2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

Waktu pertama mendengar Xpander di facelift lagi, saya agak bingung, lalu ngitung kalender inget - inget kapan pertama Xpander muncul :

2017...

sekarang 2021, yang artinya mobil ini "masih" 4 taun, dan cukup mengagetkan.
IMG_20170818_105119.jpg
Xpander first debut di 2017

Rasanya baru aja liat Xpander facelift dan belum lama liat Xpander Cross, juga rasanya hampir lupa mobil ini punya kembaran, sekarang di tahun ke-4 Mitsubishi udah keluarin facelift yang agak "major".

Image
what kind of abomination is this...

Image

Sebetulnya kalo liat siapa partner aliansi Mitsubishi sekarang, ini gak beda dengan dulu Livina L10 yang hampir tiap taun facelift sebelum ganti ke L11, termasuk ganti se transmisi-transmisinya, biarpun L10 ke L11 itu span nya agak lama, dibanding Xpander yang rasanya sampe hari ini beberapa orang masih berusaha mencerna bentuknya.

dan voila! Xpander (akhirnya) pakai CVT. told ya, semua akan CVT pada waktunya :upss: bahkan boleh dibilang MMKSI cukup banyak memberi ubahan pada Xpander MY2021 ini. Boleh lah dibilang ini Xpander generasi 1.5, seperti Livina L10 ke L11.

Sayangnya pamor Xpander MY2021 ini agak tenggelem karena market sedang heboh dengan "sang penguasa pasar" yang akhirnya ganti model dan ganti powertrain setelah perkasa hampir 20 tahun berkuasa dengan format yang sama - albeit generasi barunya tidak laku-laku amat sepertinya sampe hari ini cuma liat itungan jari, alias cuma laku diomongin netijin dan tim mendang-mending-tapi-gak-beli-juga :upss:

Image
Mobil yang rame diomongin tapi hmmm....

Dan liat beberapa member di sini sudah banyak ulas new avanza/xenia.... saya pun mengambil langkah dengan mengulas mobil yang nyaris tenggelem pamornya ini.....

Rasa penasaran saya mengarahkan setir Honda Civic saya ke dealer Mitsubishi terdekat setelah makan siang, dan tentu saja berbekal pengalaman sebagai fellow user Xpander jadi saya sangat hafal dengan karakteristik luar-dalam dari Xpander :upss:
IMG20211208140914.jpg
Mitsubishi Motors : The Culprit of Overstyled Design Trend

Bahasa marketing Mitsubishi Motors belakangan ini diberi nama dynamic shield, walaupun sebenarnya itu hanya penghalusan saja karena dynamic shield mungkin diterjemahkan Mitsubishi Motors sebagai excessively-overstyled-and-oversized. Seperti yang kita lihat di ANPS dan Xpander tentu saja, selama 5 taun belakangan.
IMG20211208140709.jpg
IMG20211208140814.jpg
IMG20211208140730.jpg
Dan Xpander baru ini tak terkecuali, walau harus saya akui Xpander yang ini lebih konsisten garis bodinya daripada Xpander lama saya yang depannya tajem tapi belakangnya bulet. Design department Mitsubishi sepertinya menyisakan bagian belakang gak nyambung supaya bisa direvisi di facelift ini. Mobil ini walau hanya facelift tapi terlihat lebih kotak, lebih tegas, dan lebih.... heboh.
IMG20211208140743.jpg
Kehebohan tentu saja terlihat dari desain lampu depan yang lagi-lagi overstyled, ditambah unit tes ini punya bodykit yang excessively overstyled macem mau turun ke WRC. Mungkin inspirasinya dari Xpander AP4 biar yang nyupir seperti lagi resing, apalagi marketing mitsubishi suka banget referencing ke motorsport, yang ironisnya, disukseskan oleh produk yang mereka tidak lagi jual bahkan bunuh dengan sadis karena ingin membuat SUV listrik dan memindahkan nama sakral itu ke SUV listrik.... how ironic.
IMG20211208140748.jpg
Image

Kehebohan lain ada pada..... dimensi mobil ini. Dimana saya tuh udah ngerasa Xpander lama dijejerin sama CR-V Turbo rasanya gak kalah gede ini mobil cuma kalah lebar doank. Dan apa yang dilakukan Mitsubishi ? Membuat saya makin sedih liat betapa tidak masuk akalnya pertambahan dimensi LMPV dalam 10 tahun terakhir. Apalagi lihat Avanza yang dulu enak karena dimensinya compact hanya berkisar 4.1 meter, sekarang sudah ikut-ikutan nambah melar juga jadi 4.4 m.

Panjang mobil ini di brosurnya tertulis : 4595 mm! artinya 120mm lebih panjang daripada Xpander lama (4475mm). Lebarnya 1750mm bertambah lebar 20mm dari yang lama. Ini sudah nyaris mobil ganti generasi sih. Setelah saya amati bagian mana yang makin panjang…. ternyata mobil ini boros di muka. Jika kita lihat mobil ini dari samping memang tidak terlihat se-”pesek” Xpander lama. Memang lebih stylish dan streamlined but…. 12cm hanya di facelift itu enormous.
IMG_20190529_161354.jpg
IMG20211208140722.jpg
Dengan dimensi seperti ini, artinya secara resmi Xpander sudah masuk ke ukuran medium MPV! Karena jika dibandingkan dengan Honda CR-V Turbo, panjang Honda CR-V hanya 4584mm. masih 11mm lebih pendek. So enormous.

Apakah ini persiapan MMKSI untuk menghadapi Innova front wheel drive nantinya ? Xpander akan diberi mesin lebih kuat lagi? Heaven knows.

Keeping the Winning Team, and Always Better.

Yang lebih terasa lagi perubahannya adalah sektor dashboard dan cluster meter. New Xpander memiliki interior yang nyaris totally redesigned hanya menyisakan gear lever saja yang tidak diubah. Dash nya kini makin didominasi garis lurus tegas, dan yang menyenangkan : mobil ini dashnya lebih pendek dari old Xpander jadi kap mesin (yang makin heboh) itu juga makin jelas terlihat membentang di depan. As if Mitsubishi mendesain dash ini in-line dengan tinggi kap mesin.
IMG20211208142531.jpg
Setir nya punya kesan sangat besar, liat setir yang lama itu jadi kayak mainan. Tapi buat high speed driving jujur ukuran setir besar ini justru lebih pas, dan saya cukup suka modelnya daripada model setir Xpander lama yang cupu seperti Mirage dulu. Ini lebih seperti setir Lancer Evolution X.

Head unitnya juga sangat keren. Lebih gede, tapi entah kenapa tidak keliatan gak nyambung kayak layar tempelan. Cuma kalo interface cenderung sederhana dan nggak fancy. Tapi whatever kalo fitur mah biar kaum mendang-mending-tapi-gak-beli-juga yang bahas. Not my cup of tea

Image

The rest rasanya gak terlalu berubah… cabin space ya gitu-gitu aja sama krn yang tambah panjang moncongnya. semua posisi buttons nya saya sudah hafal krn sehari-hari sudah pake. Oiya mobil ini punya fitur auto start stop (AS&G) yang waktu saya coba gak pernah aktif. Mungkin habis dibejek jadi gak mau nyala fiturnya.

CVT is Better, and It WILL Always Be

So… ke aspek teknikal.

Mesin masih sama 4A91 1.5 liter yang….. performanya sangat medioker itu. Apalagi digabungkan dengan body yang 100 kg lebih berat dari kompetitor dengan figur horsepower dan torque mirip dan transmisi yang mirip pula jenisnya. Gak heran 0-100 figure nya cupu abis padahal udah dibantu FWD sementara kompetitornya RWD walau dibully kaleng rombeng tapi larinya gak boleh dipandang remeh (old avanza veloz).

Tetapi kali ini ada 1 kebaruan : transmisinya CVT yang katanya lemot dan gak awet. Konon katanya ini adalah Jatco CVT7 yang sama dengan L11 Livina dan Mirage, menggantikan girbok 4AT yang gak kenceng-kenceng amat tapi untungnya irit itu juga.

Image

Start mobil dan wow… masih sangat familiar dengan engine start note dan posisi duduk (yang anehnya height adjusternya masih tipe puter puter itu, ntah kenapa ini kayak kelewat dari notes revisi desain tim engineer). Setir tilt dan telescopic is a good thing walaupun jujur saya gak ngerti apa karena mobil ini tambah tinggi ground clearancenya, posisi duduknya agak lebih tinggi dari Xpander lama (yang udah tinggi). Udah saya atur-atur tetep posisi duduk saya gak bisa liat speedometer dengan nyaman.

Oh iya kebetulan mobil ini dapet ban yang sama dengan Xpander yang saya pake, the hateful Dunlop Enash*t. Jadi klaim mitsubishi soal kekedapan bisa diadu di sini secara fair. Selain itu, pertama jalanin pun feel setirnya sangat mirip.

Pertama yang saya penasaran tentu saja adalah gimana CVT bekerjasama dengan engine yang powernya pas-pasan untuk badan segendut ini. Kalo karakteristik engine nya kurang lebih sih mirip-mirip aja.

Pertama kalau ada yang bilang CVT lebih lemot berarti entah orang itu : kalo nyetir gak pernah naik tanjakan dan lari di atas 30 km/jam yang sering saya klaksonin krn jadi lanehogger, gak pernah naik Xpander sebelumnya - atau memang cuma gak suka CVT tanpa dasar aja. Karena CVT di Xpander ini justru malah banyak memperbaiki kelemahan di 4-speed lamanya.

Bagi yang terbiasa dengan old Xpander akan ingat bahwa pembagian rasio gigi di 4AT nya itu sungguh aneh tapi nyata - gigi 1 nya terlalu kasar, gigi 2-3 terlalu dekat, gigi 4 nya drop lagi. Jadi ketika cruise di gigi 4 kita mau nyalip kendaraan lain mesti injek kickdown supaya trigger transmisi pindah ke gigi 1 buat multiply torsi. Nanjak harus masuk OD supaya tidak masuk 4 dan torsinya drop.

Mitsubishi mau membuat mobil ini hemat (dan factually memang hemat sekali untuk badan segendut itu dan mesin sekecil itu), tapi caranya adalah kasih gigi yang jauh-jauh, yang sangat tidak pleasant untuk perjalanan luar kota musti salip-salip truk.

Di Xpander CVT ini, well, initial response nya tidak terlalu agresif - yang malah justru memberi kesan halus di pengendaraan, tapi justru tidak memberi kesan jerking waktu takeoff seperti Xpander lama yang waktu takeoff kayak lompat, begitu pindah gigi 2 jadi males malesan mobilnya. Overall rasanya lebih flat, tapi lebih baik. CVTnya juga diprogram supaya melakukan stepped mode sehingga tidak “infinite nguuuuuuuuuuuu” dan memberi kesan agak agresif waktu akselerasi. Yang jelas definitely akselerasinya sangat improve, paling tidak saya bisa guarantee kalo sampai 100 km/jam ia agak signifikan peningkatannya, dan ini terbukti di beberapa pengetesan ia 1 detik lebih cepat dari Xpander 4AT lama. So, CVT lemot?

Waktu kita kickdown dari cruise pun CVT ini tidak bisa dibilang yang terlalu brilian seperti CVT di Mobilio, ia akan slip agak lama tapi definitely tidak memberi jeda yang menyebalkan seperti di 4AT. Minimal, tidak perlu kickdown terlalu dalam hanya untuk nyalip.

Lalu untuk kenyamanan… Naiknya ground clearance ke 220 mm mungkin memberi ketakutan bahwa mobil ini akan sangat limbung karena bawaan juga limbung yang dulu padahal cuma 205 mm.

Tapi tidak. Justru sebaliknya. Damper mobil ini malah terasa lebih firm, lebih mantap, lebih tidak ngayun dibanding Xpander lama, dan saya bisa konfirmasi karena lokasi pengujiannya ada di jalan pavingblock yang saya sangat kenali sekali dan sukses bikin orang semobil ngomel tiap lewat jalan ini, tiap naik Xpander lama seperti naik jungkat-jungkit dilempar-lempar.

Di yang baru, rasa lompat-lompat itu masih ada sedikit, tapi tidak signifikan. Saya pikir mungkin ini efek dari shock absorber dibuat lebih agresif sedikit supaya meredam lebih cepat. Secara suspensi depannya pun tidak lagi berisik - walaupun saya gak tau kalo dipake 5 tahun akan gimana. Yang jelas kalau mobil ini diberi ban premium seperti Primacy 4, yakin sekali naikannya bisa sangat refined.

Dugaan saya ini adalah suspensi Xpander cross yang dipasangkan ke sini, dan melihat Xpander cross yang nyaris tidak ditambahi apa-apa, sepertinya memang Xpander cross itu dari awal adalah Xpander complete version - dan Xpander 2021 ini adalah Xpander Cross tanpa popok anehnya itu. So, agak pointless sebenarnya beli Xpander Cross 2021 karena ground clearance nya sama aja.

Lalu kekedapan yang diklaim lebih kedap…. walaupun Xpander lama itu juga sudah kedap. Tapi memang terasa road noisenya berkurang agak signifikan dengan ban yang sama dan lebih tipis profilnya… mengingat mobil ini pakai profil lebih tipis.

Not a Leap, but Definitely Improved

Saya tidak tau apakah Xpander baru ini sebuah langkah "kaget" Mitsubishi untuk menghadang Veloz baru, mengingat sebenarnya most parts di Xpander ini juga recycled dari old products, atau memang kebetulan aja dibarengin launchingnya. Tapi yang jelas Toyota dan Mitsubishi seperti memang bersaing sengit di 2 produk : Avanza/Veloz vs Xpander, dan Fortuner vs Pajero.

It's still the same Xpander, but better. Beberapa kelemahan kunci di Xpander lama beneran di-resolve di Xpander baru ini. Tidak hanya sekedar jualan kosmetik atau gimmick fitur kesukaan tim mendang-mending.

Price tag mobil ini 303 juta rupiah minus diskon PPnBM jadi sekitar 280 juta-an… harga yang mahal tapi kalau kita ingat.... sebenarnya harga ini gak beda jauh dengan Xpander lama.

Kalau ingat dulu Xpander lama yang Ultimate harganya juga 270 juta-an, rasanya boleh dibilang harga 280 juta itu gak mahal. Karena Xpander lama belum kena sulapan diskon PPnBM.

So yes, it’s worth it. Kalau mau beli tipe bawahnya Sport jelas lebih worth it lagi, toh yang penting di Xpander baru hanya CVT dan suspensinya saja. Velg jelek bisa lah diganti.

Tapi sebagai pengguna Xpander lama, apakah worth it untuk upgrade ke Xpander 2021 ? Seperti biasa jawabannya adalah : nope. Bagaimanapun kedua mobil ini secara mendasar adalah mobil yang sama. Tidak akan terasa terlalu upgrade dari Xpander lama ke Facelift ini.

Xpander facelift ini akan terasa sangat worth it ketika kita akan beralih dari mobil LCGC atau avanza / ertiga lama, Innova lama ? Well yes kalau Innova gasoline, mungkin? Paling tidak sama lemotnya dapet iritnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by romi10 »

Innova diesel lama berarti ga wort it ganti expandir baru ya :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

romi10 wrote: Thu Dec 09, 2021 7:24 Innova diesel lama berarti ga wort it ganti expandir baru ya :big_think:
kalo 2KD engine nya ngga rencana diutak atik sih... GNKI standar itu mau bensin diesel kan bukan mobil yang gimana gimana udah terlalu outdated juga. performance nya juga beti. orang di sini suka saranin 2KD/2GD kan karena mindsetnya mau utak atik mesin.

ya paling biaya bbm bengkak dikit soalnya pake pertalit vs solar 5150
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by satriakarisma »

Makasih review-nya Om Chris.
Kapolda naksir banget sama ini mobil, kayanya sport atau gls juga cukup. Kl ultimate sepertinya terlalu overprice ya.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Zaxis »

Wah sekarang pake cvt,bikinan jatco pula
Siap2 ganti segelondongan juga ga nih?

Combo lagi pake epb
Kalo tiba2 ngambek di antah berantah gimana itu?
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by kenop »

satriakarisma wrote: Thu Dec 09, 2021 7:58 Makasih review-nya Om Chris.
Kapolda naksir banget sama ini mobil, kayanya sport atau gls juga cukup. Kl ultimate sepertinya terlalu overprice ya.
Kl sport kayaknya hrs ada xtra budget buat ganti velg :mky_03:

Agak jomplang ya design body sm velg nya, kayak ke kondangan uda pake jas bawah nya sendal jepit :big_biglaugh:

Heran kenapa begitu design velg nya sport ke bawah, kayak "dipaksa" buat ambil ultimate
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by ChZ »

Zaxis wrote: Thu Dec 09, 2021 8:24 Wah sekarang pake cvt,bikinan jatco pula
Siap2 ganti segelondongan juga ga nih?

Combo lagi pake epb
Kalo tiba2 ngambek di antah berantah gimana itu?
gak tau kl jatco cvt7 gen ini ya mbah, hrsnya minimal ada improvement tapi entahlah orang ni mobil aja isi partnya gado gado mesin dari 2003 masih single VVT, CVTnya jangan2 juga ikut desain lama.

catastrophy banget sih kalo gitu. iya jg mana EPB mitsu hobi error kaya trit yang ANPS waktu itu :ungg: pdhl yang saya suka tu narik handbrake xpander saya enak banget solid gitu.
kenop wrote: Thu Dec 09, 2021 8:29
satriakarisma wrote: Thu Dec 09, 2021 7:58 Makasih review-nya Om Chris.
Kapolda naksir banget sama ini mobil, kayanya sport atau gls juga cukup. Kl ultimate sepertinya terlalu overprice ya.
Kl sport kayaknya hrs ada xtra budget buat ganti velg :mky_03:

Agak jomplang ya design body sm velg nya, kayak ke kondangan uda pake jas bawah nya sendal jepit :big_biglaugh:

Heran kenapa begitu design velg nya sport ke bawah, kayak "dipaksa" buat ambil ultimate
si tiga berlian mah suka gitu om. kyk ANPS keluaran awal yang exceed velgnya dibikin jelek dan equipmentnya dibikin sedih biar orang ambil dakar semua :ungg:

yang mau interior item dipaksa ambil cross kali. abis dulu orang mau xpander interior item gak beli ultimate akhirnya beli seport. :big_biglaugh: skrg cross interiornya item.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by adty »

Pengen ganti setirnya ke Outlander Sport :big_cry:

Rasa2nya kok lebih worth it ini ya daripada trio astra :ungg:

Oiya rasa CVTnya kayak OS ga om? OS yang lebih kecil tapi lock up di rpm bawahnya berat uy
Penikmat roti tawar beroda
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Profith83 »

Wow review mantap om Chz.

GNKI diesel memang badak mesinnya dan mantap. rugi kalau dijual ganti bensin CVT.
1500 bensin CVT NA sudah ada 2 ekor, tidak lemot tapi untuk tanjakan agak kurang.
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by fenrir »

ini driver assistnya yang canggih-canggih blum ada ya? kamera 360 ada?
ChZ wrote: Thu Dec 09, 2021 7:07 Innova lama ? Well yes kalau Innova gasoline, mungkin? Paling tidak sama lemotnya dapet iritnya.
hahaha, kena sekali, apalagi innova matic gasoline.
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by mr_mytplx »

Zaxis wrote: Thu Dec 09, 2021 8:24 Wah sekarang pake cvt,bikinan jatco pula
Siap2 ganti segelondongan juga ga nih?

Combo lagi pake epb
Kalo tiba2 ngambek di antah berantah gimana itu?
wah iy jatco. bikin hati ga tenang aja. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by fajarrian »

iya banget ratio gear xpander AT aneh banget, di xpcross saya setelah remap torsinya gabisa linear naik terus, malah ada dropnya begitu dia shifting ke gigi 2, tapi jadi lebih enak sih jauh setelah remap, apalagi stop n go macet2an


IMG_3689.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by KielConstantine »

Yeayy ada review mobil baru lagi… :upss:

Kalo dijejerin dari semua CVT (toyota / honda / mitsu) yg paling resing & robust dari buatan honda ya cris ? Plus daya tahan klo dimodif nambah torsi gede …
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9624
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Thu Dec 09, 2021 9:55 Yeayy ada review mobil baru lagi… :upss:

Kalo dijejerin dari semua CVT (toyota / honda / mitsu) yg paling resing & robust dari buatan honda ya cris ? Plus daya tahan klo dimodif nambah torsi gede …
Klo jawabannya iya.
Wajar, krn sejak GD3 honda ngembangin CVT in house, until now.. :mky_04:

___________

Dan emang benar, kelemahan 4AT ini klo buat naik gunung, aduh painful banget.
Gearshiftnya terlalu sering 1 2 1 2 1 2, gak nyaman jadinya.
Krn 1 ke 2 terlalu jauh jarak drop rpm nya.

Any CVT mesin kapasitas kecil enak buat nanjak, bisa jaga torsi dan power optimal atau mau maksimal.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by kenop »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 11:00
KielConstantine wrote: Thu Dec 09, 2021 9:55 Yeayy ada review mobil baru lagi… :upss:

Kalo dijejerin dari semua CVT (toyota / honda / mitsu) yg paling resing & robust dari buatan honda ya cris ? Plus daya tahan klo dimodif nambah torsi gede …
Klo jawabannya iya.
Wajar, krn sejak GD3 honda ngembangin CVT in house, until now.. :mky_04:

___________

Dan emang benar, kelemahan 4AT ini klo buat naik gunung, aduh painful banget.
Gearshiftnya terlalu sering 1 2 1 2 1 2, gak nyaman jadinya.
Krn 1 ke 2 terlalu jauh jarak drop rpm nya.

Any CVT mesin kapasitas kecil enak buat nanjak, bisa jaga torsi dan power optimal atau mau maksimal.
Ini sy br ngerasain nih pas bbrp mgg lalu ke bandung - lembang trs cianjur - puncak, hadeehh 1 nya pendek, begitu masuk 2 rpm drop, trs dia balik lg ke 1 kl gas nya nanggung

Pas TD kan ga tes rute nanjak2 gitu hahaa.. tp untung seringan dalem kota sih jd ga gt masalah..

CVT di vios gen 3 agak aneh sih, belet bgt puteran bawah nya, bs2 kayak ampir ga mau nanjak apa lg kl sampe berenti di tengah tanjakan

Emg kl rute luar kota banyak nanjaknya enak pake 2500 cc ke atas, cc ga boong :D
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9624
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Suryaputra »

kenop wrote: Thu Dec 09, 2021 11:40
Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 11:00
KielConstantine wrote: Thu Dec 09, 2021 9:55 Yeayy ada review mobil baru lagi… :upss:

Kalo dijejerin dari semua CVT (toyota / honda / mitsu) yg paling resing & robust dari buatan honda ya cris ? Plus daya tahan klo dimodif nambah torsi gede …
Klo jawabannya iya.
Wajar, krn sejak GD3 honda ngembangin CVT in house, until now.. :mky_04:

___________

Dan emang benar, kelemahan 4AT ini klo buat naik gunung, aduh painful banget.
Gearshiftnya terlalu sering 1 2 1 2 1 2, gak nyaman jadinya.
Krn 1 ke 2 terlalu jauh jarak drop rpm nya.

Any CVT mesin kapasitas kecil enak buat nanjak, bisa jaga torsi dan power optimal atau mau maksimal.
Ini sy br ngerasain nih pas bbrp mgg lalu ke bandung - lembang trs cianjur - puncak, hadeehh 1 nya pendek, begitu masuk 2 rpm drop, trs dia balik lg ke 1 kl gas nya nanggung

Pas TD kan ga tes rute nanjak2 gitu hahaa.. tp untung seringan dalem kota sih jd ga gt masalah..

CVT di vios gen 3 agak aneh sih, belet bgt puteran bawah nya, bs2 kayak ampir ga mau nanjak apa lg kl sampe berenti di tengah tanjakan

Emg kl rute luar kota banyak nanjaknya enak pake 2500 cc ke atas, cc ga boong :D
Wah klo different CC beda cerita.
Apalagi 2.4L ke atas, udh effortless lah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by b0ku »

kenop wrote: Thu Dec 09, 2021 11:40
Ini sy br ngerasain nih pas bbrp mgg lalu ke bandung - lembang trs cianjur - puncak, hadeehh 1 nya pendek, begitu masuk 2 rpm drop, trs dia balik lg ke 1 kl gas nya nanggung

Pas TD kan ga tes rute nanjak2 gitu hahaa.. tp untung seringan dalem kota sih jd ga gt masalah..

CVT di vios gen 3 agak aneh sih, belet bgt puteran bawah nya, bs2 kayak ampir ga mau nanjak apa lg kl sampe berenti di tengah tanjakan

Emg kl rute luar kota banyak nanjaknya enak pake 2500 cc ke atas, cc ga boong :D
coba pake alphard 2.4 boss :big_biglaugh:

cc gak boong kalo mobilnya enteng kalo mobilnya berat ya sama aja boong juga :big_biglaugh:

balik lagi tergantung setelan kalo 1500cc sedan atau hatch harusnya cukup kok kalo power deliverynya bagus saya pake brio 1.2 matic aja keliling bali semua jalur gunung dilibas effortless tapi isinya cuma 2 orang :big_biglaugh:

malah dulu saya bawa pajero dakar jalur cianjur puncak cuma be 2, pajero saya di bantai mobilio :big_slap:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by kenop »

b0ku wrote: Thu Dec 09, 2021 13:31
kenop wrote: Thu Dec 09, 2021 11:40
Ini sy br ngerasain nih pas bbrp mgg lalu ke bandung - lembang trs cianjur - puncak, hadeehh 1 nya pendek, begitu masuk 2 rpm drop, trs dia balik lg ke 1 kl gas nya nanggung

Pas TD kan ga tes rute nanjak2 gitu hahaa.. tp untung seringan dalem kota sih jd ga gt masalah..

CVT di vios gen 3 agak aneh sih, belet bgt puteran bawah nya, bs2 kayak ampir ga mau nanjak apa lg kl sampe berenti di tengah tanjakan

Emg kl rute luar kota banyak nanjaknya enak pake 2500 cc ke atas, cc ga boong :D
coba pake alphard 2.4 boss :big_biglaugh:

cc gak boong kalo mobilnya enteng kalo mobilnya berat ya sama aja boong juga :big_biglaugh:

balik lagi tergantung setelan kalo 1500cc sedan atau hatch harusnya cukup kok kalo power deliverynya bagus saya pake brio 1.2 matic aja keliling bali semua jalur gunung dilibas effortless tapi isinya cuma 2 orang :big_biglaugh:

malah dulu saya bawa pajero dakar jalur cianjur puncak cuma be 2, pajero saya di bantai mobilio :big_slap:
kmrn sih iringan sama alphard 2.4 kayak nya naiknya entengan yg sana kwkw
alphard isi 6, xpander isi 5, sama2 full barang

xpander nya bukan ngga ada tenaga sih, tapi aneh aja pindah2 gigi nya haha
klo ngga mau turun ke 1 lagi abis shift ke 2 gas terus..

penasaran jg sm yg cvt haha
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by b0ku »

kenop wrote: Thu Dec 09, 2021 13:45
kmrn sih iringan sama alphard 2.4 kayak nya naiknya entengan yg sana kwkw
alphard isi 6, xpander isi 5, sama2 full barang

xpander nya bukan ngga ada tenaga sih, tapi aneh aja pindah2 gigi nya haha
klo ngga mau turun ke 1 lagi abis shift ke 2 gas terus..

penasaran jg sm yg cvt haha
1500 kalo muatan dah 4 orang keatas tuh biasa dah berasa banget ditambah chasisnya ud mulai berasa gak enak :big_biglaugh:

GE8 saya sih lebih kenceng sama lebih bagus handlingnya dari pajero saya cuma kalo muatan ud 5 orang keatas berasa tuh pajero jauh lebih enak lebih dapet tenaganya sama lebih anteng mobilnya :big_biglaugh:

kalo xpander saya belom pernah nyobain sih cuma mitsubishi harusnya lumayan maticnya soalnya 5atnya pajero sih enak2x aja tuningnya :big_smile]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Pboyz97 »

nice review chris, xpander fl ini emg lumayan banyak ubahannya dibanding pfl, terutama fiturnya, kebetulan pernah liat langsung unitnya di GIIAS kemarenm, dibanding xpander pfl yg pernah gw punya sebelumnya bqnya sedikit lebih baik , fiturnya lebih banyak dan desain setirnya juga lebih bagus yg fl ini wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9624
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Dec 09, 2021 13:49
kenop wrote: Thu Dec 09, 2021 13:45
kmrn sih iringan sama alphard 2.4 kayak nya naiknya entengan yg sana kwkw
alphard isi 6, xpander isi 5, sama2 full barang

xpander nya bukan ngga ada tenaga sih, tapi aneh aja pindah2 gigi nya haha
klo ngga mau turun ke 1 lagi abis shift ke 2 gas terus..

penasaran jg sm yg cvt haha
1500 kalo muatan dah 4 orang keatas tuh biasa dah berasa banget ditambah chasisnya ud mulai berasa gak enak :big_biglaugh:

GE8 saya sih lebih kenceng sama lebih bagus handlingnya dari pajero saya cuma kalo muatan ud 5 orang keatas berasa tuh pajero jauh lebih enak lebih dapet tenaganya sama lebih anteng mobilnya :big_biglaugh:

kalo xpander saya belom pernah nyobain sih cuma mitsubishi harusnya lumayan maticnya soalnya 5atnya pajero sih enak2x aja tuningnya :big_smile]
Iya jauh lah
Chassis ladder emg buat angkut muatan berat :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by sintoni »

Nais ripiu Chris.

Ini menurut ane LMPV paling oke lah.

Model eksterior mantep, interior jg oke, fitur jg oke, kenyamanan jg oke.

Image jg paling oke diantara LMPV lain.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Dec 09, 2021 16:04 Iya jauh lah
Chassis ladder emg buat angkut muatan berat :big_biglaugh:
gak juga sih berlaku juga di monocoque kayak CRV ber 12 pake bangku mode lesehan baru berasa chasisnya gak enak, pernah coba???? :big_biglaugh:

kalo ber 7 sih masih anteng2x aja kok :mky_01:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by josomba »

Jadi .....

Untuk kelas mobil LMPV dengan kapasitas kubikasi cenggo, semua akan CVT pada waktunya ya

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Tapi yaa, memang diakui daripada 4AT, ane lebih mending sipiti sih. Idem juga dengan suhu2 di atas, pake sipandir buat nanjak2 bikin gedeg.

Taun lalu ane rental sipandir di pulau dewata, nanjak2 dr ubud mau ke kintamani bikin emosi. Si tranny pindah2 1-2-1-2 kek bingung mau pake gigi mana.
Image
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2021 Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Short Drive

Post by b0ku »

josomba wrote: Fri Dec 10, 2021 1:46 Jadi .....

Untuk kelas mobil LMPV dengan kapasitas kubikasi cenggo, semua akan CVT pada waktunya ya

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Tapi yaa, memang diakui daripada 4AT, ane lebih mending sipiti sih. Idem juga dengan suhu2 di atas, pake sipandir buat nanjak2 bikin gedeg.

Taun lalu ane rental sipandir di pulau dewata, nanjak2 dr ubud mau ke kintamani bikin emosi. Si tranny pindah2 1-2-1-2 kek bingung mau pake gigi mana.
lagian karena isinya cuma 2 gear sama satu pulley ujung2xnya lebih ringan juga sih sama lebih compact :mky_01: