[Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Suryaputra »

lemonadelovers wrote: Wed Feb 23, 2022 6:32 :big_think: kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya? :ungg:
salah yg bikin jalan mbah.
harusnya jgn dibikin nanjak, kasih lift :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 3:40
Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek

**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
kalo planetary gear set di overdrive sbenernya tujuannya keliatan biar jarak rasio pulley paling kasar ke paling alus nya ngga kejauhan... diakalin pake planetary gear set biar bisa tetep irit dan responsive.

secara teori krn ini mobil emang dasarnya city car jadi dengan dibuat spt ini harapannya bisa halus di perkotaan ala CVT tapi bisa maximize keiritan di tol. starting torque ngga jadi soal krn mobilnya ringan jarak rasio pulley bisa dibuat pendek. makanya beda dgn yang di le'sus krn torque jadi soal buat launch mobilnya biar responsive ditaruh di depan.

tapi krn didesain mainly di JDM market ya di market lain blom tentu ini berlaku. mslhnya kok ya di mobil yang gak didesain untuk JDM market, dia apply logic yang sama. klo kata mbah affiliator lendir ams di depan "simply unacceptable".
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 5:49 bener2 dah komporrrr si gridoto ini :big_biglaugh:
krn duit sponsor udah lari semua ke influenser yang non-mainstream, skrg malah balik media mainstream lbh berani :mky_03:

dulu kite bilang influencer netral mewakili keinginan kita buat review yang objektif tanpa iklan, tp skrg malah kebolak :mky_03:
lemonadelovers wrote: Wed Feb 23, 2022 6:32 :big_think: kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya? :ungg:
konteks : pickup sayur 1000cc full muatan kadang bisa dipaksa naik dengan teknologi 50 taun yang lalu dan nyali supir, tenaga mesin dan torsi mesin jelas impoten dibanding mobil zaman now. bahkan data pengetesan atau dyno sudah pasti acakadul dibanding modern cars.

kalau teknologi space age yang kita punya skrg saja struggle buat sekedar naklukkin tanjakan sih...... something clearly wrong.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Dogies »

mobil2 seken rwd jadi tambah naik harganye nih… :-)
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by classicrock »


darrelund wrote:
sakit hati veloz gabisa nanjak, mereka beli soalnya :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kayanya emang sengaja beli, biar lebih enak ulasannya.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by kunaskun »

trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 3:40 Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek

**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
sub planetary gear di CVT Datsun itu, sama dengan yang dipake current gen X-Tronic CVT Nissan, latest gen lah. efeknya: mega range ratio.
jadi ga perlu lagi pake cara toyota yang direct shift = gigi 1 beneran di CVT atau di D-CVT Daihatsu = dual mode CVT yang mana ada gigi beneran tapi dipakenya di terakhir ketika cruising / coasting. kenapa? karena ga ada mekanisme kompleks buat mindahin gigi. sub planetary gear akan geser sendiri ketika putaran mesin turun kasarnya gitulah.

https://paultan.org/2021/02/24/perodua- ... ther-cvts/

pusing si bacanya, tapi in the end. trying to combine both world. toyota way = biar tarikannya tetep berasa, daihatsu way = ngejer irit. dan emang berasa si di rocky 1.2 ketika kecepatan 100-120 itu gas dan roda terasa lebih sinkron dan saking halusnya ini CVT ga ada suara cvt whinning.

hanya memang keputusan DaiToyo pake ini di veloz tentu ada alesannya, dari awal saya aja ngeliat ini transmisi kuat banget ya sampe dipasang di macam2 mobil, aslinya jangan2 under spec tu cuma tahan torque 140 nM. karena nyatanya kombinasi mesin dan transmisi yang sama persis dipake di Myvi FL 2022 = sirion indonesia. jadi DaiToyo tentu pede banget dengan transmisi ini. terlebih ga cuma di jepang atau indo saja, malaysia pun sama. bahkan Attiva = Raize Rocky Jepang / Indo itu kerjaan barengan Malaysia juga. toh kalau cuma itung ukuran mobil load factor dll, mestinya tetep bisa nanjak lah biarpun ngeden masa iya engineer 3 negara se-bloon itu ga ngitung :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Omnibus »

darrelund wrote: Wed Feb 23, 2022 5:18 gridoto udah tes nanjak hondo yg lebih mahal nihh, sukses :big_biglaugh:

effortless banget lah ini

hondut gitu lho

sampe penumpangnya sorak gembira. emang hrs gitu mobil bukan malah bikin was2 kl liat tanjakan.

:mrgreen:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by trebla88 »

lemonadelovers wrote: Wed Feb 23, 2022 6:32 :big_think: kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya? :ungg:
Klo kata mbah steve jobs yg maha bener soal antena gate di ipun 4

You are holding it wrong :big_weee:

Maka klo kata astra+yoyota+daihatsu

You are driving it wrong :big_biglaugh:


Alias salah si driver/pemakai
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ZEXELGRIFONE »

Ijin lanjut nyimak.. Ninggalin jejak dulu..
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by kandlcorp »

ChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 7:44
konteks : pickup sayur 1000cc full muatan kadang bisa dipaksa naik dengan teknologi 50 taun yang lalu dan nyali supir, tenaga mesin dan torsi mesin jelas impoten dibanding mobil zaman now. bahkan data pengetesan atau dyno sudah pasti acakadul dibanding modern cars.

kalau teknologi space age yang kita punya skrg saja struggle buat sekedar naklukkin tanjakan sih...... something clearly wrong.
ini inline sm omongannya om taqwa di video gridoto yg abis veloz ga bisa nanjak om.
justru teknologi 50 taun lalu ga mikirin emisi gas buang, uda gt ga ada teknologi yg komunikasiin transmisi sm mesin, dll2..
enak si penjelasan om taqwa.. intinya mobil jaman skrg banyak kepentingannya..
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Mercer29 »

Ada yang punya referensi ukuran radiator dari Xpander sama BR-V baru ngga ya? Barangkali di buku manual ada juga ginian, saya ngga nemu mereka.

Kalo dari last gen (or facelift) ketiga mobil ini sih memang sepertinya urutannya dari yang paling besar ke paling kecil ya BR-V - Xpander - Avanza.

Dari foto dibawah ini untuk latest gen Veloz, juga emang kelihatan kalo dimensi nya agak kecil, dan cuma nempatin ruang yang sedikit lebih besar dari 1/2 bagian grille depan, atau mepet" ke 3/4 lah. Kalo soal lokasi penempatan gaada yang aneh sih, pada naruh kondensor di depan radiator emang.

vz_owm_enginebay.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2021 W101RE LBVFJ
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 7:44
konteks : pickup sayur 1000cc full muatan kadang bisa dipaksa naik dengan teknologi 50 taun yang lalu dan nyali supir, tenaga mesin dan torsi mesin jelas impoten dibanding mobil zaman now. bahkan data pengetesan atau dyno sudah pasti acakadul dibanding modern cars.

kalau teknologi space age yang kita punya skrg saja struggle buat sekedar naklukkin tanjakan sih...... something clearly wrong.
jgn lupa mobil barang apalagi jaman dulu punya rationya pendek dan manual ditambah masih buka katup gas pake kawat jd responsenya lebih bagus, belom itungan kalo gak power sterring sama gak pake ac otomatis beban mesin juga lebih enteng, jadi inget dulu bawa grandmax lari ke 120kmh sih lumayan cepet tapi ganti giginya juga cepet rationya pendek :mky_01:

balik lagi yang pernah saya bahas sebelom TBW juga sebenernya bikin mobil kita lebih lemot karena di tuning sama pabrikan bukanya kecil2x emang sih saya punya mobil TBWnya saya setting lv9 aja larinya jd suka lompat2x di D akhirnya mau nyaman jd masukin ke S :big_bored:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by gadjahalphien »

Mercer29 wrote: Thu Feb 24, 2022 10:52 Ada yang punya referensi ukuran radiator dari Xpander sama BR-V baru ngga ya? Barangkali di buku manual ada juga ginian, saya ngga nemu mereka.

Kalo dari last gen (or facelift) ketiga mobil ini sih memang sepertinya urutannya dari yang paling besar ke paling kecil ya BR-V - Xpander - Avanza.

Dari foto dibawah ini untuk latest gen Veloz, juga emang kelihatan kalo dimensi nya agak kecil, dan cuma nempatin ruang yang sedikit lebih besar dari 1/2 bagian grille depan, atau mepet" ke 3/4 lah. Kalo soal lokasi penempatan gaada yang aneh sih, pada naruh kondensor di depan radiator emang.


vz_owm_enginebay.png
Nah ini.
Kalo di perhatikan ttg dimensi Radiator, kelihatan banget trio Veloz-Avanza-Xenia yg baru ukuran nya mengecil dibandingkan Old Gen maupun Rush-Terios. Padahal engine relatif sama, masih menggunakan 2NR.

Sekilas ukuran radiatornya seperti radiator LCGC duo Astra nya yg di tempel ke LMPV nya.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by rajapb »

gara2 kasus veloz baru gak bisa nanjak ini penboy fanatik RWD yang awam jadi makin antipati sama FWD dan langsung nuduh FWD nya yang bikin gak bisa nanjak. Padahal Xpander sama Honda BRV fine2 aja itu wkwk.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by alexand »

rajapb wrote: Thu Feb 24, 2022 18:37 gara2 kasus veloz baru gak bisa nanjak ini penboy fanatik RWD yang awam jadi makin antipati sama FWD dan langsung nuduh FWD nya yang bikin gak bisa nanjak. Padahal Xpander sama Honda BRV fine2 aja itu wkwk.
gak apa apa biar belinya diesel 2GD / 1GD aja di jamin kuat nanjaknya :mky_02:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by AbdulHakim »

rajapb wrote: Thu Feb 24, 2022 18:37 gara2 kasus veloz baru gak bisa nanjak ini penboy fanatik RWD yang awam jadi makin antipati sama FWD dan langsung nuduh FWD nya yang bikin gak bisa nanjak. Padahal Xpander sama Honda BRV fine2 aja itu wkwk.
sebab - akibat
dulu avanza rush juga jualannya biar laku khan menggaung2kan kelebihan RWD yang unggul buat nanjak om :big_biglaugh:
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ddyta27 »

b0ku wrote: Thu Feb 24, 2022 11:42

jgn lupa mobil barang apalagi jaman dulu punya rationya pendek dan manual ditambah masih buka katup gas pake kawat jd responsenya lebih bagus, belom itungan kalo gak power sterring sama gak pake ac otomatis beban mesin juga lebih enteng, jadi inget dulu bawa grandmax lari ke 120kmh sih lumayan cepet tapi ganti giginya juga cepet rationya pendek :mky_01:

balik lagi yang pernah saya bahas sebelom TBW juga sebenernya bikin mobil kita lebih lemot karena di tuning sama pabrikan bukanya kecil2x emang sih saya punya mobil TBWnya saya setting lv9 aja larinya jd suka lompat2x di D akhirnya mau nyaman jd masukin ke S :big_bored:
nah bener om, ini kerasa banget bedanya apalagi di mobil cc kecil, inget dulu antara wagon r 2014 yang masih pake kabel gas dibanding wagon r 2016 yang udah pake TBW beda banget karakternya
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed Feb 23, 2022 11:18
darrelund wrote: Wed Feb 23, 2022 5:18 gridoto udah tes nanjak hondo yg lebih mahal nihh, sukses :big_biglaugh:

effortless banget lah ini

hondut gitu lho

sampe penumpangnya sorak gembira. emang hrs gitu mobil bukan malah bikin was2 kl liat tanjakan.

:mrgreen:
Honda memang tuning ECU nya bagus, tiap kali keluar model gak pernah dengar problem lemot. Bahan brio bisa najak dimanapun dan top speed juga dapat.
Toyota sebenarnya sdh dari dulu juga seperti Yaris dan yang lain lain, kuat nanjak.

Mungkin karena tanjakan extreme dan diisi ber 7. ECU nya di setting terlalu irit mungkin.
Velos baru irit banget...
Kalau Honda sudah gak terlalu irit, tetap bisa irit juga kalau toel toel gas nya. Pernah coba HRV di rumah bisa irit juga.

Tapi Honda begitu dibejek cukup boros. Kalau Toyota Innova diesel(gak punya yang bensin) bedanya gak terlalu signifikan antara toel toel dan bejek.

Nah Kalau Honda bedanya jauh antara toel2x dan bejek gas.
Ini yang buat Honda kalau tanjakan kuat nanjak, karena setting ECU untuk bukaan throttle, bahan bakar, juga setingan transmisi.
Mau diajak irit bisa di jalan datar, mau diajak boros waktu tanjakan bisa ....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Fri Feb 25, 2022 1:28
Honda memang tuning ECU nya bagus, tiap kali keluar model gak pernah dengar problem lemot. Bahan brio bisa najak dimanapun dan top speed juga dapat.
Toyota sebenarnya sdh dari dulu juga seperti Yaris dan yang lain lain, kuat nanjak.

Mungkin karena tanjakan extreme dan diisi ber 7. ECU nya di setting terlalu irit mungkin.
Velos baru irit banget...
Kalau Honda sudah gak terlalu irit, tetap bisa irit juga kalau toel toel gas nya. Pernah coba HRV di rumah bisa irit juga.

Tapi Honda begitu dibejek cukup boros. Kalau Toyota Innova diesel(gak punya yang bensin) bedanya gak terlalu signifikan antara toel toel dan bejek.

Nah Kalau Honda bedanya jauh antara toel2x dan bejek gas.
Ini yang buat Honda kalau tanjakan kuat nanjak, karena setting ECU untuk bukaan throttle, bahan bakar, juga setingan transmisi.
Mau diajak irit bisa di jalan datar, mau diajak boros waktu tanjakan bisa ....
jawabannya : VTEC kick in yo :big_grin:

fun fact : VTEC / iVTEC di L15 engine itu aimed for performance. malah yg buat eco itu R engine :big_grin:

yg bikin "boros" sebenernya krn VTEC ini sistemnya beda dengan VVT yang cuma cam phasing (maju-mundurin timing). keterbatasannya klo cam phasingnya terlalu maju dia prone to knocking kalo kena bbm jelek. makanya rata-rata untuk comply hal ini mesin-mesin yg pake VVT biasa (toyota, suzuki, daihatsu, nissan) timing atasnya gak terlalu advanced. ya memang irit jadinya krn di atas bensin jd gak ngocor cuma lewat kurva torsi tenaganya jadi flat alias ngeden.

honda krn VTEC main di cam profile / valve opening jd di hi rpm dia pake cam durasi gede, ngebuka lebih gede. ecu baca udara lebih banyak = more power. ya cenderung lebih boros emang, tp lebih ngacir. walaupun ecu dituning untuk low grade fuel retard timing via knocking sensor tapi dia compensate di udara yg masuk itu. makanya tiap mesin honda begitu di tuning loss banget powernya :mky_01: soalnya berasa banget L15A/L15Z1/L15ZF std isi ron90 klo dihajar full throttle tuh power kayak ketahan tapi naik terus.

klo sama innova diesel gak bisa dibandingin diesel vs bensin mmg karakternya beda :big_grin: blom innova 2KD/2GD stock turbonya kecil buat ngurangin lag tp atasnya ngempos abis. GD lebih parah ngemposnya di atas 2000 rpm.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Profith83 »

ChZ wrote: Fri Feb 25, 2022 3:16
jawabannya : VTEC kick in yo :big_grin:

fun fact : VTEC / iVTEC di L15 engine itu aimed for performance. malah yg buat eco itu R engine :big_grin:

yg bikin "boros" sebenernya krn VTEC ini sistemnya beda dengan VVT yang cuma cam phasing (maju-mundurin timing). keterbatasannya klo cam phasingnya terlalu maju dia prone to knocking kalo kena bbm jelek. makanya rata-rata untuk comply hal ini mesin-mesin yg pake VVT biasa (toyota, suzuki, daihatsu, nissan) timing atasnya gak terlalu advanced. ya memang irit jadinya krn di atas bensin jd gak ngocor cuma lewat kurva torsi tenaganya jadi flat alias ngeden.

honda krn VTEC main di cam profile / valve opening jd di hi rpm dia pake cam durasi gede, ngebuka lebih gede. ecu baca udara lebih banyak = more power. ya cenderung lebih boros emang, tp lebih ngacir. walaupun ecu dituning untuk low grade fuel retard timing via knocking sensor tapi dia compensate di udara yg masuk itu. makanya tiap mesin honda begitu di tuning loss banget powernya :mky_01: soalnya berasa banget L15A/L15Z1/L15ZF std isi ron90 klo dihajar full throttle tuh power kayak ketahan tapi naik terus.

klo sama innova diesel gak bisa dibandingin diesel vs bensin mmg karakternya beda :big_grin: blom innova 2KD/2GD stock turbonya kecil buat ngurangin lag tp atasnya ngempos abis. GD lebih parah ngemposnya di atas 2000 rpm.
Punya 2KD dan 2GD.
2KD memang terasa kalau tanjakan lebih enak (tanjakan merambat yah)
Dulu punya panther tanjakan merambat iring iringan panjang juga lebih jago dia, serasa di toel langsung jalan kayak gak ada ECU nya ... memang panther 2008 yah gak ada ECU hahahaha ....

Tapi 2KD atas 120 KM/jam naiknya mulai merambat, kalau 2GD mulai merambat diatas 140.
2GD RPM 2000 kecepatan 125. Yah 125 sampai 140 masih lumayan. Atas itu merambat banget hehehehe
Ngejar keiritan BBM di RPM atas, jadi seperti tenaga dicekik habis

Tapi puas kok 2GD lari sampai 140 sd 150 d toll trans jawa, hitungannya sudah nyalip2x yg lain.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Fri Feb 25, 2022 3:40
Punya 2KD dan 2GD.
2KD memang terasa kalau tanjakan lebih enak (tanjakan merambat yah)
Dulu punya panther tanjakan merambat iring iringan panjang juga lebih jago dia, serasa di toel langsung jalan kayak gak ada ECU nya ... memang panther 2008 yah gak ada ECU hahahaha ....

Tapi 2KD atas 120 KM/jam naiknya mulai merambat, kalau 2GD mulai merambat diatas 140.
2GD RPM 2000 kecepatan 125. Yah 125 sampai 140 masih lumayan. Atas itu merambat banget hehehehe
Ngejar keiritan BBM di RPM atas, jadi seperti tenaga dicekik habis

Tapi puas kok 2GD lari sampai 140 sd 150 d toll trans jawa, hitungannya sudah nyalip2x yg lain.
tetep klo akselerasi, nett power dan torque figure 2KD lebih kecil, walau lebih steady :big_grin: biar dikata bobotnya nambah 200kg tapi torque nya bisa compensate nambah 100Nm dari sebelumnya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Mercer29 »

ChZ wrote: Fri Feb 25, 2022 3:43
Profith83 wrote: Fri Feb 25, 2022 3:40
Punya 2KD dan 2GD.
2KD memang terasa kalau tanjakan lebih enak (tanjakan merambat yah)
Dulu punya panther tanjakan merambat iring iringan panjang juga lebih jago dia, serasa di toel langsung jalan kayak gak ada ECU nya ... memang panther 2008 yah gak ada ECU hahahaha ....

Tapi 2KD atas 120 KM/jam naiknya mulai merambat, kalau 2GD mulai merambat diatas 140.
2GD RPM 2000 kecepatan 125. Yah 125 sampai 140 masih lumayan. Atas itu merambat banget hehehehe
Ngejar keiritan BBM di RPM atas, jadi seperti tenaga dicekik habis

Tapi puas kok 2GD lari sampai 140 sd 150 d toll trans jawa, hitungannya sudah nyalip2x yg lain.
tetep klo akselerasi, nett power dan torque figure 2KD lebih kecil, walau lebih steady :big_grin: biar dikata bobotnya nambah 200kg tapi torque nya bisa compensate nambah 100Nm dari sebelumnya :mky_03:

2KD kalo nanjak daerah Trawas saya rasa tetep perlu agak di push ya baru masi bisa accel yang mayan. Tetep ada berasa feel berat nya.

Ibarat kata kalo daily commute cuma main 1750 rpm an udah bisa cruise naikin kecepatan santai, ini perlu di maintain ke 2500 rpm an buat ngedorong dengan pace yang agak mendingan. Masih masuk range torsi maksimum nya yang AT sih, ya yang MT range torsi nya agak wow juga meskipun soal angka sebetulnya di downrate cukup jauh.

Belum lagi kalo naikan yang tinggi nya agak ngga waras gitu terus sebelumnya speed agak kencang, begitu masuk tanjakan berasa ga kuat rpm drop di gigi 2 dan tiba" langsung accel kuat begitu melorot ke gigi 1. Ya emang karakter 4AT sih yang pasti sering shifting gear one-two-one-two till u threw (up) wkwk.
2021 W101RE LBVFJ
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by ChZ »

Mercer29 wrote: Fri Feb 25, 2022 3:59

2KD kalo nanjak daerah Trawas saya rasa tetep perlu agak di push ya baru masi bisa accel yang mayan. Tetep ada berasa feel berat nya.

Ibarat kata kalo daily commute cuma main 1750 rpm an udah bisa cruise naikin kecepatan santai, ini perlu di maintain ke 2500 rpm an buat ngedorong dengan pace yang agak mendingan. Masih masuk range torsi maksimum nya yang AT sih, ya yang MT range torsi nya agak wow juga meskipun soal angka sebetulnya di downrate cukup jauh.

Belum lagi kalo naikan yang tinggi nya agak ngga waras gitu terus sebelumnya speed agak kencang, begitu masuk tanjakan berasa ga kuat rpm drop di gigi 2 dan tiba" langsung accel kuat begitu melorot ke gigi 1. Ya emang karakter 4AT sih yang pasti sering shifting gear one-two-one-two till u threw (up) wkwk.
persis ni mbah dulu saya jg pernah rasain di daerah trawas jg pernah sekali tuker sama 2KD temen pikir enak kan diesel buat nanjak2 gini torsinya 260Nm vs grobak susuki ane yang keberatan body. lha kok tidak sesuai ekspektasi tetep gasnya musti agak ditekan biar enak :ungg:

klo gasnya kekecilan kadang lah malah loyo turbo blm spool udah naik gigi. dibejeg lagi turunnya agak lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by NYoman »

trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 3:40
ChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 2:39
trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 2:16
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama :big_biglaugh:
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur :wkkk:
klo transmisi CVTnya, beda.

CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.

engine nya, veloz/avanza/xenia 2NRVE iron block
yaris, sienta 2NRFE aluminium block

eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).



ngeden juga :upss:
D cvt tadinya berharap datsun cvt ternyata daihatsu cvt :mky_03:


Btw cvt toyota yaris memang busuk sih, bener2 lifeless
Cuma kalau iritnya acungin jempol deh kalau cruise di tol :big_peace:


O beda silinder jg kirain detune doang
Dah cobain raize 1.0t temen jalan d kompleks,tenaga bawahnya ga sesuai ekpetasi. Entah kalau turbonya uda nyala y mungkin baru kerasa

Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek

**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
Saya sendiri pakai CVT nya Yaris/Sienta ga ada masalah sama nanjak di slope sih gak ada kata gak bisa nanjak walau isi full.. Secara mobil2 ini udah saya pakai di pergunungan area buleleng yang curam nya macam candi ceto makanya saya berani bilang.. Dari yang saya baca dan sy sebutkan sebelumnya, DCVT ini jauh dari milik Toyota di direct shift CVT nya, DCVT ini memang di desain untuk keicar dan di desain agar lebih simpel dari direct shift CVT Toyota.. Up to 150Nm atau di artikelnya Daihatsu sendiri disebutkan juga Can be use for car up to 1500cc yg mana kelihatan sekali kalau ngehold torsi mesin nya yg badak di menengah dan ini gak terjadi di Yaris/Sienta yg CVT nya bolot tapi gak hold torsi mesin nya..

DCVT nya Daihatsu ini agak beda sih, dia punya walau punya 1st gear tetep gak akan ngelock karena gak bener2 pakai gir itu 100% masih ikut belt juga, sedangkan Direct Shift Toyota bener2 masuk ke 1st physical gear dan hold disana tanpa pakai belt nya.. Teknologinya lebih advance dan complicated kalau mau di buat murah oleh Daihatsu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?

Post by Mercer29 »

ChZ wrote: Fri Feb 25, 2022 4:04
persis ni mbah dulu saya jg pernah rasain di daerah trawas jg pernah sekali tuker sama 2KD temen pikir enak kan diesel buat nanjak2 gini torsinya 260Nm vs grobak susuki ane yang keberatan body. lha kok tidak sesuai ekspektasi tetep gasnya musti agak ditekan biar enak :ungg:

klo gasnya kekecilan kadang lah malah loyo turbo blm spool udah naik gigi. dibejeg lagi turunnya agak lama.

Yup kalo soal akselerasi di tanjakan rasanya tetep sama aja sih, paling bedanya ya range main rpm buat acceleration rate yang sama kalo dibanding sama typical gasoline NA yang mesti jauh lebih teriak. Mau main kenceng" di tanjakan juga salah kalo cari 2KD standar, pergi nya ke 2GD.
Cuma di level road ya jelas torque punch untuk initial take-off nya gabisa disamain, buat saya enakan 2KD dibanding bensin non-turbo :mky_02:
NYoman wrote: Sun Feb 27, 2022 4:59
Saya sendiri pakai CVT nya Yaris/Sienta ga ada masalah sama nanjak di slope sih gak ada kata gak bisa nanjak walau isi full.. Secara mobil2 ini udah saya pakai di pergunungan area buleleng yang curam nya macam candi ceto makanya saya berani bilang.. Dari yang saya baca dan sy sebutkan sebelumnya, DCVT ini jauh dari milik Toyota di direct shift CVT nya, DCVT ini memang di desain untuk keicar dan di desain agar lebih simpel dari direct shift CVT Toyota.. Up to 150Nm atau di artikelnya Daihatsu sendiri disebutkan juga Can be use for car up to 1500cc yg mana kelihatan sekali kalau ngehold torsi mesin nya yg badak di menengah dan ini gak terjadi di Yaris/Sienta yg CVT nya bolot tapi gak hold torsi mesin nya..

DCVT nya Daihatsu ini agak beda sih, dia punya walau punya 1st gear tetep gak akan ngelock karena gak bener2 pakai gir itu 100% masih ikut belt juga, sedangkan Direct Shift Toyota bener2 masuk ke 1st physical gear dan hold disana tanpa pakai belt nya.. Teknologinya lebih advance dan complicated kalau mau di buat murah oleh Daihatsu..

Sebetulnya cap limitasi torsi yang mereka taruh di 150 Nm saya rasa lebih menyangkut hardware capability transmisi nya untuk mentransfer tenaga dari mesin sih om. Ini seperti video Hondata R&D soal limitasi CVT di Civic FK yang akhirnya slip dan total breakdown karena tuning yang over-torqued.

Kelemahan mendasar dari CVT ini untuk performance applications ya setau saya ngga jauh" dari clamping pressure di conical pulley ke belt untuk mencegah terjadinya slip saat transfer tenaga. Mirip" dengan clamping force kopling ke flywheel di transmisi manual, kalo misalnya tenaga mesin dinaikkan kadang kopling jadi slip tuh, nah di transmisi CVT juga mirip seperti ini.

Masalah tambahannya adalah pulley ini juga bisa bergerak sliding untuk ngatur rasio gigi transmisi, dan mekanisme untuk provide tekanan clamp dari pulley ke belt pun jadi makin besar (dan makin rumit juga, saya kurang tau jelas hehe). Jadinya CVT secara fundamental juga terbatasi untuk high-torque applications karena semakin di upscale size nya semakin ngga practical. Nah ini yang saya rasa jadi patokan ukur mereka waktu nge-set batas torsi.

Ngomong" Jatco CVT7 (yang konon dipake di Xpander) juga implementasi semacam sistem planetary gear gini untuk memperlebar range rasio gigi om. Merujuk data spesifikasi range rasio gigi nya dia juga sama dengan Daihatsu D-CVT ini, cuma cara kerja planetary nya yang agak beda aja.
2021 W101RE LBVFJ