Page 1 of 1

Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 10:16
by winnertrollino
Dear SM ers,

Salam kenal saya pengguna Innova Diesel 2021 (Saat ini pakai Biosolar + Aditif PTT). Beberapa kali sempat denger katanya kalau mobil diesel jangan isi Solar pas tinggal 1/4 Tangki karena bisa masuk angin?

Selain itu apakah ada efek interval / intensitas penggunaan mobil, kebiasaan pengisian bahan bakar (isi pada saat 1/2 VS 1/4 Tangki VS Hampir habis ) dengan bahan bakar yang digunakan (biosolar VS Dexlite VS DEX ) ?

Apakah ini benar? Mungkin Om2 disini yang udah banyak pengalaman sama mobil diesel boleh bantu?

Terima kasih

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 10:25
by pengendiesel
winnertrollino wrote: Mon Dec 27, 2021 10:16 Dear SM ers,

Salam kenal saya pengguna Innova Diesel 2021 (Saat ini pakai Biosolar + Aditif PTT). Beberapa kali sempat denger katanya kalau mobil diesel jangan isi Solar pas tinggal 1/4 Tangki karena bisa masuk angin?

Selain itu apakah ada efek interval / intensitas penggunaan mobil, kebiasaan pengisian bahan bakar (isi pada saat 1/2 VS 1/4 Tangki VS Hampir habis ) dengan bahan bakar yang digunakan (biosolar VS Dexlite VS DEX ) ?

Apakah ini benar? Mungkin Om2 disini yang udah banyak pengalaman sama mobil diesel boleh bantu?

Terima kasih
Setau saya itu berlaku untuk diesel2 jadul macam ispan 2.3, daihatsu taft, dll.
Sejak covid, vnt saya jadi agak jarang keliling. Jadinya isi solar dikit2 supaya gak basi di dalam tangki. Sekali isi 100 rebu, ngisinya pas indikator solar udah nyala. No problem sama sekali

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 11:06
by MSU
Ga masuk angin..tapi efek kondensasi di dalam tangki bikin tangki cpt kotor..katanya begitu om
Sy sendiri ga pernah alami..selalu jaga minimal 1/3 krn jaga2 misal sampe perlu nge-genset dll

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 11:36
by Omnibus
sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 13:41
by b0ku
saya punya dakar bensinnya kalo ud mau setengah sama full kok berasa beda ya acclnya??? keknya kudu kuras tangki juga :big_think:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 14:39
by adiputra4
ahh ane sering ini dr dulu

baru isi solar kadang sampe lampu solarnya nyala :mky_02:

lampu solar uda nyala juga masih tetep dipake jalan :mky_01:

sampe skg juga masih sering kek gitu.. saking iritnya sih jd lupa isi solar.. tiap jalan jarang liat jarum bbm :mky_01: :mky_01:

sekali isi full awetnya pake banget :mky_02:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 15:11
by DOHC
Omnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 11:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyen

tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 15:17
by walid_007
hanya mitos approved

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 15:25
by ginting
menurut saya itu cuma mitos yang dilebih lebihkan...

mungkin dulu ada yang terlanjur sampai habis...lalu masuk angin sehingga harus ada extra effort.
kalau logika saya sih, saya mobil terguncang guncang atau nanjak/turunan..membuat solar di tangki jadi pindah pindah..sehingga bisa jadi udara yang kesedot..bukan solar...

kalau dibilang "jangan sampai sisa dikit solarnya baru isi,,,nanti kotoran yang paling bawah keangkat ke atas...
lha..emangnya lobang sedotan di dalam tangki adanya di bagian atas ya ? kalau gitu maka kalau udah sisa 1/4 harusnya udah gak bisa nyedot dong..

tapi ada benarnya kalau soal udara masuk ke tangki..makin sedikit isi solar di tangki maka ruang kosong buat udara makin banyak..
humidity di indo sangat tinggi..nanti uap air nanti jadi makin banyak di tangki..
tapi itu juga gak langsung rusak ke mesin secara udah ada sedimentator alias filter penyaring air / water separator juga..

tapi kalau jalan lukot mending kalau sudah separoh sisa, langsung isi..jangan kayaknya saya...entar aja isinya masih bisa kok ..eh gak ada DEx...entar aja..kali kali di spbu terdekat ada dex...
tau taunya jarak jauh sekali yg gak ada lagi SPBU...jadinya deg degan selama di jalan..

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 16:45
by quyquy
Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.

Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.

Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Mon Dec 27, 2021 16:45
by Omnibus
DOHC wrote: Mon Dec 27, 2021 15:11
Omnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 11:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyen

tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang
siapa suruh beli mobil itu ......








:big_weee:
............ :ngacir:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 1:43
by forzanetti
quyquy wrote: Mon Dec 27, 2021 16:45 Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.

Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.

Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
sama, saya jg mobil apapun selalu isi di setengah tangki. lebih ke arah rasa aman aja, daripada udah nyala nanti pas posisi macet/jauh dari pom

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 1:50
by jessboy
ginting wrote: Mon Dec 27, 2021 15:25 menurut saya itu cuma mitos yang dilebih lebihkan...

mungkin dulu ada yang terlanjur sampai habis...lalu masuk angin sehingga harus ada extra effort.
kalau logika saya sih, saya mobil terguncang guncang atau nanjak/turunan..membuat solar di tangki jadi pindah pindah..sehingga bisa jadi udara yang kesedot..bukan solar...

kalau dibilang "jangan sampai sisa dikit solarnya baru isi,,,nanti kotoran yang paling bawah keangkat ke atas...
lha..emangnya lobang sedotan di dalam tangki adanya di bagian atas ya ? kalau gitu maka kalau udah sisa 1/4 harusnya udah gak bisa nyedot dong..

tapi ada benarnya kalau soal udara masuk ke tangki..makin sedikit isi solar di tangki maka ruang kosong buat udara makin banyak..
humidity di indo sangat tinggi..nanti uap air nanti jadi makin banyak di tangki..
tapi itu juga gak langsung rusak ke mesin secara udah ada sedimentator alias filter penyaring air / water separator juga..

tapi kalau jalan lukot mending kalau sudah separoh sisa, langsung isi..jangan kayaknya saya...entar aja isinya masih bisa kok ..eh gak ada DEx...entar aja..kali kali di spbu terdekat ada dex...
tau taunya jarak jauh sekali yg gak ada lagi SPBU...jadinya deg degan selama di jalan..
mantap om pecerahannya :big_exellent:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 2:04
by silentIm2
Captiva saya sudah 7 tahun sering isi solar ketika indikator solar nyala. Waktu lampu indicator nyala sebenarnya di dalam tangki masih ada sekitar 17 liter kalo di Captiva.

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 2:07
by well
temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 3:36
by winnertrollino
Thanks Om2 Semua reply nya.

Jadi kesimpulannya ini hanya mitos ya? Dan untuk amannya mungkin isi ketika Tangki 1/5 ya? jangan kurang dari itu biar aman?

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 3:43
by ChZ
well wrote: Tue Dec 28, 2021 2:07 temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
justru saya dari pengalaman malah kayaknya makin deket ke E lebih berat larinya. akhirnya musti gas agak dalem klo mau akselerasi.

saya mikirnya ya nyedot bensinnya lebih susah :mky_01:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 4:57
by doge
well wrote: Tue Dec 28, 2021 2:07 temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
kyknya lbh krn mobilnya lbh enteng klo bensinnya mw abis

klo mobil tangki 35L aja, asumsi fulltank 30an kg, mepet E paling sisa 5kg bbmnya hahahaha

ya bner aja klo lbh irit pas bensinnya mw abis, muatannya lbh enteng

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 5:04
by b0ku
ChZ wrote: Tue Dec 28, 2021 3:43
justru saya dari pengalaman malah kayaknya makin deket ke E lebih berat larinya. akhirnya musti gas agak dalem klo mau akselerasi.

saya mikirnya ya nyedot bensinnya lebih susah :mky_01:
takutnya karena ud terlalu turun level bensinnya akhirnya kotoran di dalem tangki ikut kesedot soalnya pajero saya gejalanya gitu kalo tangkinya mau setengah lagnya berasa banget pas penuh nyaris gak berasa lagnya maklum mantan isi solar tapi belom nguras :big_think:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 14:14
by kunaskun
winnertrollino wrote: Tue Dec 28, 2021 3:36 Thanks Om2 Semua reply nya.

Jadi kesimpulannya ini hanya mitos ya? Dan untuk amannya mungkin isi ketika Tangki 1/5 ya? jangan kurang dari itu biar aman?
kalau saya mikirnya simple. dibawah separoh aja udah ga betah. bukan karena faktor tangki kecil. tapi model pompa bensin mobil sekarang itu kan ngandelin bensin di dalemnya untuk pendinginan juga makanya model celup, selain juga faktor performa dll. nah kala sering ga kecelup lalu sering kena bensin kualitas negara wakanda gini, ya lama2 kalah itu pompa. juga ada benernya kalau kata org dulu: biar kotoran yg ngendap ga gampang kesedot pompa bensin. terlebih pompa bensin model sekarang, filternya dibikiin jadi satu dengan pompanya dan biasanya ga bisa diganti terpisah.

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Tue Dec 28, 2021 14:30
by DOHC
Omnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 16:45
DOHC wrote: Mon Dec 27, 2021 15:11
Omnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 11:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyen

tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang
siapa suruh beli mobil itu ......



:big_weee:
............ :ngacir:
paling tidak

pake mobil itu

- ga perlu pusing aki abis kl naroh konci mobil deket dgn mobil
- ga perlu oli mahal2
- ga perlu solar mahal2
- troubleshooting tanpa scanner2 an
- ga perlu sering2 ganti filter
- spare part murah
- pajek murah

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Thu Jun 02, 2022 13:09
by ilhami
memang nya sampai jaman euro 4 begini, masih tidak ada pompa solar di dalam tangki ya?

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Fri Jun 03, 2022 6:18
by ginting
quyquy wrote: Mon Dec 27, 2021 16:45 Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.

Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.

Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
kalau alasan no 1 kayaknya sih masuk akal karena dia butuh cooling juga motornya.

tapi kalau alasan nomor 2 kok kayaknya perlu dipertanyakan...apa iya, fuel itu yang kesedot adalah bagian atasnya duluan ?
jadi ingat orang minum kopi maka ampas ampas yg di bawah gak diminum.
setahu aku pompa bahan bakar (rotax nama kerennya) itu pasti ujung sedotannya menuju titik terbawah..untuk memastikan BBM bisa kesedot semua...
nah kalau memang demikian maka biar kata BBM full kalau kotoran endapan banyak, tetap aja bisa ikut kesedot.
btw, s etahu saya di mobil jadul tetap ada filternya juga di tangki , mirip kaus kaki , untuk mencegah kotoran disedot rotax.


btw, jaman old saat masih pakai membran, memang sih karburatur yg nyedot minyak dr tanki.
skrg sih minya didorong pakai motor dari tanki ke filter fuel depan...dari situ dipompakan sama bosch pump ke injector..

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Fri Jun 03, 2022 8:33
by AbdulHakim
DOHC wrote: Tue Dec 28, 2021 14:30 paling tidak

pake mobil itu

- ga perlu pusing aki abis kl naroh konci mobil deket dgn mobil
- ga perlu oli mahal2
- ga perlu solar mahal2
- troubleshooting tanpa scanner2 an
- ga perlu sering2 ganti filter
- spare part murah
- pajek murah

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
kok langsung kebayang wujudnya seekor panther ya mbah :big_biglaugh:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Posted: Fri Jun 03, 2022 10:08
by DOHC
AbdulHakim wrote: Fri Jun 03, 2022 8:33
DOHC wrote: Tue Dec 28, 2021 14:30 paling tidak

pake mobil itu

- ga perlu pusing aki abis kl naroh konci mobil deket dgn mobil
- ga perlu oli mahal2
- ga perlu solar mahal2
- troubleshooting tanpa scanner2 an
- ga perlu sering2 ganti filter
- spare part murah
- pajek murah

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
kok langsung kebayang wujudnya seekor panther ya mbah :big_biglaugh:
Biar adil

Jgn lupa elsape jg