[Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

[Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by silentIm2 »

Sudah diuji di media ternama dan hasilnya gagal.


Tanggapan toyota


Lanjutan di bengkel independen


Mudah2an hanya karena software CVT, bukan kesalahan engineering.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
XMTdeluxe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by XMTdeluxe »

Strategi teraneh dan "terobosan" terbaru dari toyodai: Fitur >>> kematangan produk.
Bagi yg nyeletuk: "mobchin diganti logo toyota auto laku"
Congratulation! Your wish comes true.
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1140
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by MSU »

paling bener hindari beli produk2 yg baru launch pertama...pasti ada apa2nya sehingga perlu updating lg
btw berharap ke gridoto bawa kompetitor-nya ke tanjakan yang sama sih...gmn responnya
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 28 Dec 2013, 21:26

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ddyta27 »

saya sih curiganya dari settingan TBW, TC, dan pengaruh besar transmisi cvt..

tahun lalu ke dieng via jalur tambi pake all new ertiga matik jaman purba, ada salah satu tanjakan yg menurut saya cukup extreme, nah pas nanjak kebetulan papasan dengan mobil dari arah berlawanan otomatis kecepatan dikurangin, begitu lewat langsung gas lagi aman aja (posisi transmisi di L)
belakang saya tuh nissan xtrail facelift yg sudah pake cvt ga kuat nanjak, malah turun lagi, di gas sepertinya rpm ga naek)
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1563
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by dsign1990 »

jadi inget zaman toyota "belajar" FWD di corolla GL dan corona GL yang banyak dikatain orang produk gagal
meski entah secara jelas gagalnya dimana krn yang ane tahu cuma agak gagal desain aja hehehehe
katanya innova juga mau ikut FWD ... moga2 diesel A/T pasarannya nanti gak kayak LC :big_weee:
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Mercer29 »

ddyta27 wrote: 21 Feb 2022, 07:23
saya sih curiganya dari settingan TBW, TC, dan pengaruh besar transmisi cvt..

tahun lalu ke dieng via jalur tambi pake all new ertiga matik jaman purba, ada salah satu tanjakan yg menurut saya cukup extreme, nah pas nanjak kebetulan papasan dengan mobil dari arah berlawanan otomatis kecepatan dikurangin, begitu lewat langsung gas lagi aman aja (posisi transmisi di L)
belakang saya tuh nissan xtrail facelift yg sudah pake cvt ga kuat nanjak, malah turun lagi, di gas sepertinya rpm ga naek)

Nah diskusi ini nih yang saya tunggu"... :mky_02:
Saya barusan ada tanya singkat sama om Billy soal Raize nya yang sempet video gakuat nanjak itu, kurang lebih begini sih ilmu dan teori nya so far.

Kalo merujuk dari video komparasi Autonet sama merk sebelah yang waktu di drag itu, mereka ada mention kalo udah repeated attempts akhirnya mulai keliatan power reduction dan hasil akselerasi nya jadi makin pelan dan makin pelan. Kurang tahu juga mereka ngomongin soal mobil yang mana, tapi sepertinya semua mobil juga harusnya sama sih begitu emang udah mulai heat soak.

Nah ini yang sepertinya terjadi di kejadian pertama video GO, temperatur udah tinggi (coolant nya ngatur suhu mesin dan transmisi juga), komputer jadi nge-cut power dan bikin jadi semacem bener" ketahan. Sempat juga mobilnya didiemin bentar sama mereka, hasilnya jadi bergerak naik (dikit banget wkwk) sebelum akhirnya gamau nanjak lagi ketahan di tempat.

Faktor tambahan lagi yaitu radiator nya yang ukurannya mungil juga kalo dilihat, keknya masih lebih besar punya merk" sebelah. Apalagi coolant temp rata" mesin sekarang pada tinggi semua (om Turbo pernah mention ini soal LCGC), denger" juga dulu Calya Sigra awal" sempet ada isu overheat sampe akhirnya mereka update software biar electric fan nya lebih sering nyala.

Oh ya sama pola nginjek pedal gas juga pengaruh sih, kalo diurut sampe gaspol gitu sepertinya emang gamau trigger kickdown dia. Harus nginjek dengan perubahan injekan yang rada drastis dan segera gitu baru mau naik rpm nya, atau ganti power mode (sepertinya cenderung torque converter release lock aja dibanding belt nya yang ganti rasio). Keknya Nissan X-Trail di cerita om mirip" ini deh.

Ini hasil dari saya coba muter" di seputaran daerah kampung di Tretes / Trawas ya, yang dengan berbekal informasi ini saya coba mantain lari agak kenceng biar airflow tetep ada. Beberapa kali berhenti di tengah" nanjak pas iseng pun habis itu ya saya geber lagi lari kenceng buat airflow ke radiator.
2021 W101RE LBVFJ Non

2022 SM-S906E
2021 OMEN 15-EK0044TX
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2274
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by b0ku »

XMTdeluxe wrote: 21 Feb 2022, 02:52 Strategi teraneh dan "terobosan" terbaru dari toyodai: Fitur >>> kematangan produk.
Bagi yg nyeletuk: "mobchin diganti logo toyota auto laku"
Congratulation! Your wish comes true.
sbenernya kalo ngerti ud biasa naek mobil bagus naek mobil toyota kelas bawah, yang ud mateng pun berasa kok tuninganya ngasal :big_biglaugh: kalo cuma bawa jarang2x sih gak berasa tapi kalo itu mobil ud jadi pakean kita hari2x lama2x berasa dulu yaris saya kejebaknya gitu padahal sebelom beli sering pake punya temen enak2x aja pas punya ampuun deh baru berasa jeleknya tuningan toyota, dari settingan rem, matic, radius setir, suspensi ngaco semua apalagi saya pake yaris yang 2010 katanya suspensinya malah di kerasin tapi chasis gak diapa2xin hasilnya jd keras iya limbung iya :big_biglaugh:

makanya saya selalu bilang toyota enak kalo harganya mahal macem lexus

kalo kelas bawah mendingan pake mazda mitsu sama honda aja deh at least mereka lebih proper tuning mobilnya.....
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: 18 Nov 2014, 08:58

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by flamboyan »

Menurut saya sih gegara Astra kena karma pernah ngatain RWD lebih baik dari FWD pada Livina waktu pertama launch
diidoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by diidoot »

menurut sotoy saya sih, ga ada gejala wheelspin kemungkinannya di CVTnya yang overheat atau emang softwarenya perintahnya ga boleh spin. Make avanza matik lawas dan terios aja matiknya bisa dibilang ga pinter. Sering banget dia lagi nanjak malah buru buru ngoper dan hukumnya wajib ditahan di L atau 2 aja. Yang ribet pas nanjak pake ayla dulu, powernya sih cukup aja tapi matiknya ga ada L jadi giginya dioper terus yang akibatnya berat. Mungkin bisa kejadian di Veloz baru ini

Tapi dari dulu sih emang ngerasa toyodai ini setupnya aneh aneh (terutama suspensinya)

dsign1990 wrote: 21 Feb 2022, 08:03 jadi inget zaman toyota "belajar" FWD di corolla GL dan corona GL yang banyak dikatain orang produk gagal
meski entah secara jelas gagalnya dimana krn yang ane tahu cuma agak gagal desain aja hehehehe
katanya innova juga mau ikut FWD ... moga2 diesel A/T pasarannya nanti gak kayak LC :big_weee:
pertengahan tahun 80an itu saingannya (Wonder, Lancer Fiore, 323/Laser, Sunny) udah FWD semua padahal (kayak sekarang avanza digempur FWD). Kalau menurut saya sih yang bikin GL ini agak jelek sih fiturnya kalah jauh sama saingannya (apalagi dari GL ke ke 323 xgs elite itu kayak beda kelas banget rasanya) :big_peace:
-
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12248
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

Mercer29 wrote: 21 Feb 2022, 08:49
ddyta27 wrote: 21 Feb 2022, 07:23
saya sih curiganya dari settingan TBW, TC, dan pengaruh besar transmisi cvt..

tahun lalu ke dieng via jalur tambi pake all new ertiga matik jaman purba, ada salah satu tanjakan yg menurut saya cukup extreme, nah pas nanjak kebetulan papasan dengan mobil dari arah berlawanan otomatis kecepatan dikurangin, begitu lewat langsung gas lagi aman aja (posisi transmisi di L)
belakang saya tuh nissan xtrail facelift yg sudah pake cvt ga kuat nanjak, malah turun lagi, di gas sepertinya rpm ga naek)

Nah diskusi ini nih yang saya tunggu"... :mky_02:
Saya barusan ada tanya singkat sama om Billy soal Raize nya yang sempet video gakuat nanjak itu, kurang lebih begini sih ilmu dan teori nya so far.

Kalo merujuk dari video komparasi Autonet sama merk sebelah yang waktu di drag itu, mereka ada mention kalo udah repeated attempts akhirnya mulai keliatan power reduction dan hasil akselerasi nya jadi makin pelan dan makin pelan. Kurang tahu juga mereka ngomongin soal mobil yang mana, tapi sepertinya semua mobil juga harusnya sama sih begitu emang udah mulai heat soak.

Nah ini yang sepertinya terjadi di kejadian pertama video GO, temperatur udah tinggi (coolant nya ngatur suhu mesin dan transmisi juga), komputer jadi nge-cut power dan bikin jadi semacem bener" ketahan. Sempat juga mobilnya didiemin bentar sama mereka, hasilnya jadi bergerak naik (dikit banget wkwk) sebelum akhirnya gamau nanjak lagi ketahan di tempat.

Faktor tambahan lagi yaitu radiator nya yang ukurannya mungil juga kalo dilihat, keknya masih lebih besar punya merk" sebelah. Apalagi coolant temp rata" mesin sekarang pada tinggi semua (om Turbo pernah mention ini soal LCGC), denger" juga dulu Calya Sigra awal" sempet ada isu overheat sampe akhirnya mereka update software biar electric fan nya lebih sering nyala.

Oh ya sama pola nginjek pedal gas juga pengaruh sih, kalo diurut sampe gaspol gitu sepertinya emang gamau trigger kickdown dia. Harus nginjek dengan perubahan injekan yang rada drastis dan segera gitu baru mau naik rpm nya, atau ganti power mode (sepertinya cenderung torque converter release lock aja dibanding belt nya yang ganti rasio). Keknya Nissan X-Trail di cerita om mirip" ini deh.

Ini hasil dari saya coba muter" di seputaran daerah kampung di Tretes / Trawas ya, yang dengan berbekal informasi ini saya coba mantain lari agak kenceng biar airflow tetep ada. Beberapa kali berhenti di tengah" nanjak pas iseng pun habis itu ya saya geber lagi lari kenceng buat airflow ke radiator.
ngomongin LCGC, taun 2014an awal awal LCGC muncul tuh banyak banget isu seputaran motor fan gampang banget mati. datsun go paling sering, tp dulu honda brio satya orang kantor di taun ketiga mati juga motor fan nya. tau-tau di tengah jalan berasap aja gitu terus berhenti. pdhl sebulan sebelumnya baru aja service.

klo pemikiran yang desain mobil-mobil ini berpikir seperti orang ngedesain small car pada umumnya, ya wajar saja kalau hari-hari begini akan sangat sering kejadian overheat mesin/transmisi di mobil-mobil harga 300 juta ke bawah. klo liat gimana toyota kyknya lebih memperhitungkan buat dipake harian di perkotaan kyknya udah jelas ini mah emang desainnya mentok buat beban ringan kota-kota aja.

krn berpikirnya kalau mobil citycar tidak akan dibawa ke medan berat, padahal ini mah indonesia, dimana bebek shogun aja bisa buat bawa kayu di rute yang hanya bisa dilewati trail. ajaibnya kok ya lewat lewat aja wkwkwkw.

benernya kyk kata om taqwa di video ketiga klw mobil skrg kita injek gas mesin ama transmisi saling ngobrol... makanya bgitu akan overheat langsung ketauan sama sensornya, mobilnya jd gak bisa dipaksa gak kayak mobil jaman dulu dipaksa jalan jg bisa tp ntah apa yang terjadi di dalem :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 837
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by kenop »

ini mobil nya laris aja makanya rame, sy sempet pake vios 2017 (cvt juga) uda makanan sehari2 susah nanjak :big_biglaugh:
nanjak di pakiran mall aja uda di 1 masih ngeden, klo uda berenti di tengah uda deg2an :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10485
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Omnibus »

namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.

yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.

menurut sy, simply unacceptable.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25927
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 21 Feb 2022, 11:13 namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.

yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.

menurut sy, simply unacceptable.
jgn kan kelas ini

klaas inofa benzene ribon aj, tanjakan lembang skitaran kbon stroberi aj, isi pnumpang 5 orang kurus2 kaya renata aj ngos2an :big_bored: :big_bored:

kayanya mmg mobil skrg gigi nya dbkin alus2 buat ngejar topspeed ama irit2an mbah



bandingin ama kijang super G (jaman dl kuarga blom sanggup beli gren extra), dibawa laga pantura naek sana sini ayo2 aj, padahal cuman cenggo cc karbu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25927
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by DOHC »

btw ngomongin cvt

kita orang slama ini malah pake hrv santuy2 aj

ga ampe wahh gmana performa nanjak nya, tp berasa pasti bisa aj

mo tanjakan panjang di parkiran MKG 3, parkiran grand indo yg gedung lama, bahkan stop n go di tanjakan muter mal2 jg ayo2 aj dalam keadaan fully loaded
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10485
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 21 Feb 2022, 11:19
Omnibus wrote: 21 Feb 2022, 11:13 namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.

yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.

menurut sy, simply unacceptable.
jgn kan kelas ini

klaas inofa benzene ribon aj, tanjakan lembang skitaran kbon stroberi aj, isi pnumpang 5 orang kurus2 kaya renata aj ngos2an :big_bored: :big_bored:

kayanya mmg mobil skrg gigi nya dbkin alus2 buat ngejar topspeed ama irit2an mbah



bandingin ama kijang super G (jaman dl kuarga blom sanggup beli gren extra), dibawa laga pantura naek sana sini ayo2 aj, padahal cuman cenggo cc karbu
mechanical limitation juga berarti ya krn budget lah. itu di cenel robert FM pas belah matic avanza dia baru tau kl cuma pakai 1 set planetary gear. kirain 2 set kaya inopa. berarti yg ini jg sama, low spec'ed cvt kayanya jd rationya diset panjang2 spy irit bensin n rpm rendah ketika hi speed (good NVH). tp kl ketemu tanjakan ciut kaya lintah kena garam. :big_grin:
User avatar
darrelund
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 423
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by darrelund »

diidoot wrote: 21 Feb 2022, 09:15 menurut sotoy saya sih, ga ada gejala wheelspin kemungkinannya di CVTnya yang overheat atau emang softwarenya perintahnya ga boleh spin. Make avanza matik lawas dan terios aja matiknya bisa dibilang ga pinter. Sering banget dia lagi nanjak malah buru buru ngoper dan hukumnya wajib ditahan di L atau 2 aja. Yang ribet pas nanjak pake ayla dulu, powernya sih cukup aja tapi matiknya ga ada L jadi giginya dioper terus yang akibatnya berat. Mungkin bisa kejadian di Veloz baru ini

Tapi dari dulu sih emang ngerasa toyodai ini setupnya aneh aneh (terutama suspensinya)

dsign1990 wrote: 21 Feb 2022, 08:03 jadi inget zaman toyota "belajar" FWD di corolla GL dan corona GL yang banyak dikatain orang produk gagal
meski entah secara jelas gagalnya dimana krn yang ane tahu cuma agak gagal desain aja hehehehe
katanya innova juga mau ikut FWD ... moga2 diesel A/T pasarannya nanti gak kayak LC :big_weee:
pertengahan tahun 80an itu saingannya (Wonder, Lancer Fiore, 323/Laser, Sunny) udah FWD semua padahal (kayak sekarang avanza digempur FWD). Kalau menurut saya sih yang bikin GL ini agak jelek sih fiturnya kalah jauh sama saingannya (apalagi dari GL ke ke 323 xgs elite itu kayak beda kelas banget rasanya) :big_peace:
dari analisa sotoy saya pasti ni ulah traction control-stability contol yang kalibrasinya kurang bagus

atau memang mereka setting terlalu agresif jadinya mobil ketahan, karena di video itukan ban seperti kekunci. kalo memang sistem elektroniknya ga agresif pasti ban akan spin sedikit. ini sama sekali ga spin dan kek ngunci

setting terlalu agresif + torsi kecil + fwd = jadi prasasti di tanjakan :big_biglaugh:

klo girboks panas ya menurut saya yg awam ya pasti panas lah, org roda ditahan sama elektronik. ibarat org mau lari tapi ditahan, klo usaha terus ya cape :big_biglaugh:

klo emg nyalahin fwd & cvt kok merk hondo jarang ada kasus beginian
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4954
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 21 Feb 2022, 11:43
diidoot wrote: 21 Feb 2022, 09:15 menurut sotoy saya sih, ga ada gejala wheelspin kemungkinannya di CVTnya yang overheat atau emang softwarenya perintahnya ga boleh spin. Make avanza matik lawas dan terios aja matiknya bisa dibilang ga pinter. Sering banget dia lagi nanjak malah buru buru ngoper dan hukumnya wajib ditahan di L atau 2 aja. Yang ribet pas nanjak pake ayla dulu, powernya sih cukup aja tapi matiknya ga ada L jadi giginya dioper terus yang akibatnya berat. Mungkin bisa kejadian di Veloz baru ini

Tapi dari dulu sih emang ngerasa toyodai ini setupnya aneh aneh (terutama suspensinya)

dsign1990 wrote: 21 Feb 2022, 08:03 jadi inget zaman toyota "belajar" FWD di corolla GL dan corona GL yang banyak dikatain orang produk gagal
meski entah secara jelas gagalnya dimana krn yang ane tahu cuma agak gagal desain aja hehehehe
katanya innova juga mau ikut FWD ... moga2 diesel A/T pasarannya nanti gak kayak LC :big_weee:
pertengahan tahun 80an itu saingannya (Wonder, Lancer Fiore, 323/Laser, Sunny) udah FWD semua padahal (kayak sekarang avanza digempur FWD). Kalau menurut saya sih yang bikin GL ini agak jelek sih fiturnya kalah jauh sama saingannya (apalagi dari GL ke ke 323 xgs elite itu kayak beda kelas banget rasanya) :big_peace:
dari analisa sotoy saya pasti ni ulah traction control-stability contol yang kalibrasinya kurang bagus

atau memang mereka setting terlalu agresif jadinya mobil ketahan, karena di video itukan ban seperti kekunci. kalo memang sistem elektroniknya ga agresif pasti ban akan spin sedikit. ini sama sekali ga spin dan kek ngunci

setting terlalu agresif + torsi kecil + fwd = jadi prasasti di tanjakan :big_biglaugh:

klo girboks panas ya menurut saya yg awam ya pasti panas lah, org roda ditahan sama elektronik. ibarat org mau lari tapi ditahan, klo usaha terus ya cape :big_biglaugh:

klo emg nyalahin fwd & cvt kok merk hondo jarang ada kasus beginian
Hondo beda.
Dia dr mesin girboks dsb inhouse made.
Integrasi ke dua nya lbh solid.
Jd feedback loop dalam development produk nya lbh intense dan minim kendala.

Contoh lg mazda jg gtu, girboks nya inhouse made, skyactivvv.
Mantap lah.

Klo avanza udah low spec cvt, diout-source pula.
Vendor yg bikin cvt nya kan juga serve other brand and model dgn standard global :mky_03:
Last edited by Suryaputra on 21 Feb 2022, 12:45, edited 2 times in total.
*Colek me if I'm wrong
argamuria
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 18 Jan 2020, 10:29

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by argamuria »

MSU wrote: 21 Feb 2022, 06:49
btw berharap ke gridoto bawa kompetitor-nya ke tanjakan yang sama sih...gmn responnya
Udah dicoba om, xpander cvt bisa nanjak, R3 transmisi purba wheel spin, tapi masih bisa nanjak kalo pake momentum dari bawah. Kalo velos ini bener² dicari momentum dari bawah, di tengah jg berhenti, gak kuat
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 837
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by kenop »

DOHC wrote: 21 Feb 2022, 11:21 btw ngomongin cvt

kita orang slama ini malah pake hrv santuy2 aj

ga ampe wahh gmana performa nanjak nya, tp berasa pasti bisa aj

mo tanjakan panjang di parkiran MKG 3, parkiran grand indo yg gedung lama, bahkan stop n go di tanjakan muter mal2 jg ayo2 aj dalam keadaan fully loaded
Cobain dah di mkg 3 yg naik ke arah parkiran mkg 5 pake vios trs berenti di tengah :big_biglaugh:

Coba pake mobilio sm hrv di tanjakan yg sama aman2 aja :ungg:
User avatar
darrelund
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 423
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by darrelund »

Omnibus wrote: 21 Feb 2022, 11:13 namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.

yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.

menurut sy, simply unacceptable.
ni bukan unacceptable, tapi sangat unacceptable :big_biglaugh:

ni bukan merk kecil kek mazda, vw dkk yg andelin impor

ni toyota lhooo, merk top seller pasti resourcenya banyak baik duit atau fasilitasnya.

masa tuning beginian aja ngaco, padahal katanya develop mobil ini bertahun-tahun. masa iya lupa tes nanjak :big_biglaugh:

atau mungkin mereka ingin nekan harga tapi sisi lain pengen full fitur, jadi ada yg dikorbankan
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4954
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Suryaputra »

kenop wrote: 21 Feb 2022, 11:53
DOHC wrote: 21 Feb 2022, 11:21 btw ngomongin cvt

kita orang slama ini malah pake hrv santuy2 aj

ga ampe wahh gmana performa nanjak nya, tp berasa pasti bisa aj

mo tanjakan panjang di parkiran MKG 3, parkiran grand indo yg gedung lama, bahkan stop n go di tanjakan muter mal2 jg ayo2 aj dalam keadaan fully loaded
Cobain dah di mkg 3 yg naik ke arah parkiran mkg 5 pake vios trs berenti di tengah :big_biglaugh:

Coba pake mobilio sm hrv di tanjakan yg sama aman2 aja :ungg:
Mobilio peredam emg dipangkas.
Punya alokasi duit lebih, pasang peredam kelar.

Tp mecha engineering, Gakda kompromi :mky_04:
*Colek me if I'm wrong
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by silentIm2 »

Kesimpulannya, sementara mending ambil yang M/T kalau tertarik dengan Veloz / Avanza FWD.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Or4cle »

darrelund wrote: 21 Feb 2022, 11:54
Omnibus wrote: 21 Feb 2022, 11:13 namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.

yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.

menurut sy, simply unacceptable.
ni bukan unacceptable, tapi sangat unacceptable :big_biglaugh:

ni bukan merk kecil kek mazda, vw dkk yg andelin impor

ni toyota lhooo, merk top seller pasti resourcenya banyak baik duit atau fasilitasnya.

masa tuning beginian aja ngaco, padahal katanya develop mobil ini bertahun-tahun. masa iya lupa tes nanjak :big_biglaugh:

atau mungkin mereka ingin nekan harga tapi sisi lain pengen full fitur, jadi ada yg dikorbankan
Mau test pasar, apakah benar : apapun mobilnya asal ditempel logo TOYOTA pasti laku :big_grin:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Duvebriliant0 »

silentIm2 wrote: 21 Feb 2022, 12:01 Kesimpulannya, sementara mending ambil yang M/T kalau tertarik dengan Veloz / Avanza FWD.
m/t kalau traction controlnya aktip ketika lose grip ditanjakan bakal bikin kampas kopling cepet angus ga ya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by silentIm2 »

Duvebriliant0 wrote: 21 Feb 2022, 12:20
m/t kalau traction controlnya aktip ketika lose grip ditanjakan bakal bikin kampas kopling cepet angus ga ya
Engga om, kampas kopling itu hangus karena skill drivernya, suka setengah kopling trus digas berlebih. Lebih baik kopling cepat dilepas walaupun endut2an daripada setengah kopling terus sampai atas .
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Post Reply