Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

marvelio wrote: Sun Mar 27, 2022 17:54
Suryaputra wrote: Sun Mar 27, 2022 16:23 Wear resultnya jauhh.
Udah remap pula dgn kuda power jauh lbh gede.

Klo oli sy mah merem, megang amsoil sm q8, tinggal harganya aja murah mana :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Samplenya diambil dari filter oli mbah
Wajar kalau Fe / Iron wear resultnya tinggi, itu gram gram yg kesaring di filter oli ikut keuji semua :big_biglaugh:

Sy yakin Amsoil dan Q8 produknya bagus2 tp saya juga yakin yang bagus gak cuma Amsoil dan Q8 saja :big_peace:

Btw di 2GD saya lg pake Delvac 1 5W-40 nih. Tuang November awal, hari ini udah jalan 7500 KM. Rasanya masih joss dan suara adem meski mesin sudah remap + full exhaust upgrade, BBM juga biosol + HSS aja. 3rb lagi mau didrain, yg udah pernah coba Q8 T700 dibanding 8800 bedanya jauh banget gak ya? Pake Delvac 1 yg 5W40 ini penguapannya dikit banget. Kayanya memang cocok pake buntut 40

Oh ya, skrg banyak juga oli FK Massimo Diesel Max di bengkel2 remap diesel. Ada yg sudah pernah pakai?
Oh iyaaa.

Ya coba kita lihat kan si mbah satuday pk q8 8800
Hahahah.

To be fair ambil dr filter oli jg, jd metode nya sama
Dan keliatan brp banyak gram iron al dsb yg kena itung jg

Tapi itu even 30 ppm masih dalam batas normal.
Yg warning itu klo dah between 50 ppm, either lubrikasi oli atau mesinnya sendiri

Ya klo oli keraton, yg make sense msh 3 brand dan model,
Mobil 1, ams signature, q8 formula.

Mid level ada amsoil OE, sm q8 jg pny bbrp pilihan kelas mid nya.
Again ini pilihan pribadi based on UOA ajah sih.
Krn sy suka yg terukur :mky_03:

Yg lain, harganya dah di atas itu semua, kebutuhannya beda lg.
Kyk moty's, jelas bagus, cm harganya jauh di atas amsoil signature.
Ravenol, jg ngeri harganya :big_biglaugh:

Klo pilihan entry, lbh banyak.
Semua mirip2 tinggal sesuaikan budget.

Jd makin ke atas harganya dgn kemampuan longer drain, pilihan emg makin dikit mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Sun Mar 27, 2022 16:23
sahabatq8 wrote: Sun Mar 27, 2022 16:16
saturday wrote: Sun Mar 27, 2022 15:36 UOA PTT Dynamic Commonrail 5W30 A5/B5
Di 2gd penguapan pakai dynamic commonrail gimana?

Next coba Q8 FT7000 dong om, biar bisa di compare. Si Q8 harganya di market harganya lebih competitive, murmer cuma 100rb an aja udah dapet CK-4 :big_grin:

UOAnya jg udah pernah di tes nih sama Mbah Turbo
Summarynya:
Screenshot_20220327-231730__01.jpg
Wear resultnya jauhh.
Udah remap pula dgn kuda power jauh lbh gede.

Klo oli sy mah merem, megang amsoil sm q8, tinggal harganya aja murah mana :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Setelah masa bakti Q8 ini selesai, rencana mau balik sekali lagi ke PTT buat uji coba lagi. Penasaran banget bedanya seberapa jauh kalau sample UOA diambil dari tempat yang seharusnya. Keasikan ngobrol sama mbah
marmut wrote:
dan para pelanggan workshop sampai lupa ngomong mau ambil sample.

Unit 2GD saya belum remap.
forzanetti wrote: Mon Mar 28, 2022 0:28
saturday wrote:
sahabatq8 wrote: Sun Mar 27, 2022 16:16
Di 2gd penguapan pakai dynamic commonrail gimana?

Next coba Q8 FT7000 dong om, biar bisa di compare. Si Q8 harganya di market harganya lebih competitive, murmer cuma 100rb an aja udah dapet CK-4 :big_grin:

UOAnya jg udah pernah di tes nih sama Mbah Turbo
Summarynya:
Screenshot_20220327-231730__01.jpg
Di mesin saya penguapan sejauh 8600an km itu nyaris tidak ada.

Saya sekarang sedang pakai Q8 8800. Akan saya UOA untuk pemakaian 11-12 rb km.
PTT Dynamic Commonrail vs Q8 8800 rasanya gimana om? Impresi awal pas baru ganti oli apakah berasa beda jauh?
Terasa lebih halus. Kalau tarikan enteng memang berasa, tapi saya tidak bisa bilang murni karena oli mesin karena saya sekaligus ganti oli gardan dengan Q8 75W90 (sebelumnya PTT 80W90) dan ATF PTT LV-1 (sebelumnya Aisin AFW+)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sun Mar 27, 2022 17:01
Suryaputra wrote: Sun Mar 27, 2022 16:35

Ngeri dicolek maho cantik mbah :upss:


lho, bukannya suka yang double airbag tapi tetep pake as kopel?

:big_think:













:ngacir:
nightmare :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1808
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

saturday wrote: Mon Mar 28, 2022 1:40
Suryaputra wrote: Sun Mar 27, 2022 16:23
sahabatq8 wrote: Sun Mar 27, 2022 16:16
Di 2gd penguapan pakai dynamic commonrail gimana?

Next coba Q8 FT7000 dong om, biar bisa di compare. Si Q8 harganya di market harganya lebih competitive, murmer cuma 100rb an aja udah dapet CK-4 :big_grin:

UOAnya jg udah pernah di tes nih sama Mbah Turbo
Summarynya:
Screenshot_20220327-231730__01.jpg
Wear resultnya jauhh.
Udah remap pula dgn kuda power jauh lbh gede.

Klo oli sy mah merem, megang amsoil sm q8, tinggal harganya aja murah mana :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Setelah masa bakti Q8 ini selesai, rencana mau balik sekali lagi ke PTT buat uji coba lagi. Penasaran banget bedanya seberapa jauh kalau sample UOA diambil dari tempat yang seharusnya. Keasikan ngobrol sama mbah
marmut wrote:
dan para pelanggan workshop sampai lupa ngomong mau ambil sample.

Unit 2GD saya belum remap.
forzanetti wrote: Mon Mar 28, 2022 0:28
saturday wrote:
Di mesin saya penguapan sejauh 8600an km itu nyaris tidak ada.

Saya sekarang sedang pakai Q8 8800. Akan saya UOA untuk pemakaian 11-12 rb km.
PTT Dynamic Commonrail vs Q8 8800 rasanya gimana om? Impresi awal pas baru ganti oli apakah berasa beda jauh?
Terasa lebih halus. Kalau tarikan enteng memang berasa, tapi saya tidak bisa bilang murni karena oli mesin karena saya sekaligus ganti oli gardan dengan Q8 75W90 (sebelumnya PTT 80W90) dan ATF PTT LV-1 (sebelumnya Aisin AFW+)
Ada customer saya (Pemantau SM juga) di 2gdnya awal-awal dia pakai 8800 lalu sangat puas karena "mesin adem dan performa konsisten" sampe 10rb pun. Lalu dia beli oli gardan T65 dari saya, di gojekin pake instant. Hari itu juga langsung ganti dan impressinya sangat positif, ngeglindingnya effortless katanya. Akhirnya dia gatel, penasaran pengen coba Q8 Auto MV juga, 1-2 minggu kemudian di flushing deh itu mobil pake Auto MV. "Shiftingnya alus banget dan pinter ngelock". Overall beliau sangat puas dan cukup terkejut bisa improve segitu banyak.

Moral of the story:
Om satu ini sangat puas dengan mobilnya yang serasa lebih baik dari baru. Innova Reborn gets Reborned. Gak tertarik untuk menjadi sehappy dia dengan mencoba Q8 Auto MV mbah? :big_biglaugh:
Sama percis tuh, belom remap, 8800+ t65+auto mv
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

saturday wrote: Mon Mar 28, 2022 1:40
Nanti berikutnya kalau mau coba si PTT, pake yang super commonrail om, jangan yg dynamic lagi.

Penasaran jg, tapi oli thai harga sudah mepet2 Q8 jg itu.
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by saturday »

sintoni wrote: Mon Mar 28, 2022 3:07
saturday wrote: Mon Mar 28, 2022 1:40
Nanti berikutnya kalau mau coba si PTT, pake yang super commonrail om, jangan yg dynamic lagi.

Penasaran jg, tapi oli thai harga sudah mepet2 Q8 jg itu.
Tidak dulu. Saya akan balik ke Dynamic karena ingin mengambil UOA yang lebih akurat. Penasaran.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Mon Mar 28, 2022 4:21
sintoni wrote: Mon Mar 28, 2022 3:07
saturday wrote: Mon Mar 28, 2022 1:40
Nanti berikutnya kalau mau coba si PTT, pake yang super commonrail om, jangan yg dynamic lagi.

Penasaran jg, tapi oli thai harga sudah mepet2 Q8 jg itu.
Tidak dulu. Saya akan balik ke Dynamic karena ingin mengambil UOA yang lebih akurat. Penasaran.
iya lbh fair,
sama2 ambil dr oil pan, bbrp detik setelah olinya ngucur keluar
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Juventini
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Jul 02, 2017 16:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Juventini »

Mau tny om2 skalian.

Kl ada pilihan oli full syn api sn sama semi syn/syn blend api sp, lbh rekomended yg mana ya om?

Makasih
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1808
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Juventini wrote: Mon Mar 28, 2022 8:54 Mau tny om2 skalian.

Kl ada pilihan oli full syn api sn sama semi syn/syn blend api sp, lbh rekomended yg mana ya om?

Makasih
Full syn api sn dong. Kecuali mobilnya perlu SN+ ato SP seperti mobil turbo direct injection cc kecil.
Juventini
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Jul 02, 2017 16:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Juventini »

sahabatq8 wrote: Mon Mar 28, 2022 9:11
Juventini wrote: Mon Mar 28, 2022 8:54 Mau tny om2 skalian.

Kl ada pilihan oli full syn api sn sama semi syn/syn blend api sp, lbh rekomended yg mana ya om?

Makasih
Full syn api sn dong. Kecuali mobilnya perlu SN+ ato SP seperti mobil turbo direct injection cc kecil.
Ok siap om. Makasih masukannya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

100% synthetic

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 792
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: Mon Mar 28, 2022 11:11 100% synthetic

Image
Top1 sekarang bagus ga si mbah? Kayanya udah makin jarang kedengeran ya?

Kalo dulu perasaan banyak iklannya...
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1808
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

rakyatwkwkland wrote: Mon Mar 28, 2022 12:19
Suryaputra wrote: Mon Mar 28, 2022 11:11 100% synthetic

Image
Top1 sekarang bagus ga si mbah? Kayanya udah makin jarang kedengeran ya?

Kalo dulu perasaan banyak iklannya...
Waktu saya masih sekolah, inget bgt nonton tv banyak iklan top1. Sempet dapet spons cuci mobil juga bentuk logonya top one warna kuning. Sekarang kyknya lakunya cuma di daerah ya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Si topwan kan pernah kena kasus, bilang dari negara paman sam tapi disana ga ada itu merknya.
bungle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by bungle »

suketcell wrote: Sun Mar 27, 2022 22:10
sahabatq8 wrote: Sun Mar 27, 2022 16:02
suketcell wrote: Sun Mar 27, 2022 14:27 Misi suhu2 oli mesin...

Boil papanja 2005 manual waktunya ganti oli..
Odo 280 ribu
Posisi surabaya, max 8000km/tahun
Budget mentok 300k
Belum termasuk filter
Ada rekomen merek+tipe apa?
Note:
User sebelomnya pake Shell Hx5

Terimakasih..
2005 pake oli 3 liter kan ya? (termasuk filter). Bisa coba Q8 Advanced plus 10w40, lumayan upgrade dari HX5.
Siap om..
Browsing2, olinya 2,5 L termasuk filter
CMIIW

Barusan intip, Q8 Advanced plus 10w40
Sekitar 126an K..
Ada yg 97K juga...
Opsi ditampung dulu..
Oli Avanza Gen1 Non VVTI 3,5L (ganti filter oli).
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by suketcell »

bungle wrote: Mon Mar 28, 2022 20:28
suketcell wrote: Sun Mar 27, 2022 22:10
sahabatq8 wrote: Sun Mar 27, 2022 16:02
..
Oli Avanza Gen1 Non VVTI 3,5L (ganti filter oli).
Wah, makasih suhu, udah dikoreksi
Pertanyaan titipan soale...
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Om, mohon info Unil Opal Opaljet 24S 5W-40 ACEA A3/B4 , API SM/SN/CF Aman ngga untuk mesin flat tapped? kadang di toko biru promo ckp menggiurkan harganya, kmrn sempat 90rb/ltr.
khawatir API SM tidak cocok untuk flat tapped
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

well wrote: Tue Mar 29, 2022 1:48 Om, mohon info Unil Opal Opaljet 24S 5W-40 ACEA A3/B4 , API SM/SN/CF Aman ngga untuk mesin flat tapped? kadang di toko biru promo ckp menggiurkan harganya, kmrn sempat 90rb/ltr.
khawatir API SM tidak cocok untuk flat tapped
klo dah comply ke SN, udah gak perlu lihat lagi SM nya.

krn setifikasi oli dari API (amrik petro institute) spt ini
SP > SN+ > SN > SM

ini regardless aditif yg dipakai yah,
krn banyak oli, udh melewati std minimal sertifikasi tsb.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Turboman »

Mo info aja

buat rekan2 yg hobby pakai 5W30 di bensin

boleh coba Motul 913D - 5W30 (A5 / B5)

kawan biasa pake Amsoil AZO 0W30 trus pake Motul 913D bilang lebih enteng dikit......padahal 5W30 vs 0W30

cuman ya ini harga keraton.....khusus hobbyist aja

* Bukan endorse *


* Bukan ajakan Beli *
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Suryaputra wrote: Tue Mar 29, 2022 2:37
well wrote: Tue Mar 29, 2022 1:48 Om, mohon info Unil Opal Opaljet 24S 5W-40 ACEA A3/B4 , API SM/SN/CF Aman ngga untuk mesin flat tapped? kadang di toko biru promo ckp menggiurkan harganya, kmrn sempat 90rb/ltr.
khawatir API SM tidak cocok untuk flat tapped
klo dah comply ke SN, udah gak perlu lihat lagi SM nya.

krn setifikasi oli dari API (amrik petro institute) spt ini
SP > SN+ > SN > SM

ini regardless aditif yg dipakai yah,
krn banyak oli, udh melewati std minimal sertifikasi tsb.

ok terima kasih infonya, jd lihat yg paling terakhir ya, yg awal tdk perlu dilihat lg...
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ariswp »

Buat om turbo gajah terbang atau temen2 yang lainnya, mau tanya :

Untuk R20A 2008 odo 152rb mau nyoba pake oli yg spesifik diesel menurut seller tapi saya liat masi ada approval api sn : unil opal pallas 2000 5w30

Dan

Untuk R18Z 2017 odo 49rb mau nyoba pake oli unil opal longlife 3 dexos 2 yang bisa buat mesin diesel atau mesin bensin non turbo

Kira2 bakal ada efek buruknya ga ya terutama yang pallas spesifik diesel tp masi ada approval api sn nya? Baru kali ini mau coba oli prancis ini, biasanya selalu oli 0w20 api sn atau 0w20 dexos1gen2

Berikut data sheetnya
Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1808
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

ariswp wrote: Tue Mar 29, 2022 5:57 Buat om turbo gajah terbang atau temen2 yang lainnya, mau tanya :

Untuk R20A 2008 odo 152rb mau nyoba pake oli yg spesifik diesel menurut seller tapi saya liat masi ada approval api sn : unil opal pallas 2000 5w30

Dan

Untuk R18Z 2017 odo 49rb mau nyoba pake oli unil opal longlife 3 dexos 2 yang bisa buat mesin diesel atau mesin bensin non turbo

Kira2 bakal ada efek buruknya ga ya terutama yang pallas spesifik diesel tp masi ada approval api sn nya? Baru kali ini mau coba oli prancis ini, biasanya selalu oli 0w20 api sn atau 0w20 dexos1gen2

Berikut data sheetnya
Terima kasih
Buat R18Z gak masalah pake dexos 2, paling lebih berat dan lebih boros karena saenya naik ke 5w30.

Untuk R20A emang alasannya kenapa om mau pake oli diesel? Kalo saya liat di spec sheet di websitenya unyil itu memang diesel only.
Screenshot_20220329-130433.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Turboman »

ariswp wrote:Buat om turbo gajah terbang atau temen2 yang lainnya, mau tanya :

Untuk R20A 2008 odo 152rb mau nyoba pake oli yg spesifik diesel menurut seller tapi saya liat masi ada approval api sn : unil opal pallas 2000 5w30

Dan

Untuk R18Z 2017 odo 49rb mau nyoba pake oli unil opal longlife 3 dexos 2 yang bisa buat mesin diesel atau mesin bensin non turbo

Kira2 bakal ada efek buruknya ga ya terutama yang pallas spesifik diesel tp masi ada approval api sn nya? Baru kali ini mau coba oli prancis ini, biasanya selalu oli 0w20 api sn atau 0w20 dexos1gen2

Berikut data sheetnya
Terima kasih
0W20 bebas
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

well wrote: Tue Mar 29, 2022 4:06
Suryaputra wrote: Tue Mar 29, 2022 2:37
well wrote: Tue Mar 29, 2022 1:48 Om, mohon info Unil Opal Opaljet 24S 5W-40 ACEA A3/B4 , API SM/SN/CF Aman ngga untuk mesin flat tapped? kadang di toko biru promo ckp menggiurkan harganya, kmrn sempat 90rb/ltr.
khawatir API SM tidak cocok untuk flat tapped
klo dah comply ke SN, udah gak perlu lihat lagi SM nya.

krn setifikasi oli dari API (amrik petro institute) spt ini
SP > SN+ > SN > SM

ini regardless aditif yg dipakai yah,
krn banyak oli, udh melewati std minimal sertifikasi tsb.

ok terima kasih infonya, jd lihat yg paling terakhir ya, yg awal tdk perlu dilihat lg...
:big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Arthur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Dec 08, 2016 2:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Arthur »

saturday wrote: Mon Mar 28, 2022 1:40
Suryaputra wrote: Sun Mar 27, 2022 16:23
sahabatq8 wrote: Sun Mar 27, 2022 16:16
Di 2gd penguapan pakai dynamic commonrail gimana?

Next coba Q8 FT7000 dong om, biar bisa di compare. Si Q8 harganya di market harganya lebih competitive, murmer cuma 100rb an aja udah dapet CK-4 :big_grin:

UOAnya jg udah pernah di tes nih sama Mbah Turbo
Summarynya:
Screenshot_20220327-231730__01.jpg
Wear resultnya jauhh.
Udah remap pula dgn kuda power jauh lbh gede.

Klo oli sy mah merem, megang amsoil sm q8, tinggal harganya aja murah mana :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Setelah masa bakti Q8 ini selesai, rencana mau balik sekali lagi ke PTT buat uji coba lagi. Penasaran banget bedanya seberapa jauh kalau sample UOA diambil dari tempat yang seharusnya. Keasikan ngobrol sama mbah
marmut wrote:
dan para pelanggan workshop sampai lupa ngomong mau ambil sample.

Unit 2GD saya belum remap.
forzanetti wrote: Mon Mar 28, 2022 0:28
saturday wrote:
Di mesin saya penguapan sejauh 8600an km itu nyaris tidak ada.

Saya sekarang sedang pakai Q8 8800. Akan saya UOA untuk pemakaian 11-12 rb km.
PTT Dynamic Commonrail vs Q8 8800 rasanya gimana om? Impresi awal pas baru ganti oli apakah berasa beda jauh?
Terasa lebih halus. Kalau tarikan enteng memang berasa, tapi saya tidak bisa bilang murni karena oli mesin karena saya sekaligus ganti oli gardan dengan Q8 75W90 (sebelumnya PTT 80W90) dan ATF PTT LV-1 (sebelumnya Aisin AFW+)

Ditunggu kabar ptt dynamic ny om, saya pakai VNT full standar + pertadex, dynamic 5/40, 8000km udah mulai ngga enak, bbm agak berasa, cm kalo berdasarkan feeling susah jg,memang hrs test sih hehehehe...