Page 4 of 4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Thu Jan 06, 2022 4:08
by mobilover
kendibocor wrote: Mon Jan 03, 2022 10:05 Baru page lalu ngomongin harga wuling yg makin meroket, tahun baru naek harga lumayan mantap :big_smoking:

Screenshot_20220103-165905_Instagram.jpg
Lebih meroket honda crv dong. Dari 550 juta naik ke 650 juta barangnya. Naik 100 juta tuh honda om haha

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Thu Jan 06, 2022 4:47
by kendibocor
mobilover wrote: Thu Jan 06, 2022 4:08
kendibocor wrote: Mon Jan 03, 2022 10:05 Baru page lalu ngomongin harga wuling yg makin meroket, tahun baru naek harga lumayan mantap :big_smoking:

Screenshot_20220103-165905_Instagram.jpg
Lebih meroket honda crv dong. Dari 550 juta naik ke 650 juta barangnya. Naik 100 juta tuh honda om haha
Nah ini jg baru liat om :big_biglaugh:
Pada lomba naekin harga. Paling bener beli mobkas aja dah :ngacir:

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Mon Jan 10, 2022 0:57
by kendibocor
Lah itu woleng turun lg harga balik ke 2021 :big_slap:

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Mon Jan 10, 2022 2:39
by casabalancas
kendibocor wrote: Mon Jan 10, 2022 0:57 Lah itu woleng turun lg harga balik ke 2021 :big_slap:
antara gimmick marketing atau takut gak ada yang beli, wkwkwk

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Mon Jan 10, 2022 13:35
by Greenhunter

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Fri Jan 14, 2022 13:26
by roymhs31
benzz89 wrote: Fri Dec 24, 2021 23:18
b0ku wrote:
kendibocor wrote: Fri Dec 24, 2021 12:48 BYD gawsa maen mesin ICE karena sulit lawan jepang. Lineupnya full electric car dengan harga afforable (start 300 jutaan). Saya rasa bisa sukses.

Kalo maen mesin bensin/diesel kayanya rada susah goyang mbl2 jepang disini, wuling yg uda full feature dengan showroom dan bengkel dimana2 aja penjualannya gitu2 aja. Mending full electric sekalian yg harganya masih tinggi di produsen jepang/korea/eropa.
sebenernya byd kalo dia focusin EVnya ke market fleet pemerintah macem public transport buat trans J atau mobil operasional pegawai negri juga dah kenyang kok makannya gak usah pusing ngejar market sipil :big_bored:

karena di china mayoritas taxi EVnya BYD bus listrik byd ngapain ngejar market sipil buang duit gede buat promo ud pasti kalah sama merek mainstream mendingan maen tender pemerintah sama perusahaan angkutan umum :big_grin:
BYD sdh invest berapa triliun om di indo smp pemerintah hrs pilih merek ini banding si H miring kl urusan EV?

Kemarin br aja dengar talk show ttg perkembangan EV di indo, diundang itu direktur operasional H miring asia pasific sebagai nara sumber, jg ada dr pihak pertamina & 1 lg ane lupa dr mana.

Dia cuman titip pesan bhw kl pemerintah Indonesia serius dgn perkembangan EV di negaranya mk mulai dululah ganti semua kendaraan operasional dr seluruh dinas instansi pemerintahan dgn EV...

Tentunya pakai merek H miring dong... masa BYD [emoji16]
setuju bgt ini, mreka relokasi pabrik baterainya ke Indo aj ud hebat bgt plus bangun pabrik perakitannya pula, hulu ke hilir. klo pemerintah serius mau tekan GHG dan gembar gembor suruh konsumen geser ke full EV, insentifnya jangan nanggung kyk bgini. Selama mobil listrik penumpang gk dpt d bawah 500 ato 400 juta mah susah konsumen beralih k full EV.

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Fri Jan 14, 2022 15:10
by roymhs31
Joehard30 wrote: Wed Dec 29, 2021 21:21 Orang masih cenderung berpikir ev itu equivalent dg ice, bahkan lebih rumit, padahal pada kenyataannya, ev itu jauh lebih "simpel", bila dilihat jumlah part terlebih lagi moving components.

Keunggulan komparatif utama mobil jepang (atau produk jejepangan lain) itu ada di durabilitas. Tapi satu dekade ini kita bisa lihat, consumer products Jepang yg bener2 bisa bersaing secara global cuma sektor otomotif (plus PS5 kl mau diitung 🤣), karena balik lg, ice yg komplex menguntungkan pendekatan low pressure, so so performance, extra longevity. Tapi kl kita geser dikit ke customer elektronik, pendekatan ini sudah jelas jadi nihon failed formula.

Kalo saya liat, 2 teknologi yang paling utama itu motor listrik dan battery.

Kalo lihat kondisi sekarang, catl vs Panasonic, saya liat catl lebih meyakinkan dalam banyak sisi: kerjasama global dg brand otomotif dunia, innovasi, kapasitas, catl lebih agresif. Justru pesaing utama catl dari segi kapasitas dan innovasi itu lg chem. Jadi disisi batere, Nihon sekarang aja g terlalu punya keunggulan komparatif, apalagi nanti.

Kedua, motor listrik, sebagai awam, saya belum pernah denger motor listrik brand Jepang punya keunggulan komparatif dibandingkan brand dari negara lain. Yg jelas motor listrik Tesla yang sekarang leading dalam hal efisiensi dan performa, tier kedua motor2 listrik produksi deutch auto. Punya nihon sama kankoku g tau deh tier berapa. Disini untuk sekarang aja, chugoku bisa jadi lebih unggul dari jepang, apalagi nanti, jelas masih punya kesempatan besar untuk ngasepin duo Asian auto tigers.

Pasti banyak yang berpikir elektronik gmn, sekarang kan mobil biasa aja full ASICs dan sensors. Menurut pendapat saya, teknologi elektronik bukan Medan perang untuk industri EV, EV cuma ngekor dari industri smartphone dan telekomunikasi. Dan disini malah China jelas2 unggul, HiSilicon dan teknologi 5g Huawei itu salah satu yg terbaik di dunia. Jepang malah ketinggalan. Apalagi IC yg dipakai di otomotif itu biasanya teknologi yang udah ketinggalan 1 decade, karena ngejar well proven daripada performa. Maka jelas bukan barang susah untuk industri silicon china untuk bersaing dg jepang.

Jadi kesimpulannya, jalan terbuka lebar untuk industri mobil China untuk menenggelamkan industri kurumanya Nihon. Maka bersiap2 1 dekade lagi pasar otomotif kita seenggaknya tidak lagi dikuasai mutlak brand jejepangan.
akhir oktober taon lalu nemenin juragan2 dr Indo ktemu pabrikan baling2 d kantor pusatnya, dtunjukin ix3 yg dibelah dan dengan lantang mreka bilang baterai di lantai mobil itu buatan CATL.

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Fri Jan 14, 2022 20:30
by Joehard30
roymhs31 wrote: Fri Jan 14, 2022 15:10
Joehard30 wrote: Wed Dec 29, 2021 21:21 Orang masih cenderung berpikir ev itu equivalent dg ice, bahkan lebih rumit, padahal pada kenyataannya, ev itu jauh lebih "simpel", bila dilihat jumlah part terlebih lagi moving components.

Keunggulan komparatif utama mobil jepang (atau produk jejepangan lain) itu ada di durabilitas. Tapi satu dekade ini kita bisa lihat, consumer products Jepang yg bener2 bisa bersaing secara global cuma sektor otomotif (plus PS5 kl mau diitung 🤣), karena balik lg, ice yg komplex menguntungkan pendekatan low pressure, so so performance, extra longevity. Tapi kl kita geser dikit ke customer elektronik, pendekatan ini sudah jelas jadi nihon failed formula.

Kalo saya liat, 2 teknologi yang paling utama itu motor listrik dan battery.

Kalo lihat kondisi sekarang, catl vs Panasonic, saya liat catl lebih meyakinkan dalam banyak sisi: kerjasama global dg brand otomotif dunia, innovasi, kapasitas, catl lebih agresif. Justru pesaing utama catl dari segi kapasitas dan innovasi itu lg chem. Jadi disisi batere, Nihon sekarang aja g terlalu punya keunggulan komparatif, apalagi nanti.

Kedua, motor listrik, sebagai awam, saya belum pernah denger motor listrik brand Jepang punya keunggulan komparatif dibandingkan brand dari negara lain. Yg jelas motor listrik Tesla yang sekarang leading dalam hal efisiensi dan performa, tier kedua motor2 listrik produksi deutch auto. Punya nihon sama kankoku g tau deh tier berapa. Disini untuk sekarang aja, chugoku bisa jadi lebih unggul dari jepang, apalagi nanti, jelas masih punya kesempatan besar untuk ngasepin duo Asian auto tigers.

Pasti banyak yang berpikir elektronik gmn, sekarang kan mobil biasa aja full ASICs dan sensors. Menurut pendapat saya, teknologi elektronik bukan Medan perang untuk industri EV, EV cuma ngekor dari industri smartphone dan telekomunikasi. Dan disini malah China jelas2 unggul, HiSilicon dan teknologi 5g Huawei itu salah satu yg terbaik di dunia. Jepang malah ketinggalan. Apalagi IC yg dipakai di otomotif itu biasanya teknologi yang udah ketinggalan 1 decade, karena ngejar well proven daripada performa. Maka jelas bukan barang susah untuk industri silicon china untuk bersaing dg jepang.

Jadi kesimpulannya, jalan terbuka lebar untuk industri mobil China untuk menenggelamkan industri kurumanya Nihon. Maka bersiap2 1 dekade lagi pasar otomotif kita seenggaknya tidak lagi dikuasai mutlak brand jejepangan.
akhir oktober taon lalu nemenin juragan2 dr Indo ktemu pabrikan baling2 d kantor pusatnya, dtunjukin ix3 yg dibelah dan dengan lantang mreka bilang baterai di lantai mobil itu buatan CATL.
Kalau trend nya ga berubah (dan orang Jepang g merubah pendekatan ultra konservatifnya jg), menurut pendapat saya market batere ev bakal jadi duopoli antara catl sama lgchem, jejepangan cuma sideplayer. Kecenderungan nya teknologi semakin advanced memang cenderung k duopoli sih. kaya market processor PC ada Intel dan AMD, prosessor HP ada SD sama mediatek, Fab chip ada TSMC sama samsung

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Sat Jan 15, 2022 3:08
by ChZ
Joehard30 wrote: Fri Jan 14, 2022 20:30
Kecenderungan nya teknologi semakin advanced memang cenderung k duopoli sih. kaya market processor PC ada Intel dan AMD, prosessor HP ada SD sama mediatek, Fab chip ada TSMC sama samsung
kyknya semua yang mainstream itu ada kecenderungan duopoli gak sih emang mbah? krn otak kite kite ini disuruh nginget banyak merek jg susah wkwkwkwk.

yamaha vs honda (motor)
toyota vs honda (mobil)
mercedes vs bmw
ferrari vs lamborghini

buat mainstream buyer yg ada di kepala klo beli kendaraan ya pasti kedua merek ini yang muncul duluan. yang lain cuma hiasan. makanya once ada merek berhasil naik ke permukaan jadi top 2 sehh susah bgt ngejernya.

yaa namanya free market sih.

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Sun Jan 16, 2022 2:52
by Joehard30
ChZ wrote: Sat Jan 15, 2022 3:08
Joehard30 wrote: Fri Jan 14, 2022 20:30
Kecenderungan nya teknologi semakin advanced memang cenderung k duopoli sih. kaya market processor PC ada Intel dan AMD, prosessor HP ada SD sama mediatek, Fab chip ada TSMC sama samsung
kyknya semua yang mainstream itu ada kecenderungan duopoli gak sih emang mbah? krn otak kite kite ini disuruh nginget banyak merek jg susah wkwkwkwk.

yamaha vs honda (motor)
toyota vs honda (mobil)
mercedes vs bmw
ferrari vs lamborghini

buat mainstream buyer yg ada di kepala klo beli kendaraan ya pasti kedua merek ini yang muncul duluan. yang lain cuma hiasan. makanya once ada merek berhasil naik ke permukaan jadi top 2 sehh susah bgt ngejernya.

yaa namanya free market sih.
Kalo Yamaha Honda dan Lambo ferari bisa dibilang duopoli om, tapi Merc BMW sama Honda Toyota masih susah dibilang duopoli

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Thu Jan 27, 2022 2:52
by pcx
Joehard30 wrote: Wed Dec 29, 2021 21:21 Orang masih cenderung berpikir ev itu equivalent dg ice, bahkan lebih rumit, padahal pada kenyataannya, ev itu jauh lebih "simpel", bila dilihat jumlah part terlebih lagi moving components.

Keunggulan komparatif utama mobil jepang (atau produk jejepangan lain) itu ada di durabilitas. Tapi satu dekade ini kita bisa lihat, consumer products Jepang yg bener2 bisa bersaing secara global cuma sektor otomotif (plus PS5 kl mau diitung 🤣), karena balik lg, ice yg komplex menguntungkan pendekatan low pressure, so so performance, extra longevity. Tapi kl kita geser dikit ke customer elektronik, pendekatan ini sudah jelas jadi nihon failed formula.

Kalo saya liat, 2 teknologi yang paling utama itu motor listrik dan battery.

Kalo lihat kondisi sekarang, catl vs Panasonic, saya liat catl lebih meyakinkan dalam banyak sisi: kerjasama global dg brand otomotif dunia, innovasi, kapasitas, catl lebih agresif. Justru pesaing utama catl dari segi kapasitas dan innovasi itu lg chem. Jadi disisi batere, Nihon sekarang aja g terlalu punya keunggulan komparatif, apalagi nanti.

Kedua, motor listrik, sebagai awam, saya belum pernah denger motor listrik brand Jepang punya keunggulan komparatif dibandingkan brand dari negara lain. Yg jelas motor listrik Tesla yang sekarang leading dalam hal efisiensi dan performa, tier kedua motor2 listrik produksi deutch auto. Punya nihon sama kankoku g tau deh tier berapa. Disini untuk sekarang aja, chugoku bisa jadi lebih unggul dari jepang, apalagi nanti, jelas masih punya kesempatan besar untuk ngasepin duo Asian auto tigers.

Pasti banyak yang berpikir elektronik gmn, sekarang kan mobil biasa aja full ASICs dan sensors. Menurut pendapat saya, teknologi elektronik bukan Medan perang untuk industri EV, EV cuma ngekor dari industri smartphone dan telekomunikasi. Dan disini malah China jelas2 unggul, HiSilicon dan teknologi 5g Huawei itu salah satu yg terbaik di dunia. Jepang malah ketinggalan. Apalagi IC yg dipakai di otomotif itu biasanya teknologi yang udah ketinggalan 1 decade, karena ngejar well proven daripada performa. Maka jelas bukan barang susah untuk industri silicon china untuk bersaing dg jepang.

Jadi kesimpulannya, jalan terbuka lebar untuk industri mobil China untuk menenggelamkan industri kurumanya Nihon. Maka bersiap2 1 dekade lagi pasar otomotif kita seenggaknya tidak lagi dikuasai mutlak brand jejepangan.
Couldn't agree more Um@Joehard

Asli ga terduga kalo penguasaan mutlak otomotif Jepun di kawasan regional malah akan mendapat tantangan terberat dari Tiongkok

Bukan dari Korea seperti yg selama ini sering diprediksi :e-think:

Industri semikonduktor Jepun sempat memimpin dan berjaya banget di era 80an.

Sekarang sudah lumpuh layusl sejak Toshiba yg menjadi pilar utama industri semikonduktor Jepun dihukum penalti oleh Amrik akhir 80an te

Sekarang baru terjawab kenapa saat itu tekanan Amrik begitu keras pada Toshiba. Bahkan Pemerintah Jepun pun patuh total pada Amrik saat diminta sharing langsung ilmu teknologi Toshiba pada perusahaan2 Amrik tanpa syarat.

Tentu karena Amrik khawatir akan kemajuan teknologi Toshiba akan mengganggu hegemoni uncle Sam di masa depan. Uncle Sam udah memprediksi industri semikonduktor akan menjadi pilar utama produk2 manufaktur (telekomunikasi, elektronik, otomotif dan laen2) saat teknologi bergerak semakin cepat. Terbukti sudah di zaman now :mrgreen:

Hasil gemilang yg terlihat sekarang pada dominasi produk raksasa2 teknologi Amrik yg udah membikin kecanduan bahkan sudah disebut narkoba elektronik pada kehidupan umat manusia sedunia :e-doh:

Hukuman penalti Amrik pada Toshiba sangat berdampak dahsyat dan terlihat sekarang pada masa depan industri teknologi Jepun yg hancur lebur bak di bom atom ke 3 lagi :e-snooty:

Sejarah 30 taon lalu pada Toshiba lnyaris berulang lagi pada Huawei tapi Tiongkok bukan yes man pada Uncle Sam :big_smoking:

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Thu Jan 27, 2022 6:17
by Joehard30
pcx wrote: Thu Jan 27, 2022 2:52
Joehard30 wrote: Wed Dec 29, 2021 21:21 Orang masih cenderung berpikir ev itu equivalent dg ice, bahkan lebih rumit, padahal pada kenyataannya, ev itu jauh lebih "simpel", bila dilihat jumlah part terlebih lagi moving components.

Keunggulan komparatif utama mobil jepang (atau produk jejepangan lain) itu ada di durabilitas. Tapi satu dekade ini kita bisa lihat, consumer products Jepang yg bener2 bisa bersaing secara global cuma sektor otomotif (plus PS5 kl mau diitung 🤣), karena balik lg, ice yg komplex menguntungkan pendekatan low pressure, so so performance, extra longevity. Tapi kl kita geser dikit ke customer elektronik, pendekatan ini sudah jelas jadi nihon failed formula.

Kalo saya liat, 2 teknologi yang paling utama itu motor listrik dan battery.

Kalo lihat kondisi sekarang, catl vs Panasonic, saya liat catl lebih meyakinkan dalam banyak sisi: kerjasama global dg brand otomotif dunia, innovasi, kapasitas, catl lebih agresif. Justru pesaing utama catl dari segi kapasitas dan innovasi itu lg chem. Jadi disisi batere, Nihon sekarang aja g terlalu punya keunggulan komparatif, apalagi nanti.

Kedua, motor listrik, sebagai awam, saya belum pernah denger motor listrik brand Jepang punya keunggulan komparatif dibandingkan brand dari negara lain. Yg jelas motor listrik Tesla yang sekarang leading dalam hal efisiensi dan performa, tier kedua motor2 listrik produksi deutch auto. Punya nihon sama kankoku g tau deh tier berapa. Disini untuk sekarang aja, chugoku bisa jadi lebih unggul dari jepang, apalagi nanti, jelas masih punya kesempatan besar untuk ngasepin duo Asian auto tigers.

Pasti banyak yang berpikir elektronik gmn, sekarang kan mobil biasa aja full ASICs dan sensors. Menurut pendapat saya, teknologi elektronik bukan Medan perang untuk industri EV, EV cuma ngekor dari industri smartphone dan telekomunikasi. Dan disini malah China jelas2 unggul, HiSilicon dan teknologi 5g Huawei itu salah satu yg terbaik di dunia. Jepang malah ketinggalan. Apalagi IC yg dipakai di otomotif itu biasanya teknologi yang udah ketinggalan 1 decade, karena ngejar well proven daripada performa. Maka jelas bukan barang susah untuk industri silicon china untuk bersaing dg jepang.

Jadi kesimpulannya, jalan terbuka lebar untuk industri mobil China untuk menenggelamkan industri kurumanya Nihon. Maka bersiap2 1 dekade lagi pasar otomotif kita seenggaknya tidak lagi dikuasai mutlak brand jejepangan.
Couldn't agree more Um@Joehard

Asli ga terduga kalo penguasaan mutlak otomotif Jepun di kawasan regional malah akan mendapat tantangan terberat dari Tiongkok

Bukan dari Korea seperti yg selama ini sering diprediksi :e-think:

Industri semikonduktor Jepun sempat memimpin dan berjaya banget di era 80an.

Sekarang sudah lumpuh layusl sejak Toshiba yg menjadi pilar utama industri semikonduktor Jepun dihukum penalti oleh Amrik akhir 80an te

Sekarang baru terjawab kenapa saat itu tekanan Amrik begitu keras pada Toshiba. Bahkan Pemerintah Jepun pun patuh total pada Amrik saat diminta sharing langsung ilmu teknologi Toshiba pada perusahaan2 Amrik tanpa syarat.

Tentu karena Amrik khawatir akan kemajuan teknologi Toshiba akan mengganggu hegemoni uncle Sam di masa depan. Uncle Sam udah memprediksi industri semikonduktor akan menjadi pilar utama produk2 manufaktur (telekomunikasi, elektronik, otomotif dan laen2) saat teknologi bergerak semakin cepat. Terbukti sudah di zaman now :mrgreen:

Hasil gemilang yg terlihat sekarang pada dominasi produk raksasa2 teknologi Amrik yg udah membikin kecanduan bahkan sudah disebut narkoba elektronik pada kehidupan umat manusia sedunia :e-doh:

Hukuman penalti Amrik pada Toshiba sangat berdampak dahsyat dan terlihat sekarang pada masa depan industri teknologi Jepun yg hancur lebur bak di bom atom ke 3 lagi :e-snooty:

Sejarah 30 taon lalu pada Toshiba lnyaris berulang lagi pada Huawei tapi Tiongkok bukan yes man pada Uncle Sam :big_smoking:
Grup elektronik paling sedih om emang Toshiba, bahkan 5 tahun yg lalu dibiarin dibeli sama hier grup, g dikasih ampun sama Nihon gov. Kebayang malunya eksekutif2 nya yg udah puluhan tahun di Toshiba, petantang2 puluhan tahun berasa raja elektronik dunia, tiba2 jadi antek cugoku sambil masang muka melas biar g gulung tikat, pasti pada pengen harakiri 😅

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Sat Jan 29, 2022 9:42
by PemulaOto
Walau saya pengguna innova dan agya, saya masih berharap sih brand china bisa bikin gebrakan sendiri.. Jangan mengulangi kesalahan yang dari dulu yaaa itu-itu aja.. Sayang kayak nya kalau exteriror dan interior udah keren kayak tiggo 8 pro, tapi tetap mengalami masalah yang seharus nya udah gak usah di ulangi.. Hyundai aja bisa loh bangkit dan berubah lebih baik.. :)

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Tue Feb 22, 2022 9:44
by pcx
Joehard30 wrote: Thu Jan 27, 2022 6:17
pcx wrote: Thu Jan 27, 2022 2:52
Joehard30 wrote: Wed Dec 29, 2021 21:21 Orang masih cenderung berpikir ev itu equivalent dg ice, bahkan lebih rumit, padahal pada kenyataannya, ev itu jauh lebih "simpel", bila dilihat jumlah part terlebih lagi moving components.

Keunggulan komparatif utama mobil jepang (atau produk jejepangan lain) itu ada di durabilitas. Tapi satu dekade ini kita bisa lihat, consumer products Jepang yg bener2 bisa bersaing secara global cuma sektor otomotif (plus PS5 kl mau diitung 🤣), karena balik lg, ice yg komplex menguntungkan pendekatan low pressure, so so performance, extra longevity. Tapi kl kita geser dikit ke customer elektronik, pendekatan ini sudah jelas jadi nihon failed formula.

Kalo saya liat, 2 teknologi yang paling utama itu motor listrik dan battery.

Kalo lihat kondisi sekarang, catl vs Panasonic, saya liat catl lebih meyakinkan dalam banyak sisi: kerjasama global dg brand otomotif dunia, innovasi, kapasitas, catl lebih agresif. Justru pesaing utama catl dari segi kapasitas dan innovasi itu lg chem. Jadi disisi batere, Nihon sekarang aja g terlalu punya keunggulan komparatif, apalagi nanti.

Kedua, motor listrik, sebagai awam, saya belum pernah denger motor listrik brand Jepang punya keunggulan komparatif dibandingkan brand dari negara lain. Yg jelas motor listrik Tesla yang sekarang leading dalam hal efisiensi dan performa, tier kedua motor2 listrik produksi deutch auto. Punya nihon sama kankoku g tau deh tier berapa. Disini untuk sekarang aja, chugoku bisa jadi lebih unggul dari jepang, apalagi nanti, jelas masih punya kesempatan besar untuk ngasepin duo Asian auto tigers.

Pasti banyak yang berpikir elektronik gmn, sekarang kan mobil biasa aja full ASICs dan sensors. Menurut pendapat saya, teknologi elektronik bukan Medan perang untuk industri EV, EV cuma ngekor dari industri smartphone dan telekomunikasi. Dan disini malah China jelas2 unggul, HiSilicon dan teknologi 5g Huawei itu salah satu yg terbaik di dunia. Jepang malah ketinggalan. Apalagi IC yg dipakai di otomotif itu biasanya teknologi yang udah ketinggalan 1 decade, karena ngejar well proven daripada performa. Maka jelas bukan barang susah untuk industri silicon china untuk bersaing dg jepang.

Jadi kesimpulannya, jalan terbuka lebar untuk industri mobil China untuk menenggelamkan industri kurumanya Nihon. Maka bersiap2 1 dekade lagi pasar otomotif kita seenggaknya tidak lagi dikuasai mutlak brand jejepangan.
Couldn't agree more Um@Joehard

Asli ga terduga kalo penguasaan mutlak otomotif Jepun di kawasan regional malah akan mendapat tantangan terberat dari Tiongkok

Bukan dari Korea seperti yg selama ini sering diprediksi :e-think:

Industri semikonduktor Jepun sempat memimpin dan berjaya banget di era 80an.

Sekarang sudah lumpuh layusl sejak Toshiba yg menjadi pilar utama industri semikonduktor Jepun dihukum penalti oleh Amrik akhir 80an te

Sekarang baru terjawab kenapa saat itu tekanan Amrik begitu keras pada Toshiba. Bahkan Pemerintah Jepun pun patuh total pada Amrik saat diminta sharing langsung ilmu teknologi Toshiba pada perusahaan2 Amrik tanpa syarat.

Tentu karena Amrik khawatir akan kemajuan teknologi Toshiba akan mengganggu hegemoni uncle Sam di masa depan. Uncle Sam udah memprediksi industri semikonduktor akan menjadi pilar utama produk2 manufaktur (telekomunikasi, elektronik, otomotif dan laen2) saat teknologi bergerak semakin cepat. Terbukti sudah di zaman now :mrgreen:

Hasil gemilang yg terlihat sekarang pada dominasi produk raksasa2 teknologi Amrik yg udah membikin kecanduan bahkan sudah disebut narkoba elektronik pada kehidupan umat manusia sedunia :e-doh:

Hukuman penalti Amrik pada Toshiba sangat berdampak dahsyat dan terlihat sekarang pada masa depan industri teknologi Jepun yg hancur lebur bak di bom atom ke 3 lagi :e-snooty:

Sejarah 30 taon lalu pada Toshiba lnyaris berulang lagi pada Huawei tapi Tiongkok bukan yes man pada Uncle Sam :big_smoking:
Grup elektronik paling sedih om emang Toshiba, bahkan 5 tahun yg lalu dibiarin dibeli sama hier grup, g dikasih ampun sama Nihon gov. Kebayang malunya eksekutif2 nya yg udah puluhan tahun di Toshiba, petantang2 puluhan tahun berasa raja elektronik dunia, tiba2 jadi antek cugoku sambil masang muka melas biar g gulung tikat, pasti pada pengen harakiri 😅
Indeed Um

selain itu juga Sharp Jepun yg sekarang udah jadi milik Foxconn dari Taiwan :mrgreen:

Foxconn yg akan investasi triliunan bangun pabrik batere EV di Batang, Jateng :off_good_job:

Lha wong Toshiba itu Soko guru industri semikonduktor Jepun pada masa itu yg berarti seperti backbone industri teknologi zaman now

Amrik ga kasih ampun karena paranoid pada kemajuan Toshiba bahkan petinggi2 Toshiba saat itu dijebloskan ke penjara dengan alasan membahayakan keamanan dalam negeri Amrik.
Langsung digantikan dengan orang2 Jepun tunjukan Amrik sendiri :e-doh: :e-whistle:

Masih belum cukup itu semua plus ilmu teknologi Toshiba saat itu harus ditransfer cuma2 ke perusahaan2 Amrik wkwkwk

Govt Jepun hanya bisa haik2 aza pada Amrik, amsiong toshiba bak sudah jatuh masih tertimpa tangga

:drinking:

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Tue Feb 22, 2022 13:15
by Joehard30
pcx wrote: Tue Feb 22, 2022 9:44
Joehard30 wrote: Thu Jan 27, 2022 6:17
pcx wrote: Thu Jan 27, 2022 2:52

Couldn't agree more Um@Joehard

Asli ga terduga kalo penguasaan mutlak otomotif Jepun di kawasan regional malah akan mendapat tantangan terberat dari Tiongkok

Bukan dari Korea seperti yg selama ini sering diprediksi :e-think:

Industri semikonduktor Jepun sempat memimpin dan berjaya banget di era 80an.

Sekarang sudah lumpuh layusl sejak Toshiba yg menjadi pilar utama industri semikonduktor Jepun dihukum penalti oleh Amrik akhir 80an te

Sekarang baru terjawab kenapa saat itu tekanan Amrik begitu keras pada Toshiba. Bahkan Pemerintah Jepun pun patuh total pada Amrik saat diminta sharing langsung ilmu teknologi Toshiba pada perusahaan2 Amrik tanpa syarat.

Tentu karena Amrik khawatir akan kemajuan teknologi Toshiba akan mengganggu hegemoni uncle Sam di masa depan. Uncle Sam udah memprediksi industri semikonduktor akan menjadi pilar utama produk2 manufaktur (telekomunikasi, elektronik, otomotif dan laen2) saat teknologi bergerak semakin cepat. Terbukti sudah di zaman now :mrgreen:

Hasil gemilang yg terlihat sekarang pada dominasi produk raksasa2 teknologi Amrik yg udah membikin kecanduan bahkan sudah disebut narkoba elektronik pada kehidupan umat manusia sedunia :e-doh:

Hukuman penalti Amrik pada Toshiba sangat berdampak dahsyat dan terlihat sekarang pada masa depan industri teknologi Jepun yg hancur lebur bak di bom atom ke 3 lagi :e-snooty:

Sejarah 30 taon lalu pada Toshiba lnyaris berulang lagi pada Huawei tapi Tiongkok bukan yes man pada Uncle Sam :big_smoking:
Grup elektronik paling sedih om emang Toshiba, bahkan 5 tahun yg lalu dibiarin dibeli sama hier grup, g dikasih ampun sama Nihon gov. Kebayang malunya eksekutif2 nya yg udah puluhan tahun di Toshiba, petantang2 puluhan tahun berasa raja elektronik dunia, tiba2 jadi antek cugoku sambil masang muka melas biar g gulung tikat, pasti pada pengen harakiri 😅
Indeed Um

selain itu juga Sharp Jepun yg sekarang udah jadi milik Foxconn dari Taiwan :mrgreen:

Foxconn yg akan investasi triliunan bangun pabrik batere EV di Batang, Jateng :off_good_job:

Lha wong Toshiba itu Soko guru industri semikonduktor Jepun pada masa itu yg berarti seperti backbone industri teknologi zaman now

Amrik ga kasih ampun karena paranoid pada kemajuan Toshiba bahkan petinggi2 Toshiba saat itu dijebloskan ke penjara dengan alasan membahayakan keamanan dalam negeri Amrik.
Langsung digantikan dengan orang2 Jepun tunjukan Amrik sendiri :e-doh: :e-whistle:

Masih belum cukup itu semua plus ilmu teknologi Toshiba saat itu harus ditransfer cuma2 ke perusahaan2 Amrik wkwkwk

Govt Jepun hanya bisa haik2 aza pada Amrik, amsiong toshiba bak sudah jatuh masih tertimpa tangga

:drinking:
Gov Jepang emang g punya nyali babar blas, plaza Accord akhir 80an maksa Yen naik terhadap USD biar barang mamarika kompetitif di pasar internasional, loh kok Nihon nurut2 g banyak cingcong, mulai ambruk itu ekonomi mereka dekade 90an, imbasnya sampe sekarang 😭

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Wed Feb 23, 2022 13:20
by pcx
Joehard30 wrote: Tue Feb 22, 2022 13:15
pcx wrote: Tue Feb 22, 2022 9:44
Joehard30 wrote: Thu Jan 27, 2022 6:17

Grup elektronik paling sedih om emang Toshiba, bahkan 5 tahun yg lalu dibiarin dibeli sama hier grup, g dikasih ampun sama Nihon gov. Kebayang malunya eksekutif2 nya yg udah puluhan tahun di Toshiba, petantang2 puluhan tahun berasa raja elektronik dunia, tiba2 jadi antek cugoku sambil masang muka melas biar g gulung tikat, pasti pada pengen harakiri 😅
Indeed Um

selain itu juga Sharp Jepun yg sekarang udah jadi milik Foxconn dari Taiwan :mrgreen:

Foxconn yg akan investasi triliunan bangun pabrik batere EV di Batang, Jateng :off_good_job:

Lha wong Toshiba itu Soko guru industri semikonduktor Jepun pada masa itu yg berarti seperti backbone industri teknologi zaman now

Amrik ga kasih ampun karena paranoid pada kemajuan Toshiba bahkan petinggi2 Toshiba saat itu dijebloskan ke penjara dengan alasan membahayakan keamanan dalam negeri Amrik.
Langsung digantikan dengan orang2 Jepun tunjukan Amrik sendiri :e-doh: :e-whistle:

Masih belum cukup itu semua plus ilmu teknologi Toshiba saat itu harus ditransfer cuma2 ke perusahaan2 Amrik wkwkwk

Govt Jepun hanya bisa haik2 aza pada Amrik, amsiong toshiba bak sudah jatuh masih tertimpa tangga

:drinking:
Gov Jepang emang g punya nyali babar blas, plaza Accord akhir 80an maksa Yen naik terhadap USD biar barang mamarika kompetitif di pasar internasional, loh kok Nihon nurut2 g banyak cingcong, mulai ambruk itu ekonomi mereka dekade 90an, imbasnya sampe sekarang 😭
Nasib negara kalah WW2, Um

Semua harus izin dari polisi dunia, Uncle Sam
Kalo mbangkang pasti Amrik ancam narik pasukan dari pangkalan militer dl Okinawa dan dah pasti Jepun jadi takut diserbu Korut :mrgreen: :mrgreen:

Lha wong Jepun buat alutsista sudah ga boleh juga dan semisal beli pesawat tempur F-16 ato F-22 Raptor juga dikadalin Amrik.
Ada kode rahasia yg harus minta ke Amrik untuk pengoperasian juga ga bisa buat serangan keluar dari jepun wkwkwkwk :big_weee:

Kalo ini tindakan Amrik benar banget lha wong sampe detik ini Jepun ga pernah ngaku salah di WW2. Beda dengan Jerman yg gentle mengaku salah sehingga generasi mendatang ga mengulangi di masa depan.

Oh Plaza accord itu yang menyebabkan yendaka dan perusahaan Jepun harus merelokasi industri mereka keluar Jepun agar bisa tetap kompetitif ? :e-think:

Ini penyebab jepun mengalami lost decade kalo ga salah ingat.

CMIIW

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Posted: Wed Feb 23, 2022 14:42
by alexand
saya masih ngarep wuling almaz keluarin versi turbo diesel buat saingan sama innova 2GD :)
mobil segede dan seberat itu cocok banget kalo pake turbo diesel apalagi kalo AWD tambah maknyus

kalo untuk brand cherry sendiri kayaknya agak susah mulai karena dulu pernah gulung tikar bikin stigma buruk di indonesia