[Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by trebla88 »

:big_weee: Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Raynard22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 22, 2016 7:57

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Raynard22 »

Sebelum XPander CVT pernah pakai Mirage CVT, pakai mirage ga pernah gagal nanjak, mau di parkiran mall, gunung (paling tinggi pernah di gunung lawu, cemoro sewu sarangan), gas pol iya, tapi ga pernah sampai berhenti. Kalo CVT Lio memang joss, enteng aja nanjak2 mendadak tanpa awalan di jalur alternatif puncak. Kasus veloz ini kemungkinan memang traction controlnya nahan.
Last edited by Raynard22 on Tue Feb 22, 2022 6:49, edited 1 time in total.
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by fajarrian »

osbertc0ol wrote: Tue Feb 22, 2022 2:54 mobilio / brio / brv / crv aman2 aja tuh wkwkwk
gw nanjak pake cvt hando jg kayae santai2 aja. tinggal masukin M1 gas jalan deh.
sandal wrote: Tue Feb 22, 2022 0:47 Btw channel youtubenya gridoto dihack
aman barusan saya cek.
Cvt honda emang terbaik ga ada lawan di antara brand jepang lainnya

No debat
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Tue Feb 22, 2022 4:03
Omnibus wrote: Mon Feb 21, 2022 4:13 namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.

yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.

menurut sy, simply unacceptable.
klo mbah omnibus sudah bold statement seperti ini dunia sedang tidak baik baik saja... :mky_03:

maren baru aja liat downfall (documentary tentang 737MAX yg bermasalah) jangan2 neh ADM/TAM macem si buing waktu pasang MCAS di 737... asal kasih slope sensor biar canggih malah ternyata backfire bikin mobilnya gak bisa nanjak.
AHHAAAAA ... flashback ke trouble di Boeing 737 MAX, tiba-tiba kesalahan TAM terasa gak fatal, cuma seupil & bisa dimaafkan pemirsahhh.
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by neo300400 »

nyimak ah, walaupun gak mungkin beli veloz
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1488
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by MSU »

dibahas panjang2 juga paling tar konsumen lagi yg di edukasi...
kayak kasus putu, matic jedug, sokbeker rembes dll
jadi gini om bowie...faktornya banyak... :big_peace:
sonsa
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Tue Feb 14, 2017 14:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by sonsa »

Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..

Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..

Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.

oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by alexand »

mungkin obatnya di pasangin ATF cooler ?
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by FR6 »

osbertc0ol wrote: Tue Feb 22, 2022 2:54 mobilio / brio / brv / crv aman2 aja tuh wkwkwk
gw nanjak pake cvt hando jg kayae santai2 aja. tinggal masukin M1 gas jalan deh.
Wes wayahe LMPV 115++ PS berarti wkwkkw
Terutama Xpander tuh yg segede Innova..
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by darrelund »

Or4cle wrote: Mon Feb 21, 2022 8:51
darrelund wrote: Mon Feb 21, 2022 7:36
Or4cle wrote: Mon Feb 21, 2022 5:02 Mau test pasar, apakah benar : apapun mobilnya asal ditempel logo TOYOTA pasti laku :big_grin:
dan menariknya malah laku oom, bisa gitu ya :big_biglaugh:
Itulah namanya brand awareness, hasil investasi panjang TAM. Kalau ada masalah sikit2 artinya customer kurang edukasi, tidak ada hubungan dgn kualitas & safety :big_grin:
edukasi
edukasi
edukasi

nanti klo sudah edukasi masih ada error, palingan disuruh makan buku manual :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Jan07 »

trebla88 wrote: Tue Feb 22, 2022 6:32 :big_weee: Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil :big_slap: Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng :big_chicken:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by vanosz »

neo300400 wrote: Tue Feb 22, 2022 7:52 nyimak ah, walaupun gak mungkin beli veloz
:big_biglaugh:

rwd jos,gandos

fwd cvt,amsiong
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by trebla88 »

Jan07 wrote: Tue Feb 22, 2022 16:46
trebla88 wrote: Tue Feb 22, 2022 6:32 :big_weee: Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil :big_slap: Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng :big_chicken:
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama :big_biglaugh:
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur :wkkk:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by grimjow »

Copas dari Wikipedia.
Yang 2NR-VE pengembangan lebih lanjut 2NR-FE oleh Daihatsu.

2NR-VE --> Ini yang Veloz itu kan ya
The new 2NR-VE engine was improvised by Daihatsu for its products, which is based on the 1.5-liter 2NR-FE engine.
Max Power
104 PS (76 kW; 103 bhp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Max Torque
136 N⋅m (100 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Compression Ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1


2NR-FE --> Yaris, Sienta
A 1.5 L (1,496 cc) variant of the NR series engine, first introduced in the fourth quarter of 2010 for the Toyota Etios. It is the first new engine Toyota developed for over 8 years without VVT-i made to lower costs for the Toyota Etios. A new innovation was introduced to this engine with the integration of the exhaust manifold into the cylinder head[6] to reduce emissions.
Technical specifications of the engine:
Displacement: 1.5 L (1,496 cc)
Bore x Stroke: 72.5 mm × 90.6 mm (2.85 in × 3.57 in)
Max. output:
90 PS (66 kW; 89 hp) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
107 PS (79 kW; 106 hp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
Max. torque:
132 N⋅m (97 lbf⋅ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
140 N⋅m (103 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
Compression ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 2:16
Jan07 wrote: Tue Feb 22, 2022 16:46
trebla88 wrote: Tue Feb 22, 2022 6:32 :big_weee: Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil :big_slap: Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng :big_chicken:
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama :big_biglaugh:
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur :wkkk:
klo transmisi CVTnya, beda.

CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.

engine nya, veloz/avanza/xenia 2NRVE iron block
yaris, sienta 2NRFE aluminium block

eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).



ngeden juga :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Ibet »

Apa kabar yang Avanza / Xenia 1.300 cc ya? Torsinya lebih kecil dari yang 1.500 cc.
Kalau unit CVT nya pake rasio sama, berabe sih.

Lebih sulit nanjak harusnya ..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

sonsa wrote: Tue Feb 22, 2022 9:52 Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..

Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..

Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.

oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
mobil gasoline turbo, sangat memerlukan cooling system yang proper :upss: klo cooling systemnya proper, gap performanya tidak akan jauh walaupun tetep berasa. coba tuh olinya pake yg spek keraton mbah, ngaruh banget ke pendinginan soalnya :upss: *panggil suhu perlendiran @Omnibus

kyknya masalah cooling ini issue utama di raize 1.0T. klo denger DCVT maksimal 150Nm berarti spek standarnya udah mendekati limit tuh.

yang cooling nya gila itu honda L15B7 saking dinginnya mesinnya sampe bikin oil dilution klo cold start di wilayah dingin :big_biglaugh: di indo mah tenang2 aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 3:25
sonsa wrote: Tue Feb 22, 2022 9:52 Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..

Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..

Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.

oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
mobil gasoline turbo, sangat memerlukan cooling system yang proper :upss: klo cooling systemnya proper, gap performanya tidak akan jauh walaupun tetep berasa. coba tuh olinya pake yg spek keraton mbah, ngaruh banget ke pendinginan soalnya :upss: *panggil suhu perlendiran @Omnibus

kyknya masalah cooling ini issue utama di raize 1.0T. klo denger DCVT maksimal 150Nm berarti spek standarnya udah mendekati limit tuh.

yang cooling nya gila itu honda L15B7 saking dinginnya mesinnya sampe bikin oil dilution klo cold start di wilayah dingin :big_biglaugh: di indo mah tenang2 aja.
emang 150nm kayaknya oom, dikasih beban ke mobil segede veloz apa ga bubar itu. soalnya tulisan di poin ke 3 itu "small cars"

https://paultan.org/2021/02/24/perodua- ... ther-cvts/

Image

kayaknya mesti ditambahin gigi asli nih, kayak di direct-shift atoyot punya. lumayan tuh buat start nanjak. karena gigi 1nya physical
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Wed Feb 23, 2022 3:31
emang 150nm kayaknya oom, dikasih beban ke mobil segede veloz apa ga bubar itu. soalnya tulisan di poin ke 3 itu "small cars"

https://paultan.org/2021/02/24/perodua- ... ther-cvts/

Image

kayaknya mesti ditambahin gigi asli nih, kayak di direct-shift atoyot punya. lumayan tuh buat start nanjak. karena gigi 1nya physical
150Nm berarti specnya kei car banget ya. padahal stock specs 140Nm. di tuning dikit bubar jalan CVTnya. wkwkwkwkwk. pantes bener bener di lock ECU nya gak bisa di remap. klo cuma 150Nm ya pantes CVTnya ngambek disuruh nanjak curam. sensornya pasti udah bilang "panas woi anj*ng"

yang bener ya itu gear planetary set nya harusnya buat gigi 1 ini malah buat overdrive :big_think:
Last edited by ChZ on Wed Feb 23, 2022 3:42, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by trebla88 »

ChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 2:39
trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 2:16
Jan07 wrote: Tue Feb 22, 2022 16:46
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil :big_slap: Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng :big_chicken:
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama :big_biglaugh:
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur :wkkk:
klo transmisi CVTnya, beda.

CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.

engine nya, veloz/avanza/xenia 2NRVE iron block
yaris, sienta 2NRFE aluminium block

eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).



ngeden juga :upss:
D cvt tadinya berharap datsun cvt ternyata daihatsu cvt :mky_03:


Btw cvt toyota yaris memang busuk sih, bener2 lifeless
Cuma kalau iritnya acungin jempol deh kalau cruise di tol :big_peace:


O beda silinder jg kirain detune doang
Dah cobain raize 1.0t temen jalan d kompleks,tenaga bawahnya ga sesuai ekpetasi. Entah kalau turbonya uda nyala y mungkin baru kerasa

Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek

**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by darrelund »

gridoto udah tes nanjak hondo yg lebih mahal nihh, sukses :big_biglaugh:

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Suryaputra »

bener2 dah komporrrr si gridoto ini :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 5:49 bener2 dah komporrrr si gridoto ini :big_biglaugh:
sakit hati veloz gabisa nanjak, mereka beli soalnya :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by 34lee »

Klo ga gitu2,, publik ga kan tau,,,smg mjd koreksi buat boyota
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by lemonadelovers »

:big_think: kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya? :ungg:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT