impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3003
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by walid_007 »

halo
terbesit keinginan beli mobil dari jp . setelah melihat lamanya inden berbagai merk disni, dan belum lagi harga yg makin overprice..

bermodal laptop dan waktu luang w searching2 web eksportir mobil dr jp, ya mmg banyak tp yg ini terlihat cukup terpercaya (toh ya term of payment sebisa mungkin LC)
ss web japan.png
dan setelah mengunjungi web bea cukai yg memiliki skema memasukkan mobil
2701a54488e100dacf3f7011e2f46aae-besaran-penyesuaian-menurut-jenis-kendaraan.png
2701a54488e100dacf3f7011e2f46aae-besaran-penyesuaian-menurut-jenis-kendaraan.png (20.99 KiB) Viewed 1508 times
*perhitungan diatas sudah include ppnbm dll


so w ingin sedikit buka topik dgn bbrp opening, barangkali ada members sini yg pengalaman baik direct maupun kawan /kerabat pernah.. bole dong share disiini gmn scene nya :big_smile]

yaa sebenernya bisa si pake IU tp buka harga nya juga udah kagak masuk. toh kita juga udah tau harga di JP include shipping nya masuk brp

:big_childish:
engine roaring!
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1392
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by KielConstantine »

Itu persenan penyesuaian mksdnya gimana ya mbah ?

CC = 1,500 —> 45.20%
CC > 3,000 —> 27,49%


Jadi kalo CC diatas 3000 malah lebih murah bea masuknya apa gimana ? Wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by 12HIS »

Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.

Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini :big_grin:
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by HaykelAdityawarman »

12HIS wrote: 12 Dec 2021, 17:18 Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.

Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini :big_grin:
Klo ga salah impor harus oleh importir yang udah terdaftar. Makanya IU berani ngambil margin gede soalnya tau ga sembarang orang bisa masukin mobil kesini :D

Saya juga nitip sendal, moga diskusinya bisa jadi panjang.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 2GD-FTV AT / 2019 PQ26-6C 1.2 TSI DSG / 2013 GM2 L15A AT / 2004 RB1 K24A CVT / 2003 E46 M54B25 AT
biznatch
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by biznatch »

kayaknya gak bakal sepadan sama pusingnya. saya sih nungguin paket tokoped aja masih suka kesel sama expedisinya, apalagi ini mobil. Belum ditambah berurusan dengan bea cukai yang begitulah....
kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 731
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by kendibocor »

Setau saya harus punya surat ijin import. Kemarin teman beli part2 mobil beberapa kali di jepang aja saat ini pengiriman terakhirnya ditahan di custom, trus diminta surat ijin import. Entah kenapa mungkin sudah brp kali kirim jadi disangka pedagang kali. Kalo masukin mah pasti jauh lebih rumit.
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: 14 Mar 2018, 11:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by 1203L »

mhn maaf ikut nimbrung om, setau ane menurut info temen yg konsultan pajak, impor mobil bekas CBU (used car) oleh orang perseroan gan bukannya msh dilarang ya oleh peraturan Kemenkeu dan Kemendag kecuali CBU new car ato impor bekas ckd #cmiiw :big_peace:
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by 12HIS »

HaykelAdityawarman wrote: 12 Dec 2021, 17:56
12HIS wrote: 12 Dec 2021, 17:18 Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.

Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini :big_grin:
Klo ga salah impor harus oleh importir yang udah terdaftar. Makanya IU berani ngambil margin gede soalnya tau ga sembarang orang bisa masukin mobil kesini :D

Saya juga nitip sendal, moga diskusinya bisa jadi panjang.
Hm pantesan G63 ATPM sama versi IU beda 2 eM lebih :big_slap:
Matur nuwun um🙏
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 723
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by pendoli »

1203L wrote: 12 Dec 2021, 19:38 mhn maaf ikut nimbrung om, setau ane menurut info temen yg konsultan pajak, impor mobil bekas CBU (used car) oleh orang perseroan gan bukannya msh dilarang ya oleh peraturan Kemenkeu dan Kemendag kecuali CBU new car ato impor bekas ckd #cmiiw :big_peace:
Setau saya juga begitu
Plus kalau masukin mobil harus ada uji tipe juga di kementerian perhubungan
Ngga tau deh klo bisa pake ijin yg dah diurus ATPM apan ngga
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by silentIm2 »

Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Past: 1 NZ-FE, EX250-J
Current: GM Z20 NLP
Goldwing888
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: 20 Feb 2014, 16:18

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by Goldwing888 »

silentIm2 wrote: 13 Dec 2021, 08:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
mantab infonya
:mky_02: :mky_02: :mky_02:
User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4601
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by F 272 »

silentIm2 wrote: 13 Dec 2021, 08:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Trims pencerahan nya om :big_peace:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 700
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by kenop »

silentIm2 wrote: 13 Dec 2021, 08:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya :big_peace:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1392
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by KielConstantine »

kenop wrote: 13 Dec 2021, 12:31
silentIm2 wrote: 13 Dec 2021, 08:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya :big_peace:
Iya memang … minimal sekelas alpina B5 estate baru berasa worth wkwkwk

Tapi kg bisa perorangan ya mau ga mau lewat perusahaan yg terdaftar .. dalam hal ini IU ..

Coba skarang bikin thread cara jadi IU gimana? :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 700
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by kenop »

KielConstantine wrote: 13 Dec 2021, 13:32
kenop wrote: 13 Dec 2021, 12:31
silentIm2 wrote: 13 Dec 2021, 08:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya :big_peace:
Iya memang … minimal sekelas alpina B5 estate baru berasa worth wkwkwk

Tapi kg bisa perorangan ya mau ga mau lewat perusahaan yg terdaftar .. dalam hal ini IU ..

Coba skarang bikin thread cara jadi IU gimana? :big_biglaugh:
waduhh klo sy mah masih jauh dr impor mobil, paling2 belanja dari aliexpress :big_biglaugh:
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by darrelund »

kenop wrote: 13 Dec 2021, 12:31
silentIm2 wrote: 13 Dec 2021, 08:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya :big_peace:
sepertinya begitu om :big_biglaugh:

toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill

kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.

civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali :big_biglaugh:

org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja :big_biglaugh:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 700
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by kenop »

darrelund wrote: 13 Dec 2021, 14:07
kenop wrote: 13 Dec 2021, 12:31
silentIm2 wrote: 13 Dec 2021, 08:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya :big_peace:
sepertinya begitu om :big_biglaugh:

toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill

kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.

civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali :big_biglaugh:

org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja :big_biglaugh:
ini jg termasuk yg maksud sy klo ngga spesial2 amat mobil nya sayang bgt beli dari IU..

CHR 850 jt, makasih dahh wkwkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by ChZ »

darrelund wrote: 13 Dec 2021, 14:07
sepertinya begitu om :big_biglaugh:

toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill

kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.

civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali :big_biglaugh:

org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja :big_biglaugh:
intinya, udh pada tau sekarang kenapa harga mobil di sini tuh ngeri-ngeri kan :big_biglaugh:

CBU kena pajak berlapis

CKD gak semua komponennya local content, yang local content pun itu juga bahan baku nya impor. klo cuma produksi besi besi doang sih pabrik lokal udah banyak, tp bahan baku ya impor.

makanya diskon ppnbm sih sebenernya agak gak signifikan pengaruhnya ke harga. cuma memperlambat inflasi harga nya aja.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
mboisker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: 12 Jul 2019, 08:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Contact:

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by mboisker »

Kalo cuma sekedar pajak dan bea masuk itu mungkin mudah.
Jangan lupa masih ada uji SUT dan SRUT, sebagai syarat untuk mengurus BPKB dan STNK.
Kalo ga salah dulu ada lelang Subaru yang belum ada BPKB dan STNK juga mentok karena ga ada SUT dan SRUT.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3003
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by walid_007 »

weww ternyata cukup ribet

mending telpon iu terdekat deh kek nya :ungg:
engine roaring!
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by silentIm2 »

Mohon maaf saya salah quote mengenai uji tipe, ini tarif uji tipe menurut website BPLJSKB (balai pengujian laik jalan dan sertifikasi kendaraan bermotor). Websitenya down terus, jadi dapet dari google cache.

Jenis Uji mobil bensin/diesel
Uji Rem 1.970.000/1.970.000
Uji Lampu Utama 1.050.000/1.050.000
Uji Speedometer 1.900.000/1.900.000
Pemeriksaan Konstruksi 1.850.000/1.850.000
Uji Klakson 900.000/900.000
Pengukuran Berat Kendaraan 870.000/870.000
Pengukuran Dimensi 685.000/685.000
Uji CO-HC 1.300.000/1.800.000
Uji Emisi Gas Buang EURO 2 13.250.000/14.250.000
Total biaya uji mobil bensin/diesel 23.325.000/26.825.000

Di uji tipe pun yg pasti akan dicek sesuai ga dengan undang undang dan peraturan menteri di Indonesia. Pastikan bannya SNI, kalo masih ban luar yg tidak ada logo SNI lebih baik diganti ban lokal. APAR, P3K, segitiga darurat, wajib ada. Untungnya sih di Indonesia syarat safety minimal sekali, ga ada kewajiban sertifikat NCAP misalnya, dan emisi hanya euro 2. Setelah lulus, dapat SUT, yg lalu dipakai untuk menerbitkan SRUT di balai uji masing2 daerah.

saya belum pernah sih kalo ngurus SUT, tapi kira2 gitu gambarannya.

Nah itu bicara mobil di jalan. Tapi kalo bicara fun toy off the road, kayak dirt bike misalnya.. prosesnya ya cukup sampe bea cukai saja selesai. Ga perlu uji tipe.
Past: 1 NZ-FE, EX250-J
Current: GM Z20 NLP
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1432
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by Pugman »

:mky_01:
Lexus LFA ada yang masuk Indonesia ga ya? Ini kayaknya cukup Worth it untuk diimpor.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 997
Joined: 28 Oct 2004, 15:38
Location: Jakarta

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by aspsilver »

kalo import sendiri gampang, udah banyak yang masukkan.


"kalo ini mudah, saya tidak akan jadi terkenal"

Henri Poirot
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by anadzir »

Liat beberapa relasi yg pernah masukin mobil baru maupun 2ndhand dari luar. Semua balik lagi ke "wani piro?" dan "orang dalam" :big_deal:

Pernah ngurus mobil Form A aja bertahun tahun kaga tembus (padahal dokumen lengkap, dok import dari port, release dari pt terkait, dll) dan pas mau ditarik dokumennya berbelit berminggu-minggu. Giliran dijual ke "orang yang tepat", dia kontak ke instansi terkait, 2 hari kemudian langsung keluar itu dokumen.
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU

Post by omenRoo »

punya uang banyak - "aja", gak cukup ya di negeri ini. makanya orang2 rebutan mau jadi pejabat
Post Reply