Page 6 of 43

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Dec 06, 2021 4:22
by Dogies
Ini yg membuat ipah seken harganya naek ya... :big_peace:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Dec 06, 2021 4:54
by evanbngdor
b0ku wrote: Mon Dec 06, 2021 2:50
ChZ wrote: Mon Dec 06, 2021 2:31
klo sienta alamat gak dihidupin lagi sih emang :upss:

voxy entahlah klo di kota besar peminatnya banyak sih.
voxy keknya gak mungkin mati saya aja minat beliin buat nyokap, mobil macem voxy cocok buat orang tua atep tinggi tapi floornya rendah orang tua gampang masuk dan alternatif buat yang gak sanggup beli alphard tapi butuh mobil kek alphard jd marketnya ada dan di jalan pun banyak :big_biglaugh:

nyokap aja suka ngeluh sama pajero ketinggian naeknya susah :big_biglaugh:

kalo sienta mah aneh aja toyota mau jualan tuh unit padahal freed aja ud mau cabs :big_biglaugh:
Iyes setuju ini, buat orang tua atau ibu2 yang suka pakai kebaya, naik Voxy jauh lebih mudah dibanding Innova.

Pengalaman waktu itu pernah nemenin ortu ke acara, berangkat dijemput nya pake Voxy, pulangnya pake Venturer. Setengah mati naik ke row ke 2 nya venturer
:mky_01:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Dec 06, 2021 4:59
by Suryaputra
b0ku wrote: Mon Dec 06, 2021 4:04
Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 3:08 Lah freed kan emg wassalam di indo :big_biglaugh:
iya kan gak lama setelah keluar juga sienta sepi jualannya, freed juga gitu awal keluar PEDE mampus overstock diskonnya jadi gila cuma lama2x makin pinter stocknya discnya jd kecil :big_biglaugh:
Padahal mbl enak tuh dulu.
Kaki2nya berasa lbh kokoh dibanding mpv honda yg sekarang (lio).
Dan sasisnya lbh rigid (basisnya GE8)

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Dec 06, 2021 8:08
by b0ku
Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 4:59
Padahal mbl enak tuh dulu.
Kaki2nya berasa lbh kokoh dibanding mpv honda yg sekarang (lio).
Dan sasisnya lbh rigid (basisnya GE8)
keknya di banding ge juga bagusan itu dulu saya pake 10th sampe 125rban cuma kena shock belakang doank rem aja yang sering ganti kampas tapi disc geter aja engak ditambah power windownya juga awet ge8 ud ko switchnya, bukan lebih rigid lebih ngerip karena bodynya lebih berat :big_biglaugh:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Tue Feb 22, 2022 7:58
by neo300400
2x pake fwd selalu gak lama dipake

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Wed Feb 23, 2022 0:50
by vanosz
neo300400 wrote: Tue Feb 22, 2022 7:58 2x pake fwd selalu gak lama dipake
:big_biglaugh:

rwd,joss,fun driv

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 8:19
by 3mul
Sebenarnya rumor tentang Innova FWD hybrid ini bukan hal yang baru. Seingat ane sudah ada bbrp bocoran halus sejak tahun 2016an di bbrp media online.

Hal yg pertama muncul dalam benak ane adalah pertanyaan kenapa Innova gen.3 akan meninggalkan formula ladder frame + RWD yg populer di negara berkembang dan beralih ke sasis monokok + FWD + hybrid?
Ada dua jawaban yg paling masuk akal:
  1. Peraturan emisi yg makin ketat beberapa negara dengan penjualan Innova yg kuat seperti India dan Indonesia, bahkan peraturan perpajakan pun dikaitkan dengan emisi. Mesin diesel diprediksi akan semakin sulit utk memenuhi persyaratan emisi terbaru setelah BS6. Sementara itu mobil dengan platform IMV2 bobotnya mencapai 2 ton (lebih berat 200kg dibanding IMV) padahal bobot berbanding terbalik dengan emisi.
  • Efisiensi cost RnD dan produksi. Berhubung masa depan mesin ICE semakin meredup, dlm bbrp tahun ini Toyota melakukan efisiensi dengan mereduksi varian mesin ICE dari 800an jenis menjadi hanya 17. Hal ini sejalan dengan usaha Toyota untuk menyederhanakan varian platform dari 100an menjadi (so far) 5 platform dalam keluarga TNGA. Menurut mbah Wiki, cost TNGA 20% lebih rendah dibanding platform2 lama.

Bocoran awal, Innova gen.3 ini akan diluncurkan di 2021. Pd waktu itu terdengar kurang masuk akal karena biasanya Kijang dan Innova punya life cycle cukup panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Setelah adem ayem di 2021, lalu muncullah spyshot sesosok mobil dengan bentuk mirip Innova gen.2 namun tail light berbeda dan velg extra besar. Hmmm… apakah Innova reborn akan mendapat FL lagi dalam waktu dekat?

Image

Namun demikian, ada satu perbedaan lagi pada "test mule" ini : sekilas GC-nya lebih rendah dibanding Innova reborn. Ini bisa dilihat dari side skirt yang lebih rendah dari hub roda, seperti mpv monokok pada umumnya.
Apakah itu sebuah reborn yang diceperin?? Bisa jadi! Tapi kalau dibandingin foto2 reborn ceper, test mule ini gak kelihatan nyelup. Fendernya kelihatan proporsional dan celah dengan ban masih cukup normal.

Hmmm.. Walau sedikit ragu, utk sementara ane tarik kesimpulan Innova gen.3 memang pake sasis monokok.

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 8:27
by AbdulHakim
3mul wrote: Mon Mar 07, 2022 8:19 Sebenarnya rumor tentang Innova FWD hybrid ini bukan hal yang baru. Seingat ane sudah ada bbrp bocoran halus sejak tahun 2016an di bbrp media online.

Hal yg pertama muncul dalam benak ane adalah pertanyaan kenapa Innova gen.3 akan meninggalkan formula ladder frame + RWD yg populer di negara berkembang dan beralih ke sasis monokok + FWD + hybrid?
Ada dua jawaban yg paling masuk akal:
  1. Peraturan emisi yg makin ketat beberapa negara dengan penjualan Innova yg kuat seperti India dan Indonesia, bahkan peraturan perpajakan pun dikaitkan dengan emisi. Mesin diesel diprediksi akan semakin sulit utk memenuhi persyaratan emisi terbaru setelah BS6. Sementara itu mobil dengan platform IMV2 bobotnya mencapai 2 ton (lebih berat 200kg dibanding IMV) padahal bobot berbanding terbalik dengan emisi.
  • Efisiensi cost RnD dan produksi. Berhubung masa depan mesin ICE semakin meredup, dlm bbrp tahun ini Toyota melakukan efisiensi dengan mereduksi varian mesin ICE dari 800an jenis menjadi hanya 17. Hal ini sejalan dengan usaha Toyota untuk menyederhanakan varian platform dari 100an menjadi (so far) 5 platform dalam keluarga TNGA. Menurut mbah Wiki, cost TNGA 20% lebih rendah dibanding platform2 lama.

Bocoran awal, Innova gen.3 ini akan diluncurkan di 2021. Pd waktu itu terdengar kurang masuk akal karena biasanya Kijang dan Innova punya life cycle cukup panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Setelah adem ayem di 2021, lalu muncullah spyshot sesosok mobil dengan bentuk mirip Innova gen.2 namun tail light berbeda dan velg extra besar. Hmmm… apakah Innova reborn akan mendapat FL lagi dalam waktu dekat?

Image

Namun demikian, ada satu perbedaan lagi pada "test mule" ini : sekilas GC-nya lebih rendah dibanding Innova reborn. Ini bisa dilihat dari side skirt yang lebih rendah dari hub roda, seperti mpv monokok pada umumnya.
Apakah itu sebuah reborn yang diceperin?? Bisa jadi! Tapi kalau dibandingin foto2 reborn ceper, test mule ini gak kelihatan nyelup. Fendernya kelihatan proporsional dan celah dengan ban masih cukup normal.

Hmmm.. Walau sedikit ragu, utk sementara ane tarik kesimpulan Innova gen.3 memang pake sasis monokok.
Monocoque.. yes, please :mky_02:
FWD.. no problemo
Hybrid? berarti space di belakang bawah itu bakal dipakai buat naro battery :big_think:

yang penting, suspensi belakang tolong jangan pakai Torsion Beam. Cost cuttingnya ke sektor lain aja ya, aToyot ga perlu diajarin kalo urusan satu ini :big_peace:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 8:31
by alexand
kalo bisa sih tetep ada varian diesel walaupun berubah jadi monokok, sukur2 tetep RWD

TNGA F mungkin masih bisa di pakai buat kijang supaya tetep bisa RWD

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 8:35
by ChZ
alexand wrote: Mon Mar 07, 2022 8:31 kalo bisa sih tetep ada varian diesel walaupun berubah jadi monokok, sukur2 tetep RWD

TNGA F mungkin masih bisa di pakai buat kijang supaya tetep bisa RWD
GA-F itu isinya full sized SUV semua (TLC, Tundra,Sequoia). terlalu banyak yang diubah kalo dari mobil-mobil begini di "downgrade" buat innova. dari ukuran modifikasi platformnya saja udah susah banget.

artinya kalo mau bikin MPV based ke TNGA F ya innova nya harus naik kelas lagi. dan pertanyaannya secara market yang beli siapa gitu kan?

innova kalo udah nyentuh 800 juta 900 juta ya orang +62 akan tetep milih alphard :big_peace: sementara skrg nyentuh 500 juta aja udah pada berteriak.

itu juga kan kenapa kok fortuner hilux ga pake aja sasis TLC yang proven dari jaman baheula malah bikin platform IMV baru. sebenarnya kalopun innova ganti jadi FWD TNGA C, IMV akan tetap ada krn ini potensial banget di emerging market. oz dan thai cinta banget mobil mobil begini. hanya produknya cuma hilux dan fortuner.

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 9:10
by adriangaut
3mul wrote: Mon Mar 07, 2022 8:19 Sebenarnya rumor tentang Innova FWD hybrid ini bukan hal yang baru. Seingat ane sudah ada bbrp bocoran halus sejak tahun 2016an di bbrp media online.

Hal yg pertama muncul dalam benak ane adalah pertanyaan kenapa Innova gen.3 akan meninggalkan formula ladder frame + RWD yg populer di negara berkembang dan beralih ke sasis monokok + FWD + hybrid?
Ada dua jawaban yg paling masuk akal:
  1. Peraturan emisi yg makin ketat beberapa negara dengan penjualan Innova yg kuat seperti India dan Indonesia, bahkan peraturan perpajakan pun dikaitkan dengan emisi. Mesin diesel diprediksi akan semakin sulit utk memenuhi persyaratan emisi terbaru setelah BS6. Sementara itu mobil dengan platform IMV2 bobotnya mencapai 2 ton (lebih berat 200kg dibanding IMV) padahal bobot berbanding terbalik dengan emisi.
  • Efisiensi cost RnD dan produksi. Berhubung masa depan mesin ICE semakin meredup, dlm bbrp tahun ini Toyota melakukan efisiensi dengan mereduksi varian mesin ICE dari 800an jenis menjadi hanya 17. Hal ini sejalan dengan usaha Toyota untuk menyederhanakan varian platform dari 100an menjadi (so far) 5 platform dalam keluarga TNGA. Menurut mbah Wiki, cost TNGA 20% lebih rendah dibanding platform2 lama.

Bocoran awal, Innova gen.3 ini akan diluncurkan di 2021. Pd waktu itu terdengar kurang masuk akal karena biasanya Kijang dan Innova punya life cycle cukup panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Setelah adem ayem di 2021, lalu muncullah spyshot sesosok mobil dengan bentuk mirip Innova gen.2 namun tail light berbeda dan velg extra besar. Hmmm… apakah Innova reborn akan mendapat FL lagi dalam waktu dekat?

Image

Namun demikian, ada satu perbedaan lagi pada "test mule" ini : sekilas GC-nya lebih rendah dibanding Innova reborn. Ini bisa dilihat dari side skirt yang lebih rendah dari hub roda, seperti mpv monokok pada umumnya.
Apakah itu sebuah reborn yang diceperin?? Bisa jadi! Tapi kalau dibandingin foto2 reborn ceper, test mule ini gak kelihatan nyelup. Fendernya kelihatan proporsional dan celah dengan ban masih cukup normal.

Hmmm.. Walau sedikit ragu, utk sementara ane tarik kesimpulan Innova gen.3 memang pake sasis monokok.
Ini bisa aja development mule innova baru

Chassis baru, internal baru, tapi diteplokin body lama biar orang” nggak gitu ngeh perubahannya dimana

Nanti versi produksinya bisa aja berubah drastis dari proporsinya

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 10:03
by 3mul
kayanya menarique nih bahas platform.

Dari semua platform TNGA yg ada:
  • GA-B: kelas subcompact FWD, terlalu kecil buat innova
  • GA-C: kelas compact FWD/AWD/eAWD, tapi ada juga yg masuk kategori mid seperti Noah/Voxy R90.
  • GA-F: full size SUV 4WD. sama dgn om CHZ, saya pikir less likely dipake innova
  • GA-K: kelas midsize-fullsize FWD/AWD macam Camry / Sienna. ini juga masuk akal karena ukurannya dekat dengan innova gen.2. Tapiiii... harganya bakal melambung
  • GA-L: kelas fullsize / luxury satu-nya TNGA yang RWD selain juga AWD. fans berat RWD pasti berharap innova gen.3 pake platform ini. Sayangnya harganya bakal makin tak terjangkau
kelihatannya yg paling masuk akal diadaptasi utk innova adalah GA-C karena bisa dikembangin dari Noah.

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 12:32
by kunaskun
3mul wrote: Mon Mar 07, 2022 10:03 kayanya menarique nih bahas platform.

Dari semua platform TNGA yg ada:
  • GA-B: kelas subcompact FWD, terlalu kecil buat innova
  • GA-C: kelas compact FWD/AWD/eAWD, tapi ada juga yg masuk kategori mid seperti Noah/Voxy R90.
  • GA-F: full size SUV 4WD. sama dgn om CHZ, saya pikir less likely dipake innova
  • GA-K: kelas midsize-fullsize FWD/AWD macam Camry / Sienna. ini juga masuk akal karena ukurannya dekat dengan innova gen.2. Tapiiii... harganya bakal melambung
  • GA-L: kelas fullsize / luxury satu-nya TNGA yang RWD selain juga AWD. fans berat RWD pasti berharap innova gen.3 pake platform ini. Sayangnya harganya bakal makin tak terjangkau
kelihatannya yg paling masuk akal diadaptasi utk innova adalah GA-C karena bisa dikembangin dari Noah.
feeling si tetap hilux based. biarpun anak tiri tapi lumayan kan kalau bisa kaya sekarang setahun laku seratus ribuan unit total. dibikin FWD juga bisa, hybrid? gampanglah, taro saja batere di kolong kecilin tangki bbm sedikit that's the beauty of hybrid, small pack big power, motornya? gampang bikin saja model Tundra 2022.
apalagi di dunia ini ga banyak MPV segede gitu non sliding door. dipikir2 abis cek wiki soal mobil toyota, dari segitu banyak toyota, si Innova ini emang antik sendiri, mid-MPV tapi non sliding door. yg seukuran malah kategori Van.

tapi ya siapa tahu, toyota baik hati, beneran bikin dari TNGA :big_love: kaya avanza lah, beneran jadi mobil :big_biglaugh:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Mon Mar 07, 2022 15:37
by 3mul
adriangaut wrote: Mon Mar 07, 2022 9:10 Ini bisa aja development mule innova baru

Chassis baru, internal baru, tapi diteplokin body lama biar orang” nggak gitu ngeh perubahannya dimana

Nanti versi produksinya bisa aja berubah drastis dari proporsinya
biasanya test mule memang pake body lama tapi IMHO yg ini lumayan niat karena gak banyak part bodi lama yg tersisa. siluet memang mirip, tapi overall lebih SUV / cross over look. detail yg berbeda selain velg & tail light:
  • kaca segitiga berubah jadi trapesium dan agak geser ke pintu depan
  • lubang pengisian bbm geser ke depan
  • fender depan dan belakang lebih chunky

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Tue Mar 08, 2022 3:01
by Zaxis
Palingan rav4 dipanjangin

Semoga aja dikasi mesin 2.5l hybrid sekalian AWD nya

Jadi kan ga bakal diledek ga bisa nanjak

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Tue Mar 08, 2022 4:04
by gadjahalphien
3mul wrote: Mon Mar 07, 2022 15:37
adriangaut wrote: Mon Mar 07, 2022 9:10 Ini bisa aja development mule innova baru

Chassis baru, internal baru, tapi diteplokin body lama biar orang” nggak gitu ngeh perubahannya dimana

Nanti versi produksinya bisa aja berubah drastis dari proporsinya
biasanya test mule memang pake body lama tapi IMHO yg ini lumayan niat karena gak banyak part bodi lama yg tersisa. siluet memang mirip, tapi overall lebih SUV / cross over look. detail yg berbeda selain velg & tail light:
  • kaca segitiga berubah jadi trapesium dan agak geser ke pintu depan
  • lubang pengisian bbm geser ke depan
  • fender depan dan belakang lebih chunky
Manteeb clue nya om.

Padahal yg sekarang, udah cukup bisa di anggap Ala suv yak.

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Wed Mar 09, 2022 10:34
by alexand
jadi yg paling memungkinkan pakai TNGA C seperti corolla cross, ujung2nya jadi corolla cross yg di lebarin dan di panjangin supaya bisa 7 seater dong...

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Wed Mar 09, 2022 10:57
by AbdulHakim
alexand wrote: Wed Mar 09, 2022 10:34 jadi yg paling memungkinkan pakai TNGA C seperti corolla cross, ujung2nya jadi corolla cross yg di lebarin dan di panjangin supaya bisa 7 seater dong...
Yang disayangkan Corolla Cross suspensi belakangnya pake Torsion beam, iya siy driver dan penumpang depan ga terlalu merasakan, tapi penumpang belakang yang paling merasakan olengnya. So, IMHO kalo masih memungkinkan, mending pake suspensi independen.

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Thu Mar 10, 2022 4:19
by 3mul
iseng2, yuk kita tebak2an mesin dan transmisi yg akan dipake innova gen.3

kalau innova beralih ke FWD, hampir pasti mesin 1TR yg jadi andalan sejak 2004 bakal pensiun. selain karena efisiensi development reduksi emisi, mesin ini dirancang untuk dipasang secara longitudinal. mesin GD series ikut menghilang dari innova, tapi kelihatannya bakal tetap lanjut di fortuner dan hilux yang sejauh ini belum ada bocoran major change kecuali penambahan teknologi hybrid di GD. kenapa innova gak pake 2GD hybrid aja dengan platform lama? kendalanya ada di harga. sekarang aja harga innova diesel ada di angka 400-500 jutaan. kalau ditambah hybrid seharga puluhan juta, berapa banyak yg mau beli? saya sih pilih piara 2GD lama aja, toh sdh low running cost, hehehe...

mesin mana yg cocok utk innova FWD? tanpa ladder frame, IMHO mesin 1800-2000cc NA dengan/tanpa hybrid atau 1500-1600cc turbo bakal cukup. berhubung platform TNGA biasanya dipasangin dgn mesin dari keluarga dynamic force yang sejauh ini belum ada mesin turbo kecil ataupun 1800cc, maka yg paling besar kemungkinan dipake adalah mesin 2000cc yg sama dgn Noah/Voxy. Spesifikasinya:

M20A-FKS
Configuration: I4
Displacement: 1,986 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 125 kW (168 hp; 170 PS) at 6,600 rpm
Torques: 202 N⋅m at 4,900 rpm
Transmission: Direct Shift-CVT

dynamic force belum ada mesin hybrid jadi IMHO bakal sama dgn Noah/Voxy juga:

2ZR-FXE
Configuration: I4 Atkinson cycle
Displacement: 1,798 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 72 kW (97 hp; 98 PS) petrol engine only; 103 kW (138 hp; 140 PS) combined system output
Torques: +_ 142 N⋅m (petrol engine only); +_ 207 N⋅m (combined)
Transmission: eCVT

yang menarik, di Jepang ada varian Noah/Voxy eAWD. di varian ini ada tambahan motor elektrik di belakang selain di depan.

Electric motor:
70 kW (94 hp; 95 PS) 1VM AC synchronous (front, hybrid)
30 kW (40 hp; 41 PS) 1WM AC synchronous (rear, hybrid)

@fans RWD, mari kita berdoa agar TAM produksi innova eAWD juga :big_grin: :big_grin: :big_grin:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Thu Mar 10, 2022 4:38
by 3mul
AbdulHakim wrote: Wed Mar 09, 2022 10:57 Yang disayangkan Corolla Cross suspensi belakangnya pake Torsion beam, iya siy driver dan penumpang depan ga terlalu merasakan, tapi penumpang belakang yang paling merasakan olengnya. So, IMHO kalo masih memungkinkan, mending pake suspensi independen.
corolla cross pake torsion beam adalah bagian dari strategi toyota utk tekan harga. kalau ingin handling jempolan dgn suspensi independen, konsumen bisa pilih CH-R yg lebih mahal. fakta di lapangan, kebanyakan konsumen pilih faktor harga.
sebagai sebuah MPV medium yg biasanya menomorsekiankan handling, torsion beam jadi pilihan yg paling masuk akal. :big_dunno:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Thu Mar 10, 2022 5:36
by rakyatwkwkland
3mul wrote: Thu Mar 10, 2022 4:19 iseng2, yuk kita tebak2an mesin dan transmisi yg akan dipake innova gen.3

kalau innova beralih ke FWD, hampir pasti mesin 1TR yg jadi andalan sejak 2004 bakal pensiun. selain karena efisiensi development reduksi emisi, mesin ini dirancang untuk dipasang secara longitudinal. mesin GD series ikut menghilang dari innova, tapi kelihatannya bakal tetap lanjut di fortuner dan hilux yang sejauh ini belum ada bocoran major change kecuali penambahan teknologi hybrid di GD. kenapa innova gak pake 2GD hybrid aja dengan platform lama? kendalanya ada di harga. sekarang aja harga innova diesel ada di angka 400-500 jutaan. kalau ditambah hybrid seharga puluhan juta, berapa banyak yg mau beli? saya sih pilih piara 2GD lama aja, toh sdh low running cost, hehehe...

mesin mana yg cocok utk innova FWD? tanpa ladder frame, IMHO mesin 1800-2000cc NA dengan/tanpa hybrid atau 1500-1600cc turbo bakal cukup. berhubung platform TNGA biasanya dipasangin dgn mesin dari keluarga dynamic force yang sejauh ini belum ada mesin turbo kecil ataupun 1800cc, maka yg paling besar kemungkinan dipake adalah mesin 2000cc yg sama dgn Noah/Voxy. Spesifikasinya:

M20A-FKS
Configuration: I4
Displacement: 1,986 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 125 kW (168 hp; 170 PS) at 6,600 rpm
Torques: 202 N⋅m at 4,900 rpm
Transmission: Direct Shift-CVT

dynamic force belum ada mesin hybrid jadi IMHO bakal sama dgn Noah/Voxy juga:

2ZR-FXE
Configuration: I4 Atkinson cycle
Displacement: 1,798 cc
Cylinder bore: 80.5 mm
Piston stroke: 97.6 mm
Compression ratio: 13.0:1
Power output : 72 kW (97 hp; 98 PS) petrol engine only; 103 kW (138 hp; 140 PS) combined system output
Torques: +_ 142 N⋅m (petrol engine only); +_ 207 N⋅m (combined)
Transmission: eCVT

yang menarik, di Jepang ada varian Noah/Voxy eAWD. di varian ini ada tambahan motor elektrik di belakang selain di depan.

Electric motor:
70 kW (94 hp; 95 PS) 1VM AC synchronous (front, hybrid)
30 kW (40 hp; 41 PS) 1WM AC synchronous (rear, hybrid)

@fans RWD, mari kita berdoa agar TAM produksi innova eAWD juga :big_grin: :big_grin: :big_grin:
Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Thu Mar 10, 2022 6:13
by 3mul
rakyatwkwkland wrote: Thu Mar 10, 2022 5:36 Kira2 kalo mesin hybridnya dikasih M20A-FXS mungkin ga yah? Kalo dari data on paper itu mesin 2.0 hybrid figur tenaganya jauh lebih menarik sih daripada 1.8 hybrid nya 2ZR... Cuma ya harga pasti lebih mahal sih...
ternyata dah ada M20A-FXS ya, ane baru ngeh xixixi...
berhubung kompresinya tinggi (14:1), imho yg jadi penentu adalah kualitas bbm lokal, apakah ada yg setara dgn di eropa sono
kalo ada dan dijual disini, ownernya bakal disuruh tanda tangan pake bbm itu kali ya..
:mky_01: :mky_01:

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Thu Mar 10, 2022 7:11
by grimjow
Kalau M20A-FKS sih kemungkinan kecil, mengingat mesin ini dipakai untuk mobi2 keren nya Toyota:

Lexus UX- (high octane specification)
Toyota RAV4- (5th generation model or later)
Toyota Harrier- (4th generation model and later)
Toyota Corolla Touring- (Special specification car "2000 Limited")
Toyota Noah- (4th generation model and later)

Dan nih mesin cukup fresh ya baru launch di 2017.
The Toyota M20A-FKS is one of Toyota 's engines and was developed as part of the company's dynamic force engine . The first installation is the UX released in July 2017 . F means practical DOHC , K means Miller cycle for conventional (non- hybrid ) gasoline vehicles , and S means in- cylinder injection .

Saya malah tertarik sistem hybrid nya pakai yang seperti apa.
Kalau terlalu complicated, bisa jadi blunder juga mengingat mobil ini banyak dipakai sebagai mobil perang dan belum tentu dirawat di bengkel resmi, dll.

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Thu Mar 10, 2022 7:35
by dsign1990
grimjow wrote: Thu Mar 10, 2022 7:11 Kalau M20A-FKS sih kemungkinan kecil, mengingat mesin ini dipakai untuk mobi2 keren nya Toyota:

Lexus UX- (high octane specification)
Toyota RAV4- (5th generation model or later)
Toyota Harrier- (4th generation model and later)
Toyota Corolla Touring- (Special specification car "2000 Limited")
Toyota Noah- (4th generation model and later)

Dan nih mesin cukup fresh ya baru launch di 2017.
The Toyota M20A-FKS is one of Toyota 's engines and was developed as part of the company's dynamic force engine . The first installation is the UX released in July 2017 . F means practical DOHC , K means Miller cycle for conventional (non- hybrid ) gasoline vehicles , and S means in- cylinder injection .

Saya malah tertarik sistem hybrid nya pakai yang seperti apa.
Kalau terlalu complicated, bisa jadi blunder juga mengingat mobil ini banyak dipakai sebagai mobil perang dan belum tentu dirawat di bengkel resmi, dll.
kalau mobil hybrid udah masuk kelas sejuta umat gini ya pasti nanti bakal melahirkan spesialis2 hybrid spt spesialis AC , matic dan kaki2 yg sdh ada sekarang ini , mulai hal yg sederhana spt reset dan mapping sampai ngakalin batre hybridnya biar bisa ekonomis seperti spesialis kaki2 ngakalin rack steer glodakan
kayaknya di awal2 varian hybridnya bakal "jatuh" di bursa mobkas krn spesialisnya masih langka

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Posted: Thu Mar 10, 2022 10:43
by kunaskun
grimjow wrote: Thu Mar 10, 2022 7:11 Saya malah tertarik sistem hybrid nya pakai yang seperti apa.
Kalau terlalu complicated, bisa jadi blunder juga mengingat mobil ini banyak dipakai sebagai mobil perang dan belum tentu dirawat di bengkel resmi, dll.
tenang saja, ini toyota, sebenernya kan jagonya hybrid, dan njelimet macem Prius saja sudah 5th gen.
bayangkan saja Prius pertama keluar, Toyota indo baru upgrade mesin kijang jadi EFI... :mky_03:

yg beli mobil hybrid, sudah pasti konsumen non awam atau non 1st time buyer. yang sudah biasa beli atau sudah ada mobil lainnya. baru kemaren baca di IG, C-HR Bensin sudah ga dijual sejak tahun lalu, karena yang paling laku C-HR hybrid. agak mirip dengan Corolla Cross, palign sering liat yang hybrid. agaknya konsep type tertinggi terlaku untuk mobil non volume maker itu berlaku juga, bahkan ke hybrid.

harga seken anjlok adalah kesempatan buat pemakai berikutnya :big_biglaugh: yang paling disayankan itu bahkan Lexus saja cuma kasih garansi batere 5 tahun / tanpa batasan km. padahal mestinya bisalah kasih lebih, bahkan 10 tahunm toh di indo ga ada masalah dengan suhu ekstrem khas negara 4 musim. tapi apa daya, konsumen Indo ga bisa nawar banyak :ungg: