Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
winnertrollino
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 23 Feb 2017, 20:04

Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by winnertrollino »

Dear SM ers,

Salam kenal saya pengguna Innova Diesel 2021 (Saat ini pakai Biosolar + Aditif PTT). Beberapa kali sempat denger katanya kalau mobil diesel jangan isi Solar pas tinggal 1/4 Tangki karena bisa masuk angin?

Selain itu apakah ada efek interval / intensitas penggunaan mobil, kebiasaan pengisian bahan bakar (isi pada saat 1/2 VS 1/4 Tangki VS Hampir habis ) dengan bahan bakar yang digunakan (biosolar VS Dexlite VS DEX ) ?

Apakah ini benar? Mungkin Om2 disini yang udah banyak pengalaman sama mobil diesel boleh bantu?

Terima kasih
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by pengendiesel »

winnertrollino wrote: 27 Dec 2021, 17:16 Dear SM ers,

Salam kenal saya pengguna Innova Diesel 2021 (Saat ini pakai Biosolar + Aditif PTT). Beberapa kali sempat denger katanya kalau mobil diesel jangan isi Solar pas tinggal 1/4 Tangki karena bisa masuk angin?

Selain itu apakah ada efek interval / intensitas penggunaan mobil, kebiasaan pengisian bahan bakar (isi pada saat 1/2 VS 1/4 Tangki VS Hampir habis ) dengan bahan bakar yang digunakan (biosolar VS Dexlite VS DEX ) ?

Apakah ini benar? Mungkin Om2 disini yang udah banyak pengalaman sama mobil diesel boleh bantu?

Terima kasih
Setau saya itu berlaku untuk diesel2 jadul macam ispan 2.3, daihatsu taft, dll.
Sejak covid, vnt saya jadi agak jarang keliling. Jadinya isi solar dikit2 supaya gak basi di dalam tangki. Sekali isi 100 rebu, ngisinya pas indikator solar udah nyala. No problem sama sekali
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by MSU »

Ga masuk angin..tapi efek kondensasi di dalam tangki bikin tangki cpt kotor..katanya begitu om
Sy sendiri ga pernah alami..selalu jaga minimal 1/3 krn jaga2 misal sampe perlu nge-genset dll
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8600
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by Omnibus »

sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1562
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by b0ku »

saya punya dakar bensinnya kalo ud mau setengah sama full kok berasa beda ya acclnya??? keknya kudu kuras tangki juga :big_think:
User avatar
adiputra4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by adiputra4 »

ahh ane sering ini dr dulu

baru isi solar kadang sampe lampu solarnya nyala :mky_02:

lampu solar uda nyala juga masih tetep dipake jalan :mky_01:

sampe skg juga masih sering kek gitu.. saking iritnya sih jd lupa isi solar.. tiap jalan jarang liat jarum bbm :mky_01: :mky_01:

sekali isi full awetnya pake banget :mky_02:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24693
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 Dec 2021, 18:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyen

tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3000
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by walid_007 »

hanya mitos approved
engine roaring!
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4155
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by ginting »

menurut saya itu cuma mitos yang dilebih lebihkan...

mungkin dulu ada yang terlanjur sampai habis...lalu masuk angin sehingga harus ada extra effort.
kalau logika saya sih, saya mobil terguncang guncang atau nanjak/turunan..membuat solar di tangki jadi pindah pindah..sehingga bisa jadi udara yang kesedot..bukan solar...

kalau dibilang "jangan sampai sisa dikit solarnya baru isi,,,nanti kotoran yang paling bawah keangkat ke atas...
lha..emangnya lobang sedotan di dalam tangki adanya di bagian atas ya ? kalau gitu maka kalau udah sisa 1/4 harusnya udah gak bisa nyedot dong..

tapi ada benarnya kalau soal udara masuk ke tangki..makin sedikit isi solar di tangki maka ruang kosong buat udara makin banyak..
humidity di indo sangat tinggi..nanti uap air nanti jadi makin banyak di tangki..
tapi itu juga gak langsung rusak ke mesin secara udah ada sedimentator alias filter penyaring air / water separator juga..

tapi kalau jalan lukot mending kalau sudah separoh sisa, langsung isi..jangan kayaknya saya...entar aja isinya masih bisa kok ..eh gak ada DEx...entar aja..kali kali di spbu terdekat ada dex...
tau taunya jarak jauh sekali yg gak ada lagi SPBU...jadinya deg degan selama di jalan..
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 590
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by quyquy »

Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.

Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.

Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8600
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 27 Dec 2021, 22:11
Omnibus wrote: 27 Dec 2021, 18:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyen

tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang
siapa suruh beli mobil itu ......








:big_weee:
............ :ngacir:
forzanetti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by forzanetti »

quyquy wrote: 27 Dec 2021, 23:45 Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.

Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.

Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
sama, saya jg mobil apapun selalu isi di setengah tangki. lebih ke arah rasa aman aja, daripada udah nyala nanti pas posisi macet/jauh dari pom
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by jessboy »

ginting wrote: 27 Dec 2021, 22:25 menurut saya itu cuma mitos yang dilebih lebihkan...

mungkin dulu ada yang terlanjur sampai habis...lalu masuk angin sehingga harus ada extra effort.
kalau logika saya sih, saya mobil terguncang guncang atau nanjak/turunan..membuat solar di tangki jadi pindah pindah..sehingga bisa jadi udara yang kesedot..bukan solar...

kalau dibilang "jangan sampai sisa dikit solarnya baru isi,,,nanti kotoran yang paling bawah keangkat ke atas...
lha..emangnya lobang sedotan di dalam tangki adanya di bagian atas ya ? kalau gitu maka kalau udah sisa 1/4 harusnya udah gak bisa nyedot dong..

tapi ada benarnya kalau soal udara masuk ke tangki..makin sedikit isi solar di tangki maka ruang kosong buat udara makin banyak..
humidity di indo sangat tinggi..nanti uap air nanti jadi makin banyak di tangki..
tapi itu juga gak langsung rusak ke mesin secara udah ada sedimentator alias filter penyaring air / water separator juga..

tapi kalau jalan lukot mending kalau sudah separoh sisa, langsung isi..jangan kayaknya saya...entar aja isinya masih bisa kok ..eh gak ada DEx...entar aja..kali kali di spbu terdekat ada dex...
tau taunya jarak jauh sekali yg gak ada lagi SPBU...jadinya deg degan selama di jalan..
mantap om pecerahannya :big_exellent:
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by silentIm2 »

Captiva saya sudah 7 tahun sering isi solar ketika indikator solar nyala. Waktu lampu indicator nyala sebenarnya di dalam tangki masih ada sekitar 17 liter kalo di Captiva.
Past: 1 NZ-FE, EX250-J
Current: GM Z20 NLP
well
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by well »

temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
winnertrollino
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 23 Feb 2017, 20:04

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by winnertrollino »

Thanks Om2 Semua reply nya.

Jadi kesimpulannya ini hanya mitos ya? Dan untuk amannya mungkin isi ketika Tangki 1/5 ya? jangan kurang dari itu biar aman?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by ChZ »

well wrote: 28 Dec 2021, 09:07 temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
justru saya dari pengalaman malah kayaknya makin deket ke E lebih berat larinya. akhirnya musti gas agak dalem klo mau akselerasi.

saya mikirnya ya nyedot bensinnya lebih susah :mky_01:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by doge »

well wrote: 28 Dec 2021, 09:07 temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
kyknya lbh krn mobilnya lbh enteng klo bensinnya mw abis

klo mobil tangki 35L aja, asumsi fulltank 30an kg, mepet E paling sisa 5kg bbmnya hahahaha

ya bner aja klo lbh irit pas bensinnya mw abis, muatannya lbh enteng
:ngacir:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1562
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by b0ku »

ChZ wrote: 28 Dec 2021, 10:43
justru saya dari pengalaman malah kayaknya makin deket ke E lebih berat larinya. akhirnya musti gas agak dalem klo mau akselerasi.

saya mikirnya ya nyedot bensinnya lebih susah :mky_01:
takutnya karena ud terlalu turun level bensinnya akhirnya kotoran di dalem tangki ikut kesedot soalnya pajero saya gejalanya gitu kalo tangkinya mau setengah lagnya berasa banget pas penuh nyaris gak berasa lagnya maklum mantan isi solar tapi belom nguras :big_think:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3373
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by kunaskun »

winnertrollino wrote: 28 Dec 2021, 10:36 Thanks Om2 Semua reply nya.

Jadi kesimpulannya ini hanya mitos ya? Dan untuk amannya mungkin isi ketika Tangki 1/5 ya? jangan kurang dari itu biar aman?
kalau saya mikirnya simple. dibawah separoh aja udah ga betah. bukan karena faktor tangki kecil. tapi model pompa bensin mobil sekarang itu kan ngandelin bensin di dalemnya untuk pendinginan juga makanya model celup, selain juga faktor performa dll. nah kala sering ga kecelup lalu sering kena bensin kualitas negara wakanda gini, ya lama2 kalah itu pompa. juga ada benernya kalau kata org dulu: biar kotoran yg ngendap ga gampang kesedot pompa bensin. terlebih pompa bensin model sekarang, filternya dibikiin jadi satu dengan pompanya dan biasanya ga bisa diganti terpisah.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24693
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 Dec 2021, 23:45
DOHC wrote: 27 Dec 2021, 22:11
Omnibus wrote: 27 Dec 2021, 18:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyen

tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang
siapa suruh beli mobil itu ......



:big_weee:
............ :ngacir:
paling tidak

pake mobil itu

- ga perlu pusing aki abis kl naroh konci mobil deket dgn mobil
- ga perlu oli mahal2
- ga perlu solar mahal2
- troubleshooting tanpa scanner2 an
- ga perlu sering2 ganti filter
- spare part murah
- pajek murah

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply