Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3594
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kunaskun »

Tadi iseng mampir dealer Daihatsu dimari, iseng karena lihat ada Xenia 2021 warna Ijo Army :big_love:
pas masuk, sales pun langsung nyeletuk: iya pak itu warna ijo, ijo army, keren ya, warna antik, kaya Terios Purple (Ungu).
oh ya, ga banyak foto ya banyakan tulisan saja. kalau mau foto atau bahkan video, percayalah di google atau youtube banyak banget.

tadinya mau test varian 1.0 Turbo CVT sayangnya hanya ada 1.0 Turbo MT, maklum di daerah kota di pantur, ini saja best seller Rocky itu varian 1.2 MT. jadi adanya varian 1.2 CVT.

Exterior.
Saya ga komen banyak, karena saya ga terlalu suka ADS ini sudahlah koneng2 ngejreng ada item2 dan stiker ADS, tapi ya inilah selalu yg jadi pembeda Daihatsu dari Toyota kalau ada kembarannya di Toyota.
Kalau versi non ADS, saya suka banget, karena paling mirip dengan Rocky JDM.
btw, ADS = Astra Daihatsu Styling.

yang paling noticeable itu: attention to detail khas JDM masih banyak tersisa. misal, shark fin buat meredam wind noise itu ada di "windshield cowl" ga cuma di lampu belakang atau dudukan spion seperti biasanya DaiToyo, atau pergerakan spion lipat otomatis yang "sleek" banget. keseluruhan, masih berasalah itu rasa sodara jauhnya di seberang lautan sana :upss:

Interior.
Passive Keyless Entry dengan touch button! Ini keren beut, ga ada lagi itu item2 di handel pintu. dan belum sah tentunya kalau ga ketok2 body, atau rasa buka pintu berat atau ngga seperti khasnya orang Indo (sekali lagi, ini ga penting karena ga terlalu sulit bikin pintu itu berat atau suara plat body bagus tinggal masalah engineering saja). pintu okelah ada rasa solid dikit dan plat body ya oke lah intinya mirip2 kata youtuber otomotif lah. Oh ya itu remote berat dan gendut juga ya, rasa2nya lebih berat dari umumnya remote passive keyless entry.

hal paling mencolok: bukan Speedometer yang dipuja2 kaum-netijen-mendang-- mending-yg-ga-beli-tapi-maha-benar itu, tapi merah2 dimana2. yep, merah itu resing :big_chicken: seriusnya, exterior kuning sudah cukup bikin silau, pas masuk akan tambah silau lagi :big_biglaugh:
Saya si ga suka tapi sekali lagi balik ke faktor ADS tentunya. Audio saya ga nyalain, karena itu monitor gede masih ketutupan stiker pelindung jadi ga kelihatan juga. pencet2 busa jok, hmm not bad lah, ya mendingan daripada xenia new gen 2021 sekalipun.

setel sana sini, spion masih pake model daihatsu sejuta umat yg gede tapi kurang lebar sedikit walau sudah cembung banget, mbak Sales mesti sampe nunduk2 bikin saya ga enak ati buat setel itu Tilt Steering karena saya ga nemu itu alat gesernya gimana. DAN GA ADA TELESKOPIK, termaafkan karena hal berikut ini: GA ADA SEAT HEIGHT ADJUSTER :big_slap: dari segitu banyak fitur yang mau disunat ngapain pula itu setelan bangku diilangin dan cuma ada di type 1.0 TURBO :big_chicken:

ya sudahlah akhirnya berasa jaman dulu lagi nyetir diatas mobil bukan di dalem mobil... Setelah prosedur setel2 dan pencet engine start, dan setel AC yang tampilan doang digital tapi ga ada fungsinya itu tapi sudah memenuhi napsu kaum-netijen-mendang-mending-yg-ga-beli-tapi-maha-benar. ada rasa geter kan 3 silinder pasti ada dong? ga ada, setir geter dong? ga ada. pedal2 geter dong? ga ada. tongkat transmisi geter dong? ga ada. dashboard interior2 geter dong? ga ada. padahal saya harian pake Nissan K13 yang terkenal geter2 itu tentu saya mestinya tahu dong karakter 3 silinder. jadi kalau ada yang blg geter percayalah orang tsb boleh jadi test driver atau sekalian F1 test driver karena indera perasanya luar biasa tajem.

eh liat itu speedo pujaan kaum-netijen-mendang-mending-yg-ga-beli-tapi-maha-benar, buat saya sebagai pecinta speedo itu benda sakral yg cukup analog saja ya biasa saja. entah karena setelan kurang terang atau emang rada burem di mata saya akibat lapisan "anti glare" yg berlebihan atau emang jelek. isinya si komplit silahkan cek di youtube. Steer enak karena sudah model jaman sekarang, dengan tombol2 yang masih berasa desain Jepang karena itu tombol logis banget dan rasanya enak.

sisanya saya ga perhatiin karena memang saya cuma mau cicip saja.

Power Train
selain platform baru, banyak yg ga paham (dan memang ga banyak juga konsumen yang mau tahu) kalau bukan cuma rangka tapi transmisi dan mesin pun semuanya total baru, bahkan khusus mesin 1200 cc 3 silinder ini kodenya pun unik yaitu WA-VE (penomoran yg benar2 baru), karena malah beredar duluan di Indo, baru di Jepang ada buat dijadiin Serial Hybrid (ingat hybrid di nissan kicks? it's the same principal). Dan sempat ramai pembahasan di IG ketika social media influencer jalan2 ke pabrik daihatsu bulan2 lalu dan diceritakan sedikit keunikan mesin 3 silinder ini.

https://www.oto.com/berita-mobil/bahas- ... atsu-rocky
Meski tiga silinder, WA-VE memiliki teknologi yang lebih advance dibanding 3NR-VE. Sebut saja penggunaan long stroke sepanjang 94,1 mm dibanding mesin LCGC yang hanya 72,5 mm. "Dampaknya saat bahan bakar meledak, tenaga balik lebih besar. Selain itu karakter torsinya sudah hadir di putaran mesin 2.000 rpm sekitar 107 Nm. Kalau dibandingkan dengan mesin LCGC torsi maksimum justru sebesar 107 Nm pada putaran 4.400 rpm,” ucap Audi.

Memang kalau soal tenaga kedua mesin selisih tipis. Mesin Rocky maximum outputnya 88 ps pada putaran 6.000 rpm, mesin 3NR-VE sebesar 87,8 ps pada 6.000 rpm. Tapi torsi lebih besar Rocky dengan maximum tenaga sebesar 113 Nm pada 4.500 rpm.
Driving Experience
Platform DNGA ini memberikan sesuatu yg lebih untuk saya tentunya, ini kan platform andelan Daihatsu. tentu harusnya bisa bagus dibandingkan daihatsu lokal biasanya. saking bagusnya bahkan semua Daihatsu (dan Toyota) kedepannya akan pakai platform ini. harapan tinggi tentunya.

lepas tongkat rem parkir, ya masih pake otot ya bukan pencet seperti maunya kaum-netijen-mendang-mending-yg-ga-beli-tapi-maha-benar karena cuma ada di Toyota Raize TSS, geser tongkat transmisi ke N, eh ternyata modelnya sudah Daihatsu baru, ada Sport Mode dan buat pilih gigi virtual. enak dan kokoh kok dan itu posisinya kalau digeser lagi lebih keatas berasa kaya lagi main game arcade, karena tinggi :big_biglaugh: asik juga maenan itu tongkat maju mundur buat naik turun gigi.

masuk posisi gigi D. mobil jalan, gas dikit, langsung buyar semua rasa jepangnya :big_biglaugh:
karena geter2? ga ada. tapi kaya xenia/avanza jadul. entah saya mesti takjub dengan R&D TAM atau sedih... karena rasa berkendaranya seperti balik ke era xenia yg tidak memberikan "sesuatu" ke pengemudi...

di gas dikit memang langsung terasa tarikan khas 3 silinder yg mirip diesel, di putaran menengah ngempos, lalu ada lagi dikit setelah VVT-i bantu dorong. dengan rasa berkendara dari paduan semua komponen penggerak khas Xenia banget. apalagi ketika di kecepatan menengah, entah itu ban kelebihan tekanan angin atau emang rasa suspensi yang sangat mental mentul ga mau diem di jalur beton khas pantura tapi kaku ketika ketemu lubang, terasa banget "lightness" dari ini mobil. padahal ini bukan RWD dan body on frame, yg mana bahkan platform ini dijadikan MPV juga.

ya sayang banget, faktor rasa ini benar2 merusak impresi saya, Saya yakin separahnya Rocky di Jepang ga akan separah ini, kenapa? Sienta Indo yg sudah diacak2 saja masih berasa rasa Jepangnya. apalagi ini dengan platform baru. apakah tidak ada faktor positif? tentu tidak, diluar itu semua saya suka transmisi (next topic) & handlingnya, rem pun enak, pede banget d biarpun CVT tentu ga kasih proper engine brake. rasa stir kopong dan bener2 mati tapi responnya tajem, sangat enak untuk berkendara, lincah untuk dalkot, its unlike any Daihatsu.

CVT? BIG NO?. NOPE, seperti diatas. Ini bener2 luar biasa. ga ada lagi rasa CVT yg meraung2 ga jelas ga seirama mesin, diinjek kaya apapun masih mau ngikut walau tetap ada delay khas CVT. Akibat transmisi ini, saya sepertinya akan keliling2 ke nasmoco terdekat untuk cicip Raize Turbo karena ini CVT bener2 "hidden gem". It's alive. siapa sangka di harga segini ada juga CVT enak (saya belum cobain KIA Sonet punya yang juga tersohor dengan rasa "virtual geared AT"-nya), bahkan melebihi kerjaan Nissan JATCO sekalipun.

selamat datang di era baru CVT yg kasih rasa berkendara geared AT tapi dengan rpm lebih rendah ketika cruising tapi tetap terasa cukup sigap ketika dibejek. jadi CVT lebih enak dari geared AT dong? ngga tapi sudah cukup banget untuk tidak merusak kenyamanan berkendara sehari-hari dan bikin 4 speed geared AT makin cepat menuju kepunahan. Virtual 7 Speed pun memang masih agak lemot dan kocak karena tetap tidak ada engine brake, tapi cukup banget untuk bantu mendorong mobil ini untuk akselerasi dan menutupi kelemahan mesin 3 silinder di putaran mesin menengah. Bahkan walau tidak ada paddle shift di steering wheel, tetap enak buat toel2 tongkat sakti karena posisinya pun enak. Pencet tombol Power di steering wheel, cuma berasa beda dikit di rasa respon gas. you still can go wild with this transmission and typical 3 cylinder engine response.

Mesin? bensin rasa diesel, long stroke tapi karakter di rpm paling rendah sungguh responsif, dan terasa banget ketika di gas dikit di dalkot itu mobil kedorong2 siap sodok2 kaya angkot, pecinta sodok2an pasti gembira setalah avanza xenia jadul dihilangkan karakter sodok2annya. dibejek lagi dikit masuk rpm 4000an baru berasa khasnya 3 silinder, kopong dan flat banget, nah di rpm 4500an baru terasa VVT-i "kick in". ini seandainya bisa di remap akan tambah "bengis" apalagi kalau dipasangkan ke sirion, bisa jadi ada raja baru lomba slalom atau drift.

ah seandainya saja itu bantingan suspensi diperbaiki dan rasa "lightness" dilenyapkan, maka saya yakin akan semakin sulit untuk tidak bilang mobil ini enak dikendarai. ini buat saya ya, balik lagi ini subyektif saya dan tentu sangat "bias". juga ada faktor mungkin ini mobil yg diciptakan untuk pindah2 dari A ke B saja, bagi pemakai lama atau pernah pakai duo kaleng beserta keluarga besarnya pasti tahu khasnya rasa xenia jadul ini. bukan jenis mobil yg bikin nyaman dengan meredam kasarnya jalanan dan memberikan kenyamanan berkendara.

oh ya, radius putar 4,9 meter tapi entah kenapa kayanya ga sekecil itu, mungkin perasaan saya saja.

NVH.
Sebetulnya cukup senyap, tapi seperti biasanya mobil monokok sekarang, suara ban tetep tembus, faktor ban sepertinya, yang saya coba dapatnya GT Radial Champiro Eco. cuma ya itu bantingannya mental mentul khas xenia jadul akan terasa dengan bonus "getaran" jalanan yang tidak bisa diredam oleh chassis dengan baik merusak semuanya. untuk suara angin dan lalu lintas cukup kedap ya masih bisa diperbaiki dengan pasang peredam ke bengkel audio terdekat.

Overall.
kalau sekarang, saya tetep akan beli kalau ada duitnya. :big_biglaugh:
kenapa? JDM looks dan memang kebutuhan saya.
tapi rasa berkendara seperti itu? ya realistis saja, dan kata bule2: suck it, dude.
Kenapa ga Magnite? Well, Nissan Indo masih megap2 gitu.
atau Kia Sonet? dengan segudang fitur untuk kaum-netijen-mendang-mending-yg-ga-beli-tapi-maha-benar, ga yakin Indomobil.
Renault Kwid? di SM saja berapa banyak yg pernah lihat ini mobil in action?
pilihan lain? ga ada yang sekelas kan.

bahkan saking ga ada saingannya untuk sekarang ini, kompetisinya malah dari sodara semereknya sendiri entah itu Sirion, Xenia, atau Terios. mau loncat ke abangnya si Toyota pun saja saja.

DaiToyo hit it. bahkan terus terang tanpa fitur apapun ini mobil akan tetap laku kok. apalagi setelah era sedan kecil punah, dilanjutkan city car hatchback juga punah, maka penerusnya adalah crossover kecil seperti ini maka mobil ini masuk kategori must buy.

Intermezzo
Sales yang menemani saya ternyata sudah ada janji untuk TD mobil yg sama dengan konsumen lain dan tiba lebih cepat jadi ya TD saya sudahi setelah 10 km kurang lebih. dan pas saya turun eh pas2an dengan konsumen tsb, yg sudah berumur mungkin beli untuk anaknya. dan saya ditanya2 sedikit:
Customer (C): gimana enak?
Saya (S): Enak om, rasa jepang dan nomor satu jepang emang ga boong.
C: nomor satu di jepang?
S: iya penjualan nomor satu jepang, kayanya tahun ini juga dan rasa jepang masih adalah.
C: rasa jepang?
S: iya rasa jepang masih ada.
C: rasa jepang itu positif atau negatif?
S: *bingung sendiri*, hmm positilah kan nomor satu jepang.
Sales: Iya Om ini nomor satu di Jepang penjualannya.
C: oh ya2. ini non turbo kan ya.
S: iya non turbo.
C: cukuplah ya
Sales: *semangat* iya om ini si bapak (saya) tadi aja kenceng banget tuh bawanya.
S: nggalah, cuma coba2 dikit kok.
C: oh ya, ngapain ya Turbo2, cuma nambah2 gitu doang.
S: ohh ya saya juga penasaran tapi cuma ada unit non Turbo MT, saya mau cobain CVT saja.
C: oh ya turbo kan gitu2 doang.
S: *bingung lagi, mau sebut nambah HP sampe 20 hp, tar dikuliahin: ga kepakelah, bawa mobil itu pelan2 (akibatnya banyak org nyetir sembarangan)* ya saya coba macem2 mobil turbo si memang beda2 ya ada yg nendang di awal, ada di tengah, ada di akhir.
C: oh iya ya macem2 ya.
S: iya om.
END.

sekali lagi, realita saja. :upss:

Image
bonus:
Image
yes, it's army green with gloss finish, imagine this color option on the infamous diesel ladder frame SUV, ijo army is the new black gerobak sayur with ngiung2 :big_smoking:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3679
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by Pboyz97 »

nice review om. rocky ini memang cocok buat orang yg pengen mobil baru dengan gc tinggi, desain yg cakep, fitur yg lengkap + masih enak buat dibawa harian, cuma ga perlu2 amat 7 seater hehehe
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Agya

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by Syauqi »

Good points om 👌👌
Ternyata rocky 1.2 ini sedikit melebihi ekspektasi saya akan mini crossover yang harganya sangat terjangkau.
Worth it banget utk first car budget mepet 200jt, ga butuh merk toyota dan pingin nyari city car non lcgc yang terjangkau & proper.
Btw renault kwid itu kelasnya lcgc om, kalau yg kelasnya ini Renault Kiger (saudaranya magnite) :big_peace:
--
Saya pribadi sih tetap milih rocky 1.2x cvt kalo duitnya ngepas, kalo ada rezeki berlebih boleh lah coba sonet hehe
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2897
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by martinnn »

Nice review...
Tinggal tunggu Mitsubishi masukin small crossover muka expander :big_smoking:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3594
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: 03 Dec 2021, 22:20 nice review om. rocky ini memang cocok buat orang yg pengen mobil baru dengan gc tinggi, desain yg cakep, fitur yg lengkap + masih enak buat dibawa harian, cuma ga perlu2 amat 7 seater hehehe
:big_exellent:
Syauqi wrote: 04 Dec 2021, 08:31 Good points om 👌👌
Ternyata rocky 1.2 ini sedikit melebihi ekspektasi saya akan mini crossover yang harganya sangat terjangkau.
Worth it banget utk first car budget mepet 200jt, ga butuh merk toyota dan pingin nyari city car non lcgc yang terjangkau & proper.
Btw renault kwid itu kelasnya lcgc om, kalau yg kelasnya ini Renault Kiger (saudaranya magnite) :big_peace:
--
Saya pribadi sih tetap milih rocky 1.2x cvt kalo duitnya ngepas, kalo ada rezeki berlebih boleh lah coba sonet hehe
:big_exellent:
ah iya, lupa saya, mestinya Kiger ya. Thanks for the correction.
saya rasa kalau ga mikir soal service dan kedepannya gimana, Sonet mestinya lebih bagus karena saya sempat lihat unitnya di Nissan dimari (yep Nissan karena ga ada Kia disini), dan nyata terlihat di mata saya setidaknya tidak ada usaha untuk nyari extra profit, malah mengesankan: India bisa bikin mobil lebih bagus dan lebih murah daripada bikinan Indonesia, terlepas itu Korea x India vs Japan x Indonesia.
martinnn wrote: 04 Dec 2021, 09:18 Nice review...
Tinggal tunggu Mitsubishi masukin small crossover muka expander :big_smoking:
:big_exellent:
mestinya sudah bisa comot saja itu Magnite. perbaiki sana sini. toh basisnya bagus kan, masih ada Renault touch. saya rasa bisalah dibikin lebih selera "lokal" karena nyatanya di xpander saja cukup sukses. walau bisa saja mitsu memang sudah puas dengan xpander dan pajero.
User avatar
atom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: 18 Jul 2015, 12:22

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by atom »

martinnn wrote: 04 Dec 2021, 09:18 Nice review...
Tinggal tunggu Mitsubishi masukin small crossover muka expander :big_smoking:
Mini expander udah dibikin crossover-nya. Ek x (cross) 4wd.
Kapan masuk kesini ya :big_childish:
Attachments
images (1).jpeg
images (1).jpeg (52.32 KiB) Viewed 3301 times
images (2).jpeg
images (2).jpeg (53.18 KiB) Viewed 3301 times
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by jessboy »

kunaskun wrote: 03 Dec 2021, 17:53 Tadi iseng mampir dealer Daihatsu dimari, iseng karena lihat ada Xenia 2021 warna Ijo Army :big_love:
pas masuk, sales pun langsung nyeletuk: iya pak itu warna ijo, ijo army, keren ya, warna antik, kaya Terios Purple (Ungu).
oh ya, ga banyak foto ya banyakan tulisan saja. kalau mau foto atau bahkan video, percayalah di google atau youtube banyak banget.

Image
bonus:
Image
yes, it's army green with gloss finish, imagine this color option on the infamous diesel ladder frame SUV, ijo army is the new black gerobak sayur with ngiung2 :big_smoking:
mantap om reviewnya :big_exellent:
ngiler juga liat warna ijo army :big_love:
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3594
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kunaskun »

atom wrote: 04 Dec 2021, 21:36 Mini expander udah dibikin crossover-nya. Ek x (cross) 4wd.
Kapan masuk kesini ya :big_childish:
ini kan kei-car. mobil sub 3,6 meter mana laku di indo. bisa habis diterjang netijen mendang mending yg ga akan beli tapi maha benar :big_biglaugh:
jessboy wrote: 06 Dec 2021, 08:21 mantap om reviewnya :big_exellent:
ngiler juga liat warna ijo army :big_love:
:big_exellent: :big_smoking:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by quyquy »

Anyway.. ngomongin mobil pure desain dari jepang sama dari Indonesia coba perhatiin ergonomi jok sopirnya

Ntah kenapa yg pure desain jepang kayak Rocky, Raize, Sienta, Voxy dsbnya bentuk ergonomi jok sopirnya nyaman banget
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3594
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kunaskun »

quyquy wrote: 19 Dec 2021, 09:50 Anyway.. ngomongin mobil pure desain dari jepang sama dari Indonesia coba perhatiin ergonomi jok sopirnya

Ntah kenapa yg pure desain jepang kayak Rocky, Raize, Sienta, Voxy dsbnya bentuk ergonomi jok sopirnya nyaman banget
akhirnya ada yang sepemikiran dengan saya. joknya lebih untuk manusia kalau kata temen :big_biglaugh:
intinya kalau bukan developed for certain countries biasanya jadi enak ya :ungg:
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 434
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by adriangaut »

kunaskun wrote: 19 Dec 2021, 18:43
quyquy wrote: 19 Dec 2021, 09:50 Anyway.. ngomongin mobil pure desain dari jepang sama dari Indonesia coba perhatiin ergonomi jok sopirnya

Ntah kenapa yg pure desain jepang kayak Rocky, Raize, Sienta, Voxy dsbnya bentuk ergonomi jok sopirnya nyaman banget
akhirnya ada yang sepemikiran dengan saya. joknya lebih untuk manusia kalau kata temen :big_biglaugh:
intinya kalau bukan developed for certain countries biasanya jadi enak ya :ungg:
Kalo develop buat negara maju, yang beli mikirnya enak gak gue dudukin

Kalo buat negara berkembang…… ributnya ada acc ga, ada ini itu ga (ga selalu berhubungan sama comfort)

Kalo di develop gak nyaman, gak dibeli sama orang negara maju
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: 17 Nov 2013, 17:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz
Contact:

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by aerotourersora »

nah lagi naksir rocky juga, tapi bingung mau 1.2 yang tarikan bawah mantap atau 1.0 yang tarikan di tol mantap banget 🤣

btw WA-VE bukan penomoran baru kok om, itu penomoran mesin daihatsu (EJ-DE/EJ-VE di xenia 1.0, HD-C/HD-E di taruna/zebra)
continuously-variable
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11847
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by ChZ »

adriangaut wrote: 19 Dec 2021, 23:37
kunaskun wrote: 19 Dec 2021, 18:43
quyquy wrote: 19 Dec 2021, 09:50 Anyway.. ngomongin mobil pure desain dari jepang sama dari Indonesia coba perhatiin ergonomi jok sopirnya

Ntah kenapa yg pure desain jepang kayak Rocky, Raize, Sienta, Voxy dsbnya bentuk ergonomi jok sopirnya nyaman banget
akhirnya ada yang sepemikiran dengan saya. joknya lebih untuk manusia kalau kata temen :big_biglaugh:
intinya kalau bukan developed for certain countries biasanya jadi enak ya :ungg:
Kalo develop buat negara maju, yang beli mikirnya enak gak gue dudukin

Kalo buat negara berkembang…… ributnya ada acc ga, ada ini itu ga (ga selalu berhubungan sama comfort)

Kalo di develop gak nyaman, gak dibeli sama orang negara maju
bukti kalo masyarakat negara berkembang itu lebih "nerimo" ... maklum lah mindset nya mobil barang luxury di sini. jd punya 1 walau joknya bikin pantat pegel aja udah bersyukur soalnya biasanya lebih parah kehujanan dan kepanasan.

tapi mindset barang luxury itu yang bikin kenapa kita tuh suka minta yang gak penting macem fitur-fitur yang 80% gak kepake. makin kaya biasa mintanya makin aneh. klo bisa mobilnya jalan sendiri tanpa disetir (ini sama jg knp luxury cars macem S class itu fiturnya aneh aneh).

akhirnya krn market driven perspective pabrikan macem daihatsu gini mereka liatnya oh kl negara sini mah konsumennya gak terlalu pentingin kenyamanan yang penting fitur banyak.

sementara di negara kyk jepang ya penduduknya buat afford mobil gak susah. fitur cuma jadi option buat yang mau printilan berlebih. yang paling basic aja dijual dengan velg kaleng dan audioless bahkan mobil macem vellfire jg dijual audioless. beda base trim sama full opt bisa 30% sampe 50% harga mobil sendiri. budget pengembangannya dipikirin buat bikin ergonomi jok, bikin chassis lebih kaku, bikin suspensi lebih enak... outputnya mobilnya buat disetir pasti enak.

di sini gak ada carplay aja mencak mencak. sukur-sukur dikasih head unit... :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4889
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by sintoni »

ChZ wrote: 20 Dec 2021, 09:45 bukti kalo masyarakat negara berkembang itu lebih "nerimo" ... maklum lah mindset nya mobil barang luxury di sini. jd punya 1 walau joknya bikin pantat pegel aja udah bersyukur soalnya biasanya lebih parah kehujanan dan kepanasan.

tapi mindset barang luxury itu yang bikin kenapa kita tuh suka minta yang gak penting macem fitur-fitur yang 80% gak kepake. makin kaya biasa mintanya makin aneh. klo bisa mobilnya jalan sendiri tanpa disetir (ini sama jg knp luxury cars macem S class itu fiturnya aneh aneh).

akhirnya krn market driven perspective pabrikan macem daihatsu gini mereka liatnya oh kl negara sini mah konsumennya gak terlalu pentingin kenyamanan yang penting fitur banyak.

sementara di negara kyk jepang ya penduduknya buat afford mobil gak susah. fitur cuma jadi option buat yang mau printilan berlebih. yang paling basic aja dijual dengan velg kaleng dan audioless bahkan mobil macem vellfire jg dijual audioless. beda base trim sama full opt bisa 30% sampe 50% harga mobil sendiri. budget pengembangannya dipikirin buat bikin ergonomi jok, bikin chassis lebih kaku, bikin suspensi lebih enak... outputnya mobilnya buat disetir pasti enak.

di sini gak ada carplay aja mencak mencak. sukur-sukur dikasih head unit... :big_biglaugh:
Disini yg penting fitur/printilan yg keliatan di mata atau bisa dipamerin. Hahaha.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3594
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kunaskun »

adriangaut wrote: 19 Dec 2021, 23:37 Kalo develop buat negara maju, yang beli mikirnya enak gak gue dudukin

Kalo buat negara berkembang…… ributnya ada acc ga, ada ini itu ga (ga selalu berhubungan sama comfort)

Kalo di develop gak nyaman, gak dibeli sama orang negara maju
sintoni wrote: 20 Dec 2021, 09:58 Disini yg penting fitur/printilan yg keliatan di mata atau bisa dipamerin. Hahaha.
keberhasilan ahond indo... yang beli mobil duduknya di luar bukan di dalem :mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3594
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kunaskun »

aerotourersora wrote: 20 Dec 2021, 09:15 nah lagi naksir rocky juga, tapi bingung mau 1.2 yang tarikan bawah mantap atau 1.0 yang tarikan di tol mantap banget 🤣

btw WA-VE bukan penomoran baru kok om, itu penomoran mesin daihatsu (EJ-DE/EJ-VE di xenia 1.0, HD-C/HD-E di taruna/zebra)
ohh saya baru tau kode mesin daihatsu ada yang seperti itu. kirain selama ini mirip toyota. thanks for the info. :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11847
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by ChZ »

btw sedikit berbagi cerita kemarin baru aja nemenin temen hunting mobil krn mau ambil COP kantor... salah satu incarannya yg masuk bajet dai rocky 1.2X . jadi inget thread ini.

udah liat kembaran toyota nya kyknya rada berat nomboknya dari budget COP :big_biglaugh: waktu disodorin PL toyota juga kaget skrg jadi mahal banget ya si raize base trim 1.2 aja 240 juta-an cuma dapet diskon 3 juta. kirain gak ada ppnbm 0% terus diskon jd gede ternyata sama aja.

mlipirlah ke diler daihatsu dengan segenap perjuangan cari parkir krn dealer gak ada parkirannya. sempat ditawarin stock 2021 potongan 28 juta-an (yah ini mah bener harga potong ppnbm dulu) tapi sayangnya transmisi 3 pedal semua yang mana mobil bakal dipake teman ane beraktivitas di jakarta... ternyata untuk ukuran orang yang biasa pegang manual di semarang, di jakarta tetep nyerah (biasa pegang mobil ortunya kijang disel kapsul dan mobil kakaknya BRV 2019 manual) jadi vin 2021 skip.

tp untuk 2022 offer nya lebih menarik dari toyota diskon di 9jt + 2jt pengajuan nett jadi sekitar 229 juta utk trim 1.2X CVT. sementara belum fix mau deal yang mana krn kemarin ditawarin TD tapi hasrat ingin TD kalah dengan perut lapar :mky_01: jd ybs kayaknya berniat mau TD dulu.

yang ane agak sedih itu liat budget untuk ukuran COP kantornya sebenernya ngga kecil dgn masa kerjanya yang masih blom lama-lama amat (+- 200 juta, kerja di salah satu chain minimarket terbesar) tapi sejak ppnbm 0% dicabut skrg bener bener untuk dapet mobil entry level macem rocky trim bawah aja musti nombok dari budget COP nya :ungg: waktu pertama ditanya saran mobil juga ane bingung skrg 200juta cuma dapet LCGC :ungg:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 824
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kenop »

ChZ wrote: 14 Feb 2022, 09:54 btw sedikit berbagi cerita kemarin baru aja nemenin temen hunting mobil krn mau ambil COP kantor... salah satu incarannya yg masuk bajet dai rocky 1.2X . jadi inget thread ini.

udah liat kembaran toyota nya kyknya rada berat nomboknya dari budget COP :big_biglaugh: waktu disodorin PL toyota juga kaget skrg jadi mahal banget ya si raize base trim 1.2 aja 240 juta-an cuma dapet diskon 3 juta. kirain gak ada ppnbm 0% terus diskon jd gede ternyata sama aja.

mlipirlah ke diler daihatsu dengan segenap perjuangan cari parkir krn dealer gak ada parkirannya. sempat ditawarin stock 2021 potongan 28 juta-an (yah ini mah bener harga potong ppnbm dulu) tapi sayangnya transmisi 3 pedal semua yang mana mobil bakal dipake teman ane beraktivitas di jakarta... ternyata untuk ukuran orang yang biasa pegang manual di semarang, di jakarta tetep nyerah (biasa pegang mobil ortunya kijang disel kapsul dan mobil kakaknya BRV 2019 manual) jadi vin 2021 skip.

tp untuk 2022 offer nya lebih menarik dari toyota diskon di 9jt + 2jt pengajuan nett jadi sekitar 229 juta utk trim 1.2X CVT. sementara belum fix mau deal yang mana krn kemarin ditawarin TD tapi hasrat ingin TD kalah dengan perut lapar :mky_01: jd ybs kayaknya berniat mau TD dulu.

yang ane agak sedih itu liat budget untuk ukuran COP kantornya sebenernya ngga kecil dgn masa kerjanya yang masih blom lama-lama amat (+- 200 juta, kerja di salah satu chain minimarket terbesar) tapi sejak ppnbm 0% dicabut skrg bener bener untuk dapet mobil entry level macem rocky trim bawah aja musti nombok dari budget COP nya :ungg: waktu pertama ditanya saran mobil juga ane bingung skrg 200juta cuma dapet LCGC :ungg:
Sirion mgkn om?
PL yg matic cm 223 jt
Taon kmrn sih disc nya bs 12 jt + pengajuan lg

Tp akhir nya beli baleno soale sirion mau TD aja unit ny kaga ada :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11847
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by ChZ »

kenop wrote: 14 Feb 2022, 10:23
Sirion mgkn om?
PL yg matic cm 223 jt
Taon kmrn sih disc nya bs 12 jt + pengajuan lg

Tp akhir nya beli baleno soale sirion mau TD aja unit ny kaga ada :big_biglaugh:
wkwkwkwk kayaknya stick ke duo RR ini om... jangan yg aneh aneh deh orang gak ngikutin otomotif banget beli yg pasaran aja.

gw jg kasih sarannya beli yg non turbo aja gak bingung isi bensin apaan aplg liat harga bensin makin gila gini :mky_01:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 824
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kenop »

ChZ wrote: 14 Feb 2022, 11:04
kenop wrote: 14 Feb 2022, 10:23
Sirion mgkn om?
PL yg matic cm 223 jt
Taon kmrn sih disc nya bs 12 jt + pengajuan lg

Tp akhir nya beli baleno soale sirion mau TD aja unit ny kaga ada :big_biglaugh:
wkwkwkwk kayaknya stick ke duo RR ini om... jangan yg aneh aneh deh orang gak ngikutin otomotif banget beli yg pasaran aja.

gw jg kasih sarannya beli yg non turbo aja gak bingung isi bensin apaan aplg liat harga bensin makin gila gini :mky_01:
wkkwkw pusing lah liat harga ron 95 ke atas sm dex, untung mobil di rumah pake pertamax aja cukup :big_biglaugh:
tp sy masih suka liat sih orang pake raize GR antri di pertalite, semoga awet dah :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11847
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by ChZ »

kenop wrote: 14 Feb 2022, 11:11
wkkwkw pusing lah liat harga ron 95 ke atas sm dex, untung mobil di rumah pake pertamax aja cukup :big_biglaugh:
tp sy masih suka liat sih orang pake raize GR antri di pertalite, semoga awet dah :upss:
nah saya ni budget bensin makin bengkak dr taun ke taun, mana taun lalu bengkaknya gak sopan lagi dr 9850 ke 12000 :ungg: mau turun ke ron92 sayang kaki udah biasa pake 98.

klo awet sih awet om, toyota daihatsu enjin dipasarin di sini pasti dirancang buat bensin oktan rendah dengan cost power turun dan mungkin getaran lbh berasa wkwkwkwk

cuma yang saya takutkan yang bikin gak awet justru spek oli yg dikasih beres... beberapa beres suka ngawur gak ikut bukman. bbrp dikasih tmo 5w30 apa malah 10w30. beres toyota ni bener bener payah klo soal spek oli kyknya. bbrp cvtf aja masih salah tuang.

urusan oli turbo honda lbh adaptif sih. kyknya spec mesin lebih tinggi jd klo kenapa napa penguapan tinggi pasti ketauan. mgkn uji lab mereka sendiri ada indikasi penguapan tinggi pke gold 0w20 makanya dia bikin epro turbo 0w20
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1001
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by vipere »

ChZ wrote: 14 Feb 2022, 09:54 btw sedikit berbagi cerita kemarin baru aja nemenin temen hunting mobil krn mau ambil COP kantor... salah satu incarannya yg masuk bajet dai rocky 1.2X . jadi inget thread ini.

udah liat kembaran toyota nya kyknya rada berat nomboknya dari budget COP :big_biglaugh: waktu disodorin PL toyota juga kaget skrg jadi mahal banget ya si raize base trim 1.2 aja 240 juta-an cuma dapet diskon 3 juta. kirain gak ada ppnbm 0% terus diskon jd gede ternyata sama aja.

mlipirlah ke diler daihatsu dengan segenap perjuangan cari parkir krn dealer gak ada parkirannya. sempat ditawarin stock 2021 potongan 28 juta-an (yah ini mah bener harga potong ppnbm dulu) tapi sayangnya transmisi 3 pedal semua yang mana mobil bakal dipake teman ane beraktivitas di jakarta... ternyata untuk ukuran orang yang biasa pegang manual di semarang, di jakarta tetep nyerah (biasa pegang mobil ortunya kijang disel kapsul dan mobil kakaknya BRV 2019 manual) jadi vin 2021 skip.

tp untuk 2022 offer nya lebih menarik dari toyota diskon di 9jt + 2jt pengajuan nett jadi sekitar 229 juta utk trim 1.2X CVT. sementara belum fix mau deal yang mana krn kemarin ditawarin TD tapi hasrat ingin TD kalah dengan perut lapar :mky_01: jd ybs kayaknya berniat mau TD dulu.

yang ane agak sedih itu liat budget untuk ukuran COP kantornya sebenernya ngga kecil dgn masa kerjanya yang masih blom lama-lama amat (+- 200 juta, kerja di salah satu chain minimarket terbesar) tapi sejak ppnbm 0% dicabut skrg bener bener untuk dapet mobil entry level macem rocky trim bawah aja musti nombok dari budget COP nya :ungg: waktu pertama ditanya saran mobil juga ane bingung skrg 200juta cuma dapet LCGC :ungg:
mustinya kalo di jkt masih ada stok rocky turbo cvt 2021 free ppnbm + diskon. Kalo yg 1.2 cvt nya sejak des juga udah habis ini rocky.
raize gr cvt 2021 free ppnbm + diskon juga mustinya masih ada di jakarta, kalo mau hunting.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11847
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by ChZ »

vipere wrote: 14 Feb 2022, 13:07
mustinya kalo di jkt masih ada stok rocky turbo cvt 2021 free ppnbm + diskon. Kalo yg 1.2 cvt nya sejak des juga udah habis ini rocky.
raize gr cvt 2021 free ppnbm + diskon juga mustinya masih ada di jakarta, kalo mau hunting.
ic mbah... nanti coba ane infokan ke orangnya :mky_01:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3594
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 14 Feb 2022, 11:04 wkwkwkwk kayaknya stick ke duo RR ini om... jangan yg aneh aneh deh orang gak ngikutin otomotif banget beli yg pasaran aja.

gw jg kasih sarannya beli yg non turbo aja gak bingung isi bensin apaan aplg liat harga bensin makin gila gini :mky_01:
sebenernya yang turbo juga ga masalah pake pertalite. kan aslinya itu mesin LCGC si 1KR-VE. tapi dikasih turbo saja. kompresi juga mestinya sama lah, malah jangan2 diturunin dikit, seperti biasanya mesin turbo bawaan pabrik kan. dan seingat saja di manual di tulis bbm oktan 91.
malah yang varian 1.2 sepertinya akan lebih bawel urusan bensin karena pake dual injector.
sekarang isi pertamax juga nyebelin, banyakan yang "basi" mungkin perputaran lamban. jadi tetep oplos turbo dikit d.

harga mobil OTR asli dibawah 250 juta sekarang masih dapet diskon ppnbm kan jadi hanya 7.5% dari seharusnya 15%.
pengalaman dari akhir bulan kemarin Rocky 1.2 CVT dan Raize 1.2 CVT sudah habis sejak akhir desembere, sekarang 2021 paling Raize 1.0 atau Rocky 1.0 itu saja warnanya biasanya rada ajaib.
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Review: Daihatsu Rocky X ADS CVT 2021

Post by hackers11 »

kunaskun wrote:
ChZ wrote: 14 Feb 2022, 11:04 wkwkwkwk kayaknya stick ke duo RR ini om... jangan yg aneh aneh deh orang gak ngikutin otomotif banget beli yg pasaran aja.

gw jg kasih sarannya beli yg non turbo aja gak bingung isi bensin apaan aplg liat harga bensin makin gila gini :mky_01:
sebenernya yang turbo juga ga masalah pake pertalite. kan aslinya itu mesin LCGC si 1KR-VE. tapi dikasih turbo saja. kompresi juga mestinya sama lah, malah jangan2 diturunin dikit, seperti biasanya mesin turbo bawaan pabrik kan. dan seingat saja di manual di tulis bbm oktan 91.
malah yang varian 1.2 sepertinya akan lebih bawel urusan bensin karena pake dual injector.
sekarang isi pertamax juga nyebelin, banyakan yang "basi" mungkin perputaran lamban. jadi tetep oplos turbo dikit d.

harga mobil OTR asli dibawah 250 juta sekarang masih dapet diskon ppnbm kan jadi hanya 7.5% dari seharusnya 15%.
pengalaman dari akhir bulan kemarin Rocky 1.2 CVT dan Raize 1.2 CVT sudah habis sejak akhir desembere, sekarang 2021 paling Raize 1.0 atau Rocky 1.0 itu saja warnanya biasanya rada ajaib.
Tuker2 pturbo vs pertamax lumayan beda sih kalo menurut saya. Sejak delivery 500an km awal pk pertamax dan sekarang ongoing 150an km pk pturbo. Akselerasi bagisan pturbo. Kehematan di mid bagusan pturbo juga sementara.
Rocky unit 2021 turbo dan matic single tone harusbya cukup banyak menurut sales nya pas ngambil 3 minggu lalu. Simply karena varian super banyak dan warna juga banyak. Sales kekinian yg jualan di IG atau FB bisa dikontak. Pk akun cadangan suoaya ga diteror bwt beli biar makin tenang hehehe
Post Reply