Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 2:46
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 1:44
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 21:53

Buat yg minta w30 dan umumnya butuh std API yah

Bbrp selain Q8 FT7000:
- amsoil heavy duty 10w30
- FK duty diesel 5w30
- PTT dynamic super common rail 5w30

Kemampuan 10rb km / 1thn, menggunakan oli kelas middle ini jg bergantung dgn berbagai macam faktor, di antaranya:
- gaya bawa
- kapasitas oil pan (klo.gentong kyk ipah sih bisa yaa)
- kondisi udara dan jalanan sekitar
- kondisi mesin apakah msh ting ting atau udh remap dsb?
- kondisi bbm

- dan mungkin hal hal.lain yg bisa disebutin oleh mbah" suhu 69 lain nya :ngacir:
- PTT dynamic super common rail 5w30

Kalau lihat spec ACEA C3 dia mid saps. Seingat saya mid saps kurang cocok untuk yang kontaminasi tinggi seperti pakai Bio Solar.

Berikut spec C2/C3 categories. Lebih ke arah environmental dan yang pakai DPF biar gak buntu. DPF seperti CC. DPF lebih ketat dari CC(kalau gak salah) dalam menyaring polusi dari gas buang.

Automotive industry trends and governmental regulations are resulting in lower SAPS levels in automotive engine oils. Over the past decades, new car models have been subjected to increasingly more stringent exhaust emission limits. Modern clean cars combine low CO2 emission with low particulate emissions to meet the latest European regulations. To achieve those goals of lower CO2 and particulate emissions, modern cars, gasoline and diesel, are equipped with aftertreatment systems to eliminate most particulate and NOX emissions. To ensure compatibility with aftertreatment devices, the SAPS limits of lubricants have been
significantly reduced as they can negatively influence the performance of aftertreatment device

Tapi kadang oli yang penting dipakai dan kita rasakan tarikannya dan suaranya
Iya maka dari itu klo mau longdrain pakai oli2 di atas, hati tenang, ya pakai pertadex.
Or shell vpowah diesel :ngacir:
hahaha, jadinya semua serba mahal dong om.
Oli mahal, BBM mahal.
Ogah ah ... mending pakai 5w40 saja yang seliter 125rb atau
5w30 yang seliter juga 125rb.
Yang penting full syn dan kuat melawan panas tinggi 2GD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 2:52
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 2:46
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 1:44

- PTT dynamic super common rail 5w30

Kalau lihat spec ACEA C3 dia mid saps. Seingat saya mid saps kurang cocok untuk yang kontaminasi tinggi seperti pakai Bio Solar.

Berikut spec C2/C3 categories. Lebih ke arah environmental dan yang pakai DPF biar gak buntu. DPF seperti CC. DPF lebih ketat dari CC(kalau gak salah) dalam menyaring polusi dari gas buang.

Automotive industry trends and governmental regulations are resulting in lower SAPS levels in automotive engine oils. Over the past decades, new car models have been subjected to increasingly more stringent exhaust emission limits. Modern clean cars combine low CO2 emission with low particulate emissions to meet the latest European regulations. To achieve those goals of lower CO2 and particulate emissions, modern cars, gasoline and diesel, are equipped with aftertreatment systems to eliminate most particulate and NOX emissions. To ensure compatibility with aftertreatment devices, the SAPS limits of lubricants have been
significantly reduced as they can negatively influence the performance of aftertreatment device

Tapi kadang oli yang penting dipakai dan kita rasakan tarikannya dan suaranya
Iya maka dari itu klo mau longdrain pakai oli2 di atas, hati tenang, ya pakai pertadex.
Or shell vpowah diesel :ngacir:
hahaha, jadinya semua serba mahal dong om.
Oli mahal, BBM mahal.
Ogah ah ... mending pakai 5w40 saja yang seliter 125rb atau
5w30 yang seliter juga 125rb.
Yang penting full syn dan kuat melawan panas tinggi 2GD
Ya makanya itu ada Q8 ft7000 w30
500rb an dapat 5 liter di duniaoli :mky_03:

Q8 udh jaminan mutu lahh.

Klo suhu sub zero, baru bisa kita concern ke angka depan W.
Pakai 5w lbh ok biar cold start ok.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nezzle39
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Sep 30, 2021 15:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet trax

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Nezzle39 »

sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 22:58
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 17:21 Toyota 2GD?
Itu sih pakai aja q8 ft7000

https://tokopedia.link/cZ8EgpFfPlb
530rb per 5 liter.
Tinggal beli literan :mky_04:
Nah, ini jg sudah sip mbah kalau mau naik level dari PTT 10W30.

Ane jg next ganti oli mau coba ini.
Nezzle39 wrote: Wed Dec 08, 2021 17:51 Mumpung lg ngomongin diesel nih suhu2, oli diesel yg tahan per 10rb km apa aj yah? Amsoil oe diesel apakah bisa? Atau delvac lebih bagus? Baru pertama melihara diesel, blom ada gmbaran nih yg long drain apa2 aha
10rb tercapai berapa lama?
7 sampe 8 bulan om
Nezzle39
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Sep 30, 2021 15:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet trax

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Nezzle39 »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 3:01
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 2:52
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 2:46

Iya maka dari itu klo mau longdrain pakai oli2 di atas, hati tenang, ya pakai pertadex.
Or shell vpowah diesel :ngacir:
hahaha, jadinya semua serba mahal dong om.
Oli mahal, BBM mahal.
Ogah ah ... mending pakai 5w40 saja yang seliter 125rb atau
5w30 yang seliter juga 125rb.
Yang penting full syn dan kuat melawan panas tinggi 2GD
Ya makanya itu ada Q8 ft7000 w30
500rb an dapat 5 liter di duniaoli :mky_03:

Q8 udh jaminan mutu lahh.

Klo suhu sub zero, baru bisa kita concern ke angka depan W.
Pakai 5w lbh ok biar cold start ok.
Klo mw biosolar ganti olinya hrus lebih cepet gitu yah om?
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by bangrosi »

DOHC wrote:
Suryaputra wrote: Tue Dec 07, 2021 4:00 Lanjut diskusi suhu mbah marmut.
Waktu jaman sy miara toyota, TMO sini made by pertamina mbah.

Yg di US emang exxon, no wonder hasil UOAnya tipikal oli ultra grade bin keraton.
keduaxxx

btw

TMO itu perna ad yg outsource ke eneos ga sehh ??
Hampir semua oli TMO utk transmisi dibuat nippon oil alias eneos.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Nezzle39 wrote: Thu Dec 09, 2021 3:27
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 3:01
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 2:52

hahaha, jadinya semua serba mahal dong om.
Oli mahal, BBM mahal.
Ogah ah ... mending pakai 5w40 saja yang seliter 125rb atau
5w30 yang seliter juga 125rb.
Yang penting full syn dan kuat melawan panas tinggi 2GD
Ya makanya itu ada Q8 ft7000 w30
500rb an dapat 5 liter di duniaoli :mky_03:

Q8 udh jaminan mutu lahh.

Klo suhu sub zero, baru bisa kita concern ke angka depan W.
Pakai 5w lbh ok biar cold start ok.
Klo mw biosolar ganti olinya hrus lebih cepet gitu yah om?
Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nezzle39
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Sep 30, 2021 15:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet trax

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Nezzle39 »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 4:52
Nezzle39 wrote: Thu Dec 09, 2021 3:27
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 3:01

Ya makanya itu ada Q8 ft7000 w30
500rb an dapat 5 liter di duniaoli :mky_03:

Q8 udh jaminan mutu lahh.

Klo suhu sub zero, baru bisa kita concern ke angka depan W.
Pakai 5w lbh ok biar cold start ok.
Klo mw biosolar ganti olinya hrus lebih cepet gitu yah om?
Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
Nah klo saya pake dexlite, dan pake oli q8 tadi atau ptt, amankah sampe 10 ribu km mbah? Anki 2gd gk rewel jg kan ya mbah?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

KSG88 wrote: Tue Dec 07, 2021 16:59 Mumpung masih awal. Nanya crv turbo (facelift 2021) oli yg cocok demi ngejar suara mesin halus dan nyaman, serta sering main kecepatan diatas 100, baiknya kepala 0-20 atau 5-30.

Sekalian Oli utk transmisi cvt nya yg okeh?
Q8 0w20 aja udah alus, kalau pake 5w30 fuel efficiency turun sama berasa lebih berat. Mobil kondisi stock kan, gak remap?
Oli cvt pake Q8 CVT evo bagus
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 15:07
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 15:01
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 14:54

bukan gentong lagi ... entahlah apa namanya ....
Banyak orang kagak percaya, mana ada mobil Innova 7.5 liter.
Tahunya kebanyakan orang panther cuma 5 liter
Klo kapasitas gentong gtu, sampai 15rb km jg bisa pakai merk keraton amrik atau kuwait.
Ganti filter oli aja di 10rb km :ngacir:
Saya mau coba 1 thn sekali ganti merek amrik, nanti coba ganti merek kuwait
150 rb x 8 = 1.2 jt mayan mahal mbah. Padahal setahun cuma 3rb sd 4rb KM max
Jalan segitu sih, Q8 Ft7000 aja cukup enak buat setahun.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 4:52 Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
Kalau ane masukin gula ke dalam tangki solar biar ga terlalu asam, jadi bisa nambah OCI ya mbah?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by blloewy »

sintoni wrote: Thu Dec 09, 2021 5:34
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 4:52 Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
Kalau ane masukin gula ke dalam tangki solar biar ga terlalu asam, jadi bisa nambah OCI ya mbah?
sekalian mbah tambahin migor dikit dari mesin u gantiin oli yg mulai pudar krn asam tadi :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by racho »

blloewy wrote: Thu Dec 09, 2021 5:52
sintoni wrote: Thu Dec 09, 2021 5:34
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 4:52 Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
Kalau ane masukin gula ke dalam tangki solar biar ga terlalu asam, jadi bisa nambah OCI ya mbah?
sekalian mbah tambahin migor dikit dari mesin u gantiin oli yg mulai pudar krn asam tadi :big_peace:
nah cocok nih. karena migor adalah pelumas group V.... seng ada lawan
:big_biglaugh:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

blloewy wrote: Thu Dec 09, 2021 5:52
sintoni wrote: Thu Dec 09, 2021 5:34
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 4:52 Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
Kalau ane masukin gula ke dalam tangki solar biar ga terlalu asam, jadi bisa nambah OCI ya mbah?
sekalian mbah tambahin migor dikit dari mesin u gantiin oli yg mulai pudar krn asam tadi :big_peace:
premium butter sekalian biar gurih bau asap knalpotnya :mky_02:

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Nezzle39 wrote: Thu Dec 09, 2021 5:18
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 4:52
Nezzle39 wrote: Thu Dec 09, 2021 3:27

Klo mw biosolar ganti olinya hrus lebih cepet gitu yah om?
Iya mbah.

Makin tinggi sulfur = makin besar kadar asam yg dikeluarkan = mengurangi kualitas oli lbh cepat

Oli melindungi mesin dr kadar asam berlebih.
Karena asam ini salah satu musuh utama mesin :mky_04:
Nah klo saya pake dexlite, dan pake oli q8 tadi atau ptt, amankah sampe 10 ribu km mbah? Anki 2gd gk rewel jg kan ya mbah?
Insya Allah mbah,
klo mau yakin dan terukur test UOA wkwkwkw.

pas di KM 7rb:
- buka baut oil pan, atau sedot dr lobang dipstick biar gak belepetan, dan tampung di botol bersih
- tutup lagii
- kirim ke trakindo (mereka ada pickup point nya di bbrp area)
- minta hasil test nya

klo TBN masih di atas 6 koma, lanjut lagi mbah sampai 10rb Km :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

[/quote]

Klo mw biosolar ganti olinya hrus lebih cepet gitu yah om?
[/quote]

Lbh afdol googling spesifikasi aja om..
Kandungan mirip2 semua, gak signifikan.. cmn beda di cetane, fame..
Klo ane sih, pake pertadex, dexlite, biosolar.. ya mirip2 aja ganti oli nya
Paling beda di filter aja

Ada paper bppt thn 2017, di rpm 1500-2200, biosolar B20 malah lbh irit dikit drpd pertadex
Solidarität für immer
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by g36 »

sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 13:51
Ini lg ngmgin yg diesel om. Hehe.
Loalahhh wkwkwkw. Kirain om, soalnya PTT 10W30 saya cekokin ke bensin pula. Surprisingly enak sih, lebih kerasa enaknya abis gantol.

BTW buat mesin yang bakal di high-rev di toll mending buntut 30 apa buntut 20 aman ya? Abis gantol ke 0W20 tapi baru inget ntar mobil mo dibawa geber2 di Transjawa. Oil in question: W20 Evotech PTT vs 5W30 SP botol item PTT juga. Niat hati mo balik ke buntut 30 soalnya ga ngerasain enteng+irit nya pake ini, cuma mager aja klo kudu ngolong lagi. Thanks in advance om2.

Edit: di bukman sih minta 10W30 buat mesin 2ZR, tapi di LN bukmannya malah minta 0W20.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 10:44
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 13:51
Ini lg ngmgin yg diesel om. Hehe.
Loalahhh wkwkwkw. Kirain om, soalnya PTT 10W30 saya cekokin ke bensin pula. Surprisingly enak sih, lebih kerasa enaknya abis gantol.

BTW buat mesin yang bakal di high-rev di toll mending buntut 30 apa buntut 20 aman ya? Abis gantol ke 0W20 tapi baru inget ntar mobil mo dibawa geber2 di Transjawa. Oil in question: W20 Evotech PTT vs 5W30 SP botol item PTT juga. Niat hati mo balik ke buntut 30 soalnya ga ngerasain enteng+irit nya pake ini, cuma mager aja klo kudu ngolong lagi. Thanks in advance om2.

Edit: di bukman sih minta 10W30 buat mesin 2ZR, tapi di LN bukmannya malah minta 0W20.
klo sy ikut bukman lokal.
klo saya loh yaa.

any W30 ok,
- 5w30
- 10w30
- 0w30
krn angka depan W pengaruhnya klo suhu beku / freezing point / sub-zeroo

tapi klo mau tetap w20, ya minimal sejenis PTT 0w20 tutup emas (non-eco) & amsoil OE.
Q8 formula D1 G2 0w20, even better :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
slowvolvo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sun Feb 21, 2021 3:05
Location: anywhere the wind blows
Daily Vehicle: B100R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by slowvolvo »

wah udh part 15 nih, izin ninggalin jejak

oiya btw, ada yg pernah pake lucas heavy duty oil stabilizer kah? apa bener dia memperpanjang OCI?
kalau yang lain bisa, kenapa harus saya? :big_think:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

PTT 0w30 compare 5w30 terasa bedanya.
0w30 lebih ringan tarikannya.
Sama sama botol kuning
User avatar
slowvolvo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sun Feb 21, 2021 3:05
Location: anywhere the wind blows
Daily Vehicle: B100R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by slowvolvo »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 10:53
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 10:44
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 13:51
Ini lg ngmgin yg diesel om. Hehe.
Loalahhh wkwkwkw. Kirain om, soalnya PTT 10W30 saya cekokin ke bensin pula. Surprisingly enak sih, lebih kerasa enaknya abis gantol.

BTW buat mesin yang bakal di high-rev di toll mending buntut 30 apa buntut 20 aman ya? Abis gantol ke 0W20 tapi baru inget ntar mobil mo dibawa geber2 di Transjawa. Oil in question: W20 Evotech PTT vs 5W30 SP botol item PTT juga. Niat hati mo balik ke buntut 30 soalnya ga ngerasain enteng+irit nya pake ini, cuma mager aja klo kudu ngolong lagi. Thanks in advance om2.

Edit: di bukman sih minta 10W30 buat mesin 2ZR, tapi di LN bukmannya malah minta 0W20.
klo sy ikut bukman lokal.
klo saya loh yaa.

any W30 ok,
- 5w30
- 10w30
- 0w30
krn angka depan W pengaruhnya klo suhu beku / freezing point / sub-zeroo

tapi klo mau tetap w20, ya minimal sejenis PTT 0w20 tutup emas (non-eco) & amsoil OE.
Q8 formula D1 G2 0w20, even better :mky_03:

berarti klo di indo yg diliat angka terakhirnya ya om? penasaran nih 1TR pengen saya kasih 5-40 tapi ngeri2 sedep :big_think:
kalau yang lain bisa, kenapa harus saya? :big_think:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 11:14 PTT 0w30 compare 5w30 terasa bedanya.
0w30 lebih ringan tarikannya.
Sama sama botol kuning
5w30 emg 30 nya lbh kentel kan.
Atau 30 botol item yg eco?
Dan make sure tekanan ban dan kondisi mesin sama prima mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

slowvolvo wrote: Thu Dec 09, 2021 11:56
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 10:53
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 10:44

Loalahhh wkwkwkw. Kirain om, soalnya PTT 10W30 saya cekokin ke bensin pula. Surprisingly enak sih, lebih kerasa enaknya abis gantol.

BTW buat mesin yang bakal di high-rev di toll mending buntut 30 apa buntut 20 aman ya? Abis gantol ke 0W20 tapi baru inget ntar mobil mo dibawa geber2 di Transjawa. Oil in question: W20 Evotech PTT vs 5W30 SP botol item PTT juga. Niat hati mo balik ke buntut 30 soalnya ga ngerasain enteng+irit nya pake ini, cuma mager aja klo kudu ngolong lagi. Thanks in advance om2.

Edit: di bukman sih minta 10W30 buat mesin 2ZR, tapi di LN bukmannya malah minta 0W20.
klo sy ikut bukman lokal.
klo saya loh yaa.

any W30 ok,
- 5w30
- 10w30
- 0w30
krn angka depan W pengaruhnya klo suhu beku / freezing point / sub-zeroo

tapi klo mau tetap w20, ya minimal sejenis PTT 0w20 tutup emas (non-eco) & amsoil OE.
Q8 formula D1 G2 0w20, even better :mky_03:

berarti klo di indo yg diliat angka terakhirnya ya om? penasaran nih 1TR pengen saya kasih 5-40 tapi ngeri2 sedep :big_think:
Yup pengalaman sy spt itu mbah, wkt miara brio.
Prnh coba oli bensin 10w30 dan 5w30, sama plek rasanya wkt msh di jakarta.

Krn waktu dah jalan, itu udh di suhu operating temp dgn keenceran yg serupa.
Beda halnya ketika sy switch ke w20, gejala ngelitik minim dan lbh ringan.
W20 spt q8 formula dpt bonus mesin lbh alusss :mky_04:

1TR mah pakai w30 mbah.
Cobain Q8 formula special G/D1 long life ajah.
Last edited by Suryaputra on Thu Dec 09, 2021 13:08, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Mau info nih, Q8 official store bakal ikut promo di blibli, discount up to 20% tanggal 10 December 2021, starting dari jam 10:00.
BLIBLI 1012.PNG
Linknya--> https://www.blibli.com/merchant/q8-stor ... /Q8O-60021
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 12:23
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 11:14 PTT 0w30 compare 5w30 terasa bedanya.
0w30 lebih ringan tarikannya.
Sama sama botol kuning
5w30 emg 30 nya lbh kentel kan.
Atau 30 botol item yg eco?
Dan make sure tekanan ban dan kondisi mesin sama prima mbah.
Iya sama sama botol gold.
Bukan yang eco.
Dipakai di mobil yang sama :D Mobilio bensin mbah, bukan Innova diesel hahahah
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by adri31 »

sahabatq8 wrote:Mau info nih, Q8 official store bakal ikut promo di blibli, discount up to 20% tanggal 10 December 2021, starting dari jam 10:00.
BLIBLI 1012.PNG
Linknya--> https://www.blibli.com/merchant/q8-stor ... /Q8O-60021
Makasih infonya [emoji106]