Page 4 of 104

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 13:40
by Suryaputra
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 13:26
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 12:23
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 11:14 PTT 0w30 compare 5w30 terasa bedanya.
0w30 lebih ringan tarikannya.
Sama sama botol kuning
5w30 emg 30 nya lbh kentel kan.
Atau 30 botol item yg eco?
Dan make sure tekanan ban dan kondisi mesin sama prima mbah.
Iya sama sama botol gold.
Bukan yang eco.
Dipakai di mobil yang sama :D Mobilio bensin mbah, bukan Innova diesel hahahah
Bensin lio udh coba pakai ptt tutup emas 0w20 mbah?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 14:25
by g36
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 10:53
klo sy ikut bukman lokal.
klo saya loh yaa.

any W30 ok,
- 5w30
- 10w30
- 0w30
krn angka depan W pengaruhnya klo suhu beku / freezing point / sub-zeroo

tapi klo mau tetap w20, ya minimal sejenis PTT 0w20 tutup emas (non-eco) & amsoil OE.
Q8 formula D1 G2 0w20, even better :mky_03:
Klo ga salah di bukman lokal yang baru buat model 2014 up juga minta oli encer sih....di bukman yg 2013 diagramnya 5W30 cuma smpe ambient 20 deg C, yang 10W30 bisa smpe ambient 40 deg C. Aneh sih, wong sama2 buntut 30.

Mungkin pas dulu saya ganti ke 10W30 PTT oli sblumnya yang ampas, udah lupa sblumnya pake apa sih waktu itu.

Klo ada yang long drain 12 bulan gitu pake apa ya om? Mobil KM irit, jarang bisa 5000KM/6 bulan biar irit di jasa+filter olinya kalo setaun sekali.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 14:44
by Profith83
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 13:40
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 13:26
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 12:23

5w30 emg 30 nya lbh kentel kan.
Atau 30 botol item yg eco?
Dan make sure tekanan ban dan kondisi mesin sama prima mbah.
Iya sama sama botol gold.
Bukan yang eco.
Dipakai di mobil yang sama :D Mobilio bensin mbah, bukan Innova diesel hahahah
Bensin lio udh coba pakai ptt tutup emas 0w20 mbah?
Sudah beli, rencana pakai di HRV 0w20 yang super synthetic(bukan eco), soalnya Lio nya dah laku mbah.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 15:00
by Suryaputra
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 14:25
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 10:53
klo sy ikut bukman lokal.
klo saya loh yaa.

any W30 ok,
- 5w30
- 10w30
- 0w30
krn angka depan W pengaruhnya klo suhu beku / freezing point / sub-zeroo

tapi klo mau tetap w20, ya minimal sejenis PTT 0w20 tutup emas (non-eco) & amsoil OE.
Q8 formula D1 G2 0w20, even better :mky_03:
Klo ga salah di bukman lokal yang baru buat model 2014 up juga minta oli encer sih....di bukman yg 2013 diagramnya 5W30 cuma smpe ambient 20 deg C, yang 10W30 bisa smpe ambient 40 deg C. Aneh sih, wong sama2 buntut 30.

Mungkin pas dulu saya ganti ke 10W30 PTT oli sblumnya yang ampas, udah lupa sblumnya pake apa sih waktu itu.

Klo ada yang long drain 12 bulan gitu pake apa ya om? Mobil KM irit, jarang bisa 5000KM/6 bulan biar irit di jasa+filter olinya kalo setaun sekali.
Kondisi:
1. KM panjang waktu 6 bulan
2. Atau KM pendek waktu 1 thn

Yg kisaran kurleb 150rb seliter, Sy pribadi prefer:
- Q8 formula special G/D1 long life 5w30
- Amsoil OE 5w30
- PTT 0w30
- Ravenol TSJ 10w30 (tbn 8,6) https://tokopedia.link/9HZXAVYKQlb

Kondisi #2 ini lbh menyiksa oli, krn pertimbangannya stop and go, idle yg berlebihan dan sejenisnya :mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 15:49
by g36
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 15:00
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 14:25
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 10:53
klo sy ikut bukman lokal.
klo saya loh yaa.

any W30 ok,
- 5w30
- 10w30
- 0w30
krn angka depan W pengaruhnya klo suhu beku / freezing point / sub-zeroo

tapi klo mau tetap w20, ya minimal sejenis PTT 0w20 tutup emas (non-eco) & amsoil OE.
Q8 formula D1 G2 0w20, even better :mky_03:
Klo ga salah di bukman lokal yang baru buat model 2014 up juga minta oli encer sih....di bukman yg 2013 diagramnya 5W30 cuma smpe ambient 20 deg C, yang 10W30 bisa smpe ambient 40 deg C. Aneh sih, wong sama2 buntut 30.

Mungkin pas dulu saya ganti ke 10W30 PTT oli sblumnya yang ampas, udah lupa sblumnya pake apa sih waktu itu.

Klo ada yang long drain 12 bulan gitu pake apa ya om? Mobil KM irit, jarang bisa 5000KM/6 bulan biar irit di jasa+filter olinya kalo setaun sekali.
Kondisi:
1. KM panjang waktu 6 bulan
2. Atau KM pendek waktu 1 thn

Yg kisaran kurleb 150rb seliter, Sy pribadi prefer:
- Q8 formula special G/D1 long life 5w30
- Amsoil OE 5w30
- PTT 0w30
- Ravenol TSJ 10w30 (tbn 8,6) https://tokopedia.link/9HZXAVYKQlb

Kondisi #2 ini lbh menyiksa oli, krn pertimbangannya stop and go, idle yg berlebihan dan sejenisnya :mky_03:
Hoo siap om, kebetulan PTT 0W30 lagi di keranjang nih hehe.

KM iritnya jarang keluar sih mobilnya :mky_01: sekalinya keluar via toll dalkot biasanya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Thu Dec 09, 2021 22:39
by Suryaputra
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 15:49
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 15:00
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 14:25

Klo ga salah di bukman lokal yang baru buat model 2014 up juga minta oli encer sih....di bukman yg 2013 diagramnya 5W30 cuma smpe ambient 20 deg C, yang 10W30 bisa smpe ambient 40 deg C. Aneh sih, wong sama2 buntut 30.

Mungkin pas dulu saya ganti ke 10W30 PTT oli sblumnya yang ampas, udah lupa sblumnya pake apa sih waktu itu.

Klo ada yang long drain 12 bulan gitu pake apa ya om? Mobil KM irit, jarang bisa 5000KM/6 bulan biar irit di jasa+filter olinya kalo setaun sekali.
Kondisi:
1. KM panjang waktu 6 bulan
2. Atau KM pendek waktu 1 thn

Yg kisaran kurleb 150rb seliter, Sy pribadi prefer:
- Q8 formula special G/D1 long life 5w30
- Amsoil OE 5w30
- PTT 0w30
- Ravenol TSJ 10w30 (tbn 8,6) https://tokopedia.link/9HZXAVYKQlb

Kondisi #2 ini lbh menyiksa oli, krn pertimbangannya stop and go, idle yg berlebihan dan sejenisnya :mky_03:
Hoo siap om, kebetulan PTT 0W30 lagi di keranjang nih hehe.

KM iritnya jarang keluar sih mobilnya :mky_01: sekalinya keluar via toll dalkot biasanya.
Hoo garage queen yaa :mky_02:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 0:36
by blloewy
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 22:39
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 15:49
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 15:00

Kondisi:
1. KM panjang waktu 6 bulan
2. Atau KM pendek waktu 1 thn

Yg kisaran kurleb 150rb seliter, Sy pribadi prefer:
- Q8 formula special G/D1 long life 5w30
- Amsoil OE 5w30
- PTT 0w30
- Ravenol TSJ 10w30 (tbn 8,6) https://tokopedia.link/9HZXAVYKQlb

Kondisi #2 ini lbh menyiksa oli, krn pertimbangannya stop and go, idle yg berlebihan dan sejenisnya :mky_03:
Hoo siap om, kebetulan PTT 0W30 lagi di keranjang nih hehe.

KM iritnya jarang keluar sih mobilnya :mky_01: sekalinya keluar via toll dalkot biasanya.
Hoo garage queen yaa :mky_02:
Mobil harian ngga garage queen juga sering kesiksa mbah ama macet cet cet cet nya jabodetabek skrg.
Lah saya keluar pintu tol ke rumah jarak 3 km aja bisa 30 menit sendiri :big_slap:
Makanya lbh pilih oli yg bagus u proteksi engine plus seal2 di engine semisal seal busi.
Btw anyway busway PTT 0W-30 Evotech harga 130 rb per liter blm ada saingan ya? :big_think:
Q8 Formula sdh mendekati 200 rb yg gen 1.
Formula.ultra gen 2 sdh sama ama Iam so ill :big_slap:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 1:50
by freeza
Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 2:37
by Suryaputra
blloewy wrote: Fri Dec 10, 2021 0:36
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 22:39
g36 wrote: Thu Dec 09, 2021 15:49

Hoo siap om, kebetulan PTT 0W30 lagi di keranjang nih hehe.

KM iritnya jarang keluar sih mobilnya :mky_01: sekalinya keluar via toll dalkot biasanya.
Hoo garage queen yaa :mky_02:
Mobil harian ngga garage queen juga sering kesiksa mbah ama macet cet cet cet nya jabodetabek skrg.
Lah saya keluar pintu tol ke rumah jarak 3 km aja bisa 30 menit sendiri :big_slap:
Makanya lbh pilih oli yg bagus u proteksi engine plus seal2 di engine semisal seal busi.
Btw anyway busway PTT 0W-30 Evotech harga 130 rb per liter blm ada saingan ya? :big_think:
Q8 Formula sdh mendekati 200 rb yg gen 1.
Formula.ultra gen 2 sdh sama ama Iam so ill :big_slap:
Formula dex1 Gen 1 msh ada yg jual 140rb an mbah.
https://tokopedia.link/6IJ5snbyRlb

Official storenya jg nanti ada vocer 12 12, 20%
Harganya dr 180rb bisa jadi sama.

:mky_04:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 2:49
by Suryaputra
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
Merah gmn mbah?
Kyk atf dexron 3 udh dipakai gtu ? :mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 3:25
by azu
ada yang sempet nanyain Panda Auto di Tokped ya?

barusan saya beli BG EPR dari sana, pas lihat lokasi pickup Gojeknya ternyata Panda Auto ini adalah toko Sunda Motor di Jalan Sunda Bandung.

https://goo.gl/maps/5pmUfx8b6GcjmrnW6

Pengalaman pernah ganti oli ke toko ini dulu sih memang ini toko yg udah lama jual oli di Bandung dan mereka memang harganya cukup miring untuk di Bandung, dan di luar tokonya juga ada branding Q8 gede jadi produk yg dijualnya menurut saya sih original jadi ga ragu juga beli dari sana

IMHO :big_smile]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 3:40
by Suryaputra
azu wrote: Fri Dec 10, 2021 3:25 ada yang sempet nanyain Panda Auto di Tokped ya?

barusan saya beli BG EPR dari sana, pas lihat lokasi pickup Gojeknya ternyata Panda Auto ini adalah toko Sunda Motor di Jalan Sunda Bandung.

https://goo.gl/maps/5pmUfx8b6GcjmrnW6

Pengalaman pernah ganti oli ke toko ini dulu sih memang ini toko yg udah lama jual oli di Bandung dan mereka memang harganya cukup miring untuk di Bandung, dan di luar tokonya juga ada branding Q8 gede jadi produk yg dijualnya menurut saya sih original jadi ga ragu juga beli dari sana

IMHO :big_smile]
Nice info mbah :mky_02:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 4:30
by rendr
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
walah better test lab ini om... antara warna ATF apa emang fuel dilution... klo oli sampe merah gitu ambyar udah... cek AFR nya lagi deh, ini tuned or standar mesinnya? coba turun ke RON 92 deh om...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 4:56
by Omnibus
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
utk tau FD langkah pertama cium aja bau olinya yg dr dipstick. baunya hrs santer banget, kl cuma bau2 dikit mah jamak.

trus belakangan ini apakah pernah bongpas area mesin yg masangnya lagi pake rtv gasket warna merah? kl pernah bisa jg dr situ.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 7:52
by dinatara
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 11:14 PTT 0w30 compare 5w30 terasa bedanya.
0w30 lebih ringan tarikannya.
Sama sama botol kuning
Di bapao feels nya sama nih, 0-30 lebih enak buat gaspol

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 7:57
by Suryaputra
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 7:52
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 11:14 PTT 0w30 compare 5w30 terasa bedanya.
0w30 lebih ringan tarikannya.
Sama sama botol kuning
Di bapao feels nya sama nih, 0-30 lebih enak buat gaspol
Emg grade aditifnya lbh tinggi berarti.
Klo visco lihat V100 nya mirip mirip.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 8:28
by satriakarisma
azu wrote: Fri Dec 10, 2021 3:25 ada yang sempet nanyain Panda Auto di Tokped ya?

barusan saya beli BG EPR dari sana, pas lihat lokasi pickup Gojeknya ternyata Panda Auto ini adalah toko Sunda Motor di Jalan Sunda Bandung.

https://goo.gl/maps/5pmUfx8b6GcjmrnW6

Pengalaman pernah ganti oli ke toko ini dulu sih memang ini toko yg udah lama jual oli di Bandung dan mereka memang harganya cukup miring untuk di Bandung, dan di luar tokonya juga ada branding Q8 gede jadi produk yg dijualnya menurut saya sih original jadi ga ragu juga beli dari sana

IMHO :big_smile]
nuhun kang, kemarin mau beli Q8 di tokped kok ragu ya bisa murah..bisi kitu.
check out ah :big_okay:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 8:32
by blloewy
Omnibus wrote: Fri Dec 10, 2021 4:56
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
utk tau FD langkah pertama cium aja bau olinya yg dr dipstick. baunya hrs santer banget, kl cuma bau2 dikit mah jamak.

trus belakangan ini apakah pernah bongpas area mesin yg masangnya lagi pake rtv gasket warna merah? kl pernah bisa jg dr situ.
Mbah yg kecium bau apa ini mestinya mbah?
Jd penasaran warna merahnya kaya apa ya itu :big_think:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 8:33
by dinatara
Suryaputra wrote: Fri Dec 10, 2021 7:57
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 7:52
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 11:14 PTT 0w30 compare 5w30 terasa bedanya.
0w30 lebih ringan tarikannya.
Sama sama botol kuning
Di bapao feels nya sama nih, 0-30 lebih enak buat gaspol
Emg grade aditifnya lbh tinggi berarti.
Klo visco lihat V100 nya mirip mirip.
Secara hrga lebih mahal, harusnya aditif atau yg lainnya yg lebih tinggi dari 5-30 mbah. Untuk gaspol transjawa sama aja kan ya antara 5-30 & 0-30 ? V100 nya sekilas lebih kentel 5-30 dikit

Btw gk ada yg bahas unil opal lagi ya beberapa bulan kebelakang

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 8:58
by bryanguppiez
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 8:33
Suryaputra wrote: Fri Dec 10, 2021 7:57
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 7:52

Di bapao feels nya sama nih, 0-30 lebih enak buat gaspol
Emg grade aditifnya lbh tinggi berarti.
Klo visco lihat V100 nya mirip mirip.
Secara hrga lebih mahal, harusnya aditif atau yg lainnya yg lebih tinggi dari 5-30 mbah. Untuk gaspol transjawa sama aja kan ya antara 5-30 & 0-30 ? V100 nya sekilas lebih kentel 5-30 dikit

Btw gk ada yg bahas unil opal lagi ya beberapa bulan kebelakang
pnya bapao jg, abis up dr unyil ke q8 5w30 special d1g2. baru nyoba short trip sih muter2 kota aja. rada overkill kah :big_biglaugh: , biar lah gas aja dinikmati.. next taun depan kl waktunya ganti pengen nyobain yg longlife 5w30 dexos 2 ah :mky_01:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 10:29
by Omnibus
blloewy wrote: Fri Dec 10, 2021 8:32
Omnibus wrote: Fri Dec 10, 2021 4:56
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
utk tau FD langkah pertama cium aja bau olinya yg dr dipstick. baunya hrs santer banget, kl cuma bau2 dikit mah jamak.

trus belakangan ini apakah pernah bongpas area mesin yg masangnya lagi pake rtv gasket warna merah? kl pernah bisa jg dr situ.
Mbah yg kecium bau apa ini mestinya mbah?
Jd penasaran warna merahnya kaya apa ya itu :big_think:
yg normal bau oli campur bau asep.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 12:04
by dinatara
bryanguppiez wrote: Fri Dec 10, 2021 8:58
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 8:33
Suryaputra wrote: Fri Dec 10, 2021 7:57

Emg grade aditifnya lbh tinggi berarti.
Klo visco lihat V100 nya mirip mirip.
Secara hrga lebih mahal, harusnya aditif atau yg lainnya yg lebih tinggi dari 5-30 mbah. Untuk gaspol transjawa sama aja kan ya antara 5-30 & 0-30 ? V100 nya sekilas lebih kentel 5-30 dikit

Btw gk ada yg bahas unil opal lagi ya beberapa bulan kebelakang
pnya bapao jg, abis up dr unyil ke q8 5w30 special d1g2. baru nyoba short trip sih muter2 kota aja. rada overkill kah :big_biglaugh: , biar lah gas aja dinikmati.. next taun depan kl waktunya ganti pengen nyobain yg longlife 5w30 dexos 2 ah :mky_01:
Review unyil gimana di bapao om?
Kata mbah disini sih q8 gd1 uda cukup buat non turbo :mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 21:01
by hafizh
https://news.detik.com/berita/d-5849981 ... ntent=news

Baca artikel detiknews, "Polda Kalsel Gerebek Gudang Oli Palsu di Tangerang, 14.136 Botol Disita" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5849981 ... tol-disita.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

oli palsu masih marak juga ya..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Fri Dec 10, 2021 22:41
by Suryaputra
hafizh wrote: Fri Dec 10, 2021 21:01 https://news.detik.com/berita/d-5849981 ... ntent=news

Baca artikel detiknews, "Polda Kalsel Gerebek Gudang Oli Palsu di Tangerang, 14.136 Botol Disita" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5849981 ... tol-disita.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

oli palsu masih marak juga ya..
Itu foto y*m*lube jelas banget :big_biglaugh:
Hikmahnya.. oli genuine rawan palsu klo beli di luar bengkel resmi.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Posted: Sat Dec 11, 2021 3:03
by freeza
rendr wrote: Fri Dec 10, 2021 4:30
freeza wrote: Fri Dec 10, 2021 1:50 Wah udah rumah baru aja, izin tanya ya suhu.

LCGC yg sebelumnya pakai ptteco 0w20 setelah 5K ganti ke ptt super 0w20 tutup emas, sudah jalan sekitar 2K, pas cek level oli warna olinya jadi merah.

Kebetulan ada problem ngelitik tiada henti ketika pakai vpower 95, jadinya pas ada vpower nitro+ 98 iseng coba dan bisa sembuh itu ngelitik.

Pertanyaannya, apakah pttsuper 0w20 tutup emas akan berubah warna menjadi kemerahan setelah pemakaian ?, atau ada indikasi FD (fuel dilution) karena over oktan ya suhu, kan nitro+ merah jg tuh warnanya.

Waktu masih pakai ptteco sudah mulai nitro+ juga, tapi tidak terlihat indikasi di atas.


Terima kasih suhu-suhu perolian, salam.🙏
walah better test lab ini om... antara warna ATF apa emang fuel dilution... klo oli sampe merah gitu ambyar udah... cek AFR nya lagi deh, ini tuned or standar mesinnya? coba turun ke RON 92 deh om...

Terima kasih atas respon suhu² semua, saya sekalian reply di sini ya. Unit LCGC mesinnya masih standar belum ada bongkar apapun, rawatan beres, odo juga masih dibawah 50K, dari awal selalu gantol tiap max 5K km atau 6 bulan.

Dari unit masih baru rutin pakai oli 0w20 dari beres, semenjak garansi habis perawatan tetap di beres tapi oli beli dari luar seperti spbu shell, toda, butik oli. BBM dari awal pakai oktan 95, karena pakai 92 emang lebih sering banget knockingnya, komplen ke beres malah dikira pake premium karena vpower kan kadang bening atau merah gitu ya dulu warnanya. Tapi belum pernah ada indikasi oli merah gini.

Terlampir saya fotokan tetesan oli dari dipstick, dan oli pttsuper 0w20 virgin, kebetulan masih ada sisanya.

Terima kash suhu semua.salam 🙏