Sudah jadi dicoba blm Om ? Soalnya pernah baca dimana waktu itu, katanya kalo Honda nggak ada jual bushing rack steer yg orisinil. Tapi di marketplace malah banyak yg jual bushingnya dan di klaim barang oririizv89 wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 14:37Next mau coba ini om, mereka rekondisi dipotongkan dari teflon panjang lalu di potong seukuran bushing rack steer.Escaflowne wrote:Kasus yg sama dengan saya om, kena rack steer jazz gk5, saya rekondisi spt om, setelah itu setir jadi berat dan tidak berbalik sempurna saat u turn. Pemakaian selama 6 bulan tidak berubah dari awal rekondisi.
Nah klo coba ini, akankah bisa kembali normal. 3 bulan lg ane mo coba.. hihiScreenshot_20230303-213512.jpg
Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Thu Oct 16, 2008 3:34
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 506
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Karena liat thread ini, akhirnya saya nyoba pergi ke Wawan Berkah Jaya krn kaki" agya saya jadi bunyi klutuk" setelah ganti kopling set.
Saya datang jam 9 lebih dikit, masih belum ada pelanggan. Ada 1 mas" menghampiri saya, tanya keluhannya apa. Saya jelaskan, kemudian si masnya langsung request ke saya utk test drive (saya yg nyetir, masnya di sebelah saya) biar ketahuan bunyinya seperti apa. Setelah test drive, diperkirakan racksteer nya udah oblak.
Mobil saya langsung dibongkar bagian depannya, nggak lama si masnya manggil saya utk ngasih tau bagian apa saja yg rusak. Dia tunjukin apa saja yg sudah melemah, sekiranya ada racksteer, longtierod, tierod, balljoint & bushing arm. Akhirnya diestimasi semua untuk pengerjaan repair racksteer, ganti longtierod - tierod - balljoint - bushing arm kena 2,3JT (setelah nego 100rb wkwkwk)
OK lah menurut saya harganya masuk akal, mobil langsung dikerjain & saya dikasih aqua botol 600ml & kopi anget. Jam 11.30 mobil sudah selesai, langsung dibawa test drive sama 1 orang mekaniknya (tanpa saya) trus dinyatakan mobil sudah OK. Dan memang bunyi2an tadi sudah hilang sepenuhnya, bantingan mobil jadi kerasa lebih 'solid' gubraknya ngga kaya mau rontok lagi. Cuma minusnya, karena rack steer direpair jadi stirnya jadi berat & stirnya susah balik ke tengah lagi (harus dibantu puter pake tangan sendiri). Tapi hal ini sudah dimention oleh si masnya, jadinya saya ga masalah.
Overall saya puas sama pelayanannya, dan dia juga kasih garansi 1 tahun. Pelayanannya bagus, mekanik ga asal nembak, informatif & harga masuk akal. Recommended
Saya datang jam 9 lebih dikit, masih belum ada pelanggan. Ada 1 mas" menghampiri saya, tanya keluhannya apa. Saya jelaskan, kemudian si masnya langsung request ke saya utk test drive (saya yg nyetir, masnya di sebelah saya) biar ketahuan bunyinya seperti apa. Setelah test drive, diperkirakan racksteer nya udah oblak.
Mobil saya langsung dibongkar bagian depannya, nggak lama si masnya manggil saya utk ngasih tau bagian apa saja yg rusak. Dia tunjukin apa saja yg sudah melemah, sekiranya ada racksteer, longtierod, tierod, balljoint & bushing arm. Akhirnya diestimasi semua untuk pengerjaan repair racksteer, ganti longtierod - tierod - balljoint - bushing arm kena 2,3JT (setelah nego 100rb wkwkwk)
OK lah menurut saya harganya masuk akal, mobil langsung dikerjain & saya dikasih aqua botol 600ml & kopi anget. Jam 11.30 mobil sudah selesai, langsung dibawa test drive sama 1 orang mekaniknya (tanpa saya) trus dinyatakan mobil sudah OK. Dan memang bunyi2an tadi sudah hilang sepenuhnya, bantingan mobil jadi kerasa lebih 'solid' gubraknya ngga kaya mau rontok lagi. Cuma minusnya, karena rack steer direpair jadi stirnya jadi berat & stirnya susah balik ke tengah lagi (harus dibantu puter pake tangan sendiri). Tapi hal ini sudah dimention oleh si masnya, jadinya saya ga masalah.
Overall saya puas sama pelayanannya, dan dia juga kasih garansi 1 tahun. Pelayanannya bagus, mekanik ga asal nembak, informatif & harga masuk akal. Recommended
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Om mau tanya, saya pernah tanya ke mekanik bengkel terkait dengan rekondisi rack steer.
1. Katanya kalo racksteer yang power steeringnya pakai hydraulic power steering tidak bisa direkondisi ya racksteernya? hanya bsa di rekondisi yg pakai EPS? Untuk innova 2007 bisa kah di rekondisi rack steernya? karna saat mau spooring di bengkel BOS mekanik sarankan untuk rekondisi racksteer dlu baru bisa di spooring.
2. Jika racksteer di rekondisi, katanya stir mobil pasti jadi lebih berat ya dan pada saat belok setir tidak bisa lurus sendiri?
3. Adakah rekomendasi bengkel yang jual rack steer aftermarket?
terima kasih
1. Katanya kalo racksteer yang power steeringnya pakai hydraulic power steering tidak bisa direkondisi ya racksteernya? hanya bsa di rekondisi yg pakai EPS? Untuk innova 2007 bisa kah di rekondisi rack steernya? karna saat mau spooring di bengkel BOS mekanik sarankan untuk rekondisi racksteer dlu baru bisa di spooring.
2. Jika racksteer di rekondisi, katanya stir mobil pasti jadi lebih berat ya dan pada saat belok setir tidak bisa lurus sendiri?
3. Adakah rekomendasi bengkel yang jual rack steer aftermarket?
terima kasih
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Sep 07, 2022 10:04
- Location: CILEGON
- Daily Vehicle: Yaris
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Jangan rekondisi kalau rakstir, pengalaman langsung rusak lagi. Kapok. Mau itu spesialis kaki atau apalah.midrpm wrote: ↑Sun Feb 04, 2024 6:07 Om mau tanya, saya pernah tanya ke mekanik bengkel terkait dengan rekondisi rack steer.
1. Katanya kalo racksteer yang power steeringnya pakai hydraulic power steering tidak bisa direkondisi ya racksteernya? hanya bsa di rekondisi yg pakai EPS? Untuk innova 2007 bisa kah di rekondisi rack steernya? karna saat mau spooring di bengkel BOS mekanik sarankan untuk rekondisi racksteer dlu baru bisa di spooring.
2. Jika racksteer di rekondisi, katanya stir mobil pasti jadi lebih berat ya dan pada saat belok setir tidak bisa lurus sendiri?
3. Adakah rekomendasi bengkel yang jual rack steer aftermarket?
terima kasih
Kalau mau beli aftermarket ke futz atau unopart.id harga 1.6an jt lah. Belum sama jasa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Pengalaman saya pribadi sih daripada rekondisi (atau bahasa bengkelnya di"press") mending ganti aja tapi pakai merk aftermarket, macam 555, Aisin, RBI. Sama kalau komponen kaki2 di online terus ngakunya Genuine Parts itu banyakan yg palsunya, makanya saya prefer pakai merk aftermarket saja (meskipun yg merk 555 juga banyak palsunya).
Pengalaman di Vios Gen 2:
Akhir 2020 ganti:
- Shockbreaker depan dan belakang pakai ori, beli online tapi di dus shockbreakernya masih ada sticker picking order dari TAM.
- Bearing support shock depan dan belakang pakai ori beli online juga, kalau diperhatikan sih harusnya ori beneran
- Support shockbreaker depan, beli online pakai merk RC. ini ga awet banget, ga sampai sebulan udah mulai bunyi lagi. kalau untuk karet2 saran saya pakai RBI aja harganya masih murah dibanding Ori tapi lumayan awet.
- Bushing arm besar, gatau sama bengkelnya diganti pakai merk apa soalnya bengkel yg belanja mana mahal banget lagi 250rb/pcs
- Link Stabilizer depan pakai 555 beli online
kurang puas sih sama bengkelnya, mana ongkosnya juga mahal (500ribu ongkos bongkar pasangya, ongkos press bushing ke lower arm 50rb per titik)
Di Akhir 2022 mulai bunyi-bunyi lagi itu, pas cek shock breaker depan banyak bubuk2 pink gitu ternyata stopper shock depan udah aus jua.
Akhirnya ganti support shockbreaker depan pakai RBI beli online, bearing support beli online bilangnya ori (ada merknya SKF), dan stopper shockbreaker ori online juga. Pasang di bengkel ditech injection bandung kena ongkos 350rb, pas dicek shock depan masih lumayan oke lah ya, tapi terlihat boot CV joint mulai sobek. Karena keterbatasan dana saat itu jadilah dipending dulu sambil berharap itu CV joint ga kenapa2 dulu
Pas tengah tahun 2023 mulai bunyi lagi, ternyata link stabilizer sudah mulai meler grease karena karetnya ada yg sobek, dan bushing arm besar juga udah sobek. AKhirnya Agustus 2023 meremajakan lagi kaki-kaki, tapi ini sekalian aja karena mumpung banyak bongkarnya. Yang diganti saat itu
- link stabilizer depan pakai Aisin, beli online di main distributornya Aisin.
- Ball Joint pakai Aisin, beli online bareng link stabilizer.
- Bushing arm besar dan kecil pakai RBI beli online, kalau lihat yg bushing kecil sih belum sampai sobek ya tapi sekalian aja ganti biar sekalian bongkarnya.
- Boot CV Joint, untuk yg outer ganti RBI tapi yg inner pakai Seiken karena RBI yg dibeli salah kirim dari tokonya. Pas cek harga Seiken di bengkel dan online masih mirip, jadi oke lah ini bengkelnya ga banyak ambil untung dari spare part.
- Grease CV Joint beli online merk Nippon Grease.
Pas dibongkar dan dicek, ternyata tie rod sudah lemah juga. akhirnya diganti tie rod dan long tie rod pakai 555, kalau cek harga online masih wajar ya selisihnya.
Sama dia nyaranin shock depan diservis karena sudah mulai lemah, ya saya coba aja deh servis di 350rb untuk kedua shock depan. Kalau ternyata awet ya untung, kalau ngga yaudah emang udah lumayan lama juga. Alhamdulillah CV Joint juga masih aman padahal itu geasenya udah nyiprat kemana2 karena karetnya udah parah sobeknya
Ongkos bongkar pasang 450rb, kemudian press pasang bushing arm di 35rb per titik. Total Spare Parts + Jasa di sekitar 3,7 jutaan
Sampai sekarang udah jalan 6 bulan masih nyaman ya, ga ada bunyi2 dari kaki2nya. Mudah2an ini lebih awet dari yang sebelumnya yang baru 2 minggu udah ada bunyi2 lagi
Pengalaman di Vios Gen 2:
Akhir 2020 ganti:
- Shockbreaker depan dan belakang pakai ori, beli online tapi di dus shockbreakernya masih ada sticker picking order dari TAM.
- Bearing support shock depan dan belakang pakai ori beli online juga, kalau diperhatikan sih harusnya ori beneran
- Support shockbreaker depan, beli online pakai merk RC. ini ga awet banget, ga sampai sebulan udah mulai bunyi lagi. kalau untuk karet2 saran saya pakai RBI aja harganya masih murah dibanding Ori tapi lumayan awet.
- Bushing arm besar, gatau sama bengkelnya diganti pakai merk apa soalnya bengkel yg belanja mana mahal banget lagi 250rb/pcs
- Link Stabilizer depan pakai 555 beli online
kurang puas sih sama bengkelnya, mana ongkosnya juga mahal (500ribu ongkos bongkar pasangya, ongkos press bushing ke lower arm 50rb per titik)
Di Akhir 2022 mulai bunyi-bunyi lagi itu, pas cek shock breaker depan banyak bubuk2 pink gitu ternyata stopper shock depan udah aus jua.
Akhirnya ganti support shockbreaker depan pakai RBI beli online, bearing support beli online bilangnya ori (ada merknya SKF), dan stopper shockbreaker ori online juga. Pasang di bengkel ditech injection bandung kena ongkos 350rb, pas dicek shock depan masih lumayan oke lah ya, tapi terlihat boot CV joint mulai sobek. Karena keterbatasan dana saat itu jadilah dipending dulu sambil berharap itu CV joint ga kenapa2 dulu
Pas tengah tahun 2023 mulai bunyi lagi, ternyata link stabilizer sudah mulai meler grease karena karetnya ada yg sobek, dan bushing arm besar juga udah sobek. AKhirnya Agustus 2023 meremajakan lagi kaki-kaki, tapi ini sekalian aja karena mumpung banyak bongkarnya. Yang diganti saat itu
- link stabilizer depan pakai Aisin, beli online di main distributornya Aisin.
- Ball Joint pakai Aisin, beli online bareng link stabilizer.
- Bushing arm besar dan kecil pakai RBI beli online, kalau lihat yg bushing kecil sih belum sampai sobek ya tapi sekalian aja ganti biar sekalian bongkarnya.
- Boot CV Joint, untuk yg outer ganti RBI tapi yg inner pakai Seiken karena RBI yg dibeli salah kirim dari tokonya. Pas cek harga Seiken di bengkel dan online masih mirip, jadi oke lah ini bengkelnya ga banyak ambil untung dari spare part.
- Grease CV Joint beli online merk Nippon Grease.
Pas dibongkar dan dicek, ternyata tie rod sudah lemah juga. akhirnya diganti tie rod dan long tie rod pakai 555, kalau cek harga online masih wajar ya selisihnya.
Sama dia nyaranin shock depan diservis karena sudah mulai lemah, ya saya coba aja deh servis di 350rb untuk kedua shock depan. Kalau ternyata awet ya untung, kalau ngga yaudah emang udah lumayan lama juga. Alhamdulillah CV Joint juga masih aman padahal itu geasenya udah nyiprat kemana2 karena karetnya udah parah sobeknya
Ongkos bongkar pasang 450rb, kemudian press pasang bushing arm di 35rb per titik. Total Spare Parts + Jasa di sekitar 3,7 jutaan
Sampai sekarang udah jalan 6 bulan masih nyaman ya, ga ada bunyi2 dari kaki2nya. Mudah2an ini lebih awet dari yang sebelumnya yang baru 2 minggu udah ada bunyi2 lagi
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1173
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Wah ini mirip Yaris yaa berarti partnya, kalo saya kemarin beli shock depan ori 1.55jt, belakang ori 950rb, support shock depan pakai merk Todai made in tangerang wkwk (empuk, murah dan awet) rekomendasi toko parts toyota di cempaka mas, jangan beli merk trivindo, keras, fabber juga rekomen. Stopper merk RBI, lower arm set kanan merk Heiker 550rb, yg kiri karet bushing besarnya dah mulai rusak sama ball joint udah saya press, next ganti merk heiker aja biar samaan sama yg kananazu wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 4:26 Pengalaman saya pribadi sih daripada rekondisi (atau bahasa bengkelnya di"press") mending ganti aja tapi pakai merk aftermarket, macam 555, Aisin, RBI. Sama kalau komponen kaki2 di online terus ngakunya Genuine Parts itu banyakan yg palsunya, makanya saya prefer pakai merk aftermarket saja (meskipun yg merk 555 juga banyak palsunya).
Pengalaman di Vios Gen 2:
Akhir 2020 ganti:
- Shockbreaker depan dan belakang pakai ori, beli online tapi di dus shockbreakernya masih ada sticker picking order dari TAM.
- Bearing support shock depan dan belakang pakai ori beli online juga, kalau diperhatikan sih harusnya ori beneran
- Support shockbreaker depan, beli online pakai merk RC. ini ga awet banget, ga sampai sebulan udah mulai bunyi lagi. kalau untuk karet2 saran saya pakai RBI aja harganya masih murah dibanding Ori tapi lumayan awet.
- Bushing arm besar, gatau sama bengkelnya diganti pakai merk apa soalnya bengkel yg belanja mana mahal banget lagi 250rb/pcs
- Link Stabilizer depan pakai 555 beli online
kurang puas sih sama bengkelnya, mana ongkosnya juga mahal (500ribu ongkos bongkar pasangya, ongkos press bushing ke lower arm 50rb per titik)
Di Akhir 2022 mulai bunyi-bunyi lagi itu, pas cek shock breaker depan banyak bubuk2 pink gitu ternyata stopper shock depan udah aus jua.
Akhirnya ganti support shockbreaker depan pakai RBI beli online, bearing support beli online bilangnya ori (ada merknya SKF), dan stopper shockbreaker ori online juga. Pasang di bengkel ditech injection bandung kena ongkos 350rb, pas dicek shock depan masih lumayan oke lah ya, tapi terlihat boot CV joint mulai sobek. Karena keterbatasan dana saat itu jadilah dipending dulu sambil berharap itu CV joint ga kenapa2 dulu
Pas tengah tahun 2023 mulai bunyi lagi, ternyata link stabilizer sudah mulai meler grease karena karetnya ada yg sobek, dan bushing arm besar juga udah sobek. AKhirnya Agustus 2023 meremajakan lagi kaki-kaki, tapi ini sekalian aja karena mumpung banyak bongkarnya. Yang diganti saat itu
- link stabilizer depan pakai Aisin, beli online di main distributornya Aisin.
- Ball Joint pakai Aisin, beli online bareng link stabilizer.
- Bushing arm besar dan kecil pakai RBI beli online, kalau lihat yg bushing kecil sih belum sampai sobek ya tapi sekalian aja ganti biar sekalian bongkarnya.
- Boot CV Joint, untuk yg outer ganti RBI tapi yg inner pakai Seiken karena RBI yg dibeli salah kirim dari tokonya. Pas cek harga Seiken di bengkel dan online masih mirip, jadi oke lah ini bengkelnya ga banyak ambil untung dari spare part.
- Grease CV Joint beli online merk Nippon Grease.
Pas dibongkar dan dicek, ternyata tie rod sudah lemah juga. akhirnya diganti tie rod dan long tie rod pakai 555, kalau cek harga online masih wajar ya selisihnya.
Sama dia nyaranin shock depan diservis karena sudah mulai lemah, ya saya coba aja deh servis di 350rb untuk kedua shock depan. Kalau ternyata awet ya untung, kalau ngga yaudah emang udah lumayan lama juga. Alhamdulillah CV Joint juga masih aman padahal itu geasenya udah nyiprat kemana2 karena karetnya udah parah sobeknya
Ongkos bongkar pasang 450rb, kemudian press pasang bushing arm di 35rb per titik. Total Spare Parts + Jasa di sekitar 3,7 jutaan
Sampai sekarang udah jalan 6 bulan masih nyaman ya, ga ada bunyi2 dari kaki2nya. Mudah2an ini lebih awet dari yang sebelumnya yang baru 2 minggu udah ada bunyi2 lagi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Yaris Bakpau om? Bukan mirip lagi, itu mah sama malahant105erd wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 5:22
Wah ini mirip Yaris yaa berarti partnya, kalo saya kemarin beli shock depan ori 1.55jt, belakang ori 950rb, support shock depan pakai merk Todai made in tangerang wkwk (empuk, murah dan awet) rekomendasi toko parts toyota di cempaka mas, jangan beli merk trivindo, keras, fabber juga rekomen. Stopper merk RBI, lower arm set kanan merk Heiker 550rb, yg kiri karet bushing besarnya dah mulai rusak sama ball joint udah saya press, next ganti merk heiker aja biar samaan sama yg kanan
Shockbreaker dulu saya beli harganya mirip2 om, itu awet lah 3 tahun ga bocor kalau di saya.
Heiker dan Faber itu satu importir, kalau saya pribadi sih lebih sreg sama RBI utk part karet dan 555 atau Aisin utk joint
Sebenarnya yg sudah sobek parah itu yg busing besar kanan, yg kiri belum terlalu parah. Bushing kecil dan ball joint masih keliatan oke malah, tapi saya ganti aja sekalian semua biar repot dan ongkosnya sekali aja daripada bulak balik bengkel nantinyadan biasanya itu umur pakainya antar komponennya ga akan jauh beda
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1173
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
iya masa support shock original harganya 700-800rb udah kaya harga shock ori innovaazu wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 5:57Yaris Bakpau om? Bukan mirip lagi, itu mah sama malahant105erd wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 5:22
Wah ini mirip Yaris yaa berarti partnya, kalo saya kemarin beli shock depan ori 1.55jt, belakang ori 950rb, support shock depan pakai merk Todai made in tangerang wkwk (empuk, murah dan awet) rekomendasi toko parts toyota di cempaka mas, jangan beli merk trivindo, keras, fabber juga rekomen. Stopper merk RBI, lower arm set kanan merk Heiker 550rb, yg kiri karet bushing besarnya dah mulai rusak sama ball joint udah saya press, next ganti merk heiker aja biar samaan sama yg kanan
Shockbreaker dulu saya beli harganya mirip2 om, itu awet lah 3 tahun ga bocor kalau di saya.
Heiker dan Faber itu satu importir, kalau saya pribadi sih lebih sreg sama RBI utk part karet dan 555 atau Aisin utk joint
Sebenarnya yg sudah sobek parah itu yg busing besar kanan, yg kiri belum terlalu parah. Bushing kecil dan ball joint masih keliatan oke malah, tapi saya ganti aja sekalian semua biar repot dan ongkosnya sekali aja daripada bulak balik bengkel nantinyadan biasanya itu umur pakainya antar komponennya ga akan jauh beda
tadi mau cari merk RBI cuma lagi ga ada, adanya karet stoppernya doang, jadilah pakai merk Todai wkwk. Oke deh next kita cari part kaki2 merk aisin buat stok link stabilizer sama tie rod, tapi ini merk heiker juga keren loh, pakai hampir 2 tahun terakhir dibongkar masih kenceng ball joint dan karet bushingnya, lagi mikir yang kiri mau saya ganti 1 set lower arm heiker atau ganti balljoint dan bushingnya aja. Kalo tierod rusak ciri nya apa yah om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
mentang-mentang generasi Yaris/Vios ini mobil global market, jadi harga support shocknya juga mahal banget mana cuma karet doangt105erd wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 0:08
iya masa support shock original harganya 700-800rb udah kaya harga shock ori innova
tadi mau cari merk RBI cuma lagi ga ada, adanya karet stoppernya doang, jadilah pakai merk Todai wkwk. Oke deh next kita cari part kaki2 merk aisin buat stok link stabilizer sama tie rod, tapi ini merk heiker juga keren loh, pakai hampir 2 tahun terakhir dibongkar masih kenceng ball joint dan karet bushingnya, lagi mikir yang kiri mau saya ganti 1 set lower arm heiker atau ganti balljoint dan bushingnya aja. Kalo tierod rusak ciri nya apa yah om?
beda dengan generasi berikutnya yang harga support shock ori cuma di 300ribuan karena model spesifik untuk Asia Tenggara saja hahaha
kalo om cocok dengan heiker sih pakai lagi aja om
kalau kondisi lower arm orinya masih bagus sih saran saya pakai yang ori aja om ganti bushing dan balljointnya saja
tie rod kurang bagus bisa dilihat sih om dari joint yg dipasang ke steering knucklenya om, mirip2 dengan ball joint dia bakal lemes/ga keras menahan lagi.. kalau udah parah kerasa di setir speleng/play-nya jadi besar dan jadi susah atau bahkan tidak bisa dispooring
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Thank you om, klo di futz atrium senen itu mereka pakai mekanik sendiri atau mekanik freelance ya untuk jasa bongkar pasangnya?yudhabeta wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:23Jangan rekondisi kalau rakstir, pengalaman langsung rusak lagi. Kapok. Mau itu spesialis kaki atau apalah.midrpm wrote: ↑Sun Feb 04, 2024 6:07 Om mau tanya, saya pernah tanya ke mekanik bengkel terkait dengan rekondisi rack steer.
1. Katanya kalo racksteer yang power steeringnya pakai hydraulic power steering tidak bisa direkondisi ya racksteernya? hanya bsa di rekondisi yg pakai EPS? Untuk innova 2007 bisa kah di rekondisi rack steernya? karna saat mau spooring di bengkel BOS mekanik sarankan untuk rekondisi racksteer dlu baru bisa di spooring.
2. Jika racksteer di rekondisi, katanya stir mobil pasti jadi lebih berat ya dan pada saat belok setir tidak bisa lurus sendiri?
3. Adakah rekomendasi bengkel yang jual rack steer aftermarket?
terima kasih
Kalau mau beli aftermarket ke futz atau unopart.id harga 1.6an jt lah. Belum sama jasa
Jujur aja saya blm pernah sama sekali rekondisi kaki2 mobil, karena tiap mau ke bengkel rekondisi selalu cek dlu review2nya dan semuanya ada keluhan mulai dari bengkel macem jantra, uban, lili haji nawi, ddr. Kalo di cek reviewnya di bengkel2 tsb pasti ada aja masalahnya mulai dari rusak lg dalam waktu dekat sampai harganya yang terlalu mahal.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1173
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
beli parts nya aja, pasang di mbah marmut yg pasti sesuai SOP, kalo pasang disana mah mekanik tembak kadang ngencengin bautnya ga kira2midrpm wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 5:52Thank you om, klo di futz atrium senen itu mereka pakai mekanik sendiri atau mekanik freelance ya untuk jasa bongkar pasangnya?yudhabeta wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:23Jangan rekondisi kalau rakstir, pengalaman langsung rusak lagi. Kapok. Mau itu spesialis kaki atau apalah.midrpm wrote: ↑Sun Feb 04, 2024 6:07 Om mau tanya, saya pernah tanya ke mekanik bengkel terkait dengan rekondisi rack steer.
1. Katanya kalo racksteer yang power steeringnya pakai hydraulic power steering tidak bisa direkondisi ya racksteernya? hanya bsa di rekondisi yg pakai EPS? Untuk innova 2007 bisa kah di rekondisi rack steernya? karna saat mau spooring di bengkel BOS mekanik sarankan untuk rekondisi racksteer dlu baru bisa di spooring.
2. Jika racksteer di rekondisi, katanya stir mobil pasti jadi lebih berat ya dan pada saat belok setir tidak bisa lurus sendiri?
3. Adakah rekomendasi bengkel yang jual rack steer aftermarket?
terima kasih
Kalau mau beli aftermarket ke futz atau unopart.id harga 1.6an jt lah. Belum sama jasa
Jujur aja saya blm pernah sama sekali rekondisi kaki2 mobil, karena tiap mau ke bengkel rekondisi selalu cek dlu review2nya dan semuanya ada keluhan mulai dari bengkel macem jantra, uban, lili haji nawi, ddr. Kalo di cek reviewnya di bengkel2 tsb pasti ada aja masalahnya mulai dari rusak lg dalam waktu dekat sampai harganya yang terlalu mahal.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Klo ke mbak marmut sepertinya jarak cukup jauh, maklum masih nguli sehari-hari tp pasti kualitas terjamin ya hehehet105erd wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 5:57beli parts nya aja, pasang di mbah marmut yg pasti sesuai SOP, kalo pasang disana mah mekanik tembak kadang ngencengin bautnya ga kira2midrpm wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 5:52Thank you om, klo di futz atrium senen itu mereka pakai mekanik sendiri atau mekanik freelance ya untuk jasa bongkar pasangnya?
Jujur aja saya blm pernah sama sekali rekondisi kaki2 mobil, karena tiap mau ke bengkel rekondisi selalu cek dlu review2nya dan semuanya ada keluhan mulai dari bengkel macem jantra, uban, lili haji nawi, ddr. Kalo di cek reviewnya di bengkel2 tsb pasti ada aja masalahnya mulai dari rusak lg dalam waktu dekat sampai harganya yang terlalu mahal.
-
- SM Moderator
- Posts: 1259
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Setau sayamidrpm wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 6:04Klo ke mbak marmut sepertinya jarak cukup jauh, maklum masih nguli sehari-hari tp pasti kualitas terjamin ya hehehet105erd wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 5:57beli parts nya aja, pasang di mbah marmut yg pasti sesuai SOP, kalo pasang disana mah mekanik tembak kadang ngencengin bautnya ga kira2midrpm wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 5:52
Thank you om, klo di futz atrium senen itu mereka pakai mekanik sendiri atau mekanik freelance ya untuk jasa bongkar pasangnya?
Jujur aja saya blm pernah sama sekali rekondisi kaki2 mobil, karena tiap mau ke bengkel rekondisi selalu cek dlu review2nya dan semuanya ada keluhan mulai dari bengkel macem jantra, uban, lili haji nawi, ddr. Kalo di cek reviewnya di bengkel2 tsb pasti ada aja masalahnya mulai dari rusak lg dalam waktu dekat sampai harganya yang terlalu mahal.
itu om" lho om.marmut
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11068
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
dipanggil mbak....
kalo pajang foto anu buat pembuktian nanti saya ditendang pak bos + kena UU ITE.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- SM Moderator
- Posts: 1259
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11068
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
karena disuruh sama mod, apa mau dikata.....
jangan diputer 180° !
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Kalau kasus breakdown rakstir hydraulic dmn assy racksteering belasan juta original jpn compared recon cost 20% masih berbaloi istilah kata cikgu. Kalau model baru HPS brand new original non OEM dikisaran 5 jt ya replace saja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1436
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
om,
kalo muter setir pelan pas mau belok terus bunyi "dung", ini kasusnya di area seputar ban kiri depan, kira-kira yang bermasalah komponen apa di kaki-kakinya ya?
unitnya CRV turbo
kalo muter setir pelan pas mau belok terus bunyi "dung", ini kasusnya di area seputar ban kiri depan, kira-kira yang bermasalah komponen apa di kaki-kakinya ya?
unitnya CRV turbo
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue May 14, 2024 2:31
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harley Davidson
Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?
Salam
Kalau menurut saya worth it aja, sesuai kebutuhan dan kemampuan. Kalau ganti sparepart sekarang mau yg katanya ori juga gak se awet sparepart bawaan mobil baru, dan parts KW juga banyak yg lumayan tapi untung’2an. Biasa nya kalau service rekondisi garansi bisa 1 tahun, kalau pun setelah 1 tahun harus service lagi dan keluar biaya menurut saya tetep lebih murah dari beli parts baru (Kualitas Bagus no KW abal’2)
Sekarang beli part ori kayak shock harga nya bisa 3-4 kali lipat biaya rekondisi dan ketahanan rata’2 cuma 2-3 tahun saja, beda sama shock bawaan mobil dari baru.
Saya pernah ke bengkel mobil CEK KAKI di Jagakarsa Jaksel, dekat dr Depok juga, saat cek di estimasi mekanik nya jujur dan harga gak getok. Pantas bengkel nya lumayan ramai. Review ulasan dari pelanggan nya juga bagus.. dan kita di kasih lihat fisik parts yg rusak dan masih bagus kayak apa.
Cek doang Gratis ruang tunggu nya juga nyaman
Kalau menurut saya worth it aja, sesuai kebutuhan dan kemampuan. Kalau ganti sparepart sekarang mau yg katanya ori juga gak se awet sparepart bawaan mobil baru, dan parts KW juga banyak yg lumayan tapi untung’2an. Biasa nya kalau service rekondisi garansi bisa 1 tahun, kalau pun setelah 1 tahun harus service lagi dan keluar biaya menurut saya tetep lebih murah dari beli parts baru (Kualitas Bagus no KW abal’2)
Sekarang beli part ori kayak shock harga nya bisa 3-4 kali lipat biaya rekondisi dan ketahanan rata’2 cuma 2-3 tahun saja, beda sama shock bawaan mobil dari baru.
Saya pernah ke bengkel mobil CEK KAKI di Jagakarsa Jaksel, dekat dr Depok juga, saat cek di estimasi mekanik nya jujur dan harga gak getok. Pantas bengkel nya lumayan ramai. Review ulasan dari pelanggan nya juga bagus.. dan kita di kasih lihat fisik parts yg rusak dan masih bagus kayak apa.
Cek doang Gratis ruang tunggu nya juga nyaman