2022 Honda BR-V Test Drive
Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana
- pendoli
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: 01 Jan 2016, 21:51
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
Kemaren liat di jalanan, putihnya cakep yak pearl effect gitu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2027
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
engine brake biasanya sih berasa efeknya dari karena giginya diturunin sih, mesinnya ngeden karena gigi yang bawah kaget kena speed diluar rationya dia, bisa jadi karena dia pindah rationya kebanyakan mungkin dari 7 bisa tau2x ke 4 atau 3 ya ngedennya jadi parah, tapi emang dari jaman saya bawa yaris bakpao emang kacau sih setelan maticnya toyota kek ngasal gitu, dulu yaris kek gak ada engine brake akhirnya saya maen tangan sendiri turunin dari D KE O/D - 2 kadang ke 1 itu mobil kalo saya pake terus bisa rontok keknya maticnyavipere wrote: ↑05 Feb 2022, 22:02
nah justru kalo tancep gas gak ada masalah, tarikan nya enak. kalo jalan di bawah 40 km aja..kalo lepas gas , mobil langsung ketahan.
terus kita injek gas dikit kayak loncat gitu.
akhirnya penasaran, tadi baca2 di komunitas rocky raize, ternyata banyak yang ngalamin gitu, jadi ternyata engine break nya rocky
karakternya emang gitu kalo di low speed , mendadak kayak ketahan gitu, kayak bensin nya di cut off, mungkin mau bikin irit bbm atau apa gak tau lah.hehe.
Dan karena baca2 tadi, ternyata rocky yg gak bisa nanjak yg rame itu, udah ketemu juga masalahnya,
katanya jalur intakenya rapet banget ,kayak orang pake double masker,
setelah dilonggarin , dicobain di tanjakan yg sama berkali kali, nanjak dengan lancar.
Jangan2 veloz karena ini juga, apa jalur intake nya sama kayak rocky juga ?
Berikut detail jalur intake rocky :

kalo liat di video sih intakenya aneh bener ud dinaekin ngapain di buang ke bawah kek sengaja buat nyedot aer jadinya

dia bandingin sama mobilio ada di samping gitu kan??? faktanya BRV lama sih pindah ke bawah kap belalainya makannya saya bilang BRV nerabas banjir bisa lebih dalem karena intakenya ditingiin juga makannya BRV sama mobilio kalo orang awam sih liat sama aja saya ud ngecek detail teknisnya sebenernya banyak bedanya kalo ngerti mah pasti lari ke BRV apalagi kalo tujuannya angkut 7 orang

kalo intake di bikin belalai muter2x gitu biasanya tujuannya biar udarannya ke kompress dulu sebelom masuk ke throttle body efeknya torsi bawahnya lebih dapet, jeleknya biasanya nafasnya jadi lebih pendek
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
ya mungkin intakenya rocky terlalu lebay dan muter2x gak jelas akhirnya udara yang masuk jd gak maksimal

tapi kalo mobilnya matic butuh torsi bawah makannya karena mobil saya matic saya gak berani ganti2x filter model kebuka biasanya saya ganti replacement aja takut bawahnya ngempos, biarpun pake open di dyno mungkin hpnya keliatan naek tapi curva torsinya gak bagus buat matic

malah ngurang2xin kemampuan nerabas aernya sih malah bahaya itu pas mesin nyedot udara pas dia mulai kena aer jd aernya ikut2xan kesedot dulu ada kasus CRV GEN 1 dinyalain pas banjir ud dalem banget taDiannya gak kenapa2x karena yang nyalain cewe gak ngerti malah di gas sama dia ya yang ada itu mesin nyedot aer akhirnya bukan water hamer lagi tapi water tsunami ke mesinSuryaputra wrote: ↑05 Feb 2022, 22:25
Itu desain kyk gtu, biar klo banjir, gak gampang kemasukan air kali ya![]()



yang bener ya kayak gini mbah ini mesinnya BRV
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

kalo gak ini pajero lobangnya bener2x diatas

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 06 Nov 2017, 09:46
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
vipere wrote: ↑05 Feb 2022, 15:10
saya lagi komplain ke bengkel, mau dicek lagi..rocky saya di kecepatan rendah, kalo kita lepas gas tiba2 ..mobilnya kayak nahan gitu, terus tiba tiba agak nyentak maju, kayak ndut ndutan, ada hubungannya ama dcvt ini gak ya ?
masa cvt gak mulus gitu, sedangkan mobil saya yang pake konvensional AT aja mulus mau lepas gas kek.
Sepertinya emang gini sih karakter nya, dia begitu engine brake kalo liat di meter instantaneous fuel cons langsung mentok kanan bar nya. Begitu dia tiba" release engine brake nya dan nge-loss sendiri langsung turun tuh fuel cons bar, dan ketika dia gini kadang jadi ada ndut" an khas mesin kecil.
Accel nya sih emang undoubtedly mulus, cuma decel nya aja yang kadang bikin bingung. Saya biasanya sih kalo udah mulai low speed gitu nghindarin coasting, gas tipis aja terus rem kalo perlu. Oh tapi kadang kalo on off pedal gitu begitu di gas agak dalem bisa kerasa agak kaget gitu.
Tapi betul, apapun yang bisa jadi komplain an, di komplain aja ke mereka

vipere wrote: ↑05 Feb 2022, 22:02
Dan karena baca2 tadi, ternyata rocky yg gak bisa nanjak yg rame itu, udah ketemu juga masalahnya,
katanya jalur intakenya rapet banget ,kayak orang pake double masker,
setelah dilonggarin , dicobain di tanjakan yg sama berkali kali, nanjak dengan lancar.
Jangan2 veloz karena ini juga, apa jalur intake nya sama kayak rocky juga ?
Kalo menurut respon mereka di artikel ini sih sepertinya emang intake design nya ada kaitan juga sama intake air temp nya yah...
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... u?page=all
2021 W101RE LBVFJ Non
2022 SM-S906E
2021 OMEN 15-EK0044TX
2022 SM-S906E
2021 OMEN 15-EK0044TX
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3599
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
di Rocky 1.2 CVT saya juga gitu. Paling nyebelin itu kaya dikit2 heavy braking, padahal niat remnya dikit eh karena tetiba kaya ga ada tahanan engine brake jadi malah kebanyakan.Mercer29 wrote: ↑07 Feb 2022, 18:55 Sepertinya emang gini sih karakter nya, dia begitu engine brake kalo liat di meter instantaneous fuel cons langsung mentok kanan bar nya. Begitu dia tiba" release engine brake nya dan nge-loss sendiri langsung turun tuh fuel cons bar, dan ketika dia gini kadang jadi ada ndut" an khas mesin kecil.
Accel nya sih emang undoubtedly mulus, cuma decel nya aja yang kadang bikin bingung. Saya biasanya sih kalo udah mulai low speed gitu nghindarin coasting, gas tipis aja terus rem kalo perlu. Oh tapi kadang kalo on off pedal gitu begitu di gas agak dalem bisa kerasa agak kaget gitu.
Tapi betul, apapun yang bisa jadi komplain an, di komplain aja ke mereka
feeling si engine cut-off kelewat agresif dan ditunjang dengan setelah baca2 Technical Manual Service Toyota ada temuan menarik:
1. Ada 2 Forward Clutch, untuk Split Gear System. Jadi sepertinya yang pertama untuk Belt, yg kedua untuk Split Gear.

2. Split Gear System at lower speed. Jadi dari grafik terlihat kalau sebenernya split gear system ini sebisanya dipake untuk "fuel economy + dynamic"

3. Lock Up Clutch expanded to lower speed. Nah ini jadi ketambahan lagi satu faktor. coasting at lower speed with lock up clutch.

nah tebakan saya, sepertinya programming TCM belum maksimal jadi kurang pas dengan city traffic indo, makanya jadi ndut2an, karena dikit2 split gear, dikit2 lock up clutch, jadi kebingungan dan sepertinya ketambahan lagi itu engine cut-off kelewatan agresifnya. istilah kerennya "erratic" alias ga ketebak ini mobil kenapa. Semoga bisa diperbaiki dengan update software saja
sementara ini kalau baca2 di FB Group Rocky Raize ada yang klaim pake "velocity stack ring" bisa bantu, saya selama ini ga mau cobain karena selama ini sudah pake filter udara K&N. Tapi karena penasaran akhirnya order juga

kayanya less likely ya dari intake air temperature, karena saya iseng ukur suhu air intake itu di ruang mesin macet2an siang hari hanya 66C dengan thermometer gun murahan. katakan meleset sampe jadi 70C saja masa iya sudah ganggu kinerja mesin?Kalo menurut respon mereka di artikel ini sih sepertinya emang intake design nya ada kaitan juga sama intake air temp nya yah...
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... u?page=all
tapi memang air intake assy Rocky 1.2 ini rada aneh, dibikin panjang dan muter2 mungkin tujuan kasihnya efek low torque tapi intake inlet-nya ditaro di belakang grill pas diatas Condensor. Udah kecil banget, dan di dalemnya ada dirt trap lagi. karena bentuknya gini, tebakan saya Wadding Depth sebelum itu intake nyedot air dan air masuk kabin bisa sampe setinggi Ban, karena ada water drain hole di Air Filter Assy (seperti biasanya)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 06 Nov 2017, 09:46
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
kunaskun wrote: ↑19 Mar 2022, 16:23
di Rocky 1.2 CVT saya juga gitu. Paling nyebelin itu kaya dikit2 heavy braking, padahal niat remnya dikit eh karena tetiba kaya ga ada tahanan engine brake jadi malah kebanyakan.
nah tebakan saya, sepertinya programming TCM belum maksimal jadi kurang pas dengan city traffic indo, makanya jadi ndut2an, karena dikit2 split gear, dikit2 lock up clutch, jadi kebingungan dan sepertinya ketambahan lagi itu engine cut-off kelewatan agresifnya. istilah kerennya "erratic" alias ga ketebak ini mobil kenapa. Semoga bisa diperbaiki dengan update software saja
sementara ini kalau baca2 di FB Group Rocky Raize ada yang klaim pake "velocity stack ring" bisa bantu, saya selama ini ga mau cobain karena selama ini sudah pake filter udara K&N. Tapi karena penasaran akhirnya order juga![]()
Bukannya split gear system engage nya waktu udah pick-up pace di kecepatan medium sampe tinggi ya om? Harusnya waktu low-speed yang bermain cuma lockup clutch nya aja sih, split gear system nya hanya ngandalin belt mode buat transfer tenaga.
Tapi memang lockup nya agresif sih, di Veloz saya kerasa banget kalo mau gerak cepat dari lampu merah gitu rpm awal naik sampai 2.5rb rpm kemudian ngga lama lockup engage dan rpm jadi turun jauh ke 1.5rb aja dan tarikannya jadi menurun meskipun boleh dibilang halus proses lock nya.
Ngomong" velocity stack ring ini apaan ya om? Buat apa ya fungsi nya?
2021 W101RE LBVFJ Non
2022 SM-S906E
2021 OMEN 15-EK0044TX
2022 SM-S906E
2021 OMEN 15-EK0044TX
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3599
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
nah harusnya seperti itu ya, tapi dari grafik yang saya lihat, walau tidak jelas di kecepatan berapa, terlihat kalau split gear bisa engage di kecepatan rendah.
dan ada hint: fuel economy dan performance dynamics. Fuel econ: tentu saja dengan gigi konstan akan lebih irit. Begitu juga Performance Dynamics: mechanical feel dari Stepped Gear/Geared AT tentu unggul dari CVT.
nah ini lock-up bisa jadi dari Split Gear bisa jadi juga dari lockup clutch. karena logisnya lockup clutch kayanya drop rpm ga sebesar, biasanya kan hanya berasa kalau pas lepas gas dikit terasa meluncur = coasting.Tapi memang lockup nya agresif sih, di Veloz saya kerasa banget kalo mau gerak cepat dari lampu merah gitu rpm awal naik sampai 2.5rb rpm kemudian ngga lama lockup engage dan rpm jadi turun jauh ke 1.5rb aja dan tarikannya jadi menurun meskipun boleh dibilang halus proses lock nya.
nah ini saya ketemu ada yg review secara teknis:Ngomong" velocity stack ring ini apaan ya om? Buat apa ya fungsi nya?
https://id.quora.com/Apakah-dengan-mena ... -meningkat
kalau di Rocky 1.2 CVT saya cobain beberapa km utuk dalkot, yg berasa:
1. power delivery lebih rata, respon pedal gas lebih masuk akal, ga ndut2an "jerky" / "erratic" gitu.
2. lepas gas di kecepatan rendah biasa ndut2an ini berkurang banget, mungkin 50-70%, dan kalau ndut2an ga sampe ganggu, paling berasa saja ada seperti engine brake dan bisa dikontrol dengan atur irama gas dikit.
kebetulan saya sudah pakai filter udara K&N dan pasang Ground Cable dari Throttle Body langsung ke sub frame, tapi velocity ring ini pengaruhnya lebih berasa bukan sugesti, lumayan ga nyebelin terutama di nomor 2.
memang seperti link diatas, ini benda "aneh" karena aslinya buat mesin mekanis kuno dan design kotak udaranya emang sudah dibikinin sama engineer jepang ada gituan jadi buat apa ditambahin but it works

- alvin23
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1766
- Joined: 01 Jan 2007, 09:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
Ternyata pak kunaskun rockynya yg 1.2 tohkunaskun wrote:nah harusnya seperti itu ya, tapi dari grafik yang saya lihat, walau tidak jelas di kecepatan berapa, terlihat kalau split gear bisa engage di kecepatan rendah.
dan ada hint: fuel economy dan performance dynamics. Fuel econ: tentu saja dengan gigi konstan akan lebih irit. Begitu juga Performance Dynamics: mechanical feel dari Stepped Gear/Geared AT tentu unggul dari CVT.
nah ini lock-up bisa jadi dari Split Gear bisa jadi juga dari lockup clutch. karena logisnya lockup clutch kayanya drop rpm ga sebesar, biasanya kan hanya berasa kalau pas lepas gas dikit terasa meluncur = coasting.Tapi memang lockup nya agresif sih, di Veloz saya kerasa banget kalo mau gerak cepat dari lampu merah gitu rpm awal naik sampai 2.5rb rpm kemudian ngga lama lockup engage dan rpm jadi turun jauh ke 1.5rb aja dan tarikannya jadi menurun meskipun boleh dibilang halus proses lock nya.
nah ini saya ketemu ada yg review secara teknis:Ngomong" velocity stack ring ini apaan ya om? Buat apa ya fungsi nya?
https://id.quora.com/Apakah-dengan-mena ... -meningkat
kalau di Rocky 1.2 CVT saya cobain beberapa km utuk dalkot, yg berasa:
1. power delivery lebih rata, respon pedal gas lebih masuk akal, ga ndut2an "jerky" / "erratic" gitu.
2. lepas gas di kecepatan rendah biasa ndut2an ini berkurang banget, mungkin 50-70%, dan kalau ndut2an ga sampe ganggu, paling berasa saja ada seperti engine brake dan bisa dikontrol dengan atur irama gas dikit.
kebetulan saya sudah pakai filter udara K&N dan pasang Ground Cable dari Throttle Body langsung ke sub frame, tapi velocity ring ini pengaruhnya lebih berasa bukan sugesti, lumayan ga nyebelin terutama di nomor 2.
memang seperti link diatas, ini benda "aneh" karena aslinya buat mesin mekanis kuno dan design kotak udaranya emang sudah dibikinin sama engineer jepang ada gituan jadi buat apa ditambahin but it works
Kl 1.2, si velocity stack ngaruh om? Saya rocky 1.0 turbo, ngaruh ga ya wkwkk
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
Yaris S A/T 2012
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3599
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: 2022 Honda BR-V Test Drive
sellernya malah blg ini diciptakan buat Rocky Raize Turbo.

cuma saya saja yang jahil pasang karena di marketplace tsb ada yang review pake di mesin 1.2 dengan hasil yang positif.
ini sudah hari ketiga cobain, rasanya di pedal gas ga "ndut2an" seperti sebelumnya, pedal gas juga lebih halus delivery-nya. ibarat kalau sebelumnya kalau di Throttle Controller set ke Sport +7 ini berkurang jadi Sport +3/+4
