Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 3:59
Omnibus wrote:
Suryaputra wrote: Sat Apr 02, 2022 22:32
4 bln lg ganti dong ya mbah. :upss:
ga pernah 12 sih, paling lama 10 pernahnya. skrg kayanya 12 aja kali ya, tbn aman kan ya. bersandar sama uoa ngana :big_smile]
2AZ-FE ane 10 bulan baru 3.200 KM mbah... masih enak2 aja itu ams ss 0W-20. Rencana mei 12 bulan baru ganti & mau tambahin HSS FR3 deh biar makin enteng & hemat bbm nya hahahah.

Cek deep stick blom item2 banget sih olinya. Cuman ane gak pernah panasin doang or idle lama gitu, tiap start mostly pasti jalan punya mobilnya. Msh enak2 aja olinya & belum berasa ada penurunan performa maupun suara yg berubah yah.

Mesin 2.400 CC kl idle itu avg bbm di mid turunnya cepet hahahah... jd yah mending di jalanin lah min 12-20 KM sekali jalan kl short trip atau 70-100 KM kl lg long trip, tp memang tidak tiap hari jalan sih.

Sikon lg kaya gini apa2 serba mihul pakai ams ss sikat 12 bulan mah msh amanlah mbah, terlalu cepat jg mubazir & gak ramah buat lingkungan krn oli jd lebih banyak yg dibuang2, ini sih preferensi pribadi ane yah [emoji5]
bener banget om benz. kita sikat 1 tahun deh. jaman segala mihul drpd jatah makan warteg berkurang, eh maksudnya makan steak :mky_03:

ribeye mentah dr butcher langganan juga naik nih. biasa sapek 2 keping skrg sipek. naik sacapsa hun. :big_bored:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


sahabatq8 wrote: Oli udah bagus mah gak usah pake additif oli lagi kali mbah. Memangnya pakai ams ss 0w20 dirasa pelumasannya masih kurang baik?
Ini lg mau tes iseng mbah di oli mesin, secara ane sdh pake HSS FR3 di oli gardan fortuner yg pake mobil 1 75W-90 GL5 = 150 ml & jg pakein FR3 di oli power steering PTT LV1 = 50 ml hasilnya sgt memuaskan sih.

Gardan glidingnya makin jauh & berhentinya makin lama serta akselerasi makin galak, kl power steering jg makin ringan, memang sih pindah dr dexron 3 ke dexron 6 sdh lebih enteng itu setrinya, so far sih ane puas ama HSS FR3 jd siap2 berikutnya mau pakai di olmes.

Om Turbo jg ada share FR3 ini naik dyno terbukti jg HP bisa baik & farm project jg sdh tes hasilnya positip jd ane mau coba jg.

Btw di fortuner, olmes ane tambahkan additive ceratec dgn ams ss md 5W-30... berdasarkan butt O meter ane sih terasa perbedaannya banding stand alone ams ss md 5W-30, mesin lebih revv happily, suara makin lebih halus lg, kl vibrasi ane kesulitan bedainnya, tp kl lg jalan itu smooth banget mesinnya.

Di matic fortuner ane jg pakai PTT 1A + addtive Xado AMC 1 stage revitalizant yg 30 ml buat up tp 10 lt oli matic setelah bebersih filter matic + body valve nya serta kuras olinya... hasilnya mantap lah meski hasil maksimal akan terjadi setelah menempuh 1.500 km, tp skrng pun sdh terasa efeknya.

Serasa jd mobil yg berbeda itu sekarang, avg fuel consumption nya jd gampang naiknya, oli matic PTT 1A karakternya sport hampir tdk ada loss power, di gas dikit sdh lari mobilnya, jujur ane jd agak ngeri ama remnya jd jauh2 sdh lepas gas & turunin gigi buat engine brake.

Mesin enteng, matic lengket, gardan licin = avg fuel con naik.

Solar + 2EHN + EDT + LX4

Ane rasa sdh cukuplah vitaminnya itu mobil [emoji5]
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 5:49
Ngeri bener aditif2nya mbah…
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Sun Apr 03, 2022 7:10
benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 5:49
Ngeri bener aditif2nya mbah…
:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

kl masih ga ngacir juga mah iket mbah marmut di pohon randu klitikin kakinya pake bulu ayam
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 5:49
sahabatq8 wrote: Oli udah bagus mah gak usah pake additif oli lagi kali mbah. Memangnya pakai ams ss 0w20 dirasa pelumasannya masih kurang baik?
Ini lg mau tes iseng mbah di oli mesin, secara ane sdh pake HSS FR3 di oli gardan fortuner yg pake mobil 1 75W-90 GL5 = 150 ml & jg pakein FR3 di oli power steering PTT LV1 = 50 ml hasilnya sgt memuaskan sih.

Gardan glidingnya makin jauh & berhentinya makin lama serta akselerasi makin galak, kl power steering jg makin ringan, memang sih pindah dr dexron 3 ke dexron 6 sdh lebih enteng itu setrinya, so far sih ane puas ama HSS FR3 jd siap2 berikutnya mau pakai di olmes.

Om Turbo jg ada share FR3 ini naik dyno terbukti jg HP bisa baik & farm project jg sdh tes hasilnya positip jd ane mau coba jg.

Btw di fortuner, olmes ane tambahkan additive ceratec dgn ams ss md 5W-30... berdasarkan butt O meter ane sih terasa perbedaannya banding stand alone ams ss md 5W-30, mesin lebih revv happily, suara makin lebih halus lg, kl vibrasi ane kesulitan bedainnya, tp kl lg jalan itu smooth banget mesinnya.

Di matic fortuner ane jg pakai PTT 1A + addtive Xado AMC 1 stage revitalizant yg 30 ml buat up tp 10 lt oli matic setelah bebersih filter matic + body valve nya serta kuras olinya... hasilnya mantap lah meski hasil maksimal akan terjadi setelah menempuh 1.500 km, tp skrng pun sdh terasa efeknya.

Serasa jd mobil yg berbeda itu sekarang, avg fuel consumption nya jd gampang naiknya, oli matic PTT 1A karakternya sport hampir tdk ada loss power, di gas dikit sdh lari mobilnya, jujur ane jd agak ngeri ama remnya jd jauh2 sdh lepas gas & turunin gigi buat engine brake.

Mesin enteng, matic lengket, gardan licin = avg fuel con naik.

Solar + 2EHN + EDT + LX4

Ane rasa sdh cukuplah vitaminnya itu mobil [emoji5]
I see, ceratec brati pengaruh ya di ams maxduty 5w30?
Ane pribadi sih kalo namanya additif oli mesin lumayan skeptis. Soalnya kalo additif liquimoly ceratec segitu saktinya sampe bisa "ngebenerin" kekurangan formulasi oli sultan macem AMS dan Q8, kok oli mesin liquimoly sendiri gitu gitu aja :mky_01:

HSS fr3 itu brati bisa dipake di oli hydraulic seperti minyak rem ato power steering ya? Soalnya kalo sistem kerja hydraulic kan gak rentan gesekan seperti oli mesin.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Apr 03, 2022 7:55
benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 5:49
sahabatq8 wrote: Oli udah bagus mah gak usah pake additif oli lagi kali mbah. Memangnya pakai ams ss 0w20 dirasa pelumasannya masih kurang baik?
Ini lg mau tes iseng mbah di oli mesin, secara ane sdh pake HSS FR3 di oli gardan fortuner yg pake mobil 1 75W-90 GL5 = 150 ml & jg pakein FR3 di oli power steering PTT LV1 = 50 ml hasilnya sgt memuaskan sih.

Gardan glidingnya makin jauh & berhentinya makin lama serta akselerasi makin galak, kl power steering jg makin ringan, memang sih pindah dr dexron 3 ke dexron 6 sdh lebih enteng itu setrinya, so far sih ane puas ama HSS FR3 jd siap2 berikutnya mau pakai di olmes.

Om Turbo jg ada share FR3 ini naik dyno terbukti jg HP bisa baik & farm project jg sdh tes hasilnya positip jd ane mau coba jg.

Btw di fortuner, olmes ane tambahkan additive ceratec dgn ams ss md 5W-30... berdasarkan butt O meter ane sih terasa perbedaannya banding stand alone ams ss md 5W-30, mesin lebih revv happily, suara makin lebih halus lg, kl vibrasi ane kesulitan bedainnya, tp kl lg jalan itu smooth banget mesinnya.

Di matic fortuner ane jg pakai PTT 1A + addtive Xado AMC 1 stage revitalizant yg 30 ml buat up tp 10 lt oli matic setelah bebersih filter matic + body valve nya serta kuras olinya... hasilnya mantap lah meski hasil maksimal akan terjadi setelah menempuh 1.500 km, tp skrng pun sdh terasa efeknya.

Serasa jd mobil yg berbeda itu sekarang, avg fuel consumption nya jd gampang naiknya, oli matic PTT 1A karakternya sport hampir tdk ada loss power, di gas dikit sdh lari mobilnya, jujur ane jd agak ngeri ama remnya jd jauh2 sdh lepas gas & turunin gigi buat engine brake.

Mesin enteng, matic lengket, gardan licin = avg fuel con naik.

Solar + 2EHN + EDT + LX4

Ane rasa sdh cukuplah vitaminnya itu mobil [emoji5]
I see, ceratec brati pengaruh ya di ams maxduty 5w30?
Ane pribadi sih kalo namanya additif oli mesin lumayan skeptis. Soalnya kalo additif liquimoly ceratec segitu saktinya sampe bisa "ngebenerin" kekurangan formulasi oli sultan macem AMS dan Q8, kok oli mesin liquimoly sendiri gitu gitu aja :mky_01:

HSS fr3 itu brati bisa dipake di oli hydraulic seperti minyak rem ato power steering ya? Soalnya kalo sistem kerja hydraulic kan gak rentan gesekan seperti oli mesin.
Perlu test lab, setelah dikasih aditif gtu apakah visco V100 nya berubah atau ndak.
Klo feelnya lbh alus, bisa jadi dia ngentelin dikit olinya.

Krn mbah omni aja kan hijrah dr visco w30 ke w40 ams max dutynya di 2GD.
Dan konon malah lbh enak overall.
Cmiiw.

Amsoil signature sendiri mention, jgn nambahin aditif, krn formulasi long drainnya jd gak berlaku.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


sahabatq8 wrote:
benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 5:49
sahabatq8 wrote: Oli udah bagus mah gak usah pake additif oli lagi kali mbah. Memangnya pakai ams ss 0w20 dirasa pelumasannya masih kurang baik?
Ini lg mau tes iseng mbah di oli mesin, secara ane sdh pake HSS FR3 di oli gardan fortuner yg pake mobil 1 75W-90 GL5 = 150 ml & jg pakein FR3 di oli power steering PTT LV1 = 50 ml hasilnya sgt memuaskan sih.

Gardan glidingnya makin jauh & berhentinya makin lama serta akselerasi makin galak, kl power steering jg makin ringan, memang sih pindah dr dexron 3 ke dexron 6 sdh lebih enteng itu setrinya, so far sih ane puas ama HSS FR3 jd siap2 berikutnya mau pakai di olmes.

Om Turbo jg ada share FR3 ini naik dyno terbukti jg HP bisa baik & farm project jg sdh tes hasilnya positip jd ane mau coba jg.

Btw di fortuner, olmes ane tambahkan additive ceratec dgn ams ss md 5W-30... berdasarkan butt O meter ane sih terasa perbedaannya banding stand alone ams ss md 5W-30, mesin lebih revv happily, suara makin lebih halus lg, kl vibrasi ane kesulitan bedainnya, tp kl lg jalan itu smooth banget mesinnya.

Di matic fortuner ane jg pakai PTT 1A + addtive Xado AMC 1 stage revitalizant yg 30 ml buat up tp 10 lt oli matic setelah bebersih filter matic + body valve nya serta kuras olinya... hasilnya mantap lah meski hasil maksimal akan terjadi setelah menempuh 1.500 km, tp skrng pun sdh terasa efeknya.

Serasa jd mobil yg berbeda itu sekarang, avg fuel consumption nya jd gampang naiknya, oli matic PTT 1A karakternya sport hampir tdk ada loss power, di gas dikit sdh lari mobilnya, jujur ane jd agak ngeri ama remnya jd jauh2 sdh lepas gas & turunin gigi buat engine brake.

Mesin enteng, matic lengket, gardan licin = avg fuel con naik.

Solar + 2EHN + EDT + LX4

Ane rasa sdh cukuplah vitaminnya itu mobil [emoji5]
I see, ceratec brati pengaruh ya di ams maxduty 5w30?
Ane pribadi sih kalo namanya additif oli mesin lumayan skeptis. Soalnya kalo additif liquimoly ceratec segitu saktinya sampe bisa "ngebenerin" kekurangan formulasi oli sultan macem AMS dan Q8, kok oli mesin liquimoly sendiri gitu gitu aja :mky_01:

HSS fr3 itu brati bisa dipake di oli hydraulic seperti minyak rem ato power steering ya? Soalnya kalo sistem kerja hydraulic kan gak rentan gesekan seperti oli mesin.
Sebenarnya ane pake ceratec itu krn nano ceramic nya aja sih mbah, mesin 2KD ane sdh 147 ribu KM odonya jd perlu buat "ngisi" celah2 halus akibat wear & tear pemakaian. Kl buat ngebenerin kekurangan formulasinya si oli sultan sih kek nya gak lah yah.

Disamping buat rejuvenate wear & tear jeroan mesin, memang ini ceratec utk lubrication/friction reducernya oke yah menurut ane, di project farm di tes juga rpm mesin bs lebih naik dr normalnya, means mesin jd lebih revv happy, di gas dikit aja itu rpm gampang naik. Jd yah cukup gas tipis2 aja buat jalanin mobilnya.

Sebenarnya next oci ane msh mau pake 1x lg ini ceratec di 2KD atau switch ke FR3, msh timbang2 setelah ane pake FR3 nanti di 2AZ-FE gimana hasilnya. Dosis ceratec di 2KD harusnya 1,5 botol atau 450 ml, tp awalnya ane msh ragu takut kenapa2 kl kebanyakan, jd coba 1 botol dulu, kl kurang kan next oci bs pakai 1 botol lg. Claim nya kan bs proteksi sampai 50 ribu KM ini ceratec.

FR3 keknya murni friction reducer aja tanpa nano ceramic, bentuknya yah kaya cairan oli biasa aja, bening & tidak kental tp wanginya enak [emoji5], kl ceratec kan kentel kaya susu kental manis, pakenya hrs bilas berkali2 baru bisa maksimal keluar semua itu cairannya.

FR3 gak bisa dipakai di minyak rem om, jg tdk bisa buat matic. Practically dia hanya buat di mesin, gardan (differential), power steering & hydraulic system aja.

2AZ-FE sebenarnya pakai oli buntut w30, cuman krn ane concern ke efisiensi bbm mk ane pakai buntut w20, nah mbah suhu Omnibus pernah tes itu lubrikasi ams ss yg w30 vs w20 dgn cara di gesek2an di tangan & menurut beliau w30 lebih "licin" atau filmnya lebih kuat/banyak... kira2 begitulah intinya, makanya ane pikir FR3 ini bs menambah proteksi di mesin 2AZ-FE ane dr segi film strength or lubricationnya, kl bs lebih hemat bbm yah bonus aja lah [emoji5]

Sebenarnya next oci ane sdh mau coba pakai buntut w30 di 2AZ-FE tp bbm harganya makin gila jd stay di w20 dulu aja deh + mau coba pakai FR3, mana tau bs dpt proteksi lubrikasinya + bbm bs lebih hemat... hahahah banyak maunya [emoji16]
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

Q8 Formula Special D1 FE 0W-20
Baru pake 2.800 km selama 5 bulan
Tapi karena sering short trip & dipanasin orang tua kelamaan, cek dipstick warnanya kehijauan persis kaya di Vario 150 yg kena fuel dilution pertamax. Belum ijo banget tapi bau bensinnya beuh kerasa banget :big_biglaugh:
Parno daripada lubrication propertiesnya udh rusak, akhir bulan ini mau didrain aja dan ganti pake Total Quartz 9000 yg harganya ga mahal2 banget. Sayang udah beli oli bagus kena FD. Kalo yg sering pake bukan diri sendiri, susah ngontrol cara pemakaiannya. Jd yaudah lah 6 bulan ganti aja pake oli kelas tengah2 :big_peace:

Image

Image

Perbandingan oli sama persis dituang di Mazda saya 3 minggu lalu dan udah jalan 750 KM, jarang idle lama. BBM sama2 Pertamax.

Image
Image
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 9:34 Q8 Formula Special D1 FE 0W-20
Baru pake 2.800 km selama 5 bulan
Tapi karena sering short trip & dipanasin orang tua kelamaan, cek dipstick warnanya kehijauan persis kaya di Vario 150 yg kena fuel dilution pertamax. Belum ijo banget tapi bau bensinnya beuh kerasa banget :big_biglaugh:
Parno daripada lubrication propertiesnya udh rusak, akhir bulan ini mau didrain aja dan ganti pake Total Quartz 9000 yg harganya ga mahal2 banget. Sayang udah beli oli bagus kena FD. Kalo yg sering pake bukan diri sendiri, susah ngontrol cara pemakaiannya. Jd yaudah lah 6 bulan ganti aja pake oli kelas tengah2 :big_peace:

Mesinnya suaranya jadi kasar gak om? Kalo FD dikit cincai lah. Mobil saya waktu itu lupa ganti 1.5 tahun aja aman pake Q8 D1 FE 0w20. Awas aja nanti ganti Quartz 9000 malah lebih kasar :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 9:19
sahabatq8 wrote: I see, ceratec brati pengaruh ya di ams maxduty 5w30?
Ane pribadi sih kalo namanya additif oli mesin lumayan skeptis. Soalnya kalo additif liquimoly ceratec segitu saktinya sampe bisa "ngebenerin" kekurangan formulasi oli sultan macem AMS dan Q8, kok oli mesin liquimoly sendiri gitu gitu aja :mky_01:

HSS fr3 itu brati bisa dipake di oli hydraulic seperti minyak rem ato power steering ya? Soalnya kalo sistem kerja hydraulic kan gak rentan gesekan seperti oli mesin.
Sebenarnya ane pake ceratec itu krn nano ceramic nya aja sih mbah, mesin 2KD ane sdh 147 ribu KM odonya jd perlu buat "ngisi" celah2 halus akibat wear & tear pemakaian. Kl buat ngebenerin kekurangan formulasinya si oli sultan sih kek nya gak lah yah.

Disamping buat rejuvenate wear & tear jeroan mesin, memang ini ceratec utk lubrication/friction reducernya oke yah menurut ane, di project farm di tes juga rpm mesin bs lebih naik dr normalnya, means mesin jd lebih revv happy, di gas dikit aja itu rpm gampang naik. Jd yah cukup gas tipis2 aja buat jalanin mobilnya.

Sebenarnya next oci ane msh mau pake 1x lg ini ceratec di 2KD atau switch ke FR3, msh timbang2 setelah ane pake FR3 nanti di 2AZ-FE gimana hasilnya. Dosis ceratec di 2KD harusnya 1,5 botol atau 450 ml, tp awalnya ane msh ragu takut kenapa2 kl kebanyakan, jd coba 1 botol dulu, kl kurang kan next oci bs pakai 1 botol lg. Claim nya kan bs proteksi sampai 50 ribu KM ini ceratec.

FR3 keknya murni friction reducer aja tanpa nano ceramic, bentuknya yah kaya cairan oli biasa aja, bening & tidak kental tp wanginya enak [emoji5], kl ceratec kan kentel kaya susu kental manis, pakenya hrs bilas berkali2 baru bisa maksimal keluar semua itu cairannya.

FR3 gak bisa dipakai di minyak rem om, jg tdk bisa buat matic. Practically dia hanya buat di mesin, gardan (differential), power steering & hydraulic system aja.

2AZ-FE sebenarnya pakai oli buntut w30, cuman krn ane concern ke efisiensi bbm mk ane pakai buntut w20, nah mbah suhu Omnibus pernah tes itu lubrikasi ams ss yg w30 vs w20 dgn cara di gesek2an di tangan & menurut beliau w30 lebih "licin" atau filmnya lebih kuat/banyak... kira2 begitulah intinya, makanya ane pikir FR3 ini bs menambah proteksi di mesin 2AZ-FE ane dr segi film strength or lubricationnya, kl bs lebih hemat bbm yah bonus aja lah [emoji5]

Sebenarnya next oci ane sdh mau coba pakai buntut w30 di 2AZ-FE tp bbm harganya makin gila jd stay di w20 dulu aja deh + mau coba pakai FR3, mana tau bs dpt proteksi lubrikasinya + bbm bs lebih hemat... hahahah banyak maunya [emoji16]
satu2nya additive yg sy msh penasaran pengen pake cuma ini

tp dipikir2 buat apa, ga ditambahin apa2 aja udah satisfied. tiap mau beli itu kalah prioritas sama beli si joni :big_biglaugh:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

sahabatq8 wrote: Sun Apr 03, 2022 9:49 Mesinnya suaranya jadi kasar gak om? Kalo FD dikit cincai lah. Mobil saya waktu itu lupa ganti 1.5 tahun aja aman pake Q8 D1 FE 0w20. Awas aja nanti ganti Quartz 9000 malah lebih kasar :mky_03:
Iya jadi kasar. Karena jd lebih kasar makanya sy penasaran cek dipstick ternyata udah FD bau bensinnya kuat. Kayanya jd lebih encer ini kecampur bensin. Malah rencananya mau sy naekin ke 5W-30 lagi tp ntar dulu aja. Q8 jg harganya dah mulai naek di seller2 kalo beli 5 liter mayan kerasa tuh om, kayanya next mau sambil coba2 yg lain aja :mky_03:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 9:34 .....
Parno daripada lubrication propertiesnya udh rusak, akhir bulan ini mau didrain aja dan ganti pake Total Quartz 9000
...
no noo noo noo :big_biglaugh:

bawa putar2 aja sejam 2 jam siapa tau bengsin nya nguap. sayang banget msh bersih itu.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

Omnibus wrote: Sun Apr 03, 2022 10:00
no noo noo noo :big_biglaugh:

bawa putar2 aja sejam 2 jam siapa tau bengsin nya nguap. sayang banget msh bersih itu.
Itu dah diajak puter2 2 hari kemarin mbah luar kota tol dan non tol bolak balik 450 km an. Biasanya ngendon aja di garasi :big_biglaugh: Buka dipstick liat FD yg mayan banyak itu sekitar seminggu lalu. Stelah jalan kemaren ga jauh beda kayanya. Masih bau bensin cukup kuat :ungg:

Dulu di Jazz sempet FD juga kan mbah kalo ga salah?
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 10:03
Omnibus wrote: Sun Apr 03, 2022 10:00
no noo noo noo :big_biglaugh:

bawa putar2 aja sejam 2 jam siapa tau bengsin nya nguap. sayang banget msh bersih itu.
Itu dah diajak puter2 2 hari kemarin mbah luar kota tol dan non tol bolak balik 450 km an. Biasanya ngendon aja di garasi :big_biglaugh: Buka dipstick liat FD yg mayan banyak itu sekitar seminggu lalu. Stelah jalan kemaren ga jauh beda kayanya. Masih bau bensin cukup kuat :ungg:

Dulu di Jazz sempet FD juga kan mbah kalo ga salah?
iya sempet di jazz dulu, isian sebelum yg skrg. nah kl yg skrg baunya ya normal kaya bau asap knalpot tapi di oli. bau sisa pembakaran gitu.

emang parno sih kl kena FD ya.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

Omnibus wrote: Sun Apr 03, 2022 10:08
iya sempet di jazz dulu, isian sebelum yg skrg. nah kl yg skrg baunya ya normal kaya bau asap knalpot tapi di oli. bau sisa pembakaran gitu.

emang parno sih kl kena FD ya.
Sy curiganya waktu kerasa lebih kasar di mid to high rpm, plus kok tarikannya berasa lebih enteng dari sebelum2nya. Eh pas dibuka dipstick begitu bau bensinnya. Berasa gak tenang mbah kalo FD. Ngeri jg kalo makin encer nanti tembus ke w16 jangan2 :big_biglaugh:
Ga bisa dikontrol juga kapan si bensin mau nyampur ke oli
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 9:19
sahabatq8 wrote: I see, ceratec brati pengaruh ya di ams maxduty 5w30?
Ane pribadi sih kalo namanya additif oli mesin lumayan skeptis. Soalnya kalo additif liquimoly ceratec segitu saktinya sampe bisa "ngebenerin" kekurangan formulasi oli sultan macem AMS dan Q8, kok oli mesin liquimoly sendiri gitu gitu aja :mky_01:

HSS fr3 itu brati bisa dipake di oli hydraulic seperti minyak rem ato power steering ya? Soalnya kalo sistem kerja hydraulic kan gak rentan gesekan seperti oli mesin.
Sebenarnya ane pake ceratec itu krn nano ceramic nya aja sih mbah, mesin 2KD ane sdh 147 ribu KM odonya jd perlu buat "ngisi" celah2 halus akibat wear & tear pemakaian. Kl buat ngebenerin kekurangan formulasinya si oli sultan sih kek nya gak lah yah.

Disamping buat rejuvenate wear & tear jeroan mesin, memang ini ceratec utk lubrication/friction reducernya oke yah menurut ane, di project farm di tes juga rpm mesin bs lebih naik dr normalnya, means mesin jd lebih revv happy, di gas dikit aja itu rpm gampang naik. Jd yah cukup gas tipis2 aja buat jalanin mobilnya.

Sebenarnya next oci ane msh mau pake 1x lg ini ceratec di 2KD atau switch ke FR3, msh timbang2 setelah ane pake FR3 nanti di 2AZ-FE gimana hasilnya. Dosis ceratec di 2KD harusnya 1,5 botol atau 450 ml, tp awalnya ane msh ragu takut kenapa2 kl kebanyakan, jd coba 1 botol dulu, kl kurang kan next oci bs pakai 1 botol lg. Claim nya kan bs proteksi sampai 50 ribu KM ini ceratec.

FR3 keknya murni friction reducer aja tanpa nano ceramic, bentuknya yah kaya cairan oli biasa aja, bening & tidak kental tp wanginya enak [emoji5], kl ceratec kan kentel kaya susu kental manis, pakenya hrs bilas berkali2 baru bisa maksimal keluar semua itu cairannya.

FR3 gak bisa dipakai di minyak rem om, jg tdk bisa buat matic. Practically dia hanya buat di mesin, gardan (differential), power steering & hydraulic system aja.

2AZ-FE sebenarnya pakai oli buntut w30, cuman krn ane concern ke efisiensi bbm mk ane pakai buntut w20, nah mbah suhu Omnibus pernah tes itu lubrikasi ams ss yg w30 vs w20 dgn cara di gesek2an di tangan & menurut beliau w30 lebih "licin" atau filmnya lebih kuat/banyak... kira2 begitulah intinya, makanya ane pikir FR3 ini bs menambah proteksi di mesin 2AZ-FE ane dr segi film strength or lubricationnya, kl bs lebih hemat bbm yah bonus aja lah [emoji5]

Sebenarnya next oci ane sdh mau coba pakai buntut w30 di 2AZ-FE tp bbm harganya makin gila jd stay di w20 dulu aja deh + mau coba pakai FR3, mana tau bs dpt proteksi lubrikasinya + bbm bs lebih hemat... hahahah banyak maunya [emoji16]
satu2nya additive yg sy msh penasaran pengen pake cuma ini

tp dipikir2 buat apa, ga ditambahin apa2 aja udah satisfied. tiap mau beli itu kalah prioritas sama beli si joni :big_biglaugh:
Hahaha repot mbah kl sdh kena ama si joni joni my friend, susyah lepasnya.

Additif sih hobi aja, perlu gak perlu sebenarnya, ane mah iseng2 aja, sapa tau ada hadiahnya.

Maklum lah mobil sdh pd berumur perlu vitamin tambahan biar tetap grenggg [emoji16]

Omega 99 boleh jg di test drive nanti mbah kl msh iseng
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 9:34 Q8 Formula Special D1 FE 0W-20
Baru pake 2.800 km selama 5 bulan
Tapi karena sering short trip & dipanasin orang tua kelamaan, cek dipstick warnanya kehijauan persis kaya di Vario 150 yg kena fuel dilution pertamax. Belum ijo banget tapi bau bensinnya beuh kerasa banget :big_biglaugh:
Parno daripada lubrication propertiesnya udh rusak, akhir bulan ini mau didrain aja dan ganti pake Total Quartz 9000 yg harganya ga mahal2 banget. Sayang udah beli oli bagus kena FD. Kalo yg sering pake bukan diri sendiri, susah ngontrol cara pemakaiannya. Jd yaudah lah 6 bulan ganti aja pake oli kelas tengah2 :big_peace:

Image

Image

Perbandingan oli sama persis dituang di Mazda saya 3 minggu lalu dan udah jalan 750 KM, jarang idle lama. BBM sama2 Pertamax.

Image
Image
Itu oli msh kyk perawan mbahh. :upss:

Susah sih ya klo kena FD
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 9:55
sahabatq8 wrote: Sun Apr 03, 2022 9:49 Mesinnya suaranya jadi kasar gak om? Kalo FD dikit cincai lah. Mobil saya waktu itu lupa ganti 1.5 tahun aja aman pake Q8 D1 FE 0w20. Awas aja nanti ganti Quartz 9000 malah lebih kasar :mky_03:
Iya jadi kasar. Karena jd lebih kasar makanya sy penasaran cek dipstick ternyata udah FD bau bensinnya kuat. Kayanya jd lebih encer ini kecampur bensin. Malah rencananya mau sy naekin ke 5W-30 lagi tp ntar dulu aja. Q8 jg harganya dah mulai naek di seller2 kalo beli 5 liter mayan kerasa tuh om, kayanya next mau sambil coba2 yg lain aja :mky_03:
Dari pusat sih belom ada kenaikan, cuma yang ppn 11% itu aja.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

Suryaputra wrote: Sun Apr 03, 2022 10:31
Itu oli msh kyk perawan mbahh. :upss:

Susah sih ya klo kena FD
Makanya sayang banget mbah, yg saya kasih Q8 terus abis ini cuma Mazdanya aja krn saya bisa kontrol gimana pake mobilnya. Si Toyota yg pake ortu biar 6 bulan sekali ganti pake oli kelas tengah asal asli. Won’t hurt mbah :big_grin: Mayan kerasa si Toyota ini belinya kudu 5 liter.
Last edited by DrivingPotato on Sun Apr 03, 2022 10:39, edited 1 time in total.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 10:38
Suryaputra wrote: Sun Apr 03, 2022 10:31
Itu oli msh kyk perawan mbahh. :upss:

Susah sih ya klo kena FD
Makanya sayang banget mbah, yg saya kasih Q8 terus abis ini cuma Mazdanya aja krn saya bisa kontrol gimana pake mobilnya. Si Toyota yg pake ortu biar 6 bulan sekali ganti pake oli kelas tengah asal asli. Won’t hurt mbah :big_grin:
Iya tq9000 sip koq yg 0w20nya
Tp better pakai 5-6 bln aja klo case FD gtu.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 9:34 .....
Parno daripada lubrication propertiesnya udh rusak, akhir bulan ini mau didrain aja dan ganti pake Total Quartz 9000
...
no noo noo noo :big_biglaugh:

bawa putar2 aja sejam 2 jam siapa tau bengsin nya nguap. sayang banget msh bersih itu.
Btw emangnya bs yah mbah oli yg sdh kena FD gitu bensin yg kecampur ama oli bisa nguap lagi & oli bisa kembali jd kentel lg?

Ya ane ngerti gak mungkin balik normal spt oli yg tanpa kena FD, krn FD ini keknya tidak terhindarkan yah di mesin, paling bisa di cegah seminimum mungkin aja.

Terlalu sering strat up, idle terlalu lama, bengsin jd terlalu rich yah, kalau geber2 gas pas lg idle gimana? Lalu kl lg speeding injek gas sampe mentok karpet gimana? Apakah mempercepat FD jg kah?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 10:39
Omnibus wrote:
marvelio wrote: Sun Apr 03, 2022 9:34 .....
Parno daripada lubrication propertiesnya udh rusak, akhir bulan ini mau didrain aja dan ganti pake Total Quartz 9000
...
no noo noo noo :big_biglaugh:

bawa putar2 aja sejam 2 jam siapa tau bengsin nya nguap. sayang banget msh bersih itu.
Btw emangnya bs yah mbah oli yg sdh kena FD gitu bensin yg kecampur ama oli bisa nguap lagi & oli bisa kembali jd kentel lg?

Ya ane ngerti gak mungkin balik normal spt oli yg tanpa kena FD, krn FD ini keknya tidak terhindarkan yah di mesin, paling bisa di cegah seminimum mungkin aja.

Terlalu sering strat up, idle terlalu lama, bengsin jd terlalu rich yah, kalau geber2 gas pas lg idle gimana? Lalu kl lg speeding injek gas sampe mentok karpet gimana? Apakah mempercepat FD jg kah?
kl ga salah inget pernah baca artikel khusus ini tp lupa dimana. jd sebenernya olmes itu emang sdh didesain utk bercampur dgn bensin (lbh tepatnya unburned fuel). bayangin jaman dulu waktu jaman karburator itu kan sering bgt nyetelnya ga bener, campuran rich bgt sampe mata pedih kena asapnya. itu dr jaman baheula oli udah didesain utk bisa tahan sama serangan begituan. tp dlm taraf yg sdh ditentukan, ga tau tepatnya brp, lewat dr itu ya dianggap oli tsb sdh severely contaminated.

skrg kondisi gimana yg bikin mobil normal (ring piston apa segala sehat) tp bisa kena FD. kl menurut kesotoyan sy yaitu pas suhu mesin belum sampai normal working temperature. sebab pas kondisi dingin itu clearance cylinder wall msh renggang, dan ketahan sama oli yg msh kental visconya utk nutup gap jd oli lbh ke ekspose ke combustion gas dr ruang bakar, dan ecu lg kasih campuran rich spy starter mudah n warming up cepet. kombinasi sempurna utk FD sih.

oh sy jadi tiba2 keinget deh, pas waktu itu jazz kena FD sy lagi sering ngerjain yg hrs ke normal working temp n caranya abis oli dirasa udah naik trus dipanteng di 3000 rpm sampai normal working temp tercapai. wah kl gitu besok2 mau ngoprek tunggu oli udah diujung masa pakai aja deh jd ga rugi. jangan ngoprek pas oli msh baru ganti, kena FD manyun :mky_01:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

kl geber2 pas mesin udah panas memang rich, tp ga sampai bikin FD kayanya sebab mayoritas campuran kebakar kan krn sdh panas. jd keywordnya unburned fuel (mixture), ya pas mesin msh belum suhu normal.

kl udah panas even pas digeber ecu itu bikin jd open loop (bukan closed loop lg jd data dr oxygen sensor yg di knalpot diabaikan) dan ecu perintahkan injector nyemprot bengsin lebih banyak (jd rich pastinya, ini kl pake scanner semua bisa kebaca). and tetep kalaupun ada porsinya unburned fuel mixture paling cuma dikit yg lari ke oli. sebab udah pada rapet clearance nya jd unburned fuel itu mayoritas langsung kebuang ke exhaust valves dan ke knalpot.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:kl geber2 pas mesin udah panas memang rich, tp ga sampai bikin FD kayanya sebab mayoritas campuran kebakar kan krn sdh panas. jd keywordnya unburned fuel (mixture), ya pas mesin msh belum suhu normal.

kl udah panas even pas digeber ecu itu bikin jd open loop (bukan closed loop lg jd data dr oxygen sensor yg di knalpot diabaikan) dan ecu perintahkan injector nyemprot bengsin lebih banyak (jd rich pastinya, ini kl pake scanner semua bisa kebaca). and tetep kalaupun ada porsinya unburned fuel mixture paling cuma dikit yg lari ke oli. sebab udah pada rapet clearance nya jd unburned fuel itu mayoritas langsung kebuang ke exhaust valves dan ke knalpot.
Jd kl mobil pas pagi hari start up & langsung jalan (di gas) tanpa pemanasan yg berarti kemungkinan besar kena FD yah baik itu mobil bengsin maupun diesel?

Kl dibawa jalannya langsam aja tanpa digas gimana mbah, sambil nunggu suhu kerja tercapai, ini terutama pd mesin diesel yg suhu kerja temperature nya agak lama baru tercapainya, kl mesin bengsin sih cepet naiknya itu suhu kerja normalnya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 11:52
Omnibus wrote:kl geber2 pas mesin udah panas memang rich, tp ga sampai bikin FD kayanya sebab mayoritas campuran kebakar kan krn sdh panas. jd keywordnya unburned fuel (mixture), ya pas mesin msh belum suhu normal.

kl udah panas even pas digeber ecu itu bikin jd open loop (bukan closed loop lg jd data dr oxygen sensor yg di knalpot diabaikan) dan ecu perintahkan injector nyemprot bengsin lebih banyak (jd rich pastinya, ini kl pake scanner semua bisa kebaca). and tetep kalaupun ada porsinya unburned fuel mixture paling cuma dikit yg lari ke oli. sebab udah pada rapet clearance nya jd unburned fuel itu mayoritas langsung kebuang ke exhaust valves dan ke knalpot.
Jd kl mobil pas pagi hari start up & langsung jalan (di gas) tanpa pemanasan yg berarti kemungkinan besar kena FD yah baik itu mobil bengsin maupun diesel?

Kl dibawa jalannya langsam aja tanpa digas gimana mbah, sambil nunggu suhu kerja tercapai, ini terutama pd mesin diesel yg suhu kerja temperature nya agak lama baru tercapainya, kl mesin bengsin sih cepet naiknya itu suhu kerja normalnya
sy jg gitu om, tunggu 10-20 detik langsung jalan, langsam aja atau digas dikit aja jd meminimalisir unburned fuel tp mempercepat mesin panas juga krn membawa beban body kan. kl sy ga lewat 1500-2000 lah utk mesin bengsin. berasa kan kl dijalanin gitu lbh cepet jarum temp naiknya dibanding mobilnya diem.
kl mesin msh dingin langsung tancep2 beda cerita om.

nah sebetulnya FD by bengsin vs solar rada beda sih. lbh merusak yg by bengsin krn sifatnya lbh solvent dibanding solar (bkn artinya solar ga solvent). lbh less worry lagi krn mesin diesel dikasih oli sbg bbm juga nyala (heck dikasih fame aja nyala). jd kalaupun ada FD di diesel oil bakal kebawa lewat blowby gas, keluar ke breather hose (crankcase ventilation), ke intake, n finally kebakar lagi di mesin. hehehe. yg jd concern paling viscosity si oli nya aja yg jd encer kali. tp diesel oil kan lbh bulletproof juga.