Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Turboman »

well wrote:Siap suhu, terima kasih sharingnya. Ditunggu hasil labnya..
Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya

oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH

ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru

Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)

Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi

asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan

KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by KSG88 »

Izin bertanya rekomendasi oli untuk mesin turbo GDI yang kemampuan nya bagus tuk mencegah LSPI (super knocking). Baca dimana konon harus yang kadar Calcium nya rendah, namun pengurangan jumlah Ca berdampak pada masa pakai oli.

Nah gk mudeng nih karena di botol botol oli kan gk tercantum kadar ca / mag / zc nya. Maaf kalo oot.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Turboman wrote: Tue May 17, 2022 23:47
well wrote:Siap suhu, terima kasih sharingnya. Ditunggu hasil labnya..
Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya

oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH

ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru

Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)

Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi

asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan
om, mohon info yg lbh cepat membuat oli degradasi apakah secara kilometer atau secara waktu? maksudnya kekuatan oli anggap saja 12 bulan atau 10rb, apakah mobil yg jarang dipakai akan lbh cepat membuat oli turun kualitasnya dibanding dengan yg kilometernya jauh? atau sebaliknya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

KSG88 wrote: Wed May 18, 2022 1:25 Izin bertanya rekomendasi oli untuk mesin turbo GDI yang kemampuan nya bagus tuk mencegah LSPI (super knocking). Baca dimana konon harus yang kadar Calcium nya rendah, namun pengurangan jumlah Ca berdampak pada masa pakai oli.

Nah gk mudeng nih karena di botol botol oli kan gk tercantum kadar ca / mag / zc nya. Maaf kalo oot.
Punten, mblnya apa mbah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Turboman »

well wrote:
Turboman wrote: Tue May 17, 2022 23:47
well wrote:Siap suhu, terima kasih sharingnya. Ditunggu hasil labnya..
Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya

oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH

ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru

Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)

Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi

asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan
om, mohon info yg lbh cepat membuat oli degradasi apakah secara kilometer atau secara waktu? maksudnya kekuatan oli anggap saja 12 bulan atau 10rb, apakah mobil yg jarang dipakai akan lbh cepat membuat oli turun kualitasnya dibanding dengan yg kilometernya jauh? atau sebaliknya
kalo jarang dipake, manasin mesin bawa muter, jangan diam di tempat

Excessive idling bikin Fuel Dillution in oil

kalo mobil jarang jalan tapi mesin juga jarang bgt idup oli ya awet aja

tapi tetap kalo dah 15 bulan better ganti aja
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Turboman wrote: Wed May 18, 2022 7:57
well wrote:
Turboman wrote: Tue May 17, 2022 23:47 Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya

oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH

ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru

Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)

Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi

asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan
om, mohon info yg lbh cepat membuat oli degradasi apakah secara kilometer atau secara waktu? maksudnya kekuatan oli anggap saja 12 bulan atau 10rb, apakah mobil yg jarang dipakai akan lbh cepat membuat oli turun kualitasnya dibanding dengan yg kilometernya jauh? atau sebaliknya
kalo jarang dipake, manasin mesin bawa muter, jangan diam di tempat

Excessive idling bikin Fuel Dillution in oil

kalo mobil jarang jalan tapi mesin juga jarang bgt idup oli ya awet aja

tapi tetap kalo dah 15 bulan better ganti aja
ok, tx infonya om
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

mau cerita aja sedikit,

tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.

kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.

mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15 mau cerita aja sedikit,

tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.

kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.

mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
Klo dr obd bs cek gak ya mbah?
Jd tiap gantol reset dl.

Rulesnya amsoil signature kan
1thn / 15rb miles / 700 work hours (severe conditions stock engine)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

Total Quartz 9000 0W-20 akhirnya dituang di 2ZR-FE gantiin Q8 0W-20 yang kena FD. Oli lama jalan 3700 KM / 7 bulan. Impresi awalnya ini jauh lebih senyap di putaran tengah dan lebih gampang dapet fuel cons irit entah kenapa. Tarikannya enteng dan halus tp ga seenteng waktu pake Q8, pas masih Q8 gasnya berasa galak kalo diinjak responsif banget. Not bad buat harga 500rb 5 liter, saya tuang 4.2 liter sisanya mau dimasukin Vario aja :big_biglaugh:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 12:42
Klo dr obd bs cek gak ya mbah?
Jd tiap gantol reset dl.

Rulesnya amsoil signature kan
1thn / 15rb miles / 700 work hours (severe conditions stock engine)
ada ga ya, lupa mbah.

kl jumlah warming up setelah last reset ada.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

DrivingPotato wrote: Wed May 18, 2022 12:52 Total Quartz 9000 0W-20 akhirnya dituang di 2ZR-FE gantiin Q8 0W-20 yang kena FD. Oli lama jalan 3700 KM / 7 bulan. Impresi awalnya ini jauh lebih senyap di putaran tengah dan lebih gampang dapet fuel cons irit entah kenapa. Tarikannya enteng dan halus tp ga seenteng waktu pake Q8, pas masih Q8 gasnya berasa galak kalo diinjak responsif banget. Not bad buat harga 500rb 5 liter, saya tuang 4.2 liter sisanya mau dimasukin Vario aja :big_biglaugh:
pas banget itu sisa 800ml buat vario 110.
klo 125 kayanya 900ml mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15 mau cerita aja sedikit,

tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.

kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.

mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
Habis ganti oli, apakah sudah coba mbah? sudah enak lagi?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15 mau cerita aja sedikit,

tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.

kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.

mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
makanya sminggu skali olahraga cipularangbahn mbah, satu rit jg ckup bdg -jkt- bdg, matiin ac, pake paddle shift all the way

trus kl lg nunggu anak les, jgn dibiarin idle, tp kaki panteng gas di 4000 rpm

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 13:47
pas banget itu sisa 800ml buat vario 110.
klo 125 kayanya 900ml mbah :big_biglaugh:
Vario 150 pake 800ml jg mbah :big_biglaugh:
Ini ada Q8 sisaan gantol sblmnya mau dituangin ke motor duluan aja wkwkwk TQ9K nya nyusul

Kynya bakalan cari yg murah2 buat ganti 6 bulanan aja kalo gini
Niat long drain kena FD :big_chicken:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

DrivingPotato wrote: Wed May 18, 2022 15:20
Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 13:47
pas banget itu sisa 800ml buat vario 110.
klo 125 kayanya 900ml mbah :big_biglaugh:
Vario 150 pake 800ml jg mbah :big_biglaugh:
Ini ada Q8 sisaan gantol sblmnya mau dituangin ke motor duluan aja wkwkwk TQ9K nya nyusul

Kynya bakalan cari yg murah2 buat ganti 6 bulanan aja kalo gini
Niat long drain kena FD :big_chicken:
Tq9000 udah ok itu mbah klo buat pendek2 dan jalan santai.
Kena FD juga gak sakit hati :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15

mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?


IMG_20220518_223535.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Wed May 18, 2022 15:01
Habis ganti oli, apakah sudah coba mbah? sudah enak lagi?
blom coba :mky_01:

DOHC wrote: Wed May 18, 2022 15:07
makanya sminggu skali olahraga cipularangbahn mbah, satu rit jg ckup bdg -jkt- bdg, matiin ac, pake paddle shift all the way

trus kl lg nunggu anak les, jgn dibiarin idle, tp kaki panteng gas di 4000 rpm

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
:wkkk:

ga sekalian nyuruh angkat ban depannya masuk D. biar nambah sekalian odonya ngejar haerpi jij

btw kl kap mesin dibuka pas jd genset meski norak (kebetulan tempat les sepi) itu suhu anteng lho di 84-86°C.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed May 18, 2022 15:36
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15

mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?



IMG_20220518_223535.jpg
sadisss ... keren amat ini ... :emo-flowerforyou:
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2491
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by WiraSoenaryo »

Hallo,

Silakan dilanjut di part 16 ya.
Link : viewtopic.php?t=31525
Terima kasih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota