Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

3mul wrote: Thu Mar 10, 2022 6:13
rakyatwkwkland wrote: Thu Mar 10, 2022 5:36 Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...
ternyata dah ada M20A-FXS ya, ane baru ngeh xixixi...
berhubung kompresinya tinggi (14:1), imho yg jadi penentu adalah kualitas bbm lokal, apakah ada yg setara dgn di eropa sono
kalo ada dan dijual disini, ownernya bakal disuruh tanda tangan pake bbm itu kali ya..
:mky_01: :mky_01:
Kalo perkara bahan bakar mah kita no issue sih, soalnya kan bensin. Yg bermasalah di kita itu kan solar... Kalo bensin mah aman, mau RON 92, 95, 98, bahkan 100 pun semua ada. Yg penting ono duit e :mky_03:
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alexand »

:big_think: Batere hybrid kalo sampe rusak sih ngeri2 sedap, kalo sampe ngebeli mobil hybrid baiknya siap2 5 tahun jual biar gak kena resiko batere jebol
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

3mul wrote: Thu Mar 10, 2022 6:13
rakyatwkwkland wrote: Thu Mar 10, 2022 5:36 Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...
ternyata dah ada M20A-FXS ya, ane baru ngeh xixixi...
berhubung kompresinya tinggi (14:1), imho yg jadi penentu adalah kualitas bbm lokal, apakah ada yg setara dgn di eropa sono
kalo ada dan dijual disini, ownernya bakal disuruh tanda tangan pake bbm itu kali ya..
:mky_01: :mky_01:
kompresi mah ga terlalu masalah oom, matsuda yg 13:1 bisa oktan 90-92 kok. paling powernya turun aja
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

3mul wrote: Thu Mar 10, 2022 4:19 iseng2, yuk kita tebak2an mesin dan transmisi yg akan dipake innova gen.3

kalau innova beralih ke FWD, hampir pasti mesin 1TR yg jadi andalan sejak 2004 bakal pensiun. selain karena efisiensi development reduksi emisi, mesin ini dirancang untuk dipasang secara longitudinal. mesin GD series ikut menghilang dari innova, tapi kelihatannya bakal tetap lanjut di fortuner dan hilux yang sejauh ini belum ada bocoran major change kecuali penambahan teknologi hybrid di GD. kenapa innova gak pake 2GD hybrid aja dengan platform lama? kendalanya ada di harga. sekarang aja harga innova diesel ada di angka 400-500 jutaan. kalau ditambah hybrid seharga puluhan juta, berapa banyak yg mau beli? saya sih pilih piara 2GD lama aja, toh sdh low running cost, hehehe...

mesin mana yg cocok utk innova FWD? tanpa ladder frame, IMHO mesin 1800-2000cc NA dengan/tanpa hybrid atau 1500-1600cc turbo bakal cukup. berhubung platform TNGA biasanya dipasangin dgn mesin dari keluarga dynamic force yang sejauh ini belum ada mesin turbo kecil ataupun 1800cc, maka yg paling besar kemungkinan dipake adalah mesin 2000cc yg sama dgn Noah/Voxy. Spesifikasinya:

M20A-FKS
Configuration: I4
Displacement: 1,986 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 125 kW (168 hp; 170 PS) at 6,600 rpm
Torques: 202 N⋅m at 4,900 rpm
Transmission: Direct Shift-CVT

dynamic force belum ada mesin hybrid jadi IMHO bakal sama dgn Noah/Voxy juga:

2ZR-FXE
Configuration: I4 Atkinson cycle
Displacement: 1,798 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 72 kW (97 hp; 98 PS) petrol engine only; 103 kW (138 hp; 140 PS) combined system output
Torques: +_ 142 N⋅m (petrol engine only); +_ 207 N⋅m (combined)
Transmission: eCVT

yang menarik, di Jepang ada varian Noah/Voxy eAWD. di varian ini ada tambahan motor elektrik di belakang selain di depan.

Electric motor:
70 kW (94 hp; 95 PS) 1VM AC synchronous (front, hybrid)
30 kW (40 hp; 41 PS) 1WM AC synchronous (rear, hybrid)

@fans RWD, mari kita berdoa agar TAM produksi innova eAWD juga :big_grin: :big_grin: :big_grin:
biar lebih seru, A25A-FKS/FXS. skip mesin turbo macem 8AR supaya lebih tahan ngelitik :big_biglaugh:

klo pake 2ZR-FXE apa mumpuni ya, secara kan innova lebih disiksa lebih dibanding macem voxy. apalagi batere hybridnya kecil, tar pas nanjak klo e-boost nya abis langsung gelinding itu sisa 98hp :big_biglaugh:

prediksi saya pake GA-C sih, supaya klopun ada yg disunat ga terlalu signifikan efeknya, suspensi pake corolla sedan yg dimodip supaya lebih tinggi & nahan beban berat.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by KielConstantine »

alexand wrote: Thu Mar 10, 2022 14:27 :big_think: Batere hybrid kalo sampe rusak sih ngeri2 sedap, kalo sampe ngebeli mobil hybrid baiknya siap2 5 tahun jual biar gak kena resiko batere jebol
Tidak semudah itu fergusso …. Pedagang mobkas otaknya lebih pinter . Pasti tuh mobil ditawar mentok sampe ketulang ..
Let’s say beli baru 500jt; 5 tahun lagi valuenya bisa tinggal 1/5 alias tinggal 100jt .

Mereka tau & punya itungan sendiri buat cuan-in. Apalagi mobil hybrid klo ud mulai berumur , butuh brapa duit buat benerin batre & tetek bengek laennya ..

Jadi intinya . Beli mobil hybrid / listrik / batre dari baru . Siap2 buang duit pas mulai jadi rongsokan. Atau diledakin pake granat aja macem tesla :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alexand »

KielConstantine wrote: Thu Mar 10, 2022 19:09
alexand wrote: Thu Mar 10, 2022 14:27 :big_think: Batere hybrid kalo sampe rusak sih ngeri2 sedap, kalo sampe ngebeli mobil hybrid baiknya siap2 5 tahun jual biar gak kena resiko batere jebol
Tidak semudah itu fergusso …. Pedagang mobkas otaknya lebih pinter . Pasti tuh mobil ditawar mentok sampe ketulang ..
Let’s say beli baru 500jt; 5 tahun lagi valuenya bisa tinggal 1/5 alias tinggal 100jt .

Mereka tau & punya itungan sendiri buat cuan-in. Apalagi mobil hybrid klo ud mulai berumur , butuh brapa duit buat benerin batre & tetek bengek laennya ..

Jadi intinya . Beli mobil hybrid / listrik / batre dari baru . Siap2 buang duit pas mulai jadi rongsokan. Atau diledakin pake granat aja macem tesla :wkkk:
Omaigod, nawarnya sampe kena tulang bener dah kalo sisa segitu, jadi ngak sejalan sama filosofi si kijang sendiri yg ada di mindset orang indo kijang itu mobil yg sangat reliable kuat macam badak dan gampang di perbaiki kalo ada masalah 😂

Tapi mungkin aja tetap mudah di perbaiki tapi harga perbaikan si kijangnya jadi ngak ngotak kalo di minta ganti batere 😆
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

alexand wrote: Fri Mar 11, 2022 1:14
KielConstantine wrote: Thu Mar 10, 2022 19:09
alexand wrote: Thu Mar 10, 2022 14:27 :big_think: Batere hybrid kalo sampe rusak sih ngeri2 sedap, kalo sampe ngebeli mobil hybrid baiknya siap2 5 tahun jual biar gak kena resiko batere jebol
Tidak semudah itu fergusso …. Pedagang mobkas otaknya lebih pinter . Pasti tuh mobil ditawar mentok sampe ketulang ..
Let’s say beli baru 500jt; 5 tahun lagi valuenya bisa tinggal 1/5 alias tinggal 100jt .

Mereka tau & punya itungan sendiri buat cuan-in. Apalagi mobil hybrid klo ud mulai berumur , butuh brapa duit buat benerin batre & tetek bengek laennya ..

Jadi intinya . Beli mobil hybrid / listrik / batre dari baru . Siap2 buang duit pas mulai jadi rongsokan. Atau diledakin pake granat aja macem tesla :wkkk:
Omaigod, nawarnya sampe kena tulang bener dah kalo sisa segitu, jadi ngak sejalan sama filosofi si kijang sendiri yg ada di mindset orang indo kijang itu mobil yg sangat reliable kuat macam badak dan gampang di perbaiki kalo ada masalah 😂

Tapi mungkin aja tetap mudah di perbaiki tapi harga perbaikan si kijangnya jadi ngak ngotak kalo di minta ganti batere 😆
darrelund wrote: Thu Mar 10, 2022 14:47 biar lebih seru, A25A-FKS/FXS. skip mesin turbo macem 8AR supaya lebih tahan ngelitik :big_biglaugh:

klo pake 2ZR-FXE apa mumpuni ya, secara kan innova lebih disiksa lebih dibanding macem voxy. apalagi batere hybridnya kecil, tar pas nanjak klo e-boost nya abis langsung gelinding itu sisa 98hp :big_biglaugh:

members sm emang mantap, perspektifnya jauh ke depan :big_exellent:
eniwei baswei, tam biasanya juga memikirkan masalah2 seperti itu.
dan kalaupun ada masalah yg gak terpikirkan, misalnya turbo putu atau metik jedug seperti pada innova gen.2 first batch, mereka selalu punya jurus-jurus jitu seperti edukasi dan konsultasi utk meredakan masalah sebelum ada solusi yg permanen :mky_01: :mky_01: :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Thu Mar 10, 2022 19:09 Tidak semudah itu fergusso …. Pedagang mobkas otaknya lebih pinter . Pasti tuh mobil ditawar mentok sampe ketulang ..
Let’s say beli baru 500jt; 5 tahun lagi valuenya bisa tinggal 1/5 alias tinggal 100jt .

Mereka tau & punya itungan sendiri buat cuan-in. Apalagi mobil hybrid klo ud mulai berumur , butuh brapa duit buat benerin batre & tetek bengek laennya ..

Jadi intinya . Beli mobil hybrid / listrik / batre dari baru . Siap2 buang duit pas mulai jadi rongsokan. Atau diledakin pake granat aja macem tesla :wkkk:
lha itu camry hybrid, harganya skrg gak jauh dari camry bensin :ungg:

lagian lucu sih mobil2 begini di marketkan dengan teknologi yang katanya ramah lingkungan. pdhl battery nya dipertanyakan masa depannya kalo udah jadi sampah.

udah mau bisnis jualan mah bilang aja bisnis pake green green segala di +62 aja jualan citycar bensin 1000cc bisa ngaku ngaku green kok :big_weee:

cars emit emissions that cause pollution, so we solve the problem with... more cars.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

Nanti baterei hybrid jangan2 mirip baterei handphone.
Dibilang ori di toko biasa , ga tau nya barang oem atau rebranding.
Garansi setahun. Pas setaun lebih sehari mulai error batereinya
:big_weee:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

iya nanti kalau error juga bisa diganti IC Power nya doang.
Om Turbo jadi tukang solder :ngacir:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

3mul wrote: Mon Mar 07, 2022 15:37 biasanya test mule memang pake body lama tapi IMHO yg ini lumayan niat karena gak banyak part bodi lama yg tersisa. siluet memang mirip, tapi overall lebih SUV / cross over look. detail yg berbeda selain velg & tail light:
  • kaca segitiga berubah jadi trapesium dan agak geser ke pintu depan
  • lubang pengisian bbm geser ke depan
  • fender depan dan belakang lebih chunky
Di spyshot terbaru, kijang/innova next gen makin jelas mengarah ke SUV/x over.
  • bonnet tinggi dan gak semancung reborn, sekilas seperti corolla-x yg digedein
  • windscreen gak selandai reborn
  • sepertinya ada cladding/over fender, kemungkinan tipe tertinggi pengganti venturer
  • di suspensi belakang terlihat ada mangkok bawah seperti umumnya suspensi torsion beam :big_cry:
  • tidak terlihat keberadaan gardan belakang :upss:
naga2nya gak lama lagi ada spyshot unit dgn kamuflase peta Indonesia nih
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ginting »

3mul wrote: Fri Apr 01, 2022 9:35
3mul wrote: Mon Mar 07, 2022 15:37 biasanya test mule memang pake body lama tapi IMHO yg ini lumayan niat karena gak banyak part bodi lama yg tersisa. siluet memang mirip, tapi overall lebih SUV / cross over look. detail yg berbeda selain velg & tail light:
  • kaca segitiga berubah jadi trapesium dan agak geser ke pintu depan
  • lubang pengisian bbm geser ke depan
  • fender depan dan belakang lebih chunky
Di spyshot terbaru, kijang/innova next gen makin jelas mengarah ke SUV/x over.
  • bonnet tinggi dan gak semancung reborn, sekilas seperti corolla-x yg digedein
  • windscreen gak selandai reborn
  • sepertinya ada cladding/over fender, kemungkinan tipe tertinggi pengganti venturer
  • di suspensi belakang terlihat ada mangkok bawah seperti umumnya suspensi torsion beam :big_cry:
  • tidak terlihat keberadaan gardan belakang :upss:
naga2nya gak lama lagi ada spyshot unit dgn kamuflase peta Indonesia nih
kalau yg ditest Menteri Perdagangan Pak Erlangga itu apakah sama dgn spyshot ini, oom ?
kayaknya sekilas sama.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

ginting wrote: Fri Apr 01, 2022 15:09
kalau yg ditest Menteri Perdagangan Pak Erlangga itu apakah sama dgn spyshot ini, oom ?
kayaknya sekilas sama.
Yg dites pak Mendag itu ipah gen 2 sama persis seperti punya Om G. Tapi drive train nya sdh dikonversi jd elektrik.
Yg di spyshot itu beneran next gen Om, di video kelihatan lbh agile dibanding reborn.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

3mul wrote: Fri Apr 01, 2022 23:05
ginting wrote: Fri Apr 01, 2022 15:09
kalau yg ditest Menteri Perdagangan Pak Erlangga itu apakah sama dgn spyshot ini, oom ?
kayaknya sekilas sama.
Yg dites pak Mendag itu ipah gen 2 sama persis seperti punya Om G. Tapi drive train nya sdh dikonversi jd elektrik.
Yg di spyshot itu beneran next gen Om, di video kelihatan lbh agile dibanding reborn.
Eh maksud ane powertrain, bukan drivetrain :mky_03:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

"Akankah Innova EV ini nantinya akan diproduksi massal dan dipasarkan kepada para konsumen? Bob menepis hal itu dengan mengatakan mobil ini masih berupa konsep studi. Lagi pula, setiap mobil listrik atau berteknologi elektrifikasi lainnya dipastikan akan menggunakan platform TNGA. ”Jadi mobil ini belum pake e-platform, tetapi baru Innova konvensional yang dielektrikkan,” papar Bob."

"Di sisi lain, lanjut Bob, TMMIN terus melakukan persiapan untuk memproduksi mobil hybrid pertama yang diproduksi di dalam negeri."

Sumber:
https://www.kompas.id/baca/otomotif/202 ... va-listrik

Ipah next gen bakal TNGA + hybrid nih
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Padahal solusinya simple, CKD kan saja itu Toyota Corolla Cross Hybrid.
tapi.. anggaran ga terserap, khan sayang :big_bored:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

agak bingung dengan teknologi hybrid, tapi aki nya kecil cuma 70 Ampere.

https://www.autofun.co.id/berita/langka ... brid-38705

https://autonetmagz.com/iims-2022-inika ... ru/107883/
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

AbdulHakim wrote: Thu Apr 07, 2022 0:38 Padahal solusinya simple, CKD kan saja itu Toyota Corolla Cross Hybrid.
tapi.. anggaran ga terserap, khan sayang :big_bored:
Rakyat +62 masih cinta 7 seater Om, secara total penjualan masih tertinggi.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

ilhami wrote: Thu Apr 07, 2022 0:51 agak bingung dengan teknologi hybrid, tapi aki nya kecil cuma 70 Ampere.

https://www.autofun.co.id/berita/langka ... brid-38705

https://autonetmagz.com/iims-2022-inika ... ru/107883/
Ini sih bukan hybrid beneran Om, daya motor listriknya gak sampai 1hp. Batre juga hanya 6Ah12V (sekitar 70Wh). Fungsinya sekedar meringankan beban mesin waktu mulai rolling. Ga akan berasa tendangannya
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

Mobil innova baru wajib Pertadex euro 4. Kalau yang bensin belum euro IV ya?

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... eli?page=2
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Astargea »

ilhami wrote: Wed Apr 13, 2022 9:45 Mobil innova baru wajib Pertadex euro 4. Kalau yang bensin belum euro IV ya?

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... eli?page=2
mobil bensin mah udah euro IV dari oktober 2018
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

rakyatwkwkland wrote: Thu Mar 10, 2022 5:36
Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...
Wah, tebakan om bisa jadi kenyataan nih, menurut artikel di Otodriver.

“Mesin Innova Hybrid nantinya akan menggunakan mesin 2.0 liter dan mesin tersebut akan didatangkan dari India,” terang sumber yang enggan disebut namanya tersebut. Walau demikian ia mengaku belum mengerti kode untuk sang raja MPV Indonesia ini.

Berdasar penelusuran OtoDriver, mesin yang paling mendekati gambaran adalah M20A-FXS yang merupakan jajaran mesin terbaru dari Three Ovals yang mulai diperkenalkan pada 2018 silam.


Lengkapnya di: https://otodriver.com/berita/2022/menge ... enchcjesin
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

3mul wrote: Thu Apr 28, 2022 7:18
rakyatwkwkland wrote: Thu Mar 10, 2022 5:36
Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...
Wah, tebakan om bisa jadi kenyataan nih, menurut artikel di Otodriver.

“Mesin Innova Hybrid nantinya akan menggunakan mesin 2.0 liter dan mesin tersebut akan didatangkan dari India,” terang sumber yang enggan disebut namanya tersebut. Walau demikian ia mengaku belum mengerti kode untuk sang raja MPV Indonesia ini.

Berdasar penelusuran OtoDriver, mesin yang paling mendekati gambaran adalah M20A-FXS yang merupakan jajaran mesin terbaru dari Three Ovals yang mulai diperkenalkan pada 2018 silam.


Lengkapnya di: https://otodriver.com/berita/2022/menge ... enchcjesin
Hahaha... Mudah2an beneran jadi kenyataan dengan harga yang tetap bersahabat ya :big_biglaugh:

Soalnya kalo pake 2ZR hybrid, itu tenaga gabungannya cmn sekitar 122an HP kl gasalah, nanti malah downgrade dari existing innova... Walau sebenernya untuk nanjak2 masih aman sih soalnya torsi gabungannya tetep gede, tapi ya untuk lari ya rasa2nya kurang...

Kalo pake M20A-FXS sih fix namanya naik tenaga, dan naiknya jg lumayan jadi 180an HP kalo liat speknya CHR EU yg ada make mesin ini.
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Astargea »

rakyatwkwkland wrote: Thu Mar 10, 2022 5:36
Hahaha... Mudah2an beneran jadi kenyataan dengan harga yang tetap bersahabat ya :big_biglaugh:

Soalnya kalo pake 2ZR hybrid, itu tenaga gabungannya cmn sekitar 122an HP kl gasalah, nanti malah downgrade dari existing innova... Walau sebenernya untuk nanjak2 masih aman sih soalnya torsi gabungannya tetep gede, tapi ya untuk lari ya rasa2nya kurang...

Kalo pake M20A-FXS sih fix namanya naik tenaga, dan naiknya jg lumayan jadi 180an HP kalo liat speknya CHR EU yg ada make mesin ini.
2ZR di Corolla Cross Hybrid aja udah agak mpot-mpotan, dapet 0-100 km/jam 12,3 detik, sementara 2ZR non hybrid 11,2 detik

Image

Gimana kalo ditambah beban jadi mobil 7 seater, bisa2 0-100 km/jam kena 15 detikan, efisien juga enggak karena keberatan :mky_07: jadi untunglah dapet M20A
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 3mul »

Mulai terkuak dikit2 penampakannya. Fix Kijang menjelma jadi crossover.

hasil sotoshop dari ANM:
Image

launching di 21 Nov '22.
https://autonetmagz.com/teaser-toyota-k ... an/111944/

omong2, masih ada yg berharap versi diesel AT RWD di generasi terbaru ini? :mky_01: