Suspensi All New Rush

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Kowayan1117
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 20 Apr 2018, 07:26
Location: Bali
Daily Vehicle: Japstyle

Suspensi All New Rush

Post by Kowayan1117 »

Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Suspensi All New Rush

Post by Chr1stm1 »

Kowayan1117 wrote: 13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.

Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: Suspensi All New Rush

Post by fajarrian »

Kowayan1117 wrote: 13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Coba tanya2 grup rush di facebook om.

Sepengalaman saya shock aftermarket monroe oe biasanya kebalikan dari shock bawaanya, kalo shock bawaan empuk, aftermarket monroe nya keras begitupun sebaliknya. Tapi buat mastiin mungkin bisa tanya sama yang udah pake
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Suspensi All New Rush

Post by sintoni »

Chr1stm1 wrote: 13 Feb 2022, 20:28
Kowayan1117 wrote: 13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.

Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
Masa 36 empuk om? Haha.

Ban mobil ane sehari2 pake mobil apa aja maks 32 kecuali keluar kota mungkin 34-35.
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Suspensi All New Rush

Post by XMTdeluxe »

Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
ANR/ANT dibikin empuk, apa malah tdk limbung Om? Keras begitu saja banyak yang bilang limbung. Meskipun menurut ukuran saya nggak sih... Tapi bantingan kerasnya, memang saya akui. Terakhir, saya ganti ban Turanza T005 agak lumayan, lebih nyaman dan berkurang noise nya. Tetap saja, tdk bisa mengubah karakter aslinya.
ANR/ANT nyaman kalau orangnya 5-7 orang, baru berasa kelebihan mobil ini dibanding, ANE misalnya. Apalagi kalau lewat jalan yang keriting bolong2, lebih enak ANT.
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Suspensi All New Rush

Post by Chr1stm1 »

sintoni wrote: 13 Feb 2022, 21:16
Chr1stm1 wrote: 13 Feb 2022, 20:28
Kowayan1117 wrote: 13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.

Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
Masa 36 empuk om? Haha.

Ban mobil ane sehari2 pake mobil apa aja maks 32 kecuali keluar kota mungkin 34-35.

36psi pada ban belakang better om dibanding rekomendasi pabrikan di 38psi...kalo di kurangin lagi pasti gak enak di handlingnya..
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Suspensi All New Rush

Post by Chr1stm1 »

XMTdeluxe wrote: 13 Feb 2022, 21:35 Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
ANR/ANT dibikin empuk, apa malah tdk limbung Om? Keras begitu saja banyak yang bilang limbung. Meskipun menurut ukuran saya nggak sih... Tapi bantingan kerasnya, memang saya akui. Terakhir, saya ganti ban Turanza T005 agak lumayan, lebih nyaman dan berkurang noise nya. Tetap saja, tdk bisa mengubah karakter aslinya.
ANR/ANT nyaman kalau orangnya 5-7 orang, baru berasa kelebihan mobil ini dibanding, ANE misalnya. Apalagi kalau lewat jalan yang keriting bolong2, lebih enak ANT.
Solusi lebih hemat coba jajal ban Dunlop LM705 seperti rekan saya, lebih empuk dari ban eco2an spt dunlop enasave atau GT Radial Savero
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Suspensi All New Rush

Post by vp920b »

Cek toko online, semua bilang ganti pernya bukan shocknya.

Merk jamex hanya 1.5jt, 4 pcs. Mobil 1 cm lebih rendah tp bantingan jd nyaman.

Banyak yg hepi. Semoga membantu
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Suspensi All New Rush

Post by KielConstantine »

XMTdeluxe wrote: 13 Feb 2022, 21:35 Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
Jawaban paling joss :big_exellent:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Suspensi All New Rush

Post by ChZ »

klo mau eksperimen coba pake per copotan mercy mercy an... kata nya bisa lebih enak. cm balik lagi trial and error.

tp klo gak mau ribet ya ganti BPKB sih :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Suspensi All New Rush

Post by doge »

ChZ wrote: 14 Feb 2022, 14:58 klo mau eksperimen coba pake per copotan mercy mercy an... kata nya bisa lebih enak. cm balik lagi trial and error.

tp klo gak mau ribet ya ganti BPKB sih :mky_03:
ipah keluarga dlu (04vvti) per blkg gnti pke mercy pny, w123 apa w124 gitu lupa persisnya

emg jd enak, bantingannya jd pas gtu, plus g mentok walau isi 8pax+koper dll, cmn ya krn g dipotong jdnya sisi blkg nungging
:ngacir:
supersae
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 16 Oct 2016, 19:53

Re: Suspensi All New Rush

Post by supersae »

ANT saya bawaan pake R17 saya ganti velg R16 profil ban naik jd 65 , merk ban pake dunlop Sp sport LM 705 , tekanan pakai 32 enak kok , bawa istri & 3 bocil
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Suspensi All New Rush

Post by slapnuts »

Saran paling simpel = ganti BPKB ke Veloz, Xpander, Ertiga
Kalau memang dirasa ga terlalu mentingin RWD untuk daily driving, go for geng FWD tsb. Yang jelas secara default para geng FWD tsb jauh lebih nyaman tanpa perlu mengubah apa-apa. ANR/ANT setingan sekarang saja sudah limbung apalagi kalau diempukin plus body cingkrang yang ga lebar tapi tinggi, serem.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Suspensi All New Rush

Post by mike22 »

Aturan ambil tipe G krn velg 16 jadi ga terlalu keras.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Suspensi All New Rush

Post by kunaskun »

Kowayan1117 wrote: 13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
solusi termurah menurut saya: karung pasir atau semen di baris ketiga mungkin kira2 3-4 sak 50 kg cukup. karena seperti umumnya produk daitoyo kelas umum itu setup suspensi untuk full load, kalau tidak mau disebut overload. jadi ketika muatan sedikit, bantingannya jadi ga jelas. :big_biglaugh:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Suspensi All New Rush

Post by NYoman »

kunaskun wrote: 16 Feb 2022, 21:19
Kowayan1117 wrote: 13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman :big_childish: ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan :big_deal:
solusi termurah menurut saya: karung pasir atau semen di baris ketiga mungkin kira2 3-4 sak 50 kg cukup. karena seperti umumnya produk daitoyo kelas umum itu setup suspensi untuk full load, kalau tidak mau disebut overload. jadi ketika muatan sedikit, bantingannya jadi ga jelas. :big_biglaugh:
Solusi ini kalau boleh jujur saya ndak rekomendasi sih, pengalaman taruh karung pasir di RusTer lama hanya menghilangkan sedikit masalah, tapi malah nambah masalah.. Selain rebound nya berubah, torsi dari sasis yg di tengah justru pindah ke belakang bikin mobil gampang sekali oleng kalau kita harus manuver.. Walau ada bracing tambahan di banding yg lama saya ndak yakin bakal mengubah karakter sasis nya karena masih satu basis..

Kalau di RusTer lama, saya ganti shock milik TRD dan per milik Eibach.. Konsekuensi nya turun 2 jari yg bikin mentok kalau penuh banget, cuma karena gak pernah penuh (maksimal 4 orang dewasa plus barang) jadi reasonable..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Suspensi All New Rush

Post by Chr1stm1 »

Kalo saya sekarang malah tekanan angin belakang jadi 36, depan 33 dgn catatan jarang full penumpang ( seringnya 5 penumpang saja )
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Suspensi All New Rush

Post by Or4cle »

Rush / Terios mobil mini SUV dgn ground clearance tinggi, ditambah bobot mobil + 6 seat jadi settingan shockbreaker wajib keras agar stabil.
Berhubung shockbreaker keras jadi gak nyaman, limbung. Solusi terbaik yaa ganti BPKB :big_okay:
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 27 Jun 2015, 20:55

Re: Suspensi All New Rush

Post by kentbertlee »

skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Suspensi All New Rush

Post by geofreyap »

IMHO,

- Velg ganti 15, ban pakai 205/75 (sudah dihitung, masih masuk toleransi, overall diameter tdk terlalu jauh dari setup std)
- Shock coba aftermarket, monroe misalnya.

Coba dulu setup begitu, harusnya joss.
:)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Suspensi All New Rush

Post by XMTdeluxe »

kentbertlee wrote: 11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 27 Jun 2015, 20:55

Re: Suspensi All New Rush

Post by kentbertlee »

XMTdeluxe wrote: 11 Jun 2022, 22:28
kentbertlee wrote: 11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Wah lengkap banget jawabannya.. thanks infonya ya berarti sedang2 saja lah ya rush ini ngak boros2 banget ngak hemat2 banget ya.. di tengah2 saja... semoga berguna juga buat yang lain ya.... thank you ya bangg
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suspensi All New Rush

Post by Suryaputra »

XMTdeluxe wrote: 11 Jun 2022, 22:28
kentbertlee wrote: 11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Punten mbah.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)

Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong

Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.

Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Suspensi All New Rush

Post by XMTdeluxe »

Suryaputra wrote: 12 Jun 2022, 06:31
XMTdeluxe wrote: 11 Jun 2022, 22:28
kentbertlee wrote: 11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Punten mbah.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)

Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong

Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.

Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Hehe.. aman Om. Saya suka menikmati free gliding karena sensasi lari kentjang tanpa ada suara mesin 😁😁 maklum, mesin NR suaranya kan fals dan pitchy. Kalau matik gak berani saya, takut jebol.
Yang no.1 betul, tapi hanya kondisi lengang atau jaga jarak. Kalau ada apa2 tangan dan kaki sdh siap2 masuk gigi 🙄
No.2 dan 3 itu kalaupun masuk gigi tapi yg dominan remnya, sama aja Om. Manual memang harus pintar2 mainkan gigi sih, karena disitu nyawanya. Gigi mana yg engine breaknya berimbang dgn kemampuan rem yg aman.
Resiko sering2 engine break, bukannya koplingnya yg kalah ya Om, 🙄 bisa habis duluan.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suspensi All New Rush

Post by Suryaputra »

XMTdeluxe wrote: 12 Jun 2022, 11:54
Suryaputra wrote: 12 Jun 2022, 06:31
XMTdeluxe wrote: 11 Jun 2022, 22:28

Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Punten mbah.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)

Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong

Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.

Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Hehe.. aman Om. Saya suka menikmati free gliding karena sensasi lari kentjang tanpa ada suara mesin 😁😁 maklum, mesin NR suaranya kan fals dan pitchy. Kalau matik gak berani saya, takut jebol.
Yang no.1 betul, tapi hanya kondisi lengang atau jaga jarak. Kalau ada apa2 tangan dan kaki sdh siap2 masuk gigi 🙄
No.2 dan 3 itu kalaupun masuk gigi tapi yg dominan remnya, sama aja Om. Manual memang harus pintar2 mainkan gigi sih, karena disitu nyawanya. Gigi mana yg engine breaknya berimbang dgn kemampuan rem yg aman.
Resiko sering2 engine break, bukannya koplingnya yg kalah ya Om, 🙄 bisa habis duluan.
Mobil mesin ber BBM gak dirancang untuk jalan tanpa suara.
Kecuali mobil listrik atau Hybrid car beneran :big_peace:

Engine brake klo ancang2 dr jauh buat manual mah aman.
Bukan engine brake ala balapan :upss:

Dan engine brake ini kan artinya gak harus gear 1 atau 2
Bisa disesuaikan dgn kecepatan dan gear ratio yg ada.

Klo turunan yg panjang kyk di cipularang misalnya,
Ya sesuaikan aja gearnya untuk nahan di speed yang sama.
Gak perlu sering2 pindah gigi
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post