Page 1 of 2

Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 7:44
by Kowayan1117
Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 13:28
by Chr1stm1
Kowayan1117 wrote: Sun Feb 13, 2022 7:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.

Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 14:00
by fajarrian
Kowayan1117 wrote: Sun Feb 13, 2022 7:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Coba tanya2 grup rush di facebook om.

Sepengalaman saya shock aftermarket monroe oe biasanya kebalikan dari shock bawaanya, kalo shock bawaan empuk, aftermarket monroe nya keras begitupun sebaliknya. Tapi buat mastiin mungkin bisa tanya sama yang udah pake

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 14:16
by sintoni
Chr1stm1 wrote: Sun Feb 13, 2022 13:28
Kowayan1117 wrote: Sun Feb 13, 2022 7:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.

Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
Masa 36 empuk om? Haha.

Ban mobil ane sehari2 pake mobil apa aja maks 32 kecuali keluar kota mungkin 34-35.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 14:35
by XMTdeluxe
Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
ANR/ANT dibikin empuk, apa malah tdk limbung Om? Keras begitu saja banyak yang bilang limbung. Meskipun menurut ukuran saya nggak sih... Tapi bantingan kerasnya, memang saya akui. Terakhir, saya ganti ban Turanza T005 agak lumayan, lebih nyaman dan berkurang noise nya. Tetap saja, tdk bisa mengubah karakter aslinya.
ANR/ANT nyaman kalau orangnya 5-7 orang, baru berasa kelebihan mobil ini dibanding, ANE misalnya. Apalagi kalau lewat jalan yang keriting bolong2, lebih enak ANT.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 15:02
by Chr1stm1
sintoni wrote: Sun Feb 13, 2022 14:16
Chr1stm1 wrote: Sun Feb 13, 2022 13:28
Kowayan1117 wrote: Sun Feb 13, 2022 7:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.

Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
Masa 36 empuk om? Haha.

Ban mobil ane sehari2 pake mobil apa aja maks 32 kecuali keluar kota mungkin 34-35.

36psi pada ban belakang better om dibanding rekomendasi pabrikan di 38psi...kalo di kurangin lagi pasti gak enak di handlingnya..

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 15:04
by Chr1stm1
XMTdeluxe wrote: Sun Feb 13, 2022 14:35 Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
ANR/ANT dibikin empuk, apa malah tdk limbung Om? Keras begitu saja banyak yang bilang limbung. Meskipun menurut ukuran saya nggak sih... Tapi bantingan kerasnya, memang saya akui. Terakhir, saya ganti ban Turanza T005 agak lumayan, lebih nyaman dan berkurang noise nya. Tetap saja, tdk bisa mengubah karakter aslinya.
ANR/ANT nyaman kalau orangnya 5-7 orang, baru berasa kelebihan mobil ini dibanding, ANE misalnya. Apalagi kalau lewat jalan yang keriting bolong2, lebih enak ANT.
Solusi lebih hemat coba jajal ban Dunlop LM705 seperti rekan saya, lebih empuk dari ban eco2an spt dunlop enasave atau GT Radial Savero

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Feb 13, 2022 16:38
by vp920b
Cek toko online, semua bilang ganti pernya bukan shocknya.

Merk jamex hanya 1.5jt, 4 pcs. Mobil 1 cm lebih rendah tp bantingan jd nyaman.

Banyak yg hepi. Semoga membantu

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Mon Feb 14, 2022 7:03
by KielConstantine
XMTdeluxe wrote: Sun Feb 13, 2022 14:35 Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
Jawaban paling joss :big_exellent:

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Mon Feb 14, 2022 7:58
by ChZ
klo mau eksperimen coba pake per copotan mercy mercy an... kata nya bisa lebih enak. cm balik lagi trial and error.

tp klo gak mau ribet ya ganti BPKB sih :mky_03:

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Mon Feb 14, 2022 10:35
by doge
ChZ wrote: Mon Feb 14, 2022 7:58 klo mau eksperimen coba pake per copotan mercy mercy an... kata nya bisa lebih enak. cm balik lagi trial and error.

tp klo gak mau ribet ya ganti BPKB sih :mky_03:
ipah keluarga dlu (04vvti) per blkg gnti pke mercy pny, w123 apa w124 gitu lupa persisnya

emg jd enak, bantingannya jd pas gtu, plus g mentok walau isi 8pax+koper dll, cmn ya krn g dipotong jdnya sisi blkg nungging

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Mon Feb 14, 2022 10:58
by supersae
ANT saya bawaan pake R17 saya ganti velg R16 profil ban naik jd 65 , merk ban pake dunlop Sp sport LM 705 , tekanan pakai 32 enak kok , bawa istri & 3 bocil

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Tue Feb 15, 2022 17:15
by slapnuts
Saran paling simpel = ganti BPKB ke Veloz, Xpander, Ertiga
Kalau memang dirasa ga terlalu mentingin RWD untuk daily driving, go for geng FWD tsb. Yang jelas secara default para geng FWD tsb jauh lebih nyaman tanpa perlu mengubah apa-apa. ANR/ANT setingan sekarang saja sudah limbung apalagi kalau diempukin plus body cingkrang yang ga lebar tapi tinggi, serem.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Wed Feb 16, 2022 13:19
by mike22
Aturan ambil tipe G krn velg 16 jadi ga terlalu keras.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Wed Feb 16, 2022 14:19
by kunaskun
Kowayan1117 wrote: Sun Feb 13, 2022 7:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
solusi termurah menurut saya: karung pasir atau semen di baris ketiga mungkin kira2 3-4 sak 50 kg cukup. karena seperti umumnya produk daitoyo kelas umum itu setup suspensi untuk full load, kalau tidak mau disebut overload. jadi ketika muatan sedikit, bantingannya jadi ga jelas. :big_biglaugh:

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Wed May 11, 2022 13:37
by NYoman
kunaskun wrote: Wed Feb 16, 2022 14:19
Kowayan1117 wrote: Sun Feb 13, 2022 7:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
solusi termurah menurut saya: karung pasir atau semen di baris ketiga mungkin kira2 3-4 sak 50 kg cukup. karena seperti umumnya produk daitoyo kelas umum itu setup suspensi untuk full load, kalau tidak mau disebut overload. jadi ketika muatan sedikit, bantingannya jadi ga jelas. :big_biglaugh:
Solusi ini kalau boleh jujur saya ndak rekomendasi sih, pengalaman taruh karung pasir di RusTer lama hanya menghilangkan sedikit masalah, tapi malah nambah masalah.. Selain rebound nya berubah, torsi dari sasis yg di tengah justru pindah ke belakang bikin mobil gampang sekali oleng kalau kita harus manuver.. Walau ada bracing tambahan di banding yg lama saya ndak yakin bakal mengubah karakter sasis nya karena masih satu basis..

Kalau di RusTer lama, saya ganti shock milik TRD dan per milik Eibach.. Konsekuensi nya turun 2 jari yg bikin mentok kalau penuh banget, cuma karena gak pernah penuh (maksimal 4 orang dewasa plus barang) jadi reasonable..

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Thu May 12, 2022 0:28
by Chr1stm1
Kalo saya sekarang malah tekanan angin belakang jadi 36, depan 33 dgn catatan jarang full penumpang ( seringnya 5 penumpang saja )

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Thu May 12, 2022 2:37
by Or4cle
Rush / Terios mobil mini SUV dgn ground clearance tinggi, ditambah bobot mobil + 6 seat jadi settingan shockbreaker wajib keras agar stabil.
Berhubung shockbreaker keras jadi gak nyaman, limbung. Solusi terbaik yaa ganti BPKB :big_okay:

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sat Jun 11, 2022 13:02
by kentbertlee
skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sat Jun 11, 2022 13:10
by geofreyap
IMHO,

- Velg ganti 15, ban pakai 205/75 (sudah dihitung, masih masuk toleransi, overall diameter tdk terlalu jauh dari setup std)
- Shock coba aftermarket, monroe misalnya.

Coba dulu setup begitu, harusnya joss.
:)

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sat Jun 11, 2022 15:28
by XMTdeluxe
kentbertlee wrote: Sat Jun 11, 2022 13:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sat Jun 11, 2022 16:55
by kentbertlee
XMTdeluxe wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28
kentbertlee wrote: Sat Jun 11, 2022 13:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Wah lengkap banget jawabannya.. thanks infonya ya berarti sedang2 saja lah ya rush ini ngak boros2 banget ngak hemat2 banget ya.. di tengah2 saja... semoga berguna juga buat yang lain ya.... thank you ya bangg

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sat Jun 11, 2022 23:31
by Suryaputra
XMTdeluxe wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28
kentbertlee wrote: Sat Jun 11, 2022 13:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Punten mbah.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)

Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong

Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.

Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Jun 12, 2022 4:54
by XMTdeluxe
Suryaputra wrote: Sat Jun 11, 2022 23:31
XMTdeluxe wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28
kentbertlee wrote: Sat Jun 11, 2022 13:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Punten mbah.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)

Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong

Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.

Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Hehe.. aman Om. Saya suka menikmati free gliding karena sensasi lari kentjang tanpa ada suara mesin 😁😁 maklum, mesin NR suaranya kan fals dan pitchy. Kalau matik gak berani saya, takut jebol.
Yang no.1 betul, tapi hanya kondisi lengang atau jaga jarak. Kalau ada apa2 tangan dan kaki sdh siap2 masuk gigi 🙄
No.2 dan 3 itu kalaupun masuk gigi tapi yg dominan remnya, sama aja Om. Manual memang harus pintar2 mainkan gigi sih, karena disitu nyawanya. Gigi mana yg engine breaknya berimbang dgn kemampuan rem yg aman.
Resiko sering2 engine break, bukannya koplingnya yg kalah ya Om, 🙄 bisa habis duluan.

Re: Suspensi All New Rush

Posted: Sun Jun 12, 2022 5:03
by Suryaputra
XMTdeluxe wrote: Sun Jun 12, 2022 4:54
Suryaputra wrote: Sat Jun 11, 2022 23:31
XMTdeluxe wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28

Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Punten mbah.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)

Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong

Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.

Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Hehe.. aman Om. Saya suka menikmati free gliding karena sensasi lari kentjang tanpa ada suara mesin 😁😁 maklum, mesin NR suaranya kan fals dan pitchy. Kalau matik gak berani saya, takut jebol.
Yang no.1 betul, tapi hanya kondisi lengang atau jaga jarak. Kalau ada apa2 tangan dan kaki sdh siap2 masuk gigi 🙄
No.2 dan 3 itu kalaupun masuk gigi tapi yg dominan remnya, sama aja Om. Manual memang harus pintar2 mainkan gigi sih, karena disitu nyawanya. Gigi mana yg engine breaknya berimbang dgn kemampuan rem yg aman.
Resiko sering2 engine break, bukannya koplingnya yg kalah ya Om, 🙄 bisa habis duluan.
Mobil mesin ber BBM gak dirancang untuk jalan tanpa suara.
Kecuali mobil listrik atau Hybrid car beneran :big_peace:

Engine brake klo ancang2 dr jauh buat manual mah aman.
Bukan engine brake ala balapan :upss:

Dan engine brake ini kan artinya gak harus gear 1 atau 2
Bisa disesuaikan dgn kecepatan dan gear ratio yg ada.

Klo turunan yg panjang kyk di cipularang misalnya,
Ya sesuaikan aja gearnya untuk nahan di speed yang sama.
Gak perlu sering2 pindah gigi