Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 675
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by mobilover »

kendibocor wrote: 03 Jan 2022, 17:05 Baru page lalu ngomongin harga wuling yg makin meroket, tahun baru naek harga lumayan mantap :big_smoking:

Screenshot_20220103-165905_Instagram.jpg
Lebih meroket honda crv dong. Dari 550 juta naik ke 650 juta barangnya. Naik 100 juta tuh honda om haha
kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by kendibocor »

mobilover wrote: 06 Jan 2022, 11:08
kendibocor wrote: 03 Jan 2022, 17:05 Baru page lalu ngomongin harga wuling yg makin meroket, tahun baru naek harga lumayan mantap :big_smoking:

Screenshot_20220103-165905_Instagram.jpg
Lebih meroket honda crv dong. Dari 550 juta naik ke 650 juta barangnya. Naik 100 juta tuh honda om haha
Nah ini jg baru liat om :big_biglaugh:
Pada lomba naekin harga. Paling bener beli mobkas aja dah :ngacir:
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by kendibocor »

Lah itu woleng turun lg harga balik ke 2021 :big_slap:
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by casabalancas »

kendibocor wrote: 10 Jan 2022, 07:57 Lah itu woleng turun lg harga balik ke 2021 :big_slap:
antara gimmick marketing atau takut gak ada yang beli, wkwkwk
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by Greenhunter »

roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 28 Jul 2010, 16:05

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by roymhs31 »

benzz89 wrote: 25 Dec 2021, 06:18
b0ku wrote:
kendibocor wrote: 24 Dec 2021, 19:48 BYD gawsa maen mesin ICE karena sulit lawan jepang. Lineupnya full electric car dengan harga afforable (start 300 jutaan). Saya rasa bisa sukses.

Kalo maen mesin bensin/diesel kayanya rada susah goyang mbl2 jepang disini, wuling yg uda full feature dengan showroom dan bengkel dimana2 aja penjualannya gitu2 aja. Mending full electric sekalian yg harganya masih tinggi di produsen jepang/korea/eropa.
sebenernya byd kalo dia focusin EVnya ke market fleet pemerintah macem public transport buat trans J atau mobil operasional pegawai negri juga dah kenyang kok makannya gak usah pusing ngejar market sipil :big_bored:

karena di china mayoritas taxi EVnya BYD bus listrik byd ngapain ngejar market sipil buang duit gede buat promo ud pasti kalah sama merek mainstream mendingan maen tender pemerintah sama perusahaan angkutan umum :big_grin:
BYD sdh invest berapa triliun om di indo smp pemerintah hrs pilih merek ini banding si H miring kl urusan EV?

Kemarin br aja dengar talk show ttg perkembangan EV di indo, diundang itu direktur operasional H miring asia pasific sebagai nara sumber, jg ada dr pihak pertamina & 1 lg ane lupa dr mana.

Dia cuman titip pesan bhw kl pemerintah Indonesia serius dgn perkembangan EV di negaranya mk mulai dululah ganti semua kendaraan operasional dr seluruh dinas instansi pemerintahan dgn EV...

Tentunya pakai merek H miring dong... masa BYD Image
setuju bgt ini, mreka relokasi pabrik baterainya ke Indo aj ud hebat bgt plus bangun pabrik perakitannya pula, hulu ke hilir. klo pemerintah serius mau tekan GHG dan gembar gembor suruh konsumen geser ke full EV, insentifnya jangan nanggung kyk bgini. Selama mobil listrik penumpang gk dpt d bawah 500 ato 400 juta mah susah konsumen beralih k full EV.
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 28 Jul 2010, 16:05

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by roymhs31 »

Joehard30 wrote: 30 Dec 2021, 04:21 Orang masih cenderung berpikir ev itu equivalent dg ice, bahkan lebih rumit, padahal pada kenyataannya, ev itu jauh lebih "simpel", bila dilihat jumlah part terlebih lagi moving components.

Keunggulan komparatif utama mobil jepang (atau produk jejepangan lain) itu ada di durabilitas. Tapi satu dekade ini kita bisa lihat, consumer products Jepang yg bener2 bisa bersaing secara global cuma sektor otomotif (plus PS5 kl mau diitung 🤣), karena balik lg, ice yg komplex menguntungkan pendekatan low pressure, so so performance, extra longevity. Tapi kl kita geser dikit ke customer elektronik, pendekatan ini sudah jelas jadi nihon failed formula.

Kalo saya liat, 2 teknologi yang paling utama itu motor listrik dan battery.

Kalo lihat kondisi sekarang, catl vs Panasonic, saya liat catl lebih meyakinkan dalam banyak sisi: kerjasama global dg brand otomotif dunia, innovasi, kapasitas, catl lebih agresif. Justru pesaing utama catl dari segi kapasitas dan innovasi itu lg chem. Jadi disisi batere, Nihon sekarang aja g terlalu punya keunggulan komparatif, apalagi nanti.

Kedua, motor listrik, sebagai awam, saya belum pernah denger motor listrik brand Jepang punya keunggulan komparatif dibandingkan brand dari negara lain. Yg jelas motor listrik Tesla yang sekarang leading dalam hal efisiensi dan performa, tier kedua motor2 listrik produksi deutch auto. Punya nihon sama kankoku g tau deh tier berapa. Disini untuk sekarang aja, chugoku bisa jadi lebih unggul dari jepang, apalagi nanti, jelas masih punya kesempatan besar untuk ngasepin duo Asian auto tigers.

Pasti banyak yang berpikir elektronik gmn, sekarang kan mobil biasa aja full ASICs dan sensors. Menurut pendapat saya, teknologi elektronik bukan Medan perang untuk industri EV, EV cuma ngekor dari industri smartphone dan telekomunikasi. Dan disini malah China jelas2 unggul, HiSilicon dan teknologi 5g Huawei itu salah satu yg terbaik di dunia. Jepang malah ketinggalan. Apalagi IC yg dipakai di otomotif itu biasanya teknologi yang udah ketinggalan 1 decade, karena ngejar well proven daripada performa. Maka jelas bukan barang susah untuk industri silicon china untuk bersaing dg jepang.

Jadi kesimpulannya, jalan terbuka lebar untuk industri mobil China untuk menenggelamkan industri kurumanya Nihon. Maka bersiap2 1 dekade lagi pasar otomotif kita seenggaknya tidak lagi dikuasai mutlak brand jejepangan.
akhir oktober taon lalu nemenin juragan2 dr Indo ktemu pabrikan baling2 d kantor pusatnya, dtunjukin ix3 yg dibelah dan dengan lantang mreka bilang baterai di lantai mobil itu buatan CATL.
User avatar
Joehard30
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by Joehard30 »

roymhs31 wrote: 14 Jan 2022, 22:10
Joehard30 wrote: 30 Dec 2021, 04:21 Orang masih cenderung berpikir ev itu equivalent dg ice, bahkan lebih rumit, padahal pada kenyataannya, ev itu jauh lebih "simpel", bila dilihat jumlah part terlebih lagi moving components.

Keunggulan komparatif utama mobil jepang (atau produk jejepangan lain) itu ada di durabilitas. Tapi satu dekade ini kita bisa lihat, consumer products Jepang yg bener2 bisa bersaing secara global cuma sektor otomotif (plus PS5 kl mau diitung 🤣), karena balik lg, ice yg komplex menguntungkan pendekatan low pressure, so so performance, extra longevity. Tapi kl kita geser dikit ke customer elektronik, pendekatan ini sudah jelas jadi nihon failed formula.

Kalo saya liat, 2 teknologi yang paling utama itu motor listrik dan battery.

Kalo lihat kondisi sekarang, catl vs Panasonic, saya liat catl lebih meyakinkan dalam banyak sisi: kerjasama global dg brand otomotif dunia, innovasi, kapasitas, catl lebih agresif. Justru pesaing utama catl dari segi kapasitas dan innovasi itu lg chem. Jadi disisi batere, Nihon sekarang aja g terlalu punya keunggulan komparatif, apalagi nanti.

Kedua, motor listrik, sebagai awam, saya belum pernah denger motor listrik brand Jepang punya keunggulan komparatif dibandingkan brand dari negara lain. Yg jelas motor listrik Tesla yang sekarang leading dalam hal efisiensi dan performa, tier kedua motor2 listrik produksi deutch auto. Punya nihon sama kankoku g tau deh tier berapa. Disini untuk sekarang aja, chugoku bisa jadi lebih unggul dari jepang, apalagi nanti, jelas masih punya kesempatan besar untuk ngasepin duo Asian auto tigers.

Pasti banyak yang berpikir elektronik gmn, sekarang kan mobil biasa aja full ASICs dan sensors. Menurut pendapat saya, teknologi elektronik bukan Medan perang untuk industri EV, EV cuma ngekor dari industri smartphone dan telekomunikasi. Dan disini malah China jelas2 unggul, HiSilicon dan teknologi 5g Huawei itu salah satu yg terbaik di dunia. Jepang malah ketinggalan. Apalagi IC yg dipakai di otomotif itu biasanya teknologi yang udah ketinggalan 1 decade, karena ngejar well proven daripada performa. Maka jelas bukan barang susah untuk industri silicon china untuk bersaing dg jepang.

Jadi kesimpulannya, jalan terbuka lebar untuk industri mobil China untuk menenggelamkan industri kurumanya Nihon. Maka bersiap2 1 dekade lagi pasar otomotif kita seenggaknya tidak lagi dikuasai mutlak brand jejepangan.
akhir oktober taon lalu nemenin juragan2 dr Indo ktemu pabrikan baling2 d kantor pusatnya, dtunjukin ix3 yg dibelah dan dengan lantang mreka bilang baterai di lantai mobil itu buatan CATL.
Kalau trend nya ga berubah (dan orang Jepang g merubah pendekatan ultra konservatifnya jg), menurut pendapat saya market batere ev bakal jadi duopoli antara catl sama lgchem, jejepangan cuma sideplayer. Kecenderungan nya teknologi semakin advanced memang cenderung k duopoli sih. kaya market processor PC ada Intel dan AMD, prosessor HP ada SD sama mediatek, Fab chip ada TSMC sama samsung
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11427
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by ChZ »

Joehard30 wrote: 15 Jan 2022, 03:30
Kecenderungan nya teknologi semakin advanced memang cenderung k duopoli sih. kaya market processor PC ada Intel dan AMD, prosessor HP ada SD sama mediatek, Fab chip ada TSMC sama samsung
kyknya semua yang mainstream itu ada kecenderungan duopoli gak sih emang mbah? krn otak kite kite ini disuruh nginget banyak merek jg susah wkwkwkwk.

yamaha vs honda (motor)
toyota vs honda (mobil)
mercedes vs bmw
ferrari vs lamborghini

buat mainstream buyer yg ada di kepala klo beli kendaraan ya pasti kedua merek ini yang muncul duluan. yang lain cuma hiasan. makanya once ada merek berhasil naik ke permukaan jadi top 2 sehh susah bgt ngejernya.

yaa namanya free market sih.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Joehard30
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by Joehard30 »

ChZ wrote: 15 Jan 2022, 10:08
Joehard30 wrote: 15 Jan 2022, 03:30
Kecenderungan nya teknologi semakin advanced memang cenderung k duopoli sih. kaya market processor PC ada Intel dan AMD, prosessor HP ada SD sama mediatek, Fab chip ada TSMC sama samsung
kyknya semua yang mainstream itu ada kecenderungan duopoli gak sih emang mbah? krn otak kite kite ini disuruh nginget banyak merek jg susah wkwkwkwk.

yamaha vs honda (motor)
toyota vs honda (mobil)
mercedes vs bmw
ferrari vs lamborghini

buat mainstream buyer yg ada di kepala klo beli kendaraan ya pasti kedua merek ini yang muncul duluan. yang lain cuma hiasan. makanya once ada merek berhasil naik ke permukaan jadi top 2 sehh susah bgt ngejernya.

yaa namanya free market sih.
Kalo Yamaha Honda dan Lambo ferari bisa dibilang duopoli om, tapi Merc BMW sama Honda Toyota masih susah dibilang duopoli
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
Post Reply