Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Posted: Sat Dec 11, 2021 12:19
Wah siap siap kiu eight harga naik nih, udah mulai ngendorse youtuber
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
wadu isi ron 92 aja ngelitik.... mosok sih, coba cek injektor, air filter, busi deh... kok kyknya ada yg ga beres wkwk, coolant temp kudu di cek juga... coba pake 0w30... msh ngelitik ga...freeza wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 3:03rendr wrote: ↑Fri Dec 10, 2021 4:30walah better test lab ini om... antara warna ATF apa emang fuel dilution... klo oli sampe merah gitu ambyar udah... cek AFR nya lagi deh, ini tuned or standar mesinnya? coba turun ke RON 92 deh om...freeza wrote: ↑Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.
LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.
Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.
Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.
Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.
Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.
Terima kasih atas respon suhu² semua, saya sekalian reply di sini ya. Unit LCGC mesinnya masih standar belum ada bongkar apapun, rawatan beres, odo juga masih dibawah 50K, dari awal selalu gantol tiap max 5K km atau 6 bulan.
Dari unit masih baru rutin pakai oli 0w20 dari beres, semenjak garansi habis perawatan tetap di beres tapi oli beli dari luar seperti spbu shell, toda, butik oli. BBM dari awal pakai oktan 95, karena pakai 92 emang lebih sering banget knockingnya, komplen ke beres malah dikira pake premium karena vpower kan kadang bening atau merah gitu ya dulu warnanya. Tapi belum pernah ada indikasi oli merah gini.
Terlampir saya fotokan tetesan oli dari dipstick, dan oli pttsuper 0w20 virgin, kebetulan masih ada sisanya.
Terima kash suhu semua.salam
Kalau ga salah, d kuskus, thread yaris ada yg pernah bahas oli-nya jadi merah deh. Ptt 0w20 yg non-eco. Keknya thread2 maret/april 2021.freeza wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 3:03rendr wrote: ↑Fri Dec 10, 2021 4:30walah better test lab ini om... antara warna ATF apa emang fuel dilution... klo oli sampe merah gitu ambyar udah... cek AFR nya lagi deh, ini tuned or standar mesinnya? coba turun ke RON 92 deh om...freeza wrote: ↑Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.
LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.
Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.
Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.
Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.
Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.
Terima kasih atas respon suhu² semua, saya sekalian reply di sini ya. Unit LCGC mesinnya masih standar belum ada bongkar apapun, rawatan beres, odo juga masih dibawah 50K, dari awal selalu gantol tiap max 5K km atau 6 bulan.
Dari unit masih baru rutin pakai oli 0w20 dari beres, semenjak garansi habis perawatan tetap di beres tapi oli beli dari luar seperti spbu shell, toda, butik oli. BBM dari awal pakai oktan 95, karena pakai 92 emang lebih sering banget knockingnya, komplen ke beres malah dikira pake premium karena vpower kan kadang bening atau merah gitu ya dulu warnanya. Tapi belum pernah ada indikasi oli merah gini.
Terlampir saya fotokan tetesan oli dari dipstick, dan oli pttsuper 0w20 virgin, kebetulan masih ada sisanya.
Terima kash suhu semua.salam
Trims broChr1stm1 wrote:Kalau suara halus dan kecepatan ( high rev ), imo 5w30 sih, prefer q8 formula atau mobil 1 extended
Skrg sih pakai nya pertamax tp baiknya perta turbo saja yaSuryaputra wrote:Klo mau alus,
yg pertama make sure pakai BBM yg sesuai.
Turbo mintanya Ron 95 ke atas direkomen.
Klo oli 0w20 cobain mulai dr Q8 formula
Lbh alus deh dibanding oli bawaan beres 0w20 honda
Apalagi klo sering main hi rpm buat fast accel.. jauh mbah
Kalo 0-20 bawaan e pro kog suara mesin garing ya, kalo 5-30 apakah jadi lebih alus senyap, namun tarikan tetap enteng.rendr wrote:L15BE merem aja 0w20 om... tp 0w20 nya yg bagusan, Q8 / amsoil SS gitu... sip deh.. temen jg pake di crv turbo 2021... extrafan kok jd jarang nyala wkwkwkwk
Kalo oli cvt pake honda aja kuras di beres tiap 15-20k...
5000 udah cukup, gak perlu lebih cepat. Yang penting pake oli yang udah anti lspi untuk crv turbo seperti api sn+ atau Sp setara dengan dexos 1 gen 2 dan sebaiknya ganti filter oli.KSG88 wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 14:51Skrg sih pakai nya pertamax tp baiknya perta turbo saja yaSuryaputra wrote:Klo mau alus,
yg pertama make sure pakai BBM yg sesuai.
Turbo mintanya Ron 95 ke atas direkomen.
Klo oli 0w20 cobain mulai dr Q8 formula
Lbh alus deh dibanding oli bawaan beres 0w20 honda
Apalagi klo sering main hi rpm buat fast accel.. jauh mbah
Q8 sepertinya plg rekomen buat mesin bensin ya, apakah ganti oli rutin tetap baiknya setiap 5000 atau harus lebih cepat?
Ambil contoh amsoil signature 5w30 dan 0w30Travellintas wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 17:53 Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ??
oli honda epro 0w20? skip aja om.. mana mahal pulak 150rb seliter apa...KSG88 wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 14:53Kalo 0-20 bawaan e pro kog suara mesin garing ya, kalo 5-30 apakah jadi lebih alus senyap, namun tarikan tetap enteng.rendr wrote:L15BE merem aja 0w20 om... tp 0w20 nya yg bagusan, Q8 / amsoil SS gitu... sip deh.. temen jg pake di crv turbo 2021... extrafan kok jd jarang nyala wkwkwkwk
Kalo oli cvt pake honda aja kuras di beres tiap 15-20k...
depends om... olinya apa vs apa, kalo satu produsen lebih enak liatnya kyk PTT...Travellintas wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 17:53 Berhubung kemarin ada review oli yang 0-30 jdi mau nanya nih mbah SM untuk karakteristik oli 0-30 lebih mirip /condong ke 0-20 atu 5-30 dan untuk di manual yang menganjurkan pakai okii 5-30/0-20 apakah aman jika masukkan oli 0-30 ??
Noted oli SN+ / SP, perta turbosahabatq8 wrote:5000 udah cukup, gak perlu lebih cepat. Yang penting pake oli yang udah anti lspi untuk crv turbo seperti api sn+ atau Sp setara dengan dexos 1 gen 2 dan sebaiknya ganti filter oli.KSG88 wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 14:51Skrg sih pakai nya pertamax tp baiknya perta turbo saja yaSuryaputra wrote: Klo mau alus,
yg pertama make sure pakai BBM yg sesuai.
Turbo mintanya Ron 95 ke atas direkomen.
Klo oli 0w20 cobain mulai dr Q8 formula
Lbh alus deh dibanding oli bawaan beres 0w20 honda
Apalagi klo sering main hi rpm buat fast accel.. jauh mbah
Q8 sepertinya plg rekomen buat mesin bensin ya, apakah ganti oli rutin tetap baiknya setiap 5000 atau harus lebih cepat?
rendr wrote:oli honda epro 0w20? skip aja om.. mana mahal pulak 150rb seliter apa...KSG88 wrote: ↑Sat Dec 11, 2021 14:53Kalo 0-20 bawaan e pro kog suara mesin garing ya, kalo 5-30 apakah jadi lebih alus senyap, namun tarikan tetap enteng.rendr wrote: L15BE merem aja 0w20 om... tp 0w20 nya yg bagusan, Q8 / amsoil SS gitu... sip deh.. temen jg pake di crv turbo 2021... extrafan kok jd jarang nyala wkwkwkwk
Kalo oli cvt pake honda aja kuras di beres tiap 15-20k...
nih oli honda baru 150km dari ngambil unit...
sahabatq8, tolong dikasih kartu kuning.
yah biasalah namanya jg oli beres yg di branding sama atpm.... oli2 ala kadar aja yg penting untung maksimal... belinya kalo ga ke idemitsu, jx nippon, ya pertamina...KSG88 wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 3:50rendr wrote:oli honda epro 0w20? skip aja om.. mana mahal pulak 150rb seliter apa...
nih oli honda baru 150km dari ngambil unit...
WhatsApp Image 2021-11-17 at 11.34.42.jpeg
Gitu amit ya, padahal oem punya, apa standarnya terlalu dibawah tuk ngejar Harga atau bagaimana?
Kalo mau coba Q8, march pake g/d1 5w30 aja masih masuk budget. Biantenya pake 5w40 excel atoalim ulama wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 6:48 Halo suhu2 sekalian, wa bil khusus om Turboman yg duluuuuu banget jaman sy masih bujang pernah ngasih racun racik Octane Booster pake Toluene cs
udah lama gak maen forum, contekan udah ilang semua nih...
mohon masukan & racun untuk case berikut:
1. Biante non-SkyActive 2013 (MZR-LF VD 2.0 VVT Direct Injection Spark Ignition) < maaf kalau salah spec, cuman modal googling wiki
- odo 149.000 km (1 Nov 2021) - Mobil Super 10W-40 (semi synth)
- current odo 151.000 km
- current dipstick level oil udah di 1/2
- penampakan oli dipstick di tissue
Biante - 10W40 2.000 km.jpeg
2. March 1.5 A/T 2017 (HR15DE VVT)
- odo 38.400 km (5 Des 2021) - Mobil Super 5W-30 (semi synth)
- current odo 38.500 km
- dipstick full (baru gelinding 100 km)
- penampakan oli dipstick di tissue
March 1.5 5W-30 100 km.jpeg
kemarin ganti oli & tune-up nitip sama driver di bengkel deket rumah yg paket tune-up nya mayan deh gak murah2 banget tapi (kayaknya) gak mahal juga (carbon clean yg disemprot ke lubang busi, injector clean yg semprot ke TB doang (gak dicopot) check rem, cuci evap AC, cuci blower AC, cek engine pake scanner) ~kurleb 550 rb
tapi ternyata cari cuan jualan oli-nya gede buanget
- Mobil Super 10W-40 kena Rp105 rb
- Mobil Super 5W-30 kena Rp140 rb
mohon sarannya ya best value utk budget s/d 150 rb per liter (sukur2 sama link, soalnya di bengkel itu sebenernya cuman charge 50 rb kalau bawa oli sendiri) dengan penggunaan pake Pertamax jalur sebagai berikut:
- Biante mobil ngukur jalan dijadwalkan per 5.000 km atau 3-4 bulan akan ganti oli
- March pakean nyonya yg paling cuman seminggu 1x WFO sekitar 15 km PP kondisi extra urban (macetnya rush hour TB Simatupang & Mampang), sisanya masih rejeki WFH, dan mungkin sebulan 1-2x akan cruising & olah raga dikit di jagorawi (ini most likely akan dirawat cukup lama, krn ada alasan sentimentil nyonya sama Nissan March, mumpung A/T badak 4-speed doang sekalian buat ponakan umur 17 tahun mau pinjem utk belajar nyetir) per 6 bulan emang akan ganti oli juga
*tambahan data based on manual book, mohon masukan juga utk real condition terkait kapasitas oli, kalau contekannya:
- Biante 4,3 liter (ini kayaknya bengkel cuman isi 4 liter, makanya baru 2.000 km / 1 bulan udah turun 1/2 atau emang penguapan tinggi)
Biante - Oil Capacity.jpeg
- March 3,2 liter (kmrn cuman beli 3 liter doang, nanti kalau udah 1.000 km akan cek ulang berkurang atau enggak)
March Oil Capacity.jpeg
thanks in advance & mohon maaf panjang udah lama gak maen forum jadi kepanjangan deh nanya segambreng
Kalau cuma buat maks 5 ribu / 6 bulan mah semua oli jg bisa om, yang penting cari yg asli aja.
thank you rekomennya om, barusan langsung pencet link toped, itu 5W-30 ada 3 ya?:sahabatq8 wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 7:55Kalo mau coba Q8, march pake g/d1 5w30 aja masih masuk budget. Biantenya pake 5w40 excel atoalim ulama wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 6:48 Halo suhu2 sekalian, wa bil khusus om Turboman yg duluuuuu banget jaman sy masih bujang pernah ngasih racun racik Octane Booster pake Toluene cs
udah lama gak maen forum, contekan udah ilang semua nih...
mohon masukan & racun untuk case berikut:
1. Biante non-SkyActive 2013 (MZR-LF VD 2.0 VVT Direct Injection Spark Ignition) < maaf kalau salah spec, cuman modal googling wiki
- odo 149.000 km (1 Nov 2021) - Mobil Super 10W-40 (semi synth)
- current odo 151.000 km
- current dipstick level oil udah di 1/2
- penampakan oli dipstick di tissue
Biante - 10W40 2.000 km.jpeg
2. March 1.5 A/T 2017 (HR15DE VVT)
- odo 38.400 km (5 Des 2021) - Mobil Super 5W-30 (semi synth)
- current odo 38.500 km
- dipstick full (baru gelinding 100 km)
- penampakan oli dipstick di tissue
March 1.5 5W-30 100 km.jpeg
kemarin ganti oli & tune-up nitip sama driver di bengkel deket rumah yg paket tune-up nya mayan deh gak murah2 banget tapi (kayaknya) gak mahal juga (carbon clean yg disemprot ke lubang busi, injector clean yg semprot ke TB doang (gak dicopot) check rem, cuci evap AC, cuci blower AC, cek engine pake scanner) ~kurleb 550 rb
tapi ternyata cari cuan jualan oli-nya gede buanget
- Mobil Super 10W-40 kena Rp105 rb
- Mobil Super 5W-30 kena Rp140 rb
mohon sarannya ya best value utk budget s/d 150 rb per liter (sukur2 sama link, soalnya di bengkel itu sebenernya cuman charge 50 rb kalau bawa oli sendiri) dengan penggunaan pake Pertamax jalur sebagai berikut:
- Biante mobil ngukur jalan dijadwalkan per 5.000 km atau 3-4 bulan akan ganti oli
- March pakean nyonya yg paling cuman seminggu 1x WFO sekitar 15 km PP kondisi extra urban (macetnya rush hour TB Simatupang & Mampang), sisanya masih rejeki WFH, dan mungkin sebulan 1-2x akan cruising & olah raga dikit di jagorawi (ini most likely akan dirawat cukup lama, krn ada alasan sentimentil nyonya sama Nissan March, mumpung A/T badak 4-speed doang sekalian buat ponakan umur 17 tahun mau pinjem utk belajar nyetir) per 6 bulan emang akan ganti oli juga
*tambahan data based on manual book, mohon masukan juga utk real condition terkait kapasitas oli, kalau contekannya:
- Biante 4,3 liter (ini kayaknya bengkel cuman isi 4 liter, makanya baru 2.000 km / 1 bulan udah turun 1/2 atau emang penguapan tinggi)
Biante - Oil Capacity.jpeg
- March 3,2 liter (kmrn cuman beli 3 liter doang, nanti kalau udah 1.000 km akan cek ulang berkurang atau enggak)
March Oil Capacity.jpeg
thanks in advance & mohon maaf panjang udah lama gak maen forum jadi kepanjangan deh nanya segambreng
Advanced plus 10w40.
1. Kita untuk 5w30 ada beberapa pilihan, masing-masing memenuhi spek yang berbeda.alim ulama wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 9:27thank you rekomennya om, barusan langsung pencet link toped, itu 5W-30 ada 3 ya?:sahabatq8 wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 7:55Kalo mau coba Q8, march pake g/d1 5w30 aja masih masuk budget. Biantenya pake 5w40 excel atoalim ulama wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 6:48 Halo suhu2 sekalian, wa bil khusus om Turboman yg duluuuuu banget jaman sy masih bujang pernah ngasih racun racik Octane Booster pake Toluene cs
udah lama gak maen forum, contekan udah ilang semua nih...
mohon masukan & racun untuk case berikut:
1. Biante non-SkyActive 2013 (MZR-LF VD 2.0 VVT Direct Injection Spark Ignition) < maaf kalau salah spec, cuman modal googling wiki
- odo 149.000 km (1 Nov 2021) - Mobil Super 10W-40 (semi synth)
- current odo 151.000 km
- current dipstick level oil udah di 1/2
- penampakan oli dipstick di tissue
Biante - 10W40 2.000 km.jpeg
2. March 1.5 A/T 2017 (HR15DE VVT)
- odo 38.400 km (5 Des 2021) - Mobil Super 5W-30 (semi synth)
- current odo 38.500 km
- dipstick full (baru gelinding 100 km)
- penampakan oli dipstick di tissue
March 1.5 5W-30 100 km.jpeg
kemarin ganti oli & tune-up nitip sama driver di bengkel deket rumah yg paket tune-up nya mayan deh gak murah2 banget tapi (kayaknya) gak mahal juga (carbon clean yg disemprot ke lubang busi, injector clean yg semprot ke TB doang (gak dicopot) check rem, cuci evap AC, cuci blower AC, cek engine pake scanner) ~kurleb 550 rb
tapi ternyata cari cuan jualan oli-nya gede buanget
- Mobil Super 10W-40 kena Rp105 rb
- Mobil Super 5W-30 kena Rp140 rb
mohon sarannya ya best value utk budget s/d 150 rb per liter (sukur2 sama link, soalnya di bengkel itu sebenernya cuman charge 50 rb kalau bawa oli sendiri) dengan penggunaan pake Pertamax jalur sebagai berikut:
- Biante mobil ngukur jalan dijadwalkan per 5.000 km atau 3-4 bulan akan ganti oli
- March pakean nyonya yg paling cuman seminggu 1x WFO sekitar 15 km PP kondisi extra urban (macetnya rush hour TB Simatupang & Mampang), sisanya masih rejeki WFH, dan mungkin sebulan 1-2x akan cruising & olah raga dikit di jagorawi (ini most likely akan dirawat cukup lama, krn ada alasan sentimentil nyonya sama Nissan March, mumpung A/T badak 4-speed doang sekalian buat ponakan umur 17 tahun mau pinjem utk belajar nyetir) per 6 bulan emang akan ganti oli juga
*tambahan data based on manual book, mohon masukan juga utk real condition terkait kapasitas oli, kalau contekannya:
- Biante 4,3 liter (ini kayaknya bengkel cuman isi 4 liter, makanya baru 2.000 km / 1 bulan udah turun 1/2 atau emang penguapan tinggi)
Biante - Oil Capacity.jpeg
- March 3,2 liter (kmrn cuman beli 3 liter doang, nanti kalau udah 1.000 km akan cek ulang berkurang atau enggak)
March Oil Capacity.jpeg
thanks in advance & mohon maaf panjang udah lama gak maen forum jadi kepanjangan deh nanya segambreng
Advanced plus 10w40.
- 228 rb
- 218 rb
- 180 rb
bedanya apa aja om?
Untuk Biante, noted utk 5W-40 Excel yg Rp165 rb ya?
==================
sekalian borongan deh nanya terkait ATF (salah kamar gak ya kalau dimari?)
Nissan March 1.5 A/T 4-speed 2017 odo 38.5xx km
browsing2 kudu pake Nissan ATF Matic S, tapi di manual book gak nemu kapasitas untuk ganti full
- perlu kuras brp liter ya?
- masukan pake Nissan ATF Matic S atau ada replacement yg lebih baik?
Biante A/T 5-speed 2013 non-SA
based on manual book ATF M-V odo 151.[cencored] km
- kapasitas 8,14 liter, ini kalau kuras berarti brp liter?
- masukan pake Mazda Genuine ATF M-V atau ada replacement yg lebih baik?
nah, ini juga lagi butuh masukan..