2022 Honda BR-V Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
Poporing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Poporing »

Profith83 wrote: 04 Feb 2022, 09:25
Mercer29 wrote: 03 Feb 2022, 20:18

Ternyata udah ada yang ngetes di tanjakan sama, disisipin parodi lagi :big_biglaugh:


Takeaway saya akan series kejadian ini ada beberapa poin sih

1. Ini tanjakan bukan yang paling ekstrim gradient-wise, tapi bikin kontroversi (for no apparent reason? kek gaada tanjakan lain aja wkwk)

2. Veloz GO kilometer nya rendah banget, denger" beberapa mobil jaman now emang ada yang kalo masi gres gitu ECU limit power of some sort

3. Atau memang unit bermasalah? Berarti ini merk makin taun makin bermasalah aja kualitasnya... ya ga salah sih sunatan nya makin berkualitas :big_love:


Saya jadi makin gatel pengen cobain bawa innocents" diseret ikutan tes nanjak sana sini...
ini tempat yang sama Velos dan XPander yang gak bisa nanjak?
itu tempat yg sama pas tim GO ngetes pelos...
ga gerak pelosnya....
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: 04 Feb 2022, 10:01 Di B Channel ada yg comment, Honda paling seneng taro angka tinggi buat tenaga pdhl aktualnya ga segitu.
Ini komen paling uneducated abad ini sih. Malah feeling saya Honda agak downgrade figur tenaganya. Karena secara pindah dari SOHC ke DOHC masa cuma namba 1 hp :mky_07:
yang ngomong begitu antara cuma pake foot-o-meter (modal feeling), kebiasaan pake mobil diesel / turbodiesel (nggak pernah injek gas dalem-dalem), gak paham konsep power curve, atau gak ngerti konsep losses di dyno.

orang dyno aja ada tekniknya gak bisa sembarang orang naek ke mesin lalu gaspol seenak jidat. gak ngerti kali kalo di dyno beda gigi hasilnya beda ntar makin bingung dia dikira mesin dyno nya error :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

Mercer29 wrote: 03 Feb 2022, 20:18 Ternyata udah ada yang ngetes di tanjakan sama, disisipin parodi lagi :big_biglaugh:


Takeaway saya akan series kejadian ini ada beberapa poin sih

1. Ini tanjakan bukan yang paling ekstrim gradient-wise, tapi bikin kontroversi (for no apparent reason? kek gaada tanjakan lain aja wkwk)

2. Veloz GO kilometer nya rendah banget, denger" beberapa mobil jaman now emang ada yang kalo masi gres gitu ECU limit power of some sort

3. Atau memang unit bermasalah? Berarti ini merk makin taun makin bermasalah aja kualitasnya... ya ga salah sih sunatan nya makin berkualitas :big_love:


Saya jadi makin gatel pengen cobain bawa innocents" diseret ikutan tes nanjak sana sini...
klo mau benefit of the doubt nya ya nomer 2 bisa jadi. tapi kita blom dengar klarifikasi dari tim teknis TAM lebih lanjut soal ini. pdhl ini isu penting. the legendary avanza loh, yg dulu dikenal perkasa naklukin tanjakan sana sini walau naikan macem kaleng krupuk dikasih roda mental mentul gak karuan tp lebih sakti daripada sedan mewah kalean klo di tanjakan karena the all powerful rear-wheel-drive powahhhh.

masa tim teknisnya gak tertarik buat bikin stunt tandingan nanjak di gradien 25 derajat waktu hujan deras kek. malah marketing nya ndakik-ndakik gak jelas di channel GO.

tapi balik lagi kalo mau diliat ke nomer 3 liat raize / rocky pada beberapa level gradien tertentu gak mau nanjak juga makin terdengar meyakinkan klo lineup toyota yang baru-baru ini "gak kuat nanjak".

lama lama jadi meme "toyota = gak kuat nanjak." terus fanboy wooleng bersukaria karena wooleng jadi terlihat v4lu3 f0r m0n3y krn market leader yg lebih mahal jg gak mampu nanjak :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4234
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Profith83 »

Poporing wrote: 04 Feb 2022, 10:52
Profith83 wrote: 04 Feb 2022, 09:25
Mercer29 wrote: 03 Feb 2022, 20:18

Ternyata udah ada yang ngetes di tanjakan sama, disisipin parodi lagi :big_biglaugh:


Takeaway saya akan series kejadian ini ada beberapa poin sih

1. Ini tanjakan bukan yang paling ekstrim gradient-wise, tapi bikin kontroversi (for no apparent reason? kek gaada tanjakan lain aja wkwk)

2. Veloz GO kilometer nya rendah banget, denger" beberapa mobil jaman now emang ada yang kalo masi gres gitu ECU limit power of some sort

3. Atau memang unit bermasalah? Berarti ini merk makin taun makin bermasalah aja kualitasnya... ya ga salah sih sunatan nya makin berkualitas :big_love:


Saya jadi makin gatel pengen cobain bawa innocents" diseret ikutan tes nanjak sana sini...
ini tempat yang sama Velos dan XPander yang gak bisa nanjak?
itu tempat yg sama pas tim GO ngetes pelos...
ga gerak pelosnya....
:ngacir:
wah, Toyota harus tuning ulang ECU nya supaya cocok dengan transmisi, itu kalau pusatnya memang niat jual mobil yah.... hihihi :big_grin: :big_grin: :big_grin:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by pendoli »

Poporing wrote: 04 Feb 2022, 10:41
pendoli wrote: 04 Feb 2022, 05:39 Kalo tanjakan2 terjal di jakarta tu di mana ya? Pengen cobain juga dah hehehe
di Grand Indonesia om.. saya lupa masuk gate yg mana
terjal bgt.. gelap pulak..
Ni yg muter2 ke parkiran lantai 5 apa 6 itu kah?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

pendoli wrote: 04 Feb 2022, 11:31
Poporing wrote: 04 Feb 2022, 10:41
pendoli wrote: 04 Feb 2022, 05:39 Kalo tanjakan2 terjal di jakarta tu di mana ya? Pengen cobain juga dah hehehe
di Grand Indonesia om.. saya lupa masuk gate yg mana
terjal bgt.. gelap pulak..
Ni yg muter2 ke parkiran lantai 5 apa 6 itu kah?
Gate BCA yaa?
*Colek me if I'm wrong
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 04 Feb 2022, 12:12
Gate BCA yaa?
itu mah enteng kali tempat saya ngetest chasis :big_biglaugh:
Poporing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Poporing »

pendoli wrote: 04 Feb 2022, 11:31
Poporing wrote: 04 Feb 2022, 10:41
pendoli wrote: 04 Feb 2022, 05:39 Kalo tanjakan2 terjal di jakarta tu di mana ya? Pengen cobain juga dah hehehe
di Grand Indonesia om.. saya lupa masuk gate yg mana
terjal bgt.. gelap pulak..
Ni yg muter2 ke parkiran lantai 5 apa 6 itu kah?
sepertinya iya... parkiran yg non-stop lgsg menuju lantai tinggi...
ane paling males dah kalo salah masuk ke lorong tanjakan itu. hahahah
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Mercer29 »

ChZ wrote: 04 Feb 2022, 11:21
masa tim teknisnya gak tertarik buat bikin stunt tandingan nanjak di gradien 25 derajat waktu hujan deras kek. malah marketing nya ndakik-ndakik gak jelas di channel GO.

tapi balik lagi kalo mau diliat ke nomer 3 liat raize / rocky pada beberapa level gradien tertentu gak mau nanjak juga makin terdengar meyakinkan klo lineup toyota yang baru-baru ini "gak kuat nanjak".
Habis saya lihat" lagi video om billyd1773dz soal Raize nya di candi cetho itu kok saya jadi balik ragu sama poin kedua ya :mky_01:

Makin ditelaah juga seperti CVT nya kek gamau ngangkat nya gitu, teori transmisi nya yang rada terlalu panas sehingga dia nge-limit tenaga yang keluar jadi ngga se far-fetched itu, apalagi di video Raize nya napa sampe starter nya jadi rada panjang gitu, kek beneran habis ada kena sesuatu di mesin juga.


Budget bikin stunt waktu hujan deras udah lari semua ke bikin hujan buat promosiin hybrid (ga nyetrum) sama miniseries" self-promote :ngacir:
2021 W101RE LBVFJ Non

2022 SM-S906E
2021 OMEN 15-EK0044TX
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

Mercer29 wrote: 04 Feb 2022, 16:27
Habis saya lihat" lagi video om billyd1773dz soal Raize nya di candi cetho itu kok saya jadi balik ragu sama poin kedua ya :mky_01:

Makin ditelaah juga seperti CVT nya kek gamau ngangkat nya gitu, teori transmisi nya yang rada terlalu panas sehingga dia nge-limit tenaga yang keluar jadi ngga se far-fetched itu, apalagi di video Raize nya napa sampe starter nya jadi rada panjang gitu, kek beneran habis ada kena sesuatu di mesin juga.


Budget bikin stunt waktu hujan deras udah lari semua ke bikin hujan buat promosiin hybrid (ga nyetrum) sama miniseries" self-promote :ngacir:
wkwkwkwk jangan2 supplier CVTnya outsource ke tempat yang sama ama wooleng :mky_03: makanya logikanya mobil turbo modern gt loh nanjak sampe berenti gitu kan. mobil NA jadul lawas lawas aja perkasa banget pdhl secara power to weight dan power rating / curve jauh lebih buruk. klo ini daihatsu hijet 1000 jadul gw percaya, itu aja kadang dipaksain masih naik.

sibuk bayar influenser termasuk bayarin road trip trans jawa nya si trio :mky_03: gimana ngga bikin kita makin curiga ada udang di balik bakwan ama review review "positif" nya :mky_03:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

ChZ wrote: 05 Feb 2022, 09:51 wkwkwkwk jangan2 supplier CVTnya outsource ke tempat yang sama ama wooleng :mky_03: makanya logikanya mobil turbo modern gt loh nanjak sampe berenti gitu kan. mobil NA jadul lawas lawas aja perkasa banget pdhl secara power to weight dan power rating / curve jauh lebih buruk. klo ini daihatsu hijet 1000 jadul gw percaya, itu aja kadang dipaksain masih naik.

sibuk bayar influenser termasuk bayarin road trip trans jawa nya si trio :mky_03: gimana ngga bikin kita makin curiga ada udang di balik bakwan ama review review "positif" nya :mky_03:
tapi guling kan cvtnya pake bosch :big_biglaugh: masa sih sampe segitunya pake supplier jerman :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on 05 Feb 2022, 10:34, edited 2 times in total.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 05 Feb 2022, 09:51
Mercer29 wrote: 04 Feb 2022, 16:27
Habis saya lihat" lagi video om billyd1773dz soal Raize nya di candi cetho itu kok saya jadi balik ragu sama poin kedua ya :mky_01:

Makin ditelaah juga seperti CVT nya kek gamau ngangkat nya gitu, teori transmisi nya yang rada terlalu panas sehingga dia nge-limit tenaga yang keluar jadi ngga se far-fetched itu, apalagi di video Raize nya napa sampe starter nya jadi rada panjang gitu, kek beneran habis ada kena sesuatu di mesin juga.


Budget bikin stunt waktu hujan deras udah lari semua ke bikin hujan buat promosiin hybrid (ga nyetrum) sama miniseries" self-promote :ngacir:
wkwkwkwk jangan2 supplier CVTnya outsource ke tempat yang sama ama wooleng :mky_03: makanya logikanya mobil turbo modern gt loh nanjak sampe berenti gitu kan. mobil NA jadul lawas lawas aja perkasa banget pdhl secara power to weight dan power rating / curve jauh lebih buruk. klo ini daihatsu hijet 1000 jadul gw percaya, itu aja kadang dipaksain masih naik.

sibuk bayar influenser termasuk bayarin road trip trans jawa nya si trio :mky_03: gimana ngga bikin kita makin curiga ada udang di balik bakwan ama review review "positif" nya :mky_03:
CVT designed and manufactured in shenzhen :mky_03:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

b0ku wrote: 05 Feb 2022, 10:23
tapi guling kan cvtnya pake bosch :big_biglaugh: masa sih sampe segitunya pake supplier jerman :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: 05 Feb 2022, 10:24
CVT designed and manufactured in shenzhen :mky_03:
toyota sih biasanya outsource ke aisin.

entah ini aisin ama bosch pesan ke vendor elektrikal yang sama apa gimana. aisin tp biasanya AT nya terkenal robust. cm mungkin soal electrical software agak kurang, soalnya believable sih sejak kejadian jedugnya AC60E di reborn/VRZ skrg kejadian lagi di veloz dan raize :mky_03:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

ChZ wrote: 05 Feb 2022, 10:29
toyota sih biasanya outsource ke aisin.

entah ini aisin ama bosch pesan ke vendor elektrikal yang sama apa gimana. aisin tp biasanya AT nya terkenal robust. cm mungkin soal electrical software agak kurang, soalnya believable sih sejak kejadian jedugnya AC60E di reborn/VRZ skrg kejadian lagi di veloz dan raize :mky_03:
Lalu apa perbedaan D-CVT dan transmisi otomatis CVT yang selama ini ada?

Perbedaan D-CVT dengan CVT adalah pada transmisi otomatis D-CVT tidak hanya menggunakan sabuk dan puli baja saja seperti pada CVT. Pada D-CVT, transmisi otomatis ini juga memiliki serangkaian gigi tambahan serta planetary gear seperti pada transmisi otomatis biasa.

Gigi tambahan dan gigi planet ini Daihatsu sebut dengan nama ‘split-gears system’. Sabuk baja dan split-gear system akan bekerja bergantian dalam menyalurkan tenaga dari mesin. Sehingga itulah alasan transmisi disebut ‘Dual Mode’ atau D- di depan kata CVT.

Untuk mode pertama, D-CVT seperti transmisi CVT secara umum. Ini berarti perpindahan gigi transmisi melalui puli dan sabuk baja. Mode ini akan aktif saat mobil dalam keadaan diam hingga ke kecepatan rendah dan menengah. Pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, rangkaian gigi tambahan dan gigi planet akan bekerja. Ini dikatakan sebagai mode kedua.

Tujuan penggunaan dua mode dalam satu transmisi ini adalah untuk meningkatkan efesiensi bahan bakar jauh lebih baik lagi.
menarik katanya ada planteary gearnya juga :big_think:





:big_think: kok saya ngerasa planetary gearnya yang bikin masalah :big_biglaugh:
Limitations? Like other CVTs and normal transmissions, the D-CVT is can only handle a certain amount of torque, which is up to 150 Nm. Daihatsu says its transmission is optimised to be used in all models from mini (kei cars) to vehicles with engine capacities of up to 1.5 litres.
malah ada satu artikel mention kata daihatsu ini CVT cuma kuat nahan 150nm berarti kalo di remap.......... mikir sendiri dah :wkkk:
User avatar
grimjow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by grimjow »

[media] [/media]

Harusnya coba tanjakan ini nih
:mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11846
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

b0ku wrote: 05 Feb 2022, 10:34
menarik katanya ada planteary gearnya juga :big_think:





:big_think: kok saya ngerasa planetary gearnya yang bikin masalah :big_biglaugh:
Limitations? Like other CVTs and normal transmissions, the D-CVT is can only handle a certain amount of torque, which is up to 150 Nm. Daihatsu says its transmission is optimised to be used in all models from mini (kei cars) to vehicles with engine capacities of up to 1.5 litres.
malah ada satu artikel mention kata daihatsu ini CVT cuma kuat nahan 150nm berarti kalo di remap.......... mikir sendiri dah :wkkk:
yang lucu DCVT di model yang lebih luxury itu gearnya buat bantu start CVT yg biasanya lemot... di lower end model macem raize malah buat cruise :big_biglaugh:

mungkin itu alesan ecu nya di lock gak bisa diapa apain :mky_03: torsi stocknya udah 140an Nm.

ya gak heran sih gampang overheat kl spek CVTnya cuma sanggup 150Nm dia stock udah 140an :big_biglaugh: cuma dikasih margin 10%.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1001
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by vipere »

ChZ wrote: 05 Feb 2022, 14:56
b0ku wrote: 05 Feb 2022, 10:34
menarik katanya ada planteary gearnya juga :big_think:





:big_think: kok saya ngerasa planetary gearnya yang bikin masalah :big_biglaugh:
Limitations? Like other CVTs and normal transmissions, the D-CVT is can only handle a certain amount of torque, which is up to 150 Nm. Daihatsu says its transmission is optimised to be used in all models from mini (kei cars) to vehicles with engine capacities of up to 1.5 litres.
malah ada satu artikel mention kata daihatsu ini CVT cuma kuat nahan 150nm berarti kalo di remap.......... mikir sendiri dah :wkkk:
yang lucu DCVT di model yang lebih luxury itu gearnya buat bantu start CVT yg biasanya lemot... di lower end model macem raize malah buat cruise :big_biglaugh:

mungkin itu alesan ecu nya di lock gak bisa diapa apain :mky_03: torsi stocknya udah 140an Nm.

ya gak heran sih gampang overheat kl spek CVTnya cuma sanggup 150Nm dia stock udah 140an :big_biglaugh: cuma dikasih margin 10%.
saya lagi komplain ke bengkel, mau dicek lagi..rocky saya di kecepatan rendah, kalo kita lepas gas tiba2 ..mobilnya kayak nahan gitu, terus tiba tiba agak nyentak maju, kayak ndut ndutan, ada hubungannya ama dcvt ini gak ya ?
masa cvt gak mulus gitu, sedangkan mobil saya yang pake konvensional AT aja mulus mau lepas gas kek.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

vipere wrote: 05 Feb 2022, 15:10
ChZ wrote: 05 Feb 2022, 14:56
b0ku wrote: 05 Feb 2022, 10:34
menarik katanya ada planteary gearnya juga :big_think:





:big_think: kok saya ngerasa planetary gearnya yang bikin masalah :big_biglaugh:



malah ada satu artikel mention kata daihatsu ini CVT cuma kuat nahan 150nm berarti kalo di remap.......... mikir sendiri dah :wkkk:
yang lucu DCVT di model yang lebih luxury itu gearnya buat bantu start CVT yg biasanya lemot... di lower end model macem raize malah buat cruise :big_biglaugh:

mungkin itu alesan ecu nya di lock gak bisa diapa apain :mky_03: torsi stocknya udah 140an Nm.

ya gak heran sih gampang overheat kl spek CVTnya cuma sanggup 150Nm dia stock udah 140an :big_biglaugh: cuma dikasih margin 10%.
saya lagi komplain ke bengkel, mau dicek lagi..rocky saya di kecepatan rendah, kalo kita lepas gas tiba2 ..mobilnya kayak nahan gitu, terus tiba tiba agak nyentak maju, kayak ndut ndutan, ada hubungannya ama dcvt ini gak ya ?
masa cvt gak mulus gitu, sedangkan mobil saya yang pake konvensional AT aja mulus mau lepas gas kek.
Itu kyknya krn udh lockup clutch deh.

Jd kyk mbl manual aja, ketika kopling udh lockup, mesin CC kecil di low speed, pasti ndut2an
*Colek me if I'm wrong
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

ChZ wrote: 05 Feb 2022, 14:56
yang lucu DCVT di model yang lebih luxury itu gearnya buat bantu start CVT yg biasanya lemot... di lower end model macem raize malah buat cruise :big_biglaugh:

mungkin itu alesan ecu nya di lock gak bisa diapa apain :mky_03: torsi stocknya udah 140an Nm.

ya gak heran sih gampang overheat kl spek CVTnya cuma sanggup 150Nm dia stock udah 140an :big_biglaugh: cuma dikasih margin 10%.
CVT honda di bongkar HONDATA setelah di siksa 1th pake mesin remap :big_biglaugh:

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1001
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by vipere »

Suryaputra wrote: 05 Feb 2022, 15:21
Itu kyknya krn udh lockup clutch deh.

Jd kyk mbl manual aja, ketika kopling udh lockup, mesin CC kecil di low speed, pasti ndut2an
jadi gak masalah ya,om ? emang karakternya gitu ?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

vipere wrote: 05 Feb 2022, 16:37
Suryaputra wrote: 05 Feb 2022, 15:21
Itu kyknya krn udh lockup clutch deh.

Jd kyk mbl manual aja, ketika kopling udh lockup, mesin CC kecil di low speed, pasti ndut2an
jadi gak masalah ya,om ? emang karakternya gitu ?
Ya itu lbh ke karakter mesinnya aja di low rpm.

Tp gakda salahnya jg, pas servis berkala, cb aja laporin gejala tsb ke SA dan teknisi, dan kita sama2 lihat, mnrt mereka gmn :mky_03:
*Colek me if I'm wrong
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2025
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

vipere wrote: 05 Feb 2022, 15:10
saya lagi komplain ke bengkel, mau dicek lagi..rocky saya di kecepatan rendah, kalo kita lepas gas tiba2 ..mobilnya kayak nahan gitu, terus tiba tiba agak nyentak maju, kayak ndut ndutan, ada hubungannya ama dcvt ini gak ya ?
masa cvt gak mulus gitu, sedangkan mobil saya yang pake konvensional AT aja mulus mau lepas gas kek.
cvt biasanya ngeden kalo di kickdown doank sih :big_think: kalo ndut2xan mah kaya bawa DCT donk ya :big_think:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Duvebriliant0 »

ChZ wrote: 05 Feb 2022, 14:56
b0ku wrote: 05 Feb 2022, 10:34
menarik katanya ada planteary gearnya juga :big_think:





:big_think: kok saya ngerasa planetary gearnya yang bikin masalah :big_biglaugh:
Limitations? Like other CVTs and normal transmissions, the D-CVT is can only handle a certain amount of torque, which is up to 150 Nm. Daihatsu says its transmission is optimised to be used in all models from mini (kei cars) to vehicles with engine capacities of up to 1.5 litres.
malah ada satu artikel mention kata daihatsu ini CVT cuma kuat nahan 150nm berarti kalo di remap.......... mikir sendiri dah :wkkk:
yang lucu DCVT di model yang lebih luxury itu gearnya buat bantu start CVT yg biasanya lemot... di lower end model macem raize malah buat cruise :big_biglaugh:

mungkin itu alesan ecu nya di lock gak bisa diapa apain :mky_03: torsi stocknya udah 140an Nm.

ya gak heran sih gampang overheat kl spek CVTnya cuma sanggup 150Nm dia stock udah 140an :big_biglaugh: cuma dikasih margin 10%.
wadaw make dastek ada yg udh 180 lebih di rev.. kita lihat durabilitynya :mky_02:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1001
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by vipere »

b0ku wrote: 05 Feb 2022, 20:39
vipere wrote: 05 Feb 2022, 15:10
saya lagi komplain ke bengkel, mau dicek lagi..rocky saya di kecepatan rendah, kalo kita lepas gas tiba2 ..mobilnya kayak nahan gitu, terus tiba tiba agak nyentak maju, kayak ndut ndutan, ada hubungannya ama dcvt ini gak ya ?
masa cvt gak mulus gitu, sedangkan mobil saya yang pake konvensional AT aja mulus mau lepas gas kek.
cvt biasanya ngeden kalo di kickdown doank sih :big_think: kalo ndut2xan mah kaya bawa DCT donk ya :big_think:
nah justru kalo tancep gas gak ada masalah, tarikan nya enak. kalo jalan di bawah 40 km aja..kalo lepas gas , mobil langsung ketahan.
terus kita injek gas dikit kayak loncat gitu.
akhirnya penasaran, tadi baca2 di komunitas rocky raize, ternyata banyak yang ngalamin gitu, jadi ternyata engine break nya rocky
karakternya emang gitu kalo di low speed , mendadak kayak ketahan gitu, kayak bensin nya di cut off, mungkin mau bikin irit bbm atau apa gak tau lah.hehe.

Dan karena baca2 tadi, ternyata rocky yg gak bisa nanjak yg rame itu, udah ketemu juga masalahnya,
katanya jalur intakenya rapet banget ,kayak orang pake double masker,
setelah dilonggarin , dicobain di tanjakan yg sama berkali kali, nanjak dengan lancar.
Jangan2 veloz karena ini juga, apa jalur intake nya sama kayak rocky juga ?

Berikut detail jalur intake rocky :
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

vipere wrote: 05 Feb 2022, 22:02
b0ku wrote: 05 Feb 2022, 20:39
vipere wrote: 05 Feb 2022, 15:10
saya lagi komplain ke bengkel, mau dicek lagi..rocky saya di kecepatan rendah, kalo kita lepas gas tiba2 ..mobilnya kayak nahan gitu, terus tiba tiba agak nyentak maju, kayak ndut ndutan, ada hubungannya ama dcvt ini gak ya ?
masa cvt gak mulus gitu, sedangkan mobil saya yang pake konvensional AT aja mulus mau lepas gas kek.
cvt biasanya ngeden kalo di kickdown doank sih :big_think: kalo ndut2xan mah kaya bawa DCT donk ya :big_think:
nah justru kalo tancep gas gak ada masalah, tarikan nya enak. kalo jalan di bawah 40 km aja..kalo lepas gas , mobil langsung ketahan.
terus kita injek gas dikit kayak loncat gitu.
akhirnya penasaran, tadi baca2 di komunitas rocky raize, ternyata banyak yang ngalamin gitu, jadi ternyata engine break nya rocky
karakternya emang gitu kalo di low speed , mendadak kayak ketahan gitu, kayak bensin nya di cut off, mungkin mau bikin irit bbm atau apa gak tau lah.hehe.

Dan karena baca2 tadi, ternyata rocky yg gak bisa nanjak yg rame itu, udah ketemu juga masalahnya,
katanya jalur intakenya rapet banget ,kayak orang pake double masker,
setelah dilonggarin , dicobain di tanjakan yg sama berkali kali, nanjak dengan lancar.
Jangan2 veloz karena ini juga, apa jalur intake nya sama kayak rocky juga ?

Berikut detail jalur intake rocky :
Itu desain kyk gtu, biar klo banjir, gak gampang kemasukan air kali ya :big_childish:
*Colek me if I'm wrong
Post Reply