Page 3 of 4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Mon Nov 29, 2021 14:58
by Omnibus
benzz89 wrote: Mon Nov 29, 2021 13:52
Omnibus wrote:
gardannya pake ams severe gear 75w90, konon bisa >30k km oci nya...
Ini maksudnya >30k baru oci bijimane mbah? Fill & forget gitu? Unlimited km yah? Kl max 40k/2 taon nah baru jelas itu oci nya [emoji28]

Penasaran jg nih ama severe gearnya si ono... selicin apakah? 325 ribu per quartz x 4 kl bs fill & forget sih boljug yah [emoji1787]
hahaha soalnya di label botolnya heboh bgt. ya bisa dibilang menuju fill n forget sih, sama kaya di botol olmes nya, 25,000 miles hehehehe. yg gardan kl ga salah 50,000 miles deh dibilangnya.

oli gardan gimana cara taunya lbh licin apa engga. haha bingung ah.

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Mon Nov 29, 2021 15:00
by Omnibus
ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 14:13
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 11:56
ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 11:14
Nah kebetulan nih lagi bahas atf/gardan. Kalau ANPS yg cocok apa mbah untuk oli gardan dan atf rencana mau ganti di km 15k yg full synthetic. Kemarin service 10 k kelupaan mau ganti
mbah nanya ke sy mah jawabannya itu2 lagi oli nganu2 lagi mbah :big_biglaugh:

gardannya pake ams severe gear 75w90, konon bisa >30k km oci nya tp kl sy cukup di 20k oci dulu aja. maklum kl kelamaan nanti ga ada oprekan sy nya.
kl atf maaf sy ga tau spec nya anps mbah. kl sy pake merk sama dgn atas yg label/botol biru.
OK mbah terima kasih infonya. Bener yang ini ya.
bener mbah.

lumayan skrg harganya. dulu 275, itu aja udah ruarr biasa.

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Mon Nov 29, 2021 19:42
by KielConstantine
ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 7:58 apalagi di toko asesoris suka jual pemutar stir 1 tangan itu ya ampun literal neraka itu buat komponen steering. klo liat itu barang di mobil temen gw fix ini orang gak bisa nyetir bener :big_biglaugh:
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Mon Nov 29, 2021 21:35
by bangrosi
EPB gini kalo misal aki soak bisa direlase gk sih, soalnya skr ada mobil transmisi manual pakai fitur ini aki soak manual kan tinggal dorong buat nyalain mobil.

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 0:16
by BADAK
bangrosi wrote: Mon Nov 29, 2021 21:35 EPB gini kalo misal aki soak bisa direlase gk sih, soalnya skr ada mobil transmisi manual pakai fitur ini aki soak manual kan tinggal dorong buat nyalain mobil.
Harusnya bisa, karena daya yg dibutuhkan untuk mengaktifkan dinamo EPB kecil saja. Padahal aki soak itu bukan berarti 100% tewas (tidak ada daya), cuman tidak mampu starter. Seperti yg kita ketahui, pemakaian daya terbesar pada aki mobil itu adalah saat starter pertama kali dalam keadaan mesin dingin. Lain cerita kalo aki tekor, itu udah gak ada daya sama sekali buat aktifin perangkat elektrik. CMIIW

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 0:53
by b0ku
KielConstantine wrote: Mon Nov 29, 2021 19:42
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
makannya sekarang saya kek males gitu tiap ada mobil keluaran baru kek gak minat terlalu ribet gak bisa diapa2xin sendiri buat hal2x spele :big_dunno:

keknya ud cukup puas sama 2 unit tua di rumah sama2x 2012 sama 2013 ud pada mau 10th tapi emang sambil benerin sambil saya improve pelan2x terutama di sektor handling sama remnya jd biarpun tua makin lama peformancenya diatas yang muda ud gitu malah makin gampang di setir dan bikin gak cape dibawah jauh dibanding pake TSS lah apalah yang fitur2x alay gak jelas gitu kalo handlingnya sama remnya jelek juga sama aja boong, tapi kalo kurang power tapi handlingnya enak malah juga gak berasa cape kek freed saya dulu :big_biglaugh:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 1:22
by slapnuts
ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 7:58

di sini soalnya gak biasa perempuan ngurusin mobil sendiri. klo masih muda biasanya krn anak horang kayah (ya bisa beliin anaknya mobil pasti horang kayah) juga dilarang ngurus sendiri. disuruh panggil supir atau bokapnya kalo kenapa napa.

angin ban isi berapa ? bensin isi apa ? kapan ganti oli? gak tau, bokap atau suami atau supir yang ngurusin biasanya. ban kempes juga paling di parkiran mall atau jalan rame banyak yang nolongin security atau tukang parkirnya.

sayang sih di sini kurang dibudayakan perempuan bisa ngurusin mobil sendiri. pdhl di beberapa negara minimal ganti ban sendiri dan cek tekanan angin ban tuh basic skill mengemudi juga gak peduli laki / perempuan.

klo soal muter setir makanya sbenernya kita orang tuh rewel mobil gak ada feel bukan semata karena ego "driving enthusiast" aja, feel setir udah mentok atau belum tuh klo orang yang udah biasa pegang mobil ngerti banget ada feedback / resistance dari roda dan itu penting buat kita ngerti arah geraknya roda kemana.

klo gak tau arah gerak rodanya kemana dan seberapa yah asal diputer aja pokoknya belok. jadi gak pake feel nyetirnya, bodyroll kemana-mana, throttle pedal pun diinjek asal either terlalu pelan atau terlalu kenceng krn gak ngerti belok seberapa mobilnya. makanya saya tuh curiga jangan2 EPS punya kesan ringkih tuh bukan cuma karena emang komponennya tp usernya jg gak nyadar klo nyetir asal puntir doang.

apalagi di toko asesoris suka jual pemutar stir 1 tangan itu ya ampun literal neraka itu buat komponen steering. klo liat itu barang di mobil temen gw fix ini orang gak bisa nyetir bener :big_biglaugh:
Benar Mod, mungkin karena mostly perempuan menganggap mobil ya cuma benda mati untuk transportasi dari A ke B, that's it. Makanya mereka merawat ya seleganya mereka, dan sangat jarang perempuan hobi dan aware dunia beginian. Bahkan ada sodara cewek pakai yaris lele, dia selalu ngikutin jadwal servis berkala bukan per bulan (6Bulan) tapi per kilometer, yes, dia ganti oli ketika kilometer sudah 10rb dengan TGMO itu sesuai anjuran. Sudah dijelasin kalau oli bisa kadaluarsa dsb, masa bodoh dia... yaudahlah terserah mau numpuk sludge ya silahkan..hahaha

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 2:03
by pradit_d
Penasaran endingnya gmn nih, terutama dr segi biaya habis brp ya? Ane jg pengguna mobil lain yg pake epb jg soalnya.
Klo mau jujur, pas awal2 pake epb berasa ada kurang afdol karena ga ada tarikan rem parkir sampe bunyi krek yg satisfying bgt itu. Blm lagi pencetan epb berasa ringan bgt n bahkan anak balita aja bisa pencet itu. Lama2 terima aja karena mau ga mau dipaksa ke arah sana

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 3:54
by KielConstantine
b0ku wrote: Tue Nov 30, 2021 0:53
KielConstantine wrote: Mon Nov 29, 2021 19:42
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
makannya sekarang saya kek males gitu tiap ada mobil keluaran baru kek gak minat terlalu ribet gak bisa diapa2xin sendiri buat hal2x spele :big_dunno:

keknya ud cukup puas sama 2 unit tua di rumah sama2x 2012 sama 2013 ud pada mau 10th tapi emang sambil benerin sambil saya improve pelan2x terutama di sektor handling sama remnya jd biarpun tua makin lama peformancenya diatas yang muda ud gitu malah makin gampang di setir dan bikin gak cape dibawah jauh dibanding pake TSS lah apalah yang fitur2x alay gak jelas gitu kalo handlingnya sama remnya jelek juga sama aja boong, tapi kalo kurang power tapi handlingnya enak malah juga gak berasa cape kek freed saya dulu :big_biglaugh:
Bahahahhaha .. maklum kita ud berumur kali neh om .. liat teknologi baru bukannya seneng malah skeptis :mky_07:

Nih gw lagi observe fitur self parking yg modelan lepas tangan dari stir ; mobilnya gerak sendiri parkirin . Kita tinggal neken gas doank ..

Belom lagi si BMW skarang punya fitur memory apa gitu yang klo kita mentok masuk jalan buntu bisa diaktifin buat mundur max 50 meter mobilnya gerak sendiri … asekk sehhh ..

Mau tau aja skalinya rusak tuh fitur benerinnya brapa duit :upss:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 4:00
by ChZ
KielConstantine wrote: Mon Nov 29, 2021 19:42
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
1 tangan di armrest, 1 tangan sambil puterin tuh pemutar setir. di taksi onlen banyak sih gituan. gw bingung mereka dapet feel roda waktu belok gimana... pantes ud bawaan pake mobil elsegese yang bodyrollnya kacau nyetirnya pake gituan makin kacau dah.

ah klo ente mah ud kenyang gituan ya miara baling baling jerman.... :big_weee:
b0ku wrote: Tue Nov 30, 2021 0:53
makannya sekarang saya kek males gitu tiap ada mobil keluaran baru kek gak minat terlalu ribet gak bisa diapa2xin sendiri buat hal2x spele :big_dunno:

keknya ud cukup puas sama 2 unit tua di rumah sama2x 2012 sama 2013 ud pada mau 10th tapi emang sambil benerin sambil saya improve pelan2x terutama di sektor handling sama remnya jd biarpun tua makin lama peformancenya diatas yang muda ud gitu malah makin gampang di setir dan bikin gak cape dibawah jauh dibanding pake TSS lah apalah yang fitur2x alay gak jelas gitu kalo handlingnya sama remnya jelek juga sama aja boong, tapi kalo kurang power tapi handlingnya enak malah juga gak berasa cape kek freed saya dulu :big_biglaugh:
klo perlu sekarang gw kayaknya mau ganti mobil 10-15 taun sekali aja :big_biglaugh: itupun kalo udah biaya perbaikannya gak masuk akal. selama blom mogok ya gak ganti deh. minimal klo performance udah diapa apain tetep gak ngejar yang baru, baru deh ganti.

soalnya mobil sekarang technical update major nya tuh 10 taun keknya malah makin kesini dibuat makin lama lagi. mobil jepang tuh enak ganti model - facelifted model itu ud final form yang pasti udah refined semua mekanikal-elektrikalnya gak kena bug user awal :big_biglaugh:

yang pusing mobil jerman bisa 3x major update :big_biglaugh:

mobil baru sekarang gw juga jujur agak males ngikutin abis yang diunggulin fitur melulu.
slapnuts wrote: Tue Nov 30, 2021 1:22 Benar Mod, mungkin karena mostly perempuan menganggap mobil ya cuma benda mati untuk transportasi dari A ke B, that's it. Makanya mereka merawat ya seleganya mereka, dan sangat jarang perempuan hobi dan aware dunia beginian. Bahkan ada sodara cewek pakai yaris lele, dia selalu ngikutin jadwal servis berkala bukan per bulan (6Bulan) tapi per kilometer, yes, dia ganti oli ketika kilometer sudah 10rb dengan TGMO itu sesuai anjuran. Sudah dijelasin kalau oli bisa kadaluarsa dsb, masa bodoh dia... yaudahlah terserah mau numpuk sludge ya silahkan..hahaha
nanti dijual ex wanita, low KM, perawatan bengkel resmi. dipake tau tau indikator oli nyala, dibuka jeroan mesin sludge semua :big_grin:

nah adik saya bahkan gak ngerti lepas pasrah ke bengkel resmi, terus ud 4 taon pake mobil gak pernah diganti dong oli CVTnya :big_bored: untung gak kenapa napa.

udah paling bener klo ada anggota keluarga perempuan, gak hobi mobil, cuma butuh daily commuter, gak ada anggota keluarga laki laki yang emang hobi, beli toyota/honda mainstream udah paling bener.

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 4:14
by b0ku
KielConstantine wrote: Tue Nov 30, 2021 3:54
Bahahahhaha .. maklum kita ud berumur kali neh om .. liat teknologi baru bukannya seneng malah skeptis :mky_07:

Nih gw lagi observe fitur self parking yg modelan lepas tangan dari stir ; mobilnya gerak sendiri parkirin . Kita tinggal neken gas doank ..

Belom lagi si BMW skarang punya fitur memory apa gitu yang klo kita mentok masuk jalan buntu bisa diaktifin buat mundur max 50 meter mobilnya gerak sendiri … asekk sehhh ..

Mau tau aja skalinya rusak tuh fitur benerinnya brapa duit :upss:
soalnya ud pengalaman sih saya dulu boss koleksi mobil eropa tiap minggu gantian masuk bengkel mending kerjaan rutin rusak mulu canggih2x gak kepake :big_biglaugh:

serlf parking auto reverse juga ujungnya gak kepake karena mobilnya jalanin juga pelan banget kita yang gak sabaran akhirnya handle sendiri apalagi ud biasa parkir atau mundur tempat sempit saya aja kamera mundur kepake kalo ud emang mau saya pepet banget kalo gak mah liat aja tuh spion padahal yang punya kamera munduru di mobil saya cuma pajero jazz sih ud males masangnya biarin aja kek gitu sensor parkir ud bunyi aja saya gk dengerin milih buka pintu ngintip ke belakang lebih akurat :big_biglaugh:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 4:19
by b0ku
ChZ wrote: Tue Nov 30, 2021 4:00
klo perlu sekarang gw kayaknya mau ganti mobil 10-15 taun sekali aja :big_biglaugh: itupun kalo udah biaya perbaikannya gak masuk akal. selama blom mogok ya gak ganti deh. minimal klo performance udah diapa apain tetep gak ngejar yang baru, baru deh ganti.

soalnya mobil sekarang technical update major nya tuh 10 taun keknya malah makin kesini dibuat makin lama lagi. mobil jepang tuh enak ganti model - facelifted model itu ud final form yang pasti udah refined semua mekanikal-elektrikalnya gak kena bug user awal :big_biglaugh:

yang pusing mobil jerman bisa 3x major update :big_biglaugh:

mobil baru sekarang gw juga jujur agak males ngikutin abis yang diunggulin fitur melulu.
nah itu ini keknya 2 unit pengen si keep terus kalo ada rejeki pengen nambah 1 buat mobil sport aja, ini aja malah kepikiran mau bangun GE8 satu lagi manual buat nyaingin GR yaris pake mesin civic turbo moga2x ada rejekinya deh :big_biglaugh:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 4:24
by ChZ
b0ku wrote: Tue Nov 30, 2021 4:19
nah itu ini keknya 2 unit pengen si keep terus kalo ada rejeki pengen nambah 1 buat mobil sport aja, ini aja malah kepikiran mau bangun GE8 satu lagi manual buat nyaingin GR yaris pake mesin civic turbo moga2x ada rejekinya deh :big_biglaugh:
gw rencana mau swap ke K20C1 + manualnya sekalian beli halfcut an klo bisa dapet se kaki kaki dan aerokitnya gak musti beli tithum2an ... convert type R sendiri :mky_03:

soalnya nih FK4 paling 15 thn lagi bisa kayak lancer gampang bgt convert ke evo partnya melimpah enaknya lagi platform sama sama FWD evo aja musti ngebor lantai biar muat gardan awdnya :mky_02:

GE8 pake L15B7 seru sih itu bakal jd setan di trackday ngintilin sportcar 300hp macem WRX STi dan type R :mky_03:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 4:32
by b0ku
ChZ wrote: Tue Nov 30, 2021 4:24
gw rencana mau swap ke K20C1 + manualnya sekalian beli halfcut an klo bisa dapet se kaki kaki dan aerokitnya gak musti beli tithum2an ... convert type R sendiri :mky_03:

soalnya nih FK4 paling 15 thn lagi bisa kayak lancer gampang bgt convert ke evo partnya melimpah enaknya lagi platform sama sama FWD evo aja musti ngebor lantai biar muat gardan awdnya :mky_02:

GE8 pake L15B7 seru sih itu bakal jd setan di trackday ngintilin sportcar 300hp macem WRX STi dan type R :mky_03:
nah itu dia reinforced chasis, ganti arm kanan kiri pake hardrace barangnya komplit sampe ke mounting2xnya, rem pake BBK, pasang turbo spoon sama pake 6 speed manual, sama pake coilover basisnya type S fl tampang std 275hp cukup lah :big_biglaugh:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 6:13
by sintoni
Trit Mitsubishi, mobil SUV RWD diesel, eh kok ada 2 Honda pitek penboi ngobrolin mesin disini..

:big_weee:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 6:18
by b0ku
sintoni wrote: Tue Nov 30, 2021 6:13 Trit Mitsubishi, mobil SUV RWD diesel, eh kok ada 2 Honda pitek penboi ngobrolin mesin disini..

:big_weee:
gini2x user mitsu juga loh :big_childish:

biarpun ud di bikin keriting sama mitsu cuma tetep sayang sih sama OPS :big_biglaugh:

malah kepikiran mau di bikin biar bisa speed off road tapi tampang OEM gimana tuh caranya??? :big_biglaugh:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 6:37
by ChZ
sintoni wrote: Tue Nov 30, 2021 6:13 Trit Mitsubishi, mobil SUV RWD diesel, eh kok ada 2 Honda pitek penboi ngobrolin mesin disini..

:big_weee:
lha kan topik utamanya tentang electric parking brake dudu ANPS :big_biglaugh:

user mitsu juga tapi gak pake EPB :big_weee:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 9:03
by FR6
KielConstantine wrote: Mon Nov 29, 2021 19:42
ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 7:58 apalagi di toko asesoris suka jual pemutar stir 1 tangan itu ya ampun literal neraka itu buat komponen steering. klo liat itu barang di mobil temen gw fix ini orang gak bisa nyetir bener :big_biglaugh:
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
saia sebagai pecinta LMPV, jujurly kecewa ini Xpander sama Veloz pake EPB, bakalan gedein biaya repair :big_bored: :big_bored:
kalo PBD kemudian rusak/error masih bisa lah kita gerakin tangan, lha ini, kalo error malah gak bisa jalan..
tapi di sisi lain, improvement keduanya bikin yahud bgt interiornya, mevvah tapi low budget :big_exellent:
IMHO, harusnya mobil rakjel kaya saia macem LMPV bisa tahan bantik sampe 10 tahun, Pajero itungannya muda tuh, di bawah 10 tahun udh amsyonggg...

buat kaum mendang-meding, please dewain arah semburan AC lengkap + ventilasi luar, kepake bgt ini buat saia :mky_02: :mky_02:
Oh iya, soft touch jg gpp, repairnya gampang & bukan critical..
jangan lupa, isofix buat kursi bayi, safety is number one baby!! :big_love: :big_okay:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 14:33
by rock01092004
ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 2:29 dulu pernah kejadian juga HRV abis ganti battery malah nyangkut di car port. kebetulan bersamaan dengan keyless ignition sensornya rusak.

diderek ke beres caranya dibongkar rem belakangnya apa gimana gitu... saya gak liatin prosesnya waktu itu masih di luar kota.

sejujurnya EPB ini fitur canggih modern yang sangat mengkhawatirkan... gak bisa di manual override (ya override nya harus buka pake kunci L segala). dari dulu pertama muncul bingung juga kenapa rem parkir manual itu musti digantiin elektronik yang lebih rawan kenapa-napa. ya memudahkan sih krn jadi 1 dengan autohold tapi gak sebanding dengan risk nya.

klo kaum mendang mending sih cuma tau liat coba pake waktu masih baru. giliran gini gini ya mingkem semua.
setuju banget nih..masih fortuner ane yg rem nya masih manual🤭🤭🤭😁

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 15:11
by BADAK
Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Tue Nov 30, 2021 21:46
by Schweppes
BADAK wrote: Tue Nov 30, 2021 15:11 Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
Wah, terimakasih om atas informasinya. Lgs kasih tahu ke orang tua terkait masalah ini, soalnya bokap masih sering nyetir sendiri kemana-mana, khawatir kalau sampai trouble EPBnya, karena usia udah lanjut enggak mungkin juga dia ngolong ngelepas manual. Minimal kalau error dia udah tahu untuk segera call bengkel mitsu terdekat

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Wed Dec 01, 2021 0:31
by b0ku
BADAK wrote: Tue Nov 30, 2021 15:11 Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
mitsubishi masih prventif sih ada manual releasenya biarpun repot honda aja gak ada malah sempet liat VW keknya yang kudu di bongkar pake jumper dari aki lsg ke servonya :big_biglaugh: cuma kalo honda jarang banget kena kasus stuck banyakan mitsubishi :big_biglaugh:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Wed Dec 01, 2021 2:09
by DOHC
KielConstantine wrote: Mon Nov 29, 2021 19:42

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
Per hari ini, masi ada mbah kiel

Jawapannya

I
N
N
O
V
A

T
Y
P
E

G

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Wed Dec 01, 2021 3:07
by Omnibus
DOHC wrote: Wed Dec 01, 2021 2:09
KielConstantine wrote: Mon Nov 29, 2021 19:42

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
Per hari ini, masi ada mbah kiel

Jawapannya

I
N
N
O
V
A

T
Y
P
E

G
tapi inget ya mbah ..... dizel. bukan benzene. :big_weee: :big_weee:

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Posted: Wed Dec 01, 2021 4:07
by ChZ
FR6 wrote: Tue Nov 30, 2021 9:03 saia sebagai pecinta LMPV, jujurly kecewa ini Xpander sama Veloz pake EPB, bakalan gedein biaya repair :big_bored: :big_bored:
kalo PBD kemudian rusak/error masih bisa lah kita gerakin tangan, lha ini, kalo error malah gak bisa jalan..
tapi di sisi lain, improvement keduanya bikin yahud bgt interiornya, mevvah tapi low budget :big_exellent:
IMHO, harusnya mobil rakjel kaya saia macem LMPV bisa tahan bantik sampe 10 tahun, Pajero itungannya muda tuh, di bawah 10 tahun udh amsyonggg...

buat kaum mendang-meding, please dewain arah semburan AC lengkap + ventilasi luar, kepake bgt ini buat saia :mky_02: :mky_02:
Oh iya, soft touch jg gpp, repairnya gampang & bukan critical..
jangan lupa, isofix buat kursi bayi, safety is number one baby!! :big_love: :big_okay:
dari dulu namanya electric parking brake aja udah aneh. istilah lainnya parking brake itu e-brake (emergency brake). alias jadi last resort kalo mobil kenapa-napa remnya blong lah atau kenapa lah.

lah ini senjata last resortnya aja bisa error kan udah aneh. malah ngilangin esensi parking brake sebagai emergency last resort. segitu yakin kah pabrikan ini dengan sistem trc nya sehingga remnya gak bakal blong? ini tuh kaya ibarat rem angin di truk besar diganti electric brake kan gila :big_bored: