Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Raynard22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 22 Feb 2016, 14:57

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by Raynard22 »

Volk wrote: 15 Feb 2022, 07:07
Raynard22 wrote: 15 Feb 2022, 05:55
Volk wrote: 14 Feb 2022, 21:13

Nissan kicks lmyn juga ya baru liat tadi sore..teknology nya bagus juga setelah brp lama pengisian daya oleh bensin,mesin beralih ke listrik.keren juga pas nyalain pertama kali,seperti suara robot lagi isi power..sama gada suara.keren sih.cuma mslh baterai gimana y klo misal ada kerusakan dsbnya
Garansi battery 5 tahun/100000km Om, lumayan aman lah kalo beli baru.
#bukan sales nissan
Nah klo misal taun ke 6 batre rusak gmn y?hrg brp mreka blm bisa mastiin kemarin sy tanya ke sales mah.jdi stlh 5 taun,klo rusak blm tau penanganannya gmn 🙈..
Menarik sih kmren lihat unit ini..bensin jg ktnya bisa 1: 20 ya..
Buat hyundai creta ini,apa gak overpriced y?soalnya kan CKD ini..hrg gak main² sampe 350 ke atas..sodaranya sonet aja ga segitu pdhl diliat dr interior mirip banget cm beda lambang
Soal pricing ini ya no comment lah, bandingin sama India di sana paling mahal cuma di sekitar 338.000.000 (on road) dan itu sudah pakai mesin 1.4 l turbo gdi (sama punya seltos) Dan 6 speed DCT. Di sini dengan spek mesin di bawah udah nyentuh 400jt.
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by adityawei »

Raynard22 wrote:
Volk wrote: 14 Feb 2022, 21:13
Raynard22 wrote: 14 Feb 2022, 08:13 Kalo udah nyentuh 400 sebenarnya deket sama Nissan Kicks e-power ya Om after discount. Tapi kurang tahu apakah kicks e power ini ada fitur keselamatan aktif seperti di Hyundai Creta.

edit: ternyata sudah ada fitur keselamatan Aktif :mky_01:
Nissan kicks lmyn juga ya baru liat tadi sore..teknology nya bagus juga setelah brp lama pengisian daya oleh bensin,mesin beralih ke listrik.keren juga pas nyalain pertama kali,seperti suara robot lagi isi power..sama gada suara.keren sih.cuma mslh baterai gimana y klo misal ada kerusakan dsbnya
Garansi battery 5 tahun/100000km Om, lumayan aman lah kalo beli baru.
#bukan sales nissan
Kalo sales sini bilang harganya baterai kemungkinan 70an jt.. agak2 kurang pas sih beli nissan "aneh" ketika atpmnya aja agak2 ga niat jualan
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by Volk »

adityawei wrote: 15 Feb 2022, 09:30
Raynard22 wrote:
Volk wrote: 14 Feb 2022, 21:13

Nissan kicks lmyn juga ya baru liat tadi sore..teknology nya bagus juga setelah brp lama pengisian daya oleh bensin,mesin beralih ke listrik.keren juga pas nyalain pertama kali,seperti suara robot lagi isi power..sama gada suara.keren sih.cuma mslh baterai gimana y klo misal ada kerusakan dsbnya
Garansi battery 5 tahun/100000km Om, lumayan aman lah kalo beli baru.
#bukan sales nissan
Kalo sales sini bilang harganya baterai kemungkinan 70an jt.. agak2 kurang pas sih beli nissan "aneh" ketika atpmnya aja agak2 ga niat jualan
Betul 😄😄 ditanya battery aja jawabannya masih ngambang yah hmmm....
M2 DJ BLACK
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by Volk »

Raynard22 wrote: 15 Feb 2022, 09:27
Volk wrote: 15 Feb 2022, 07:07
Raynard22 wrote: 15 Feb 2022, 05:55

Garansi battery 5 tahun/100000km Om, lumayan aman lah kalo beli baru.
#bukan sales nissan
Nah klo misal taun ke 6 batre rusak gmn y?hrg brp mreka blm bisa mastiin kemarin sy tanya ke sales mah.jdi stlh 5 taun,klo rusak blm tau penanganannya gmn 🙈..
Menarik sih kmren lihat unit ini..bensin jg ktnya bisa 1: 20 ya..
Buat hyundai creta ini,apa gak overpriced y?soalnya kan CKD ini..hrg gak main² sampe 350 ke atas..sodaranya sonet aja ga segitu pdhl diliat dr interior mirip banget cm beda lambang
Soal pricing ini ya no comment lah, bandingin sama India di sana paling mahal cuma di sekitar 338.000.000 (on road) dan itu sudah pakai mesin 1.4 l turbo gdi (sama punya seltos) Dan 6 speed DCT. Di sini dengan spek mesin di bawah udah nyentuh 400jt.
Iya loh diliat² harga kok mahal bner..
Udh ampir 400 tp fitur gitu² aja
M2 DJ BLACK
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by adityawei »


Volk wrote:
Betul ImageImage ditanya battery aja jawabannya masih ngambang yah hmmm....
Itu aja baru ditanya harganya, belom stocknya.. ga lucu kan pake inden 3 4 bulan, mbl jadi prasasti di bengkel karena nunggu part.. apalagi baterai anggepannya barang super slow moving
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by b0ku »

Volk wrote: 15 Feb 2022, 10:20
adityawei wrote: 15 Feb 2022, 09:30
Raynard22 wrote:
Garansi battery 5 tahun/100000km Om, lumayan aman lah kalo beli baru.
#bukan sales nissan
Kalo sales sini bilang harganya baterai kemungkinan 70an jt.. agak2 kurang pas sih beli nissan "aneh" ketika atpmnya aja agak2 ga niat jualan
Betul 😄😄 ditanya battery aja jawabannya masih ngambang yah hmmm....
70jtan :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by ChZ »

adityawei wrote: 15 Feb 2022, 10:25
Volk wrote:
Betul ImageImage ditanya battery aja jawabannya masih ngambang yah hmmm....
Itu aja baru ditanya harganya, belom stocknya.. ga lucu kan pake inden 3 4 bulan, mbl jadi prasasti di bengkel karena nunggu part.. apalagi baterai anggepannya barang super slow moving
pasti indent lama itu, ngga mungkin ready stock mau simpen dimana batrenya klo ready stock resiko membusuk di gudang begitu dipasang eh gampang ngedrop sel selnya udah jelek kelamaan didiemin :big_biglaugh:

70 juta dari harga mobil nya 400 juta-an. hmmm sekitar hampir 20% harga mobilnya. klo goal nya mau penghematan running cost sih gagal total. mobil bensin 1.5 liter turbo 5 thn blom tentu jg total biaya perawatan keluar sampe segitu di taun kelima. oiya ini lagi masih kudu ganti oli mesin bensinnya dan masih ngisi bensin jg kan :big_bored:

tiba tiba injector mesin 2GD pun terdengar murah sekali :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by adityawei »


ChZ wrote:
adityawei wrote: 15 Feb 2022, 10:25
Volk wrote:
Betul ImageImage ditanya battery aja jawabannya masih ngambang yah hmmm....
Itu aja baru ditanya harganya, belom stocknya.. ga lucu kan pake inden 3 4 bulan, mbl jadi prasasti di bengkel karena nunggu part.. apalagi baterai anggepannya barang super slow moving
pasti indent lama itu, ngga mungkin ready stock mau simpen dimana batrenya klo ready stock resiko membusuk di gudang begitu dipasang eh gampang ngedrop sel selnya udah jelek kelamaan didiemin :big_biglaugh:

70 juta dari harga mobil nya 400 juta-an. hmmm sekitar hampir 20% harga mobilnya. klo goal nya mau penghematan running cost sih gagal total. mobil bensin 1.5 liter turbo 5 thn blom tentu jg total biaya perawatan keluar sampe segitu di taun kelima. oiya ini lagi masih kudu ganti oli mesin bensinnya dan masih ngisi bensin jg kan :big_bored:

tiba tiba injector mesin 2GD pun terdengar murah sekali :big_biglaugh:
Anuu itu 70jt sotoy nya salesnya ya.. ga tau aslinya brp.. dia perkiraan doang katanya..

Belom kngkos bongkar dan lain2nya..

Beli kicks sih bener2 cuma buat yang pengen ngerasain sensasi ev tanpa bingung ngecharge sih
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
darrelund
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by darrelund »

adityawei wrote: 15 Feb 2022, 13:23
ChZ wrote:
adityawei wrote: 15 Feb 2022, 10:25

Itu aja baru ditanya harganya, belom stocknya.. ga lucu kan pake inden 3 4 bulan, mbl jadi prasasti di bengkel karena nunggu part.. apalagi baterai anggepannya barang super slow moving
pasti indent lama itu, ngga mungkin ready stock mau simpen dimana batrenya klo ready stock resiko membusuk di gudang begitu dipasang eh gampang ngedrop sel selnya udah jelek kelamaan didiemin :big_biglaugh:

70 juta dari harga mobil nya 400 juta-an. hmmm sekitar hampir 20% harga mobilnya. klo goal nya mau penghematan running cost sih gagal total. mobil bensin 1.5 liter turbo 5 thn blom tentu jg total biaya perawatan keluar sampe segitu di taun kelima. oiya ini lagi masih kudu ganti oli mesin bensinnya dan masih ngisi bensin jg kan :big_bored:

tiba tiba injector mesin 2GD pun terdengar murah sekali :big_biglaugh:
Anuu itu 70jt sotoy nya salesnya ya.. ga tau aslinya brp.. dia perkiraan doang katanya..

Belom kngkos bongkar dan lain2nya..

Beli kicks sih bener2 cuma buat yang pengen ngerasain sensasi ev tanpa bingung ngecharge sih
70jt buat batere sekecil gitu? hmmmmm

lebih murah toyota punya dong yak

tapi ya sensasinya kurang optimal keknya, masa dibawa kebut mesin gerung :big_biglaugh:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by adityawei »


darrelund wrote:
70jt buat batere sekecil gitu? hmmmmm

lebih murah toyota punya dong yak

tapi ya sensasinya kurang optimal keknya, masa dibawa kebut mesin gerung :big_biglaugh:
Punya toyota berapa duit ? Di corolla cross ?
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
darrelund
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by darrelund »

adityawei wrote: 15 Feb 2022, 13:30
darrelund wrote:
70jt buat batere sekecil gitu? hmmmmm

lebih murah toyota punya dong yak

tapi ya sensasinya kurang optimal keknya, masa dibawa kebut mesin gerung :big_biglaugh:
Punya toyota berapa duit ? Di corolla cross ?
sekitar 40-50jt an oom, info dari toyotanya segitu

tapi kicks juga banyak diskonnya seh, kmrn sempet ditawarin 420jt
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by adityawei »

darrelund wrote:
adityawei wrote: 15 Feb 2022, 13:30
darrelund wrote:
70jt buat batere sekecil gitu? hmmmmm

lebih murah toyota punya dong yak

tapi ya sensasinya kurang optimal keknya, masa dibawa kebut mesin gerung :big_biglaugh:
Punya toyota berapa duit ? Di corolla cross ?
sekitar 40-50jt an oom, info dari toyotanya segitu

tapi kicks juga banyak diskonnya seh, kmrn sempet ditawarin 420jt
Tinggal pertanyaannya apakah 50jt itu bisa nutup 100jt ongkos bensin yang diiritkan..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by ChZ »

adityawei wrote: 15 Feb 2022, 13:23
Anuu itu 70jt sotoy nya salesnya ya.. ga tau aslinya brp.. dia perkiraan doang katanya..

Belom kngkos bongkar dan lain2nya..

Beli kicks sih bener2 cuma buat yang pengen ngerasain sensasi ev tanpa bingung ngecharge sih
iya mobil listrik listrikan gini sehh cuma mainan orang kaya :mky_01: rusak ya tinggal jual kondisi apa adanya males ngebenerin.

klo masih mikir mobil buat dipake klo bisa gak lama di bengkel kyknya susah mau adapt ke mobil listrik listrikan gini :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1581
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by KielConstantine »

darrelund wrote: 15 Feb 2022, 13:27
adityawei wrote: 15 Feb 2022, 13:23 Anuu itu 70jt sotoy nya salesnya ya.. ga tau aslinya brp.. dia perkiraan doang katanya..

Belom kngkos bongkar dan lain2nya..
70jt buat batere sekecil gitu? hmmmmm
:big_biglaugh:

Ane dapet info, gegara banyak konsumen diseluruh dunia ngeluh harga batre mobil listrik pada mahal pas rusak . China lg mau bikin batre2an replacement mobil EV / Hybrid harga murah . Bisa 12 - 15 jutaan … tapi kualitas dipertanyakan seh wkwkwkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by adityawei »

KielConstantine wrote:
darrelund wrote: 15 Feb 2022, 13:27
adityawei wrote: 15 Feb 2022, 13:23 Anuu itu 70jt sotoy nya salesnya ya.. ga tau aslinya brp.. dia perkiraan doang katanya..

Belom kngkos bongkar dan lain2nya..
70jt buat batere sekecil gitu? hmmmmm
:big_biglaugh:

Ane dapet info, gegara banyak konsumen diseluruh dunia ngeluh harga batre mobil listrik pada mahal pas rusak . China lg mau bikin batre2an replacement mobil EV / Hybrid harga murah . Bisa 12 - 15 jutaan … tapi kualitas dipertanyakan seh wkwkwkwkwk
Ya mending 15jt an tp 4 tahun sekali ganti drpd 60jt 5 taun sekali..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
grimjow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by grimjow »

Mobil Ev kalau tidak dapat subsidi signifikan , sepertinya belum cukup menarik.

Coba buat perbandingan untuk 100,000 km. Mudah2an bener hitungnya.

Ev : asumsi misal Tesla 3.
Konsumsi per km : 151 wh. (Pakai asumsi dari https://ev-database.org/cheatsheet)
Jadi kalau jalan 100 rb km , akan makan 15,100 kwh.
Tarif istrik Rp 1,447.
Jadi total "fuel" cost adalah Rp 21 juta.

ICE : Anggap lah dapat yang boros dan harus pertamax.
Misal fuel con 1:10 dan pertamax Rp 9000
Maka biaya "fuel" cost Rp 90 juta.

Jadi mobil listrik akan ada saving Rp 71 juta. Saving tambahan dari pajak tahunan tapi ga seberapa sih dibanding ICE.
Tapi akan ada minus di lifetime baterei misal harus ganti baterei dan juga rata2 harga mobil EV yang masih tinggi saat ini.
Ioniq CKD katanya di atas Rp 700 juta bakalan? :big_dunno: :big_dunno:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by adityawei »

grimjow wrote:Mobil Ev kalau tidak dapat subsidi signifikan , sepertinya belum cukup menarik.

Coba buat perbandingan untuk 100,000 km. Mudah2an bener hitungnya.

Ev : asumsi misal Tesla 3.
Konsumsi per km : 151 wh. (Pakai asumsi dari https://ev-database.org/cheatsheet)
Jadi kalau jalan 100 rb km , akan makan 15,100 kwh.
Tarif istrik Rp 1,447.
Jadi total "fuel" cost adalah Rp 21 juta.

ICE : Anggap lah dapat yang boros dan harus pertamax.
Misal fuel con 1:10 dan pertamax Rp 9000
Maka biaya "fuel" cost Rp 90 juta.

Jadi mobil listrik akan ada saving Rp 71 juta. Saving tambahan dari pajak tahunan tapi ga seberapa sih dibanding ICE.
Tapi akan ada minus di lifetime baterei misal harus ganti baterei dan juga rata2 harga mobil EV yang masih tinggi saat ini.
Ioniq CKD katanya di atas Rp 700 juta bakalan? :big_dunno: :big_dunno:
+ harga baterai yang katanya 1/3 harga mobilnya ketika udah nyampe 100k ish km.. ga jadi murah jg sih..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
AR93
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by AR93 »

Volk wrote: 15 Feb 2022, 10:22
Raynard22 wrote: 15 Feb 2022, 09:27
Volk wrote: 15 Feb 2022, 07:07

Nah klo misal taun ke 6 batre rusak gmn y?hrg brp mreka blm bisa mastiin kemarin sy tanya ke sales mah.jdi stlh 5 taun,klo rusak blm tau penanganannya gmn 🙈..
Menarik sih kmren lihat unit ini..bensin jg ktnya bisa 1: 20 ya..
Buat hyundai creta ini,apa gak overpriced y?soalnya kan CKD ini..hrg gak main² sampe 350 ke atas..sodaranya sonet aja ga segitu pdhl diliat dr interior mirip banget cm beda lambang
Soal pricing ini ya no comment lah, bandingin sama India di sana paling mahal cuma di sekitar 338.000.000 (on road) dan itu sudah pakai mesin 1.4 l turbo gdi (sama punya seltos) Dan 6 speed DCT. Di sini dengan spek mesin di bawah udah nyentuh 400jt.
Iya loh diliat² harga kok mahal bner..
Udh ampir 400 tp fitur gitu² aja
Menurut saya harganya oke banget kok.

Misalnya Creta tipe Style Rp 359 juta fiturnya udah jauh melebihi fiturnya HR-V SE (Rp 398 juta). Walaupun blom full SmartSense atau panoramic sunroof, dia udah ada speedometer full digital, Bluelink, lampu LED, ventilated seat, remote start, jok kulit, speaker Bose, TPMS, wireless charger, 6 airbag. Kebangetan sih kalo dibilang kemahalan kecuali pake mindset 2021. Bukannya promosi apa gimana ya, cuma realistis aja 2022 ini harga2 mobil udah naik semua.

Wuling Almaz RS Pro? 2022 ini harganya 421 juta, kalo diskon 391 juta. Cuma ya tau lah apa aja kekurangannya Almaz.

Penjualan bakal berbicara, Hyundai aja targetnya market leader artinya diatas HR-V. Entahlah All New HR-V mau dihargai berapa, mungkin diatas 420 cuma buat tipe 1.5 SE? RS Turbo hampir 500? Ada masanya nanti Creta jadi obvious choice karena harganya yang pas.

Dibandingin sama harga India? Sori aja 338 juta itu kayaknya harga off the road deh (ex showroom). Mau tau kalo jadi on the road berapa harga Creta termahal di India? 413 juta (Sumber: https://www.zigwheels.com/newcars/Hyund ... e#leadform) dan inget mereka masih kurang speedo 10.25 inch sama SmartSense.
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by fl4b1e »

Nice review om..

Kalau perbandingan sama Seltos crdi kira2 gimana ya? Kalau saya pribadi tertarik sama Swltos crdi karena diesel powernya sih.. dah gitu 6AT pula gak ribet kayak varian 1.4 turbo dual clutchnya..

btw, kalau mnrt saya fitur bluelink di Creta ini keren dan patut dihargai sih. Kalau gak salah kakaknya (kona atau santa fe) belum dpt fasilitas ini ya. Dan jelas bukan cuma fitur, krn hyundai wajib punya orang tuk kirim support tuk bluelink.

Ga paham juga apakah service ini lebih ok dibanding T-Linknya Toyota.
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by Volk »

AR93 wrote: 15 Feb 2022, 23:35
Volk wrote: 15 Feb 2022, 10:22
Raynard22 wrote: 15 Feb 2022, 09:27

Soal pricing ini ya no comment lah, bandingin sama India di sana paling mahal cuma di sekitar 338.000.000 (on road) dan itu sudah pakai mesin 1.4 l turbo gdi (sama punya seltos) Dan 6 speed DCT. Di sini dengan spek mesin di bawah udah nyentuh 400jt.
Iya loh diliat² harga kok mahal bner..
Udh ampir 400 tp fitur gitu² aja
Menurut saya harganya oke banget kok.

Misalnya Creta tipe Style Rp 359 juta fiturnya udah jauh melebihi fiturnya HR-V SE (Rp 398 juta). Walaupun blom full SmartSense atau panoramic sunroof, dia udah ada speedometer full digital, Bluelink, lampu LED, ventilated seat, remote start, jok kulit, speaker Bose, TPMS, wireless charger, 6 airbag. Kebangetan sih kalo dibilang kemahalan kecuali pake mindset 2021. Bukannya promosi apa gimana ya, cuma realistis aja 2022 ini harga2 mobil udah naik semua.

Wuling Almaz RS Pro? 2022 ini harganya 421 juta, kalo diskon 391 juta. Cuma ya tau lah apa aja kekurangannya Almaz.

Penjualan bakal berbicara, Hyundai aja targetnya market leader artinya diatas HR-V. Entahlah All New HR-V mau dihargai berapa, mungkin diatas 420 cuma buat tipe 1.5 SE? RS Turbo hampir 500? Ada masanya nanti Creta jadi obvious choice karena harganya yang pas.

Dibandingin sama harga India? Sori aja 338 juta itu kayaknya harga off the road deh (ex showroom). Mau tau kalo jadi on the road berapa harga Creta termahal di India? 413 juta (Sumber: https://www.zigwheels.com/newcars/Hyund ... e#leadform) dan inget mereka masih kurang speedo 10.25 inch sama SmartSense.
Sebenernya bicara kemahalan tidak kemahalan sih g cuma ngaca dari sonet bro..sonet 11,12 ibaratnya hanya beda bluelink,tp bisa jual dibawah creta.beda emblem beda cerita,maksudnya gitu.
Kalo dibandingin dengan HRV mah udh jelas mreka mah pimpinan ibaratnya mo jual mahal juga wajar sih.tinggal milih aja berani H miring apa H tegak..kan gt bro ✌🏾
M2 DJ BLACK
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 845
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by Zaxis »

Sonet sama creta beda kelas
Creta sekelas seltos
Cuma kalah di mesin aja ga ada turbo
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3599
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by kunaskun »

quyquy wrote: 04 Feb 2022, 09:52 Yang penasaran adalah CVTnya yang oleh Hyundai namanya IVT. Penasarannya adalah apakah hanya beda di beltnya, dari belt jadi chain-belt? apakah IVT punya split-gears system kayak CVTnya Raize?
IVT itu hanya penamaan CVT dari Hyundai Transys. yg bikin unik itu ada virtual stepped gear / virtual geared AT. jadi ketika berkendara normal ada rasa pindah2 gigi dikit gitu. terus pakenya chain belt bukan belt biasa. split gear CVT seperti Daihatsu D-CVT atau Toyota Direct Shift sepertinya hanya dibikin Daihatsu dan Toyota saja.

https://paultan.org/2020/11/26/hyundai- ... m%20iVT%20(intelligent,more%20a%20efficient%20output%20transfer.
AbdulHakim
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by AbdulHakim »

kunaskun wrote: 16 Feb 2022, 08:27
quyquy wrote: 04 Feb 2022, 09:52 Yang penasaran adalah CVTnya yang oleh Hyundai namanya IVT. Penasarannya adalah apakah hanya beda di beltnya, dari belt jadi chain-belt? apakah IVT punya split-gears system kayak CVTnya Raize?
IVT itu hanya penamaan CVT dari Hyundai Transys. yg bikin unik itu ada virtual stepped gear / virtual geared AT. jadi ketika berkendara normal ada rasa pindah2 gigi dikit gitu. terus pakenya chain belt bukan belt biasa. split gear CVT seperti Daihatsu D-CVT atau Toyota Direct Shift sepertinya hanya dibikin Daihatsu dan Toyota saja.

https://paultan.org/2020/11/26/hyundai- ... m%20iVT%20(intelligent,more%20a%20efficient%20output%20transfer.
mbah, apakah ini berarti cvt lag yang diakibatkan oleh rubber-steel band/belt, bisa berkurang significant, karena menggunakan chain belt? :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by ChZ »

grimjow wrote: 15 Feb 2022, 21:26 Mobil Ev kalau tidak dapat subsidi signifikan , sepertinya belum cukup menarik.

Coba buat perbandingan untuk 100,000 km. Mudah2an bener hitungnya.

Ev : asumsi misal Tesla 3.
Konsumsi per km : 151 wh. (Pakai asumsi dari https://ev-database.org/cheatsheet)
Jadi kalau jalan 100 rb km , akan makan 15,100 kwh.
Tarif istrik Rp 1,447.
Jadi total "fuel" cost adalah Rp 21 juta.

ICE : Anggap lah dapat yang boros dan harus pertamax.
Misal fuel con 1:10 dan pertamax Rp 9000
Maka biaya "fuel" cost Rp 90 juta.

Jadi mobil listrik akan ada saving Rp 71 juta. Saving tambahan dari pajak tahunan tapi ga seberapa sih dibanding ICE.
Tapi akan ada minus di lifetime baterei misal harus ganti baterei dan juga rata2 harga mobil EV yang masih tinggi saat ini.
Ioniq CKD katanya di atas Rp 700 juta bakalan? :big_dunno: :big_dunno:
jgn lupa mobil listrik by the time akan makin turun kualitas batrenya :big_grin: jd mungkin sebelum batre koit dia bakal makan listrik lebih banyak. inget kejadian nissan leaf ada yg cerita baru jalan puluhan kilometer dari rumah langsung drop batrenya.

dengan harga baru mobil listrik yang rata-rata di kepala 7... klo diliat sisi investment sih bad investment. utk dpt mobil ice setara cukup keluarin uang 75% dari harganya (krn skrg honda civic jg sudah 500 jutaan vs hyundai ioniq 700 jutaan).
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive Hyundai Creta Prime IVT

Post by b0ku »

ChZ wrote: 16 Feb 2022, 10:34
jgn lupa mobil listrik by the time akan makin turun kualitas batrenya :big_grin: jd mungkin sebelum batre koit dia bakal makan listrik lebih banyak. inget kejadian nissan leaf ada yg cerita baru jalan puluhan kilometer dari rumah langsung drop batrenya.

dengan harga baru mobil listrik yang rata-rata di kepala 7... klo diliat sisi investment sih bad investment. utk dpt mobil ice setara cukup keluarin uang 75% dari harganya (krn skrg honda civic jg sudah 500 jutaan vs hyundai ioniq 700 jutaan).


kalo dari omongan scotty yang saya pikir masuk diakal keknya mobil listrik susah buat ngajamur belom apa2x bakalan kena crisis material duluan :big_biglaugh:
Post Reply