Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Kaleng »

TSS atau ASA apakah bisa diatur aktif atau tidak?
Bayangan saya jika aktif, pas jalanan padat, tiba2 ada motor yang nyalip mepet, apa yang terjadi kira-kira, mobil kita auto hard brake kah? mungkin ada yang sudah sempat test di traffic benaran boleh dishare?
bungle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by bungle »

Kaleng wrote: Tue Dec 21, 2021 2:40 TSS atau ASA apakah bisa diatur aktif atau tidak?
Bayangan saya jika aktif, pas jalanan padat, tiba2 ada motor yang nyalip mepet, apa yang terjadi kira-kira, mobil kita auto hard brake kah? mungkin ada yang sudah sempat test di traffic benaran boleh dishare?
Mustinya bisa disable fitur TSS.
Saya juga pengen tahu kalau motor nyalip apa mobil langsung brake kalau fitur TSS on.
Yah tahu sendiri kondisi jalan di sini.
Di video youtube review Mitsu Eclipse Cross hampir ditabrak dari belakang karena mobil hard brake pas mendadak disalip.
Acelz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Dec 06, 2018 14:32

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Acelz »

Thank you agan2 untuk feedbacknya.. Setelah saya test drive dan diskusi sm beberapa kenalan, kyknya saya mungkin ga ambil TSS, ambilnya yg non TSS aja. Pas Test drive aja kemarin salesnya bilang mungkin TSSnya di non aktifin aja biar ga terlalu banyak noise haha. Tapi ya dia objektif sih dibebaskan sesuai kebutuhan.

Andai tipe non TSS udah 6 airbag, saya mungkin udah ga pikir2 lagi.. Ohya kalau tipe TSS jok nya mau dilapis kulit katanya bisa jadi problem hehe
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: Tue Dec 21, 2021 1:09

Karena kalo di Jakarta mungkin pd beli yg TSS karena latah dan gengsi aja, bukan karena kebutuhan. Saya yakin 50% lebih yg beli karena itu
:mky_04:
betul om, karena buat mereka selisih harganya cukup worth which is mending beli tipe tertinggi sekalian kalo di jakarta, wkwkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Tue Dec 21, 2021 1:09 Karena kalo di Jakarta mungkin pd beli yg TSS karena latah dan gengsi aja, bukan karena kebutuhan. Saya yakin 50% lebih yg beli karena itu
:mky_04:
mungkin juga ada faktor konsumen Indo yg memang dari dulu kebiasaan beli type tertinggi.
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by silenzo »

Acelz wrote: Tue Dec 21, 2021 9:58 Thank you agan2 untuk feedbacknya.. Setelah saya test drive dan diskusi sm beberapa kenalan, kyknya saya mungkin ga ambil TSS, ambilnya yg non TSS aja. Pas Test drive aja kemarin salesnya bilang mungkin TSSnya di non aktifin aja biar ga terlalu banyak noise haha. Tapi ya dia objektif sih dibebaskan sesuai kebutuhan.

Andai tipe non TSS udah 6 airbag, saya mungkin udah ga pikir2 lagi.. Ohya kalau tipe TSS jok nya mau dilapis kulit katanya bisa jadi problem hehe
Problemnya apa tuh om?
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by silenzo »

kunaskun wrote: Tue Dec 21, 2021 13:44
evanbngdor wrote: Tue Dec 21, 2021 1:09 Karena kalo di Jakarta mungkin pd beli yg TSS karena latah dan gengsi aja, bukan karena kebutuhan. Saya yakin 50% lebih yg beli karena itu
:mky_04:
mungkin juga ada faktor konsumen Indo yg memang dari dulu kebiasaan beli type tertinggi.
Mungkin karena ngga mau ribet om. Sekali beli ya udah tinggal dipakai :big_biglaugh:
burgerking
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Sep 02, 2020 14:42
Location: Jakarta Timur
Daily Vehicle: Public Transport

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by burgerking »

silenzo wrote: Tue Dec 21, 2021 15:56
Acelz wrote: Tue Dec 21, 2021 9:58 Thank you agan2 untuk feedbacknya.. Setelah saya test drive dan diskusi sm beberapa kenalan, kyknya saya mungkin ga ambil TSS, ambilnya yg non TSS aja. Pas Test drive aja kemarin salesnya bilang mungkin TSSnya di non aktifin aja biar ga terlalu banyak noise haha. Tapi ya dia objektif sih dibebaskan sesuai kebutuhan.

Andai tipe non TSS udah 6 airbag, saya mungkin udah ga pikir2 lagi.. Ohya kalau tipe TSS jok nya mau dilapis kulit katanya bisa jadi problem hehe
Problemnya apa tuh om?
takut ganggu airbag yg di jok mungkin om....
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Kaleng »

bungle wrote: Tue Dec 21, 2021 8:49
Kaleng wrote: Tue Dec 21, 2021 2:40 TSS atau ASA apakah bisa diatur aktif atau tidak?
Bayangan saya jika aktif, pas jalanan padat, tiba2 ada motor yang nyalip mepet, apa yang terjadi kira-kira, mobil kita auto hard brake kah? mungkin ada yang sudah sempat test di traffic benaran boleh dishare?
Mustinya bisa disable fitur TSS.
Saya juga pengen tahu kalau motor nyalip apa mobil langsung brake kalau fitur TSS on.
Yah tahu sendiri kondisi jalan di sini.
Di video youtube review Mitsu Eclipse Cross hampir ditabrak dari belakang karena mobil hard brake pas mendadak disalip.
Betul, itu yg dikhawatirkan, pas disalip tiba2, mobil kita hard brake, mobil belakang gagal antisipasi malah disundul.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Duvebriliant0 »

Kaleng wrote: Wed Dec 22, 2021 1:47
bungle wrote: Tue Dec 21, 2021 8:49
Kaleng wrote: Tue Dec 21, 2021 2:40 TSS atau ASA apakah bisa diatur aktif atau tidak?
Bayangan saya jika aktif, pas jalanan padat, tiba2 ada motor yang nyalip mepet, apa yang terjadi kira-kira, mobil kita auto hard brake kah? mungkin ada yang sudah sempat test di traffic benaran boleh dishare?
Mustinya bisa disable fitur TSS.
Saya juga pengen tahu kalau motor nyalip apa mobil langsung brake kalau fitur TSS on.
Yah tahu sendiri kondisi jalan di sini.
Di video youtube review Mitsu Eclipse Cross hampir ditabrak dari belakang karena mobil hard brake pas mendadak disalip.
Betul, itu yg dikhawatirkan, pas disalip tiba2, mobil kita hard brake, mobil belakang gagal antisipasi malah disundul.
sy pernah bawa rocky ASA om, selama sy pake di kemacetan jogja motor selap selip aman sih om gak pernah hardbrake sendiri, paling cuma pre collision alertnya yang nyala mulu. mungkin harus deket banget dan objeknya ga gerak begitu cepet kali ya :big_think:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by fenrir »

uda berapa kali liat veloz, ternyata saat malam hari lampu belakang yang nyambung itu nyalanya gak rata ya, ada keliatan yang terang banget dan rada redup, kayaknya penempatan titik lednya kurang even. dibanding bar-bar lampu led mobil europ jauh, malah pernah liat anki yang pakai 3rd party lampu bar yang nyambung sampai logo toyotanya aja malah masi bagusan ini ketimbang barnya veloz (untuk keterangan lampu, kalo style ya subjektif)
masheru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Jul 28, 2010 7:15

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by masheru »

Setelah sekian lama hanya jadi silent reader, saya coba beranikan diri untuk review singkat Veloz TSS saya.

Sebelumnya saya pakai Xpander Sport tahun 2018 (beli saat inden lg lucu2nya). Berhubung sudah 3 tahun, pas ada veloz keluar tipe baru jadinya naksir juga. Kenapa kok gak ambil Xpander yg Facelift, karena modelnya sama saja, meskipun ada peningkatan fitur.

Pertama kali iseng mampir ke dealer Toyota, liat langsung exteriornya kok keren juga, interior juga ok, coba tes duduk, eh kok demen dengan posisi duduknya yg bisa rendah banget (saya tinggi 185), udah gitu fiturnya lengkap juga (meskipun gak ada CC / Adaptive CC).
Setelah tanya2 ke dealer dan bisa dapet unit di minggu ke 3 desember dan bekal hanya lihat video review di Youtube akhirnya SPK lah Veloz TSS.

Tanggal 16 Des, mobil diantar lengkap dengan nopol permanen. Tanggal 18 Des langsung dibawa jalan ke Dieng, Brbudur, Solo dengan isi 4 orang + barang.
Di tol trans jawa gak pake cc memang jadi kurang santi. Fitur spt lane departure warning dan lane keep assist coba ditest dan berfungsi dg baik. Awalnya sih nyebelin karena tiap kali pindah jalur harus kasih lampu sign biar gak ribut dan gak diinterupsi. Tapi setelah terbiasa ya anggap saja jadi lebih tertib saat pindah jalur.
Kalau dibandingkan dg Xpander saya sebelumnya, sptnya Veloz ini sedikit lebih enak untuk sruntulan pindah jalur. Untuk bantingan mirip2 lah dg Xpander 2018.
Bantingan suspensi kalau saya rasakan sama lah dg Xpander. Kalau istilahnya Oom Fitra Eri, bantingannya dewasa. Namun saat lewat polisi tidur yg tajam/tinggi, saya lebih suka jatuhnya Xpander dibandingkan Veloz.

Jalan ke Dieng, keluar tol trans jawa kemudian kearah bawang/tol kayangan. Kondisi saat naik lewat tol kayangan hujan cukup deras dan tanjakan yang ekstrem (banyak tanjakan dan langsung belok 180 derajat).
Ada 2 tanjakan yang hampir gagal lewat karena kehabisan tenaga, meskipun sudah ambil ancang2 cukup jauh. Alhasil penumpang harus turun dan mobil baru bisa merayap pelan2. Mungkin kalau kondisi kering bisa lewat dg lebih lancar.
Kalau lewat jalan berliku2 sih so far enak2 aja, penumpang di belakang juga tidak ada yg komplain atau mual.

Dari Dieng, kemudian jalan ke Brbudur dan Solo sih no issue, nyaman2 aja. Dari Borobudur ke Solo lewat Ketep-Selo sih enteng2 aja. Konsumsi bahan bakar juga irit.

Pulang dari jalan2, next day langsung servis 1000 km dan tidak ada kendala apa2.

Beberapa catatan saya:

Positif:
- Fitur TSS spt lane departure warning meskipun nyebelin karena berisik, tapi lama2 jadi terbiasa utk tertib saat nyalip/pindah jalur
- Demen fitur brake hold saat macet2
- Belum coba fitur TSS spt emergency brake (jangan sampai deh)
- Bantingan untuk ukuran saya udah sipp
- Head unit lebih lumayan suaranya dibandingkan Xpander sport saya
- Untuk sruntulan lebih enak veloz daripada Xpander

Negatif:
- Gak ada Cruise control/adaptive CC
- Kamera 360, saat kondisi siang/terang sih enak banget, tapi saat malam dan hujan jadi sampah (gak kliatan apa2)
- Fitur entertainment baris ke 2 yg gak ada gunanya sama sekali (Mungkin kalau masih ada anak kecil sih ok ya)
- AC yang arah semburan cuman 1 aja. Gak ada yg utk kaki maupun kaca depan
- Pilar A terlalu tebal, jadi saat di tikungan susah ngukurnya
- Material interior masih lebih ok Xpander 2018 saya
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by ariswp »

Congrats om veloz barunya,
Keren juga loncat dari xpander ke veloz
Untuk kekedapan bagaimana om? Apakah lebih baik veloz ketimbang xpander atau sebaliknya?
Pingin nuker brio rs dirumah ke xpander facelift atau new veloz, karena belom ada 7 seater (masi ada crv re sama hrv prestige)
all new brv harganya out of dompet xixixi sama mosok honda lagi, bosen sama road noise + glodakannya wkwk

Untuk tanjakan yg super curam (bukan tanjakan umum), sepertinya CVT emang kurang handal ya
Maksudnya, dalam menghandle beban / load berat + tanjakan yg curam
Beda dengan gear AT yg "mampu" menerima torsi dari mesin sekaligus melawan beban dari tanjakan di roda
Mungkin emang sengaja pemrograman di TCU untuk kemudian dicut off sama ECU utk menjaga CVTnya

Meskipun sisi teknis yg lain CVT punya banyak keunggulan (efisiensi, akselerasi yang halus, dan bahkan bisa lebih kencang akselerasi 0-100nya dari gear AT yg masi 4AT)

Cuma CVT mimpi basah honda sih yg paling siap menghadapi tanjakan curam di indo, itupun masi tidak sehandal 5AT honda terdahulunya (saya bandingin ketika crv 2.0 dirumah sama hrv 1.8 buat nanjak di tanjakan lama telaga sarangan)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Mercer29 »

masheru wrote: Mon Feb 07, 2022 9:07
Jalan ke Dieng, keluar tol trans jawa kemudian kearah bawang/tol kayangan. Kondisi saat naik lewat tol kayangan hujan cukup deras dan tanjakan yang ekstrem (banyak tanjakan dan langsung belok 180 derajat).
Ada 2 tanjakan yang hampir gagal lewat karena kehabisan tenaga, meskipun sudah ambil ancang2 cukup jauh. Alhasil penumpang harus turun dan mobil baru bisa merayap pelan2. Mungkin kalau kondisi kering bisa lewat dg lebih lancar.
Kalau lewat jalan berliku2 sih so far enak2 aja, penumpang di belakang juga tidak ada yg komplain atau mual.

Permasalahan soal nanjak ini next time pada waktu servis berkala atau pas mereka kontak soal penilaian servis, diomongin ke mereka aja om.

Saya juga pengguna ni boil, kebetulan penasaran setelah media sana-sini ngetes nanjak dengan hasil yang beda-beda juga. Akhirnya saya pun cari" informasi kesana kemari sampai ke pengguna" duo R-R (satu basis) yang juga udah beberapa kali insiden gakuat nanjak full load meskipun udah gas ancang".

Jadi singkat cerita sepertinya ini mobil ada permasalahan seputar tiga item ini, yang mengacu ke limitasi power mesin sehingga output nya ketahan
1. Intake air temp
2. Coolant temp
3. Transmission temp (sepertinya bukan ini tapi perlu dilihat dulu karena oli matic nya juga didinginin oleh engine coolant)

Ini beda dengan ketahan karena traction control (dan slope sensor thingy itu) yang memang berusaha ngejaga traksi ban supaya ngga spin saat nanjak ya. Disini memang seperti gara" ada masalah heat management soalnya kalo diliat di beberapa video" soal nanjak ini, setelah didiemin bentar biar dingin either ada improvement dikit atau malah jadi bisa nanjak sih.

So far mengenai update dari mereka sih keknya jangan berharap banyak lah ya wkwk, cuma denger" sih dari pusatnya sendiri pada suruh dealer kumpulin report dari orang" insiden" gabisa nanjak ini, keknya lagi cari data user lapangan. Ada beberapa dealer yang disuruh testing dan kumpulin data sendiri juga.

Ini contoh artikel nya sih, kebetulan di share dari user duo R-R yang salah satu senior di forum ini juga haha.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... u?page=all
2021 W101RE LBVFJ
masheru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Jul 28, 2010 7:15

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by masheru »

Terima kasih utk sarannya. Tadinya sy juga mau lapor pas servis 1000. Cuman setelah dipikir2 gak jadi ngomong, karena dalam setahun blum tentu bakal ketemu tanjakan yg ekstrim kyk di tol kayangan.
Tiap hari banyakan muter2 Jakarta yg datar. Jalan luar kota juga banyakan tol.
masheru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Jul 28, 2010 7:15

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by masheru »

ariswp wrote: Mon Feb 07, 2022 10:50 Congrats om veloz barunya,
Keren juga loncat dari xpander ke veloz
Untuk kekedapan bagaimana om? Apakah lebih baik veloz ketimbang xpander atau sebaliknya?
Pingin nuker brio rs dirumah ke xpander facelift atau new veloz, karena belom ada 7 seater (masi ada crv re sama hrv prestige)
all new brv harganya out of dompet xixixi sama mosok honda lagi, bosen sama road noise + glodakannya wkwk

Untuk tanjakan yg super curam (bukan tanjakan umum), sepertinya CVT emang kurang handal ya
Maksudnya, dalam menghandle beban / load berat + tanjakan yg curam
Beda dengan gear AT yg "mampu" menerima torsi dari mesin sekaligus melawan beban dari tanjakan di roda
Mungkin emang sengaja pemrograman di TCU untuk kemudian dicut off sama ECU utk menjaga CVTnya

Meskipun sisi teknis yg lain CVT punya banyak keunggulan (efisiensi, akselerasi yang halus, dan bahkan bisa lebih kencang akselerasi 0-100nya dari gear AT yg masi 4AT)

Cuma CVT mimpi basah honda sih yg paling siap menghadapi tanjakan curam di indo, itupun masi tidak sehandal 5AT honda terdahulunya (saya bandingin ketika crv 2.0 dirumah sama hrv 1.8 buat nanjak di tanjakan lama telaga sarangan)

Ya harus tetep veloz, wong ini pakai cop kantor 5 tahun 😁😁😁.
Tp saya selama ini kalau beli mobil ya emang gak fanatik merek. Apa yg sy suka dan rasain enak naiknya itu yg sy beli (dg tetep liat budgetnya juga sih).

Kalo ditanya knp gak ambil BRV, ya sama juga alasannya, harganya diluar budget.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Pboyz97 »

masheru wrote: Mon Feb 07, 2022 9:07 Setelah sekian lama hanya jadi silent reader, saya coba beranikan diri untuk review singkat Veloz TSS saya.

Sebelumnya saya pakai Xpander Sport tahun 2018 (beli saat inden lg lucu2nya). Berhubung sudah 3 tahun, pas ada veloz keluar tipe baru jadinya naksir juga. Kenapa kok gak ambil Xpander yg Facelift, karena modelnya sama saja, meskipun ada peningkatan fitur.

Pertama kali iseng mampir ke dealer Toyota, liat langsung exteriornya kok keren juga, interior juga ok, coba tes duduk, eh kok demen dengan posisi duduknya yg bisa rendah banget (saya tinggi 185), udah gitu fiturnya lengkap juga (meskipun gak ada CC / Adaptive CC).
Setelah tanya2 ke dealer dan bisa dapet unit di minggu ke 3 desember dan bekal hanya lihat video review di Youtube akhirnya SPK lah Veloz TSS.

Tanggal 16 Des, mobil diantar lengkap dengan nopol permanen. Tanggal 18 Des langsung dibawa jalan ke Dieng, Brbudur, Solo dengan isi 4 orang + barang.
Di tol trans jawa gak pake cc memang jadi kurang santi. Fitur spt lane departure warning dan lane keep assist coba ditest dan berfungsi dg baik. Awalnya sih nyebelin karena tiap kali pindah jalur harus kasih lampu sign biar gak ribut dan gak diinterupsi. Tapi setelah terbiasa ya anggap saja jadi lebih tertib saat pindah jalur.
Kalau dibandingkan dg Xpander saya sebelumnya, sptnya Veloz ini sedikit lebih enak untuk sruntulan pindah jalur. Untuk bantingan mirip2 lah dg Xpander 2018.
Bantingan suspensi kalau saya rasakan sama lah dg Xpander. Kalau istilahnya Oom Fitra Eri, bantingannya dewasa. Namun saat lewat polisi tidur yg tajam/tinggi, saya lebih suka jatuhnya Xpander dibandingkan Veloz.

Jalan ke Dieng, keluar tol trans jawa kemudian kearah bawang/tol kayangan. Kondisi saat naik lewat tol kayangan hujan cukup deras dan tanjakan yang ekstrem (banyak tanjakan dan langsung belok 180 derajat).
Ada 2 tanjakan yang hampir gagal lewat karena kehabisan tenaga, meskipun sudah ambil ancang2 cukup jauh. Alhasil penumpang harus turun dan mobil baru bisa merayap pelan2. Mungkin kalau kondisi kering bisa lewat dg lebih lancar.
Kalau lewat jalan berliku2 sih so far enak2 aja, penumpang di belakang juga tidak ada yg komplain atau mual.

Dari Dieng, kemudian jalan ke Brbudur dan Solo sih no issue, nyaman2 aja. Dari Borobudur ke Solo lewat Ketep-Selo sih enteng2 aja. Konsumsi bahan bakar juga irit.

Pulang dari jalan2, next day langsung servis 1000 km dan tidak ada kendala apa2.

Beberapa catatan saya:

Positif:
- Fitur TSS spt lane departure warning meskipun nyebelin karena berisik, tapi lama2 jadi terbiasa utk tertib saat nyalip/pindah jalur
- Demen fitur brake hold saat macet2
- Belum coba fitur TSS spt emergency brake (jangan sampai deh)
- Bantingan untuk ukuran saya udah sipp
- Head unit lebih lumayan suaranya dibandingkan Xpander sport saya
- Untuk sruntulan lebih enak veloz daripada Xpander

Negatif:
- Gak ada Cruise control/adaptive CC
- Kamera 360, saat kondisi siang/terang sih enak banget, tapi saat malam dan hujan jadi sampah (gak kliatan apa2)
- Fitur entertainment baris ke 2 yg gak ada gunanya sama sekali (Mungkin kalau masih ada anak kecil sih ok ya)
- AC yang arah semburan cuman 1 aja. Gak ada yg utk kaki maupun kaca depan
- Pilar A terlalu tebal, jadi saat di tikungan susah ngukurnya
- Material interior masih lebih ok Xpander 2018 saya
congrats om buat mobil barunya dan nice review, kebetulan saya ex user xpander ultimate dari 2017 -2020 dan udh pernah test drive veloz TSS juga. kalo yg saya bold , saya setuju, bantingannya jauh lebih empuk dan nyaman dibanding veloz lama dan mirip2 sm xpander saya dulu, 11 12. malah kalo lewat poldur lebih empuk dikittt bantingannya si veloz ini hehehe. kalo soal lebih gampang sruntulan dibanding xpander saya kurang setuju, kalo yg cvt ini, tarikan bawahnya agak kurang, entah knp mesti digas agak dalem + tarikannya rada ngeden, persis kaya yaris joker saya dulu (kebetulan saya juga pernah miara yaris joker cvt selama 1,5 tahunan) , masih lebih enak xpander saya dulu, kalo yg manualnya memang iya, lebih enak buat sruntulan dibanding xpander wkwkwk . sm yg saya bold juga, saya juga setuju, material interiornya entah knp agak kurang, walaupun lebih bagus dibanding yg avanzanya + veloz lama dan juga sedikit lebih bagus dibanding brv baru, tapi entah knp material interiornya masih lebih solid dan bagus xpander 2017 saya dulu hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Pboyz97 »

ariswp wrote: Mon Feb 07, 2022 10:50 Congrats om veloz barunya,
Keren juga loncat dari xpander ke veloz
Untuk kekedapan bagaimana om? Apakah lebih baik veloz ketimbang xpander atau sebaliknya?
Pingin nuker brio rs dirumah ke xpander facelift atau new veloz, karena belom ada 7 seater (masi ada crv re sama hrv prestige)
all new brv harganya out of dompet xixixi sama mosok honda lagi, bosen sama road noise + glodakannya wkwk

Untuk tanjakan yg super curam (bukan tanjakan umum), sepertinya CVT emang kurang handal ya
Maksudnya, dalam menghandle beban / load berat + tanjakan yg curam
Beda dengan gear AT yg "mampu" menerima torsi dari mesin sekaligus melawan beban dari tanjakan di roda
Mungkin emang sengaja pemrograman di TCU untuk kemudian dicut off sama ECU utk menjaga CVTnya

Meskipun sisi teknis yg lain CVT punya banyak keunggulan (efisiensi, akselerasi yang halus, dan bahkan bisa lebih kencang akselerasi 0-100nya dari gear AT yg masi 4AT)

Cuma CVT mimpi basah honda sih yg paling siap menghadapi tanjakan curam di indo, itupun masi tidak sehandal 5AT honda terdahulunya (saya bandingin ketika crv 2.0 dirumah sama hrv 1.8 buat nanjak di tanjakan lama telaga sarangan)
saya bantu jawab ya, kebetulan saya udh pernah test drive veloz tss dan pernah pake xpander juga selama 3 tahunan. kalo kekedapan masih lebih baik xpander, tapi disisi lain, veloz baru ini kekedapannya cukup baik lah dikelasnya, jauh meningkat dibanding veloz lama menurut saya. kalo dari brio rs entah knp saya lebih prefer xpander, apalagi dirumah udh ada crv sm hrv, kalo dari brio, naik new veloz bakal downgrade dari sisi tarikan, driving feel dan handlingnya, kalo om pernah nyoba sienta, tarikan, handling dan peformanya new veloz sama persis kek sienta, 11 12 , tapi plusnya ada di 6 airbag, fitur TSS + cukup nyaman juga, kalo dari brio bakal upgrade lah dari aspek fitur, kenyamanan dan bantingan suspensinya kalo ganti new veloz menurut saya . pengalaman pake xpander selama 3 tahun sih driving feel, tarikan dan handlingnya cukup oke ya buat ukuran LMPV, walaupun gak sebagus mobilio atau BRV. tapi kalo dari 2 itu, apalagi fitur TSS nya gak jadi prioritas utama, saya lebih prefer xpander, minusnya ada di airbagnya yg cuma 2 + fitur semacam honda sensing atau TSSnya blm tersedia sampe varian tertingginya sekalipun , cuma kalo yg baru ini saya gatau ya, driving feelnya gimana, karena udh pake CVT, sedangkan punya saya dulu pake 4 AT konven, dan blm pernah test drive xpander fl
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
masheru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Jul 28, 2010 7:15

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by masheru »

Pboyz97 wrote: Tue Feb 08, 2022 5:13
ariswp wrote: Mon Feb 07, 2022 10:50 Congrats om veloz barunya,
Keren juga loncat dari xpander ke veloz
Untuk kekedapan bagaimana om? Apakah lebih baik veloz ketimbang xpander atau sebaliknya?
Pingin nuker brio rs dirumah ke xpander facelift atau new veloz, karena belom ada 7 seater (masi ada crv re sama hrv prestige)
all new brv harganya out of dompet xixixi sama mosok honda lagi, bosen sama road noise + glodakannya wkwk

Untuk tanjakan yg super curam (bukan tanjakan umum), sepertinya CVT emang kurang handal ya
Maksudnya, dalam menghandle beban / load berat + tanjakan yg curam
Beda dengan gear AT yg "mampu" menerima torsi dari mesin sekaligus melawan beban dari tanjakan di roda
Mungkin emang sengaja pemrograman di TCU untuk kemudian dicut off sama ECU utk menjaga CVTnya

Meskipun sisi teknis yg lain CVT punya banyak keunggulan (efisiensi, akselerasi yang halus, dan bahkan bisa lebih kencang akselerasi 0-100nya dari gear AT yg masi 4AT)

Cuma CVT mimpi basah honda sih yg paling siap menghadapi tanjakan curam di indo, itupun masi tidak sehandal 5AT honda terdahulunya (saya bandingin ketika crv 2.0 dirumah sama hrv 1.8 buat nanjak di tanjakan lama telaga sarangan)
saya bantu jawab ya, kebetulan saya udh pernah test drive veloz tss dan pernah pake xpander juga selama 3 tahunan. kalo kekedapan masih lebih baik xpander, tapi disisi lain, veloz baru ini kekedapannya cukup baik lah dikelasnya, jauh meningkat dibanding veloz lama menurut saya. kalo dari brio rs entah knp saya lebih prefer xpander, apalagi dirumah udh ada crv sm hrv, kalo dari brio, naik new veloz bakal downgrade dari sisi tarikan, driving feel dan handlingnya, kalo om pernah nyoba sienta, tarikan, handling dan peformanya new veloz sama persis kek sienta, 11 12 , tapi plusnya ada di 6 airbag, fitur TSS + cukup nyaman juga, kalo dari brio bakal upgrade lah dari aspek fitur, kenyamanan dan bantingan suspensinya kalo ganti new veloz menurut saya . pengalaman pake xpander selama 3 tahun sih driving feel, tarikan dan handlingnya cukup oke ya buat ukuran LMPV, walaupun gak sebagus mobilio atau BRV. tapi kalo dari 2 itu, apalagi fitur TSS nya gak jadi prioritas utama, saya lebih prefer xpander, minusnya ada di airbagnya yg cuma 2 + fitur semacam honda sensing atau TSSnya blm tersedia sampe varian tertingginya sekalipun , cuma kalo yg baru ini saya gatau ya, driving feelnya gimana, karena udh pake CVT, sedangkan punya saya dulu pake 4 AT konven, dan blm pernah test drive xpander fl
Setuju, untuk kekedapan dan material kabin masih lebih ok xpander.
Memang xpander ini jadi game changer. Kalau gak ada xpander kayaknya gak mungkin banget toyota keluarin veloz yg full fitur.
Sebelum xpander, dari 2015-2018 saya pakai xtrail t32, yg menurut saya itu mobil nyaman banget, cuman karena jarang dipakai n sayang juga bayar pajak & asuransinya, pas xpander keluar dan test drive akhirnya langsung jual xtrail dan ambil xpander.

Sekarang tinggal tunggu nih, ada yg bisa pasang adaptive cc gak, mengingat di raize aja tss nya ada acc.
Sama kalau bisa upgrade kamera 360 nya yg bisa lihat jelas saat malam/hujan.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Pboyz97 »

masheru wrote: Tue Feb 08, 2022 6:27

Setuju, untuk kekedapan dan material kabin masih lebih ok xpander.
Memang xpander ini jadi game changer. Kalau gak ada xpander kayaknya gak mungkin banget toyota keluarin veloz yg full fitur.
Sebelum xpander, dari 2015-2018 saya pakai xtrail t32, yg menurut saya itu mobil nyaman banget, cuman karena jarang dipakai n sayang juga bayar pajak & asuransinya, pas xpander keluar dan test drive akhirnya langsung jual xtrail dan ambil xpander.

Sekarang tinggal tunggu nih, ada yg bisa pasang adaptive cc gak, mengingat di raize aja tss nya ada acc.
Sama kalau bisa upgrade kamera 360 nya yg bisa lihat jelas saat malam/hujan.
betul om, saya inget bgt kalo xpander waktu itu berani ngeluarin LMPV dengan desain yg out of the box, yg bikin rival sekelasnya serasa ketinggalan 2 generasi dari itu xpander di tahun yg sama :big_biglaugh: . emg harus gitu oom, yg diuntungkan juga kita2 sebagai konsumen, karena produsen berlomba2 menghadirkan kendaraan dengan spek terbaik untuk memikat hati konsumennya hehehe. wah sayang juga dari T32 diganti xpander, cuma pajaknya berasa sih. dulu saya juga sebelum pake xpander pake jazz GE8 dari 2009-2018, cuma karena udh mulai rattling, kaki2 depan udh mulai bunyi2 + udh berumur 8 tahun akhirnya dijual, pas GIIAS 2017 waktu itu pas pertama xpander keluar juga saya test drive disana dan 1 bulan kemudian langsung SPK yg tipe ultimatenya buat gantiin jazz, ada kejadian menarik waktu itu, kan om tau sendiri waktu awal2 launching indennya lama, apalagi tipe ultimate, tadinya saya SPK warna putih, cuma karena indennya gajelas ampe kapan + ada sales kenalan bapak saya yg ngabarin kalo ada warna hitam tipe ultimate yg ready karena ada customernya yg cancel akhirnya saya ambil yg hitam :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV