Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 4:13
Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 4:02
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 3:52

izin nimbrung mbah :mky_01:
pengen ngulik soal 'temporary fix' , selain penguapan dan suara adakah parameter umum lain biar tau apakah mesin kita uda wear out atau masih prima?
penguapan dan suara belum tentu jg sbg parameter yg valid. ada yg penguapan tinggi tp bukan salah enjin nya tp salah olinya yg kualitasnya kurang bagus di point noack test. suara, ada enjin yg suaranya garing tp powernya gede.

jd cara yg paling valid adalah lakukan tes kompresi dan tes leak down. 2 tes tsb alatnya beda. kl yg leak down memasukan tekanan ke silinder yg sedang posisi titik mati atas TMA dan dimonitor dlm bbrp waktu apakah tekanannya turun atau tdk (worn piston ring, worn valve guide, valves not properly closed)
Klo ada 1 silinder yg tekanan nya beda, diolesin margarin sembuh gak mbah? :mky_03:
yg 1 itu sembuh. tp yg silinder lainnya jd over pressure kaya pake turbo

#thepowerofmargarine :big_smoking:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 4:13
Klo ada 1 silinder yg tekanan nya beda, diolesin margarin sembuh gak mbah? :mky_03:
Salah mbah,

Dinding silinder dilumurin bimoli, masih bisa substitusi ama filma atau apa gitu, kalau merk lain cepet teroksidasi. Gabole pake olive oil yang virgin/extra virgin, diwaspadai nanti jadi ga virgin lagi.

Bensin baru pake margarin, gaboleh butter. Wajip blueband, sepertinya pake margarin simas atau merk lain juga tidak disarankan.

*Begitu menurut catatan saya dengan analisa master shifu maha guru "suc***o" di thread sebelah.

:ngacir: :ngacir:
Image
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 4:02
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 3:52
sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:01

Pake oli lebih kentel di mesin tua itu lebih sebagai temporary fix. Kalo mesin kurang di maintain, komponen² mesin usah wear out, di kasih oli kentel suara lebih alus dan oli lebih gak cepet abis. Kalo maintenance udah ok, yang paling bener ya tetep ikutin manual booknya. Dulu ane pernah punya camry lama , odometer hampir 200rb. Tetep di 5w30 fine fine aja. Tapi ya, ganti oli gak pernah telat dan selalu pake oli bagus, rajin pake pertamax plus.

Untuk kapasitas biante data di saya, dengan filter 4.3-4.6 L . Untuk march 3.2 L
izin nimbrung mbah :mky_01:
pengen ngulik soal 'temporary fix' , selain penguapan dan suara adakah parameter umum lain biar tau apakah mesin kita uda wear out atau masih prima?
penguapan dan suara belum tentu jg sbg parameter yg valid. ada yg penguapan tinggi tp bukan salah enjin nya tp salah olinya yg kualitasnya kurang bagus di point noack test. suara, ada enjin yg suaranya garing tp powernya gede.

jd cara yg paling valid adalah lakukan tes kompresi dan tes leak down. 2 tes tsb alatnya beda. kl yg leak down memasukan tekanan ke silinder yg sedang posisi titik mati atas TMA dan dimonitor dlm bbrp waktu apakah tekanannya turun atau tdk (worn piston ring, worn valve guide, valves not properly closed)
tetep test spesifik ya mbah, kirain ada cara yg umum gitu biar sedikit tau :mky_03:
saya masih pengen tau karakter 1NZ, masi trial coba2 oli jg mana yg lebih cocok.
2012 - 1NZFE
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

Suryaputra wrote:
Nezzle39 wrote: Thu Dec 09, 2021 3:27
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 3:01 Ya makanya itu ada Q8 ft7000 w30
500rb an dapat 5 liter di duniaoli :mky_03:

Q8 udh jaminan mutu lahh.

Klo suhu sub zero, baru bisa kita concern ke angka depan W.
Pakai 5w lbh ok biar cold start ok.
Klo mw biosolar ganti olinya hrus lebih cepet gitu yah om?
Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
mau tanya om, kalau ptt 10w30 di 2gd kuat berapa km ya kira kira? full bio solar pakai psdk 1:3ml , kondisi uda remap tapi ga cumi cumi

thank you om
pecinta bio solar
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9676
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Mon Dec 13, 2021 4:26
Suryaputra wrote:
Nezzle39 wrote: Thu Dec 09, 2021 3:27

Klo mw biosolar ganti olinya hrus lebih cepet gitu yah om?
Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
mau tanya om, kalau ptt 10w30 di 2gd kuat berapa km ya kira kira? full bio solar pakai psdk 1:3ml , kondisi uda remap tapi ga cumi cumi

thank you om
Klo saya, kelas middle ambil aman ajah om, scr umum 5-7rb km msh ok bangett.
Karena oil pannya jg ukuran "big"
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9676
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Mon Dec 13, 2021 4:18
Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 4:13
Klo ada 1 silinder yg tekanan nya beda, diolesin margarin sembuh gak mbah? :mky_03:
Salah mbah,

Dinding silinder dilumurin bimoli, masih bisa substitusi ama filma atau apa gitu, kalau merk lain cepet teroksidasi. Gabole pake olive oil yang virgin/extra virgin, diwaspadai nanti jadi ga virgin lagi.

Bensin baru pake margarin, gaboleh butter. Wajip blueband, sepertinya pake margarin simas atau merk lain juga tidak disarankan.

*Begitu menurut catatan saya dengan analisa master shifu maha guru "suc***o" di thread sebelah.

:ngacir: :ngacir:
Luar biasa mbah, nuhun atas ilmu nya, hebat ya bimoli multi fungsi.
Makanya harga bimoli naik terus mbah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1778
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 4:22
Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 4:02
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 3:52

izin nimbrung mbah :mky_01:
pengen ngulik soal 'temporary fix' , selain penguapan dan suara adakah parameter umum lain biar tau apakah mesin kita uda wear out atau masih prima?
penguapan dan suara belum tentu jg sbg parameter yg valid. ada yg penguapan tinggi tp bukan salah enjin nya tp salah olinya yg kualitasnya kurang bagus di point noack test. suara, ada enjin yg suaranya garing tp powernya gede.

jd cara yg paling valid adalah lakukan tes kompresi dan tes leak down. 2 tes tsb alatnya beda. kl yg leak down memasukan tekanan ke silinder yg sedang posisi titik mati atas TMA dan dimonitor dlm bbrp waktu apakah tekanannya turun atau tdk (worn piston ring, worn valve guide, valves not properly closed)
tetep test spesifik ya mbah, kirain ada cara yg umum gitu biar sedikit tau :mky_03:
saya masih pengen tau karakter 1NZ, masi trial coba2 oli jg mana yg lebih cocok.
Idealnya sih ya di test dibengkel seperti itu. Tapi kalo cuma sekedar mau cari oli apa yang cocok, kalo setiap hari nyetir sendiri saya rasa pasti bisa bedain. Bbm pake yang sama, dari tarikan dan raungan mesin udah berasa beda.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 4:22
tetep test spesifik ya mbah, kirain ada cara yg umum gitu biar sedikit tau :mky_03:
saya masih pengen tau karakter 1NZ, masi trial coba2 oli jg mana yg lebih cocok.
etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 5:34

etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.


imo, menurut :n00b: udah bener pake pressure tester karena saat itu juga ketauan pressure dan kekedapan tiap silinder.
kalau tes pemakaian oli top tier kan butuh waktu mbah... musti dipakai setidaknya 3rb KM baru ketauan.
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 4:22
Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 4:02
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 3:52

izin nimbrung mbah :mky_01:
pengen ngulik soal 'temporary fix' , selain penguapan dan suara adakah parameter umum lain biar tau apakah mesin kita uda wear out atau masih prima?
penguapan dan suara belum tentu jg sbg parameter yg valid. ada yg penguapan tinggi tp bukan salah enjin nya tp salah olinya yg kualitasnya kurang bagus di point noack test. suara, ada enjin yg suaranya garing tp powernya gede.

jd cara yg paling valid adalah lakukan tes kompresi dan tes leak down. 2 tes tsb alatnya beda. kl yg leak down memasukan tekanan ke silinder yg sedang posisi titik mati atas TMA dan dimonitor dlm bbrp waktu apakah tekanannya turun atau tdk (worn piston ring, worn valve guide, valves not properly closed)
tetep test spesifik ya mbah, kirain ada cara yg umum gitu biar sedikit tau :mky_03:
saya masih pengen tau karakter 1NZ, masi trial coba2 oli jg mana yg lebih cocok.
Klo cara umum tanpa alat.. ya perhatikan knalpot om.. aroma, warna asap dll..
Cmn ini diagnosa gak spesifik alias terlalu general
Solidarität für immer
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon Dec 13, 2021 5:39
Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 5:34

etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.


imo, menurut :n00b: udah bener pake pressure tester karena saat itu juga ketauan pressure dan kekedapan tiap silinder.
kalau tes pemakaian oli top tier kan butuh waktu mbah... musti dipakai setidaknya 3rb KM baru ketauan.
bener ga worth it. oli keraton harganya 220k x 4L = 880k.

leak down tester barusan ngecek ada yg jual sapecengan buatan cungkwo :wkkk:

asal mau cape aja dikit
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1778
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 5:42
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 4:22
Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 4:02

penguapan dan suara belum tentu jg sbg parameter yg valid. ada yg penguapan tinggi tp bukan salah enjin nya tp salah olinya yg kualitasnya kurang bagus di point noack test. suara, ada enjin yg suaranya garing tp powernya gede.

jd cara yg paling valid adalah lakukan tes kompresi dan tes leak down. 2 tes tsb alatnya beda. kl yg leak down memasukan tekanan ke silinder yg sedang posisi titik mati atas TMA dan dimonitor dlm bbrp waktu apakah tekanannya turun atau tdk (worn piston ring, worn valve guide, valves not properly closed)
tetep test spesifik ya mbah, kirain ada cara yg umum gitu biar sedikit tau :mky_03:
saya masih pengen tau karakter 1NZ, masi trial coba2 oli jg mana yg lebih cocok.
Klo cara umum tanpa alat.. ya perhatikan knalpot om.. aroma, warna asap dll..
Cmn ini diagnosa gak spesifik alias terlalu general
bener juga loh, beda oli di tes bisa beda gas buang emisi. Bentar lagi bisa ada oli khusus buat lulus tes emisi nih :big_biglaugh:
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 5:09 Idealnya sih ya di test dibengkel seperti itu. Tapi kalo cuma sekedar mau cari oli apa yang cocok, kalo setiap hari nyetir sendiri saya rasa pasti bisa bedain. Bbm pake yang sama, dari tarikan dan raungan mesin udah berasa beda.
baru belajar mobil nih mbah, jadi banyak membaca dan mendengar dulu targetnya :mky_01:

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 5:34
etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.
btw baru inget, kemaren habis servis di non beres trus SA nya nyaranin coba 0w20. sebelumnya ada histori sedikit sludge (bulan febuary), harapannya pake 0w-20 bisa masuk sela2 line yg terdapat sisa sludge, gitu katanya. kayak manusia klo kena kolesterol lah mbah :mky_03:


btw sekalian curhat, ini penampakan ketika buka cover head pas febuary kemaren. sekilas 'lumpur halus tipis'
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.30.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.47.39.jpeg
hal yg sudah dilakukan sampe sekarang :
1. bersihin manual yg difoto / cover head
2. isi ptt 0w30 oci 4rb an (4 bulan) uda lumayan item
3. ptt flushing oil, idle 30 menit uda nguning bgt
4. ptt 5w30 oci hampir 4rb (4 bulan)
5. ptt API CL 10w-30 (sekarang, baru jalan 200 an)

setiap ganti oli selalu ganti filternya. semoga segera bersih jeroan :mky_03:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2012 - 1NZFE
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:03
hal yg sudah dilakukan sampe sekarang :
1. bersihin manual yg difoto / cover head
2. isi ptt 0w30 oci 4rb an (4 bulan) uda lumayan item
3. ptt flushing oil, idle 30 menit uda nguning bgt
4. ptt 5w30 oci hampir 4rb (4 bulan)
5. ptt API CL 10w-30 (sekarang, baru jalan 200 an)

setiap ganti oli selalu ganti filternya. semoga segera bersih jeroan :mky_03:
itu udah di flushing masih kaya gitu atau itu foto sebelum?

kl itu foto sebelum berarti msh tipis ya, kecuali di vvt actuator. dipercepat aja gantol nya max oci 3k. trus sikat ptt flushing oil sekali lagi. emang ga akan balik spt mesin bersih tp ya lumayan lah.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9676
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:03
sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 5:09 Idealnya sih ya di test dibengkel seperti itu. Tapi kalo cuma sekedar mau cari oli apa yang cocok, kalo setiap hari nyetir sendiri saya rasa pasti bisa bedain. Bbm pake yang sama, dari tarikan dan raungan mesin udah berasa beda.
baru belajar mobil nih mbah, jadi banyak membaca dan mendengar dulu targetnya :mky_01:

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 5:34
etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.
btw baru inget, kemaren habis servis di non beres trus SA nya nyaranin coba 0w20. sebelumnya ada histori sedikit sludge (bulan febuary), harapannya pake 0w-20 bisa masuk sela2 line yg terdapat sisa sludge, gitu katanya. kayak manusia klo kena kolesterol lah mbah :mky_03:


btw sekalian curhat, ini penampakan ketika buka cover head pas febuary kemaren. sekilas 'lumpur halus tipis'
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.30.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.47.39.jpeg
hal yg sudah dilakukan sampe sekarang :
1. bersihin manual yg difoto / cover head
2. isi ptt 0w30 oci 4rb an (4 bulan) uda lumayan item
3. ptt flushing oil, idle 30 menit uda nguning bgt
4. ptt 5w30 oci hampir 4rb (4 bulan)
5. ptt API CL 10w-30 (sekarang, baru jalan 200 an)

setiap ganti oli selalu ganti filternya. semoga segera bersih jeroan :mky_03:
Ini used car atau gmn mbah?
Sblmnya pakai oli apa dan gantinya brp lama sekali?
Apakah selama ini ada penguapan?

Nuhun mbahh

Buat learning bersama :mky_03:
Last edited by Suryaputra on Mon Dec 13, 2021 6:46, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by AbdulHakim »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:03
sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 5:09 Idealnya sih ya di test dibengkel seperti itu. Tapi kalo cuma sekedar mau cari oli apa yang cocok, kalo setiap hari nyetir sendiri saya rasa pasti bisa bedain. Bbm pake yang sama, dari tarikan dan raungan mesin udah berasa beda.
baru belajar mobil nih mbah, jadi banyak membaca dan mendengar dulu targetnya :mky_01:

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 5:34
etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.
btw baru inget, kemaren habis servis di non beres trus SA nya nyaranin coba 0w20. sebelumnya ada histori sedikit sludge (bulan febuary), harapannya pake 0w-20 bisa masuk sela2 line yg terdapat sisa sludge, gitu katanya. kayak manusia klo kena kolesterol lah mbah :mky_03:


btw sekalian curhat, ini penampakan ketika buka cover head pas febuary kemaren. sekilas 'lumpur halus tipis'
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.30.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.47.39.jpeg
hal yg sudah dilakukan sampe sekarang :
1. bersihin manual yg difoto / cover head
2. isi ptt 0w30 oci 4rb an (4 bulan) uda lumayan item
3. ptt flushing oil, idle 30 menit uda nguning bgt
4. ptt 5w30 oci hampir 4rb (4 bulan)
5. ptt API CL 10w-30 (sekarang, baru jalan 200 an)

setiap ganti oli selalu ganti filternya. semoga segera bersih jeroan :mky_03:
keluhannya apa ya? sebelum memutuskan untuk turun mesin setengah, sehingga kelihatan kondisi jeroan mesin yang seperti itu.
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

Mesinanak wrote: Mon Dec 13, 2021 5:42 Klo cara umum tanpa alat.. ya perhatikan knalpot om.. aroma, warna asap dll..
Cmn ini diagnosa gak spesifik alias terlalu general
selama ini normal klo dari area knalpot mbah, dari bau hingga visual daleman knalpot kering
Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 6:11
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:03
hal yg sudah dilakukan sampe sekarang :
1. bersihin manual yg difoto / cover head
2. isi ptt 0w30 oci 4rb an (4 bulan) uda lumayan item
3. ptt flushing oil, idle 30 menit uda nguning bgt
4. ptt 5w30 oci hampir 4rb (4 bulan)
5. ptt API CL 10w-30 (sekarang, baru jalan 200 an)

setiap ganti oli selalu ganti filternya. semoga segera bersih jeroan :mky_03:
itu udah di flushing masih kaya gitu atau itu foto sebelum?

kl itu foto sebelum berarti msh tipis ya, kecuali di vvt actuator. dipercepat aja gantol nya max oci 3k. trus sikat ptt flushing oil sekali lagi. emang ga akan balik spt mesin bersih tp ya lumayan lah.
foto sebelum mbah, setelah dilakukan 5 poin diatas belum berani buka cover head lagi :mky_01:
sekilas dari tempat isi oli, cuman varnish. ini rencana ptt diesel tadi oci paling cepet 1.500 sambil dipantau.
menurut mbah, ptt flushing oil & oli diesel lebih efisien mana buat bebersih?

Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 6:41 Ini used car atau gmn mbah?
Sblmnya pakai oli apa dan gantinya brp lama sekali?
used car mbah, baru angkut akhir tahun lalu. first car & first user saya nya :mky_01:
AbdulHakim wrote: Mon Dec 13, 2021 6:44 keluhannya apa ya? sebelum memutuskan untuk turun mesin setengah, sehingga kelihatan kondisi jeroan mesin yang seperti itu.
bukan keluhan, lebih ke 'newbie' dalam arti sebenernya mbah. singkat cerita habis angkut yasir tsb, minta temen cek generalnya. ada indikasi sludge dari lubang isi oli. sarannya minta dibuka cover head di bengkel dan seperti itu lah isi nya
2012 - 1NZFE
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Mon Dec 13, 2021 4:35
Luar biasa mbah, nuhun atas ilmu nya, hebat ya bimoli multi fungsi.
Makanya harga bimoli naik terus mbah :mky_03:
Betul mbah, sekarang migor per 2L dah di atas 40 ribu. Mungkin berkat "maha suhu guru additive" di sebelah itu


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Image
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:03
sahabatq8 wrote: Mon Dec 13, 2021 5:09 Idealnya sih ya di test dibengkel seperti itu. Tapi kalo cuma sekedar mau cari oli apa yang cocok, kalo setiap hari nyetir sendiri saya rasa pasti bisa bedain. Bbm pake yang sama, dari tarikan dan raungan mesin udah berasa beda.
baru belajar mobil nih mbah, jadi banyak membaca dan mendengar dulu targetnya :mky_01:

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 5:34
etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.
btw baru inget, kemaren habis servis di non beres trus SA nya nyaranin coba 0w20. sebelumnya ada histori sedikit sludge (bulan febuary), harapannya pake 0w-20 bisa masuk sela2 line yg terdapat sisa sludge, gitu katanya. kayak manusia klo kena kolesterol lah mbah :mky_03:


btw sekalian curhat, ini penampakan ketika buka cover head pas febuary kemaren. sekilas 'lumpur halus tipis'
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.30.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.47.39.jpeg
hal yg sudah dilakukan sampe sekarang :
1. bersihin manual yg difoto / cover head
2. isi ptt 0w30 oci 4rb an (4 bulan) uda lumayan item
3. ptt flushing oil, idle 30 menit uda nguning bgt
4. ptt 5w30 oci hampir 4rb (4 bulan)
5. ptt API CL 10w-30 (sekarang, baru jalan 200 an)

setiap ganti oli selalu ganti filternya. semoga segera bersih jeroan :mky_03:
Ini sempet tanya ke montir, ada indikasi kebocoran coolant?

Campur minyak goreng 10% om klo mo cepet bersih.. :big_biglaugh:
Beneran ini bnyk bukti nya, googling aja
Solidarität für immer
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:48
foto sebelum mbah, setelah dilakukan 5 poin diatas belum berani buka cover head lagi :mky_01:
sekilas dari tempat isi oli, cuman varnish. ini rencana ptt diesel tadi oci paling cepet 1.500 sambil dipantau.
menurut mbah, ptt flushing oil & oli diesel lebih efisien mana buat bebersih?

lebih efisien flushing oil pastinya, apalagi cuma sebentar langsung dibuang. tp efek ke seal2nya ga tau tuh gimana. kl oli diesel kan enaknya bisa sambil dipake.

tp itu ga parah2 amat, sludge nya encer n tipis. mungkin skrg udah jauh mendingan kali. cam lobes nya sih msh pada bagus ga ada baret tuh sekilas.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 8:53
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:48
foto sebelum mbah, setelah dilakukan 5 poin diatas belum berani buka cover head lagi :mky_01:
sekilas dari tempat isi oli, cuman varnish. ini rencana ptt diesel tadi oci paling cepet 1.500 sambil dipantau.
menurut mbah, ptt flushing oil & oli diesel lebih efisien mana buat bebersih?

lebih efisien flushing oil pastinya, apalagi cuma sebentar langsung dibuang. tp efek ke seal2nya ga tau tuh gimana. kl oli diesel kan enaknya bisa sambil dipake.

tp itu ga parah2 amat, sludge nya encer n tipis. mungkin skrg udah jauh mendingan kali. cam lobes nya sih msh pada bagus ga ada baret tuh sekilas.
ipah benzene ai kl diintip dr lobang isi oli, bersihnya minta ampun loh mbah

bahkan ampe warna aluminium nya s silinder head aj masi ga ad kuning varnish samsek, alias masi aseli warna aluminium

tp koq d tanjakan knapa tetep malu2 in yah :big_think: :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1778
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:03

Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 5:34
etapi dipikir2 ada sih. cobain aja pakein 0w20 yg level keraton n monitor penguapannya. kl penguapannya berlebihan sdh besar kemungkinan enjinnya yg problem krn kan olinya bukan kaleng2. paling gitu kali ya.
btw baru inget, kemaren habis servis di non beres trus SA nya nyaranin coba 0w20. sebelumnya ada histori sedikit sludge (bulan febuary), harapannya pake 0w-20 bisa masuk sela2 line yg terdapat sisa sludge, gitu katanya. kayak manusia klo kena kolesterol lah mbah :mky_03:


btw sekalian curhat, ini penampakan ketika buka cover head pas febuary kemaren. sekilas 'lumpur halus tipis'
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.30.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29.jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.48.29(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-13 at 12.47.39.jpeg
hal yg sudah dilakukan sampe sekarang :
1. bersihin manual yg difoto / cover head
2. isi ptt 0w30 oci 4rb an (4 bulan) uda lumayan item
3. ptt flushing oil, idle 30 menit uda nguning bgt
4. ptt 5w30 oci hampir 4rb (4 bulan)
5. ptt API CL 10w-30 (sekarang, baru jalan 200 an)

setiap ganti oli selalu ganti filternya. semoga segera bersih jeroan :mky_03:
Kebetulan hari ini ada customer kirim video, pemakaian Q8 G/D1 di BMW E46 dengan mesin N42. Oli diganti secara rutin dengan interval normal, tanpa mengunakan flushing oil atau aditif lainnya.
Mesin terlihat cukup bersih, considering ini mobil udah ada umur juga.
Screenshot_20211213-155528__01.jpg
Screenshot_20211213-155509__01.jpg
Untuk video lengkapnya bisa dilihat di link dibawah
https://www.instagram.com/garasibmw/tv/ ... =copy_link
Barang kali jadi mau coba Q8 :big_smile] :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9676
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Mon Dec 13, 2021 9:01
Omnibus wrote: Mon Dec 13, 2021 8:53
dinatara wrote: Mon Dec 13, 2021 6:48
foto sebelum mbah, setelah dilakukan 5 poin diatas belum berani buka cover head lagi :mky_01:
sekilas dari tempat isi oli, cuman varnish. ini rencana ptt diesel tadi oci paling cepet 1.500 sambil dipantau.
menurut mbah, ptt flushing oil & oli diesel lebih efisien mana buat bebersih?

lebih efisien flushing oil pastinya, apalagi cuma sebentar langsung dibuang. tp efek ke seal2nya ga tau tuh gimana. kl oli diesel kan enaknya bisa sambil dipake.

tp itu ga parah2 amat, sludge nya encer n tipis. mungkin skrg udah jauh mendingan kali. cam lobes nya sih msh pada bagus ga ada baret tuh sekilas.
ipah benzene ai kl diintip dr lobang isi oli, bersihnya minta ampun loh mbah

bahkan ampe warna aluminium nya s silinder head aj masi ga ad kuning varnish samsek, alias masi aseli warna aluminium

tp koq d tanjakan knapa tetep malu2 in yah :big_think: :big_think:
cb dicek ke bengkel mbah dokter 69,
siapa tau setelah dioles bimoli + margarin + massage hot stone lgs sembuh sentosa mbah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Dec 13, 2021 9:01
ipah benzene ai kl diintip dr lobang isi oli, bersihnya minta ampun loh mbah

bahkan ampe warna aluminium nya s silinder head aj masi ga ad kuning varnish samsek, alias masi aseli warna aluminium

tp koq d tanjakan knapa tetep malu2 in yah :big_think: :big_think:
udah lah pasangin turbo aja mbah drpd makan ati terus disalip lcgc. :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Dec 13, 2021 9:01
ipah benzene ai kl diintip dr lobang isi oli, bersihnya minta ampun loh mbah

bahkan ampe warna aluminium nya s silinder head aj masi ga ad kuning varnish samsek, alias masi aseli warna aluminium

tp koq d tanjakan knapa tetep malu2 in yah :big_think: :big_think:


jual aja ganti vvooleenk. karena vvooleenk sanggup nanjak 60° dengan mudah kata yang punya.