Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 12:39
sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 8:36
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48
Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.

Viskositas cari yg diinginkan aja, rekomendasi untuk dalam kota paling kentel 30 aja, jd bisa pake buntut 20/30.
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om
Ya karena itu semua oli kalau cuma 5rb atau maks 6 bulan mah semua bisa + aman ga bikin sludge, yg penting asli.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11307
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 12:39
sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 8:36
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48
Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.

Viskositas cari yg diinginkan aja, rekomendasi untuk dalam kota paling kentel 30 aja, jd bisa pake buntut 20/30.
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om
menurut sy mending jadiin 1 merk&sae aja utk 2 mobil itu jadi ga bingung. krn biante kan 4.3L + 3.2L march, total 7.5L. kl beli yg literan 8 botol ada sisa 500mL utk cadangan top up (penguapan). kl beli yg quart 8 botol (8x 946mL) pas 7.5L.

atau sae mau dibedain jg ga masalah, nanti utk top up ya di cocktail.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11307
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

just sharing fyi


Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Travellintas »

Suryaputra wrote: Sun Dec 12, 2021 2:38
Travellintas wrote: Sat Dec 11, 2021 17:53 Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ?? :big_peace: :big_peace:
Ambil contoh amsoil signature 5w30 dan 0w30
Untuk suhu operasi 40 & 100C, kekentalannya relatif identik
*viscocity value = Makin kecil makin encer

Image

That's why, klo di indonesia, selama bukan frozen temp, relatif sama aja.

Apalgi ketika suhu operasi 100C (ketika mesin sudah dipakai jalan), amsoil signature 10w30 aja lbh encer sedikittt dibanding 0w30 nya

Klo bandinginnya beda model dan beda kelas, ya beda cerita atuh :upss:







Aih jd ngomongin amsoil :ngacir:
Lagi nge bandingin ptt yang 0-20 dan 0-30 om , tandanya 0-30 pertangahan antara 0-20 dan 5-30 ya om ?
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Travellintas »

rendr wrote: Sun Dec 12, 2021 3:45
Travellintas wrote: Sat Dec 11, 2021 17:53 Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ?? :big_peace: :big_peace:
depends om... olinya apa vs apa, kalo satu produsen lebih enak liatnya kyk PTT...

tapi 0w30 V100 nya cenderung lebih kentel dari 5w30 sih kalo yg ane liat2...
Pas nih om lgi bandingin merek ptt ok kemarin ada liat yang perferma ngeluarin 0-20 0-30 5-30 , renacana mau bli yang 0-30 karna nampaknya itu di tengah dari 0-20dan 5-30 :big_blushing:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Travellintas wrote: Sun Dec 12, 2021 15:05
Suryaputra wrote: Sun Dec 12, 2021 2:38
Travellintas wrote: Sat Dec 11, 2021 17:53 Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ?? :big_peace: :big_peace:
Ambil contoh amsoil signature 5w30 dan 0w30
Untuk suhu operasi 40 & 100C, kekentalannya relatif identik
*viscocity value = Makin kecil makin encer

Image

That's why, klo di indonesia, selama bukan frozen temp, relatif sama aja.

Apalgi ketika suhu operasi 100C (ketika mesin sudah dipakai jalan), amsoil signature 10w30 aja lbh encer sedikittt dibanding 0w30 nya

Klo bandinginnya beda model dan beda kelas, ya beda cerita atuh :upss:







Aih jd ngomongin amsoil :ngacir:
Lagi nge bandingin ptt yang 0-20 dan 0-30 om , tandanya 0-30 pertangahan antara 0-20 dan 5-30 ya om ?
PTT 5W30 sama 0w30 beda kelas dan peruntukan.

PTT 5w30 Yg beredar di sini,
- 5w30 synthetic API SN / A5 B5 C2 buat mesin bensin dan diesel
- 5w30 euro syn buat mbl eropah
- 5w30 syntec (kelas eco) botol item

0w30 yg beredar di sini
- 0w30 super synthetic API SP / GF6 spesialis mbl bensin dan anti lspi

Jadi beda kelas dan peruntukan.

Scr viskositas 5w30 dan 0w30 di suhu 40C serupa (di indonesia), dan cukup signifikan sm 0w20

Klo konteksnya buat dipakai di winter atau frozen temp, benar, 0w30 in between 0w20 dan 5w30

Back to manuals, mintanya visco brp / mesin mbl apa mbah?
Apakah ada kebutuhan atau approval tertentu spt GM dexos sekian?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by alim ulama »

sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 13:24
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 12:39
sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 8:36

Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.

Viskositas cari yg diinginkan aja, rekomendasi untuk dalam kota paling kentel 30 aja, jd bisa pake buntut 20/30.
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om
Ya karena itu semua oli kalau cuma 5rb atau maks 6 bulan mah semua bisa + aman ga bikin sludge, yg penting asli.
okey, jadi meski kasta affordable, selama asli & diganti sebelum olinya wear-out aman2 aja ya?
tinggal pertimbangan cost beli oli (high spec / low spec) & waktu + cost service tambahan tiap ganti oli tersebut..

Omnibus wrote: Sun Dec 12, 2021 13:51=

menurut sy mending jadiin 1 merk&sae aja utk 2 mobil itu jadi ga bingung. krn biante kan 4.3L + 3.2L march, total 7.5L. kl beli yg literan 8 botol ada sisa 500mL utk cadangan top up (penguapan). kl beli yg quart 8 botol (8x 946mL) pas 7.5L.

atau sae mau dibedain jg ga masalah, nanti utk top up ya di cocktail.
noted utk perspective ini, sebenernya Biante dulu sempet pindah ke buntut -40 krn yg pegang dulu terkena idiom mesin odo tinggi & sudah >5 tahun better pake viskositas kentel
kalau gak salah inget, terakhir di beres pake Mazda Genuine Oil 5W-30 sampe odo 120rb doang, abis itu ke bengkel umum dan ganti ke 10W-40 dan interval ganti oli per 5.000 km / 4 bulan (setahun sekitar 15 rb km, kepotong di awal 2020 aja pas PSBB mobil banyak ngendon) jadi pake si Mobil Super 10W-40 yg harusnya murmer tapi kena 105 rb ini udah sekitar 5x ganti oli deh give or take

cuman kalo baca2 thread di part-part sebelumnya, selama mesin modern dengan teknologi variable valve, meski high mileage aman2 aja pake buntut -30 maupun -20 ya...

btw, ada user yg bisa sharing utk kapasitas oli d biante & march 1.5l? valid atau agak beda2 dikit?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 16:18
sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 13:24
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 12:39
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om
Ya karena itu semua oli kalau cuma 5rb atau maks 6 bulan mah semua bisa + aman ga bikin sludge, yg penting asli.
okey, jadi meski kasta affordable, selama asli & diganti sebelum olinya wear-out aman2 aja ya?
tinggal pertimbangan cost beli oli (high spec / low spec) & waktu + cost service tambahan tiap ganti oli tersebut..

Omnibus wrote: Sun Dec 12, 2021 13:51=

menurut sy mending jadiin 1 merk&sae aja utk 2 mobil itu jadi ga bingung. krn biante kan 4.3L + 3.2L march, total 7.5L. kl beli yg literan 8 botol ada sisa 500mL utk cadangan top up (penguapan). kl beli yg quart 8 botol (8x 946mL) pas 7.5L.

atau sae mau dibedain jg ga masalah, nanti utk top up ya di cocktail.
noted utk perspective ini, sebenernya Biante dulu sempet pindah ke buntut -40 krn yg pegang dulu terkena idiom mesin odo tinggi & sudah >5 tahun better pake viskositas kentel
kalau gak salah inget, terakhir di beres pake Mazda Genuine Oil 5W-30 sampe odo 120rb doang, abis itu ke bengkel umum dan ganti ke 10W-40 dan interval ganti oli per 5.000 km / 4 bulan (setahun sekitar 15 rb km, kepotong di awal 2020 aja pas PSBB mobil banyak ngendon) jadi pake si Mobil Super 10W-40 yg harusnya murmer tapi kena 105 rb ini udah sekitar 5x ganti oli deh give or take

cuman kalo baca2 thread di part-part sebelumnya, selama mesin modern dengan teknologi variable valve, meski high mileage aman2 aja pake buntut -30 maupun -20 ya...

btw, ada user yg bisa sharing utk kapasitas oli d biante & march 1.5l? valid atau agak beda2 dikit?
Kapasitas oli mesin dan visco ikut manual book aja mbah.
Better makin tua, kasih oli makin bergizi, dengan drain interval normal aja.
Klo Dari awal ya lbh bagus.

Knp?
Ya sama spt manusia, makin tua, makan dan minum gak bisa asal2an.

Apalagi namanya mesin, kan gak punya kemampuan recovery,
Klo dah aus ya aus aja :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Travellintas »

Suryaputra wrote: Sun Dec 12, 2021 15:27
Travellintas wrote: Sun Dec 12, 2021 15:05
Suryaputra wrote: Sun Dec 12, 2021 2:38

Ambil contoh amsoil signature 5w30 dan 0w30
Untuk suhu operasi 40 & 100C, kekentalannya relatif identik
*viscocity value = Makin kecil makin encer

Image

That's why, klo di indonesia, selama bukan frozen temp, relatif sama aja.

Apalgi ketika suhu operasi 100C (ketika mesin sudah dipakai jalan), amsoil signature 10w30 aja lbh encer sedikittt dibanding 0w30 nya

Klo bandinginnya beda model dan beda kelas, ya beda cerita atuh :upss:







Aih jd ngomongin amsoil :ngacir:
Lagi nge bandingin ptt yang 0-20 dan 0-30 om , tandanya 0-30 pertangahan antara 0-20 dan 5-30 ya om ?
PTT 5W30 sama 0w30 beda kelas dan peruntukan.

PTT 5w30 Yg beredar di sini,
- 5w30 synthetic API SN / A5 B5 C2 buat mesin bensin dan diesel
- 5w30 euro syn buat mbl eropah
- 5w30 syntec (kelas eco) botol item

0w30 yg beredar di sini
- 0w30 super synthetic API SP / GF6 spesialis mbl bensin dan anti lspi

Jadi beda kelas dan peruntukan.

Scr viskositas 5w30 dan 0w30 di suhu 40C serupa (di indonesia), dan cukup signifikan sm 0w20

Klo konteksnya buat dipakai di winter atau frozen temp, benar, 0w30 in between 0w20 dan 5w30

Back to manuals, mintanya visco brp / mesin mbl apa mbah?
Apakah ada kebutuhan atau approval tertentu spt GM dexos sekian?
Klo di manual mintanya antara 0-20 dan 5-30 mbah dan minimal sudah super synthetic API SP / GF6 cuman kemarin ada yang kasi saran klo udara di kotanya dan style drivingnya highway cukup 5-30 karna itu saya cari jalan tengah mbah pakai 0-30 agar viskositasnya setara 0-20 tpi di temp 40 c setara 5-30 jdi bisa mengambil range dari 0-20 dan 5-30 mbah ,bagaimana mbah klo ptt bli 0-20 atau 0-30? :ungg: :big_childish: :big_peace:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Travellintas wrote: Mon Dec 13, 2021 0:18
Suryaputra wrote: Sun Dec 12, 2021 15:27
Travellintas wrote: Sun Dec 12, 2021 15:05

Lagi nge bandingin ptt yang 0-20 dan 0-30 om , tandanya 0-30 pertangahan antara 0-20 dan 5-30 ya om ?
PTT 5W30 sama 0w30 beda kelas dan peruntukan.

PTT 5w30 Yg beredar di sini,
- 5w30 synthetic API SN / A5 B5 C2 buat mesin bensin dan diesel
- 5w30 euro syn buat mbl eropah
- 5w30 syntec (kelas eco) botol item

0w30 yg beredar di sini
- 0w30 super synthetic API SP / GF6 spesialis mbl bensin dan anti lspi

Jadi beda kelas dan peruntukan.

Scr viskositas 5w30 dan 0w30 di suhu 40C serupa (di indonesia), dan cukup signifikan sm 0w20

Klo konteksnya buat dipakai di winter atau frozen temp, benar, 0w30 in between 0w20 dan 5w30

Back to manuals, mintanya visco brp / mesin mbl apa mbah?
Apakah ada kebutuhan atau approval tertentu spt GM dexos sekian?
Klo di manual mintanya antara 0-20 dan 5-30 mbah dan minimal sudah super synthetic API SP / GF6 cuman kemarin ada yang kasi saran klo udara di kotanya dan style drivingnya highway cukup 5-30 karna itu saya cari jalan tengah mbah pakai 0-30 agar viskositasnya setara 0-20 tpi di temp 40 c setara 5-30 jdi bisa mengambil range dari 0-20 dan 5-30 mbah ,bagaimana mbah klo ptt bli 0-20 atau 0-30? :ungg: :big_childish: :big_peace:
2-2nya bagus.

Kalau mau ya dicampur aja, kan base oilnya jg sama.
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 12:39
sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 8:36
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48
Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.

Viskositas cari yg diinginkan aja, rekomendasi untuk dalam kota paling kentel 30 aja, jd bisa pake buntut 20/30.
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om
Browsingnya mesti tepat sasaran om..
Bnyk m&m di dunia perolian.. mitos dan marketing
MSDS itu kaitannya dgn safety, handling, transport

Klo mo baca2, cari 540ratblog aja
Dia ada list tes oli2 dan bisa tau kenapa amsoil bisa mahal
Kenapa valvoline dan eneos worth for money
Dll..
Solidarität für immer
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Travellintas wrote: Mon Dec 13, 2021 0:18
Suryaputra wrote: Sun Dec 12, 2021 15:27
Travellintas wrote: Sun Dec 12, 2021 15:05

Lagi nge bandingin ptt yang 0-20 dan 0-30 om , tandanya 0-30 pertangahan antara 0-20 dan 5-30 ya om ?
PTT 5W30 sama 0w30 beda kelas dan peruntukan.

PTT 5w30 Yg beredar di sini,
- 5w30 synthetic API SN / A5 B5 C2 buat mesin bensin dan diesel
- 5w30 euro syn buat mbl eropah
- 5w30 syntec (kelas eco) botol item

0w30 yg beredar di sini
- 0w30 super synthetic API SP / GF6 spesialis mbl bensin dan anti lspi

Jadi beda kelas dan peruntukan.

Scr viskositas 5w30 dan 0w30 di suhu 40C serupa (di indonesia), dan cukup signifikan sm 0w20

Klo konteksnya buat dipakai di winter atau frozen temp, benar, 0w30 in between 0w20 dan 5w30

Back to manuals, mintanya visco brp / mesin mbl apa mbah?
Apakah ada kebutuhan atau approval tertentu spt GM dexos sekian?
Klo di manual mintanya antara 0-20 dan 5-30 mbah dan minimal sudah super synthetic API SP / GF6 cuman kemarin ada yang kasi saran klo udara di kotanya dan style drivingnya highway cukup 5-30 karna itu saya cari jalan tengah mbah pakai 0-30 agar viskositasnya setara 0-20 tpi di temp 40 c setara 5-30 jdi bisa mengambil range dari 0-20 dan 5-30 mbah ,bagaimana mbah klo ptt bli 0-20 atau 0-30? :ungg: :big_childish: :big_peace:
As in manual book,

0w20
0w30
5w30

No issue mbah, disesuaikan budget dan kondisi ajah.
Yg ptg asli.

Klo tanya saya, prefer 0w20 api sn plus atau api sp.

Better klo sudah comply to GM Dex1 gen2 juga, karena ada ketentuan extended drain di situ.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 0:21
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 12:39
sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 8:36

Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.

Viskositas cari yg diinginkan aja, rekomendasi untuk dalam kota paling kentel 30 aja, jd bisa pake buntut 20/30.
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om
Browsingnya mesti tepat sasaran om..
Bnyk m&m di dunia perolian.. mitos dan marketing
MSDS itu kaitannya dgn safety, handling, transport

Klo mo baca2, cari 540ratblog aja
Dia ada list tes oli2 dan bisa tau kenapa amsoil bisa mahal
Kenapa valvoline dan eneos worth for money
Dll..
Ngg anu mbah, tanya.. mungkin perlu diperhatikan juga, oli yg beredar di sana, apakah sama dgn yg beredar di sini?

let say.. valvo, di sini kan blending from spore.
Yg tested di 540ratblog itu valvoline approved GM dexos 1 gen2.

Merk spt amsoil dan mobil 1 (bukan super atau mobil ajah), udh pasti sama krn pabriknya ya itu aja.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1747
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 16:18
noted utk perspective ini, sebenernya Biante dulu sempet pindah ke buntut -40 krn yg pegang dulu terkena idiom mesin odo tinggi & sudah >5 tahun better pake viskositas kentel
kalau gak salah inget, terakhir di beres pake Mazda Genuine Oil 5W-30 sampe odo 120rb doang, abis itu ke bengkel umum dan ganti ke 10W-40 dan interval ganti oli per 5.000 km / 4 bulan (setahun sekitar 15 rb km, kepotong di awal 2020 aja pas PSBB mobil banyak ngendon) jadi pake si Mobil Super 10W-40 yg harusnya murmer tapi kena 105 rb ini udah sekitar 5x ganti oli deh give or take

cuman kalo baca2 thread di part-part sebelumnya, selama mesin modern dengan teknologi variable valve, meski high mileage aman2 aja pake buntut -30 maupun -20 ya...

btw, ada user yg bisa sharing utk kapasitas oli d biante & march 1.5l? valid atau agak beda2 dikit?
Pake oli lebih kentel di mesin tua itu lebih sebagai temporary fix. Kalo mesin kurang di maintain, komponen² mesin usah wear out, di kasih oli kentel suara lebih alus dan oli lebih gak cepet abis. Kalo maintenance udah ok, yang paling bener ya tetep ikutin manual booknya. Dulu ane pernah punya camry lama , odometer hampir 200rb. Tetep di 5w30 fine fine aja. Tapi ya, ganti oli gak pernah telat dan selalu pake oli bagus, rajin pake pertamax plus.

Untuk kapasitas biante data di saya, dengan filter 4.3-4.6 L . Untuk march 3.2 L
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 0:33
Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 0:21
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 12:39
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om
Browsingnya mesti tepat sasaran om..
Bnyk m&m di dunia perolian.. mitos dan marketing
MSDS itu kaitannya dgn safety, handling, transport

Klo mo baca2, cari 540ratblog aja
Dia ada list tes oli2 dan bisa tau kenapa amsoil bisa mahal
Kenapa valvoline dan eneos worth for money
Dll..
Ngg anu mbah, tanya.. mungkin perlu diperhatikan juga, oli yg beredar di sana, apakah sama dgn yg beredar di sini?

let say.. valvo, di sini kan blending from spore.
Yg tested di 540ratblog itu valvoline approved GM dexos 1 gen2.

Merk spt amsoil dan mobil 1 (bukan super atau mobil ajah), udh pasti sama krn pabriknya ya itu aja.
Klo ane sih, hanya mengasumsikan selama merk tipe sama, standar kualitasnya kurang lebih ya sama.. kan ada quality control dari principal.. mgkn ada beda di approval, krn gak ngirim sampel produksi aja

Valvo di 540ratblog itu ada yg synpower jg kok
TMO nya memang yg Exxon

Ini kan salah satu cara ambil referensi, drpd kemakan mitos
Referensi itu ya suka2.. bisa dr temen, bengkel, pedagang, forum, engineer dll

Contoh 0w20 katanya lbh licin drpd 5w30.. ya blm tentu jg :big_biglaugh:
Liat aja data pengujian film strength

Amsoil, kyknya beda pabrik blending deh dgn Mobil, Q8, Gulf
Solidarität für immer
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 1:06
Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 0:33
Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 0:21

Browsingnya mesti tepat sasaran om..
Bnyk m&m di dunia perolian.. mitos dan marketing
MSDS itu kaitannya dgn safety, handling, transport

Klo mo baca2, cari 540ratblog aja
Dia ada list tes oli2 dan bisa tau kenapa amsoil bisa mahal
Kenapa valvoline dan eneos worth for money
Dll..
Ngg anu mbah, tanya.. mungkin perlu diperhatikan juga, oli yg beredar di sana, apakah sama dgn yg beredar di sini?

let say.. valvo, di sini kan blending from spore.
Yg tested di 540ratblog itu valvoline approved GM dexos 1 gen2.

Merk spt amsoil dan mobil 1 (bukan super atau mobil ajah), udh pasti sama krn pabriknya ya itu aja.
Klo ane sih, hanya mengasumsikan selama merk tipe sama, standar kualitasnya kurang lebih ya sama.. kan ada quality control dari principal.. mgkn ada beda di approval, krn gak ngirim sampel produksi aja

Valvo di 540ratblog itu ada yg synpower jg kok
TMO nya memang yg Exxon

Ini kan salah satu cara ambil referensi, drpd kemakan mitos
Referensi itu ya suka2.. bisa dr temen, bengkel, pedagang, forum, engineer dll

Contoh 0w20 katanya lbh licin drpd 5w30.. ya blm tentu jg :big_biglaugh:
Liat aja data pengujian film strength

Amsoil, kyknya beda pabrik blending deh dgn Mobil, Q8, Gulf
Oh mksd saya, pabriknya amsoil hanya itu aja, centalized di US sana :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1747
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 1:06
Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 0:33
Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 0:21

Browsingnya mesti tepat sasaran om..
Bnyk m&m di dunia perolian.. mitos dan marketing
MSDS itu kaitannya dgn safety, handling, transport

Klo mo baca2, cari 540ratblog aja
Dia ada list tes oli2 dan bisa tau kenapa amsoil bisa mahal
Kenapa valvoline dan eneos worth for money
Dll..
Ngg anu mbah, tanya.. mungkin perlu diperhatikan juga, oli yg beredar di sana, apakah sama dgn yg beredar di sini?

let say.. valvo, di sini kan blending from spore.
Yg tested di 540ratblog itu valvoline approved GM dexos 1 gen2.

Merk spt amsoil dan mobil 1 (bukan super atau mobil ajah), udh pasti sama krn pabriknya ya itu aja.
Klo ane sih, hanya mengasumsikan selama merk tipe sama, standar kualitasnya kurang lebih ya sama.. kan ada quality control dari principal.. mgkn ada beda di approval, krn gak ngirim sampel produksi aja

Valvo di 540ratblog itu ada yg synpower jg kok
TMO nya memang yg Exxon

Ini kan salah satu cara ambil referensi, drpd kemakan mitos
Referensi itu ya suka2.. bisa dr temen, bengkel, pedagang, forum, engineer dll

Contoh 0w20 katanya lbh licin drpd 5w30.. ya blm tentu jg :big_biglaugh:
Liat aja data pengujian film strength

Amsoil, kyknya beda pabrik blending deh dgn Mobil, Q8, Gulf
Cuma kalo pabriknya jauh-jauh baseoilnya kemungkinan besar beda, dan end productnya tentu bisa berbeda.
AMS setau saya cuma dari amrik.

Kalo Q8 blending plant ada 2 di Antwerp, belgium sama di Italy. Majority dari Antwerp (termasuk yang kita masukin untuk Indonesia). Tim kita pernah dateng kesana waktu perlu ngurus sni, canggih sih.
Kebetulan untuk pasar eropa beberapa merek juga numpang blending. Yang di antwerp ini blending plant terbesar di seluruh Eropa, salah satu yang paling modern juga. Kapasitas maximumnya bisa sampai 250 juta liter per tahun.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by josomba »

sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:30
Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 1:06
Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 0:33

Ngg anu mbah, tanya.. mungkin perlu diperhatikan juga, oli yg beredar di sana, apakah sama dgn yg beredar di sini?

let say.. valvo, di sini kan blending from spore.
Yg tested di 540ratblog itu valvoline approved GM dexos 1 gen2.

Merk spt amsoil dan mobil 1 (bukan super atau mobil ajah), udh pasti sama krn pabriknya ya itu aja.
Klo ane sih, hanya mengasumsikan selama merk tipe sama, standar kualitasnya kurang lebih ya sama.. kan ada quality control dari principal.. mgkn ada beda di approval, krn gak ngirim sampel produksi aja

Valvo di 540ratblog itu ada yg synpower jg kok
TMO nya memang yg Exxon

Ini kan salah satu cara ambil referensi, drpd kemakan mitos
Referensi itu ya suka2.. bisa dr temen, bengkel, pedagang, forum, engineer dll

Contoh 0w20 katanya lbh licin drpd 5w30.. ya blm tentu jg :big_biglaugh:
Liat aja data pengujian film strength

Amsoil, kyknya beda pabrik blending deh dgn Mobil, Q8, Gulf
Cuma kalo pabriknya jauh-jauh baseoilnya kemungkinan besar beda, dan end productnya tentu bisa berbeda.
AMS setau saya cuma dari amrik.

Kalo Q8 blending plant ada 2 di Antwerp, belgium sama di Italy. Majority dari Antwerp (termasuk yang kita masukin untuk Indonesia). Tim kita pernah dateng kesana waktu perlu ngurus sni, canggih sih.
Kebetulan untuk pasar eropa beberapa merek juga numpang blending. Yang di antwerp ini blending plant terbesar di seluruh Eropa, salah satu yang paling modern juga. Kapasitas maximumnya bisa sampai 250 juta liter per tahun.
Wah mantep nih infonya.

Btw om kiu-eight, karena ada sebut "end product" bisa berbeda, ini termasuk nilai TBN yang bisa berbeda juga kah? Let say ada merk X kalau blend europe mereka ketat TBN minimum 8.8 misalkan, tapi kalau yg blend di asia turun jadi 7 koma doang. Apakah mungkin seperti itu?
Image
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1747
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

josomba wrote: Mon Dec 13, 2021 2:06
sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:30
Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 1:06

Klo ane sih, hanya mengasumsikan selama merk tipe sama, standar kualitasnya kurang lebih ya sama.. kan ada quality control dari principal.. mgkn ada beda di approval, krn gak ngirim sampel produksi aja

Valvo di 540ratblog itu ada yg synpower jg kok
TMO nya memang yg Exxon

Ini kan salah satu cara ambil referensi, drpd kemakan mitos
Referensi itu ya suka2.. bisa dr temen, bengkel, pedagang, forum, engineer dll

Contoh 0w20 katanya lbh licin drpd 5w30.. ya blm tentu jg :big_biglaugh:
Liat aja data pengujian film strength

Amsoil, kyknya beda pabrik blending deh dgn Mobil, Q8, Gulf
Cuma kalo pabriknya jauh-jauh baseoilnya kemungkinan besar beda, dan end productnya tentu bisa berbeda.
AMS setau saya cuma dari amrik.

Kalo Q8 blending plant ada 2 di Antwerp, belgium sama di Italy. Majority dari Antwerp (termasuk yang kita masukin untuk Indonesia). Tim kita pernah dateng kesana waktu perlu ngurus sni, canggih sih.
Kebetulan untuk pasar eropa beberapa merek juga numpang blending. Yang di antwerp ini blending plant terbesar di seluruh Eropa, salah satu yang paling modern juga. Kapasitas maximumnya bisa sampai 250 juta liter per tahun.
Wah mantep nih infonya.

Btw om kiu-eight, karena ada sebut "end product" bisa berbeda, ini termasuk nilai TBN yang bisa berbeda juga kah? Let say ada merk X kalau blend europe mereka ketat TBN minimum 8.8 misalkan, tapi kalau yg blend di asia turun jadi 7 koma doang. Apakah mungkin seperti itu?
Bisa jadi, walaupun nama produknya mungkin beda-beda dikit.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:30
Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 1:06
Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 0:33

Ngg anu mbah, tanya.. mungkin perlu diperhatikan juga, oli yg beredar di sana, apakah sama dgn yg beredar di sini?

let say.. valvo, di sini kan blending from spore.
Yg tested di 540ratblog itu valvoline approved GM dexos 1 gen2.

Merk spt amsoil dan mobil 1 (bukan super atau mobil ajah), udh pasti sama krn pabriknya ya itu aja.
Klo ane sih, hanya mengasumsikan selama merk tipe sama, standar kualitasnya kurang lebih ya sama.. kan ada quality control dari principal.. mgkn ada beda di approval, krn gak ngirim sampel produksi aja

Valvo di 540ratblog itu ada yg synpower jg kok
TMO nya memang yg Exxon

Ini kan salah satu cara ambil referensi, drpd kemakan mitos
Referensi itu ya suka2.. bisa dr temen, bengkel, pedagang, forum, engineer dll

Contoh 0w20 katanya lbh licin drpd 5w30.. ya blm tentu jg :big_biglaugh:
Liat aja data pengujian film strength

Amsoil, kyknya beda pabrik blending deh dgn Mobil, Q8, Gulf
Cuma kalo pabriknya jauh-jauh baseoilnya kemungkinan besar beda, dan end productnya tentu bisa berbeda.
AMS setau saya cuma dari amrik.

Kalo Q8 blending plant ada 2 di Antwerp, belgium sama di Italy. Majority dari Antwerp (termasuk yang kita masukin untuk Indonesia). Tim kita pernah dateng kesana waktu perlu ngurus sni, canggih sih.
Kebetulan untuk pasar eropa beberapa merek juga numpang blending. Yang di antwerp ini blending plant terbesar di seluruh Eropa, salah satu yang paling modern juga. Kapasitas maximumnya bisa sampai 250 juta liter per tahun.
Wah.. mantappp jiwa.
Ya wajar aja, induknya kiu eight; kuwait petro kan contribute untuk produksi crude oil.
Jadi gak boleh kaleng2 kualitasnya :big_weee:

Mbah, itu approval SNI apa aja parameter ukurnya? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:30
Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 1:06
Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 0:33

Ngg anu mbah, tanya.. mungkin perlu diperhatikan juga, oli yg beredar di sana, apakah sama dgn yg beredar di sini?

let say.. valvo, di sini kan blending from spore.
Yg tested di 540ratblog itu valvoline approved GM dexos 1 gen2.

Merk spt amsoil dan mobil 1 (bukan super atau mobil ajah), udh pasti sama krn pabriknya ya itu aja.
Klo ane sih, hanya mengasumsikan selama merk tipe sama, standar kualitasnya kurang lebih ya sama.. kan ada quality control dari principal.. mgkn ada beda di approval, krn gak ngirim sampel produksi aja

Valvo di 540ratblog itu ada yg synpower jg kok
TMO nya memang yg Exxon

Ini kan salah satu cara ambil referensi, drpd kemakan mitos
Referensi itu ya suka2.. bisa dr temen, bengkel, pedagang, forum, engineer dll

Contoh 0w20 katanya lbh licin drpd 5w30.. ya blm tentu jg :big_biglaugh:
Liat aja data pengujian film strength

Amsoil, kyknya beda pabrik blending deh dgn Mobil, Q8, Gulf
Cuma kalo pabriknya jauh-jauh baseoilnya kemungkinan besar beda, dan end productnya tentu bisa berbeda.
AMS setau saya cuma dari amrik.

Kalo Q8 blending plant ada 2 di Antwerp, belgium sama di Italy. Majority dari Antwerp (termasuk yang kita masukin untuk Indonesia). Tim kita pernah dateng kesana waktu perlu ngurus sni, canggih sih.
Kebetulan untuk pasar eropa beberapa merek juga numpang blending. Yang di antwerp ini blending plant terbesar di seluruh Eropa, salah satu yang paling modern juga. Kapasitas maximumnya bisa sampai 250 juta liter per tahun.
Ya memang ada kemungkinan source yg beda2.. bahkan 1 merk pun bisa beda source nya, tp tetep ada minimum standard quality untuk end product nya

Tergantung kartelnya crude oil dan chemical jg sih
Sistem kontrak pengadaan, yg penting barang masuk pabrik dulu dah, cuan jalan... properties beda2 tipis gpp, nanti adjust parameter process :big_biglaugh:
Solidarität für immer
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1747
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 2:46
Wah.. mantappp jiwa.
Ya wajar aja, induknya kiu eight; kuwait petro kan contribute untuk produksi crude oil.
Jadi gak boleh kaleng2 kualitasnya :big_weee:

Mbah, itu approval SNI apa aja parameter ukurnya? :mky_03:
Kurang tau deh kebetulan bukan saya yang ngurus tapi tbn, kinematic viscosity, dan parameter umum lainnya sih udah pasti. Kalo gak salah, itu oli juga di sample secara random jadi beberapa batch harus sama gitu isinya.
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:01
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 16:18
noted utk perspective ini, sebenernya Biante dulu sempet pindah ke buntut -40 krn yg pegang dulu terkena idiom mesin odo tinggi & sudah >5 tahun better pake viskositas kentel
kalau gak salah inget, terakhir di beres pake Mazda Genuine Oil 5W-30 sampe odo 120rb doang, abis itu ke bengkel umum dan ganti ke 10W-40 dan interval ganti oli per 5.000 km / 4 bulan (setahun sekitar 15 rb km, kepotong di awal 2020 aja pas PSBB mobil banyak ngendon) jadi pake si Mobil Super 10W-40 yg harusnya murmer tapi kena 105 rb ini udah sekitar 5x ganti oli deh give or take

cuman kalo baca2 thread di part-part sebelumnya, selama mesin modern dengan teknologi variable valve, meski high mileage aman2 aja pake buntut -30 maupun -20 ya...

btw, ada user yg bisa sharing utk kapasitas oli d biante & march 1.5l? valid atau agak beda2 dikit?
Pake oli lebih kentel di mesin tua itu lebih sebagai temporary fix. Kalo mesin kurang di maintain, komponen² mesin usah wear out, di kasih oli kentel suara lebih alus dan oli lebih gak cepet abis. Kalo maintenance udah ok, yang paling bener ya tetep ikutin manual booknya. Dulu ane pernah punya camry lama , odometer hampir 200rb. Tetep di 5w30 fine fine aja. Tapi ya, ganti oli gak pernah telat dan selalu pake oli bagus, rajin pake pertamax plus.

Untuk kapasitas biante data di saya, dengan filter 4.3-4.6 L . Untuk march 3.2 L
izin nimbrung mbah :mky_01:
pengen ngulik soal 'temporary fix' , selain penguapan dan suara adakah parameter umum lain biar tau apakah mesin kita uda wear out atau masih prima?
2012 - 1NZFE
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11307
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 3:52
sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:01
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 16:18
noted utk perspective ini, sebenernya Biante dulu sempet pindah ke buntut -40 krn yg pegang dulu terkena idiom mesin odo tinggi & sudah >5 tahun better pake viskositas kentel
kalau gak salah inget, terakhir di beres pake Mazda Genuine Oil 5W-30 sampe odo 120rb doang, abis itu ke bengkel umum dan ganti ke 10W-40 dan interval ganti oli per 5.000 km / 4 bulan (setahun sekitar 15 rb km, kepotong di awal 2020 aja pas PSBB mobil banyak ngendon) jadi pake si Mobil Super 10W-40 yg harusnya murmer tapi kena 105 rb ini udah sekitar 5x ganti oli deh give or take

cuman kalo baca2 thread di part-part sebelumnya, selama mesin modern dengan teknologi variable valve, meski high mileage aman2 aja pake buntut -30 maupun -20 ya...

btw, ada user yg bisa sharing utk kapasitas oli d biante & march 1.5l? valid atau agak beda2 dikit?
Pake oli lebih kentel di mesin tua itu lebih sebagai temporary fix. Kalo mesin kurang di maintain, komponen² mesin usah wear out, di kasih oli kentel suara lebih alus dan oli lebih gak cepet abis. Kalo maintenance udah ok, yang paling bener ya tetep ikutin manual booknya. Dulu ane pernah punya camry lama , odometer hampir 200rb. Tetep di 5w30 fine fine aja. Tapi ya, ganti oli gak pernah telat dan selalu pake oli bagus, rajin pake pertamax plus.

Untuk kapasitas biante data di saya, dengan filter 4.3-4.6 L . Untuk march 3.2 L
izin nimbrung mbah :mky_01:
pengen ngulik soal 'temporary fix' , selain penguapan dan suara adakah parameter umum lain biar tau apakah mesin kita uda wear out atau masih prima?
penguapan dan suara belum tentu jg sbg parameter yg valid. ada yg penguapan tinggi tp bukan salah enjin nya tp salah olinya yg kualitasnya kurang bagus di point noack test. suara, ada enjin yg suaranya garing tp powernya gede.

jd cara yg paling valid adalah lakukan tes kompresi dan tes leak down. 2 tes tsb alatnya beda. kl yg leak down memasukan tekanan ke silinder yg sedang posisi titik mati atas TMA dan dimonitor dlm bbrp waktu apakah tekanannya turun atau tdk (worn piston ring, worn valve guide, valves not properly closed)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 4:02
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 3:52
sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:01

Pake oli lebih kentel di mesin tua itu lebih sebagai temporary fix. Kalo mesin kurang di maintain, komponen² mesin usah wear out, di kasih oli kentel suara lebih alus dan oli lebih gak cepet abis. Kalo maintenance udah ok, yang paling bener ya tetep ikutin manual booknya. Dulu ane pernah punya camry lama , odometer hampir 200rb. Tetep di 5w30 fine fine aja. Tapi ya, ganti oli gak pernah telat dan selalu pake oli bagus, rajin pake pertamax plus.

Untuk kapasitas biante data di saya, dengan filter 4.3-4.6 L . Untuk march 3.2 L
izin nimbrung mbah :mky_01:
pengen ngulik soal 'temporary fix' , selain penguapan dan suara adakah parameter umum lain biar tau apakah mesin kita uda wear out atau masih prima?
penguapan dan suara belum tentu jg sbg parameter yg valid. ada yg penguapan tinggi tp bukan salah enjin nya tp salah olinya yg kualitasnya kurang bagus di point noack test. suara, ada enjin yg suaranya garing tp powernya gede.

jd cara yg paling valid adalah lakukan tes kompresi dan tes leak down. 2 tes tsb alatnya beda. kl yg leak down memasukan tekanan ke silinder yg sedang posisi titik mati atas TMA dan dimonitor dlm bbrp waktu apakah tekanannya turun atau tdk (worn piston ring, worn valve guide, valves not properly closed)
Klo ada 1 silinder yg tekanan nya beda, diolesin margarin sembuh gak mbah? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri