Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: 27 Dec 2007, 09:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Dogies »

Ini yg membuat ipah seken harganya naek ya... :big_peace:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

b0ku wrote: 06 Dec 2021, 09:50
ChZ wrote: 06 Dec 2021, 09:31
klo sienta alamat gak dihidupin lagi sih emang :upss:

voxy entahlah klo di kota besar peminatnya banyak sih.
voxy keknya gak mungkin mati saya aja minat beliin buat nyokap, mobil macem voxy cocok buat orang tua atep tinggi tapi floornya rendah orang tua gampang masuk dan alternatif buat yang gak sanggup beli alphard tapi butuh mobil kek alphard jd marketnya ada dan di jalan pun banyak :big_biglaugh:

nyokap aja suka ngeluh sama pajero ketinggian naeknya susah :big_biglaugh:

kalo sienta mah aneh aja toyota mau jualan tuh unit padahal freed aja ud mau cabs :big_biglaugh:
Iyes setuju ini, buat orang tua atau ibu2 yang suka pakai kebaya, naik Voxy jauh lebih mudah dibanding Innova.

Pengalaman waktu itu pernah nemenin ortu ke acara, berangkat dijemput nya pake Voxy, pulangnya pake Venturer. Setengah mati naik ke row ke 2 nya venturer
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9520
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 06 Dec 2021, 11:04
Suryaputra wrote: 06 Dec 2021, 10:08 Lah freed kan emg wassalam di indo :big_biglaugh:
iya kan gak lama setelah keluar juga sienta sepi jualannya, freed juga gitu awal keluar PEDE mampus overstock diskonnya jadi gila cuma lama2x makin pinter stocknya discnya jd kecil :big_biglaugh:
Padahal mbl enak tuh dulu.
Kaki2nya berasa lbh kokoh dibanding mpv honda yg sekarang (lio).
Dan sasisnya lbh rigid (basisnya GE8)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 06 Dec 2021, 11:59
Padahal mbl enak tuh dulu.
Kaki2nya berasa lbh kokoh dibanding mpv honda yg sekarang (lio).
Dan sasisnya lbh rigid (basisnya GE8)
keknya di banding ge juga bagusan itu dulu saya pake 10th sampe 125rban cuma kena shock belakang doank rem aja yang sering ganti kampas tapi disc geter aja engak ditambah power windownya juga awet ge8 ud ko switchnya, bukan lebih rigid lebih ngerip karena bodynya lebih berat :big_biglaugh:
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 23 Nov 2007, 12:52

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by neo300400 »

2x pake fwd selalu gak lama dipake
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vanosz »

neo300400 wrote: 22 Feb 2022, 14:58 2x pake fwd selalu gak lama dipake
:big_biglaugh:

rwd,joss,fun driv
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

Sebenarnya rumor tentang Innova FWD hybrid ini bukan hal yang baru. Seingat ane sudah ada bbrp bocoran halus sejak tahun 2016an di bbrp media online.

Hal yg pertama muncul dalam benak ane adalah pertanyaan kenapa Innova gen.3 akan meninggalkan formula ladder frame + RWD yg populer di negara berkembang dan beralih ke sasis monokok + FWD + hybrid?
Ada dua jawaban yg paling masuk akal:
  1. Peraturan emisi yg makin ketat beberapa negara dengan penjualan Innova yg kuat seperti India dan Indonesia, bahkan peraturan perpajakan pun dikaitkan dengan emisi. Mesin diesel diprediksi akan semakin sulit utk memenuhi persyaratan emisi terbaru setelah BS6. Sementara itu mobil dengan platform IMV2 bobotnya mencapai 2 ton (lebih berat 200kg dibanding IMV) padahal bobot berbanding terbalik dengan emisi.
  • Efisiensi cost RnD dan produksi. Berhubung masa depan mesin ICE semakin meredup, dlm bbrp tahun ini Toyota melakukan efisiensi dengan mereduksi varian mesin ICE dari 800an jenis menjadi hanya 17. Hal ini sejalan dengan usaha Toyota untuk menyederhanakan varian platform dari 100an menjadi (so far) 5 platform dalam keluarga TNGA. Menurut mbah Wiki, cost TNGA 20% lebih rendah dibanding platform2 lama.

Bocoran awal, Innova gen.3 ini akan diluncurkan di 2021. Pd waktu itu terdengar kurang masuk akal karena biasanya Kijang dan Innova punya life cycle cukup panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Setelah adem ayem di 2021, lalu muncullah spyshot sesosok mobil dengan bentuk mirip Innova gen.2 namun tail light berbeda dan velg extra besar. Hmmm… apakah Innova reborn akan mendapat FL lagi dalam waktu dekat?

Image

Namun demikian, ada satu perbedaan lagi pada "test mule" ini : sekilas GC-nya lebih rendah dibanding Innova reborn. Ini bisa dilihat dari side skirt yang lebih rendah dari hub roda, seperti mpv monokok pada umumnya.
Apakah itu sebuah reborn yang diceperin?? Bisa jadi! Tapi kalau dibandingin foto2 reborn ceper, test mule ini gak kelihatan nyelup. Fendernya kelihatan proporsional dan celah dengan ban masih cukup normal.

Hmmm.. Walau sedikit ragu, utk sementara ane tarik kesimpulan Innova gen.3 memang pake sasis monokok.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

3mul wrote: 07 Mar 2022, 15:19 Sebenarnya rumor tentang Innova FWD hybrid ini bukan hal yang baru. Seingat ane sudah ada bbrp bocoran halus sejak tahun 2016an di bbrp media online.

Hal yg pertama muncul dalam benak ane adalah pertanyaan kenapa Innova gen.3 akan meninggalkan formula ladder frame + RWD yg populer di negara berkembang dan beralih ke sasis monokok + FWD + hybrid?
Ada dua jawaban yg paling masuk akal:
  1. Peraturan emisi yg makin ketat beberapa negara dengan penjualan Innova yg kuat seperti India dan Indonesia, bahkan peraturan perpajakan pun dikaitkan dengan emisi. Mesin diesel diprediksi akan semakin sulit utk memenuhi persyaratan emisi terbaru setelah BS6. Sementara itu mobil dengan platform IMV2 bobotnya mencapai 2 ton (lebih berat 200kg dibanding IMV) padahal bobot berbanding terbalik dengan emisi.
  • Efisiensi cost RnD dan produksi. Berhubung masa depan mesin ICE semakin meredup, dlm bbrp tahun ini Toyota melakukan efisiensi dengan mereduksi varian mesin ICE dari 800an jenis menjadi hanya 17. Hal ini sejalan dengan usaha Toyota untuk menyederhanakan varian platform dari 100an menjadi (so far) 5 platform dalam keluarga TNGA. Menurut mbah Wiki, cost TNGA 20% lebih rendah dibanding platform2 lama.

Bocoran awal, Innova gen.3 ini akan diluncurkan di 2021. Pd waktu itu terdengar kurang masuk akal karena biasanya Kijang dan Innova punya life cycle cukup panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Setelah adem ayem di 2021, lalu muncullah spyshot sesosok mobil dengan bentuk mirip Innova gen.2 namun tail light berbeda dan velg extra besar. Hmmm… apakah Innova reborn akan mendapat FL lagi dalam waktu dekat?

Image

Namun demikian, ada satu perbedaan lagi pada "test mule" ini : sekilas GC-nya lebih rendah dibanding Innova reborn. Ini bisa dilihat dari side skirt yang lebih rendah dari hub roda, seperti mpv monokok pada umumnya.
Apakah itu sebuah reborn yang diceperin?? Bisa jadi! Tapi kalau dibandingin foto2 reborn ceper, test mule ini gak kelihatan nyelup. Fendernya kelihatan proporsional dan celah dengan ban masih cukup normal.

Hmmm.. Walau sedikit ragu, utk sementara ane tarik kesimpulan Innova gen.3 memang pake sasis monokok.
Monocoque.. yes, please :mky_02:
FWD.. no problemo
Hybrid? berarti space di belakang bawah itu bakal dipakai buat naro battery :big_think:

yang penting, suspensi belakang tolong jangan pakai Torsion Beam. Cost cuttingnya ke sektor lain aja ya, aToyot ga perlu diajarin kalo urusan satu ini :big_peace:
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alexand »

kalo bisa sih tetep ada varian diesel walaupun berubah jadi monokok, sukur2 tetep RWD

TNGA F mungkin masih bisa di pakai buat kijang supaya tetep bisa RWD
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

alexand wrote: 07 Mar 2022, 15:31 kalo bisa sih tetep ada varian diesel walaupun berubah jadi monokok, sukur2 tetep RWD

TNGA F mungkin masih bisa di pakai buat kijang supaya tetep bisa RWD
GA-F itu isinya full sized SUV semua (TLC, Tundra,Sequoia). terlalu banyak yang diubah kalo dari mobil-mobil begini di "downgrade" buat innova. dari ukuran modifikasi platformnya saja udah susah banget.

artinya kalo mau bikin MPV based ke TNGA F ya innova nya harus naik kelas lagi. dan pertanyaannya secara market yang beli siapa gitu kan?

innova kalo udah nyentuh 800 juta 900 juta ya orang +62 akan tetep milih alphard :big_peace: sementara skrg nyentuh 500 juta aja udah pada berteriak.

itu juga kan kenapa kok fortuner hilux ga pake aja sasis TLC yang proven dari jaman baheula malah bikin platform IMV baru. sebenarnya kalopun innova ganti jadi FWD TNGA C, IMV akan tetap ada krn ini potensial banget di emerging market. oz dan thai cinta banget mobil mobil begini. hanya produknya cuma hilux dan fortuner.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by adriangaut »

3mul wrote: 07 Mar 2022, 15:19 Sebenarnya rumor tentang Innova FWD hybrid ini bukan hal yang baru. Seingat ane sudah ada bbrp bocoran halus sejak tahun 2016an di bbrp media online.

Hal yg pertama muncul dalam benak ane adalah pertanyaan kenapa Innova gen.3 akan meninggalkan formula ladder frame + RWD yg populer di negara berkembang dan beralih ke sasis monokok + FWD + hybrid?
Ada dua jawaban yg paling masuk akal:
  1. Peraturan emisi yg makin ketat beberapa negara dengan penjualan Innova yg kuat seperti India dan Indonesia, bahkan peraturan perpajakan pun dikaitkan dengan emisi. Mesin diesel diprediksi akan semakin sulit utk memenuhi persyaratan emisi terbaru setelah BS6. Sementara itu mobil dengan platform IMV2 bobotnya mencapai 2 ton (lebih berat 200kg dibanding IMV) padahal bobot berbanding terbalik dengan emisi.
  • Efisiensi cost RnD dan produksi. Berhubung masa depan mesin ICE semakin meredup, dlm bbrp tahun ini Toyota melakukan efisiensi dengan mereduksi varian mesin ICE dari 800an jenis menjadi hanya 17. Hal ini sejalan dengan usaha Toyota untuk menyederhanakan varian platform dari 100an menjadi (so far) 5 platform dalam keluarga TNGA. Menurut mbah Wiki, cost TNGA 20% lebih rendah dibanding platform2 lama.

Bocoran awal, Innova gen.3 ini akan diluncurkan di 2021. Pd waktu itu terdengar kurang masuk akal karena biasanya Kijang dan Innova punya life cycle cukup panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Setelah adem ayem di 2021, lalu muncullah spyshot sesosok mobil dengan bentuk mirip Innova gen.2 namun tail light berbeda dan velg extra besar. Hmmm… apakah Innova reborn akan mendapat FL lagi dalam waktu dekat?

Image

Namun demikian, ada satu perbedaan lagi pada "test mule" ini : sekilas GC-nya lebih rendah dibanding Innova reborn. Ini bisa dilihat dari side skirt yang lebih rendah dari hub roda, seperti mpv monokok pada umumnya.
Apakah itu sebuah reborn yang diceperin?? Bisa jadi! Tapi kalau dibandingin foto2 reborn ceper, test mule ini gak kelihatan nyelup. Fendernya kelihatan proporsional dan celah dengan ban masih cukup normal.

Hmmm.. Walau sedikit ragu, utk sementara ane tarik kesimpulan Innova gen.3 memang pake sasis monokok.
Ini bisa aja development mule innova baru

Chassis baru, internal baru, tapi diteplokin body lama biar orang” nggak gitu ngeh perubahannya dimana

Nanti versi produksinya bisa aja berubah drastis dari proporsinya
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

kayanya menarique nih bahas platform.

Dari semua platform TNGA yg ada:
  • GA-B: kelas subcompact FWD, terlalu kecil buat innova
  • GA-C: kelas compact FWD/AWD/eAWD, tapi ada juga yg masuk kategori mid seperti Noah/Voxy R90.
  • GA-F: full size SUV 4WD. sama dgn om CHZ, saya pikir less likely dipake innova
  • GA-K: kelas midsize-fullsize FWD/AWD macam Camry / Sienna. ini juga masuk akal karena ukurannya dekat dengan innova gen.2. Tapiiii... harganya bakal melambung
  • GA-L: kelas fullsize / luxury satu-nya TNGA yang RWD selain juga AWD. fans berat RWD pasti berharap innova gen.3 pake platform ini. Sayangnya harganya bakal makin tak terjangkau
kelihatannya yg paling masuk akal diadaptasi utk innova adalah GA-C karena bisa dikembangin dari Noah.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

3mul wrote: 07 Mar 2022, 17:03 kayanya menarique nih bahas platform.

Dari semua platform TNGA yg ada:
  • GA-B: kelas subcompact FWD, terlalu kecil buat innova
  • GA-C: kelas compact FWD/AWD/eAWD, tapi ada juga yg masuk kategori mid seperti Noah/Voxy R90.
  • GA-F: full size SUV 4WD. sama dgn om CHZ, saya pikir less likely dipake innova
  • GA-K: kelas midsize-fullsize FWD/AWD macam Camry / Sienna. ini juga masuk akal karena ukurannya dekat dengan innova gen.2. Tapiiii... harganya bakal melambung
  • GA-L: kelas fullsize / luxury satu-nya TNGA yang RWD selain juga AWD. fans berat RWD pasti berharap innova gen.3 pake platform ini. Sayangnya harganya bakal makin tak terjangkau
kelihatannya yg paling masuk akal diadaptasi utk innova adalah GA-C karena bisa dikembangin dari Noah.
feeling si tetap hilux based. biarpun anak tiri tapi lumayan kan kalau bisa kaya sekarang setahun laku seratus ribuan unit total. dibikin FWD juga bisa, hybrid? gampanglah, taro saja batere di kolong kecilin tangki bbm sedikit that's the beauty of hybrid, small pack big power, motornya? gampang bikin saja model Tundra 2022.
apalagi di dunia ini ga banyak MPV segede gitu non sliding door. dipikir2 abis cek wiki soal mobil toyota, dari segitu banyak toyota, si Innova ini emang antik sendiri, mid-MPV tapi non sliding door. yg seukuran malah kategori Van.

tapi ya siapa tahu, toyota baik hati, beneran bikin dari TNGA :big_love: kaya avanza lah, beneran jadi mobil :big_biglaugh:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

adriangaut wrote: 07 Mar 2022, 16:10 Ini bisa aja development mule innova baru

Chassis baru, internal baru, tapi diteplokin body lama biar orang” nggak gitu ngeh perubahannya dimana

Nanti versi produksinya bisa aja berubah drastis dari proporsinya
biasanya test mule memang pake body lama tapi IMHO yg ini lumayan niat karena gak banyak part bodi lama yg tersisa. siluet memang mirip, tapi overall lebih SUV / cross over look. detail yg berbeda selain velg & tail light:
  • kaca segitiga berubah jadi trapesium dan agak geser ke pintu depan
  • lubang pengisian bbm geser ke depan
  • fender depan dan belakang lebih chunky
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Zaxis »

Palingan rav4 dipanjangin

Semoga aja dikasi mesin 2.5l hybrid sekalian AWD nya

Jadi kan ga bakal diledek ga bisa nanjak
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by gadjahalphien »

3mul wrote: 07 Mar 2022, 22:37
adriangaut wrote: 07 Mar 2022, 16:10 Ini bisa aja development mule innova baru

Chassis baru, internal baru, tapi diteplokin body lama biar orang” nggak gitu ngeh perubahannya dimana

Nanti versi produksinya bisa aja berubah drastis dari proporsinya
biasanya test mule memang pake body lama tapi IMHO yg ini lumayan niat karena gak banyak part bodi lama yg tersisa. siluet memang mirip, tapi overall lebih SUV / cross over look. detail yg berbeda selain velg & tail light:
  • kaca segitiga berubah jadi trapesium dan agak geser ke pintu depan
  • lubang pengisian bbm geser ke depan
  • fender depan dan belakang lebih chunky
Manteeb clue nya om.

Padahal yg sekarang, udah cukup bisa di anggap Ala suv yak.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alexand »

jadi yg paling memungkinkan pakai TNGA C seperti corolla cross, ujung2nya jadi corolla cross yg di lebarin dan di panjangin supaya bisa 7 seater dong...
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

alexand wrote: 09 Mar 2022, 17:34 jadi yg paling memungkinkan pakai TNGA C seperti corolla cross, ujung2nya jadi corolla cross yg di lebarin dan di panjangin supaya bisa 7 seater dong...
Yang disayangkan Corolla Cross suspensi belakangnya pake Torsion beam, iya siy driver dan penumpang depan ga terlalu merasakan, tapi penumpang belakang yang paling merasakan olengnya. So, IMHO kalo masih memungkinkan, mending pake suspensi independen.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

iseng2, yuk kita tebak2an mesin dan transmisi yg akan dipake innova gen.3

kalau innova beralih ke FWD, hampir pasti mesin 1TR yg jadi andalan sejak 2004 bakal pensiun. selain karena efisiensi development reduksi emisi, mesin ini dirancang untuk dipasang secara longitudinal. mesin GD series ikut menghilang dari innova, tapi kelihatannya bakal tetap lanjut di fortuner dan hilux yang sejauh ini belum ada bocoran major change kecuali penambahan teknologi hybrid di GD. kenapa innova gak pake 2GD hybrid aja dengan platform lama? kendalanya ada di harga. sekarang aja harga innova diesel ada di angka 400-500 jutaan. kalau ditambah hybrid seharga puluhan juta, berapa banyak yg mau beli? saya sih pilih piara 2GD lama aja, toh sdh low running cost, hehehe...

mesin mana yg cocok utk innova FWD? tanpa ladder frame, IMHO mesin 1800-2000cc NA dengan/tanpa hybrid atau 1500-1600cc turbo bakal cukup. berhubung platform TNGA biasanya dipasangin dgn mesin dari keluarga dynamic force yang sejauh ini belum ada mesin turbo kecil ataupun 1800cc, maka yg paling besar kemungkinan dipake adalah mesin 2000cc yg sama dgn Noah/Voxy. Spesifikasinya:

M20A-FKS
Configuration: I4
Displacement: 1,986 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 125 kW (168 hp; 170 PS) at 6,600 rpm
Torques: 202 N⋅m at 4,900 rpm
Transmission: Direct Shift-CVT

dynamic force belum ada mesin hybrid jadi IMHO bakal sama dgn Noah/Voxy juga:

2ZR-FXE
Configuration: I4 Atkinson cycle
Displacement: 1,798 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 72 kW (97 hp; 98 PS) petrol engine only; 103 kW (138 hp; 140 PS) combined system output
Torques: +_ 142 N⋅m (petrol engine only); +_ 207 N⋅m (combined)
Transmission: eCVT

yang menarik, di Jepang ada varian Noah/Voxy eAWD. di varian ini ada tambahan motor elektrik di belakang selain di depan.

Electric motor:
70 kW (94 hp; 95 PS) 1VM AC synchronous (front, hybrid)
30 kW (40 hp; 41 PS) 1WM AC synchronous (rear, hybrid)

@fans RWD, mari kita berdoa agar TAM produksi innova eAWD juga :big_grin: :big_grin: :big_grin:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

AbdulHakim wrote: 09 Mar 2022, 17:57 Yang disayangkan Corolla Cross suspensi belakangnya pake Torsion beam, iya siy driver dan penumpang depan ga terlalu merasakan, tapi penumpang belakang yang paling merasakan olengnya. So, IMHO kalo masih memungkinkan, mending pake suspensi independen.
corolla cross pake torsion beam adalah bagian dari strategi toyota utk tekan harga. kalau ingin handling jempolan dgn suspensi independen, konsumen bisa pilih CH-R yg lebih mahal. fakta di lapangan, kebanyakan konsumen pilih faktor harga.
sebagai sebuah MPV medium yg biasanya menomorsekiankan handling, torsion beam jadi pilihan yg paling masuk akal. :big_dunno:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

3mul wrote: 10 Mar 2022, 11:19 iseng2, yuk kita tebak2an mesin dan transmisi yg akan dipake innova gen.3

kalau innova beralih ke FWD, hampir pasti mesin 1TR yg jadi andalan sejak 2004 bakal pensiun. selain karena efisiensi development reduksi emisi, mesin ini dirancang untuk dipasang secara longitudinal. mesin GD series ikut menghilang dari innova, tapi kelihatannya bakal tetap lanjut di fortuner dan hilux yang sejauh ini belum ada bocoran major change kecuali penambahan teknologi hybrid di GD. kenapa innova gak pake 2GD hybrid aja dengan platform lama? kendalanya ada di harga. sekarang aja harga innova diesel ada di angka 400-500 jutaan. kalau ditambah hybrid seharga puluhan juta, berapa banyak yg mau beli? saya sih pilih piara 2GD lama aja, toh sdh low running cost, hehehe...

mesin mana yg cocok utk innova FWD? tanpa ladder frame, IMHO mesin 1800-2000cc NA dengan/tanpa hybrid atau 1500-1600cc turbo bakal cukup. berhubung platform TNGA biasanya dipasangin dgn mesin dari keluarga dynamic force yang sejauh ini belum ada mesin turbo kecil ataupun 1800cc, maka yg paling besar kemungkinan dipake adalah mesin 2000cc yg sama dgn Noah/Voxy. Spesifikasinya:

M20A-FKS
Configuration: I4
Displacement: 1,986 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 125 kW (168 hp; 170 PS) at 6,600 rpm
Torques: 202 N⋅m at 4,900 rpm
Transmission: Direct Shift-CVT

dynamic force belum ada mesin hybrid jadi IMHO bakal sama dgn Noah/Voxy juga:

2ZR-FXE
Configuration: I4 Atkinson cycle
Displacement: 1,798 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 72 kW (97 hp; 98 PS) petrol engine only; 103 kW (138 hp; 140 PS) combined system output
Torques: +_ 142 N⋅m (petrol engine only); +_ 207 N⋅m (combined)
Transmission: eCVT

yang menarik, di Jepang ada varian Noah/Voxy eAWD. di varian ini ada tambahan motor elektrik di belakang selain di depan.

Electric motor:
70 kW (94 hp; 95 PS) 1VM AC synchronous (front, hybrid)
30 kW (40 hp; 41 PS) 1WM AC synchronous (rear, hybrid)

@fans RWD, mari kita berdoa agar TAM produksi innova eAWD juga :big_grin: :big_grin: :big_grin:
Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

rakyatwkwkland wrote: 10 Mar 2022, 12:36 Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...
ternyata dah ada M20A-FXS ya, ane baru ngeh xixixi...
berhubung kompresinya tinggi (14:1), imho yg jadi penentu adalah kualitas bbm lokal, apakah ada yg setara dgn di eropa sono
kalo ada dan dijual disini, ownernya bakal disuruh tanda tangan pake bbm itu kali ya..
:mky_01: :mky_01:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

Kalau M20A-FKS sih kemungkinan kecil, mengingat mesin ini dipakai untuk mobi2 keren nya Toyota:

Lexus UX- (high octane specification)
Toyota RAV4- (5th generation model or later)
Toyota Harrier- (4th generation model and later)
Toyota Corolla Touring- (Special specification car "2000 Limited")
Toyota Noah- (4th generation model and later)

Dan nih mesin cukup fresh ya baru launch di 2017.
The Toyota M20A-FKS is one of Toyota 's engines and was developed as part of the company's dynamic force engine . The first installation is the UX released in July 2017 . F means practical DOHC , K means Miller cycle for conventional (non- hybrid ) gasoline vehicles , and S means in- cylinder injection .

Saya malah tertarik sistem hybrid nya pakai yang seperti apa.
Kalau terlalu complicated, bisa jadi blunder juga mengingat mobil ini banyak dipakai sebagai mobil perang dan belum tentu dirawat di bengkel resmi, dll.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by dsign1990 »

grimjow wrote: 10 Mar 2022, 14:11 Kalau M20A-FKS sih kemungkinan kecil, mengingat mesin ini dipakai untuk mobi2 keren nya Toyota:

Lexus UX- (high octane specification)
Toyota RAV4- (5th generation model or later)
Toyota Harrier- (4th generation model and later)
Toyota Corolla Touring- (Special specification car "2000 Limited")
Toyota Noah- (4th generation model and later)

Dan nih mesin cukup fresh ya baru launch di 2017.
The Toyota M20A-FKS is one of Toyota 's engines and was developed as part of the company's dynamic force engine . The first installation is the UX released in July 2017 . F means practical DOHC , K means Miller cycle for conventional (non- hybrid ) gasoline vehicles , and S means in- cylinder injection .

Saya malah tertarik sistem hybrid nya pakai yang seperti apa.
Kalau terlalu complicated, bisa jadi blunder juga mengingat mobil ini banyak dipakai sebagai mobil perang dan belum tentu dirawat di bengkel resmi, dll.
kalau mobil hybrid udah masuk kelas sejuta umat gini ya pasti nanti bakal melahirkan spesialis2 hybrid spt spesialis AC , matic dan kaki2 yg sdh ada sekarang ini , mulai hal yg sederhana spt reset dan mapping sampai ngakalin batre hybridnya biar bisa ekonomis seperti spesialis kaki2 ngakalin rack steer glodakan
kayaknya di awal2 varian hybridnya bakal "jatuh" di bursa mobkas krn spesialisnya masih langka
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

grimjow wrote: 10 Mar 2022, 14:11 Saya malah tertarik sistem hybrid nya pakai yang seperti apa.
Kalau terlalu complicated, bisa jadi blunder juga mengingat mobil ini banyak dipakai sebagai mobil perang dan belum tentu dirawat di bengkel resmi, dll.
tenang saja, ini toyota, sebenernya kan jagonya hybrid, dan njelimet macem Prius saja sudah 5th gen.
bayangkan saja Prius pertama keluar, Toyota indo baru upgrade mesin kijang jadi EFI... :mky_03:

yg beli mobil hybrid, sudah pasti konsumen non awam atau non 1st time buyer. yang sudah biasa beli atau sudah ada mobil lainnya. baru kemaren baca di IG, C-HR Bensin sudah ga dijual sejak tahun lalu, karena yang paling laku C-HR hybrid. agak mirip dengan Corolla Cross, palign sering liat yang hybrid. agaknya konsep type tertinggi terlaku untuk mobil non volume maker itu berlaku juga, bahkan ke hybrid.

harga seken anjlok adalah kesempatan buat pemakai berikutnya :big_biglaugh: yang paling disayankan itu bahkan Lexus saja cuma kasih garansi batere 5 tahun / tanpa batasan km. padahal mestinya bisalah kasih lebih, bahkan 10 tahunm toh di indo ga ada masalah dengan suhu ekstrem khas negara 4 musim. tapi apa daya, konsumen Indo ga bisa nawar banyak :ungg:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post