2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

adty wrote: Thu Dec 09, 2021 8:45 Pengen ganti setirnya ke Outlander Sport :big_cry:

Rasa2nya kok lebih worth it ini ya daripada trio astra :ungg:

Oiya rasa CVTnya kayak OS ga om? OS yang lebih kecil tapi lock up di rpm bawahnya berat uy
naah kalo cuma liat barangnya mati diem iya veloz jadi berasa kemahalan banget. interiornya Xpander ini upscale banget sih kalo dibandingin pelos. cuma biasa lah mbah selling pointnya toyota lebih ke durability jadi menarik kita liat long term gimana ntu nanti. pelos punya TSS jadi alesan buat jual mahal.

beda mbah, OS kalo low speed berasa kejar kejaran speed banget kan. ini rasanya di bawah enak aja gitu. orang kalo dulu bawa xpander lama ke bawa yang baru gak akan kerasa banget bedanya di early response.
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 9:00 Wow review mantap om Chz.

GNKI diesel memang badak mesinnya dan mantap. rugi kalau dijual ganti bensin CVT.
1500 bensin CVT NA sudah ada 2 ekor, tidak lemot tapi untuk tanjakan agak kurang.
dengan catatan GNKI dieselnya gak mikir mau dioprek yah, diganti aja mendingan :mky_01: 2KD stock kalo nanjak jg gak yang gimana bgt masih enteng bawa bensin 1500cc NA 4speed dulu.

krn gimanapun GNKI dan Xpander yang sekarang ya lebih upscale Xpander. konsumsi bbm kalo sama sama stock juga mirip. yakin saya ni orang pindah dari GNKI ke xpander baru akan terasa upgrade.
fenrir wrote: Thu Dec 09, 2021 9:06 ini driver assistnya yang canggih-canggih blum ada ya? kamera 360 ada?
ChZ wrote: Thu Dec 09, 2021 7:07 Innova lama ? Well yes kalau Innova gasoline, mungkin? Paling tidak sama lemotnya dapet iritnya.
hahaha, kena sekali, apalagi innova matic gasoline.
ah iya kelemahannya itu sih belum ada driver aid, veloz udah ada TSS.

iya mbah figur 0-100 kyknya mirip, tapi di Xpander konsumsi 1:10, innova bensin konsumsi 1:7 kan mayan :mky_01:
fajarrian wrote: Thu Dec 09, 2021 9:49 iya banget ratio gear xpander AT aneh banget, di xpcross saya setelah remap torsinya gabisa linear naik terus, malah ada dropnya begitu dia shifting ke gigi 2, tapi jadi lebih enak sih jauh setelah remap, apalagi stop n go macet2an



IMG_3689.JPG
iya mbah Xpander tu kalo mau accel musti tega kickdownnya, kalo gak tega dia shift ke gigi 2-3-4 dan cruise speed bakal frustasi kalo butuh nyalip. makanya kalo luar kotaan apalagi nanjak wajib bgt mode O/D off. klo udah masuk gigi overdrive kacau bet mau nyalipnya.
KielConstantine wrote: Thu Dec 09, 2021 9:55 Yeayy ada review mobil baru lagi… :upss:

Kalo dijejerin dari semua CVT (toyota / honda / mitsu) yg paling resing & robust dari buatan honda ya cris ? Plus daya tahan klo dimodif nambah torsi gede …
kalo jangka panjang gw tetep pegang honda ama toyota deh mbah :mky_07: cuma CVT toyota (yang bukan D CVT) rasanya lebih hambar aja.

mitsu ama batu makam itu benernya buat driving enak tapi gak tau durability yang jatco generasi sekarang2 ini. drivability di bawah honda tapi durability nya masih questionable.

emang paling overall package honda sih. udah proven CVT tuned kelas 250 hp an kuat buat dipake lama. soalnya yang lain blom ada yang prove segitu wkwkwkkww mana ada mobil CVT lain ditune gila gilaan.
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 11:00
Dan emang benar, kelemahan 4AT ini klo buat naik gunung, aduh painful banget.
Gearshiftnya terlalu sering 1 2 1 2 1 2, gak nyaman jadinya.
Krn 1 ke 2 terlalu jauh jarak drop rpm nya.

Any CVT mesin kapasitas kecil enak buat nanjak, bisa jaga torsi dan power optimal atau mau maksimal.
yang sial ini mitsu soalnya mobilnya kadung berat tapi kepengen irit jadi jarak antar giginya dibikin jauh. kalo avanza metik buat nanjak msh lebih enak ringan dan gak terlalu gear hunting lebih rapet :big_biglaugh:
kenop wrote: Thu Dec 09, 2021 11:40 Ini sy br ngerasain nih pas bbrp mgg lalu ke bandung - lembang trs cianjur - puncak, hadeehh 1 nya pendek, begitu masuk 2 rpm drop, trs dia balik lg ke 1 kl gas nya nanggung

Pas TD kan ga tes rute nanjak2 gitu hahaa.. tp untung seringan dalem kota sih jd ga gt masalah..

CVT di vios gen 3 agak aneh sih, belet bgt puteran bawah nya, bs2 kayak ampir ga mau nanjak apa lg kl sampe berenti di tengah tanjakan

Emg kl rute luar kota banyak nanjaknya enak pake 2500 cc ke atas, cc ga boong :D
vios yaris sienta CVTnya aneh bawahnya flat gak ada tenaga dibejek makin makin :big_biglaugh: NR engine di ketiga mobil ini kayaknya gak dimainin dual vvt nya.
sintoni wrote: Fri Dec 10, 2021 0:25 Nais ripiu Chris.

Ini menurut ane LMPV paling oke lah.

Model eksterior mantep, interior jg oke, fitur jg oke, kenyamanan jg oke.

Image jg paling oke diantara LMPV lain.
wes gak LMPV ini, Medium MPV :big_biglaugh: kurang dikasih mesin diesel apa bensin 2000cc
josomba wrote: Fri Dec 10, 2021 1:46 Jadi .....

Untuk kelas mobil LMPV dengan kapasitas kubikasi cenggo, semua akan CVT pada waktunya ya

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Tapi yaa, memang diakui daripada 4AT, ane lebih mending sipiti sih. Idem juga dengan suhu2 di atas, pake sipandir buat nanjak2 bikin gedeg.

Taun lalu ane rental sipandir di pulau dewata, nanjak2 dr ubud mau ke kintamani bikin emosi. Si tranny pindah2 1-2-1-2 kek bingung mau pake gigi mana.
semua akan cenggo dan CVT pada waktunya sepertinya mbah :big_biglaugh: pilihan mesin skrg tinggal seceng apa cenggo. noceng turbo udah kelas performance.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by epinjose »

hehe kalo bawa penumpang jd kagok ya..

pindah gigi 1 dikira mau ngebut ato nyalip.. pdhl mobil nya yang minta pindah 1, kitanya cuma gas nanggung2 aja
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 11:00
Dan emang benar, kelemahan 4AT ini klo buat naik gunung, aduh painful banget.
Gearshiftnya terlalu sering 1 2 1 2 1 2, gak nyaman jadinya.
Krn 1 ke 2 terlalu jauh jarak drop rpm nya.

Any CVT mesin kapasitas kecil enak buat nanjak, bisa jaga torsi dan power optimal atau mau maksimal.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Profith83 »

ChZ wrote: Fri Dec 10, 2021 3:16
Profith83 wrote: Thu Dec 09, 2021 9:00 Wow review mantap om Chz.

GNKI diesel memang badak mesinnya dan mantap. rugi kalau dijual ganti bensin CVT.
1500 bensin CVT NA sudah ada 2 ekor, tidak lemot tapi untuk tanjakan agak kurang.
dengan catatan GNKI dieselnya gak mikir mau dioprek yah, diganti aja mendingan :mky_01: 2KD stock kalo nanjak jg gak yang gimana bgt masih enteng bawa bensin 1500cc NA 4speed dulu.

krn gimanapun GNKI dan Xpander yang sekarang ya lebih upscale Xpander. konsumsi bbm kalo sama sama stock juga mirip. yakin saya ni orang pindah dari GNKI ke xpander baru akan terasa upgrade.
Diesel 2KD memang tidak jambak naiknya di tanjakan, tapi gas juga gak perlu dalem, torsi seakan ada terus di tiap putaran mesin.
naik macet merambat pelan gak kuatir. Mesin bensin 1500 CC matic bensin kalau naik merambat, kadang kehilangan torsi.

Tapi kalau Honda 1500 cc bensin matic, tanjakan merambat gak kuatir melorot,cuma feel drive nya tanjakan enak 2KD.
Nah saya suka ke pegunungan lihat2x pemandangan, DAN ingin mobil yang dikendarai terasa effortless di tanjakan.

Mau santai lihat pemandangan di pegunungan tapi ada rasa was was, jadinya berkurang enjoy nya hehehe.

Jadi lebih ke arah preference di tanjakan rasa peace of mind. Lebih ke preference saja sih ....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Fri Dec 10, 2021 3:54
Diesel 2KD memang tidak jambak naiknya di tanjakan, tapi gas juga gak perlu dalem, torsi seakan ada terus di tiap putaran mesin.
naik macet merambat pelan gak kuatir. Mesin bensin 1500 CC matic bensin kalau naik merambat, kadang kehilangan torsi.

Tapi kalau Honda 1500 cc bensin matic, tanjakan merambat gak kuatir melorot,cuma feel drive nya tanjakan enak 2KD.
Nah saya suka ke pegunungan lihat2x pemandangan, DAN ingin mobil yang dikendarai terasa effortless di tanjakan.

Mau santai lihat pemandangan di pegunungan tapi ada rasa was was, jadinya berkurang enjoy nya hehehe.

Jadi lebih ke arah preference di tanjakan rasa peace of mind. Lebih ke preference saja sih ....
justru dulu saya pernah pinjem 2KD matic nanjak2 di trawas koq malah tuh metik suka banget early shifting kadang blom masuk turbo spool range udah shift :big_think: makanya saya mikirnya 2KD metik itu klo gak dioprek ya menyedihkan.

dulu bandingannya saya pake SX4 metik sih. sama sama overweight juga mobilnya buat mesin power segitu :mky_01:

klo stock 2GD, baru enak banget. malah early torque nya terlalu besar bisa lompat klo di traffic :mky_01:

tapi enaknya skrg bensin tuh rata-rata CVT jd di tanjakan gear hunting bego nya berkurang. nolong banget buat kelas mobil lmpv/lsuv/hatchback yang 1500cc NA ke bawah krn kalo dikasih 4AT nanjak isinya gear hunting.
Last edited by ChZ on Fri Dec 10, 2021 4:03, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by kenop »

ChZ wrote: Fri Dec 10, 2021 3:16
vios yaris sienta CVTnya aneh bawahnya flat gak ada tenaga dibejek makin makin :big_biglaugh: NR engine di ketiga mobil ini kayaknya gak dimainin dual vvt nya.
hahaha normal berati ya, sy pikir dl krn pake pertalite, ganti pertamax sama aja begitu2 juga, naik tanjakan mol klo antri aja deg2an,, lebi ngerasa aman pake manual malah :big_slap:
epinjose wrote: Fri Dec 10, 2021 3:34 hehe kalo bawa penumpang jd kagok ya..

pindah gigi 1 dikira mau ngebut ato nyalip.. pdhl mobil nya yang minta pindah 1, kitanya cuma gas nanggung2 aja

jgnkan penumpang nya, yg nyetir aja kadang dibikin bingung :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

kenop wrote: Fri Dec 10, 2021 4:02
hahaha normal berati ya, sy pikir dl krn pake pertalite, ganti pertamax sama aja begitu2 juga, naik tanjakan mol klo antri aja deg2an,, lebi ngerasa aman pake manual malah :big_slap:
ada kan yang kapan hari viral yaris gak mau nanjak :big_biglaugh: bukan karena overspin tapi malah mesinnya ngeden transmisinya kayak gak kuat nyalurin torsi ke roda :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by kenop »

ChZ wrote: Fri Dec 10, 2021 4:05
kenop wrote: Fri Dec 10, 2021 4:02
hahaha normal berati ya, sy pikir dl krn pake pertalite, ganti pertamax sama aja begitu2 juga, naik tanjakan mol klo antri aja deg2an,, lebi ngerasa aman pake manual malah :big_slap:
ada kan yang kapan hari viral yaris gak mau nanjak :big_biglaugh: bukan karena overspin tapi malah mesinnya ngeden transmisinya kayak gak kuat nyalurin torsi ke roda :big_biglaugh:
lahhh ada yg viral ternyata wkwkwkw :big_biglaugh:

bener kek gt, ngeden doang uda di gas pol pdhl, rpm ngga mau naik, kayak mau nanjak pake gigi 3 rasa nya :big_slap:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Profith83 »

ChZ wrote: Fri Dec 10, 2021 4:01
Profith83 wrote: Fri Dec 10, 2021 3:54
Diesel 2KD memang tidak jambak naiknya di tanjakan, tapi gas juga gak perlu dalem, torsi seakan ada terus di tiap putaran mesin.
naik macet merambat pelan gak kuatir. Mesin bensin 1500 CC matic bensin kalau naik merambat, kadang kehilangan torsi.

Tapi kalau Honda 1500 cc bensin matic, tanjakan merambat gak kuatir melorot,cuma feel drive nya tanjakan enak 2KD.
Nah saya suka ke pegunungan lihat2x pemandangan, DAN ingin mobil yang dikendarai terasa effortless di tanjakan.

Mau santai lihat pemandangan di pegunungan tapi ada rasa was was, jadinya berkurang enjoy nya hehehe.

Jadi lebih ke arah preference di tanjakan rasa peace of mind. Lebih ke preference saja sih ....
justru dulu saya pernah pinjem 2KD matic nanjak2 di trawas koq malah tuh metik suka banget early shifting kadang blom masuk turbo spool range udah shift :big_think: makanya saya mikirnya 2KD metik itu klo gak dioprek ya menyedihkan.

dulu bandingannya saya pake SX4 metik sih. sama sama overweight juga mobilnya buat mesin power segitu :mky_01:

klo stock 2GD, baru enak banget. malah early torque nya terlalu besar bisa lompat klo di traffic :mky_01:

tapi enaknya skrg bensin tuh rata-rata CVT jd di tanjakan gear hunting bego nya berkurang. nolong banget buat kelas mobil lmpv/lsuv/hatchback yang 1500cc NA ke bawah krn kalo dikasih 4AT nanjak isinya gear hunting.
Early shifting? di saya malah pas bahkan late shifting, jadi enak gitu om. Makanya saya bilang tenaga ada terus.
Oh iya mobil dari baru inreyen dipakai normal, RPM sering main 2000 sd 2200, kadang 2500.
Jadi mungkin jeroan mesin rapet.
Semua standard. Oli mesin dan trans pakai TMO, oli gardan eneos. Oli mesin 6 bulan atau 5rb KM ganti, selalu beli di BeRes.
Solar 5.150 + DPMCB beli di Ace dosis 1 ml per liter.

Pas naik ke Ijen, malah nguntit trooper 4x4(biasanya ini kan sewaan), malah merasa kok troper lambat, mesin 2KD jalan santai, padahal gas cuma toal toel. Mesin benar benar santai ...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Fri Dec 10, 2021 4:20
Early shifting? di saya malah pas bahkan late shifting, jadi enak gitu om. Makanya saya bilang tenaga ada terus.
Oh iya mobil dari baru inreyen dipakai normal, RPM sering main 2000 sd 2200, kadang 2500.
Jadi mungkin jeroan mesin rapet.
Semua standard. Oli mesin dan trans pakai TMO, oli gardan eneos. Oli mesin 6 bulan atau 5rb KM ganti, selalu beli di BeRes.
Solar 5.150 + DPMCB beli di Ace dosis 1 ml per liter.

Pas naik ke Ijen, malah nguntit trooper 4x4(biasanya ini kan sewaan), malah merasa kok troper lambat, mesin 2KD jalan santai, padahal gas cuma toal toel. Mesin benar benar santai ...
ic... gak tau sehh mobil temen saya jd gak nanya record maintenance :mky_01: mungkin apa telat ganti oli metik apa gimana. soalnya aneh bener nanjak nanjak saya cuma panteng gas di D dia naik gigi terus drop RPM jadi keluar dari turbo spool range .... bolot dah :ungg:

yang jelas gak pleasant waktu pertama excited pinjem 2KD ekspektasi pasti enak di tanjakan tapi malah itu transmisinya bego, punggung pegel kena jok khas toyota jaman itu :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Suryaputra »

Klo 2GD enak, maticnya 6 AT lbh rapet, apalagi diesel, bisa ngisi terus torsi nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by akbarfit »

Fun fact.

Semua xpander pakai HU Sony... Melihat dari interface nya dan menu nya... Khas sekali font nya milik Sony

Xp dash lama atau mentok 7 inch pakai AX5110
Xp ultimate dash baru 8inch... Lupa sony apa yg 8 inch
Xp cross, sony 9inch


Gudlak mencari tipenya. Biasanya... Agak sedikit berbeda di soket dan fitur.
Benar tipe sama, tp khusus OEM ada pengurangan fitur... Sub out misalnya, atau steering control misalnya...

Tp itu semua sepertinya akan PnP dg Mitsu/Nissan Lavender, karena pakai canbus/soket khusus sptinya.

Dan suaranya Sony... Biasanya kaku atau flat.
Betul bagus utk Hi-Res, tp sptinya tidak untuk easy/casual listening. Lebih cocok ke Critical listening.. yang mana kalo sudah bawa mobil >60km/h fokus kita bukan pada dentingan lagu, tapi pada jalan.

Menurut pengalaman saya, coba di kroscek bila ada yg luput informasi ini.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Dec 10, 2021 4:39 Klo 2GD enak, maticnya 6 AT lbh rapet, apalagi diesel, bisa ngisi terus torsi nya.
tapi di 2GD jangan pencet power mode mbah... klo pencet power mode dia manteng RPM tinggi malah ngempos :mky_07: 2GD kan kurvanya aneh di 2000an lompat tapi abis itu terjun bebas jadi percuma dipanteng rpm tinggi gak ada tenaganya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

akbarfit wrote: Fri Dec 10, 2021 5:28 Fun fact.

Semua xpander pakai HU Sony... Melihat dari interface nya dan menu nya... Khas sekali font nya milik Sony

Xp dash lama atau mentok 7 inch pakai AX5110
Xp ultimate dash baru 8inch... Lupa sony apa yg 8 inch
Xp cross, sony 9inch


Gudlak mencari tipenya. Biasanya... Agak sedikit berbeda di soket dan fitur.
Benar tipe sama, tp khusus OEM ada pengurangan fitur... Sub out misalnya, atau steering control misalnya...

Tp itu semua sepertinya akan PnP dg Mitsu/Nissan Lavender, karena pakai canbus/soket khusus sptinya.

Dan suaranya Sony... Biasanya kaku atau flat.
Betul bagus utk Hi-Res, tp sptinya tidak untuk easy/casual listening. Lebih cocok ke Critical listening.. yang mana kalo sudah bawa mobil >60km/h fokus kita bukan pada dentingan lagu, tapi pada jalan.

Menurut pengalaman saya, coba di kroscek bila ada yg luput informasi ini.
oh iya soal HU.... foto HU nya gak bisa di upload di post pertama karena terbatas (entah gimana caranya klo butuh upload banyak) :
IMG20211208141156.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Dec 10, 2021 6:32
Suryaputra wrote: Fri Dec 10, 2021 4:39 Klo 2GD enak, maticnya 6 AT lbh rapet, apalagi diesel, bisa ngisi terus torsi nya.
tapi di 2GD jangan pencet power mode mbah... klo pencet power mode dia manteng RPM tinggi malah ngempos :mky_07: 2GD kan kurvanya aneh di 2000an lompat tapi abis itu terjun bebas jadi percuma dipanteng rpm tinggi gak ada tenaganya.
Yah tipikal diesel.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Dec 10, 2021 7:04 Yah tipikal diesel.
tapi kalo kurvanya 2KD tuh di atas 2000 masih agak rata, ini beneran terjun bebas mbah :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Jose »

Baguslah, kelemahan paling utama di Xpander 4AT sudah solved..bener bgt rasio gearnya aneh, lompat diawal, pas upshift langsung loyo, seperti ejakulasi dini :D

btw nice review as always, Crist
Increase speed = increase Risk
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by rito »

kalau dari spek teknis nya yang kurang 5 mm lagi udah 4,6 m. kayanya xpnder yang baru ini udah bisa dibilang sebagai lmpv lagi sih ... panjangnya aja udah lebih panjang dari kijang innova lama (yang sebelum reborn).
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by bensinsolar »

Nice review Om Chz.
Sebenernya LMPV ini agak membingungkan ya karena Xpander ini secara wheelbase lebih panjang dibanding kebanyakan medium SUV & lebih panjang dikit dibanding MPV Ladder Innova jd ud seharusnya dimesi luarnya juga mengikuti. Tp jika dibanding medium MPV monoque semacam nissan Serena memang lbh pendek.
Yg jd pertanyaan kenapa ga sekalian aja mesinnya menggunakan yg 1.6/1.8 secara sekarang pajak berdasarkan emisi. Asik juga kalau ada LMPV yg tenaganya mantap
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by rito »

bensinsolar wrote: Fri Dec 10, 2021 9:50 Nice review Om Chz.
Sebenernya LMPV ini agak membingungkan ya karena Xpander ini secara wheelbase lebih panjang dibanding kebanyakan medium SUV & lebih panjang dikit dibanding MPV Ladder Innova jd ud seharusnya dimesi luarnya juga mengikuti. Tp jika dibanding medium MPV monoque semacam nissan Serena memang lbh pendek.
Yg jd pertanyaan kenapa ga sekalian aja mesinnya menggunakan yg 1.6/1.8 secara sekarang pajak berdasarkan emisi. Asik juga kalau ada LMPV yg tenaganya mantap
ato cc nya 1500, tp di kasi turbo Om, jadi deh saingan sama wuling cortez
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

Jose wrote: Fri Dec 10, 2021 8:18 Baguslah, kelemahan paling utama di Xpander 4AT sudah solved..bener bgt rasio gearnya aneh, lompat diawal, pas upshift langsung loyo, seperti ejakulasi dini :D

btw nice review as always, Crist
kadang suka kayak kena php lewat 60 km/jam jarum speedo kayak stuck padahal sampe 60 nya dari start gigi 1 mayan cepet :big_biglaugh:
rito wrote: Fri Dec 10, 2021 9:31 kalau dari spek teknis nya yang kurang 5 mm lagi udah 4,6 m. kayanya xpnder yang baru ini udah bisa dibilang sebagai lmpv lagi sih ... panjangnya aja udah lebih panjang dari kijang innova lama (yang sebelum reborn).
bensinsolar wrote: Fri Dec 10, 2021 9:50 Nice review Om Chz.
Sebenernya LMPV ini agak membingungkan ya karena Xpander ini secara wheelbase lebih panjang dibanding kebanyakan medium SUV & lebih panjang dikit dibanding MPV Ladder Innova jd ud seharusnya dimesi luarnya juga mengikuti. Tp jika dibanding medium MPV monoque semacam nissan Serena memang lbh pendek.
Yg jd pertanyaan kenapa ga sekalian aja mesinnya menggunakan yg 1.6/1.8 secara sekarang pajak berdasarkan emisi. Asik juga kalau ada LMPV yg tenaganya mantap
bener banget, sebenernya dari size xpander tuh dari awal udah abnormal. paling jumbo sendiri di antara avanza ertiga dan se kawanannya. ya bener emang mobil beda kelas harusnya.

tapi "cuma" karena mesin 1.500cc dan pricing... MMKSI marketing mobil ini buat bersaing dengan avanza dan sebangsanya. agak errr sih. mungkin kalo pake mesin 1800cc / 2000cc bisa mengobati kekacauan xpander di sisi driving soalnya jadi berasa belet banget mobilnya padahal sektor lain enak.

makanya kalo facelift aja dimensi udah segini nanti all new model pasti bakal buat lawan innova FWD :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by biznatch »

Terima kasih om, reviewnya top.
ChZ wrote: Thu Dec 09, 2021 7:07 It's still the same Xpander, but better. Beberapa kelemahan kunci di Xpander lama beneran di-resolve di Xpander baru ini. Tidak hanya sekedar jualan kosmetik atau gimmick fitur kesukaan tim mendang-mending.
Sebagai mantan pengguna xpander 2019, saya setuju. sebagian besar poin2 yang bikin saya jual xpander saya di-address dengan baik:
- Shock bocor : semoga shock baru ini gak bermasalah
- Lemot, susah buat nyalip di jalan lintas : semoga CVT bisa membantu
- Lampu gak terang : LED sedikit membantu, walaupun kelihatannya yg bermasalah adalah penempatannya yang terlalu ke bawah

Tambahan EPB cukup menggembirakan, walaupun AC nya masih belum climate control.

Namun ada 1 minus besar yang belum tau diperbaiki mitsu atau gak : AC belakang mengeluarkan bau masam kalo lama gak dihidupin.
ChZ wrote: Thu Dec 09, 2021 8:36 si tiga berlian mah suka gitu om. kyk ANPS keluaran awal yang exceed velgnya dibikin jelek dan equipmentnya dibikin sedih biar orang ambil dakar semua :ungg:

yang mau interior item dipaksa ambil cross kali. abis dulu orang mau xpander interior item gak beli ultimate akhirnya beli seport. :big_biglaugh: skrg cross interiornya item.
Mitsu kayaknya emang bener-bener nerapin textbook business econ/marketing dimana varian rendah dibuat menderita supaya konsumen beli varian tertinggi.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Pboyz97 »

biznatch wrote: Sat Dec 11, 2021 23:19 Terima kasih om, reviewnya top.



Sebagai mantan pengguna xpander 2019, saya setuju. sebagian besar poin2 yang bikin saya jual xpander saya di-address dengan baik:
- Shock bocor : semoga shock baru ini gak bermasalah
- Lemot, susah buat nyalip di jalan lintas : semoga CVT bisa membantu
- Lampu gak terang : LED sedikit membantu, walaupun kelihatannya yg bermasalah adalah penempatannya yang terlalu ke bawah


Tambahan EPB cukup menggembirakan, walaupun AC nya masih belum climate control.

Namun ada 1 minus besar yang belum tau diperbaiki mitsu atau gak : AC belakang mengeluarkan bau masam kalo lama gak dihidupin.

nah, bagian yg saya bold saya setuju om, kebetulan saya juga mantan pengguna xpander 2017, salah 1 alesan saya jual xpander saya selain karena udh ada crv turbo yg 7 seater dirumah ya karena 2 itu, tarikan bawahnya agak kurang, di tanjakkan agak ngeden kalo diisi full load, mesti dioper ke L atau 2 dulu baru ada tarikannya, masih jauh lebih responsif mobilio tarikannya walaupun CVT , kebetulan saya cukup sering nyetir mobilio punya temen hehehe , sm lampu bawaannya gak terang, cuma kebetulan dulu udh saya ganti full led mulai dari headlamp sampe foglamp, hasilnya sih cukup memuaskan, cukup jauh bedanya dari halogen standarnya. kalo shock bocor sih hoki2an ya, punya saya dulu sampe dijual tahun 2020 lalu gaada masalah yg aneh, cuma ac yg gak dingin aja gara kompresor acnya udh modar, padahal umur baru 2 tahun km 20 rb :big_slap: sm idle up doang, sisanya masih aman2 aja. btw sekarang pake mobil apa om kalo boleh tau? hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

biznatch wrote: Sat Dec 11, 2021 23:19 Mitsu kayaknya emang bener-bener nerapin textbook business econ/marketing dimana varian rendah dibuat menderita supaya konsumen beli varian tertinggi.
Nah klo urusan ac belakang saya gak coba kemarin :mky_01: tp di mobil saya di rumah gak ada bau sih.

Padahal tuh tipe sport paling fitur gak beda beda amat, tapi looksnya jadi kesan polos gitu kadang ngaruh buat pembeli sih. Padahal tinggal ganti velg :mky_01:

Terus yang laku tipe tertinggi biar resale value yang tipe tertinggi lebih bagus akhirnya orang beli tipe tertinggi biar gampang dijual kembali bukan karena liat fitur lengkap :mky_01:

Makin tinggi resale value tuh kadang bikin galau juga orang beli bekas apa baru, ujungnya boost penjualan unit baru lagi.

Kayak saya dulu mau ambil Sport seken begitu liat harga baru promo harganya oke akhirnya ya beli baru :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by biznatch »

Pboyz97 wrote: Sun Dec 12, 2021 4:04 nah, bagian yg saya bold saya setuju om, kebetulan saya juga mantan pengguna xpander 2017, salah 1 alesan saya jual xpander saya selain karena udh ada crv turbo yg 7 seater dirumah ya karena 2 itu, tarikan bawahnya agak kurang, di tanjakkan agak ngeden kalo diisi full load, mesti dioper ke L atau 2 dulu baru ada tarikannya, masih jauh lebih responsif mobilio tarikannya walaupun CVT , kebetulan saya cukup sering nyetir mobilio punya temen hehehe , sm lampu bawaannya gak terang, cuma kebetulan dulu udh saya ganti full led mulai dari headlamp sampe foglamp, hasilnya sih cukup memuaskan, cukup jauh bedanya dari halogen standarnya. kalo shock bocor sih hoki2an ya, punya saya dulu sampe dijual tahun 2020 lalu gaada masalah yg aneh, cuma ac yg gak dingin aja gara kompresor acnya udh modar, padahal umur baru 2 tahun km 20 rb :big_slap: sm idle up doang, sisanya masih aman2 aja. btw sekarang pake mobil apa om kalo boleh tau? hehehe
Kemaren saya ganti juga ke LED phillips tapi masih kurang puas, jauh kalo dibandingin sama LED bawaan rush. Kalo idle up saya juga ngalamin, tapi solved di service pertama langsung diupdate oleh beres.

Sekarang lagi gak pake mobil, om. kebetulan lagi ambil S2 di LN. rencananya sih pas pulang tahun depan mau ambil new hrv kalo masih di bawah 400jt. tapi kalo udah di atas 400 sekalian ambil crv turbo atau dakar aja. boleh tau review kenyamanan crv turbonya kalo dibandingin xpander, om? soalnya salah satu poin yang puas banget pake xpander ya nyaman dan leganya buat keluarga di baris belakang.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by biznatch »

ChZ wrote: Sun Dec 12, 2021 4:52
biznatch wrote: Sat Dec 11, 2021 23:19 Mitsu kayaknya emang bener-bener nerapin textbook business econ/marketing dimana varian rendah dibuat menderita supaya konsumen beli varian tertinggi.
Nah klo urusan ac belakang saya gak coba kemarin :mky_01: tp di mobil saya di rumah gak ada bau sih.

Padahal tuh tipe sport paling fitur gak beda beda amat, tapi looksnya jadi kesan polos gitu kadang ngaruh buat pembeli sih. Padahal tinggal ganti velg :mky_01:

Terus yang laku tipe tertinggi biar resale value yang tipe tertinggi lebih bagus akhirnya orang beli tipe tertinggi biar gampang dijual kembali bukan karena liat fitur lengkap :mky_01:

Makin tinggi resale value tuh kadang bikin galau juga orang beli bekas apa baru, ujungnya boost penjualan unit baru lagi.

Kayak saya dulu mau ambil Sport seken begitu liat harga baru promo harganya oke akhirnya ya beli baru
:big_biglaugh:
Yes betul bgt om. saya tipe orang yang sebelum beli barang hitung2anya panjang bgt. pengen rasanya nerapin tips personal finance orang2 luar negeri yang selalu beli mobil seken biar gak rugi depresiasi. tapi setelah itung2, depresiasi mobil di indo lumayan kecil. suv model pajero/fortuner/crv cuma sekitar 8% per tahun, sementara mobil menengah mainstream macem avanza/xpander/hrv di sekitar 10% pertahun (patokan harga jual ke dealer mobkas, kalo jual ke user nilainya lebih kecil lagi). Dengan depresiasi segitu, jelas lebih logis beli mobil baru.