Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

slapnuts wrote: 27 Nov 2021, 08:34
Suryaputra wrote: 27 Nov 2021, 04:47
Iya mbah
Hanya sekian persen org2 petrolhead spt itu (dulu saya termasuk salah satunya).
Tapi makin ke sini, makin "mikir" bahayanya ngebut di jalan umum. :big_biglaugh:

Yg utama adalah customer-persona seperti user ertiga & livinder :big_biglaugh:

Tp bagus aja strategi honda ngubah produknya jd lbh empuk dan refined.
Karena mereka (kudu) bikin produk, based on what ppl want :mky_04:
Yes, bagusnya Honda dia mau mendengar apa mau pasar dan perlahan menanggalkan idealisme mereka tentang sportiness sebuah mobil.
Untuk beberapa kelas, pasar ga butuh mobil yang sporty atau handling tajam whatsoever, contohnya Elysion tak berkutik lawan Alphard, Accord (jualan sporty) vs Camry (di Indo), Mobilio/BRV (old) vs lawan-lawan LMPV mereka.

Makanya semakin ke sini Honda semakin soft, CRV Turbo jauh lebih soft dibanding RE/RD yang glodakan, Accord juga sama semakin ke sini semakin empuk, berbeda dengan zaman CM/CP.

Pabrikan yang masih idealis dengan konsep handling tajam keras dan egois (bodo amat dengan penumpang) adalah Mazda. Makanya terlihat penjualannya ya segitu-segitu saja. Mazda ini seakan ga peduli komplain baris kedua sempit dsb, ibaratnya “gw buat mobil sempit dan stiff, lo beli silahkan, ga beli yaudah”. Lol.
yang menarik, bagusnya market driven perspective ini honda tuh bukan serta merta meninggalkan idealisme. imho honda sekarang tuh ud nemu gimana ngeracik mobil yang handling tetep bisa enak tapi suspensi bisa lebih soft. membuat mobil yang actually sells - penggemar lamanya gak illfeel, tapi pengguna baru juga gak ngeluh pakenya.

mereka bikin chassis lebih kaku buat compensate dengan ride yang makin halus dari shock absorber yang dibuat less aggressive. soalnya ini tuh berasa banget waktu saya bawa CRV turbo di jalan gelombang tetep kerasa kok kaku kaku khas honda nya, spring rate CRV turbo itu aslinya keras kayak gen 4. tapi karena bushing nya baru dan shock nya bisa meredam dengan lebih kalem, dia jadi seperti makhluk yang berbeda sekali.

dan hasilnya tuh mobil dikorbankan dikit bodyrollnya buat kenyamanan, tapi begitu nikung kita gak kerasa serem kayak mobil mau terbelah dua atau bokongnya mau lari, meskipun in fact mobilnya overall terasa gede dan lamban krn setup ini. gak kayak gen 3/4 yang rasanya kayak bawa mobil kecil.

gimana honda compensate dengan enthusiast ? seperti biasa, aftermarket parts. imho kekuatan honda di sini dan saya rasa mereka tau. lebih gampang ganti shock yang lebih keras klo kejar handling daripada musti rombak total sasis karena lemah di rigidity :big_biglaugh:

ini mungkin sama kayak toyota juga dengan TNGA. udah nemu formula nya. walau saya actually blom pernah coba TNGA based toyota sih. walaupun toyota lebih banyak kedorong sama CEO baru nya yang gak mau toyota diinget sebagai mobil bapak bapak :big_biglaugh:

yang kayak gini juga itu Subaru dan Volkswagen. yang non-enthusiast suka karena mobilnya usable, yang enthusiast nyoba pun suka karena enak banget setup nya.

mazda ? belakangan kayak pabrikan galau ini 1. mobilnya di indonesia speknya juga kurang menarik malah mazda3 tenaganya turun dari yang lama. platform skyactiv nya udah aging, transmisi 6-speednya udah gak relevan.... ya produk baru barunya nambah luxuries dan modelnya makin menarik sih tapi kalo gak usable ya percuma aja...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 27 Nov 2021, 09:59
yang menarik, bagusnya market driven perspective ini honda tuh bukan serta merta meninggalkan idealisme. imho honda sekarang tuh ud nemu gimana ngeracik mobil yang handling tetep bisa enak tapi suspensi bisa lebih soft. membuat mobil yang actually sells - penggemar lamanya gak illfeel, tapi pengguna baru juga gak ngeluh pakenya.

mereka bikin chassis lebih kaku buat compensate dengan ride yang makin halus dari shock absorber yang dibuat less aggressive. soalnya ini tuh berasa banget waktu saya bawa CRV turbo di jalan gelombang tetep kerasa kok kaku kaku khas honda nya, spring rate CRV turbo itu aslinya keras kayak gen 4. tapi karena bushing nya baru dan shock nya bisa meredam dengan lebih kalem, dia jadi seperti makhluk yang berbeda sekali.

dan hasilnya tuh mobil dikorbankan dikit bodyrollnya buat kenyamanan, tapi begitu nikung kita gak kerasa serem kayak mobil mau terbelah dua atau bokongnya mau lari, meskipun in fact mobilnya overall terasa gede dan lamban krn setup ini. gak kayak gen 3/4 yang rasanya kayak bawa mobil kecil.

gimana honda compensate dengan enthusiast ? seperti biasa, aftermarket parts. imho kekuatan honda di sini dan saya rasa mereka tau. lebih gampang ganti shock yang lebih keras klo kejar handling daripada musti rombak total sasis karena lemah di rigidity :big_biglaugh:

ini mungkin sama kayak toyota juga dengan TNGA. udah nemu formula nya. walau saya actually blom pernah coba TNGA based toyota sih. walaupun toyota lebih banyak kedorong sama CEO baru nya yang gak mau toyota diinget sebagai mobil bapak bapak :big_biglaugh:

yang kayak gini juga itu Subaru dan Volkswagen. yang non-enthusiast suka karena mobilnya usable, yang enthusiast nyoba pun suka karena enak banget setup nya.

mazda ? belakangan kayak pabrikan galau ini 1. mobilnya di indonesia speknya juga kurang menarik malah mazda3 tenaganya turun dari yang lama. platform skyactiv nya udah aging, transmisi 6-speednya udah gak relevan.... ya produk baru barunya nambah luxuries dan modelnya makin menarik sih tapi kalo gak usable ya percuma aja...
lagian kalo mulai berasa bodyroll tinggal lempar ban belakangnya aja kalo chasisnya bagus biasanya paling cuma ngesoot doank tapi tetep ngikut sama depannya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

b0ku wrote: 27 Nov 2021, 10:15
lagian kalo mulai berasa bodyroll tinggal lempar ban belakangnya aja kalo chasisnya bagus biasanya paling cuma ngesoot doank tapi tetep ngikut sama depannya :big_biglaugh:
nah makanya gw pernah pake gen 3 ngerasa tuh mobil enak nikung kaya hatchback ya krn emang dibuat keras.

tapi base chassisnya tetep lebih enak gen 5, rigidity nya improved banget.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 27 Nov 2021, 10:27
nah makanya gw pernah pake gen 3 ngerasa tuh mobil enak nikung kaya hatchback ya krn emang dibuat keras.

tapi base chassisnya tetep lebih enak gen 5, rigidity nya improved banget.
karena honda tiap revisi chasis rigiditynya pasti naek biasanya sekitar 10-20% :big_smile]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3422
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: 27 Nov 2021, 10:27
b0ku wrote: 27 Nov 2021, 10:15
lagian kalo mulai berasa bodyroll tinggal lempar ban belakangnya aja kalo chasisnya bagus biasanya paling cuma ngesoot doank tapi tetep ngikut sama depannya :big_biglaugh:
nah makanya gw pernah pake gen 3 ngerasa tuh mobil enak nikung kaya hatchback ya krn emang dibuat keras.

tapi base chassisnya tetep lebih enak gen 5, rigidity nya improved banget.
Setujuuuuuu ko, rigidity chassis feel gen 5 ada sedikit mirip sama cx5 gen 1 yang dibumbuni damping suspensi lebih soft khas honda sekarang.

Yg tak bandingin kl gen 5 itu enteng tapi agile, gen 3 berat tapi masih melayang terutama bagian buntut pas cornering. Mgkn dikit banyak tapak ban RW jadi 235 ngaruh ya
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Kent »

erwinign wrote: 24 Nov 2021, 23:54
Kent wrote: 22 Nov 2021, 16:38 Malah gw lagi galau nih, mau beli City HB untuk gantiin Civic.
Lom coba sih, tp kok sayang aja interior nya downgrade.
mau ganti new civic, kegedean rasa nya.

worth gk y kira2 di ganti ke City HB, murah nih cuma nambah 120jt udah new car. tp y downgrade.
udah jajan soalnya civic nya, awal bulan ganti shock breaker belakang habis 5jt lg.
takut penaykit mulai nyebar kemana2, mikir mau ganti ke City HB.
Paling bener ambil baru om kaya siti hb, apalg sdh tanda2 rewel civicnya. Tetep test drive baiknya, gimana pun impression di sini yg bilang sudah coba tetep subyektif krn pengalaman juga beda2 kan.

Krn balik lagi, di samping needs kaya bakal sering ngiter odo tinggi tentu ada "cocok2an" yg tentu aja standar orang beda2. Dan kalo needsnya memang bakal dipake tiap hari, dg kondisi civicnya begitu saya sendiri pasti ambil siti hb baru selama budget masuk ya krn menang umur muda.

Memang pasti ada faktor bargaining kaya "turun kelas", tapi kalo dalihnya takut turun kelas begitu bs2 ga keganti civicnya dan tambah dandan terus yg nyebabin rugi waktu dkk (maaf kl tersinggung soal ini). Dan perlu diinget juga, ini siti model baru dan platform baru yg fresh, jadi long term soal availability part kaya bodi masih terjamin di luar mesin L15 yg memang udah kebukti availabilitynya mudah didapet.

Saya jujur tau city hb packagingnya bikin saya agak mikir, begitu saya liat unit display di mall dan duduk dalem sih saya kali ini bs bilang ini interiornya bagus. Material dahsboard, leather setir sama upholstery kursinya jujur saya cukup kaget kok sealus ini di siti hb, hrv SE gada apa2nya lah. Hasil paintjob ckd honda di siti hb saya liat ya kok lumayan gitu, krn warna orennya cukup deep dan bagus mixingnya. Sales yg saya tanyain dia jg ngakuin kalo awalnya agak menantang jual siti hb, tp pelan2 masyarakat mulai nerima modelnya dan cukup laris di kota saya (sebulan kt dia bisa laku 80an unit)

Selain itu yg perlu diperhatiin buat siti hb lagi dr saya yg cuma tes pantat ya kap mesinnya panjang banget, ga heran ini mgkn cm HB tapi panjangnya 4.3m sendiri di mana jazz GK jauh lbh pendek sekitar mepet 4m. Selain itu juga roofnya pendek, mestinya kl biasa bawa sedan bukan jd masalah buat 2 hal ini. Kepraktisan kaya ultra seat tetep ada di mobil ini, nggak nyangka wkt kondisi kursi belakang rata lantai masih bs gede banget volum bagasinya. Ban jg udah proper pake turanza T005A
gak sih, gk tersinggung lah.
masalah duit y cuman bahasa nya sanggup gk sanggup aja..
gk ribet n malu kok.. hahaha..

iyah ini aja lom sempet lagi ke honda.
objective nya itu gk rewel.
CX5 aja gk kepake krn banyak rewel mobil nya, klo kita tiap hari kerja gk bs kepikiran balik2 bengkel walo issue nya kecil.
mending waktu nya mikirin kerjaan.

tp saya pernah liat malah menurut saya interior nya gk gt oke, krn even civic turbo yg FC menurut saya kurang bgus interior nya (krn tiap hari diliatin interior nya)
pengen sih coba lah test drive, tp di samping itu kemaren ada kepikiran nyeleneh sih nunggu HRV yg 1,5T harganya kan masih 400an sih msh nambah gk gt banyak.
dan ya ini saya perhatiin di jalanan, itu City HB ini LED nya udah better kyknya krn terang saya perhatiin pas malem.
itu jg salah satu sih Lampu LED itu gelap gelap.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Kent »

ChZ wrote: 25 Nov 2021, 10:22
erwinign wrote: 24 Nov 2021, 23:54
Memang pasti ada faktor bargaining kaya "turun kelas", tapi kalo dalihnya takut turun kelas begitu bs2 ga keganti civicnya dan tambah dandan terus yg nyebabin rugi waktu dkk (maaf kl tersinggung soal ini). Dan perlu diinget juga, ini siti model baru dan platform baru yg fresh, jadi long term soal availability part kaya bodi masih terjamin di luar mesin L15 yg memang udah kebukti availabilitynya mudah didapet.
wkwkwkwk kadang tuh emang gini ya, mau ganti mobil yang agak baru tapi turun kelas agak hesitant karena "turun kelas" nya. padahal mobil kelas tertentu di 10 taun yang lalu naikannya bisa kalah enak dengan mobil kelas bawahnya tapi keluaran baru. bonus lebih irit dan lebih mudah maintenancenya.

plus kadang beberapa taun lalu kita gak banyak pilihan sih. mau enak ya mesti beli yang mahal dengan segala konsekuensi (maintenance mahal, boros). ini dulu tuh macem waktu HRV keluar makanya laku banget krn dapet 2 pasar sekaligus : yang dulunya daily pake CRV mau "downgrade" ke HRV karena lebih irit tapi modelnya tetep SUV, yang dulu pake jazz dan mau beli jazz dapet fungsional lebih dengan nambah dikit.
Iyah, CRV sekarang sudah size nya terlalu gede..
apalg di jakarta muter2 susah klo misalnya bawa kegedean.
kecauli hanya muter2 di dalam kompleks.

HRV ntah napa menurut gw jg jd pilihan menarik sih model baru nya nanti.
ini saya mikir dibanding City HB mending HRV, walo aslinya gk demen SUV. tp lbh make sense aja jd nya dr size.
interior HRV itu bgus design nya, diabnding salam 1 dashboard.
apalg nanti new model nya.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3677
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Pboyz97 »

Kent wrote: 01 Dec 2021, 15:04

gak sih, gk tersinggung lah.
masalah duit y cuman bahasa nya sanggup gk sanggup aja..
gk ribet n malu kok.. hahaha..

iyah ini aja lom sempet lagi ke honda.
objective nya itu gk rewel.
CX5 aja gk kepake krn banyak rewel mobil nya, klo kita tiap hari kerja gk bs kepikiran balik2 bengkel walo issue nya kecil.
mending waktu nya mikirin kerjaan.

tp saya pernah liat malah menurut saya interior nya gk gt oke, krn even civic turbo yg FC menurut saya kurang bgus interior nya (krn tiap hari diliatin interior nya)
pengen sih coba lah test drive, tp di samping itu kemaren ada kepikiran nyeleneh sih nunggu HRV yg 1,5T harganya kan masih 400an sih msh nambah gk gt banyak.
dan ya ini saya perhatiin di jalanan, itu City HB ini LED nya udah better kyknya krn terang saya perhatiin pas malem.
itu jg salah satu sih Lampu LED itu gelap gelap.
cx5nya tahun berapa dan tipe apa? dan problemnya apa aja selama make, kebetulan gw ex user CX5 2013 dan CX5 2018. yg 2013 sampe dijual tahun 2019 lalu di km 152 rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti mounting , remajain kaki2 doang, sisanya masih aman2 aja, yg 2018 sampe dijual awal november lalu di km 43 rb jg gaada masalah yg aneh2, cuma ganti shock belakang doang sm aki istop, sisanya jg masih aman2 aja. kalo emg om masih penasaran sm city hatchback coba di test drive aja, daripada penasaran, biar bisa mutusin worth atau gak ganti civic fb nya ke city hatchback, cuma kalo gw, kalo emg masih pengen buat keep civicnya, tunggu hrv 1.5 Turbo aja, gc lebih tinggi dan fiturnya juga lebih lengkap sepertinya dibanding city hatchback, soalnya city hatchback menurut gw gatau kenapa malah nanggung, mending ke brio yg harganya lebih murah atau naik kelas ke HRV sekalian wkwkwk
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Kent »

Pboyz97 wrote: 01 Dec 2021, 16:55
Kent wrote: 01 Dec 2021, 15:04

gak sih, gk tersinggung lah.
masalah duit y cuman bahasa nya sanggup gk sanggup aja..
gk ribet n malu kok.. hahaha..

iyah ini aja lom sempet lagi ke honda.
objective nya itu gk rewel.
CX5 aja gk kepake krn banyak rewel mobil nya, klo kita tiap hari kerja gk bs kepikiran balik2 bengkel walo issue nya kecil.
mending waktu nya mikirin kerjaan.

tp saya pernah liat malah menurut saya interior nya gk gt oke, krn even civic turbo yg FC menurut saya kurang bgus interior nya (krn tiap hari diliatin interior nya)
pengen sih coba lah test drive, tp di samping itu kemaren ada kepikiran nyeleneh sih nunggu HRV yg 1,5T harganya kan masih 400an sih msh nambah gk gt banyak.
dan ya ini saya perhatiin di jalanan, itu City HB ini LED nya udah better kyknya krn terang saya perhatiin pas malem.
itu jg salah satu sih Lampu LED itu gelap gelap.
cx5nya tahun berapa dan tipe apa? dan problemnya apa aja selama make, kebetulan gw ex user CX5 2013 dan CX5 2018. yg 2013 sampe dijual tahun 2019 lalu di km 152 rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti mounting , remajain kaki2 doang, sisanya masih aman2 aja, yg 2018 sampe dijual awal november lalu di km 43 rb jg gaada masalah yg aneh2, cuma ganti shock belakang doang sm aki istop, sisanya jg masih aman2 aja. kalo emg om masih penasaran sm city hatchback coba di test drive aja, daripada penasaran, biar bisa mutusin worth atau gak ganti civic fb nya ke city hatchback, cuma kalo gw, kalo emg masih pengen buat keep civicnya, tunggu hrv 1.5 Turbo aja, gc lebih tinggi dan fiturnya juga lebih lengkap sepertinya dibanding city hatchback, soalnya city hatchback menurut gw gatau kenapa malah nanggung, mending ke brio yg harganya lebih murah atau naik kelas ke HRV sekalian wkwkwk
CX5 nya 2015 facelift terakhir (non model sekarang).
kemaren ada issue, lampu reflector nya ngarah ke bawah yg kiri 2 hari lg kanan.. jadi foglamp.
akhirnya ganti batok lampu 1x.
kemudian 1x lg karena berkerak lampu nya tiba2, di ganti lg.
ada saya share di tread SM disini 2017 apa 22018 gt dulu.

i-stop nya sering gk jalan, gk menggangu krn gk di pakai jg tp jd perlu waktu di reset ke mazda.
sama 2x sensor depan nya error, jadi di layar tanda seru semua.
dibawa ke mazda reset lg.

pernah jg rem nya malfunction, di cabut colok Aki nyala. dibawa pelan2 ke mazda.

jadi bukan penyakit major yg mobil nya gk jalan or mogok.
dan mazda nya jg perbaiki, namun y balik lg jd wasting time.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3677
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Pboyz97 »

Kent wrote: 01 Dec 2021, 17:29

CX5 nya 2015 facelift terakhir (non model sekarang).
kemaren ada issue, lampu reflector nya ngarah ke bawah yg kiri 2 hari lg kanan.. jadi foglamp.
akhirnya ganti batok lampu 1x.
kemudian 1x lg karena berkerak lampu nya tiba2, di ganti lg.
ada saya share di tread SM disini 2017 apa 22018 gt dulu.

i-stop nya sering gk jalan, gk menggangu krn gk di pakai jg tp jd perlu waktu di reset ke mazda.
sama 2x sensor depan nya error, jadi di layar tanda seru semua.
dibawa ke mazda reset lg.

pernah jg rem nya malfunction, di cabut colok Aki nyala. dibawa pelan2 ke mazda.

jadi bukan penyakit major yg mobil nya gk jalan or mogok.
dan mazda nya jg perbaiki, namun y balik lg jd wasting time.
turut prihatin atas masalah yg om alami, soalnya punya saya dulu yg pfl gaada masalah yg aneh2 sampe dijual di km 152 rb, btw remnya malfunction itu remnya macet apa gmn? baru denger soalnya saya kalo mazda adda yg remnya malfunction
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Kent »

double post.double post.
Last edited by Kent on 01 Dec 2021, 18:07, edited 1 time in total.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Kent »

Pboyz97 wrote: 01 Dec 2021, 17:36
Kent wrote: 01 Dec 2021, 17:29

CX5 nya 2015 facelift terakhir (non model sekarang).
kemaren ada issue, lampu reflector nya ngarah ke bawah yg kiri 2 hari lg kanan.. jadi foglamp.
akhirnya ganti batok lampu 1x.
kemudian 1x lg karena berkerak lampu nya tiba2, di ganti lg.
ada saya share di tread SM disini 2017 apa 22018 gt dulu.

i-stop nya sering gk jalan, gk menggangu krn gk di pakai jg tp jd perlu waktu di reset ke mazda.
sama 2x sensor depan nya error, jadi di layar tanda seru semua.
dibawa ke mazda reset lg.

pernah jg rem nya malfunction, di cabut colok Aki nyala. dibawa pelan2 ke mazda.

jadi bukan penyakit major yg mobil nya gk jalan or mogok.
dan mazda nya jg perbaiki, namun y balik lg jd wasting time.
turut prihatin atas masalah yg om alami, soalnya punya saya dulu yg pfl gaada masalah yg aneh2 sampe dijual di km 152 rb, btw remnya malfunction itu remnya macet apa gmn? baru denger soalnya saya kalo mazda adda yg remnya malfunction
https://ibb.co/68z1m4m
https://ibb.co/YTxsDpz
https://ibb.co/n33xLzP
https://ibb.co/W5CvfcB

mungkin y beda-beda experience nya..
heheh di kira saya bohong apa ya.
terlampir gambar nya, pengalamannya kurang baik di saya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3677
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Pboyz97 »

Kent wrote: 01 Dec 2021, 18:06

https://ibb.co/68z1m4m
https://ibb.co/YTxsDpz
https://ibb.co/n33xLzP
https://ibb.co/W5CvfcB

mungkin y beda-beda experience nya..
heheh di kira saya bohong apa ya.
terlampir gambar nya, pengalamannya kurang baik di saya
iya om, turut prihatin, ternyata masalahnya lumayan parah juga ya, mungkin om lagi apes aja. semoga cepet kelar masalahnya dan gak kambuh lagi di kemudian hari
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

Kent wrote: 01 Dec 2021, 15:37
Iyah, CRV sekarang sudah size nya terlalu gede..
apalg di jakarta muter2 susah klo misalnya bawa kegedean.
kecauli hanya muter2 di dalam kompleks.

HRV ntah napa menurut gw jg jd pilihan menarik sih model baru nya nanti.
ini saya mikir dibanding City HB mending HRV, walo aslinya gk demen SUV. tp lbh make sense aja jd nya dr size.
interior HRV itu bgus design nya, diabnding salam 1 dashboard.
apalg nanti new model nya.
dulu soalnya ngalamin tuker CRV ke HRV. iya bener turun kelas sih tapi emang orang rumah ngerasa lebih practical buat downgrade jadi ya sudah... walaupun akhirnya ya beli CRV turbo lagi sih. buat mobil liburan tapi berhubung gak bisa liburan skrg dipake harian aja :big_biglaugh:

anyway soal size... fun fact nya crossover suv nih antar generasinya gak terlalu nambah size banyak. CRV dari gen 2 "cuma" melar 50mm panjangnya. cuma makin gede nya nyamping 70mm jadi berasa gede nyetirnya :big_biglaugh:

makanya saya bingungnya waktu xpander parkir di garasi sebelahan ama CRV berasa apa gak salah liat ini CRV kok ukurannya gak beda jauh ama xpander :big_biglaugh:
Kent wrote: 01 Dec 2021, 18:06 https://ibb.co/68z1m4m
https://ibb.co/YTxsDpz
https://ibb.co/n33xLzP
https://ibb.co/W5CvfcB

mungkin y beda-beda experience nya..
heheh di kira saya bohong apa ya.
terlampir gambar nya, pengalamannya kurang baik di saya
gambarnya gak muncul om.

matsuda generasi 2015 ke atas itu sebenernya gak durable durable amat, klo saya liat malah relatif kayak volkswagen walaupun mungkin simple repair yah, kalo VW sensor nyala udah alamat ganti sensor dengan harga juta-an :upss: . byk yang sensor sensornya rewel. pernah ada teman papa saya abis bawa CX9 nya cuci warningnya jadi nyala semua.

di sini aja pernah ada yang nyala lampu indikator transmisi sampe gak ilang-ilang ampe dijual udah dibongkar dibersiin selenoid transmisinya tetep gak kelar di bengkel resmi. yang sulit bengkel non resmi jg gak semua biasa pegang matsuda.

klo saya udah banyak denger cerita gini bahkan punya kenalan yang buka jasa door to door repair mazda sih liat beberapa work yang dipost di ignya, matsuda gak dikit yang elektrikalnya suka error klo udah di atas 5thn. yg case kayak om itu kayaknya case cukup umum di mazda model sky.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Kent »

iyah, kemaren set hanya 24 jam saja gambar nya.
sebenarnya sih dibilang saya kena problem nya bukan major kyk matic or engine..
dan bengkel jg gk debat sih, semua di ganti part nya baru.
perintilan aja, cuman gemes jd bolak balik.

kemaren ada liat di honda pas service.
yah ini udah decide, ganti HRV saja.
city HB sepertinya gk deh, berasa bgt sepeedometer nya gk gt menyenangkan.
complaint besar : itu kenapa warna orange2, terus font nya jelek, bagusan model sebelumnya.
sisa nay sih oke lah, cuman bs senewen tiap hari liatin itu. hahahaa...
udah nanti HRV aja yg budget jg, siapa tau 1.5T nya di 400jt awal range nya..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3677
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: 03 Dec 2021, 10:01

gambarnya gak muncul om.

matsuda generasi 2015 ke atas itu sebenernya gak durable durable amat, klo saya liat malah relatif kayak volkswagen walaupun mungkin simple repair yah, kalo VW sensor nyala udah alamat ganti sensor dengan harga juta-an :upss: . byk yang sensor sensornya rewel. pernah ada teman papa saya abis bawa CX9 nya cuci warningnya jadi nyala semua.

di sini aja pernah ada yang nyala lampu indikator transmisi sampe gak ilang-ilang ampe dijual udah dibongkar dibersiin selenoid transmisinya tetep gak kelar di bengkel resmi. yang sulit bengkel non resmi jg gak semua biasa pegang matsuda.

klo saya udah banyak denger cerita gini bahkan punya kenalan yang buka jasa door to door repair mazda sih liat beberapa work yang dipost di ignya, matsuda gak dikit yang elektrikalnya suka error klo udah di atas 5thn. yg case kayak om itu kayaknya case cukup umum di mazda model sky.
gak juga sebenernya, masuknya hoki2an juga, gw pernah pake cx5 sky 2018 sampe dijual awal bulan lalu di km 43 rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya masih aman2 aja. dan setuju sm yg bro chz bold, kelemahan mazda selain di akomodasi yg ga seluas lawan2nya, bengkel non resminya juga masih cukup jarang, gak sebanyak merek jepang lain kaya T, H tegak atau nissan, which is part subtitusinya juga cukup jarang, beda sm merek jepang lain kaya T dan H tegak yg spesialisnya cukup banyak dan part subtitusinya juga lumayan banyak, jadi harganya lebih bervariasi, kalo mazda, partnya mau gak mau mesti ori, dan mesti ke beres, blm lg cukup sulit kalo bukan di kota besar partnya menurut gw hehehe (pengalaman miara crv rd 2005, crv re 2011, cx5 2013, cx5 2018 dan sekarang masih piara crv turbo pres 2019)
Kent wrote: 05 Dec 2021, 14:54 iyah, kemaren set hanya 24 jam saja gambar nya.
sebenarnya sih dibilang saya kena problem nya bukan major kyk matic or engine..
dan bengkel jg gk debat sih, semua di ganti part nya baru.
perintilan aja, cuman gemes jd bolak balik.

kemaren ada liat di honda pas service.
yah ini udah decide, ganti HRV saja.
city HB sepertinya gk deh, berasa bgt sepeedometer nya gk gt menyenangkan.
complaint besar : itu kenapa warna orange2, terus font nya jelek, bagusan model sebelumnya.
sisa nay sih oke lah, cuman bs senewen tiap hari liatin itu. hahahaa...
udah nanti HRV aja yg budget jg, siapa tau 1.5T nya di 400jt awal range nya..
udh keputusan tepat om buat ganti hrv, gc tinggi, model lebih fresh dan fiturnya juga sepertinya jauh improve dibanding yg lama, saya aja yg pake HRV 2018 aja naksir hehehe, dan kalo city hatchback emg minusnya ada di speedometernya, kaya gak matching sm keseluruhan desain interiornya, rada outdated buat ukuran mobil 300jtan sm minusnya ada di desain exteriornya yg bukan selera semua orang termasuk saya, cuma sisanya masih oke lah, cukup improve dari jazz terutama dari sisi fitur dan interior qualitynya
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote: 05 Dec 2021, 17:46
gak juga sebenernya, masuknya hoki2an juga, gw pernah pake cx5 sky 2018 sampe dijual awal bulan lalu di km 43 rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya masih aman2 aja.
ya 43ribu km / 3thn mah itungan low mileage... belum ada apa apanya atuh... lagian ud ganti shock juga tuh. ganti shock tuh buat mobil keluaran baru skrg itungannya udah (lumayan) berat.

gw liat di ig temen yang jasa repair door to door specialist mazda relatif banyak loh kasus kaya oom kent yg high mileage dan di atas 5yrs. elektrikalnya mulai haywire. mau hoki hokian tidak menutup fakta bahwa problem elektrikal ini cukup common.

walau ya japanese sih, simple repair aja. cuma nyebelin

klo VW sih udah jaminan pasti pernah sekaliiii aja ganti sensor jutaan :big_weee:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3677
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: 06 Dec 2021, 09:28

ya 43ribu km / 3thn mah itungan low mileage... belum ada apa apanya atuh... lagian ud ganti shock juga tuh. ganti shock tuh buat mobil keluaran baru skrg itungannya udah (lumayan) berat.

gw liat di ig temen yang jasa repair door to door specialist mazda relatif banyak loh kasus kaya oom kent yg high mileage dan di atas 5yrs. elektrikalnya mulai haywire. mau hoki hokian tidak menutup fakta bahwa problem elektrikal ini cukup common.

walau ya japanese sih, simple repair aja. cuma nyebelin

klo VW sih udah jaminan pasti pernah sekaliiii aja ganti sensor jutaan :big_weee:
bener sih bro chris, gw mikirnya juga gitu, cuma gatau ya, buat ukuran mazda itu termasuk gondrong kmnya, pengalaman servis ke beres mazda jaktim sm spesialis mazda di tangsel orang bengkelnya bilang punya gw termasuk gondrong km nya , rata2 mazda yg dateng kesitu yg tahunnya 2017-2019 km nya masih kisaran 10-30rb katanya :big_biglaugh: , sm pengalaman pas jual mazda ini dari oktober lalu, baru laku awal bulan lalu, cukup susah wkwkwk, beberapa calon buyer gw terutama yg dari jabodetabek juga mundur gara2 kmnya godrong menurut mereka, padahal kondisi mobil masih mulus full ori luar dalem sm dokumen2 kaya bukman, buku servis bahkan bon2 servis di beres dan gantungan oli masih ada semua, sampe akhirnya ada orang dari luar jabodetabek malam2 dateng ke tempat gw , cek unit , mereka suka terus harga masuk (lebih tinggi lah daripada tawaran2 yg sebelumnya), ya udah, akhirnya laku hari itu juga, dibayar lunas wkwkwk, dateng jam 6 sore dan deal jam 9 malem :big_biglaugh:

kalo soal itu gw gabisa komen sih, gw juga blm pernah piara yg model FL kaya om kent punya, mungkin pengalaman orang beda2 , cx5 lama gw dulu yg 2013 sampe dijual taon 2019 lalu di km 152 rb juga elektrikalnya masih sehat, gaada masalah yg aneh2, servis gede cuma ganti mounting doang sm remajain kaki2 kek shock dll wkwkk. bener bro, japsnya emg lebih simple repairnya dibanding eropaan, cuma ya repot bolak balik bengkelnya itu walaupun secara cost masih lebih terjangkau dibanding european car menurut gw

yg gw bold mah gausah ditanya chris, udh rahasia umum itu, salah 1 faktor gw urungkan niat buat miara eropa ya karena itu, dulu sempet kepikiran buat ambil w204 / f30 seken buat gantiin yarjok sm xpander cuma akhirnya ambil HRV 2018 seken yg masih gw pake sampe hari ini, terus sempet kepikiran jg buat ambil GLC or X5 or w205 buat gantiin CX5 elite 2018 gw, tapi akhirnya ambil lexus rx 300 2018 yg masih gw gunakan sampe hari ini, emg belinya kaga direncanain, karena tadinya buat japs car udh tekad bulet mau hunting alphard transformer fl 2018-2019 aja wkwk , cuma begitu ditawarin ini lexus sm temen nyokap ya langsung buyar semua dan akhirnya bungkus + gak menyesal sampe hari ini wkwk
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2380
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by josomba »

ChZ wrote: 06 Dec 2021, 09:28
Pboyz97 wrote: 05 Dec 2021, 17:46
gak juga sebenernya, masuknya hoki2an juga, gw pernah pake cx5 sky 2018 sampe dijual awal bulan lalu di km 43 rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya masih aman2 aja.
ya 43ribu km / 3thn mah itungan low mileage... belum ada apa apanya atuh... lagian ud ganti shock juga tuh. ganti shock tuh buat mobil keluaran baru skrg itungannya udah (lumayan) berat.

gw liat di ig temen yang jasa repair door to door specialist mazda relatif banyak loh kasus kaya oom kent yg high mileage dan di atas 5yrs. elektrikalnya mulai haywire. mau hoki hokian tidak menutup fakta bahwa problem elektrikal ini cukup common.

walau ya japanese sih, simple repair aja. cuma nyebelin

klo VW sih udah jaminan pasti pernah sekaliiii aja ganti sensor jutaan :big_weee:
Mazda .... hemm .... ketika part kw lebih bagus daripada OEM


:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

josomba wrote: 06 Dec 2021, 11:08
Mazda .... hemm .... ketika part kw lebih bagus daripada OEM


:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
hmm jd inget mobil kek gitu apa ya?????? :big_think:

*lirik pajero

oh iya mitsubishi!!!!! :big_slap:

malah tutupan tuas matic bisa pecah

Image

Image

yang asli yang kanan :big_biglaugh:

terus ada yang jual parts pegantinya KW super tapi bahannya kayak plastik file holder gw coba pasang ternyata lebih bagus kualitasnya dan kemungkinan lebih awet murah pula 3jt jadi 70rb tapi lebih bagus kualitasnya :big_biglaugh:

Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

josomba wrote: 06 Dec 2021, 11:08
Mazda .... hemm .... ketika part kw lebih bagus daripada OEM


:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
nah gimana ni mbah yang beneran dpake perang :ngacir:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
peterming77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by peterming77 »

Satu yg menganggu dari City Hatchback: rear wiper. Bisa kopong banget gitu kayak wiper mobil jadul.
Omiyup
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 12 Jun 2020, 01:54

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Omiyup »

NVH nya gimana om? Kan khas sekali di honda (terutama yang under 300jt an)
Manual nya ada yang udah coba?
Post Reply