Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1551
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

ChZ wrote: 01 Dec 2021, 11:07
dari dulu namanya electric parking brake aja udah aneh. istilah lainnya parking brake itu e-brake (emergency brake). alias jadi last resort kalo mobil kenapa-napa remnya blong lah atau kenapa lah.

lah ini senjata last resortnya aja bisa error kan udah aneh. malah ngilangin esensi parking brake sebagai emergency last resort. segitu yakin kah pabrikan ini dengan sistem trc nya sehingga remnya gak bakal blong? ini tuh kaya ibarat rem angin di truk besar diganti electric brake kan gila :big_bored:
mungkin last resort gigi P :big_biglaugh: jd inget dulu saya pake jaguar X type parking brakenya putus gak fungsi dicariin partsnya gak ada 10th kemudian itu mobil di pake temen saya katanya masih belom di benerin dipake harian lagi sama dia sableng kalo mau nahan harus pake gigi P :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3366
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by kunaskun »

BADAK wrote: 30 Nov 2021, 22:11 Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
ya karena namanya saja akal2an ketika emergency, sama halnya dengan dongkrak bawaan pabrik yang modelnya sekedarnya karena namanya saja emergency use only.

soal pake KUNCI L ini seingat saya sepertinya semua mobil sama ya, hanya beda posisi dan bentuk saja. kunci L ini bukannya susah, tapi memang dibikin sulit diakses, supaya maling bermodal ga cuma modal towing doang bisa nyolong tu mobil :big_chicken:

jadi seperti ada yang harus dibayarkan dengan segala kenyamanan EPB ini. maling jadi gampang nyolong, jadi diakali supaya itu emergency release EPB sulit diakses tapi pas emergency beneran malah nyusahin. kalau tanpa EPB malah dihina2 netijen mendang mending maha benar yg ga mungkin beli masa avanza aja udah EPB ini ngga :big_biglaugh:

EPB itu hanya feature buat saya, ga ada ya baguslah tapi kalau ga ada pilihan ya mau ga mau telen saja dengan modal tiap berapa tahun ya mesti cek berkala, yg sialnya kalau baca2 di bmw forum emang kalau mau mati ya mati aja ga pake gejala karena konsep motor EPB modern itu kan cuma high speed motor engage rotary gear yg nahan gear yg neken itu brake pad, nah dari sini saja ketahuan yg mana akan failed duluan dan sialnya karena konsep awalnya ini kan barang safety jadi itu pabrik sudah sengaja bikin kalau EPB error makan akan fail-safe dengan parking brake engaged. :big_chicken:
Last edited by kunaskun on 01 Dec 2021, 14:54, edited 1 time in total.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24685
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 01 Dec 2021, 10:07
DOHC wrote: 01 Dec 2021, 09:09
KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 02:42

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
Per hari ini, masi ada mbah kiel

Jawapannya

I
N
N
O
V
A

T
Y
P
E

G
tapi inget ya mbah ..... dizel. bukan benzene. :big_weee: :big_weee:
Asemmmmmmm :big_weee:


Liatin, ntar stelah bersih2 injektor, lgs cesss pleng ntar
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8584
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: 01 Dec 2021, 14:53
BADAK wrote: 30 Nov 2021, 22:11 Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
ya karena namanya saja akal2an ketika emergency, sama halnya dengan dongkrak bawaan pabrik yang modelnya sekedarnya karena namanya saja emergency use only.

soal pake KUNCI L ini seingat saya sepertinya semua mobil sama ya, hanya beda posisi dan bentuk saja. kunci L ini bukannya susah, tapi memang dibikin sulit diakses, supaya maling bermodal ga cuma modal towing doang bisa nyolong tu mobil :big_chicken:

jadi seperti ada yang harus dibayarkan dengan segala kenyamanan EPB ini. maling jadi gampang nyolong, jadi diakali supaya itu emergency release EPB sulit diakses tapi pas emergency beneran malah nyusahin. kalau tanpa EPB malah dihina2 netijen mendang mending maha benar yg ga mungkin beli masa avanza aja udah EPB ini ngga :big_biglaugh:

EPB itu hanya feature buat saya, ga ada ya baguslah tapi kalau ga ada pilihan ya mau ga mau telen saja dengan modal tiap berapa tahun ya mesti cek berkala, yg sialnya kalau baca2 di bmw forum emang kalau mau mati ya mati aja ga pake gejala karena konsep motor EPB modern itu kan cuma high speed motor engage rotary gear yg nahan gear yg neken itu brake pad, nah dari sini saja ketahuan yg mana akan failed duluan dan sialnya karena konsep awalnya ini kan barang safety jadi itu pabrik sudah sengaja bikin kalau EPB error makan akan fail-safe dengan parking brake engaged. :big_chicken:
jadi, baiknya gimana mbah? convert aja epb nya ke tuas henbrek manual ya?

:big_weee:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3366
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: 01 Dec 2021, 14:59
jadi, baiknya gimana mbah? convert aja epb nya ke tuas henbrek manual ya?

:big_weee:
convert mah udah lewat mbah, gimana dilepas saja semuanya. terus modal ganjal bata saja? mayan kan buat pemberat juga di bagasi biar tambah stabil. :big_chicken:

motor EPB HRV ex lelangan asuransi saja sudah sekian juta :big_think: cuma gara2 biar keren kekinian :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8584
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: 01 Dec 2021, 15:03
Omnibus wrote: 01 Dec 2021, 14:59
jadi, baiknya gimana mbah? convert aja epb nya ke tuas henbrek manual ya?

:big_weee:
convert mah udah lewat mbah, gimana dilepas saja semuanya. terus modal ganjal bata saja? mayan kan buat pemberat juga di bagasi biar tambah stabil. :big_chicken:

motor EPB HRV ex lelangan asuransi saja sudah sekian juta :big_think: cuma gara2 biar keren kekinian :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

jangan bata dong mbah. biar kekinian pake ganjel kayu yg ada handle nya. jangan kaya org susah, sekali pake langsung tinggalin di tempat.

cumaaa ...... bagasi jd penuh begituan :big_weee:


Image
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3366
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: 01 Dec 2021, 15:13
:big_biglaugh:

jangan bata dong mbah. biar kekinian pake ganjel kayu yg ada handle nya. jangan kaya org susah, sekali pake langsung tinggalin di tempat.

cumaaa ...... bagasi jd penuh begituan :big_weee:


Image
itu mah senjata begal di jalur sumatera mbah :upss:
pas kena razia, auto viral tuh.... :upss:
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 29 Dec 2017, 11:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by arsaerescool »

BADAK wrote: 30 Nov 2021, 22:11
Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
Terima kasih atas share nya om, barang elektronik tidak bergerak saja bisa error memang, apalagi yang selalu kena guncangan, perubahan suhu dll.

Jadi keinget pernah ditawarin by phone paket tahunan emergency assistance 24 jam dr toyota, tapi saya tolak, mungkin bermanfaat dikala terjadi hal seperti itu ya, kalau ga salah lexus jg punya layanan seperti itu, tapi blm tahu untuk merk mobil lainnya.
Post Reply