Suspensi All New Rush
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: 20 Apr 2018, 07:26
- Location: Bali
- Daily Vehicle: Japstyle
Suspensi All New Rush
Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 489
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: Suspensi All New Rush
Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.Kowayan1117 wrote: ↑13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan
Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 607
- Joined: 23 Dec 2020, 03:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
- Contact:
Re: Suspensi All New Rush
Coba tanya2 grup rush di facebook om.Kowayan1117 wrote: ↑13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan
Sepengalaman saya shock aftermarket monroe oe biasanya kebalikan dari shock bawaanya, kalo shock bawaan empuk, aftermarket monroe nya keras begitupun sebaliknya. Tapi buat mastiin mungkin bisa tanya sama yang udah pake
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Suspensi All New Rush
Masa 36 empuk om? Haha.Chr1stm1 wrote: ↑13 Feb 2022, 20:28Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.Kowayan1117 wrote: ↑13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan
Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
Ban mobil ane sehari2 pake mobil apa aja maks 32 kecuali keluar kota mungkin 34-35.
- XMTdeluxe
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: 25 May 2018, 15:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Suspensi All New Rush
Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
ANR/ANT dibikin empuk, apa malah tdk limbung Om? Keras begitu saja banyak yang bilang limbung. Meskipun menurut ukuran saya nggak sih... Tapi bantingan kerasnya, memang saya akui. Terakhir, saya ganti ban Turanza T005 agak lumayan, lebih nyaman dan berkurang noise nya. Tetap saja, tdk bisa mengubah karakter aslinya.
ANR/ANT nyaman kalau orangnya 5-7 orang, baru berasa kelebihan mobil ini dibanding, ANE misalnya. Apalagi kalau lewat jalan yang keriting bolong2, lebih enak ANT.
ANR/ANT dibikin empuk, apa malah tdk limbung Om? Keras begitu saja banyak yang bilang limbung. Meskipun menurut ukuran saya nggak sih... Tapi bantingan kerasnya, memang saya akui. Terakhir, saya ganti ban Turanza T005 agak lumayan, lebih nyaman dan berkurang noise nya. Tetap saja, tdk bisa mengubah karakter aslinya.
ANR/ANT nyaman kalau orangnya 5-7 orang, baru berasa kelebihan mobil ini dibanding, ANE misalnya. Apalagi kalau lewat jalan yang keriting bolong2, lebih enak ANT.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 489
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: Suspensi All New Rush
sintoni wrote: ↑13 Feb 2022, 21:16Masa 36 empuk om? Haha.Chr1stm1 wrote: ↑13 Feb 2022, 20:28Kalo saya di ANR, tekanan angin ban saya kondisikan, karena keluarga cuma saya, istri dan 2 anak kecil.Kowayan1117 wrote: ↑13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan
Ban depan saya kasih 32 dab belakang 36 ( kondisi dingin ), lumayan empuk dan tetap stabil.
Ban mobil ane sehari2 pake mobil apa aja maks 32 kecuali keluar kota mungkin 34-35.
36psi pada ban belakang better om dibanding rekomendasi pabrikan di 38psi...kalo di kurangin lagi pasti gak enak di handlingnya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 489
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: Suspensi All New Rush
Solusi lebih hemat coba jajal ban Dunlop LM705 seperti rekan saya, lebih empuk dari ban eco2an spt dunlop enasave atau GT Radial SaveroXMTdeluxe wrote: ↑13 Feb 2022, 21:35 Saya kemarin solusinya ganti BPKB, baru deh empuk...
ANR/ANT dibikin empuk, apa malah tdk limbung Om? Keras begitu saja banyak yang bilang limbung. Meskipun menurut ukuran saya nggak sih... Tapi bantingan kerasnya, memang saya akui. Terakhir, saya ganti ban Turanza T005 agak lumayan, lebih nyaman dan berkurang noise nya. Tetap saja, tdk bisa mengubah karakter aslinya.
ANR/ANT nyaman kalau orangnya 5-7 orang, baru berasa kelebihan mobil ini dibanding, ANE misalnya. Apalagi kalau lewat jalan yang keriting bolong2, lebih enak ANT.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: 20 Aug 2013, 15:41
Re: Suspensi All New Rush
Cek toko online, semua bilang ganti pernya bukan shocknya.
Merk jamex hanya 1.5jt, 4 pcs. Mobil 1 cm lebih rendah tp bantingan jd nyaman.
Banyak yg hepi. Semoga membantu
Merk jamex hanya 1.5jt, 4 pcs. Mobil 1 cm lebih rendah tp bantingan jd nyaman.
Banyak yg hepi. Semoga membantu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2507
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Suspensi All New Rush
Jawaban paling joss
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Suspensi All New Rush
klo mau eksperimen coba pake per copotan mercy mercy an... kata nya bisa lebih enak. cm balik lagi trial and error.
tp klo gak mau ribet ya ganti BPKB sih
tp klo gak mau ribet ya ganti BPKB sih
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 748
- Joined: 18 Jan 2016, 21:54
Re: Suspensi All New Rush
ipah keluarga dlu (04vvti) per blkg gnti pke mercy pny, w123 apa w124 gitu lupa persisnya
emg jd enak, bantingannya jd pas gtu, plus g mentok walau isi 8pax+koper dll, cmn ya krn g dipotong jdnya sisi blkg nungging
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: 16 Oct 2016, 19:53
Re: Suspensi All New Rush
ANT saya bawaan pake R17 saya ganti velg R16 profil ban naik jd 65 , merk ban pake dunlop Sp sport LM 705 , tekanan pakai 32 enak kok , bawa istri & 3 bocil
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: 18 Nov 2012, 19:16
Re: Suspensi All New Rush
Saran paling simpel = ganti BPKB ke Veloz, Xpander, Ertiga
Kalau memang dirasa ga terlalu mentingin RWD untuk daily driving, go for geng FWD tsb. Yang jelas secara default para geng FWD tsb jauh lebih nyaman tanpa perlu mengubah apa-apa. ANR/ANT setingan sekarang saja sudah limbung apalagi kalau diempukin plus body cingkrang yang ga lebar tapi tinggi, serem.
Kalau memang dirasa ga terlalu mentingin RWD untuk daily driving, go for geng FWD tsb. Yang jelas secara default para geng FWD tsb jauh lebih nyaman tanpa perlu mengubah apa-apa. ANR/ANT setingan sekarang saja sudah limbung apalagi kalau diempukin plus body cingkrang yang ga lebar tapi tinggi, serem.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: 15 Nov 2010, 17:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Suspensi All New Rush
Aturan ambil tipe G krn velg 16 jadi ga terlalu keras.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: Suspensi All New Rush
solusi termurah menurut saya: karung pasir atau semen di baris ketiga mungkin kira2 3-4 sak 50 kg cukup. karena seperti umumnya produk daitoyo kelas umum itu setup suspensi untuk full load, kalau tidak mau disebut overload. jadi ketika muatan sedikit, bantingannya jadi ga jelas.Kowayan1117 wrote: ↑13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan
- NYoman
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: 29 Mar 2007, 10:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
- Contact:
Re: Suspensi All New Rush
Solusi ini kalau boleh jujur saya ndak rekomendasi sih, pengalaman taruh karung pasir di RusTer lama hanya menghilangkan sedikit masalah, tapi malah nambah masalah.. Selain rebound nya berubah, torsi dari sasis yg di tengah justru pindah ke belakang bikin mobil gampang sekali oleng kalau kita harus manuver.. Walau ada bracing tambahan di banding yg lama saya ndak yakin bakal mengubah karakter sasis nya karena masih satu basis..kunaskun wrote: ↑16 Feb 2022, 21:19solusi termurah menurut saya: karung pasir atau semen di baris ketiga mungkin kira2 3-4 sak 50 kg cukup. karena seperti umumnya produk daitoyo kelas umum itu setup suspensi untuk full load, kalau tidak mau disebut overload. jadi ketika muatan sedikit, bantingannya jadi ga jelas.Kowayan1117 wrote: ↑13 Feb 2022, 14:44 Hallo kawan. Singkat cerita, tahun lalu saya baru meminang All New Rush type trd. Walaupun dari awal sudah mengetahui bahwa suspensi anr ini keras karena dia LSUV, tapi mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa memberikan solusi, kira-kira perlu ganti PER atau shock merk apa supaya suspensinya bisa lebih nyaman ini mobil biasanya diisi 2 orang dewasa dan 1 bocil. Terima kasih atas masukannya kawan
Kalau di RusTer lama, saya ganti shock milik TRD dan per milik Eibach.. Konsekuensi nya turun 2 jari yg bikin mentok kalau penuh banget, cuma karena gak pernah penuh (maksimal 4 orang dewasa plus barang) jadi reasonable..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 489
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: Suspensi All New Rush
Kalo saya sekarang malah tekanan angin belakang jadi 36, depan 33 dgn catatan jarang full penumpang ( seringnya 5 penumpang saja )
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1294
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Suspensi All New Rush
Rush / Terios mobil mini SUV dgn ground clearance tinggi, ditambah bobot mobil + 6 seat jadi settingan shockbreaker wajib keras agar stabil.
Berhubung shockbreaker keras jadi gak nyaman, limbung. Solusi terbaik yaa ganti BPKB
Berhubung shockbreaker keras jadi gak nyaman, limbung. Solusi terbaik yaa ganti BPKB
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: 27 Jun 2015, 20:55
Re: Suspensi All New Rush
skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
- geofreyap
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: 01 Oct 2015, 08:05
Re: Suspensi All New Rush
IMHO,
- Velg ganti 15, ban pakai 205/75 (sudah dihitung, masih masuk toleransi, overall diameter tdk terlalu jauh dari setup std)
- Shock coba aftermarket, monroe misalnya.
Coba dulu setup begitu, harusnya joss.
- Velg ganti 15, ban pakai 205/75 (sudah dihitung, masih masuk toleransi, overall diameter tdk terlalu jauh dari setup std)
- Shock coba aftermarket, monroe misalnya.
Coba dulu setup begitu, harusnya joss.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
- XMTdeluxe
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: 25 May 2018, 15:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Suspensi All New Rush
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:kentbertlee wrote: ↑11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: 27 Jun 2015, 20:55
Re: Suspensi All New Rush
Wah lengkap banget jawabannya.. thanks infonya ya berarti sedang2 saja lah ya rush ini ngak boros2 banget ngak hemat2 banget ya.. di tengah2 saja... semoga berguna juga buat yang lain ya.... thank you ya banggXMTdeluxe wrote: ↑11 Jun 2022, 22:28Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:kentbertlee wrote: ↑11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Suspensi All New Rush
Punten mbah.XMTdeluxe wrote: ↑11 Jun 2022, 22:28Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:kentbertlee wrote: ↑11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)
Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong
Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.
Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- XMTdeluxe
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: 25 May 2018, 15:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Suspensi All New Rush
Hehe.. aman Om. Saya suka menikmati free gliding karena sensasi lari kentjang tanpa ada suara mesin maklum, mesin NR suaranya kan fals dan pitchy. Kalau matik gak berani saya, takut jebol.Suryaputra wrote: ↑12 Jun 2022, 06:31Punten mbah.XMTdeluxe wrote: ↑11 Jun 2022, 22:28Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:kentbertlee wrote: ↑11 Jun 2022, 20:02 skalian nimbrung nanya dunk. ANR (AT) bensinnya boros ga si? kira2 brapa banding brp y konsumsi bbmny?
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)
Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong
Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.
Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Yang no.1 betul, tapi hanya kondisi lengang atau jaga jarak. Kalau ada apa2 tangan dan kaki sdh siap2 masuk gigi
No.2 dan 3 itu kalaupun masuk gigi tapi yg dominan remnya, sama aja Om. Manual memang harus pintar2 mainkan gigi sih, karena disitu nyawanya. Gigi mana yg engine breaknya berimbang dgn kemampuan rem yg aman.
Resiko sering2 engine break, bukannya koplingnya yg kalah ya Om, bisa habis duluan.
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Suspensi All New Rush
Mobil mesin ber BBM gak dirancang untuk jalan tanpa suara.XMTdeluxe wrote: ↑12 Jun 2022, 11:54Hehe.. aman Om. Saya suka menikmati free gliding karena sensasi lari kentjang tanpa ada suara mesin maklum, mesin NR suaranya kan fals dan pitchy. Kalau matik gak berani saya, takut jebol.Suryaputra wrote: ↑12 Jun 2022, 06:31Punten mbah.XMTdeluxe wrote: ↑11 Jun 2022, 22:28
Untuk perbandingan aja ya Om, tapi aslinya bisa kurleb. Ini tiga2nya saya yg bawa:
1. Bdg-Jkt:
- ANT MT : 20,x kmpl
- ANR TRDS AT : 17,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 18,x kmpl
2. Jkt-Bdg:
- ANT MT : 15,x kmpl
- ANR TRDS AT : 14,x kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 12,x kmpl
3. Dalkot Jkt, avg speed 20 kmph:
- ANT MT : 12-12,5 kmpl
- ANR TRDS : 11-12 kmpl
- Reborn 2.0 V AT : 8,5-9,0 kmpl
Kalau dari Bdg, manual saya sering free gliding, dinetralin. Jadi ngirit banget. Kalau Reborn bisa lebih irit dari ANRushter sptnya krn berat, jadi kalau jalan turun bisa lebih cepet dan dibantu 6AT nya. Tapi pas nanjak balik ya kedodoran.
Itu angka MID, full to full biasanya beda 0,5-0,6 kmpl lebih rendah utk ketiga2nya.
ANR selalu pertamax (maklum mobil kantor), yg lainnya pertalite.
Hindarin Netralin gear klo lagi turunan, sangat sangat sangat bahaya.
Gunakan engine brake atau klo mobilnya matic, pakai tiptronic atau overdrive off (klo matic konven)
Kenapa?
1. Rem bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari engine brake
2. Rem cakram akan panas
3. Resiko Bisa bikin minyak rem mendidih dan bikin rem blong
Hematnya gak seberapa dibanding resiko nyawa dan buat sekitar nya... apalagi mobil injeksi jaman now udah pinter koq, ketika engne brake juga tetap irit.
Apalagi mbl kantor, gaktau jadwal maintenance ganti minyak remnya gmn.
Minyak rem itu sangat mudah menyerap lembab/ air, harus rutin ganti 1thn sekali better.
Karena klo dah teroksidasi karena lembab, titik didih turun, resiko minyak rem mendidih lbh cepat dan bisa bikin blong.
Yang no.1 betul, tapi hanya kondisi lengang atau jaga jarak. Kalau ada apa2 tangan dan kaki sdh siap2 masuk gigi
No.2 dan 3 itu kalaupun masuk gigi tapi yg dominan remnya, sama aja Om. Manual memang harus pintar2 mainkan gigi sih, karena disitu nyawanya. Gigi mana yg engine breaknya berimbang dgn kemampuan rem yg aman.
Resiko sering2 engine break, bukannya koplingnya yg kalah ya Om, bisa habis duluan.
Kecuali mobil listrik atau Hybrid car beneran
Engine brake klo ancang2 dr jauh buat manual mah aman.
Bukan engine brake ala balapan
Dan engine brake ini kan artinya gak harus gear 1 atau 2
Bisa disesuaikan dgn kecepatan dan gear ratio yg ada.
Klo turunan yg panjang kyk di cipularang misalnya,
Ya sesuaikan aja gearnya untuk nahan di speed yang sama.
Gak perlu sering2 pindah gigi
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 1 Replies
- 206 Views
-
Last post by bsetiawan
-
- 23 Replies
- 1091 Views
-
Last post by banyakbantal
-
- 40 Replies
- 3451 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 294 Replies
- 28749 Views
-
Last post by vankryie
-
- 69 Replies
- 6163 Views
-
Last post by bzt4
-
- 167 Replies
- 11125 Views
-
Last post by Hafidh0607
-
- 15 Replies
- 2491 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 28 Replies
- 4466 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 43 Replies
- 7095 Views
-
Last post by KSG88
-
- 23 Replies
- 2454 Views
-
Last post by darrelund