discbrake aftermarket bisa pake brembo om, kalo mau yg lebih murah ada juga merek birkens...mnugra wrote: ↑21 Feb 2022, 09:00Salam juga omm, wah fd manual pasti asik bgt ituu, thanks juga om sarannya, untung saya belom ganti disc ke beres, btw untuk discbrake aftermarket ada saran kah merk apa?levofloxacine wrote:salam sesama pemakai FD1 om, saya jg masih pake FD1 2011 manual sampe saat ini, walaupun secara umur harusnya diremajakan, tetapi rasanya sayang sekali mau dijual, karena in mobil jg mobil impian saya dari jaman kuliah..
untuk disc brake orinya memang gampang gelombang, lebih baik diganti dengan disc brake aftermarket, jauh lebih awet dan harga justru lebih murah, tetapi ya mau ori mau kaga memang rem standar FD ini rada dodol kalo menurut saya..
Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana
- levofloxacine
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: 25 Jan 2017, 08:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
- levofloxacine
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: 25 Jan 2017, 08:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
iya om, saya dari awal memang cari yg manual karena tujuannya memang nyari driving experiencenya, tapi memang harus diakui tenaga yang dihasilkan R18A tidak istimewa meskipun dikombinasikan dengan transmisi manual, untuk low rpm nya terasa agak "kopong", sweet spotnya di middle rpm. Kalo manualnya dikawinin sama K20 pasti sedap rasanya, sayang tidak ada varian mesin 2.0 yang bertransmisi manual kecuali FD2R, entah mitos yang beredar kalo ada beberapa FD 2.0 manual yang dimasukkan ke Indonesia itu benar atau tidak.....Pboyz97 wrote: ↑21 Feb 2022, 09:38betul oom, fd manual juga enak, yg maticnya aja udh fun to drive apalagi manual hehehe, blm lg populasinya juga agak jarang karena fd1 yg laku varian maticnya hehehe. dulu pas 2016 lalu sempet naksir berat sm fd1 punya tetangga, manual tahun 2009, warna hitam, kondisi bagus pake bgt alias mind cond, masih tangan pertama dari baru, km juga masih under 55rb service record beres honda, dan full ori luar dalam sampe2 HU nya juga masih pake bawaannya, yg punya pasutri pensiunan yg udh berumur diatas 60 tahun dan tiap hari disopirin, mobilnya cuma dipake jarak deket dan buat kepasar aja hehehe, sayang udh keburu dibayarin orang duluanmnugra wrote: ↑21 Feb 2022, 09:00Salam juga omm, wah fd manual pasti asik bgt ituu, thanks juga om sarannya, untung saya belom ganti disc ke beres, btw untuk discbrake aftermarket ada saran kah merk apa?levofloxacine wrote:salam sesama pemakai FD1 om, saya jg masih pake FD1 2011 manual sampe saat ini, walaupun secara umur harusnya diremajakan, tetapi rasanya sayang sekali mau dijual, karena in mobil jg mobil impian saya dari jaman kuliah..
untuk disc brake orinya memang gampang gelombang, lebih baik diganti dengan disc brake aftermarket, jauh lebih awet dan harga justru lebih murah, tetapi ya mau ori mau kaga memang rem standar FD ini rada dodol kalo menurut saya..![]()
- Duvebriliant0
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 698
- Joined: 07 Feb 2016, 16:03
- Daily Vehicle: 2L 4 Banger
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
wah fd1 ni ternyata ga rewel yah? altis sy sempet ditawari fd2 taun 2007 tp sy tolak karena ketuaan
btw nice review oom

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
ZRE143R
TGN140R
ZRE143R
TGN140R
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 04 Jul 2015, 14:43
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Belum tau om rewel atau ngga karena baru pakai 5 bulan hahaha, dari baca baca yang saya dapet mobil ini rewelnya di kaki kaki sama engine mounting doang sih. Feeling saya kalau sama toyota pasti lebih reliable toyota sih, cuma rewel atau ngga nya mobil tergantung maintenance juga sih om, terutama kalau mobil bekas gimana previous owner ngerawat mobil itu pasti bakal pengaruh kedepannya. Anyway fd2 itu menarik bgt loh om, rare pula, sayang ditolakDuvebriliant0 wrote: ↑21 Feb 2022, 12:23 wah fd1 ni ternyata ga rewel yah? altis sy sempet ditawari fd2 taun 2007 tp sy tolak karena ketuaanbtw nice review oom

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: 14 Jun 2020, 13:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
ini salah satu mobil yg ga ada jeleknya di mata saya
mau FD1 atau FD2
mau yg feslif atau non feslif
semuanya cakep...
hahahahahah
selamat om buat FD1 mint-nya...
mau FD1 atau FD2
mau yg feslif atau non feslif
semuanya cakep...
hahahahahah
selamat om buat FD1 mint-nya...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 04 Jul 2015, 14:43
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Setuju banget om, tapi jujur sih saya lebih demen yang facelift soalnya agresif wkwkw, kalau velg entah kenapa demenan yang pre fl justru, gatau kenapa kurang srek velg warna gelap. Anyway thanks om udah mampirPoporing wrote:ini salah satu mobil yg ga ada jeleknya di mata saya
mau FD1 atau FD2
mau yg feslif atau non feslif
semuanya cakep...
hahahahahah
selamat om buat FD1 mint-nya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3682
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
betul oom, honda memang tarikannya entah knp lebih kenceng manualnya dibanding matic di jaman itu, hehehe, pengalaman piara ge8 rs at selama 8 tahun yg manualnya lebih kenceng tarikan bawahnya dibanding punya saya yg matic hehehe, kalo 2.0 manual sih kurang tau, harusnya ya ada, tapi soal populasinya saya kurang tau (apalagi yg memang asli bawaan lahir bukan convertan dari 1.8 atau 2.0 matic) , karena ya barang2 rare di indo harusnya ada aja yg punya, apalagi IU di Indo cukup sering masukkin barang2 spek LN ke indo hehehelevofloxacine wrote: ↑21 Feb 2022, 09:46
iya om, saya dari awal memang cari yg manual karena tujuannya memang nyari driving experiencenya, tapi memang harus diakui tenaga yang dihasilkan R18A tidak istimewa meskipun dikombinasikan dengan transmisi manual, untuk low rpm nya terasa agak "kopong", sweet spotnya di middle rpm. Kalo manualnya dikawinin sama K20 pasti sedap rasanya, sayang tidak ada varian mesin 2.0 yang bertransmisi manual kecuali FD2R, entah mitos yang beredar kalo ada beberapa FD 2.0 manual yang dimasukkan ke Indonesia itu benar atau tidak.....
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: 04 Dec 2017, 08:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HondaJazzGD
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Pernah pake FD1 2010 selama 4 tahun, kebetulan yg sy dulu disc brake getar tiap direm kecepatan tinggi...awalnya sih diminta bubut diratain sama bengkel resmi tapi paling tahan jg 20rb km kambuh lg. akhirnya ganti aftermarket brembo...sehat walafiat tuh rem sampe mobil dijual di 118rb km.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 11860
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
sebenernya kalau gak ngincer driving experience dan cuma cari durable robust sedan buat ngantor dan anter jemput doank malah sekenannya suksesornya (FB) lebih menarik. rv nya lebih ancur.
matic nya lebih responsif dan lebih irit. ada improvement di clutch disc nya lebih compact jd lebih cepet buat mekanisme lock-release. secara ukuran mobil "normal" FB lebih enak dan nyaman, juga lebih kuat partnya dulu pakai mobil thn 2012 beli di 2016-2018 jual lagi, gak ada perbaikan serius. skrg mobilnya udah dijual lagi wkwkwkwkwkw.
tapi secara experience memang FD jauh di atas FB sih. dan sayangnya FD bermesin R18A ini emang VTECnya cukup beda dia malah engage nya buat eco-cam di rpm rendah makanya putaran atas flat. termasuk platform mesin paling baru honda dan memang didesain buat eco, 1.8 liter bisa irit kaya 1.5 liter tujuannya dan memang iya dulu di FB dalem kota 1:9-10, luar kota bisa 1:12-13. cuma memang bkn favorit buat tuning, tuner lebih suka mainan L15A / L15Z1 / L15ZF krn lebih dapet gain nya. R18 buat dituning cuma gain dikit dan partnya ngga sebanyak L atau K.
tp yah kyknya honda ngga ngembangin lebih lanjut soalnya nanggung skrg fokus di L series dan K series earthdreams.
matic nya lebih responsif dan lebih irit. ada improvement di clutch disc nya lebih compact jd lebih cepet buat mekanisme lock-release. secara ukuran mobil "normal" FB lebih enak dan nyaman, juga lebih kuat partnya dulu pakai mobil thn 2012 beli di 2016-2018 jual lagi, gak ada perbaikan serius. skrg mobilnya udah dijual lagi wkwkwkwkwkw.
tapi secara experience memang FD jauh di atas FB sih. dan sayangnya FD bermesin R18A ini emang VTECnya cukup beda dia malah engage nya buat eco-cam di rpm rendah makanya putaran atas flat. termasuk platform mesin paling baru honda dan memang didesain buat eco, 1.8 liter bisa irit kaya 1.5 liter tujuannya dan memang iya dulu di FB dalem kota 1:9-10, luar kota bisa 1:12-13. cuma memang bkn favorit buat tuning, tuner lebih suka mainan L15A / L15Z1 / L15ZF krn lebih dapet gain nya. R18 buat dituning cuma gain dikit dan partnya ngga sebanyak L atau K.
tp yah kyknya honda ngga ngembangin lebih lanjut soalnya nanggung skrg fokus di L series dan K series earthdreams.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 824
- Joined: 24 Aug 2015, 12:06
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
ChZ wrote: ↑22 Feb 2022, 10:43 sebenernya kalau gak ngincer driving experience dan cuma cari durable robust sedan buat ngantor dan anter jemput doank malah sekenannya suksesornya (FB) lebih menarik. rv nya lebih ancur.
matic nya lebih responsif dan lebih irit. ada improvement di clutch disc nya lebih compact jd lebih cepet buat mekanisme lock-release. secara ukuran mobil "normal" FB lebih enak dan nyaman, juga lebih kuat partnya dulu pakai mobil thn 2012 beli di 2016-2018 jual lagi, gak ada perbaikan serius. skrg mobilnya udah dijual lagi wkwkwkwkwkw.
tapi secara experience memang FD jauh di atas FB sih. dan sayangnya FD bermesin R18A ini emang VTECnya cukup beda dia malah engage nya buat eco-cam di rpm rendah makanya putaran atas flat. termasuk platform mesin paling baru honda dan memang didesain buat eco, 1.8 liter bisa irit kaya 1.5 liter tujuannya dan memang iya dulu di FB dalem kota 1:9-10, luar kota bisa 1:12-13. cuma memang bkn favorit buat tuning, tuner lebih suka mainan L15A / L15Z1 / L15ZF krn lebih dapet gain nya. R18 buat dituning cuma gain dikit dan partnya ngga sebanyak L atau K.
tp yah kyknya honda ngga ngembangin lebih lanjut soalnya nanggung skrg fokus di L series dan K series earthdreams.
Tp FB model nya bland bgt om

Sama sekali ngga napsuin kwkwkw, maap yee yg punya FB

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 04 Jul 2015, 14:43
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Thanks om udah mampir, iyaa betul pernah coba FB punya temen emang buat wara wiri dalkot enak, stir lebih enteng juga karena eps, diluar isu isu yang bilang pada downgrade kualitas dll sebenernya saya rasa gen civic fb sama crv rm itu reliable banget sih wkwkwkChZ wrote:sebenernya kalau gak ngincer driving experience dan cuma cari durable robust sedan buat ngantor dan anter jemput doank malah sekenannya suksesornya (FB) lebih menarik. rv nya lebih ancur.
matic nya lebih responsif dan lebih irit. ada improvement di clutch disc nya lebih compact jd lebih cepet buat mekanisme lock-release. secara ukuran mobil "normal" FB lebih enak dan nyaman, juga lebih kuat partnya dulu pakai mobil thn 2012 beli di 2016-2018 jual lagi, gak ada perbaikan serius. skrg mobilnya udah dijual lagi wkwkwkwkwkw.
tapi secara experience memang FD jauh di atas FB sih. dan sayangnya FD bermesin R18A ini emang VTECnya cukup beda dia malah engage nya buat eco-cam di rpm rendah makanya putaran atas flat. termasuk platform mesin paling baru honda dan memang didesain buat eco, 1.8 liter bisa irit kaya 1.5 liter tujuannya dan memang iya dulu di FB dalem kota 1:9-10, luar kota bisa 1:12-13. cuma memang bkn favorit buat tuning, tuner lebih suka mainan L15A / L15Z1 / L15ZF krn lebih dapet gain nya. R18 buat dituning cuma gain dikit dan partnya ngga sebanyak L atau K.
tp yah kyknya honda ngga ngembangin lebih lanjut soalnya nanggung skrg fokus di L series dan K series earthdreams.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 04 Jul 2015, 14:43
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Hahaha kalau model selera sih om, saya juga jujur kurang demen styling nya FB pre fl, cuma karena FB bukan direct succesor FD juga sih makanya bentuknya rada beda style nya. FB yang paling saya suka bentuknya cuma FB facelift 2.0kenop wrote:ChZ wrote: ↑22 Feb 2022, 10:43 sebenernya kalau gak ngincer driving experience dan cuma cari durable robust sedan buat ngantor dan anter jemput doank malah sekenannya suksesornya (FB) lebih menarik. rv nya lebih ancur.
matic nya lebih responsif dan lebih irit. ada improvement di clutch disc nya lebih compact jd lebih cepet buat mekanisme lock-release. secara ukuran mobil "normal" FB lebih enak dan nyaman, juga lebih kuat partnya dulu pakai mobil thn 2012 beli di 2016-2018 jual lagi, gak ada perbaikan serius. skrg mobilnya udah dijual lagi wkwkwkwkwkw.
tapi secara experience memang FD jauh di atas FB sih. dan sayangnya FD bermesin R18A ini emang VTECnya cukup beda dia malah engage nya buat eco-cam di rpm rendah makanya putaran atas flat. termasuk platform mesin paling baru honda dan memang didesain buat eco, 1.8 liter bisa irit kaya 1.5 liter tujuannya dan memang iya dulu di FB dalem kota 1:9-10, luar kota bisa 1:12-13. cuma memang bkn favorit buat tuning, tuner lebih suka mainan L15A / L15Z1 / L15ZF krn lebih dapet gain nya. R18 buat dituning cuma gain dikit dan partnya ngga sebanyak L atau K.
tp yah kyknya honda ngga ngembangin lebih lanjut soalnya nanggung skrg fokus di L series dan K series earthdreams.
Tp FB model nya bland bgt om![]()
Sama sekali ngga napsuin kwkwkw, maap yee yg punya FB
- Duvebriliant0
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 698
- Joined: 07 Feb 2016, 16:03
- Daily Vehicle: 2L 4 Banger
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
haha udah keburu parno sy soalnya altis aja udh lumayan rewel kaki kakinya itu taun 2012mnugra wrote: ↑21 Feb 2022, 12:28Belum tau om rewel atau ngga karena baru pakai 5 bulan hahaha, dari baca baca yang saya dapet mobil ini rewelnya di kaki kaki sama engine mounting doang sih. Feeling saya kalau sama toyota pasti lebih reliable toyota sih, cuma rewel atau ngga nya mobil tergantung maintenance juga sih om, terutama kalau mobil bekas gimana previous owner ngerawat mobil itu pasti bakal pengaruh kedepannya. Anyway fd2 itu menarik bgt loh om, rare pula, sayang ditolakDuvebriliant0 wrote: ↑21 Feb 2022, 12:23 wah fd1 ni ternyata ga rewel yah? altis sy sempet ditawari fd2 taun 2007 tp sy tolak karena ketuaanbtw nice review oom
![]()
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
ZRE143R
TGN140R
ZRE143R
TGN140R
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4901
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
R series kan emang buat eko2an, padahal ga irit2 jg.
Karena itu sering ditaro di trim bawah jaman dulu, kayak FD atau RE.
Karena itu sering ditaro di trim bawah jaman dulu, kayak FD atau RE.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: 19 Dec 2016, 15:39
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Nah setuju sih ini om chris,ChZ wrote: ↑22 Feb 2022, 10:43 sebenernya kalau gak ngincer driving experience dan cuma cari durable robust sedan buat ngantor dan anter jemput doank malah sekenannya suksesornya (FB) lebih menarik. rv nya lebih ancur.
matic nya lebih responsif dan lebih irit. ada improvement di clutch disc nya lebih compact jd lebih cepet buat mekanisme lock-release. secara ukuran mobil "normal" FB lebih enak dan nyaman, juga lebih kuat partnya dulu pakai mobil thn 2012 beli di 2016-2018 jual lagi, gak ada perbaikan serius. skrg mobilnya udah dijual lagi wkwkwkwkwkw.
tapi secara experience memang FD jauh di atas FB sih. dan sayangnya FD bermesin R18A ini emang VTECnya cukup beda dia malah engage nya buat eco-cam di rpm rendah makanya putaran atas flat. termasuk platform mesin paling baru honda dan memang didesain buat eco, 1.8 liter bisa irit kaya 1.5 liter tujuannya dan memang iya dulu di FB dalem kota 1:9-10, luar kota bisa 1:12-13. cuma memang bkn favorit buat tuning, tuner lebih suka mainan L15A / L15Z1 / L15ZF krn lebih dapet gain nya. R18 buat dituning cuma gain dikit dan partnya ngga sebanyak L atau K.
tp yah kyknya honda ngga ngembangin lebih lanjut soalnya nanggung skrg fokus di L series dan K series earthdreams.
Terkadang agak overrated juga mengenai generasi RE vs underrated RM, begitupun FD vs FB
Memang bener secara kasat mata, desain (padahal subjektif) banyak yg prefer RE atau FD, atau kualitas plastik interior RE vs RM (preFL) yanv banyak mengundang nyinyiran di generasi penerusnya
Belom lagi banyak yg menilai secara powertrain/drivetrain gak beda jauh (sama2 mesin R/K dan sama2 5AT)
Tapi diluar itu semua, yg saya rasakan malah honda sukses menyempurnakan di RM dan FB
RE sama FD cukup banyak sebenernya problemnya, misal EPS, EM, bearimg di RE 2.0, lalu seal2 PS dan EM, Bearing di RE 2.4, begitu juga EM, DB di FD yg gampang rusak (termasuk karet2)
Semua sudah jauh lebih baik durabilitynya di generasi RM sama FB
Di sisi lain, matic 5ATnya udah ada ubahan di RM dan FB, lebih responsif (barengan diluncurkan ATF DW1), output mesin R20Z/R20A di RM/FB dan FB naik 5ps, output K24Z6 di RM naik 24ps
Suspensi lebih nyaman sedikit di RM, meskipun banyak yg bilang lebih agile sama direct si RE, tapi buat kecepatan tinggi RM lebih stabil lho
Mesin R memang mesin nanggung sih, ngejar efisiensi (ngejar keiritan Lseries tapi output gak kalah sama Kseriws versi paling loyo) hanya saja dimasukin di body yg lebih berat dari yg biasa dibopong Lseries
Banyak yg mengira Rseries gak dikembangin lagi, tapi sebenernya malah skrg dikembangin dan ditandemkan di varian hybrid/HEV kok (LFA/LFB ivtec+iMMD)
imho awal2 ngelihat FB saya ngeliatnya biasa aja, cakep betmen FD
Tapi lama2 diliatin, bahkan di dibandingkan FC, ini FB punya daya tarik sendiri, kentara banget sedan khas japs nya + kalem yg tidak terlalu ramai
Tapi ini subjektif sih hehe
Present
R20A 5AT 08
R18Z CVT 17
L12B CVT 17
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08
R18Z CVT 17
L12B CVT 17
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 11860
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
iya om klo secara mekanikalnya malah kuat banget mobilnya wkwkwk engine mounting dan kaki kakinya lebih gak rusakan.
honda zaman itu memang waktu ngembangin civic dan CRV gen 4 (1 platform) lagi kesulitan keuangan recovery pasca crisis 2009, makanya downgrade abis abisan di sisi luxury dan bahan tapi ngga di powertrain wkwkwk tipikal honda banget. kyknya tetep gimana gimana honda civic dan CRV kan udah kayak toyota avanza nya orang amerika jd yang penting jalan + robust dulu buat daily transport driving exp comes second. dan di USA marketnya orang beli honda civic pasti liat lawannya toyota corolla bukan sedan sport tp mobil ekonomis.ariswp wrote: ↑23 Feb 2022, 11:55
Nah setuju sih ini om chris,
Terkadang agak overrated juga mengenai generasi RE vs underrated RM, begitupun FD vs FB
Memang bener secara kasat mata, desain (padahal subjektif) banyak yg prefer RE atau FD, atau kualitas plastik interior RE vs RM (preFL) yanv banyak mengundang nyinyiran di generasi penerusnya
Belom lagi banyak yg menilai secara powertrain/drivetrain gak beda jauh (sama2 mesin R/K dan sama2 5AT)
Tapi diluar itu semua, yg saya rasakan malah honda sukses menyempurnakan di RM dan FB
RE sama FD cukup banyak sebenernya problemnya, misal EPS, EM, bearimg di RE 2.0, lalu seal2 PS dan EM, Bearing di RE 2.4, begitu juga EM, DB di FD yg gampang rusak (termasuk karet2)
Semua sudah jauh lebih baik durabilitynya di generasi RM sama FB
Di sisi lain, matic 5ATnya udah ada ubahan di RM dan FB, lebih responsif (barengan diluncurkan ATF DW1), output mesin R20Z/R20A di RM/FB dan FB naik 5ps, output K24Z6 di RM naik 24ps
Suspensi lebih nyaman sedikit di RM, meskipun banyak yg bilang lebih agile sama direct si RE, tapi buat kecepatan tinggi RM lebih stabil lho
Mesin R memang mesin nanggung sih, ngejar efisiensi (ngejar keiritan Lseries tapi output gak kalah sama Kseriws versi paling loyo) hanya saja dimasukin di body yg lebih berat dari yg biasa dibopong Lseries
Banyak yg mengira Rseries gak dikembangin lagi, tapi sebenernya malah skrg dikembangin dan ditandemkan di varian hybrid/HEV kok (LFA/LFB ivtec+iMMD)
imho awal2 ngelihat FB saya ngeliatnya biasa aja, cakep betmen FD
Tapi lama2 diliatin, bahkan di dibandingkan FC, ini FB punya daya tarik sendiri, kentara banget sedan khas japs nya + kalem yg tidak terlalu ramai
Tapi ini subjektif sih hehe
makanya saya klo liat civic FB tuh sebenernya honda lagi bikin mobil yang formula nya toyota corolla banget. sedan buat kantoran yang durable dan hemat bbm. wkwkwkwkkw. emang modelnya kesannya formal banget sih nggak banyak striking lines kayak FK/FC atau main rounded angle macem FD.
itu mobil secara "mobil" ya lebih refine dari FD, tapi secara "honda", lbh kerasa "honda" di FD.
ah iya baru inget, LFA engine 2 liter itu malah based on R series. tetep konsisten klo basis nya R series buat mesin ekonomis. L buat budget performance dan K serious performance. wkwkwkwkkw.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: 27 Jan 2017, 12:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Brio RS CVT
- Contact:
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Aduuhhh mulus banget euy mobilnyaa cakep tua2 keladi 
congrats mobil barunya omm
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: 06 Jul 2017, 11:01
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: None
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Jadi penasaran, apakah transmisi FD2 matic (K20Z) bisa diganti pake transmisinya FD1 (R18). Atau pake transmisinya Civic Type R (FD2R). Kira-kira bakal habis biaya berapa ya?levofloxacine wrote: ↑21 Feb 2022, 09:46iya om, saya dari awal memang cari yg manual karena tujuannya memang nyari driving experiencenya, tapi memang harus diakui tenaga yang dihasilkan R18A tidak istimewa meskipun dikombinasikan dengan transmisi manual, untuk low rpm nya terasa agak "kopong", sweet spotnya di middle rpm. Kalo manualnya dikawinin sama K20 pasti sedap rasanya, sayang tidak ada varian mesin 2.0 yang bertransmisi manual kecuali FD2R, entah mitos yang beredar kalo ada beberapa FD 2.0 manual yang dimasukkan ke Indonesia itu benar atau tidak.....Pboyz97 wrote: ↑21 Feb 2022, 09:38betul oom, fd manual juga enak, yg maticnya aja udh fun to drive apalagi manual hehehe, blm lg populasinya juga agak jarang karena fd1 yg laku varian maticnya hehehe. dulu pas 2016 lalu sempet naksir berat sm fd1 punya tetangga, manual tahun 2009, warna hitam, kondisi bagus pake bgt alias mind cond, masih tangan pertama dari baru, km juga masih under 55rb service record beres honda, dan full ori luar dalam sampe2 HU nya juga masih pake bawaannya, yg punya pasutri pensiunan yg udh berumur diatas 60 tahun dan tiap hari disopirin, mobilnya cuma dipake jarak deket dan buat kepasar aja hehehe, sayang udh keburu dibayarin orang duluan![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: 06 Mar 2016, 02:00
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Keren reviewnya om, dlu waktu SMA juga kepengen bgt civic FD tp cm mampu ambil ge8 second hehe. Btw service AC dibengkel mana om? Oh iya klo spooring balancing di rajawali kena brp ya om? dari dulu pengen coba spooring disana ga kesampean mulu dtg kesiangan udh rame bener males nunggunya hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1581
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Swap manual punya FD yg 1.8L bisa harusnya . Yg jarang manual punya FD2R .
Biaya mungkin 15 jutaan ya .. tapi cari bengkel yg kompeten itu yg susah wkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

- Aripndut
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: 16 Mar 2010, 17:05
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Reviu perbandingan e46 dan fd dong om...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: 22 Mar 2021, 12:30
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Angkot 05 A
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Keren om reviewnya. Lengkap dan enak dibaca. Kalo boleh tau HU Nakamichi-nya yang model apa ya om dan fiturnya apa saja? Saya lagi cari HU untuk ganti HU standar yg udah rusak di Vios 2010 saya. Terima kasih
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 04 Jul 2015, 14:43
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 04 Jul 2015, 14:43
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
Spooring di Rajawali Karang Tengah, kalau gasalah kena di 200an lupa pastinya, seinget saya tapi di hari tertentu dia suka ada promo jadi 150rb doang. Kalau AC saya di Cahaya AC Mobil di pasar segar cinere, mekanik sama ownernya ramah. Pernah juga flushing ac buat e46 disitu, kerjanya cepet & enak flushingnya pakai mesin jadi gapake bongkar bongkardevin96 wrote: ↑26 Feb 2022, 04:09 Keren reviewnya om, dlu waktu SMA juga kepengen bgt civic FD tp cm mampu ambil ge8 second hehe. Btw service AC dibengkel mana om? Oh iya klo spooring balancing di rajawali kena brp ya om? dari dulu pengen coba spooring disana ga kesampean mulu dtg kesiangan udh rame bener males nunggunya hehehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 04 Jul 2015, 14:43
Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006
HU Nakamichi nya kalau gasalah modelnya yang NA3101i, fiturnya standar banget HU double din sih bisa bluetooth usb radio, gaada slot CD, cuma ketambahan bisa screen mirroring via usb, bisa buat Android sama iPhone. Cuma minusnya user interfacenya keliatan murah banget wkwkw, wajar sih emang murah, di tokped gasampe sejuta