Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3291
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

faridrach wrote: 30 Nov 2021, 19:12

CMIIW ya om, menurut rekan saya yg kerja di Toyota, sejak Innova Reborn/ANKI, justru volume makernya adalah Innova 2GD. Bahkan bisa hampir 60% itu 2GD...

Kalau Innova yg generasi sebelumnya memang betul penjualan yg bensin lebih banyak dari yg diesel 2KD
setuju om, apalagi di jakarta, 70-75 % saya perhatiin yg dieselnya kalo ANKI, dan mayoritas matic. kalo innova gen sblmnya emg yg bensin lebih banyak, cuma mulai model GNKI - dono last improvement yg dieselnya udh bisa ngimbangin yg bensin dari segi penjualan, beda sm jaman innova gen awal non euro - fl1 yg penjualan varian bensinnya jauh lebih banyak dibanding varian dieselnya menurut saya
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1551
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Pboyz97 wrote: 30 Nov 2021, 19:51 setuju om, apalagi di jakarta, 70-75 % saya perhatiin yg dieselnya kalo ANKI, dan mayoritas matic. kalo innova gen sblmnya emg yg bensin lebih banyak, cuma mulai model GNKI - dono last improvement yg dieselnya udh bisa ngimbangin yg bensin dari segi penjualan, beda sm jaman innova gen awal non euro - fl1 yg penjualan varian bensinnya jauh lebih banyak dibanding varian dieselnya menurut saya
kalo di pasaran second sih dieselnya susah banget kalo sampe 60% pada kemana unitnya masuk ke PT semua kali jangan2x :big_bored:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by farizfsa »

b0ku wrote: 29 Nov 2021, 15:58
farizfsa wrote: 29 Nov 2021, 15:32
smgandi wrote: 29 Nov 2021, 14:57 Kalau FWD versi dieselnya gimana ya? :big_think:
Masa 2GD jadi FWD? :big_think:
Haha tinggal miringin mesin dan konstruksi penggerak depan
gearboxnya beda gan kalo fwd itu kan musti keluar gardan kanan kiri :big_biglaugh: , kalo ambil dari 4x4 bentuk gearboxnya ud manjang ke belakang juga buat gardan belakang :big_biglaugh:
Pastinya dong girboks beda. 2nr aja bs masuk sienta fwd dan avanza rwd. Tinggal diputer2 aja teknisnya yg tdnya lurus jd miring, miring jd lurus
BMW 520d F10 2014
Audi Q7 V6 TDI 4L 2008
BMW 218i F45 2015
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

b0ku wrote: 30 Nov 2021, 11:26
ChZ wrote: 30 Nov 2021, 11:20
ah iya betul juga... apalagi 2GD bawahnya nendang banget pasti enak.

cuma yah musti programming traction control dan fine tuning sistem suspensi/steering biar gak torque steer. 400Nm di roda besar serem, dulu gw di santafe diesel aja gak ada traction control mampus dah ban nyepin terus torque steer mulu :big_biglaugh:
santafe staria dieselnya hyundai FWD itu settingan eropa semua jd gak bakalan bisa nyamain kuatnya 2GD setelannya selau cc kecil tenaga gede bensin harus bersih, ditambah punya toyota setau saya ud punah diesel ala eropanya karena ud di ganti hybrid sisanya cuma diesel ala kuli doank yang masih bertahan :big_biglaugh: keknya sih agak skeptis bakalan ada dieselnya soalnya buang2x cost RND mesin diesel seri baru buat FWD doank mendingan korbanin market innova diesel toh juga customernya bakalan lari ke fortuner juga jd buat toyota harusnya masih win juga :big_biglaugh:
itu GD engine sebenernya mesin eropa & jepang punya oom, cuma klo memang mau nekan emisi ya mesti pasangan DPF & AdBlue yg mana tambah ribet.

India kan itu pake GD engine yg spec BS6 yg setara EU6 cuma ya gitu pake DPF & AdBlue, mana harus pake ritual regen DPF nya supaya ga mampet.

musuhnya diesel bagus kan bahan bakar oom, klo mau nekan emisi ya otomatis harus pake dex terus :big_biglaugh:

apa siap semua pengguna diesel dipaksa cekokin dex? :big_biglaugh:
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

b0ku wrote: 29 Nov 2021, 14:58
smgandi wrote: 29 Nov 2021, 14:57 Kalau FWD versi dieselnya gimana ya? :big_think:
Masa 2GD jadi FWD? :big_think:
keliatannya jadi hybrid :big_biglaugh: curiga sih pake platfom corolla kalo pake platfom camry apa gak kemahalan :big_biglaugh:
saya mikirnya sama oom, pasti hybrid dan kemungkinan pake TNGA-C nya corolla tapi digedein.

klo pake TNGA-K camry takutnya mahal di platform malah cost cuttingnya kebanyakan :big_biglaugh:
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 30 Nov 2021, 08:31
erwinign wrote: 30 Nov 2021, 08:21
Suryaputra wrote: 29 Nov 2021, 21:42

Iya menarik ni mbah.
Jd nyaman ya beneran nyaman.
Layaknya MPV hahaha.

Bukan MPV ada rasa truck :mky_03:
Saya seneng sama formnya inova om, penasaran kl jadi fwd itu respon pasar bakal gimana karena RWD udah senancep itu
Saya pikir company sebesar TAM sudah riset pasar.
Jd produsen bikin produk based on keinginan market.

Otherwise market pienya bisa kemakan sama yg lain :upss:

Again konsumen yg ngerti FWD dan RWD hanya sekian persen.
Apalagi sampai bicara chassis monocoque & ladder.

Yg jelas, klo lihat contoh kasar customer personanya si calon MPV ipah fwd ini adalah:
- family oriented
- suka kenyamanan
- stabil
- suka ruang yg besar dgn harga segitu
- tenaga cukup
- punya income sekian (untuk buying & maintain capability si ipah)
- dsb

Which, setelah diskusi dgn divisi produk / teknis, hal di atas gak mungkin didapat secara maksimal dgn chassis ladder :big_peace:
kok saya ngeliatnya ini attempt bikin FWD + monokok jadi kayak ingin domestikasi Sienna ya :big_biglaugh:

tapi dengan begini saya rasa pasar ekspor buat Innova bisa jadi lebih gede, ditambah platform TNGA yg support elektrifikasi jadinya bisa tuh dijual ke negara maju macem Australia.

nanti klo Innova bentuknya begini saya sih ga heran :big_biglaugh:
Image
Image
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by elraedrew »

b0ku wrote: 30 Nov 2021, 21:11
Pboyz97 wrote: 30 Nov 2021, 19:51 setuju om, apalagi di jakarta, 70-75 % saya perhatiin yg dieselnya kalo ANKI, dan mayoritas matic. kalo innova gen sblmnya emg yg bensin lebih banyak, cuma mulai model GNKI - dono last improvement yg dieselnya udh bisa ngimbangin yg bensin dari segi penjualan, beda sm jaman innova gen awal non euro - fl1 yg penjualan varian bensinnya jauh lebih banyak dibanding varian dieselnya menurut saya
kalo di pasaran second sih dieselnya susah banget kalo sampe 60% pada kemana unitnya masuk ke PT semua kali jangan2x :big_bored:
Pada dikeep om. Ga repotin, isi solar jalan..
Setidaknya ini kejadian disaya. Mau tuker juga bingung.. klo ambil baru uda pasti dapatnya kelasnya dibawahnya..
Akhirnya saya malah jadi +anki, gegara ppnbm, kpn lagi dpt diskon lumayan gede hitungannya saat ini, jadi 2kd 2gd buat ganjil.genap
Klo innova jadi fwd monokok, fix yg skrg di keep aja
faridrach wrote: 30 Nov 2021, 19:12
ChZ wrote: 30 Nov 2021, 11:41
b0ku wrote: 30 Nov 2021, 11:26
santafe staria dieselnya hyundai FWD itu settingan eropa semua jd gak bakalan bisa nyamain kuatnya 2GD setelannya selau cc kecil tenaga gede bensin harus bersih, ditambah punya toyota setau saya ud punah diesel ala eropanya karena ud di ganti hybrid sisanya cuma diesel ala kuli doank yang masih bertahan :big_biglaugh: keknya sih agak skeptis bakalan ada dieselnya soalnya buang2x cost RND mesin diesel seri baru buat FWD doank mendingan korbanin market innova diesel toh juga customernya bakalan lari ke fortuner juga jd buat toyota harusnya masih win juga :big_biglaugh:
nah iya toyota tuh diem diem bacotin tesla mulu tp dia juga gerak dieselnya ud pada punah ganti hybrid semua :big_biglaugh:

iya di sini toh porsi pembeli innova 2GD gak besar yang gede malah fortuner... innova 2GD keliatan rame kan rame di medsos aja dibangun buat drag lah dituning lah remap lah tp nyatanya volume maker masih versi gasoline :ungg: nyatanya yang lebih serem buildnya malah fortuner.
CMIIW ya om, menurut rekan saya yg kerja di Toyota, sejak Innova Reborn/ANKI, justru volume makernya adalah Innova 2GD. Bahkan bisa hampir 60% itu 2GD...

Kalau Innova yg generasi sebelumnya memang betul penjualan yg bensin lebih banyak dari yg diesel 2KD
Kejadian di mertua saya, pengen beli innova, jarang pakai mobil jadinya sempat saya saranin bensin aja karena harga beda lumayan juga kan..pakai supir juga , tapi ga mau bensin. tetap pilih diesel.. gpp lebih mahal toh nanti jualnya lebih tinggi.. begitu katanya
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 30 Nov 2021, 21:44
Suryaputra wrote: 30 Nov 2021, 08:31
erwinign wrote: 30 Nov 2021, 08:21

Saya seneng sama formnya inova om, penasaran kl jadi fwd itu respon pasar bakal gimana karena RWD udah senancep itu
Saya pikir company sebesar TAM sudah riset pasar.
Jd produsen bikin produk based on keinginan market.

Otherwise market pienya bisa kemakan sama yg lain :upss:

Again konsumen yg ngerti FWD dan RWD hanya sekian persen.
Apalagi sampai bicara chassis monocoque & ladder.

Yg jelas, klo lihat contoh kasar customer personanya si calon MPV ipah fwd ini adalah:
- family oriented
- suka kenyamanan
- stabil
- suka ruang yg besar dgn harga segitu
- tenaga cukup
- punya income sekian (untuk buying & maintain capability si ipah)
- dsb

Which, setelah diskusi dgn divisi produk / teknis, hal di atas gak mungkin didapat secara maksimal dgn chassis ladder :big_peace:
kok saya ngeliatnya ini attempt bikin FWD + monokok jadi kayak ingin domestikasi Sienna ya :big_biglaugh:

tapi dengan begini saya rasa pasar ekspor buat Innova bisa jadi lebih gede, ditambah platform TNGA yg support elektrifikasi jadinya bisa tuh dijual ke negara maju macem Australia.

nanti klo Innova bentuknya begini saya sih ga heran :big_biglaugh:
Image
Image
Wah ini mah keren amat.
Even sm alphard aja, msh eye catching ini :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1249
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mr_mytplx »

Ane iseng2 buka toyota Ausie, Harga fortuner 2.8 AWD hampir sama lho sama kluger 3.5.

Kl toyota sienna ga dijual di Ausie, jd kemungkinan toyota highlander lebih besar buat gantiin innova, bisa buat ekspor ke ausie sekalian.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rajapb »

Kadang saya bingung, kenapa fenomena debat FWD vs RWD dengan narasi gak bisa nanjak cuma ada di Indonesia? di India yang yang kondisi jalannnya sama kayak kita, mobil terlaris di sana itu maruti yang produknya rata2 FWD (Cuma Innova Doang RWD Laris di sana). Di barat sih emang ada debat FWD vs RWD, tapi narasinya lebih ke driving dynamic (ie, Understeer vs Oversteer, RWD bisa drift lebih fun bla bla bla).
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3409
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by maastricht889 »

rajapb wrote: 30 Nov 2021, 22:41 Kadang saya bingung, kenapa fenomena debat FWD vs RWD dengan narasi gak bisa nanjak cuma ada di Indonesia? di India yang yang kondisi jalannnya sama kayak kita, mobil terlaris di sana itu maruti yang produknya rata2 FWD (Cuma Innova Doang RWD Laris di sana). Di barat sih emang ada debat FWD vs RWD, tapi narasinya lebih ke driving dynamic (ie, Understeer vs Oversteer, RWD bisa drift lebih fun bla bla bla).
RWD bukannya msh ada mahindra kesukaan insp. vijay om? :big_biglaugh:

Mungkin RWD sampe segitunya jg krn kijang sama panther, mpv zebra2an yang masih nancep banget di orang sini ya om. Sama sekarang lagi trennya nostalgia ke jaman2 itu di pasar seken2an. Pdhl scr efisiensi di luar fuel cons, mobil RWD existing di sini ya ga gimana2 banget. Masih menonjol di stigma "kijang harus FWD yg bandel, irit, murah". Padahal mesin 2GD itu udah disel modern yang bukan "murah" lagi dr perawtannya walaupun diberi meditran 15W40 masih asal jalan aja
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

farizfsa wrote: 30 Nov 2021, 21:22
b0ku wrote: 29 Nov 2021, 15:58
farizfsa wrote: 29 Nov 2021, 15:32

Haha tinggal miringin mesin dan konstruksi penggerak depan
gearboxnya beda gan kalo fwd itu kan musti keluar gardan kanan kiri :big_biglaugh: , kalo ambil dari 4x4 bentuk gearboxnya ud manjang ke belakang juga buat gardan belakang :big_biglaugh:
Pastinya dong girboks beda. 2nr aja bs masuk sienta fwd dan avanza rwd. Tinggal diputer2 aja teknisnya yg tdnya lurus jd miring, miring jd lurus
kayak Audi dong om, FWD tapi longitudinal mesinnya :big_biglaugh:

Audi rubah ke AWD juga kayaknya paling ganti girboks aja

Image
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 30 Nov 2021, 21:58 Wah ini mah keren amat.
Even sm alphard aja, msh eye catching ini :big_biglaugh:
saya ngeliat ni Sienna sama Innova banyak miripnya.

sesama disukai semua masyarakat.

bandel, irit, lega dan harganya masih masuk akal :big_biglaugh:

cuma beda di ukuran & tampilan aja :big_biglaugh:
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: 30 Nov 2021, 21:58
darrelund wrote: 30 Nov 2021, 21:44
Suryaputra wrote: 30 Nov 2021, 08:31
Saya pikir company sebesar TAM sudah riset pasar.
Jd produsen bikin produk based on keinginan market.

Otherwise market pienya bisa kemakan sama yg lain :upss:

Again konsumen yg ngerti FWD dan RWD hanya sekian persen.
Apalagi sampai bicara chassis monocoque & ladder.

Yg jelas, klo lihat contoh kasar customer personanya si calon MPV ipah fwd ini adalah:
- family oriented
- suka kenyamanan
- stabil
- suka ruang yg besar dgn harga segitu
- tenaga cukup
- punya income sekian (untuk buying & maintain capability si ipah)
- dsb

Which, setelah diskusi dgn divisi produk / teknis, hal di atas gak mungkin didapat secara maksimal dgn chassis ladder :big_peace:
kok saya ngeliatnya ini attempt bikin FWD + monokok jadi kayak ingin domestikasi Sienna ya :big_biglaugh:

tapi dengan begini saya rasa pasar ekspor buat Innova bisa jadi lebih gede, ditambah platform TNGA yg support elektrifikasi jadinya bisa tuh dijual ke negara maju macem Australia.

nanti klo Innova bentuknya begini saya sih ga heran :big_biglaugh:
Image
Image
Wah ini mah keren amat.
Even sm alphard aja, msh eye catching ini :big_biglaugh:
Wajar sih mbah... Setau nubi yah, harusnya sienna ini kan tandingannya grand sedona/carnival yg baru launching kemaren itu... Kalo kelasnya carnival oddysey dkk itu kan emang gak se-boxy alpat elgrand, jd secara model jg biasanya lebih luwes gituh...

Waktu AN Carnival belon launching di indo, ane dah nyari2 review nya di yutub dan dapet video yutub reviewer taiwan, si nonik reviewer nya ngebandingin si Carnival sama Sienna soalnya. Kalo gasalah inget dimensinya juga mirip2.

Jadi IMHO ya kalo ipah FWD monokok = sienna, rasanya impossible... Yakali nanti ipah harganya 800 jt... Udah ranahnya carnival odyssey itu... Bisa serangan jantung nanti kijang lovers ngeliat harganya :big_chicken:
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

rajapb wrote: 30 Nov 2021, 22:41 Kadang saya bingung, kenapa fenomena debat FWD vs RWD dengan narasi gak bisa nanjak cuma ada di Indonesia? di India yang yang kondisi jalannnya sama kayak kita, mobil terlaris di sana itu maruti yang produknya rata2 FWD (Cuma Innova Doang RWD Laris di sana). Di barat sih emang ada debat FWD vs RWD, tapi narasinya lebih ke driving dynamic (ie, Understeer vs Oversteer, RWD bisa drift lebih fun bla bla bla).
Kalo kata ane sih ini semua mah gara2 BC nya TAM sendiri di masa lalu sih ya oom...

Isu "RWD g4k kU4t n4Nj4K" ini yg ane tau sih ya, asal muasalnya jadi populer kan gara2 bermula pas launchingnya OGL. TAM tampaknya ketakutan dan munculah ide buat bikin BC bahwa ipah tuh RWD jadi lebih kuat nanjak dan lebih tangguh drpd OGL, jd gamungkin lah OGL itu ipah killer... Lanjut lagi sampe ke eranya ertiga dan spin. Bahkan yg di eranya ertiga dan spin ini, kalo ente nyari sendiri di yutub tuh masih ada tuh video BC nya yg buat sales training, yg jelas2 isinya ngebandingin xenia vs er3 dan xenia vs spin yg isinya ngejelek2in kompetitior, salah satunya ya isu FWD RWD ini.

Semakin hot lagi digaungkan pas xpander launching... Xpander ini soalnya bener2 salah satu benda yang kayanya paling ngefek ke penjualan avxen, keliatan dari data wholesales avxen yg jd lebih kecil abis xpander launching. Makin gencar lagi lah mereka nge-BC FWD RWD ini...

Hasilnya, sebagian netijen yg mungkin terlalu nganggep serius itu BC, fanboy, haters, ikut2an kemakan isu FWD RWD ini. Bahkan mereka juga ikut menggembar-gemborkan di dumay. Hasilnya, sekarang malah jadi senjata makan tuan bagi atoyot sendiri khususnya di dumay. Kalo di real world sih ga seberapa ngaruh lah ya. Buktinya yg beli avxen FWD, calsig, agya ayla, dan kompetitor2nya avxen yg pada FWD semua tetep banyak2 aja tuh...

CMIIW ya... :big_peace:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1551
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2021, 23:51
Kalo kata ane sih ini semua mah gara2 BC nya TAM sendiri di masa lalu sih ya oom...

Isu "RWD g4k kU4t n4Nj4K" ini yg ane tau sih ya, asal muasalnya jadi populer kan gara2 bermula pas launchingnya OGL. TAM tampaknya ketakutan dan munculah ide buat bikin BC bahwa ipah tuh RWD jadi lebih kuat nanjak dan lebih tangguh drpd OGL, jd gamungkin lah OGL itu ipah killer... Lanjut lagi sampe ke eranya ertiga dan spin. Bahkan yg di eranya ertiga dan spin ini, kalo ente nyari sendiri di yutub tuh masih ada tuh video BC nya yg buat sales training, yg jelas2 isinya ngebandingin xenia vs er3 dan xenia vs spin yg isinya ngejelek2in kompetitior, salah satunya ya isu FWD RWD ini.

Semakin hot lagi digaungkan pas xpander launching... Xpander ini soalnya bener2 salah satu benda yang kayanya paling ngefek ke penjualan avxen, keliatan dari data wholesales avxen yg jd lebih kecil abis xpander launching. Makin gencar lagi lah mereka nge-BC FWD RWD ini...

Hasilnya, sebagian netijen yg mungkin terlalu nganggep serius itu BC, fanboy, haters, ikut2an kemakan isu FWD RWD ini. Bahkan mereka juga ikut menggembar-gemborkan di dumay. Hasilnya, sekarang malah jadi senjata makan tuan bagi atoyot sendiri khususnya di dumay. Kalo di real world sih ga seberapa ngaruh lah ya. Buktinya yg beli avxen FWD, calsig, agya ayla, dan kompetitor2nya avxen yg pada FWD semua tetep banyak2 aja tuh...

CMIIW ya... :big_peace:
cuma narasinya bener2x ngaco dengan gambar mobil FWD ban depannya berasep, sebenernya bukan gak kuat najak tapi FWD lebih gampang gak dapet traksi di tanjakan kalo bannya ngegrip mah nanjak2x aja kalo gak kuat najak mah bannya mana spin sampe berasep :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3291
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

b0ku wrote: 30 Nov 2021, 21:11
kalo di pasaran second sih dieselnya susah banget kalo sampe 60% pada kemana unitnya masuk ke PT semua kali jangan2x :big_bored:
susah karena ada 2 kemungkinan, kalo yg saya perhatiin ya, kebetulan saya pemain mobekas juga. kalo di jakarta, rata2 kalo yg bagus2 udh diambil sm pedagang atau pemake di luar jakarta alias daerah, karena peminatnya masih cukup banyak disana, sedangkan kalo di daerah, rata2 di keep kaya yg om elaendrew bilang, karena mobilnya lega, muat banyak, irit bbm, perawatan murah, partnya gampang ada dimana mana dan kalo dijual lagi harganya ga jatoh2 amat + rata2 orang kalo di luar jakarta juga make mobil minimal 5 tahun atau lebih hehehe menurut pengamatan sotoy saya
elraedrew wrote: 30 Nov 2021, 21:48
Kejadian di mertua saya, pengen beli innova, jarang pakai mobil jadinya sempat saya saranin bensin aja karena harga beda lumayan juga kan..pakai supir juga , tapi ga mau bensin. tetap pilih diesel.. gpp lebih mahal toh nanti jualnya lebih tinggi.. begitu katanya
selain harga jual lebih tinggi, apalagi kalo ambil yg matic, konsumsi bbmnya juga lebih irit + torsinya lebih gede juga dibanding yg bensin. kebetulan udh pernah test drive dua duanya, saya pribadi emg lebih prefer yg diesel daripada bensin, kalo yg bensin entah knp tarikannya agak kurang dan konsumsi bbmnya gak gitu hemat dibanding yg varian dieselnya
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2517
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

b0ku wrote: 01 Dec 2021, 07:27
rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2021, 23:51
Kalo kata ane sih ini semua mah gara2 BC nya TAM sendiri di masa lalu sih ya oom...

Isu "RWD g4k kU4t n4Nj4K" ini yg ane tau sih ya, asal muasalnya jadi populer kan gara2 bermula pas launchingnya OGL. TAM tampaknya ketakutan dan munculah ide buat bikin BC bahwa ipah tuh RWD jadi lebih kuat nanjak dan lebih tangguh drpd OGL, jd gamungkin lah OGL itu ipah killer... Lanjut lagi sampe ke eranya ertiga dan spin. Bahkan yg di eranya ertiga dan spin ini, kalo ente nyari sendiri di yutub tuh masih ada tuh video BC nya yg buat sales training, yg jelas2 isinya ngebandingin xenia vs er3 dan xenia vs spin yg isinya ngejelek2in kompetitior, salah satunya ya isu FWD RWD ini.

Semakin hot lagi digaungkan pas xpander launching... Xpander ini soalnya bener2 salah satu benda yang kayanya paling ngefek ke penjualan avxen, keliatan dari data wholesales avxen yg jd lebih kecil abis xpander launching. Makin gencar lagi lah mereka nge-BC FWD RWD ini...

Hasilnya, sebagian netijen yg mungkin terlalu nganggep serius itu BC, fanboy, haters, ikut2an kemakan isu FWD RWD ini. Bahkan mereka juga ikut menggembar-gemborkan di dumay. Hasilnya, sekarang malah jadi senjata makan tuan bagi atoyot sendiri khususnya di dumay. Kalo di real world sih ga seberapa ngaruh lah ya. Buktinya yg beli avxen FWD, calsig, agya ayla, dan kompetitor2nya avxen yg pada FWD semua tetep banyak2 aja tuh...

CMIIW ya... :big_peace:
cuma narasinya bener2x ngaco dengan gambar mobil FWD ban depannya berasep, sebenernya bukan gak kuat najak tapi FWD lebih gampang gak dapet traksi di tanjakan kalo bannya ngegrip mah nanjak2x aja kalo gak kuat najak mah bannya mana spin sampe berasep :big_biglaugh:
Kalo mau fair ya jangan cuma nanjak maju, nanjak mundur juga.
:mky_03:

GNKI saya kalo masuk garasi mundur apalagi kalo mobil kosong dan lantai basah, itu 90% pasti selip. Jadi mungkin power sih ada, lebih dari cukup malah, cuma kalo ngga ada traksi ya tetep aja ngga bisa nanjak.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3291
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2021, 23:51
rajapb wrote: 30 Nov 2021, 22:41 Kadang saya bingung, kenapa fenomena debat FWD vs RWD dengan narasi gak bisa nanjak cuma ada di Indonesia? di India yang yang kondisi jalannnya sama kayak kita, mobil terlaris di sana itu maruti yang produknya rata2 FWD (Cuma Innova Doang RWD Laris di sana). Di barat sih emang ada debat FWD vs RWD, tapi narasinya lebih ke driving dynamic (ie, Understeer vs Oversteer, RWD bisa drift lebih fun bla bla bla).
Kalo kata ane sih ini semua mah gara2 BC nya TAM sendiri di masa lalu sih ya oom...

Isu "RWD g4k kU4t n4Nj4K" ini yg ane tau sih ya, asal muasalnya jadi populer kan gara2 bermula pas launchingnya OGL. TAM tampaknya ketakutan dan munculah ide buat bikin BC bahwa ipah tuh RWD jadi lebih kuat nanjak dan lebih tangguh drpd OGL, jd gamungkin lah OGL itu ipah killer... Lanjut lagi sampe ke eranya ertiga dan spin. Bahkan yg di eranya ertiga dan spin ini, kalo ente nyari sendiri di yutub tuh masih ada tuh video BC nya yg buat sales training, yg jelas2 isinya ngebandingin xenia vs er3 dan xenia vs spin yg isinya ngejelek2in kompetitior, salah satunya ya isu FWD RWD ini.

Semakin hot lagi digaungkan pas xpander launching... Xpander ini soalnya bener2 salah satu benda yang kayanya paling ngefek ke penjualan avxen, keliatan dari data wholesales avxen yg jd lebih kecil abis xpander launching. Makin gencar lagi lah mereka nge-BC FWD RWD ini...

Hasilnya, sebagian netijen yg mungkin terlalu nganggep serius itu BC, fanboy, haters, ikut2an kemakan isu FWD RWD ini. Bahkan mereka juga ikut menggembar-gemborkan di dumay. Hasilnya, sekarang malah jadi senjata makan tuan bagi atoyot sendiri khususnya di dumay. Kalo di real world sih ga seberapa ngaruh lah ya. Buktinya yg beli avxen FWD, calsig, agya ayla, dan kompetitor2nya avxen yg pada FWD semua tetep banyak2 aja tuh...

CMIIW ya... :big_peace:
setuju om. dan paham tersebut masih mengakar kuat sampe sekarang menurut pengamatan sotoy saya ,terutama diluar jawa. gaheran kalo harga mobil rwd kaya kisul, panther, avxen lama, rushter lama atau innova diesel , pajero or fortuner model lama masih cukup nahan dan stabil sampe sekarang, karena ya peminatnya di daerah masih banyak. selain faktor karena emg lega, muat banyak, perawatan murah, bandel , awet, partnya gampang ada dimana mana + kalo dijual lagi ga jatoh2 amat harganya, serta pilihan merek disana yg terbatas ya, lebih condong ke merek mainstream aja yg bengkelnya ada disana + opsi unit sekennya yg memang lebih terbatas dibanding di jakarta , sedangkan kalo di jakartanya sendiri model2 itu udh cukup jarang ditemuin di jalan, rata2 udh pada pindah ke generasi terbarunya kaya ANKI, ANF atau ANPS wkwkwk

kalo yg beli model FWD, mayoritas emg tinggal di perkotaan kaya jakarta kalo menurut pengamatan sotoy saya, sedangkan kalo di daerah terutama yg banyak tanjakkan atau yg kualitas jalannya masih kurang baik, mereka masih lebih prefer RWD rata2 menurut saya hehehe
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Zaxis »

Mantap nih kalo inova berubah jadi kluger

Yg versi pfl kluger kan uda mirip ama inova

Paling harga lompat jadi mepet 600 jt
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

kemungkinan, Voxy bisa jadi discontinue :ngacir:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11404
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

faridrach wrote: 30 Nov 2021, 19:12
CMIIW ya om, menurut rekan saya yg kerja di Toyota, sejak Innova Reborn/ANKI, justru volume makernya adalah Innova 2GD. Bahkan bisa hampir 60% itu 2GD...

Kalau Innova yg generasi sebelumnya memang betul penjualan yg bensin lebih banyak dari yg diesel 2KD
ic... berarti sekarang udah shifting ya. inget old innova dulu kan yang laris malah versi bensin walaupun blakangan dieselnya juga kenceng sih... masih rilisnya deket era panther dan kijang diesel yang identik berasap dan suara berisik... skrg mungkin udah beda paradigma nya.

cm innova gak se ekstrim fortuner mungkin dari 100 fortuner yang bensin cuma 10% gak sampe :big_biglaugh:
rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2021, 23:51
rajapb wrote: 30 Nov 2021, 22:41 Kadang saya bingung, kenapa fenomena debat FWD vs RWD dengan narasi gak bisa nanjak cuma ada di Indonesia? di India yang yang kondisi jalannnya sama kayak kita, mobil terlaris di sana itu maruti yang produknya rata2 FWD (Cuma Innova Doang RWD Laris di sana). Di barat sih emang ada debat FWD vs RWD, tapi narasinya lebih ke driving dynamic (ie, Understeer vs Oversteer, RWD bisa drift lebih fun bla bla bla).
Kalo kata ane sih ini semua mah gara2 BC nya TAM sendiri di masa lalu sih ya oom...
nah klo sempat liat buletin marketing tam yang sempet bocor sih emang jelekin cari cari kelemahan kompetitornya niat banget sampe hal kecil aja diurusin. itu mungkin video aslinya jg cm buat disebar ke kalangan sendiri tp ud nyebar kemana-mana.... soalnya obvious banget yang dipake contoh OGL.

dan as always bahasa marketing tuh emang buat appeal ke orang banyak jadi ya.... narasi gini lebih gampang nancep daripada musti belajar susah-susah tentang konsep final gear, crawling gear, opendiff, LSD, ya lebih gampang memahami kalo RWD = kuat nanjak.

ya nggak salah sepenuhnya memang secara fisika klo ada beban RWD akan lebih diuntungkan, tapi itupun dengan catatan tanjakannya klo curam dan gak punya crawling gear ya keok keok aja, orang truk muatan aja lewat tanjakan curam bisa keok padahal kurang gede apa torsinya dan kurang sangar apa muatannya.

tapi bahasa marketing yang ekstrem itu kan lebih menarik. jualan ketakutan tuh dari dulu enak buat control the masses. dan toyota astra tau itu, makanya dijual "nih daripada lo beli OGL gak kuat nanjak beli aja avanza, RWD, pasti kuat nanjak".

dulu sampe pernah kok orang PR nya tam bilang "kalo suv sejati itu ya pake RWD". dia kan mo nembak CRV xtrail.

yaaaa yang b*go yang dijadiin contoh toyota rush lokal. RWD gak ada difflock nya gak ada LSDnya kena lumpur ya tetep keok. yang lebih konyol lagi dia punya lexus RX270 yang fwd gak inget apa :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 08:11
b0ku wrote: 01 Dec 2021, 07:27
rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2021, 23:51
Kalo kata ane sih ini semua mah gara2 BC nya TAM sendiri di masa lalu sih ya oom...

Isu "RWD g4k kU4t n4Nj4K" ini yg ane tau sih ya, asal muasalnya jadi populer kan gara2 bermula pas launchingnya OGL. TAM tampaknya ketakutan dan munculah ide buat bikin BC bahwa ipah tuh RWD jadi lebih kuat nanjak dan lebih tangguh drpd OGL, jd gamungkin lah OGL itu ipah killer... Lanjut lagi sampe ke eranya ertiga dan spin. Bahkan yg di eranya ertiga dan spin ini, kalo ente nyari sendiri di yutub tuh masih ada tuh video BC nya yg buat sales training, yg jelas2 isinya ngebandingin xenia vs er3 dan xenia vs spin yg isinya ngejelek2in kompetitior, salah satunya ya isu FWD RWD ini.

Semakin hot lagi digaungkan pas xpander launching... Xpander ini soalnya bener2 salah satu benda yang kayanya paling ngefek ke penjualan avxen, keliatan dari data wholesales avxen yg jd lebih kecil abis xpander launching. Makin gencar lagi lah mereka nge-BC FWD RWD ini...

Hasilnya, sebagian netijen yg mungkin terlalu nganggep serius itu BC, fanboy, haters, ikut2an kemakan isu FWD RWD ini. Bahkan mereka juga ikut menggembar-gemborkan di dumay. Hasilnya, sekarang malah jadi senjata makan tuan bagi atoyot sendiri khususnya di dumay. Kalo di real world sih ga seberapa ngaruh lah ya. Buktinya yg beli avxen FWD, calsig, agya ayla, dan kompetitor2nya avxen yg pada FWD semua tetep banyak2 aja tuh...

CMIIW ya... :big_peace:
cuma narasinya bener2x ngaco dengan gambar mobil FWD ban depannya berasep, sebenernya bukan gak kuat najak tapi FWD lebih gampang gak dapet traksi di tanjakan kalo bannya ngegrip mah nanjak2x aja kalo gak kuat najak mah bannya mana spin sampe berasep :big_biglaugh:
Kalo mau fair ya jangan cuma nanjak maju, nanjak mundur juga.
:mky_03:

GNKI saya kalo masuk garasi mundur apalagi kalo mobil kosong dan lantai basah, itu 90% pasti selip. Jadi mungkin power sih ada, lebih dari cukup malah, cuma kalo ngga ada traksi ya tetep aja ngga bisa nanjak.
Hahaha... relate banget sih ini. Gerasi ane jg ada nanjak tapi nanjaknya dikit doang sih. Tapi dulu waktu make xenia, kalo start mundur pas posisi ban depan nempel ke tanjakan, ya auto slip karena ga ada ancang2. Apalagi kalo ujan2 bannya basah licin... Sekarang make er3 mah no issue urusan begituan. Mau ban depan nempel ke tanjakan terus langsung geber mundur gaspol jg gabakal selip. Kadang jg kalo lagi ngepasin posisi parkir, mobil lagi melorot maju pun langsung ane geber mudur jg langsung wuss naik aja... Seraya dalam hati ane ngomon "apa itu selip" wkwkwkwk... :mky_07:

Nih kalo pro driver tuh begini nih... Mau FWD let say hilang grip di tanjakan curam berbatu, tinggal putar balik nanjaknya...

:big_biglaugh: :big_weee:
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

b0ku wrote: 01 Dec 2021, 07:27
rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2021, 23:51
Kalo kata ane sih ini semua mah gara2 BC nya TAM sendiri di masa lalu sih ya oom...

Isu "RWD g4k kU4t n4Nj4K" ini yg ane tau sih ya, asal muasalnya jadi populer kan gara2 bermula pas launchingnya OGL. TAM tampaknya ketakutan dan munculah ide buat bikin BC bahwa ipah tuh RWD jadi lebih kuat nanjak dan lebih tangguh drpd OGL, jd gamungkin lah OGL itu ipah killer... Lanjut lagi sampe ke eranya ertiga dan spin. Bahkan yg di eranya ertiga dan spin ini, kalo ente nyari sendiri di yutub tuh masih ada tuh video BC nya yg buat sales training, yg jelas2 isinya ngebandingin xenia vs er3 dan xenia vs spin yg isinya ngejelek2in kompetitior, salah satunya ya isu FWD RWD ini.

Semakin hot lagi digaungkan pas xpander launching... Xpander ini soalnya bener2 salah satu benda yang kayanya paling ngefek ke penjualan avxen, keliatan dari data wholesales avxen yg jd lebih kecil abis xpander launching. Makin gencar lagi lah mereka nge-BC FWD RWD ini...

Hasilnya, sebagian netijen yg mungkin terlalu nganggep serius itu BC, fanboy, haters, ikut2an kemakan isu FWD RWD ini. Bahkan mereka juga ikut menggembar-gemborkan di dumay. Hasilnya, sekarang malah jadi senjata makan tuan bagi atoyot sendiri khususnya di dumay. Kalo di real world sih ga seberapa ngaruh lah ya. Buktinya yg beli avxen FWD, calsig, agya ayla, dan kompetitor2nya avxen yg pada FWD semua tetep banyak2 aja tuh...

CMIIW ya... :big_peace:
cuma narasinya bener2x ngaco dengan gambar mobil FWD ban depannya berasep, sebenernya bukan gak kuat najak tapi FWD lebih gampang gak dapet traksi di tanjakan kalo bannya ngegrip mah nanjak2x aja kalo gak kuat najak mah bannya mana spin sampe berasep :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

Itumah ketauan banget disengaja ya oom... :upss:

Mobil berenti di tanjakan yang curam banget, terus pas startnya lagi park brake masih aktif. Kalo matic caranya langsung pedal to metal, kalo manual caranya gaspol dulu pedal gasnya terus lepas kopling secara mendadak... Auto burnout deh :big_peace:

Btw sebenernya kalo mau burnout pake mobil FWD asal ada tanjakan yang rada curam sebenernya lebih gampang lagi ya. Kalo RWD kan kudu ngandelin rem kaki, kalo FWD mah cuma mainin park brake aja dan gaspoolll :big_weee:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3366
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: 01 Dec 2021, 08:17 setuju om. dan paham tersebut masih mengakar kuat sampe sekarang menurut pengamatan sotoy saya ,terutama diluar jawa. gaheran kalo harga mobil rwd kaya kisul, panther, avxen lama, rushter lama atau innova diesel , pajero or fortuner model lama masih cukup nahan dan stabil sampe sekarang, karena ya peminatnya di daerah masih banyak. selain faktor karena emg lega, muat banyak, perawatan murah, bandel , awet, partnya gampang ada dimana mana + kalo dijual lagi ga jatoh2 amat harganya, serta pilihan merek disana yg terbatas ya, lebih condong ke merek mainstream aja yg bengkelnya ada disana + opsi unit sekennya yg memang lebih terbatas dibanding di jakarta , sedangkan kalo di jakartanya sendiri model2 itu udh cukup jarang ditemuin di jalan, rata2 udh pada pindah ke generasi terbarunya kaya ANKI, ANF atau ANPS wkwkwk

kalo yg beli model FWD, mayoritas emg tinggal di perkotaan kaya jakarta kalo menurut pengamatan sotoy saya, sedangkan kalo di daerah terutama yg banyak tanjakkan atau yg kualitas jalannya masih kurang baik, mereka masih lebih prefer RWD rata2 menurut saya hehehe
orang di luar kota besar bahkan di jawa saja, mana pernah service selain ganti oli. kenapa? karena ga mau bayar (pelit) dan kalaupun mau ya sedikit sekali bengkel umum yang bisa kerjakan dan mumpuni, spare part bisalah beli di tokped tapi yang ngerjain kan tetap mekanik. nah cocoklah dengan diesel kan yang cuma isi solar doang udah jalan, paling ganti oli.

makanya cari mobil ga jauh2 dari merek itu2 saja, merek lain yg beredar disini kemungkinan besar hanya dipake sekian tahun terus dijual itupun dengan plat kota besar. makanya pedege mobkas ogah beli mobil plat nomor di luar kota besar, karena biasanya ga pernah di service :big_biglaugh:

soal FWD atau RWD ini ya balik ke faktor paling awal: urusan service. lah cari bengkel yg bisa service saja sulit, sedangkan bengkel resmi "mahal" apalagi service itu steering rack. mendingan beli RWD yg ga perlu diservice :big_biglaugh:
Post Reply