[NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Post Reply
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 837
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by kenop »

Suryaputra wrote: 11 Mar 2022, 16:19
ChZ wrote: 11 Mar 2022, 14:31
Suryaputra wrote: 11 Mar 2022, 12:28

Yes.
Me too.

Ngisi pertamax minggu2 belakangan ini, ngerasa gejala ngelitik lbh terdengar jadinya (Di spbu yg sama)
Padahal baru ganti oli, air filter, dsb.

Ngeliat pertamax merah harganya makin ngeri wkwkwkw
jgn2 pertalite sekarang = premium.

pertamax = pertalite

iya harga ngga naik, kualitas turun. macem tempe goreng di warteg kedelai naik harganya ngga berubah, porsinya aja tinggal 1/2 :mky_07:

:mky_07:
coklat beng-beng gans :big_biglaugh:

dr belasan thn lalu, harga tetap Rp 1000

ukurannya aja nambah kecil jauh
Beng2 skrg ud 2000 om, dan nambah kecil lagi :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Suryaputra »

kenop wrote: 11 Mar 2022, 16:32
Suryaputra wrote: 11 Mar 2022, 16:19
ChZ wrote: 11 Mar 2022, 14:31

jgn2 pertalite sekarang = premium.

pertamax = pertalite

iya harga ngga naik, kualitas turun. macem tempe goreng di warteg kedelai naik harganya ngga berubah, porsinya aja tinggal 1/2 :mky_07:

:mky_07:
coklat beng-beng gans :big_biglaugh:

dr belasan thn lalu, harga tetap Rp 1000

ukurannya aja nambah kecil jauh
Beng2 skrg ud 2000 om, dan nambah kecil lagi :big_biglaugh:
1000 ada mbah
Di indomaret dan alfah.
Ukuran mini :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 837
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by kenop »

Suryaputra wrote: 11 Mar 2022, 19:24
kenop wrote: 11 Mar 2022, 16:32
Suryaputra wrote: 11 Mar 2022, 16:19

coklat beng-beng gans :big_biglaugh:

dr belasan thn lalu, harga tetap Rp 1000

ukurannya aja nambah kecil jauh
Beng2 skrg ud 2000 om, dan nambah kecil lagi :big_biglaugh:
1000 ada mbah
Di indomaret dan alfah.
Ukuran mini :big_biglaugh:
Oo yg cm segede jempol ya om :big_biglaugh:
Ane kira yg ukuran "normal" wkkwkw

Skrg harus beng2 maxx kl mau ukuran normal :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Suryaputra »

kenop wrote: 11 Mar 2022, 19:26
Suryaputra wrote: 11 Mar 2022, 19:24
kenop wrote: 11 Mar 2022, 16:32

Beng2 skrg ud 2000 om, dan nambah kecil lagi :big_biglaugh:
1000 ada mbah
Di indomaret dan alfah.
Ukuran mini :big_biglaugh:
Oo yg cm segede jempol ya om :big_biglaugh:
Ane kira yg ukuran "normal" wkkwkw

Skrg harus beng2 maxx kl mau ukuran normal :big_biglaugh:
Beng2 maxx harga 1000 itu mah jaman gulung pita kaset :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by MaddMaxx »

https://money.kompas.com/read/2022/03/3 ... -per-liter

wah ternyata yg naek cuma pertamax, berbahaya ini konsumen pertamax bisa jadi pada beralih ke pertalit, trus lama2 kuota subsidi cepet jebol, pertalit langka, trus semua orang terpaksa membantu keuangan pertamini dgn beli pertamax biar ga rugi besar. nice movee :big_grin: :big_peace:

anyway kenapa kemarin2 pas harga minyak $20an kok bbm ga turun yah? eh skrg giliran harga minyak naik cepet banget naikinnya. apa gak bisa ya subsidi silang gitu? apa om2 disini ada yg paham gimana skema bisnis pertamini?

sy bandingin sm pln aja nih yg juga konsumen batubara dan minyak yg harganya melambung jg, tp tarif listrik tetep aman2 aja tuh ga naek2 :big_think: :big_think:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2016
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by ilhami »

sebenarnya tarif listrik juga mau naik.
Kalau batubara nggak dipakai langsung ke masyarakat jadi lebih mudah ngaturnya, cukup dicekal perusahaan nya
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 872
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Zaxis »

Efek perang harga minyak naek semua,uraa
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.

Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2272
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by b0ku »

Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 12:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.

Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
KALO orang kita sadar oktan sebenernya solusinya gampang banget LCGC 660CC turbo city car 1.0turbo pake pertamax dijamin irit bangeet torsi masih dapet :big_okay:

gak butuh mobil yang pake batre yang ngurangin reability dan cuma nambah2xin masalah :big_bored:

masalahnya orang sini maunya bensin murah :big_bored:
alexand
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by alexand »

kalo katanya mau ngurangin emisi (bukan nyari cuan) yah gampang banget
hapus aja premium dan pertalite, tapi pertamaxnya di subsidi sampe jadi harga 8000 :mky_02:

kalo masih muter2 ngomongnya ya berarti masih mau nyari cuan pake alibi emisi lingkungan :mky_03:
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by thestoneroses »

Pagi ini mengisi tembus 1,1 haha.
Kayaknya kalau besok-besok diisi pertalite nda masalah nih, mobil 90an ini ya.

Jebol jual
Ron Asheton Forever
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

b0ku wrote: 01 Apr 2022, 13:07
Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 12:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.

Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
KALO orang kita sadar oktan sebenernya solusinya gampang banget LCGC 660CC turbo city car 1.0turbo pake pertamax dijamin irit bangeet torsi masih dapet :big_okay:

gak butuh mobil yang pake batre yang ngurangin reability dan cuma nambah2xin masalah :big_bored:

masalahnya orang sini maunya bensin murah :big_bored:
Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHAL :big_grin:
alexand
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by alexand »

Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 13:24
Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHAL :big_grin:
innova diesel solusi yg hampir memenuhi semua kriteria di atas :mky_02:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1682
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by KielConstantine »

Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 13:24 Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHAL :big_grin:
Ada tuh… jawabannya the one and only

Toyota Innova Diesel :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1682
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by KielConstantine »

thestoneroses wrote: 01 Apr 2022, 13:24 Pagi ini mengisi tembus 1,1 haha.
Kayaknya kalau besok-besok diisi pertalite nda masalah nih, mobil 90an ini ya.

Jebol jual
Mobil apaan om ? Mercedes V12 ya ? :mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

alexand wrote: 01 Apr 2022, 13:27
Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 13:24
Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHAL :big_grin:
innova diesel solusi yg hampir memenuhi semua kriteria di atas :mky_02:
Mobil terpaporit :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

KielConstantine wrote: 01 Apr 2022, 13:30
Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 13:24 Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHAL :big_grin:
Ada tuh… jawabannya the one and only

Toyota Innova Diesel :mky_07:
Dia lagi, dia lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2272
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by b0ku »

Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 13:24
Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHAL :big_grin:
BELI J80 diesel om kayak property dulu 180jt 10th lalu 270an taon kemaren 400-500 taon ini ud 700jtan :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2016
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by ilhami »

Luhut Beri Sinyal Harga Pertalite dan Gas 3 Kg Akan Naik


https://finance.detik.com/energi/d-6011 ... -akan-naik
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

b0ku wrote: 01 Apr 2022, 13:48
Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 13:24
Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHAL :big_grin:
BELI J80 diesel om kayak property dulu 180jt 10th lalu 270an taon kemaren 400-500 taon ini ud 700jtan :big_biglaugh:
Ini mobil koleksi, rare item, yang jual buka harga suka-suka.
Dibayarin syukur, gak dibayarin di keep terus harganya gak turun juga. Memang cocok buat investasi, mbah.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by thestoneroses »

KielConstantine wrote: 01 Apr 2022, 13:31
thestoneroses wrote: 01 Apr 2022, 13:24 Pagi ini mengisi tembus 1,1 haha.
Kayaknya kalau besok-besok diisi pertalite nda masalah nih, mobil 90an ini ya.

Jebol jual
Mobil apaan om ? Mercedes V12 ya ? :mky_03:
Sama aja oom, enam dan dua belas kan tangkinya 105 juga.
Diisi apapun sama-sama boyo juga ha ha ha
Ron Asheton Forever
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Syauqi »

Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 12:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.

Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
Setuju nih,

Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.

Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h

Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede :big_biglaugh:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

Syauqi wrote: 06 Apr 2022, 13:40
Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 12:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.

Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
Setuju nih,

Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.

Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h

Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede :big_biglaugh:
Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by evanbngdor »

Or4cle wrote: 06 Apr 2022, 16:27
Syauqi wrote: 06 Apr 2022, 13:40
Or4cle wrote: 01 Apr 2022, 12:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.

Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
Setuju nih,

Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.

Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h

Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede :big_biglaugh:
Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
CC kecil itu bisa irit, asal... kita ngikutin mesin bukan mesin ngikutin kita. Mobil apapun begitu sih kalo tenaga pas2an ya jangan [cencored] nyetirnya, kencengnya ngga dapet, borosnya selangit
:mky_03:

Xenia 1.0 gen 2 itu ngga lebih irit drpd innova vvti kalo cruising di tol, karena xenia di 100 km/jam itu RPM nya 4000 lebih, innova ngga sampe 3000
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

evanbngdor wrote: 06 Apr 2022, 17:07
Or4cle wrote: 06 Apr 2022, 16:27
Syauqi wrote: 06 Apr 2022, 13:40

Setuju nih,

Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.

Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h

Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede :big_biglaugh:
Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
CC kecil itu bisa irit, asal... kita ngikutin mesin bukan mesin ngikutin kita. Mobil apapun begitu sih kalo tenaga pas2an ya jangan [cencored] nyetirnya, kencengnya ngga dapet, borosnya selangit
:mky_03:

Xenia 1.0 gen 2 itu ngga lebih irit drpd innova vvti kalo cruising di tol, karena xenia di 100 km/jam itu RPM nya 4000 lebih, innova ngga sampe 3000
Kalau di tol Cipularang susah jaga torsi di sweet spot untuk mantain kecepatan. Mesti diurut dari jauh sebelum tanjakan, cilakanya di pertengahan tanjakan ada antrian padat merayap, hilang momentum, RPM drop dan mesti turunin gear dan ulangin dari awal.

Untuk engine dgn kubikasi gede atau diesel, peak torsi range sudah keluar di RPM bawah, dan kubikasi gede otomatis power range lebih lebar, jadi toel gas dikit bisa nanjak tanpa banyak drama.

Mknya Jazz kalau lewat tol Cipularang F/C nya jeblok dibanding bawa CRV, apalagi dibanding 2KD/2GD, dkk.
Post Reply