Page 2 of 104

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 8:11
by sintoni
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 7:55 Bagaimana performa mesinya nya waktu pemakaian 7500km di 9 bulan? masih enak om?
BTW saya terkahir 9 bulan tapi masih 1000km saya ganti karena terasa ada bunyi samar2x klek klek.
Tapi bunyinya samar sekali om, tidak semua bisa tahu bunyi tersebut karena memang samar sekali dan tidak selalu muncul.

Ganti pakai amsowel OE 5w40 mantap tidak ada bunyi, tapi entahlah nanti setelah 9 bulan
Masih aman2 aja sih harusnya mbah, ane cek penguapan jg minim rasanya. Ada dites sama om Turbo harusnya aman sampe 1 tahunan, TBNya tahan. Itu ane ganti karena cuma gatel aja. Hahaha.

Kok bisa ya mbah? Kalau diomong karena penguapan jg ga mungkin karena cuma jalan 1K. Apa mungkin karena pake buntut 30 kemaren suara jadi lebih kedengaran ya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 9:34
by Profith83
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 8:11
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 7:55 Bagaimana performa mesinya nya waktu pemakaian 7500km di 9 bulan? masih enak om?
BTW saya terkahir 9 bulan tapi masih 1000km saya ganti karena terasa ada bunyi samar2x klek klek.
Tapi bunyinya samar sekali om, tidak semua bisa tahu bunyi tersebut karena memang samar sekali dan tidak selalu muncul.

Ganti pakai amsowel OE 5w40 mantap tidak ada bunyi, tapi entahlah nanti setelah 9 bulan
Masih aman2 aja sih harusnya mbah, ane cek penguapan jg minim rasanya. Ada dites sama om Turbo harusnya aman sampe 1 tahunan, TBNya tahan. Itu ane ganti karena cuma gatel aja. Hahaha.

Kok bisa ya mbah? Kalau diomong karena penguapan jg ga mungkin karena cuma jalan 1K. Apa mungkin karena pake buntut 30 kemaren suara jadi lebih kedengaran ya?
Saya yang terlalu sensitif mungkin om, dengarnya samar apabila telinga kita dekatkan moncong depan bagian bawah.
itupun hanya samar.
Kalau berdiri sama sekali tak terdengar ...

Iya mungkin karena 30 jadinya terdengar. Om Mobilnya Innova diesel AT thn berapa ?
Saya thn 2017 KM 32rb

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 9:35
by Omnibus
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 8:11 ..........

Itu ane ganti karena cuma gatel aja. Hahaha.
hmmm ya ya ..... dicatet. kemaren bilangnya jaman susah hrs oci 10k km


:big_weee:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 12:42
by rendr
KSG88 wrote: Tue Dec 07, 2021 16:59 Mumpung masih awal. Nanya crv turbo (facelift 2021) oli yg cocok demi ngejar suara mesin halus dan nyaman, serta sering main kecepatan diatas 100, baiknya kepala 0-20 atau 5-30.

Sekalian Oli utk transmisi cvt nya yg okeh?
L15BE merem aja 0w20 om... tp 0w20 nya yg bagusan, Q8 / amsoil SS gitu... sip deh.. temen jg pake di crv turbo 2021... extrafan kok jd jarang nyala wkwkwkwk

Kalo oli cvt pake honda aja kuras di beres tiap 15-20k...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 12:45
by sintoni
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 9:34
Saya yang terlalu sensitif mungkin om, dengarnya samar apabila telinga kita dekatkan moncong depan bagian bawah.
itupun hanya samar.
Kalau berdiri sama sekali tak terdengar ...

Iya mungkin karena 30 jadinya terdengar. Om Mobilnya Innova diesel AT thn berapa ?
Saya thn 2017 KM 32rb
Saya pake 4D56 mbah, tapi mobil ortu 2GD 2018 20rb++ jg ane cekokin si 10W30, tapi ane ga sampe konsen dengerin gitu, coba nanti coba ane dengerin kalau pas sempet.

Atau nanti coba pake Adnoc 10W30 aja mbah, itu jg ekonomis harusnya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 12:47
by sintoni
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 9:35
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 8:11 ..........

Itu ane ganti karena cuma gatel aja. Hahaha.
hmmm ya ya ..... dicatet. kemaren bilangnya jaman susah hrs oci 10k km


:big_weee:
Ya kalau 4D56 cuma 6 liter mbah, jadi ganti di 8rb gpp dong.

Kalau 2GD kan 7.5 liter, jadi kapasitas 25% lebih banyak, berarti OCI boleh 10k dong.

:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 12:56
by Omnibus
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 12:47
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 9:35
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 8:11 ..........

Itu ane ganti karena cuma gatel aja. Hahaha.
hmmm ya ya ..... dicatet. kemaren bilangnya jaman susah hrs oci 10k km


:big_weee:
Ya kalau 4D56 cuma 6 liter mbah, jadi ganti di 8rb gpp dong.

Kalau 2GD kan 7.5 liter, jadi kapasitas 25% lebih banyak, berarti OCI boleh 10k dong.

:ngacir:
nerugaa

emang nih 2gd gentong banget oil pan nya. :big_bored:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 13:18
by g36
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 7:55 Bagaimana performa mesinya nya waktu pemakaian 7500km di 9 bulan? masih enak om?
BTW saya terkahir 9 bulan tapi masih 1000km saya ganti karena terasa ada bunyi samar2x klek klek.
Tapi bunyinya samar sekali om, tidak semua bisa tahu bunyi tersebut karena memang samar sekali dan tidak selalu muncul.

Ganti pakai amsowel OE 5w40 mantap tidak ada bunyi, tapi entahlah nanti setelah 9 bulan
10W30 yang botol item om? Saya pernah coba 4000KM/6 bulan di Altis, standar aja sih. Ga ada waw nya kecuali harganya aja wkwkwkw. Di kelasnya cuma ada lawan idemitsu. Btw emang harusnya max 6 bulan aja sih rasanya om, toh murmer ini.

Di bahenol hatch emang bunyi kletek2 juga, yang mendingan waktu pake Motul sama skrg Durablend. Idem sama PTT masih bunyi kasar.

Sesama di kasta 80K/L ke bawah sih enak Durablend....yang dari PTT kelas budget belum nemu yang wah, dari 5W30 SN, 10W30, sama 5W30 SP. Yang paling kurang sreg sih yg 0W20 SP yang gold tapi murmer. Just my opinion.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 13:51
by sintoni
g36 wrote: Wed Dec 08, 2021 13:18
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 7:55 Bagaimana performa mesinya nya waktu pemakaian 7500km di 9 bulan? masih enak om?
BTW saya terkahir 9 bulan tapi masih 1000km saya ganti karena terasa ada bunyi samar2x klek klek.
Tapi bunyinya samar sekali om, tidak semua bisa tahu bunyi tersebut karena memang samar sekali dan tidak selalu muncul.

Ganti pakai amsowel OE 5w40 mantap tidak ada bunyi, tapi entahlah nanti setelah 9 bulan
10W30 yang botol item om? Saya pernah coba 4000KM/6 bulan di Altis, standar aja sih. Ga ada waw nya kecuali harganya aja wkwkwkw. Di kelasnya cuma ada lawan idemitsu. Btw emang harusnya max 6 bulan aja sih rasanya om, toh murmer ini.

Di bahenol hatch emang bunyi kletek2 juga, yang mendingan waktu pake Motul sama skrg Durablend. Idem sama PTT masih bunyi kasar.

Sesama di kasta 80K/L ke bawah sih enak Durablend....yang dari PTT kelas budget belum nemu yang wah, dari 5W30 SN, 10W30, sama 5W30 SP. Yang paling kurang sreg sih yg 0W20 SP yang gold tapi murmer. Just my opinion.
Ini lg ngmgin yg diesel om. Hehe.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 14:44
by Omnibus
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 13:51
g36 wrote: Wed Dec 08, 2021 13:18
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 7:55 Bagaimana performa mesinya nya waktu pemakaian 7500km di 9 bulan? masih enak om?
BTW saya terkahir 9 bulan tapi masih 1000km saya ganti karena terasa ada bunyi samar2x klek klek.
Tapi bunyinya samar sekali om, tidak semua bisa tahu bunyi tersebut karena memang samar sekali dan tidak selalu muncul.

Ganti pakai amsowel OE 5w40 mantap tidak ada bunyi, tapi entahlah nanti setelah 9 bulan
10W30 yang botol item om? Saya pernah coba 4000KM/6 bulan di Altis, standar aja sih. Ga ada waw nya kecuali harganya aja wkwkwkw. Di kelasnya cuma ada lawan idemitsu. Btw emang harusnya max 6 bulan aja sih rasanya om, toh murmer ini.

Di bahenol hatch emang bunyi kletek2 juga, yang mendingan waktu pake Motul sama skrg Durablend. Idem sama PTT masih bunyi kasar.

Sesama di kasta 80K/L ke bawah sih enak Durablend....yang dari PTT kelas budget belum nemu yang wah, dari 5W30 SN, 10W30, sama 5W30 SP. Yang paling kurang sreg sih yg 0W20 SP yang gold tapi murmer. Just my opinion.
Ini lg ngmgin yg diesel om. Hehe.
ya biarin aja kenapa sih. org kan mau cerita.





............... :ngacir:
:mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 14:52
by Profith83
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 14:44
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 13:51
g36 wrote: Wed Dec 08, 2021 13:18

10W30 yang botol item om? Saya pernah coba 4000KM/6 bulan di Altis, standar aja sih. Ga ada waw nya kecuali harganya aja wkwkwkw. Di kelasnya cuma ada lawan idemitsu. Btw emang harusnya max 6 bulan aja sih rasanya om, toh murmer ini.

Di bahenol hatch emang bunyi kletek2 juga, yang mendingan waktu pake Motul sama skrg Durablend. Idem sama PTT masih bunyi kasar.

Sesama di kasta 80K/L ke bawah sih enak Durablend....yang dari PTT kelas budget belum nemu yang wah, dari 5W30 SN, 10W30, sama 5W30 SP. Yang paling kurang sreg sih yg 0W20 SP yang gold tapi murmer. Just my opinion.
Ini lg ngmgin yg diesel om. Hehe.
ya biarin aja kenapa sih. org kan mau cerita.





............... :ngacir:
:mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: mbah lagi becanda nih ...
Nanti sakit hati loh ..... :big_dunno: :big_dunno:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 14:54
by Profith83
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 12:56
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 12:47
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 9:35

hmmm ya ya ..... dicatet. kemaren bilangnya jaman susah hrs oci 10k km


:big_weee:
Ya kalau 4D56 cuma 6 liter mbah, jadi ganti di 8rb gpp dong.

Kalau 2GD kan 7.5 liter, jadi kapasitas 25% lebih banyak, berarti OCI boleh 10k dong.

:ngacir:
nerugaa

emang nih 2gd gentong banget oil pan nya. :big_bored:
bukan gentong lagi ... entahlah apa namanya ....
Banyak orang kagak percaya, mana ada mobil Innova 7.5 liter.
Tahunya kebanyakan orang panther cuma 5 liter

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 15:01
by Suryaputra
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 14:54
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 12:56
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 12:47

Ya kalau 4D56 cuma 6 liter mbah, jadi ganti di 8rb gpp dong.

Kalau 2GD kan 7.5 liter, jadi kapasitas 25% lebih banyak, berarti OCI boleh 10k dong.

:ngacir:
nerugaa

emang nih 2gd gentong banget oil pan nya. :big_bored:
bukan gentong lagi ... entahlah apa namanya ....
Banyak orang kagak percaya, mana ada mobil Innova 7.5 liter.
Tahunya kebanyakan orang panther cuma 5 liter
Klo kapasitas gentong gtu, sampai 15rb km jg bisa pakai merk keraton amrik atau kuwait.
Ganti filter oli aja di 10rb km :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 15:07
by Profith83
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 15:01
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 14:54
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 12:56

nerugaa

emang nih 2gd gentong banget oil pan nya. :big_bored:
bukan gentong lagi ... entahlah apa namanya ....
Banyak orang kagak percaya, mana ada mobil Innova 7.5 liter.
Tahunya kebanyakan orang panther cuma 5 liter
Klo kapasitas gentong gtu, sampai 15rb km jg bisa pakai merk keraton amrik atau kuwait.
Ganti filter oli aja di 10rb km :ngacir:
Saya mau coba 1 thn sekali ganti merek amrik, nanti coba ganti merek kuwait
150 rb x 8 = 1.2 jt mayan mahal mbah. Padahal setahun cuma 3rb sd 4rb KM max

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 15:36
by Omnibus
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 14:52
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 14:44
sintoni wrote: Wed Dec 08, 2021 13:51

Ini lg ngmgin yg diesel om. Hehe.
ya biarin aja kenapa sih. org kan mau cerita.





............... :ngacir:
:mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: mbah lagi becanda nih ...
Nanti sakit hati loh ..... :big_dunno: :big_dunno:
cuma bercanda ..... udah tau mafia sintoni mah ga mungkin sakit hati. paling sakit gigi. :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 17:21
by Suryaputra
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 15:07
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 15:01
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 14:54

bukan gentong lagi ... entahlah apa namanya ....
Banyak orang kagak percaya, mana ada mobil Innova 7.5 liter.
Tahunya kebanyakan orang panther cuma 5 liter
Klo kapasitas gentong gtu, sampai 15rb km jg bisa pakai merk keraton amrik atau kuwait.
Ganti filter oli aja di 10rb km :ngacir:
Saya mau coba 1 thn sekali ganti merek amrik, nanti coba ganti merek kuwait
150 rb x 8 = 1.2 jt mayan mahal mbah. Padahal setahun cuma 3rb sd 4rb KM max
Toyota 2GD?
Itu sih pakai aja q8 ft7000

https://tokopedia.link/cZ8EgpFfPlb
530rb per 5 liter.
Tinggal beli literan :mky_04:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 17:51
by Nezzle39
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 17:21
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 15:07
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 15:01

Klo kapasitas gentong gtu, sampai 15rb km jg bisa pakai merk keraton amrik atau kuwait.
Ganti filter oli aja di 10rb km :ngacir:
Saya mau coba 1 thn sekali ganti merek amrik, nanti coba ganti merek kuwait
150 rb x 8 = 1.2 jt mayan mahal mbah. Padahal setahun cuma 3rb sd 4rb KM max
Toyota 2GD?
Itu sih pakai aja q8 ft7000

https://tokopedia.link/cZ8EgpFfPlb
530rb per 5 liter.
Tinggal beli literan :mky_04:
Mumpung lg ngomongin diesel nih suhu2, oli diesel yg tahan per 10rb km apa aj yah? Amsoil oe diesel apakah bisa? Atau delvac lebih bagus? Baru pertama melihara diesel, blom ada gmbaran nih yg long drain apa2 aha

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 21:53
by Suryaputra
Nezzle39 wrote: Wed Dec 08, 2021 17:51
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 17:21
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 15:07

Saya mau coba 1 thn sekali ganti merek amrik, nanti coba ganti merek kuwait
150 rb x 8 = 1.2 jt mayan mahal mbah. Padahal setahun cuma 3rb sd 4rb KM max
Toyota 2GD?
Itu sih pakai aja q8 ft7000

https://tokopedia.link/cZ8EgpFfPlb
530rb per 5 liter.
Tinggal beli literan :mky_04:
Mumpung lg ngomongin diesel nih suhu2, oli diesel yg tahan per 10rb km apa aj yah? Amsoil oe diesel apakah bisa? Atau delvac lebih bagus? Baru pertama melihara diesel, blom ada gmbaran nih yg long drain apa2 aha
Buat yg minta w30 dan umumnya butuh std API yah

Bbrp selain Q8 FT7000:
- amsoil heavy duty 10w30
- FK duty diesel 5w30
- PTT dynamic super common rail 5w30

Kemampuan 10rb km / 1thn, menggunakan oli kelas middle ini jg bergantung dgn berbagai macam faktor, di antaranya:
- gaya bawa
- kapasitas oil pan (klo.gentong kyk ipah sih bisa yaa)
- kondisi udara dan jalanan sekitar
- kondisi mesin apakah msh ting ting atau udh remap dsb?
- kondisi bbm

- dan mungkin hal hal.lain yg bisa disebutin oleh mbah" suhu 69 lain nya :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Wed Dec 08, 2021 22:58
by sintoni
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 17:21 Toyota 2GD?
Itu sih pakai aja q8 ft7000

https://tokopedia.link/cZ8EgpFfPlb
530rb per 5 liter.
Tinggal beli literan :mky_04:
Nah, ini jg sudah sip mbah kalau mau naik level dari PTT 10W30.

Ane jg next ganti oli mau coba ini.
Nezzle39 wrote: Wed Dec 08, 2021 17:51 Mumpung lg ngomongin diesel nih suhu2, oli diesel yg tahan per 10rb km apa aj yah? Amsoil oe diesel apakah bisa? Atau delvac lebih bagus? Baru pertama melihara diesel, blom ada gmbaran nih yg long drain apa2 aha
10rb tercapai berapa lama?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 0:35
by pitikkobong
maap salah kamar. mohon dihapus post ini

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 0:42
by sintoni
pitikkobong wrote: Thu Dec 09, 2021 0:35 wahh udah pindah rumah baru aja,

nanya lg ah, maap kl oot habis bingung mau tanya dimana, disinia aja yg nyenggol oli :big_peace:

1. utk oli transmisi manual & oli gardan all new rush itu apa cukup beli satu jenis atau beda jenis (beli sendiri2)?
(saya copas dr bokman)

Transmisi manual
Kapasitas oli gear(Referensi): 1.08 L
Jenis oli gear: Gear oil API GL-4
Viskositas oli gear yang dianjurkan: SAE 80W atau SAE 75W-80

Differensial belakang

Kapasitas oli (Referensi): 2.4 L
Jenis oli: Hypoid gear oil API GL-5
Viskositas oli: SAE 90

2. rekomendasi merk oli transmisi & gardan yg jos gandos apa om?

matur thank you
Wah, berarti kurang jauh mainnya.

Ditanyain disini aja om:

https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... f=4&t=5657

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 0:52
by pitikkobong
sintoni wrote: Thu Dec 09, 2021 0:42 Wah, berarti kurang jauh mainnya.

Ditanyain disini aja om:

https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... f=4&t=5657
oalah maap om, saya hapus aja postnya.

makasih om, meluncur tkp

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 1:44
by Profith83
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 21:53
Nezzle39 wrote: Wed Dec 08, 2021 17:51
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 17:21
Toyota 2GD?
Itu sih pakai aja q8 ft7000

https://tokopedia.link/cZ8EgpFfPlb
530rb per 5 liter.
Tinggal beli literan :mky_04:
Mumpung lg ngomongin diesel nih suhu2, oli diesel yg tahan per 10rb km apa aj yah? Amsoil oe diesel apakah bisa? Atau delvac lebih bagus? Baru pertama melihara diesel, blom ada gmbaran nih yg long drain apa2 aha
Buat yg minta w30 dan umumnya butuh std API yah

Bbrp selain Q8 FT7000:
- amsoil heavy duty 10w30
- FK duty diesel 5w30
- PTT dynamic super common rail 5w30

Kemampuan 10rb km / 1thn, menggunakan oli kelas middle ini jg bergantung dgn berbagai macam faktor, di antaranya:
- gaya bawa
- kapasitas oil pan (klo.gentong kyk ipah sih bisa yaa)
- kondisi udara dan jalanan sekitar
- kondisi mesin apakah msh ting ting atau udh remap dsb?
- kondisi bbm

- dan mungkin hal hal.lain yg bisa disebutin oleh mbah" suhu 69 lain nya :ngacir:
- PTT dynamic super common rail 5w30

Kalau lihat spec ACEA C3 dia mid saps. Seingat saya mid saps kurang cocok untuk yang kontaminasi tinggi seperti pakai Bio Solar.

Berikut spec C2/C3 categories. Lebih ke arah environmental dan yang pakai DPF biar gak buntu. DPF seperti CC. DPF lebih ketat dari CC(kalau gak salah) dalam menyaring polusi dari gas buang.

Automotive industry trends and governmental regulations are resulting in lower SAPS levels in automotive engine oils. Over the past decades, new car models have been subjected to increasingly more stringent exhaust emission limits. Modern clean cars combine low CO2 emission with low particulate emissions to meet the latest European regulations. To achieve those goals of lower CO2 and particulate emissions, modern cars, gasoline and diesel, are equipped with aftertreatment systems to eliminate most particulate and NOX emissions. To ensure compatibility with aftertreatment devices, the SAPS limits of lubricants have been
significantly reduced as they can negatively influence the performance of aftertreatment device

Tapi kadang oli yang penting dipakai dan kita rasakan tarikannya dan suaranya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 2:09
by GDNGAN
Ninggalin jejak dulu ah, biar gak ketinggalan jauh. Hehehe

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 2:46
by Suryaputra
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 1:44
Suryaputra wrote: Wed Dec 08, 2021 21:53
Nezzle39 wrote: Wed Dec 08, 2021 17:51

Mumpung lg ngomongin diesel nih suhu2, oli diesel yg tahan per 10rb km apa aj yah? Amsoil oe diesel apakah bisa? Atau delvac lebih bagus? Baru pertama melihara diesel, blom ada gmbaran nih yg long drain apa2 aha
Buat yg minta w30 dan umumnya butuh std API yah

Bbrp selain Q8 FT7000:
- amsoil heavy duty 10w30
- FK duty diesel 5w30
- PTT dynamic super common rail 5w30

Kemampuan 10rb km / 1thn, menggunakan oli kelas middle ini jg bergantung dgn berbagai macam faktor, di antaranya:
- gaya bawa
- kapasitas oil pan (klo.gentong kyk ipah sih bisa yaa)
- kondisi udara dan jalanan sekitar
- kondisi mesin apakah msh ting ting atau udh remap dsb?
- kondisi bbm

- dan mungkin hal hal.lain yg bisa disebutin oleh mbah" suhu 69 lain nya :ngacir:
- PTT dynamic super common rail 5w30

Kalau lihat spec ACEA C3 dia mid saps. Seingat saya mid saps kurang cocok untuk yang kontaminasi tinggi seperti pakai Bio Solar.

Berikut spec C2/C3 categories. Lebih ke arah environmental dan yang pakai DPF biar gak buntu. DPF seperti CC. DPF lebih ketat dari CC(kalau gak salah) dalam menyaring polusi dari gas buang.

Automotive industry trends and governmental regulations are resulting in lower SAPS levels in automotive engine oils. Over the past decades, new car models have been subjected to increasingly more stringent exhaust emission limits. Modern clean cars combine low CO2 emission with low particulate emissions to meet the latest European regulations. To achieve those goals of lower CO2 and particulate emissions, modern cars, gasoline and diesel, are equipped with aftertreatment systems to eliminate most particulate and NOX emissions. To ensure compatibility with aftertreatment devices, the SAPS limits of lubricants have been
significantly reduced as they can negatively influence the performance of aftertreatment device

Tapi kadang oli yang penting dipakai dan kita rasakan tarikannya dan suaranya
Iya maka dari itu klo mau longdrain pakai oli2 di atas, hati tenang, ya pakai pertadex.
Or shell vpowah diesel :ngacir: