Page 5 of 104

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 12:19
by fajarrian
Wah siap siap kiu eight harga naik nih, udah mulai ngendorse youtuber :big_peace:




Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 12:30
by rendr
freeza wrote: Sat Dec 11, 2021 3:03
rendr wrote: Fri Dec 10, 2021 4:30
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
walah better test lab ini om... antara warna ATF apa emang fuel dilution... klo oli sampe merah gitu ambyar udah... cek AFR nya lagi deh, ini tuned or standar mesinnya? coba turun ke RON 92 deh om...

Terima kasih atas respon suhu² semua, saya sekalian reply di sini ya. Unit LCGC mesinnya masih standar belum ada bongkar apapun, rawatan beres, odo juga masih dibawah 50K, dari awal selalu gantol tiap max 5K km atau 6 bulan.

Dari unit masih baru rutin pakai oli 0w20 dari beres, semenjak garansi habis perawatan tetap di beres tapi oli beli dari luar seperti spbu shell, toda, butik oli. BBM dari awal pakai oktan 95, karena pakai 92 emang lebih sering banget knockingnya, komplen ke beres malah dikira pake premium karena vpower kan kadang bening atau merah gitu ya dulu warnanya. Tapi belum pernah ada indikasi oli merah gini.

Terlampir saya fotokan tetesan oli dari dipstick, dan oli pttsuper 0w20 virgin, kebetulan masih ada sisanya.

Terima kash suhu semua.salam 🙏
wadu isi ron 92 aja ngelitik.... mosok sih, coba cek injektor, air filter, busi deh... kok kyknya ada yg ga beres wkwk, coolant temp kudu di cek juga... coba pake 0w30... msh ngelitik ga...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 13:55
by josomba
freeza wrote: Sat Dec 11, 2021 3:03
rendr wrote: Fri Dec 10, 2021 4:30
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
walah better test lab ini om... antara warna ATF apa emang fuel dilution... klo oli sampe merah gitu ambyar udah... cek AFR nya lagi deh, ini tuned or standar mesinnya? coba turun ke RON 92 deh om...

Terima kasih atas respon suhu² semua, saya sekalian reply di sini ya. Unit LCGC mesinnya masih standar belum ada bongkar apapun, rawatan beres, odo juga masih dibawah 50K, dari awal selalu gantol tiap max 5K km atau 6 bulan.

Dari unit masih baru rutin pakai oli 0w20 dari beres, semenjak garansi habis perawatan tetap di beres tapi oli beli dari luar seperti spbu shell, toda, butik oli. BBM dari awal pakai oktan 95, karena pakai 92 emang lebih sering banget knockingnya, komplen ke beres malah dikira pake premium karena vpower kan kadang bening atau merah gitu ya dulu warnanya. Tapi belum pernah ada indikasi oli merah gini.

Terlampir saya fotokan tetesan oli dari dipstick, dan oli pttsuper 0w20 virgin, kebetulan masih ada sisanya.

Terima kash suhu semua.salam 🙏
Kalau ga salah, d kuskus, thread yaris ada yg pernah bahas oli-nya jadi merah deh. Ptt 0w20 yg non-eco. Keknya thread2 maret/april 2021.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 14:49
by KSG88
Chr1stm1 wrote:
KSG88 wrote: Tue Dec 07, 2021 16:59 Mumpung masih awal. Nanya crv turbo (facelift 2021) oli yg cocok demi ngejar suara mesin halus dan nyaman, serta sering main kecepatan diatas 100, baiknya kepala 0-20 atau 5-30.

Sekalian Oli utk transmisi cvt nya yg okeh?
Kalau suara halus dan kecepatan ( high rev ), imo 5w30 sih, prefer q8 formula atau mobil 1 extended
Trims bro

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 14:51
by KSG88
Suryaputra wrote:
KSG88 wrote: Tue Dec 07, 2021 16:59 Mumpung masih awal. Nanya crv turbo (facelift 2021) oli yg cocok demi ngejar suara mesin halus dan nyaman, serta sering main kecepatan diatas 100, baiknya kepala 0-20 atau 5-30.

Sekalian Oli utk transmisi cvt nya yg okeh?
Klo mau alus,
yg pertama make sure pakai BBM yg sesuai.
Turbo mintanya Ron 95 ke atas direkomen.

Klo oli 0w20 cobain mulai dr Q8 formula
Lbh alus deh dibanding oli bawaan beres 0w20 honda

Apalagi klo sering main hi rpm buat fast accel.. jauh mbah :mky_03:
Skrg sih pakai nya pertamax tp baiknya perta turbo saja ya

Q8 sepertinya plg rekomen buat mesin bensin ya, apakah ganti oli rutin tetap baiknya setiap 5000 atau harus lebih cepat?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 14:53
by KSG88
rendr wrote:
KSG88 wrote: Tue Dec 07, 2021 16:59 Mumpung masih awal. Nanya crv turbo (facelift 2021) oli yg cocok demi ngejar suara mesin halus dan nyaman, serta sering main kecepatan diatas 100, baiknya kepala 0-20 atau 5-30.

Sekalian Oli utk transmisi cvt nya yg okeh?
L15BE merem aja 0w20 om... tp 0w20 nya yg bagusan, Q8 / amsoil SS gitu... sip deh.. temen jg pake di crv turbo 2021... extrafan kok jd jarang nyala wkwkwkwk

Kalo oli cvt pake honda aja kuras di beres tiap 15-20k...
Kalo 0-20 bawaan e pro kog suara mesin garing ya, kalo 5-30 apakah jadi lebih alus senyap, namun tarikan tetap enteng.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 17:13
by sahabatq8
fajarrian wrote: Sat Dec 11, 2021 12:19 Wah siap siap kiu eight harga naik nih, udah mulai ngendorse youtuber :big_peace:




Wah cepet bgt, malah om duluan yang tau videonya udah keluar. :big_peace:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 17:17
by sahabatq8
KSG88 wrote: Sat Dec 11, 2021 14:51
Suryaputra wrote:
KSG88 wrote: Tue Dec 07, 2021 16:59 Mumpung masih awal. Nanya crv turbo (facelift 2021) oli yg cocok demi ngejar suara mesin halus dan nyaman, serta sering main kecepatan diatas 100, baiknya kepala 0-20 atau 5-30.

Sekalian Oli utk transmisi cvt nya yg okeh?
Klo mau alus,
yg pertama make sure pakai BBM yg sesuai.
Turbo mintanya Ron 95 ke atas direkomen.

Klo oli 0w20 cobain mulai dr Q8 formula
Lbh alus deh dibanding oli bawaan beres 0w20 honda

Apalagi klo sering main hi rpm buat fast accel.. jauh mbah :mky_03:
Skrg sih pakai nya pertamax tp baiknya perta turbo saja ya

Q8 sepertinya plg rekomen buat mesin bensin ya, apakah ganti oli rutin tetap baiknya setiap 5000 atau harus lebih cepat?
5000 udah cukup, gak perlu lebih cepat. Yang penting pake oli yang udah anti lspi untuk crv turbo seperti api sn+ atau Sp setara dengan dexos 1 gen 2 dan sebaiknya ganti filter oli.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 17:53
by Travellintas
Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ?? :big_peace: :big_peace:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 2:38
by Suryaputra
Travellintas wrote: Sat Dec 11, 2021 17:53 Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ?? :big_peace: :big_peace:
Ambil contoh amsoil signature 5w30 dan 0w30
Untuk suhu operasi 40 & 100C, kekentalannya relatif identik
*viscocity value = Makin kecil makin encer

Image

That's why, klo di indonesia, selama bukan frozen temp, relatif sama aja.

Apalgi ketika suhu operasi 100C (ketika mesin sudah dipakai jalan), amsoil signature 10w30 aja lbh encer sedikittt dibanding 0w30 nya

Klo bandinginnya beda model dan beda kelas, ya beda cerita atuh :upss:







Aih jd ngomongin amsoil :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 3:44
by rendr
KSG88 wrote: Sat Dec 11, 2021 14:53
rendr wrote:
KSG88 wrote: Tue Dec 07, 2021 16:59 Mumpung masih awal. Nanya crv turbo (facelift 2021) oli yg cocok demi ngejar suara mesin halus dan nyaman, serta sering main kecepatan diatas 100, baiknya kepala 0-20 atau 5-30.

Sekalian Oli utk transmisi cvt nya yg okeh?
L15BE merem aja 0w20 om... tp 0w20 nya yg bagusan, Q8 / amsoil SS gitu... sip deh.. temen jg pake di crv turbo 2021... extrafan kok jd jarang nyala wkwkwkwk

Kalo oli cvt pake honda aja kuras di beres tiap 15-20k...
Kalo 0-20 bawaan e pro kog suara mesin garing ya, kalo 5-30 apakah jadi lebih alus senyap, namun tarikan tetap enteng.
oli honda epro 0w20? skip aja om.. mana mahal pulak 150rb seliter apa...
nih oli honda baru 150km dari ngambil unit...
WhatsApp Image 2021-11-17 at 11.34.42.jpeg

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 3:45
by rendr
Travellintas wrote: Sat Dec 11, 2021 17:53 Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ?? :big_peace: :big_peace:
depends om... olinya apa vs apa, kalo satu produsen lebih enak liatnya kyk PTT...

tapi 0w30 V100 nya cenderung lebih kentel dari 5w30 sih kalo yg ane liat2...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 3:48
by KSG88
sahabatq8 wrote:
KSG88 wrote: Sat Dec 11, 2021 14:51
Suryaputra wrote: Klo mau alus,
yg pertama make sure pakai BBM yg sesuai.
Turbo mintanya Ron 95 ke atas direkomen.

Klo oli 0w20 cobain mulai dr Q8 formula
Lbh alus deh dibanding oli bawaan beres 0w20 honda

Apalagi klo sering main hi rpm buat fast accel.. jauh mbah :mky_03:
Skrg sih pakai nya pertamax tp baiknya perta turbo saja ya

Q8 sepertinya plg rekomen buat mesin bensin ya, apakah ganti oli rutin tetap baiknya setiap 5000 atau harus lebih cepat?
5000 udah cukup, gak perlu lebih cepat. Yang penting pake oli yang udah anti lspi untuk crv turbo seperti api sn+ atau Sp setara dengan dexos 1 gen 2 dan sebaiknya ganti filter oli.
Noted oli SN+ / SP, perta turbo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 3:50
by KSG88
rendr wrote:
KSG88 wrote: Sat Dec 11, 2021 14:53
rendr wrote: L15BE merem aja 0w20 om... tp 0w20 nya yg bagusan, Q8 / amsoil SS gitu... sip deh.. temen jg pake di crv turbo 2021... extrafan kok jd jarang nyala wkwkwkwk

Kalo oli cvt pake honda aja kuras di beres tiap 15-20k...
Kalo 0-20 bawaan e pro kog suara mesin garing ya, kalo 5-30 apakah jadi lebih alus senyap, namun tarikan tetap enteng.
oli honda epro 0w20? skip aja om.. mana mahal pulak 150rb seliter apa...
nih oli honda baru 150km dari ngambil unit...
WhatsApp Image 2021-11-17 at 11.34.42.jpeg

Gitu amit ya, padahal oem punya, apa standarnya terlalu dibawah tuk ngejar Harga atau bagaimana?


Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 4:18
by Omnibus
Suryaputra wrote: Sun Dec 12, 2021 2:38 .......

Aih jd ngomongin amsoil :ngacir:
sahabatq8, tolong dikasih kartu kuning. [emo-police]






.......... :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 4:27
by marmut
Omnibus wrote: Sun Dec 12, 2021 4:18

sahabatq8, tolong dikasih kartu kuning. [emo-police]






.......... :ngacir:


lha ini sahabatamsoil malah nyaru jadi omnibus....

:mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 4:28
by rendr
KSG88 wrote: Sun Dec 12, 2021 3:50
rendr wrote:
KSG88 wrote: Sat Dec 11, 2021 14:53 Kalo 0-20 bawaan e pro kog suara mesin garing ya, kalo 5-30 apakah jadi lebih alus senyap, namun tarikan tetap enteng.
oli honda epro 0w20? skip aja om.. mana mahal pulak 150rb seliter apa...
nih oli honda baru 150km dari ngambil unit...

WhatsApp Image 2021-11-17 at 11.34.42.jpeg

Gitu amit ya, padahal oem punya, apa standarnya terlalu dibawah tuk ngejar Harga atau bagaimana?
yah biasalah namanya jg oli beres yg di branding sama atpm.... oli2 ala kadar aja yg penting untung maksimal... belinya kalo ga ke idemitsu, jx nippon, ya pertamina...

kecuali MB oil / BMW LL oil... yg jadi referensi produsen oli.. baru lain

jadi mindset oli beres adalah yg terbaik itu sebenernya ga 100% bener, cuman doktrin yg udh tertanam di masyarakat kita begitu... taunya apapun di beres yg paling bagus, trus nyari oli bawaannya di toko luar biar murah, terciptalah oli palsu...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 6:48
by alim ulama
Halo suhu2 sekalian, wa bil khusus om Turboman yg duluuuuu banget jaman sy masih bujang pernah ngasih racun racik Octane Booster pake Toluene cs :frm_salut:

udah lama gak maen forum, contekan udah ilang semua nih...
mohon masukan & racun untuk case berikut:

1. Biante non-SkyActive 2013 (MZR-LF VD 2.0 VVT Direct Injection Spark Ignition) < maaf kalau salah spec, cuman modal googling wiki
- odo 149.000 km (1 Nov 2021) - Mobil Super 10W-40 (semi synth)
- current odo 151.000 km
- current dipstick level oil udah di 1/2
- penampakan oli dipstick di tissue
Biante - 10W40 2.000 km.jpeg
2. March 1.5 A/T 2017 (HR15DE VVT)
- odo 38.400 km (5 Des 2021) - Mobil Super 5W-30 (semi synth)
- current odo 38.500 km
- dipstick full (baru gelinding 100 km)
- penampakan oli dipstick di tissue
March 1.5 5W-30 100 km.jpeg

kemarin ganti oli & tune-up nitip sama driver di bengkel deket rumah yg paket tune-up nya mayan deh gak murah2 banget tapi (kayaknya) gak mahal juga (carbon clean yg disemprot ke lubang busi, injector clean yg semprot ke TB doang (gak dicopot) check rem, cuci evap AC, cuci blower AC, cek engine pake scanner) ~kurleb 550 rb

tapi ternyata cari cuan jualan oli-nya gede buanget :e-doh:
- Mobil Super 10W-40 kena Rp105 rb
- Mobil Super 5W-30 kena Rp140 rb

mohon sarannya ya best value utk budget s/d 150 rb per liter (sukur2 sama link, soalnya di bengkel itu sebenernya cuman charge 50 rb kalau bawa oli sendiri) dengan penggunaan pake Pertamax jalur sebagai berikut:
- Biante mobil ngukur jalan dijadwalkan per 5.000 km atau 3-4 bulan akan ganti oli
- March pakean nyonya yg paling cuman seminggu 1x WFO sekitar 15 km PP kondisi extra urban (macetnya rush hour TB Simatupang & Mampang), sisanya masih rejeki WFH, dan mungkin sebulan 1-2x akan cruising & olah raga dikit di jagorawi (ini most likely akan dirawat cukup lama, krn ada alasan sentimentil nyonya sama Nissan March, mumpung A/T badak 4-speed doang sekalian buat ponakan umur 17 tahun mau pinjem utk belajar nyetir) per 6 bulan emang akan ganti oli juga



*tambahan data based on manual book, mohon masukan juga utk real condition terkait kapasitas oli, kalau contekannya:
- Biante 4,3 liter (ini kayaknya bengkel cuman isi 4 liter, makanya baru 2.000 km / 1 bulan udah turun 1/2 atau emang penguapan tinggi)
Biante - Oil Capacity.jpeg
- March 3,2 liter (kmrn cuman beli 3 liter doang, nanti kalau udah 1.000 km akan cek ulang berkurang atau enggak)
March Oil Capacity.jpeg

thanks in advance & mohon maaf panjang udah lama gak maen forum jadi kepanjangan deh nanya segambreng :e-pray:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 7:55
by sahabatq8
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48 Halo suhu2 sekalian, wa bil khusus om Turboman yg duluuuuu banget jaman sy masih bujang pernah ngasih racun racik Octane Booster pake Toluene cs :frm_salut:

udah lama gak maen forum, contekan udah ilang semua nih...
mohon masukan & racun untuk case berikut:

1. Biante non-SkyActive 2013 (MZR-LF VD 2.0 VVT Direct Injection Spark Ignition) < maaf kalau salah spec, cuman modal googling wiki
- odo 149.000 km (1 Nov 2021) - Mobil Super 10W-40 (semi synth)
- current odo 151.000 km
- current dipstick level oil udah di 1/2
- penampakan oli dipstick di tissue
Biante - 10W40 2.000 km.jpeg

2. March 1.5 A/T 2017 (HR15DE VVT)
- odo 38.400 km (5 Des 2021) - Mobil Super 5W-30 (semi synth)
- current odo 38.500 km
- dipstick full (baru gelinding 100 km)
- penampakan oli dipstick di tissue
March 1.5 5W-30 100 km.jpeg


kemarin ganti oli & tune-up nitip sama driver di bengkel deket rumah yg paket tune-up nya mayan deh gak murah2 banget tapi (kayaknya) gak mahal juga (carbon clean yg disemprot ke lubang busi, injector clean yg semprot ke TB doang (gak dicopot) check rem, cuci evap AC, cuci blower AC, cek engine pake scanner) ~kurleb 550 rb

tapi ternyata cari cuan jualan oli-nya gede buanget :e-doh:
- Mobil Super 10W-40 kena Rp105 rb
- Mobil Super 5W-30 kena Rp140 rb

mohon sarannya ya best value utk budget s/d 150 rb per liter (sukur2 sama link, soalnya di bengkel itu sebenernya cuman charge 50 rb kalau bawa oli sendiri) dengan penggunaan pake Pertamax jalur sebagai berikut:
- Biante mobil ngukur jalan dijadwalkan per 5.000 km atau 3-4 bulan akan ganti oli
- March pakean nyonya yg paling cuman seminggu 1x WFO sekitar 15 km PP kondisi extra urban (macetnya rush hour TB Simatupang & Mampang), sisanya masih rejeki WFH, dan mungkin sebulan 1-2x akan cruising & olah raga dikit di jagorawi (ini most likely akan dirawat cukup lama, krn ada alasan sentimentil nyonya sama Nissan March, mumpung A/T badak 4-speed doang sekalian buat ponakan umur 17 tahun mau pinjem utk belajar nyetir) per 6 bulan emang akan ganti oli juga



*tambahan data based on manual book, mohon masukan juga utk real condition terkait kapasitas oli, kalau contekannya:
- Biante 4,3 liter (ini kayaknya bengkel cuman isi 4 liter, makanya baru 2.000 km / 1 bulan udah turun 1/2 atau emang penguapan tinggi)
Biante - Oil Capacity.jpeg

- March 3,2 liter (kmrn cuman beli 3 liter doang, nanti kalau udah 1.000 km akan cek ulang berkurang atau enggak)
March Oil Capacity.jpeg


thanks in advance & mohon maaf panjang udah lama gak maen forum jadi kepanjangan deh nanya segambreng :e-pray:
Kalo mau coba Q8, march pake g/d1 5w30 aja masih masuk budget. Biantenya pake 5w40 excel ato
Advanced plus 10w40.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 8:36
by sintoni
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48
Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.

Viskositas cari yg diinginkan aja, rekomendasi untuk dalam kota paling kentel 30 aja, jd bisa pake buntut 20/30.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 9:27
by alim ulama
sahabatq8 wrote: Sun Dec 12, 2021 7:55
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48 Halo suhu2 sekalian, wa bil khusus om Turboman yg duluuuuu banget jaman sy masih bujang pernah ngasih racun racik Octane Booster pake Toluene cs :frm_salut:

udah lama gak maen forum, contekan udah ilang semua nih...
mohon masukan & racun untuk case berikut:

1. Biante non-SkyActive 2013 (MZR-LF VD 2.0 VVT Direct Injection Spark Ignition) < maaf kalau salah spec, cuman modal googling wiki
- odo 149.000 km (1 Nov 2021) - Mobil Super 10W-40 (semi synth)
- current odo 151.000 km
- current dipstick level oil udah di 1/2
- penampakan oli dipstick di tissue
Biante - 10W40 2.000 km.jpeg

2. March 1.5 A/T 2017 (HR15DE VVT)
- odo 38.400 km (5 Des 2021) - Mobil Super 5W-30 (semi synth)
- current odo 38.500 km
- dipstick full (baru gelinding 100 km)
- penampakan oli dipstick di tissue
March 1.5 5W-30 100 km.jpeg


kemarin ganti oli & tune-up nitip sama driver di bengkel deket rumah yg paket tune-up nya mayan deh gak murah2 banget tapi (kayaknya) gak mahal juga (carbon clean yg disemprot ke lubang busi, injector clean yg semprot ke TB doang (gak dicopot) check rem, cuci evap AC, cuci blower AC, cek engine pake scanner) ~kurleb 550 rb

tapi ternyata cari cuan jualan oli-nya gede buanget :e-doh:
- Mobil Super 10W-40 kena Rp105 rb
- Mobil Super 5W-30 kena Rp140 rb

mohon sarannya ya best value utk budget s/d 150 rb per liter (sukur2 sama link, soalnya di bengkel itu sebenernya cuman charge 50 rb kalau bawa oli sendiri) dengan penggunaan pake Pertamax jalur sebagai berikut:
- Biante mobil ngukur jalan dijadwalkan per 5.000 km atau 3-4 bulan akan ganti oli
- March pakean nyonya yg paling cuman seminggu 1x WFO sekitar 15 km PP kondisi extra urban (macetnya rush hour TB Simatupang & Mampang), sisanya masih rejeki WFH, dan mungkin sebulan 1-2x akan cruising & olah raga dikit di jagorawi (ini most likely akan dirawat cukup lama, krn ada alasan sentimentil nyonya sama Nissan March, mumpung A/T badak 4-speed doang sekalian buat ponakan umur 17 tahun mau pinjem utk belajar nyetir) per 6 bulan emang akan ganti oli juga



*tambahan data based on manual book, mohon masukan juga utk real condition terkait kapasitas oli, kalau contekannya:
- Biante 4,3 liter (ini kayaknya bengkel cuman isi 4 liter, makanya baru 2.000 km / 1 bulan udah turun 1/2 atau emang penguapan tinggi)
Biante - Oil Capacity.jpeg

- March 3,2 liter (kmrn cuman beli 3 liter doang, nanti kalau udah 1.000 km akan cek ulang berkurang atau enggak)
March Oil Capacity.jpeg


thanks in advance & mohon maaf panjang udah lama gak maen forum jadi kepanjangan deh nanya segambreng :e-pray:
Kalo mau coba Q8, march pake g/d1 5w30 aja masih masuk budget. Biantenya pake 5w40 excel ato
Advanced plus 10w40.
thank you rekomennya om, barusan langsung pencet link toped, itu 5W-30 ada 3 ya?:
- 228 rb
- 218 rb
- 180 rb

bedanya apa aja om?


Untuk Biante, noted utk 5W-40 Excel yg Rp165 rb ya?

==================

sekalian borongan deh nanya terkait ATF (salah kamar gak ya kalau dimari?)

Nissan March 1.5 A/T 4-speed 2017 odo 38.5xx km
browsing2 kudu pake Nissan ATF Matic S, tapi di manual book gak nemu kapasitas untuk ganti full
- perlu kuras brp liter ya?
- masukan pake Nissan ATF Matic S atau ada replacement yg lebih baik?


Biante A/T 5-speed 2013 non-SA
based on manual book ATF M-V odo 151.[cencored] km
- kapasitas 8,14 liter, ini kalau kuras berarti brp liter?
- masukan pake Mazda Genuine ATF M-V atau ada replacement yg lebih baik?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 10:44
by sahabatq8
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 9:27
sahabatq8 wrote: Sun Dec 12, 2021 7:55
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48 Halo suhu2 sekalian, wa bil khusus om Turboman yg duluuuuu banget jaman sy masih bujang pernah ngasih racun racik Octane Booster pake Toluene cs :frm_salut:

udah lama gak maen forum, contekan udah ilang semua nih...
mohon masukan & racun untuk case berikut:

1. Biante non-SkyActive 2013 (MZR-LF VD 2.0 VVT Direct Injection Spark Ignition) < maaf kalau salah spec, cuman modal googling wiki
- odo 149.000 km (1 Nov 2021) - Mobil Super 10W-40 (semi synth)
- current odo 151.000 km
- current dipstick level oil udah di 1/2
- penampakan oli dipstick di tissue
Biante - 10W40 2.000 km.jpeg

2. March 1.5 A/T 2017 (HR15DE VVT)
- odo 38.400 km (5 Des 2021) - Mobil Super 5W-30 (semi synth)
- current odo 38.500 km
- dipstick full (baru gelinding 100 km)
- penampakan oli dipstick di tissue
March 1.5 5W-30 100 km.jpeg


kemarin ganti oli & tune-up nitip sama driver di bengkel deket rumah yg paket tune-up nya mayan deh gak murah2 banget tapi (kayaknya) gak mahal juga (carbon clean yg disemprot ke lubang busi, injector clean yg semprot ke TB doang (gak dicopot) check rem, cuci evap AC, cuci blower AC, cek engine pake scanner) ~kurleb 550 rb

tapi ternyata cari cuan jualan oli-nya gede buanget :e-doh:
- Mobil Super 10W-40 kena Rp105 rb
- Mobil Super 5W-30 kena Rp140 rb

mohon sarannya ya best value utk budget s/d 150 rb per liter (sukur2 sama link, soalnya di bengkel itu sebenernya cuman charge 50 rb kalau bawa oli sendiri) dengan penggunaan pake Pertamax jalur sebagai berikut:
- Biante mobil ngukur jalan dijadwalkan per 5.000 km atau 3-4 bulan akan ganti oli
- March pakean nyonya yg paling cuman seminggu 1x WFO sekitar 15 km PP kondisi extra urban (macetnya rush hour TB Simatupang & Mampang), sisanya masih rejeki WFH, dan mungkin sebulan 1-2x akan cruising & olah raga dikit di jagorawi (ini most likely akan dirawat cukup lama, krn ada alasan sentimentil nyonya sama Nissan March, mumpung A/T badak 4-speed doang sekalian buat ponakan umur 17 tahun mau pinjem utk belajar nyetir) per 6 bulan emang akan ganti oli juga



*tambahan data based on manual book, mohon masukan juga utk real condition terkait kapasitas oli, kalau contekannya:
- Biante 4,3 liter (ini kayaknya bengkel cuman isi 4 liter, makanya baru 2.000 km / 1 bulan udah turun 1/2 atau emang penguapan tinggi)
Biante - Oil Capacity.jpeg

- March 3,2 liter (kmrn cuman beli 3 liter doang, nanti kalau udah 1.000 km akan cek ulang berkurang atau enggak)
March Oil Capacity.jpeg


thanks in advance & mohon maaf panjang udah lama gak maen forum jadi kepanjangan deh nanya segambreng :e-pray:
Kalo mau coba Q8, march pake g/d1 5w30 aja masih masuk budget. Biantenya pake 5w40 excel ato
Advanced plus 10w40.
thank you rekomennya om, barusan langsung pencet link toped, itu 5W-30 ada 3 ya?:
- 228 rb
- 218 rb
- 180 rb

bedanya apa aja om?


Untuk Biante, noted utk 5W-40 Excel yg Rp165 rb ya?

==================

sekalian borongan deh nanya terkait ATF (salah kamar gak ya kalau dimari?)

Nissan March 1.5 A/T 4-speed 2017 odo 38.5xx km
browsing2 kudu pake Nissan ATF Matic S, tapi di manual book gak nemu kapasitas untuk ganti full
- perlu kuras brp liter ya?
- masukan pake Nissan ATF Matic S atau ada replacement yg lebih baik?


Biante A/T 5-speed 2013 non-SA
based on manual book ATF M-V odo 151.[cencored] km
- kapasitas 8,14 liter, ini kalau kuras berarti brp liter?
- masukan pake Mazda Genuine ATF M-V atau ada replacement yg lebih baik?
1. Kita untuk 5w30 ada beberapa pilihan, masing-masing memenuhi spek yang berbeda.
G/D1 (180rb) dexos 1 gen 1
G long life (218rb) dexos 2 gen 1
D1 (228rb) dexos 1 gen 2 (anti lspi)
Untuk mesin turbo direct injection dengan cc dibawah 1500 sebaiknya pakai D1 (228rb). Karena march mesinnya termasuk mesin biasa, tidak ada keperluan khusus. G/D1 ato G long life udah cukup.
2. Excel betul yang 165rb , kalau mau yang lebih bagus excel long life tapi itu jauh lebih mahal.
3. Untuk oli ATF mazda mv bisa pake Q8 Auto JK, kalau nissan matic s pakenya Q8 Auto MV.

Untuk oli mesin Q8 sebenernya ganti tiap 10rb/1tahun yang mana yang sampe dulu ok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 10:49
by GDNGAN
Lumayan nih dapet ptt perf super synth evo 0w20 di 12.12 dari blibli 490rb 4L, buat gantiin unyil 0w20 yg stoknya gak ada buat di C26. Semoga cocok.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 12:19
by kibo66
Akhirnya Beli juga dari pada penasaran Oli GM 5w-30 Dexos 1 gen 2 di tokoijo buat jazz ane. lumayan lah under 400k. Pengalaman feel oli menyusul..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sun Dec 12, 2021 12:39
by alim ulama
sintoni wrote: Sun Dec 12, 2021 8:36
alim ulama wrote: Sun Dec 12, 2021 6:48
Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.

Viskositas cari yg diinginkan aja, rekomendasi untuk dalam kota paling kentel 30 aja, jd bisa pake buntut 20/30.
nah, ini juga lagi butuh masukan..
terutama baca2 di page & thread part sebelumnya, HR15DE masuk ke mesin "resing" dalam artian kudu pake oli yg spec mumpuni, kayaknya Oli Nissan di beres spec kurang ok tapi digeber 10rb / 1 tahun jadi setelah sekian lama jadi timbul sludge dan/atau varnishing ya? (lupa deh istilahnya tapi liat ada gambar jadi warna keemasan gitu pas buka cylinder head)

jadi ngeri juga kalau pake spec ala kadar, tapi masih lieur browsing MSDS untuk nilai TBN itu buat apa dan aditif lain2nya :e-doh:
jadi ngarep baca masukan aja buat pertimbangan...

apa terusin aja oli Mobil Super 10W-40 & 5W-30 tersebut (tapi nyari yg harga masuk akal tinggal bayar lebihan goban ke bengkel utk ongkos pasang), toh interval ganti emang cepet, tapi apa specnya cukup bagus buat mencegah sludge maupun potensi buruk lainnya dari oli kurang ok untuk jangka panjang (most likely bakal sampe 5 tahunan lebih sih)

atau naek spec oli?

- krn Biante mobil lungsuran & harga udah jeblok banget rugi bandar kalau dijokul dibanding kenyamanan krn udah sempet ganti full kaki2 di beres
- dan March faktor sentimentil Kapolda

thank you diskusinya om