2022 Honda BR-V Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 25 Jan 2022, 09:12
Klo bubuk besi, impactnya ke wear metal.
Krn di antara gesekan besi, ada bubuk besi :mky_03:
nah itu dia kebayang gak pas lagi 9000RPM CVTnya meraung2x kaya mesin peresan tebu itu serpihan nabrakin bagian2x cvt sekenceng apa arusnya :big_think:

ralat 6800rpm :mky_01:

:ngacir:
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Mercer29 »

Sebetulnya mitos CVT ngga awet dan reliable, terutama yang sudah terjadi di Nissan dan Jatco beberapa waktu lalu, konon lebih dikarenakan spek fluid NS-2 yang kayaknya emang ngga begitu bagus yang diperparah lagi dengan drain interval selama yang ditetapkan pabrikan sih katanya. Makanya Nissan akhirnya ngeluarin spek baru NS-3 yang juga backwards compatible sama spek fluid sebelumnya kan.

Sementara pabrikan lain rata" CVT nya juga ngga ada yang sampe kejadian se-widespread Nissan Jatco ini.

Sebaiknya, interval ganti fluid mesti melihat use case dan pola pemakaian juga, kalo rata" highway use (dalam speed normal ya) sih harusnya sah" aja ngikut interval long drain macem US gitu, tapi kan di negara kita beda jauh skenario nya, apalagi stop-n-go yang biasa bikin CVT banyak slip dulu.

Tapi yang mesti diinget juga semakin sering diganti, semakin banyak kontaminan yang bisa masuk pada waktu proses fluid change sih, otomatis filter transmisi nya juga perlu dilihat kalo udah pemakaian agak lama. Rata" pabrikan juga ngga akan pernah mention barang ini ada tapi...
2021 W101RE LBVFJ
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 09:43 Sebetulnya mitos CVT ngga awet dan reliable, terutama yang sudah terjadi di Nissan dan Jatco beberapa waktu lalu, konon lebih dikarenakan spek fluid NS-2 yang kayaknya emang ngga begitu bagus yang diperparah lagi dengan drain interval selama yang ditetapkan pabrikan sih katanya. Makanya Nissan akhirnya ngeluarin spek baru NS-3 yang juga backwards compatible sama spek fluid sebelumnya kan.

Sementara pabrikan lain rata" CVT nya juga ngga ada yang sampe kejadian se-widespread Nissan Jatco ini.

Sebaiknya, interval ganti fluid mesti melihat use case dan pola pemakaian juga, kalo rata" highway use (dalam speed normal ya) sih harusnya sah" aja ngikut interval long drain macem US gitu, tapi kan di negara kita beda jauh skenario nya, apalagi stop-n-go yang biasa bikin CVT banyak slip dulu.

Tapi yang mesti diinget juga semakin sering diganti, semakin banyak kontaminan yang bisa masuk pada waktu proses fluid change sih, otomatis filter transmisi nya juga perlu dilihat kalo udah pemakaian agak lama. Rata" pabrikan juga ngga akan pernah mention barang ini ada tapi...
terus yg pake toyota mending cek deh itu nota servis bener diisi CVTF apa ATF WS :mky_03: saya jg kejadian masih deket banget diisi ATF WS :mky_03: ngga di bengkel resmi tp di bengkel subsidiary punya grup bengkel resmi dimari.

terus sempat ada laporan ternyata bengkel resminya sama aja ada yg tuang ATF WS :mky_03:

makanya honda pinter jg di samain semua pake CVT gak perlu stok banyak jenis ATF :big_biglaugh: minimal salah tuang antara CVTF biasa ama HCF2 :mky_03: ud belajar jg dari kasus jazz GD dulu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 25 Jan 2022, 09:25
Suryaputra wrote: 25 Jan 2022, 09:12
Klo bubuk besi, impactnya ke wear metal.
Krn di antara gesekan besi, ada bubuk besi :mky_03:
nah itu dia kebayang gak pas lagi 9000RPM CVTnya meraung2x kaya mesin peresan tebu itu serpihan nabrakin bagian2x cvt sekenceng apa arusnya :big_think:

ralat 6800rpm :mky_01:

:ngacir:
honda 9000 rpm mah pakainya manual
wkwkwkwk

type-R kickin yoooo
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Mercer29 »

ChZ wrote: 25 Jan 2022, 10:36 terus sempat ada laporan ternyata bengkel resminya sama aja ada yg tuang ATF WS :mky_03:
Bengkel resmi memang serem" ngasal sih kerjanya, saya pernah minta mereka cek motor power window penumpang kenapa macet, ngmgnya si kena master control nya atau apa gitu saya lupa, pas udah selesai di cek, akhirnya malah semua jendela sekaligus central door lock jadi ikutan gabisa dipake semua.

Cuma mau cari tau kenapa malah jadi kacau dah wkwk
2021 W101RE LBVFJ
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Ibet »

Beli mobil berasa mesen Starbak yah

Tall 41 rb
Grande 45 rb
Venti 49 rb

Ambil Venti aja dah (most feature)

_______________________________

Nice review om Chz ..
Ini mobil apakah bakalan jadi bread & butter nya Honda di segmen LSUV/LMPV?

Liat interiornya malah keliatan spartan minim gimmick, walaupun ga eye candy
Kalo liat mesin diatas paper ya torsi max muncul di 4300 rpm ya, wajar drivabilitynya naik dan ga perlu ngejar torsi di high rpm
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

Ibet wrote: 25 Jan 2022, 12:23 Beli mobil berasa mesen Starbak yah

Tall 41 rb
Grande 45 rb
Venti 49 rb

Ambil Venti aja dah (most feature)

_______________________________

Nice review om Chz ..
Ini mobil apakah bakalan jadi bread & butter nya Honda di segmen LSUV/LMPV?

Liat interiornya malah keliatan spartan minim gimmick, walaupun ga eye candy
Kalo liat mesin diatas paper ya torsi max muncul di 4300 rpm ya, wajar drivabilitynya naik dan ga perlu ngejar torsi di high rpm
Strategi upsell, biar venti yg jd tulang punggung.
Ha ha ha ha.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 09:43 Sebetulnya mitos CVT ngga awet dan reliable, terutama yang sudah terjadi di Nissan dan Jatco beberapa waktu lalu, konon lebih dikarenakan spek fluid NS-2 yang kayaknya emang ngga begitu bagus yang diperparah lagi dengan drain interval selama yang ditetapkan pabrikan sih katanya. Makanya Nissan akhirnya ngeluarin spek baru NS-3 yang juga backwards compatible sama spek fluid sebelumnya kan.

Sementara pabrikan lain rata" CVT nya juga ngga ada yang sampe kejadian se-widespread Nissan Jatco ini.

Sebaiknya, interval ganti fluid mesti melihat use case dan pola pemakaian juga, kalo rata" highway use (dalam speed normal ya) sih harusnya sah" aja ngikut interval long drain macem US gitu, tapi kan di negara kita beda jauh skenario nya, apalagi stop-n-go yang biasa bikin CVT banyak slip dulu.

Tapi yang mesti diinget juga semakin sering diganti, semakin banyak kontaminan yang bisa masuk pada waktu proses fluid change sih, otomatis filter transmisi nya juga perlu dilihat kalo udah pemakaian agak lama. Rata" pabrikan juga ngga akan pernah mention barang ini ada tapi...
tapi emang bengkel matic juga banyak ngomong mobilio HRV CVTnya ud banyak yang rontok malahan 5AT honda itu jarang sekali masuk bengkel :mky_01:

paling umum beltnya putus saya bilang karena banyak user honda pakenya spartan ditambah ikutin buku service bye bye :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 11:12 Bengkel resmi memang serem" ngasal sih kerjanya, saya pernah minta mereka cek motor power window penumpang kenapa macet, ngmgnya si kena master control nya atau apa gitu saya lupa, pas udah selesai di cek, akhirnya malah semua jendela sekaligus central door lock jadi ikutan gabisa dipake semua.

Cuma mau cari tau kenapa malah jadi kacau dah wkwk
tapi yang susah itu klo orang gak banyak waktu dan non petrolhead yg nongkrong dimari, enak apa apa emang dikerjain dealer sih. mahal tapi minimal parts fast moving pasti ready dan ori. saya aja kejadian sienta pasang filter oli di luar jadi bocor terus mau gak mau last resortnya ya bengkel resmi.
Ibet wrote: 25 Jan 2022, 12:23 Beli mobil berasa mesen Starbak yah

Tall 41 rb
Grande 45 rb
Venti 49 rb

Ambil Venti aja dah (most feature)

_______________________________

Nice review om Chz ..
Ini mobil apakah bakalan jadi bread & butter nya Honda di segmen LSUV/LMPV?

Liat interiornya malah keliatan spartan minim gimmick, walaupun ga eye candy
Kalo liat mesin diatas paper ya torsi max muncul di 4300 rpm ya, wajar drivabilitynya naik dan ga perlu ngejar torsi di high rpm
lihat dari price range produk honda skr

under 300 juta ada brio (mobilio dah mau discontinue)
250 - 350 ada city dan BRV
500 up ada trio CRV civic accord.

HRV baru bakal ngisi dari 350 ke 450 rasanya. atau malah 500 with sensing.

kalau liat susunannya gini, BRV kena banget sih harganya. dia stance suv, yang mau upgrade dari jazz mobilio BRV HRV lama dapet semua di dia. bisa jadi om dia diposisikan jd mesin uangnya HPM.

apalagi liat ekstensif banget marketingnya BRV baru ini.

dasbor hmmm mereka bisa jual mobilio dasbor jelek di awal kyk kacang goreng harusnya no issue, sensing sensingannya BRV baru ini soalnya emang paling oke dibanding tesss nya veloz atau xpander apalagi.

handbrake manual dan dasbor jelek doang mah.... bisa dipoles marketing honda bakal terus ngingetin kita kalo mobil ini punya sensing canggih waktu test drive yang berujung ke SPK saking canggih mobilnya bisa jalan ikut depan dan ada radar cruise :mky_03:

blom tinggal nyirem bensin ke konsumen yang "saya tuh mau beli veloz tapi katanya nanjak ngga bisa" nah tuh sirem bensin deh

"iya pak kalo BRV tenaganya paling gede di kelasnya jadi gak usah kuatir gak kuat nanjak" :mky_03: :mky_03: :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by pengendiesel »

Hmmmm....di mari penboi honda pada agung2kan brv hrv.
Di thread sebelah penboi toyota pada agung2kan 1gd.
Emang forum idupnya dari penboi ya :big_weee: :ngacir:

Btw, sudah ada yang idup sehari2 dengan fitur2 sensing? Mau punya t,m,h,d,w, apapun itu.
Seberapa bergunanya?
Last edited by pengendiesel on 25 Jan 2022, 14:45, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

ChZ wrote: 25 Jan 2022, 14:19
lihat dari price range produk honda skr

under 300 juta ada brio (mobilio dah mau discontinue)
250 - 350 ada city dan BRV
500 up ada trio CRV civic accord.

HRV baru bakal ngisi dari 350 ke 450 rasanya. atau malah 500 with sensing.

kalau liat susunannya gini, BRV kena banget sih harganya. dia stance suv, yang mau upgrade dari jazz mobilio BRV HRV lama dapet semua di dia. bisa jadi om dia diposisikan jd mesin uangnya HPM.

apalagi liat ekstensif banget marketingnya BRV baru ini.

dasbor hmmm mereka bisa jual mobilio dasbor jelek di awal kyk kacang goreng harusnya no issue, sensing sensingannya BRV baru ini soalnya emang paling oke dibanding tesss nya veloz atau xpander apalagi.

handbrake manual dan dasbor jelek doang mah.... bisa dipoles marketing honda bakal terus ngingetin kita kalo mobil ini punya sensing canggih waktu test drive yang berujung ke SPK saking canggih mobilnya bisa jalan ikut depan dan ada radar cruise :mky_03:

blom tinggal nyirem bensin ke konsumen yang "saya tuh mau beli veloz tapi katanya nanjak ngga bisa" nah tuh sirem bensin deh

"iya pak kalo BRV tenaganya paling gede di kelasnya jadi gak usah kuatir gak kuat nanjak" :mky_03: :mky_03: :mky_03:
kemaren ada videonya veloz baru manual di pake nanjak be3 isinya dia bilang ngeden cuma berani gigi 2 eh tiba2x di salip avanza lama dengan enaknya :wkkk:
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Ibet »

pengendiesel wrote: 25 Jan 2022, 14:43 Hmmmm....di mari penboi honda pada agung2kan brv hrv.
Di thread sebelah penboi toyota pada agung2kan 1gd.
Emang forum idupnya dari penboi ya :big_weee: :ngacir:

Btw, sudah ada yang idup sehari2 dengan fitur2 sensing? Mau punya t,m,h,d,w, apapun itu.
Seberapa bergunanya?
saya sempet hidup dengan accord cr2(?) seminggu kurang lebih.
paling enak ya adaptive cruise controlnya sih.

haha soal penboi saya liatnya, seperti yg udah dijelaskan om Chz,
terkait dengan emotional baggage nya aja ya ..

some live and grow happy with logo t, some with logo h, atau saya dulu malah daihatsu espass haha
ChZ wrote: 25 Jan 2022, 14:19
Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 11:12 Bengkel resmi memang serem" ngasal sih kerjanya, saya pernah minta mereka cek motor power window penumpang kenapa macet, ngmgnya si kena master control nya atau apa gitu saya lupa, pas udah selesai di cek, akhirnya malah semua jendela sekaligus central door lock jadi ikutan gabisa dipake semua.

Cuma mau cari tau kenapa malah jadi kacau dah wkwk
tapi yang susah itu klo orang gak banyak waktu dan non petrolhead yg nongkrong dimari, enak apa apa emang dikerjain dealer sih. mahal tapi minimal parts fast moving pasti ready dan ori. saya aja kejadian sienta pasang filter oli di luar jadi bocor terus mau gak mau last resortnya ya bengkel resmi.
Ibet wrote: 25 Jan 2022, 12:23 Beli mobil berasa mesen Starbak yah

Tall 41 rb
Grande 45 rb
Venti 49 rb

Ambil Venti aja dah (most feature)

_______________________________

Nice review om Chz ..
Ini mobil apakah bakalan jadi bread & butter nya Honda di segmen LSUV/LMPV?

Liat interiornya malah keliatan spartan minim gimmick, walaupun ga eye candy
Kalo liat mesin diatas paper ya torsi max muncul di 4300 rpm ya, wajar drivabilitynya naik dan ga perlu ngejar torsi di high rpm
lihat dari price range produk honda skr

under 300 juta ada brio (mobilio dah mau discontinue)
250 - 350 ada city dan BRV
500 up ada trio CRV civic accord.

HRV baru bakal ngisi dari 350 ke 450 rasanya. atau malah 500 with sensing.

kalau liat susunannya gini, BRV kena banget sih harganya. dia stance suv, yang mau upgrade dari jazz mobilio BRV HRV lama dapet semua di dia. bisa jadi om dia diposisikan jd mesin uangnya HPM.

apalagi liat ekstensif banget marketingnya BRV baru ini.

dasbor hmmm mereka bisa jual mobilio dasbor jelek di awal kyk kacang goreng harusnya no issue, sensing sensingannya BRV baru ini soalnya emang paling oke dibanding tesss nya veloz atau xpander apalagi.

handbrake manual dan dasbor jelek doang mah.... bisa dipoles marketing honda bakal terus ngingetin kita kalo mobil ini punya sensing canggih waktu test drive yang berujung ke SPK saking canggih mobilnya bisa jalan ikut depan dan ada radar cruise :mky_03:

blom tinggal nyirem bensin ke konsumen yang "saya tuh mau beli veloz tapi katanya nanjak ngga bisa" nah tuh sirem bensin deh

"iya pak kalo BRV tenaganya paling gede di kelasnya jadi gak usah kuatir gak kuat nanjak" :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Under 200 mio udah ada Brio series yang masih jadi raja LCGC, under 300 mio yg sensible masih City HB, atau BR-V yang lower grade.
Nah yang ngisi 200 kecil - 300 kecil ini siapa?

Jangan lupa bakal ada Honda SUV RS Concept yang launch kemaren di GIIAS.
Saya pikir ini diisi versi pendeknya BRV yang barusan launch, yang pasti harganya bakal lebih murah dong? Secara lebih pendek hehe.

Kalau memang kaki - kakinya menganut BR-V yang sekarang, wah bakal lebih fun to drive nih.
Misal wheelbase lebih pendek, atau wheelbase sama tapi bentuknya disamakan dengan HR-V RU series.
Katakan mesin sama versi baru, CVT dituning ulang.

HR-V yang lebih empuk dan sama - sama fun to drive, lebih murah = money printer haha.

==================

Buat dasbor iya jg sih, jadi keinget jurang batas lower glovebox cover sama dashboard yg ga nyambung itu haha.
Buat handbrake manual menurut saya malah sensible ya. Kalau anda bawa anak kecil yg main di sekitar front passenger area akan appreciate handbrake manual, karena ga akan dimainin haha. Saya bawa bayi di HRV EPB switch nya dimainin melulu, jadi khawatir.

But that sensing (yang akan kepake buat saya ya adaptive cruise control, alias di transjawa bahn om tinggal setir dan nikmati perjalanan, ga perlu repot injek rem dan setel kembali cruise nya) is good.

*rant*
Mungkin saking bingungnya orang review kekurangan BR-V akhirnya lari ke atap ...... yang menurut saya "hah apaan kok lomba berisik atap?" udah curah ujannya ga diitung, suaranya jg ga diitung berapa desibel.

Saya ga belain BR-V ini atau gimana, cuman ya lucu aja ketika reviewer lebih mementingkan suara atap ini .......
*/rant*
Dan problem gabisa nanjak itu menurut saya fatal. Orang di daerah selain Jabodetabek ngeliatnya bakal "apakah aman naik mobil ini?" dan baca beritanya orangnya sampe malu dan akhirnya putar balik. Anda bayar 230 jt++ cuman untuk diliatin orang gabisa nanjak?

But that JDM design is gud yah, saya juga suka dan hampir SPK mobil itu ......
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: 25 Jan 2022, 14:43 Hmmmm....di mari penboi honda pada agung2kan brv hrv.
Di thread sebelah penboi toyota pada agung2kan 1gd.
Emang forum idupnya dari penboi ya :big_weee: :ngacir:

Btw, sudah ada yang idup sehari2 dengan fitur2 sensing? Mau punya t,m,h,d,w, apapun itu.
Seberapa bergunanya?
iya mbah, yang ngaku objektip pun sebenernya juga punya preference buat suatu merek. kaum mendang mending jg yang disembah wuling :upss:

yang penting slogannya fanboy boleh halu jangan. klo udah wuling dibilang lebih bagus di segala aspek dari BMW seri-5 sih kyknya perlu ke dokter jiwa segera :big_peace:

sensing sensingan kyknya yang paling banyak skrg antara mazdut atau toyota raize tss tuh
b0ku wrote: 25 Jan 2022, 14:44 kemaren ada videonya veloz baru manual di pake nanjak be3 isinya dia bilang ngeden cuma berani gigi 2 eh tiba2x di salip avanza lama dengan enaknya :wkkk:
yang begini2 kesempatan buat HPM curi sales number biar orang pada lari ke BRV :mky_03: apalagi veloz skrg selisih harganya jg cuma 20 jutaan.
Ibet wrote: 25 Jan 2022, 15:10 Under 200 mio udah ada Brio series yang masih jadi raja LCGC, under 300 mio yg sensible masih City HB, atau BR-V yang lower grade.
Nah yang ngisi 200 kecil - 300 kecil ini siapa?

Jangan lupa bakal ada Honda SUV RS Concept yang launch kemaren di GIIAS.
Saya pikir ini diisi versi pendeknya BRV yang barusan launch, yang pasti harganya bakal lebih murah dong? Secara lebih pendek hehe.

Kalau memang kaki - kakinya menganut BR-V yang sekarang, wah bakal lebih fun to drive nih.
Misal wheelbase lebih pendek, atau wheelbase sama tapi bentuknya disamakan dengan HR-V RU series.
Katakan mesin sama versi baru, CVT dituning ulang.

HR-V yang lebih empuk dan sama - sama fun to drive, lebih murah = money printer haha.

==================

Buat dasbor iya jg sih, jadi keinget jurang batas lower glovebox cover sama dashboard yg ga nyambung itu haha.
Buat handbrake manual menurut saya malah sensible ya. Kalau anda bawa anak kecil yg main di sekitar front passenger area akan appreciate handbrake manual, karena ga akan dimainin haha. Saya bawa bayi di HRV EPB switch nya dimainin melulu, jadi khawatir.

But that sensing (yang akan kepake buat saya ya adaptive cruise control, alias di transjawa bahn om tinggal setir dan nikmati perjalanan, ga perlu repot injek rem dan setel kembali cruise nya) is good.

*rant*
Mungkin saking bingungnya orang review kekurangan BR-V akhirnya lari ke atap ...... yang menurut saya "hah apaan kok lomba berisik atap?" udah curah ujannya ga diitung, suaranya jg ga diitung berapa desibel.

Saya ga belain BR-V ini atau gimana, cuman ya lucu aja ketika reviewer lebih mementingkan suara atap ini .......
*/rant*
Dan problem gabisa nanjak itu menurut saya fatal. Orang di daerah selain Jabodetabek ngeliatnya bakal "apakah aman naik mobil ini?" dan baca beritanya orangnya sampe malu dan akhirnya putar balik. Anda bayar 230 jt++ cuman untuk diliatin orang gabisa nanjak?

But that JDM design is gud yah, saya juga suka dan hampir SPK mobil itu ......
nah iya itu ruang kosong dari 200-300juta ini bakal diisi small suv itu :mky_03: seksi banget soalnya apalagi skrg di harga segitu nyaris gak ada lawan. yg 3 baris pada meroket ke kepala 3 semua.

harusnya enak secara naikan orang brio baru aja gile tuh bisa mature bgt bantingannya :big_grin: dulu ane pernah prediksi BRV bakal enak naikannya klo ikut sasis brio dan ternyata bener abis coba naik jauh dibanding yang lama.

klo handbrake manual, ane sendiri prefer yang mekanis dari dulu krn fungsi handbrake kan buat emergency. klo emergency brake juga elektris mah andaikata mobil remnya blong ntu e brake failure juga siapa yang nyelametin :ungg: kalau sensing sensingannya BRV sehh dijamin udah enak banget buat nyetir santai di transjawabahn. di kota aja ngikutinnya bisa enak gitu.

maklum mbah, namanya kelas mobil yang "panas". nanti makin kesini test buat LMPV begini makin absurd pasti. apalagi di dunia influenser an semua berlomba cari perhatian. saya bunyi atap klotek klotek mah pasrah namanya gak beli E class hujan badai fokusnya liatin jalan mana yang bisa dilewatin dan gak ada pohon tumbang :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by pengendiesel »

ChZ wrote: 25 Jan 2022, 15:44
iya mbah, yang ngaku objektip pun sebenernya juga punya preference buat suatu merek. kaum mendang mending jg yang disembah wuling :upss:

yang penting slogannya fanboy boleh halu jangan. klo udah wuling dibilang lebih bagus di segala aspek dari BMW seri-5 sih kyknya perlu ke dokter jiwa segera :big_peace:

sensing sensingan kyknya yang paling banyak skrg antara mazdut atau toyota raize tss tuh
Ngomongin honda dan halu, dulu di sm ada id apa itu, yang selalu sarkas sama honda. Selalu bilang lebih baik dari merk a,b,c.
Bahkan bilang mesin f1nya honda jauh better dibanding mercedes (pas itu lagi ancur2nya honda di f1). Eh, taon 2021 kemarin beneran juara tuh honda di f1.
Jangan2 si id apa itu gak pernah halu ya :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: 25 Jan 2022, 16:29
ChZ wrote: 25 Jan 2022, 15:44
iya mbah, yang ngaku objektip pun sebenernya juga punya preference buat suatu merek. kaum mendang mending jg yang disembah wuling :upss:

yang penting slogannya fanboy boleh halu jangan. klo udah wuling dibilang lebih bagus di segala aspek dari BMW seri-5 sih kyknya perlu ke dokter jiwa segera :big_peace:

sensing sensingan kyknya yang paling banyak skrg antara mazdut atau toyota raize tss tuh
Ngomongin honda dan halu, dulu di sm ada id apa itu, yang selalu sarkas sama honda. Selalu bilang lebih baik dari merk a,b,c.
Bahkan bilang mesin f1nya honda jauh better dibanding mercedes (pas itu lagi ancur2nya honda di f1). Eh, taon 2021 kemarin beneran juara tuh honda di f1.
Jangan2 si id apa itu gak pernah halu ya :big_biglaugh:
malu2in citra F1, klo gak kuat nanjak :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: 25 Jan 2022, 16:29
Ngomongin honda dan halu, dulu di sm ada id apa itu, yang selalu sarkas sama honda. Selalu bilang lebih baik dari merk a,b,c.
Bahkan bilang mesin f1nya honda jauh better dibanding mercedes (pas itu lagi ancur2nya honda di f1). Eh, taon 2021 kemarin beneran juara tuh honda di f1.
Jangan2 si id apa itu gak pernah halu ya :big_biglaugh:
keknya fanboy merek laen cuma sengaja dewa2xin honda biar orang enek sama honda :big_biglaugh:
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Mercer29 »

b0ku wrote: 25 Jan 2022, 12:42 tapi emang bengkel matic juga banyak ngomong mobilio HRV CVTnya ud banyak yang rontok malahan 5AT honda itu jarang sekali masuk bengkel :mky_01:
paling umum beltnya putus saya bilang karena banyak user honda pakenya spartan ditambah ikutin buku service bye bye :big_biglaugh:
Ini rasanya udah pake nya spartan, interval "penggunaan normal" pabrikan jadi patokan, lebih parah lagi itu ngitung interval nya juga berdasarkan kilometer ditempuh instead of elapsed time per tiap servis. Ya kalo mobilnya jarang jalan jauh apa ga makin lama aja tu oli ngendap di oil pan.

Akhirnya baru ketauan setelah kilometer nya rada naik dan jadi major breakdown :glodak:

Apalagi ini emang transmisi by design juga ga se robust AT biasa, penggantian oli transmisi interval masi rada" aja. Ya sekelas ANKI sama ANF aja udah ketauan kan kilometer baru 20k oli transmisi udah hitam kek gimana wkwk pernah di share om gajah melayang di Facebook kalo ga salah.

pengendiesel wrote: 25 Jan 2022, 14:43 Btw, sudah ada yang idup sehari2 dengan fitur2 sensing? Mau punya t,m,h,d,w, apapun itu.
Seberapa bergunanya?
Ada temen barusan angkut CR-V (akhir tutup taun lalu) komentar dia sih useful kalo nyetir nya tertata dan kalem (alias santai aja atau kalo di tol)

Sebelumnya biasa seruntulan nempel" sekarang dia nyetir nya jadi kalem bener takut ngagetin fitur nya, ujung" nya jadi safe kan wkwk :ngacir:
2021 W101RE LBVFJ
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by vipere »

Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 19:23
b0ku wrote: 25 Jan 2022, 12:42 tapi emang bengkel matic juga banyak ngomong mobilio HRV CVTnya ud banyak yang rontok malahan 5AT honda itu jarang sekali masuk bengkel :mky_01:
paling umum beltnya putus saya bilang karena banyak user honda pakenya spartan ditambah ikutin buku service bye bye :big_biglaugh:
Ini rasanya udah pake nya spartan, interval "penggunaan normal" pabrikan jadi patokan, lebih parah lagi itu ngitung interval nya juga berdasarkan kilometer ditempuh instead of elapsed time per tiap servis. Ya kalo mobilnya jarang jalan jauh apa ga makin lama aja tu oli ngendap di oil pan.

Akhirnya baru ketauan setelah kilometer nya rada naik dan jadi major breakdown :glodak:

Apalagi ini emang transmisi by design juga ga se robust AT biasa, penggantian oli transmisi interval masi rada" aja. Ya sekelas ANKI sama ANF aja udah ketauan kan kilometer baru 20k oli transmisi udah hitam kek gimana wkwk pernah di share om gajah melayang di Facebook kalo ga salah.

pengendiesel wrote: 25 Jan 2022, 14:43 Btw, sudah ada yang idup sehari2 dengan fitur2 sensing? Mau punya t,m,h,d,w, apapun itu.
Seberapa bergunanya?
Ada temen barusan angkut CR-V (akhir tutup taun lalu) komentar dia sih useful kalo nyetir nya tertata dan kalem (alias santai aja atau kalo di tol)

Sebelumnya biasa seruntulan nempel" sekarang dia nyetir nya jadi kalem bener takut ngagetin fitur nya, ujung" nya jadi safe kan wkwk :ngacir:
Musti sabar banget pake itu. Terutama acc. Jaraknya lumayan jauh ama mobil depan. Sering ketemu mobil gitu di tol. pasti lagi aktifin acc. Adanya disalip orang mulu, ntar mau kapan sampenya. Musti super sabar.hehe. ane sih ga betah.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by epinjose »

Dalem kota ACC kepake banget buat saya, kalo yang bisa sampe low speed follow ya..
Enggak cape buat stop n go di tol..

Cumaa.... jangan bawa penumpang yak, karena mereka pasti ngeluh gas-rem nya kayak naik taksi.

Berasanya kalo ada mobil dari kiri/kanan depan mau masuk lajur kita.. sensornya kurang bisa predict. begitu engaged, mobil lawan udah setengah lajur masuk, baru dia ngerem agak mendadak.

sama begitu jalanan tiba2 kosong, balik ke pre-set speed nya kayak dikejar setan.

ni di anps ya, mungkin sensing mobil lain beda2.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by biznatch »

epinjose wrote: 25 Jan 2022, 21:36 Dalem kota ACC kepake banget buat saya, kalo yang bisa sampe low speed follow ya..
Enggak cape buat stop n go di tol..

Cumaa.... jangan bawa penumpang yak, karena mereka pasti ngeluh gas-rem nya kayak naik taksi.

Berasanya kalo ada mobil dari kiri/kanan depan mau masuk lajur kita.. sensornya kurang bisa predict. begitu engaged, mobil lawan udah setengah lajur masuk, baru dia ngerem agak mendadak.

sama begitu jalanan tiba2 kosong, balik ke pre-set speed nya kayak dikejar setan.

ni di anps ya, mungkin sensing mobil lain beda2.
Kayaknya yg ngejer presetnya mendadak gitu settingan mitsubishi om. Saya pake CC di xpander gitu soalnya. Kalo CC HRV lebih mulus kembali ke preset speednya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: 25 Jan 2022, 16:29
Ngomongin honda dan halu, dulu di sm ada id apa itu, yang selalu sarkas sama honda. Selalu bilang lebih baik dari merk a,b,c.
Bahkan bilang mesin f1nya honda jauh better dibanding mercedes (pas itu lagi ancur2nya honda di f1). Eh, taon 2021 kemarin beneran juara tuh honda di f1.
Jangan2 si id apa itu gak pernah halu ya :big_biglaugh:
ah si lugintod... eh luginar...

iya jangan2 emang datang dari masa depan tuh :mky_03:
Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 19:23
Ini rasanya udah pake nya spartan, interval "penggunaan normal" pabrikan jadi patokan, lebih parah lagi itu ngitung interval nya juga berdasarkan kilometer ditempuh instead of elapsed time per tiap servis. Ya kalo mobilnya jarang jalan jauh apa ga makin lama aja tu oli ngendap di oil pan.

Akhirnya baru ketauan setelah kilometer nya rada naik dan jadi major breakdown :glodak:

Apalagi ini emang transmisi by design juga ga se robust AT biasa, penggantian oli transmisi interval masi rada" aja. Ya sekelas ANKI sama ANF aja udah ketauan kan kilometer baru 20k oli transmisi udah hitam kek gimana wkwk pernah di share om gajah melayang di Facebook kalo ga salah.
speaking of which.... terakhir buang HCF-2 di civic ane bau sangitnya aja udah kuat bgt. pdhl ya pas 2 taon tuh gantinya. wkwkkwkwkw. ya mobilnya juga tuned sih. blom ngomong penguapan dll tar dituang tau-tau kosong ternyata :mky_07:

scr penguapan di CVT ni kayaknya emang tinggi banget juga byk kasus buang tinggal berapa liter dari kapasitas. yah hukum alam lagi musuh utama benda logam bergerak ya panas berlebih, sayangnya CVT (dan DSG) emang 2 contoh kasus terburuk soal gimana heat kills the transmission wkwkwkkww. klo DSG yg kalah electro mechanical module nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
topiqfurqan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 28 Mar 2017, 20:05

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by topiqfurqan »

bagus pearl white nya, langsung di coating biar lebih kinclong
WhatsApp Image 2022-01-26 at 18.41.26.jpeg
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

topiqfurqan wrote: 26 Jan 2022, 19:07 bagus pearl white nya, langsung di coating biar lebih kinclong

WhatsApp Image 2022-01-26 at 18.41.26.jpeg
Widih.. congrats mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Omnibus »

Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 11:12
ChZ wrote: 25 Jan 2022, 10:36 terus sempat ada laporan ternyata bengkel resminya sama aja ada yg tuang ATF WS :mky_03:
Bengkel resmi memang serem" ngasal sih kerjanya, saya pernah minta mereka cek motor power window penumpang kenapa macet, ngmgnya si kena master control nya atau apa gitu saya lupa, pas udah selesai di cek, akhirnya malah semua jendela sekaligus central door lock jadi ikutan gabisa dipake semua.

Cuma mau cari tau kenapa malah jadi kacau dah wkwk
harusnya join SM DIYers Club, akibat kuciwa sama kerjaan bengkel jd belajar ngerjain sendiri. step awal masuk dulu ke tret hand tools, nanti disambut sama penyamun2 yg ada disitu .... wkwkwk
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: 26 Jan 2022, 19:39
Mercer29 wrote: 25 Jan 2022, 11:12
ChZ wrote: 25 Jan 2022, 10:36 terus sempat ada laporan ternyata bengkel resminya sama aja ada yg tuang ATF WS :mky_03:
Bengkel resmi memang serem" ngasal sih kerjanya, saya pernah minta mereka cek motor power window penumpang kenapa macet, ngmgnya si kena master control nya atau apa gitu saya lupa, pas udah selesai di cek, akhirnya malah semua jendela sekaligus central door lock jadi ikutan gabisa dipake semua.

Cuma mau cari tau kenapa malah jadi kacau dah wkwk
harusnya join SM DIYers Club, akibat kuciwa sama kerjaan bengkel jd belajar ngerjain sendiri. step awal masuk dulu ke tret hand tools, nanti disambut sama penyamun2 yg ada disitu .... wkwkwk
Penyamun detected ....


















run ...... :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post