[NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Post Reply
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

evanbngdor wrote: 06 Apr 2022, 17:07
Or4cle wrote: 06 Apr 2022, 16:27
Syauqi wrote: 06 Apr 2022, 13:40

Setuju nih,

Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.

Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h

Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede :big_biglaugh:
Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
CC kecil itu bisa irit, asal... kita ngikutin mesin bukan mesin ngikutin kita. Mobil apapun begitu sih kalo tenaga pas2an ya jangan [cencored] nyetirnya, kencengnya ngga dapet, borosnya selangit
:mky_03:

Xenia 1.0 gen 2 itu ngga lebih irit drpd innova vvti kalo cruising di tol, karena xenia di 100 km/jam itu RPM nya 4000 lebih, innova ngga sampe 3000
Kalau di tol Cipularang susah jaga torsi di sweet spot untuk mantain kecepatan. Mesti diurut dari jauh sebelum tanjakan, cilakanya di pertengahan tanjakan ada antrian padat merayap, hilang momentum, RPM drop dan mesti turunin gear dan ulangin dari awal.

Untuk engine dgn kubikasi gede atau diesel, peak torsi range sudah keluar di RPM bawah, dan kubikasi gede otomatis power range lebih lebar, jadi toel gas dikit bisa nanjak tanpa banyak drama.

Mknya Jazz kalau lewat tol Cipularang F/C nya jeblok dibanding bawa CRV, apalagi dibanding 2KD/2GD, dkk.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by evanbngdor »

Or4cle wrote: 06 Apr 2022, 19:10
evanbngdor wrote: 06 Apr 2022, 17:07
Or4cle wrote: 06 Apr 2022, 16:27

Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
CC kecil itu bisa irit, asal... kita ngikutin mesin bukan mesin ngikutin kita. Mobil apapun begitu sih kalo tenaga pas2an ya jangan [cencored] nyetirnya, kencengnya ngga dapet, borosnya selangit
:mky_03:

Xenia 1.0 gen 2 itu ngga lebih irit drpd innova vvti kalo cruising di tol, karena xenia di 100 km/jam itu RPM nya 4000 lebih, innova ngga sampe 3000
Kalau di tol Cipularang susah jaga torsi di sweet spot untuk mantain kecepatan. Mesti diurut dari jauh sebelum tanjakan, cilakanya di pertengahan tanjakan ada antrian padat merayap, hilang momentum, RPM drop dan mesti turunin gear dan ulangin dari awal.

Untuk engine dgn kubikasi gede atau diesel, peak torsi range sudah keluar di RPM bawah, dan kubikasi gede otomatis power range lebih lebar, jadi toel gas dikit bisa nanjak tanpa banyak drama.

Mknya Jazz kalau lewat tol Cipularang F/C nya jeblok dibanding bawa CRV, apalagi dibanding 2KD/2GD, dkk.
Untuk maintain speed di cipularang memang effort sih CC kecil body gede, begitu jg tol semarang-solo. Alhasil banyak yang driver ngikutin 'kemauan' mesin yang efeknya jd lane hogger.

Pengalaman dulu pernah pake Avanza 1.3 gen 1 ya mau dibejek begimana pun tetep aja ngga bisa maintain di 100 terus, otomatis melambat dikit. Belom lg kalo ada driver2 yg shiftingnya terlambat alhasil momentum hilang banyak.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Or4cle »

evanbngdor wrote: 07 Apr 2022, 08:09
Or4cle wrote: 06 Apr 2022, 19:10
evanbngdor wrote: 06 Apr 2022, 17:07

CC kecil itu bisa irit, asal... kita ngikutin mesin bukan mesin ngikutin kita. Mobil apapun begitu sih kalo tenaga pas2an ya jangan [cencored] nyetirnya, kencengnya ngga dapet, borosnya selangit
:mky_03:

Xenia 1.0 gen 2 itu ngga lebih irit drpd innova vvti kalo cruising di tol, karena xenia di 100 km/jam itu RPM nya 4000 lebih, innova ngga sampe 3000
Kalau di tol Cipularang susah jaga torsi di sweet spot untuk mantain kecepatan. Mesti diurut dari jauh sebelum tanjakan, cilakanya di pertengahan tanjakan ada antrian padat merayap, hilang momentum, RPM drop dan mesti turunin gear dan ulangin dari awal.

Untuk engine dgn kubikasi gede atau diesel, peak torsi range sudah keluar di RPM bawah, dan kubikasi gede otomatis power range lebih lebar, jadi toel gas dikit bisa nanjak tanpa banyak drama.

Mknya Jazz kalau lewat tol Cipularang F/C nya jeblok dibanding bawa CRV, apalagi dibanding 2KD/2GD, dkk.
Untuk maintain speed di cipularang memang effort sih CC kecil body gede, begitu jg tol semarang-solo. Alhasil banyak yang driver ngikutin 'kemauan' mesin yang efeknya jd lane hogger.

Pengalaman dulu pernah pake Avanza 1.3 gen 1 ya mau dibejek begimana pun tetep aja ngga bisa maintain di 100 terus, otomatis melambat dikit. Belom lg kalo ada driver2 yg shiftingnya terlambat alhasil momentum hilang banyak.
Kalau ketemu traffic kayak gini di tanjakan panjang aku gas terus, mantain RPM di sweet spot sambil mlipir lewat bahu jalan.
Setelah lewatin "lane hogger" baru masuk lagi ke jalur utama. Betul sekali om Evanbngdor, mesti paham timing buat shifting, terlalu cepat shifting gak optimal, terlalu lama shifting boros BBM.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12234
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by ChZ »

terpantau tiap malem sekarang antrian pertalite di SPBU2 ramai. dibatasi jam pembeliannya sampai 20.00

sa ae nih pertamina cari cvvan :mky_03:

semalem ya udah ngalah expander isi pertamak krn males antri :big_biglaugh: emang udah harus berdamai dengan keadaan
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 837
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by kenop »

ChZ wrote: 07 Apr 2022, 10:19 terpantau tiap malem sekarang antrian pertalite di SPBU2 ramai. dibatasi jam pembeliannya sampai 20.00

sa ae nih pertamina cari cvvan :mky_03:

semalem ya udah ngalah expander isi pertamak krn males antri :big_biglaugh: emang udah harus berdamai dengan keadaan
Deket rumah kmrn liat antrian pertalite tumben kosong, mau isi pertamax malah antri

Pas lg antri br keliatan tempelan kertas di dispenser "pertalite sedang dalam pengiriman" :big_biglaugh: pantes sepi wkwkw
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by yudhisuwandono »

Kl udah gini , mobil second yg CC gede2 gitu bakal turun harga.
Ya gak sih ?
AbdulHakim
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 519
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by AbdulHakim »

yudhisuwandono wrote: 07 Apr 2022, 10:44 Kl udah gini , mobil second yg CC gede2 gitu bakal turun harga.
Ya gak sih ?
in your dream :big_peace: :big_biglaugh:
harga mobkas terpantau naik om, kalo ada yg jual harga turun, kemungkinannya ybs ga tau perkembangan dunia, atau barang dagangannya (maaf) bosok atau garasinya sumpek karena sudah kebanyakan mobil :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12234
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by ChZ »

kenop wrote: 07 Apr 2022, 10:35
Deket rumah kmrn liat antrian pertalite tumben kosong, mau isi pertamax malah antri

Pas lg antri br keliatan tempelan kertas di dispenser "pertalite sedang dalam pengiriman" :big_biglaugh: pantes sepi wkwkw
wkwkwkwkwkw menang banyak. ngirit subsidi sambil ngumpulin cvvan lebih.

yang lagi angan angan downgrade ke pertalite kyknya banyak yang gak kesampean krn stoknya jd limited :mky_03: dah ini mah kayak premium dulu pelan pelan dibatasin, lama lama gak ada :mky_03:
AbdulHakim wrote: 07 Apr 2022, 10:46
yudhisuwandono wrote: 07 Apr 2022, 10:44 Kl udah gini , mobil second yg CC gede2 gitu bakal turun harga.
Ya gak sih ?
in your dream :big_peace: :big_biglaugh:
harga mobkas terpantau naik om, kalo ada yg jual harga turun, kemungkinannya ybs ga tau perkembangan dunia, atau barang dagangannya (maaf) bosok atau garasinya sumpek karena sudah kebanyakan mobil :big_biglaugh:
mobekas pasti naik. tapi imbasnya bukan krn bbm...

krn harga mobil barunya sendiri jadi mahal. pasti meningkatkan peminat mobil seken. ya apalagi yang taun muda muda. 1-2 taun gitu. skrg ambillah 500jt dapet HRV, tapi di pasar mobekas dapet CRV prestige sensing 2021 cuma nambah dikit.

kecuali CRV prestige sensing nya di mark up juga krn harganya ikutan naik.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10408
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by ak4ng »

ChZ wrote: 07 Apr 2022, 10:19 terpantau tiap malem sekarang antrian pertalite di SPBU2 ramai. dibatasi jam pembeliannya sampai 20.00

sa ae nih pertamina cari cvvan :mky_03:

semalem ya udah ngalah expander isi pertamak krn males antri :big_biglaugh: emang udah harus berdamai dengan keadaan
Perasaan di trans Jawa and arteri pantura udh lama "aturan/kesepakatan" model gini berlaku, anehnya ada yg 20.00, 21.00, 22.00, diatas jam kesepakatan tsb pertamax only
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 872
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!

Post by Zaxis »

Masih enak di Jawa,pertalite sampe jam 8 malam

Kalo luar Jawa mah,stok solar cuma sampe jam 8 pagi
Post Reply