya = jerky = hunting gear di geared AT.

mestinya itu ECT bisa di program ulang supaya ga seagresif itu. tapi ya namanya aja kerjaan DaiToyo :big_biglaugh:
nah ini master kunaskun yang rocky nya sudah pakai corong jahat, cable grounding yang saya bilang di atas.
jadi yang paling berasa itu lepas jalur intake ya om? ini sebenarnya cara paling mudah klo mo coba2 sih.

klo saya perhatiin DCVT nya DNGA ini mode nya ada 3 om, yg jelas kecepatan rendah bukan geared AT :

- low speed mode (dari berhenti lalu jalan n saya bilangnya mode stengah kopling) dimana CVT nya belum lock up n pakai rasio paling tinggi. di mode ini terasa sekali wkt injak awal rpm nya naik tinggi banget n mobil jalan nyundul2 kaya stengah kopling di manual. klo di mode ini, pilihannya ya kaya stengah kopling manual beneran, diinjak gas nya nyundul, dilepas gas nya lsg netral. ga ada ndut2an di mode ini. klo di xenia saya, terasa mode ini di rentang kec 0-30 km/h. mode ini bisa kelihatan dari current fuel consumption nya yang boros banget kalo diinjak (sekitar <5 km/l) n klo dilepas gas nya cm dapat sekitar 10-30 km/l

- mid speed mode ini stelah setengah kopling nya lewat, CVT nya mulai lock up n rasio disesuaikan dengan kecepatan. ini di mobil xenia saya terasa di rentang kecepatan 10-100 km/h, ini mode yang biasanya ndut2an di kec rendah. mode ini bisa kelihatan dari current fuel consumption nya klo gas diinjak itu dapet >5 km/l n klo gas dilepas dapet 99.9 km/l

- high speed mode ini pakai geared AT. di mobil xenia saya terasa di rentang kecepatan 80 km/h ke atas. again, mode ini keliatan dari current fuel consumption, rata2 saya dapet >20 km/l sampai kec max 100 km/h, klo di atas itu menurut fuel consumption nya.

nah ndut2an itu gara2 perpindahan dari mid speed mode ke netral ini di kecepatan rendah (lagi2 keliatan dari current fuel consumption dari 99.9 km/l lsg turun ke 10-20 km/l) .... makanya di saya kadang klo dah kecepatan 20 tp masih berasa mid speed mode nya - saya gas aja lg agak dalam supaya dia masuk ke low speed mode n baru masuk netralnya jd halus.

keliatannya dia ga bisa langsung dari mid speed mode ke netral. tp harus perlahan mode nya dari mid -> low -> netral.

tp di xenia saya biasanya di kecepatan 30 udah masuk ke low speed mode n lsg netral jd ga berasa jerky, cm kdg2 ya itu... sampai kecepatan 20 atau 10km/h masih di mid speed mode nah terpaksa ngerasain ndut2an nya deh.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by kunaskun »

the-mantal wrote: Wed Jan 10, 2024 5:16 nah ini master kunaskun yang rocky nya sudah pakai corong jahat, cable grounding yang saya bilang di atas.
jadi yang paling berasa itu lepas jalur intake ya om? ini sebenarnya cara paling mudah klo mo coba2 sih.

klo saya perhatiin DCVT nya DNGA ini mode nya ada 3 om, yg jelas kecepatan rendah bukan geared AT :
ah iya mestinya dari Direct Gear pindah ke CVT.


- low speed mode (dari berhenti lalu jalan n saya bilangnya mode stengah kopling) dimana CVT nya belum lock up n pakai rasio paling tinggi. di mode ini terasa sekali wkt injak awal rpm nya naik tinggi banget n mobil jalan nyundul2 kaya stengah kopling di manual. klo di mode ini, pilihannya ya kaya stengah kopling manual beneran, diinjak gas nya nyundul, dilepas gas nya lsg netral. ga ada ndut2an di mode ini. klo di xenia saya, terasa mode ini di rentang kec 0-30 km/h. mode ini bisa kelihatan dari current fuel consumption nya yang boros banget kalo diinjak (sekitar <5 km/l) n klo dilepas gas nya cm dapat sekitar 10-30 km/l
iya, start awal dijaga sangat halus sekali, rata2 CVT mobil pasti begini. ga bisa "natural" seperti geared AT.
- mid speed mode ini stelah setengah kopling nya lewat, CVT nya mulai lock up n rasio disesuaikan dengan kecepatan. ini di mobil xenia saya terasa di rentang kecepatan 10-100 km/h, ini mode yang biasanya ndut2an di kec rendah. mode ini bisa kelihatan dari current fuel consumption nya klo gas diinjak itu dapet >5 km/l n klo gas dilepas dapet 99.9 km/l
nah problem ndut2an akibat Direct Gear pindah ke CVT, sepertinya programmingnya kurang maksimal untuk urusan "turun ke CVT" ini. Single Geared AT yang terpasang ini ratio-nya besar sekali, sepertinya lebih besar daripada ratio terbesar CVT itu sendiri. akibatnya mesin akan sangat terbebani kalau turun ke CVT. nah diakali, mesin dikasih netral dulu, dengan cara clutch release, masuk lagi ke CVT, tapi akibat putaran CVT tidak langsung seirama dengan putaran mesin maka ndut2an akibat mesin keberatan. makanya kalau sudah mau ndut2an ditoel gas dikit langsung stabil.

kalau mau test Direct Gear sebesar apa ratio-nya ketika di kecepatan 100-120 kph, geser saja transmisi ke Manual Mode, perhatikan rpm-nya akan terlihat naik 500 rpm.


- high speed mode ini pakai geared AT. di mobil xenia saya terasa di rentang kecepatan 80 km/h ke atas. again, mode ini keliatan dari current fuel consumption, rata2 saya dapet >20 km/l sampai kec max 100 km/h, klo di atas itu menurut fuel consumption nya.

nah ndut2an itu gara2 perpindahan dari mid speed mode ke netral ini di kecepatan rendah (lagi2 keliatan dari current fuel consumption dari 99.9 km/l lsg turun ke 10-20 km/l) .... makanya di saya kadang klo dah kecepatan 20 tp masih berasa mid speed mode nya - saya gas aja lg agak dalam supaya dia masuk ke low speed mode n baru masuk netralnya jd halus.

keliatannya dia ga bisa langsung dari mid speed mode ke netral. tp harus perlahan mode nya dari mid -> low -> netral.
iya, problemnya ga bisa langsung masuk ke CVT di kecepatan rendah.
tp di xenia saya biasanya di kecepatan 30 udah masuk ke low speed mode n lsg netral jd ga berasa jerky, cm kdg2 ya itu... sampai kecepatan 20 atau 10km/h masih di mid speed mode nah terpaksa ngerasain ndut2an nya deh.
Direct Gear itu di kecepatan 20an kph sudah masuk kok, perhatikan saja fuel consumption teririt itu di kecepatan 40-50 kph, itu angka instant avg bisa sampe rata kanan.

kalau di tampilan odo digital Rocky, kecepatan 80 -100 kph instant avg di angka 25 kpl. kecepatan diatas itu akan turun perlahan mendekati 12.5 kpl sampai di kecepatan 140 kph keatas.
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Mercer29 »

kunaskun wrote: Thu Jan 11, 2024 2:18
Direct Gear itu di kecepatan 20an kph sudah masuk kok, perhatikan saja fuel consumption teririt itu di kecepatan 40-50 kph, itu angka instant avg bisa sampe rata kanan.

kalau di tampilan odo digital Rocky, kecepatan 80 -100 kph instant avg di angka 25 kpl. kecepatan diatas itu akan turun perlahan mendekati 12.5 kpl sampai di kecepatan 140 kph keatas.
Kalo saya rasa transisi dari low speed ke mid speed kok sepertinya bukan direct gear yang engage ya, rasanya kok rasio nya panjang sekali sampai dia bisa mempertahankan 1100-an rpm (kalo injekan pedal gas tipis sekali) dari 20 sampai 60 kph

Lebih mirip ke torque converter lockup clutch engage kalo secara feel, mirip seperti di Xpander sama BR-V juga gini, di low speed rpm pasti sering naik turun naik turun gajelas gitu, cuma bedanya mereka lebih alus dan ga kerasa aja, tapi tetep kalo diperhatiin jarum rpm pasti tetep keliatan kalo kita mau beranjak akselerasi secara rpm ada naik sedikit kemudian turun lagi gitu dan jadi linear gitu

Belum lagi transisi antara low speed dan mid speed itu adalah titik dimana engine brake ada dan tidak ada, mirip AT biasa juga kalo logika awam saya
2021 W101RE LBVFJ
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Mercer29 »

the-mantal wrote: Mon Jan 08, 2024 5:01
Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:17

Om utk poin 3, apakah bisa kuras cvt yah? Kalo drain n refiill saya pernah tanya kena 3 liter, rencana mau ganti oli cvtnya jg
katanya sih bisa. kemarin saya di daihatsu minta ganti oli - SA nya nawarin mau flush atau kuras. Saya pilih flush aja, dan cm 2 liter di tagihan.
drpd kuras, lebih baik flush berulang2 aja, jd skrg flush 2-3 liter, nanti servis 6 bulan berikutnya flush lagi 2-3 liter, sampai 3-4 kali servis cukup hrsnya.

* note maksud flush disini drain n refill... maap kalo membingungkan.
Waktu ganti oli transmisi kemarin sempet perhatiin mereka drain-and-fill nya gimana ga om?

Saya barusan aja juga servis ganti oli transmisi, mereka ngga pake metode drain yang kemudian ditampung terus dihitung berapa liter, tapi langsung di drain aja terus di fill kemudian cek dipstick gitu kalo saya lihat sekilas, cuma memang dari botol 4 liter itu ngga kepake semua masi ada sisa lumayan

Sama saya juga sempet perhatiin ketika oli nya turun, somehow warna nya ga gitu keliatan gelap dan masi ada pink tint nya sih meski tetep aja cokelat
2021 W101RE LBVFJ
Tunasmas
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Dec 20, 2023 14:30
Daily Vehicle: Crv

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Tunasmas »

Veloz nd kuat nanjak
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Mercer29 wrote: Thu Jan 11, 2024 3:51

Waktu ganti oli transmisi kemarin sempet perhatiin mereka drain-and-fill nya gimana ga om?

Saya barusan aja juga servis ganti oli transmisi, mereka ngga pake metode drain yang kemudian ditampung terus dihitung berapa liter, tapi langsung di drain aja terus di fill kemudian cek dipstick gitu kalo saya lihat sekilas, cuma memang dari botol 4 liter itu ngga kepake semua masi ada sisa lumayan

Sama saya juga sempet perhatiin ketika oli nya turun, somehow warna nya ga gitu keliatan gelap dan masi ada pink tint nya sih meski tetep aja cokelat
ga merhatiin om, saya percayain Daihatsu bener kerjanya (walau skrg jd agak2 kurang percaya juga). tp sepertinya sama metodenya cm dibuang, lalu isi n cek dipstik aja, ngga diperhatiin berapa liter dibuang nya.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Mercer29 wrote: Thu Jan 11, 2024 3:40
Kalo saya rasa transisi dari low speed ke mid speed kok sepertinya bukan direct gear yang engage ya, rasanya kok rasio nya panjang sekali sampai dia bisa mempertahankan 1100-an rpm (kalo injekan pedal gas tipis sekali) dari 20 sampai 60 kph

Lebih mirip ke torque converter lockup clutch engage kalo secara feel, mirip seperti di Xpander sama BR-V juga gini, di low speed rpm pasti sering naik turun naik turun gajelas gitu, cuma bedanya mereka lebih alus dan ga kerasa aja, tapi tetep kalo diperhatiin jarum rpm pasti tetep keliatan kalo kita mau beranjak akselerasi secara rpm ada naik sedikit kemudian turun lagi gitu dan jadi linear gitu

Belum lagi transisi antara low speed dan mid speed itu adalah titik dimana engine brake ada dan tidak ada, mirip AT biasa juga kalo logika awam saya
om Mercer di Veloz klo RPM 1100 geter ga bodynya? koq di xenia saya klo RPM < 1500 itu geter semua bodynya (kaya istilah om chz, lugging, alias klo di gigi manual itu pindah gigi tinggi di kecepatan rendah).
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours