Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alexand »

ini insentif sebentaran doang apa terus2an dalam jangka waktu yg lama ?

kalo seterusnya kayaknya nanti bisa bermunculan LMPV hybrid

kalo ada varian V HV TSS kayaknya menarik nih
soalnya itu ottoman nanggung kakinya gak bisa bener2 rebah kecuali duduk di kursi penumpang kiri + kursi penumpang depan di majuin full
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

alexand wrote: Wed Dec 14, 2022 20:14 ini insentif sebentaran doang apa terus2an dalam jangka waktu yg lama ?

kalo seterusnya kayaknya nanti bisa bermunculan LMPV hybrid

kalo ada varian V HV TSS kayaknya menarik nih
soalnya itu ottoman nanggung kakinya gak bisa bener2 rebah kecuali duduk di kursi penumpang kiri + kursi penumpang depan di majuin full
Bisa jadi
Klopun muncul, TAM akan jd pioneer

https://otodriver.com/berita/2022/jawab ... awcjgbcrid

hibrit2an di ertelu gak masuk kategori ya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

Pasti akan banyak persyaratannya sih kayak kandungan lokal berapa % dan subsidi nilainya berdasarkan harga mobilnya. Yang hybrid palsu macam ertiga kayaknya gak masuk. Boros bensin malah dibanding yg versi bensin biasa. Subsidi mobil listrik ini kan konsepnya pindahin subsidi BBM ke subsidi harga mobil. Jadi minimal kl hybrid dapat subsidi pun harus yg pure hybrid supaya benefit irit BBM nya dapet

Tapi katanya masih alot antara kemenkeu dan kemenperin. Sepertinya masih butuh waktu sampai kebijakannya beneran jadi diimplementasikan
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alvin23 »

grimjow wrote: Wed Dec 14, 2022 14:41 Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

https://finance.detik.com/industri/d-64 ... -rp-8-juta.

Zenix hybrid subsidi 40 juta dong ya.
Asal harga ga dinaikin 50 juta taon depan.
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
Masuk juga ni barang wkwk, akhirnya Toyota bisa tertawa kembali sementara Hyundai hmmm :big_weee:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

grimjow wrote: Wed Dec 14, 2022 14:41 Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

https://finance.detik.com/industri/d-64 ... -rp-8-juta.

Zenix hybrid subsidi 40 juta dong ya.
Asal harga ga dinaikin 50 juta taon depan.
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
lho tenang aja om, itu ionik 5 udah naik berapa puluh juta tuh sekarang :mky_03:

diskon pasti ditahan, indentnya aja ampe beranak dua :mky_03:

tenang saja, di indo diskon diskonan gini pasti udah dinaikin dulu :big_weee: ya minimal nanti nego diskon rada alot lah macem jaman ppnbm 0% :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

alvin23 wrote: Thu Dec 15, 2022 3:09
grimjow wrote: Wed Dec 14, 2022 14:41 Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

https://finance.detik.com/industri/d-64 ... -rp-8-juta.

Zenix hybrid subsidi 40 juta dong ya.
Asal harga ga dinaikin 50 juta taon depan.
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
Masuk juga ni barang wkwk, akhirnya Toyota bisa tertawa kembali sementara Hyundai hmmm :big_weee:
Kalau indennya tetap 18 bulan, mau beli juga males ya :big_bored:

Hyundai harus gercep ini kalau mau kebagian kue nya.

Thailand tahun ini menggiurkan sekali pilihan mobil listrik baru2nya dari merk non mainstream. Semoga Indo segera kecipratan :big_love:
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by heiituaku »

mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 0:49

Tapi katanya masih alot antara kemenkeu dan kemenperin. Sepertinya masih butuh waktu sampai kebijakannya beneran jadi diimplementasikan
Mgkn kemenperin toyodai fanboy dah ga sabar kasih subsidi, kemenkeu honda fnboy nunggu crv hrv haibrit
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

ExorT wrote: Thu Dec 15, 2022 3:35
Kalau indennya tetap 18 bulan, mau beli juga males ya :big_bored:

Hyundai harus gercep ini kalau mau kebagian kue nya.

Thailand tahun ini menggiurkan sekali pilihan mobil listrik baru2nya dari merk non mainstream. Semoga Indo segera kecipratan :big_love:
Harusnya hyundai memang lebih gercep untuk nyetok nya. Jangan ditahan, tahun kemarin dan awal tahun 2023 awal yang pas buat jor2an, mumpung pasar ev kompetisi nya masih sedikit. Wuling air ev aja laku, karena di harga 200-300 tidak ada pilihan lain.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

jadi subsidi hybrid sama saja dengan harga baterai nya...gratis baterai gitu ..
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

heiituaku wrote: Thu Dec 15, 2022 4:38
mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 0:49

Tapi katanya masih alot antara kemenkeu dan kemenperin. Sepertinya masih butuh waktu sampai kebijakannya beneran jadi diimplementasikan
Mgkn kemenperin toyodai fanboy dah ga sabar kasih subsidi, kemenkeu honda fnboy nunggu crv hrv haibrit
Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekat
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

arfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.

Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.
Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasut :big_think:
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 6:03 Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekat
Itu yg di-bold udah pasti om?
Maksudnya CRV Hybrid bakal masuk indo? Tumben..
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

Iya pasti om. Udah diumumin sm honda jg mau masukin mobil hybrid 2 type tahun depan. Dugaan terkuat di crv dan accord hybrid yg dipajang di giias tahun ini. Cuma yah harganya entah yah mungkin 700 juta ke atas
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Thu Dec 15, 2022 13:05
mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 6:03 Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekat
Itu yg di-bold udah pasti om?
Maksudnya CRV Hybrid bakal masuk indo? Tumben..
https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ahun-depan
Hanya saja, sebagaimana dikatakan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, produk terkait belum bisa diungkapkan. Begitu pula terkait jadwal pasti peluncuran, apakah di semester pertama atau kedua.

"Tahun depan kami berkomitmen untuk memperkenalkan dua mobil hybrid. Lalu pada tahun-tahun berikutnya dikenalkan mobil listrik lainnya termasuk yang akan diproduksi lokal," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/8/2022).

"Tujuan kita full electric vehicle. Tetapi untuk menuju ke sana kita menilai butuh transisi atau jembatan yakni melalui teknologi hybrid," ucap Billy.

Sebelumnya pada ajang GIIAS 2022, HPM memperkenalkan CR-V hybrid dan Accord hybrid ke khalayak ramai. Sayangnya, kedua mobil itu masih dalam tahap pengenalan saja, belum diproduksi dan dijual secara massal di Indonesia.

Kendaraan tersebut, akan menjadi suksesor langkah elektrifikasi perseroan di Tanah Air.

“Jadi untuk menuju elektrifikasi itu ada jembatannya, untuk membuat konsumen familiar apa sih elektrifikasi. Kami menganggap hybrid itu jembatannya, sambil melihat infrastruktur ke depan. Itu paling penting, karena teknologi yang sesungguhnya adalah yang membuat konsumen senang,” lanjutnya.
Siap2 nih mbah Abdul kayanya :mky_03: :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Miracle9000
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Miracle9000 »

timbermaniac123 wrote: Thu Dec 15, 2022 5:22
ExorT wrote: Thu Dec 15, 2022 3:35
Kalau indennya tetap 18 bulan, mau beli juga males ya :big_bored:

Hyundai harus gercep ini kalau mau kebagian kue nya.

Thailand tahun ini menggiurkan sekali pilihan mobil listrik baru2nya dari merk non mainstream. Semoga Indo segera kecipratan :big_love:
Harusnya hyundai memang lebih gercep untuk nyetok nya. Jangan ditahan, tahun kemarin dan awal tahun 2023 awal yang pas buat jor2an, mumpung pasar ev kompetisi nya masih sedikit. Wuling air ev aja laku, karena di harga 200-300 tidak ada pilihan lain.
Bener sih ini. Daripada bikin sang bintang nggak laku.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ak4ng »

Ini pasti dalam rangka veloz hybrid tahun depan launching ya? Hahah, tahun lalu booming dapet free ppnbm, taun depan free senilai batre :upss:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Thu Dec 15, 2022 15:00
AbdulHakim wrote: Thu Dec 15, 2022 13:05
mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 6:03 Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekat
Itu yg di-bold udah pasti om?
Maksudnya CRV Hybrid bakal masuk indo? Tumben..
https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ahun-depan
Hanya saja, sebagaimana dikatakan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, produk terkait belum bisa diungkapkan. Begitu pula terkait jadwal pasti peluncuran, apakah di semester pertama atau kedua.

"Tahun depan kami berkomitmen untuk memperkenalkan dua mobil hybrid. Lalu pada tahun-tahun berikutnya dikenalkan mobil listrik lainnya termasuk yang akan diproduksi lokal," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/8/2022).

"Tujuan kita full electric vehicle. Tetapi untuk menuju ke sana kita menilai butuh transisi atau jembatan yakni melalui teknologi hybrid," ucap Billy.

Sebelumnya pada ajang GIIAS 2022, HPM memperkenalkan CR-V hybrid dan Accord hybrid ke khalayak ramai. Sayangnya, kedua mobil itu masih dalam tahap pengenalan saja, belum diproduksi dan dijual secara massal di Indonesia.

Kendaraan tersebut, akan menjadi suksesor langkah elektrifikasi perseroan di Tanah Air.

“Jadi untuk menuju elektrifikasi itu ada jembatannya, untuk membuat konsumen familiar apa sih elektrifikasi. Kami menganggap hybrid itu jembatannya, sambil melihat infrastruktur ke depan. Itu paling penting, karena teknologi yang sesungguhnya adalah yang membuat konsumen senang,” lanjutnya.
Siap2 nih mbah Abdul kayanya :mky_03: :big_peace:
Amiin, semoga nanti ada rejekinya buat tuker ke gen 6 Hybrid.. Amiin
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

Kuliah umum profesor Kelly dr Weber Univ. :



Agak berat, butuh dengerin 3-4 kali, tapi kalo bener ini transmisinya Zenix = RAV4, berarti CVT-nya sama sekali tidak pakai belt. Jadi variabilitasnya disediakan sama motor #2 via planetary gear set yg nyambung langsung ke ICEnya. Kuncinya itu ada di planetary gear set yg menghubungkan antara ICE dengan motor #2. Nah rotational speed motor #2 + rotasi ICE ini yg kerjasama ngatur berapa banyak torsi dr ICE yg pergi ke final drive. Untuk EVnya disediakan dr motor #1 yg ambil power langsung dr batere. Kurlebnya, 100% gear tanpa belt.
Kalo ada yg kuatir jalan 60 km/h tau2 mesin nyala RPM tinggi, harusnya si enggak, bisa lompat ke mode 3, kalo mesin mati, motor #2 akan muter pelan dulu baru pelan2 naik sesuai kecepatan dan driving mode.
Nah kalo butuh torsi (buat nyelip/nguber cumi2 darat, bisa pergi ke bagian underdrive, disitu motor #2 muter lebih cepet cepet, controller ICE akan ngimbangin naik in RPM, jadi tenaga keluar lebih banyak.
Kesimpulan pertama : ini benernya akhirnya sama ama EV, all in kontrol 100% elektronik, ICE cuma kerja tergantung pesanan kebutuhan tenaga, terus HV batere 100% penting buat atur putaran motor #2, jadi ndak bisa pake batere yg 100% soak (yakin ada cutoff voltase, dibawah itu mobil ngebrick kyk EV). Terus durabilitynya ya tergantung ama seberapa durabel si inverter, kontroler+motor #2 baru kontroler+motor #2.
Kesimpulan kedua : transmission wise, ini badak bener, kayak balik kucing ke transmisi manual. Selama proses bikinnya ndak kayak si jedug, dijamin lebih awet daripada transmisi matic TC apalagi CVT.
Dibandingin ama pure EV gimana ?, ini jauh lebih kompleks, point of failure jauh banyak, tapi berhubung Toyota ya ndak mungkin ada failure kan ?. Item to maintain ada 2, ICE ama EV. Di EV ada motor 2 biji sama inverternya.
Kalo EV mechanical wise far less complex, tapi tiji-tibeh, batere dut ya dut betulan, selain inverter, point of failure terbesar di batere, tapi degradasinya linear, jd tergantung ama manufaktur baterenya siapa.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Sat Dec 17, 2022 3:12 Kuliah umum profesor Kelly dr Weber Univ. :



Agak berat, butuh dengerin 3-4 kali, tapi kalo bener ini transmisinya Zenix = RAV4, berarti CVT-nya sama sekali tidak pakai belt. Jadi variabilitasnya disediakan sama motor #2 via planetary gear set yg nyambung langsung ke ICEnya. Kuncinya itu ada di planetary gear set yg menghubungkan antara ICE dengan motor #2. Nah rotational speed motor #2 + rotasi ICE ini yg kerjasama ngatur berapa banyak torsi dr ICE yg pergi ke final drive. Untuk EVnya disediakan dr motor #1 yg ambil power langsung dr batere. Kurlebnya, 100% gear tanpa belt.
Kalo ada yg kuatir jalan 60 km/h tau2 mesin nyala RPM tinggi, harusnya si enggak, bisa lompat ke mode 3, kalo mesin mati, motor #2 akan muter pelan dulu baru pelan2 naik sesuai kecepatan dan driving mode.
Nah kalo butuh torsi (buat nyelip/nguber cumi2 darat, bisa pergi ke bagian underdrive, disitu motor #2 muter lebih cepet cepet, controller ICE akan ngimbangin naik in RPM, jadi tenaga keluar lebih banyak.
Kesimpulan pertama : ini benernya akhirnya sama ama EV, all in kontrol 100% elektronik, ICE cuma kerja tergantung pesanan kebutuhan tenaga, terus HV batere 100% penting buat atur putaran motor #2, jadi ndak bisa pake batere yg 100% soak (yakin ada cutoff voltase, dibawah itu mobil ngebrick kyk EV). Terus durabilitynya ya tergantung ama seberapa durabel si inverter, kontroler+motor #2 baru kontroler+motor #2.
Kesimpulan kedua : transmission wise, ini badak bener, kayak balik kucing ke transmisi manual. Selama proses bikinnya ndak kayak si jedug, dijamin lebih awet daripada transmisi matic TC apalagi CVT.
Dibandingin ama pure EV gimana ?, ini jauh lebih kompleks, point of failure jauh banyak, tapi berhubung Toyota ya ndak mungkin ada failure kan ?. Item to maintain ada 2, ICE ama EV. Di EV ada motor 2 biji sama inverternya.
Kalo EV mechanical wise far less complex, tapi tiji-tibeh, batere dut ya dut betulan, selain inverter, point of failure terbesar di batere, tapi degradasinya linear, jd tergantung ama manufaktur baterenya siapa.
klo melihat spec oli girboks CVT nya; sangat beda yah dgn CVT toyota jaman now yg menggunakan (physically there) CVT belt.

sederhana nya gini:
1. emang ini girboks nya mensimulasikan cara kerja CVT
2. secara fisik mekanikal gak menggunakan CVT belt
3. jadi mesin berfungsi juga layaknya genset yg cara kerjanya seperti loko electric
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Donadoni1717
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun Oct 28, 2018 0:53

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Donadoni1717 »

Denger2 inden hybrid bs sampe bln 8 tahun depan apa bner..lama jg ya klo gitu..

Lalu klo ambil tipe bensin v apa worth it beda sama g ga terlalu signifikan
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Donadoni1717 wrote: Sat Dec 17, 2022 11:57 Denger2 inden hybrid bs sampe bln 8 tahun depan apa bner..lama jg ya klo gitu..

Lalu klo ambil tipe bensin v apa worth it beda sama g ga terlalu signifikan
Melihat previous gen...
Beda G ke V sangat worth.

Selain perbedaan yg nampak di brosur, sound insulation jg berasa bedanya :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by doge »

Suryaputra wrote: Sat Dec 17, 2022 12:08
Donadoni1717 wrote: Sat Dec 17, 2022 11:57 Denger2 inden hybrid bs sampe bln 8 tahun depan apa bner..lama jg ya klo gitu..

Lalu klo ambil tipe bensin v apa worth it beda sama g ga terlalu signifikan
Melihat previous gen...
Beda G ke V sangat worth.

Selain perbedaan yg nampak di brosur, sound insulation jg berasa bedanya :mky_01:
wah kalau era ribon sih kerasa banget

kontur joknya aja ada beda kan antara g sm v
:ngacir:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ginting »

3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55
arfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.

Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.
Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasut :big_think:
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Duvebriliant0 »

ginting wrote: Sat Dec 17, 2022 15:34
3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55
arfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.

Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.
Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasut :big_think:
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?
mungking maksutnya riil Toyota dan Toyota-daihatsu :mky_01:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by doge »

ginting wrote: Sat Dec 17, 2022 15:34
3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55
arfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.

Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.
Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasut :big_think:
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?
TeeRDe (toyota rakitan daihatsu) msh daihatsu om :big_biglaugh:
:ngacir: