Tanya2 soal BMW E39

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Tanya2 soal BMW E39

Post by Asfur »

Om2 master boleh disharing2 tentang suka duka piara e39, lagi ada angan2 semoga bisa kebeli e39, btw sekitar 2-3 thn lalu sempet hunting ini mobil dan menemukan unit yg hampir ngk pernah ada yg fresh, jadi batal beli krn :
1. ketemu yg rada2 fresh pun rata2 interior dalemnya juga pada kalah sama usia terutama console tengah yg terbuat dari karet itu pada pecah2 dan lumer2
2. yg tipe 525,528 dan 530 nya rata2 electric knob nya udah pada oglek2 atau letoy2, dipegang aja ngeri putus :glodak:
3. karet2 di engine bay rata2 juga pada brutusan dan pecah2 yg km nya masih 50 rb ke bawah, jgn kata yg udah diatas itu.
4. kalo ini sy blm pernah cobain krn ngk ngetes malem2, tp sempet nanya2 di fesbuk e39, rata2 owner pada bilang lampu e39 mau pfl dan fl nya semua kagak ada yg terang bawaan pabriknya, jadi dipasang after market macam bosch yg watt lbh gede ataupun HID aftermarket. nah apakah bener lampu e39 ini ngk terang?
5. dan setirnya apakah bener berat yah, soalnya test bbrp unit semua sih PS nya berat yah, nah ini sy bandingin dgn mobil2 jepun dan w204 yg sangat enteng :mky_01:
6. nah point2 apalagi yah yg mengerikan di e39 ini, apakah racksteer nya cepet rusak, apakah mesinnya reliable..dsb
7. anggap aja dpt unit wajar (kalo dpt yg mint yah lbh hoki lah) apakah nie mobil tetep sakaw ngebengkel? btw mobil cuman dipake wiken doang.

Thanks yah om.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by pendoli »

Baru ngangkat e39 mayan seger januari kemaren
Di scan ga ada error
Cuma emang socket lampu keropos haha jd sering mati angel eyes
Owner sebelumnya dah ganti lampu uga jd ga tau deh oem terang apa ngga
Setir walau sehat lebih berat dari w204 dan x156
Ngebengkel masi wajar2 aja si gw cuma beresin printilan aja n preventif
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by pendoli »

sial ah baru ngepost eh tau2 hari ini bocor ijo2 kayanya coolant hahahah padahal ga kmana2 hari ini
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by rendr »

haloo om bantu izin jawab....

saya pake e39 dari odo 170rban sampe 250rban dari tahun 2013-2017... capek sih jujur, bahkan saya udh ga minat lagi liat e39 even low km.. hahahaha

tapi ya kalo udah ngidam sulit, coba aja... yg namanya kabin bocor, overheat, ac panas, interior mleyot2, udah semua... as roda oblak juga, oya ini mobil kaki2 lumayan mahal ya dan buanyak titiknya, as roda sama bearing terutama yg mahal.. ini mobil yg bikin kita jantung berdebar2 terus, was2 bawaannya

soal lampu? yah itulah seninya... di getok dulu batok nya baru nyala, atau di goyang2 soketnya biar nyala.. ya biasa wkwkwk

redup? itusih lampu utama udh kyk lampu foglamp ya wkwkwk, ada yg retrofit pake proyektor fortuner biar terang, oiya kalo HID kudu yg ballast gede biar ga error lampu di dashboard nyala... wiper juga unik kebalik, susah nyari gantinya, rata2 ganti karet aja.. cuman ya emg nyaman, kalo stir so far ga ada kendala, kalo berat itu kuras minyak PS nya aja ganti pake Aisin AFW+...



kesimpulan :
cari yg lain aja wkwkwkwk masih ada yg seru kok kyk :
infiniti A32 / A33
Teana J31
Camry 3.5q
atau eropa yg msh lbh reliable ya w210...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Jose »

mobil bekas, dibawah tahun 2015, sekinclong apapun pasti akan ada problem yang bermunculan, atau ada aja bagian interior yang udah getas, apalagi BMW

saya sih mobil paling tua baru pernah miara camry 3.5Q tahun 2007. Seru sih, big sedan, big power, tons of feature..but it will cost your time, karena problemnya biasanya muncul bergantian. Beres benerin kaki, nanti electrical kena, beres electrical eh cooling system kena, setelah beres eh kaki-kaki bunyi lagi..dan seterusnya. Di Camry problem2 tsb cukup murah cost-nya, tapi waktu yang kita harus spending utk cari problem & ke bengkel itu kadang bikin cape juga hahaha

So, owning sedan tua kemarin saya anggap belajar, lumayan nambah pengetahuan saya ttg cara kerja berbagai komponen mobil & potensi permasalahannya, itu nggak kita dapetin saat owning mobil baru.
Increase speed = increase Risk
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by KielConstantine »

pendoli wrote: Thu Feb 24, 2022 7:38 sial ah baru ngepost eh tau2 hari ini bocor ijo2 kayanya coolant hahahah padahal ga kmana2 hari ini
Wkwkwkkwwkkwk … musyrik om kalo ngomongin baling2 bambu. Bisa auto ngambek pdhl kg di apa2in :mky_04:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Omnibus »

sbg salah satu mantan user e39, nubi numpang duduk di pojokan aja sambil baca2 cerita para mastah. ai sampe skrg msh belom bisa move on dr gedek nya rasa hati jd skrg lbh pilih bungkam drpd tambah gedek. :wkkk:

waktu itu sy punya unit 1997 beli di thn 2002. ga kebayang punya gituan skrg, pasti lbh muntah darah. :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 10:41 sbg salah satu mantan user e39, nubi numpang duduk di pojokan aja sambil baca2 cerita para mastah. ai sampe skrg msh belom bisa move on dr gedek nya rasa hati jd skrg lbh pilih bungkam drpd tambah gedek. :wkkk:

waktu itu sy punya unit 1997 beli di thn 2002. ga kebayang punya gituan skrg, pasti lbh muntah darah. :mky_01:



saya ada rotor depan e39 baru gress 100% anyar brand new mbah, mau? sapa tau clbk setelah itu...
buat mbah, cukup martabak seloyang ama sale pisang sekilo.

:mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Feb 24, 2022 10:59
Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 10:41 sbg salah satu mantan user e39, nubi numpang duduk di pojokan aja sambil baca2 cerita para mastah. ai sampe skrg msh belom bisa move on dr gedek nya rasa hati jd skrg lbh pilih bungkam drpd tambah gedek. :wkkk:

waktu itu sy punya unit 1997 beli di thn 2002. ga kebayang punya gituan skrg, pasti lbh muntah darah. :mky_01:



saya ada rotor depan e39 baru gress 100% anyar brand new mbah, mau? sapa tau clbk setelah itu...
buat mbah, cukup martabak seloyang ama sale pisang sekilo.

:mky_03:
ogah.

tuh tawarin para mastah aja. :big_biglaugh:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Asfur »

Wahh ahhahahaha, baca komen master2 diatas membuat sy merasa beruntung dulu ngk nekad ambil e39, jadi beli cr2, lantaran ngk dpt unit yg sesuai hati(untunk ngk dapet wkwkwk). Rupanya segitu seremnya piara e39.

Skrg kok jd kepengen kalo ada rejeki, tp ah sudah lupalan lah drpd boncos ngebengkel.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by pendoli »

Asfur wrote: Thu Feb 24, 2022 12:47 Wahh ahhahahaha, baca komen master2 diatas membuat sy merasa beruntung dulu ngk nekad ambil e39, jadi beli cr2, lantaran ngk dpt unit yg sesuai hati(untunk ngk dapet wkwkwk). Rupanya segitu seremnya piara e39.

Skrg kok jd kepengen kalo ada rejeki, tp ah sudah lupalan lah drpd boncos ngebengkel.
Wkwkwk daripada penasaran om sikat aja sebentarr sebelum punah 🤣
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Pboyz97 »

Asfur wrote: Thu Feb 24, 2022 3:21 Om2 master boleh disharing2 tentang suka duka piara e39, lagi ada angan2 semoga bisa kebeli e39, btw sekitar 2-3 thn lalu sempet hunting ini mobil dan menemukan unit yg hampir ngk pernah ada yg fresh, jadi batal beli krn :
1. ketemu yg rada2 fresh pun rata2 interior dalemnya juga pada kalah sama usia terutama console tengah yg terbuat dari karet itu pada pecah2 dan lumer2
2. yg tipe 525,528 dan 530 nya rata2 electric knob nya udah pada oglek2 atau letoy2, dipegang aja ngeri putus :glodak:
3. karet2 di engine bay rata2 juga pada brutusan dan pecah2 yg km nya masih 50 rb ke bawah, jgn kata yg udah diatas itu.
4. kalo ini sy blm pernah cobain krn ngk ngetes malem2, tp sempet nanya2 di fesbuk e39, rata2 owner pada bilang lampu e39 mau pfl dan fl nya semua kagak ada yg terang bawaan pabriknya, jadi dipasang after market macam bosch yg watt lbh gede ataupun HID aftermarket. nah apakah bener lampu e39 ini ngk terang?
5. dan setirnya apakah bener berat yah, soalnya test bbrp unit semua sih PS nya berat yah, nah ini sy bandingin dgn mobil2 jepun dan w204 yg sangat enteng :mky_01:
6. nah point2 apalagi yah yg mengerikan di e39 ini, apakah racksteer nya cepet rusak, apakah mesinnya reliable..dsb
7. anggap aja dpt unit wajar (kalo dpt yg mint yah lbh hoki lah) apakah nie mobil tetep sakaw ngebengkel? btw mobil cuman dipake wiken doang.

Thanks yah om.
nyari e39 yg kondisinya fresh emg agak susah oom, apalagi 528i, rata2 udh tangan ke sekian dan juga banyak yg bekas modif karena e39 ini memang pada jamannya termasuk mobil eropa favorit untuk dimodifikasi, bahkan sampai saat ini ,karena kalau sehat, e39 ini fun to drive, handling oke, tarikan enak + cukup nyaman juga walaupun gak senyaman w210 + fitur dan teknologinya tergolong cukup canggih pada masanya menurut saya. kalo tetep mau e39, jangan pake patokan harga murah, mending ambil yg lebih mahal dikit tapi siap pakai , kalo bisa ambil dari pemakai langsung , dan juga kalo bisa masih full ori luar dalam, sukur2 dapet yg masih tangan pertama dari baru , kalo mau cek e39 yg perlu diperhatiin
- rack steering
- kaki2
- paking dan mounting
- wajib gcu ke beres or spesialis yg terpercaya sebelum beli
- kalo emg masih awam , bawa kenalan yg ngerti mobil eropa buat cek unit
- service record wajib ada (mau spesialis mau beres bebas, yg penting ada record penggantian partsnya)
- pastikan matic dan elektrikalnya sehat (gak jedug or nyentak or ndut ndutan pas test drive) dan juga wiringnya pastiin masih bagus dan ori semua, gak ada bekas akal2an, tambal2an atau jumper2an , sama siapin spare budget minimal 30-35 jt buat perbaikkan dan cari koneksi sebanyak2nya ke spesialis dan komuntias, karena selisihnya lumayan banyak dibanding beres

kalo soal lampu sih buat saya pribadi terang2 aja ya (maklum biasa make mobil jepang :big_biglaugh: ) , cuma yg saya perhatiin dijalan emg cukup banyak E39 terutama yg 528i pfl yg udh diganti sm LED aftermarket, model angel eyes gitu hehehe

kalo soal ppoin no 5, saya kurang tau, kalo yg no 6, sudah saya sebutkan diatas, kalo racksteeringnya sih gak juga, cuma kalo dibanding w210, lebih awet w210 menurut saya, walaupun semuanya kembali ke kondisi awalnya seperti apa unitnya. kemudian untuk mesinnya, saya rasa cukup reliable ya (asal kondisinya masih standar bawaan pabrik, bukan ex oprekkan atau stroke up) , partnya juga masih cukup mudah kalo di jakarta, banyak spesialisnya yg bisa handle, intinya sih coba cari unit yg se ori mungkin, buka bekas modif or akal2an , karena saya perhatiin entah benar or tidak, cukup banyak e39 yg udh ancur2an kondisinya maaf kata memprihantinkan kalo di jakarta, apalagi 528, kalo 520, 525 atau 530, masih cukup banyak yg seger dan full ori luar dalam saya perhatiin

kalo emg dapet yg seger ya siapin budget minimal 30jtan buat service (lebih bagus kalo perbaikkannya jauh dibawah itu yg kentara pas cek unitnya) , dan pastiin udh nyari bengkel spesialis dan refrensi komunitasnya sebelum beli, jadi ada gambaran tentang maintenance mobil itu kedepannya seperti apa
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Pboyz97 »

Asfur wrote: Thu Feb 24, 2022 12:47 Wahh ahhahahaha, baca komen master2 diatas membuat sy merasa beruntung dulu ngk nekad ambil e39, jadi beli cr2, lantaran ngk dpt unit yg sesuai hati(untunk ngk dapet wkwkwk). Rupanya segitu seremnya piara e39.

Skrg kok jd kepengen kalo ada rejeki, tp ah sudah lupalan lah drpd boncos ngebengkel.
serem / gak nya ya tergantung kitanya oom, kalo dapet unit yg ga seger ya bakal begitu, apalagi tau sendiri e39, apalagi 528 i udh jarang bgt yg bagus, nyari yg full ori aja susahnya minta ampun ,karena rata2 kondisinya sorry to say udh pada jamet dan ex modif + oprek sana sini, beda sm 520, 525, 530 yg casenya mirip tapi mendingan lah kondisinya menurut pengamatan sotoy saya dibanding 528

sama kaya saya oom, tadinya udh niatin mau nekad ambil w204fl or w205 buat iseng2 didagangin jadinya beli ANF VRZ :big_biglaugh: . kalo masalah boncos nya ya tergantung, kalo om udh riset semua, misalkan om cari spesialis yg emg bisa om percaya dan ada koneksi ke komunitasnya ya gak terlalu, apalagi waktu om banyak, minimal ada gambaran, berapa biaya yg om mesti keluarin secara estimasi buat perbaikkin mobil itu in general hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by KielConstantine »

Asfur wrote: Thu Feb 24, 2022 12:47 Wahh ahhahahaha, baca komen master2 diatas membuat sy merasa beruntung dulu ngk nekad ambil e39, jadi beli cr2, lantaran ngk dpt unit yg sesuai hati(untunk ngk dapet wkwkwk). Rupanya segitu seremnya piara e39.

Skrg kok jd kepengen kalo ada rejeki, tp ah sudah lupalan lah drpd boncos ngebengkel.
:big_biglaugh:

Yang bikin capek, bolak balik bengkelnya doank sih om…

Kalo harga sparepart seh dibilang so so aja lah . Masih masuk akal & affordable , termasuk kuat jg tuh engine M54 ..

Tapi kaga tau ah .. namanya maen Russian roulette.. tau2 kena roket nyasar dari russia lagi :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
refund
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Jul 23, 2008 4:45

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by refund »

Asfur wrote:Om2 master boleh disharing2 tentang suka duka piara e39, lagi ada angan2 semoga bisa kebeli e39, btw sekitar 2-3 thn lalu sempet hunting ini mobil dan menemukan unit yg hampir ngk pernah ada yg fresh, jadi batal beli krn :
1. ketemu yg rada2 fresh pun rata2 interior dalemnya juga pada kalah sama usia terutama console tengah yg terbuat dari karet itu pada pecah2 dan lumer2
2. yg tipe 525,528 dan 530 nya rata2 electric knob nya udah pada oglek2 atau letoy2, dipegang aja ngeri putus :glodak:
3. karet2 di engine bay rata2 juga pada brutusan dan pecah2 yg km nya masih 50 rb ke bawah, jgn kata yg udah diatas itu.
4. kalo ini sy blm pernah cobain krn ngk ngetes malem2, tp sempet nanya2 di fesbuk e39, rata2 owner pada bilang lampu e39 mau pfl dan fl nya semua kagak ada yg terang bawaan pabriknya, jadi dipasang after market macam bosch yg watt lbh gede ataupun HID aftermarket. nah apakah bener lampu e39 ini ngk terang?
5. dan setirnya apakah bener berat yah, soalnya test bbrp unit semua sih PS nya berat yah, nah ini sy bandingin dgn mobil2 jepun dan w204 yg sangat enteng :mky_01:
6. nah point2 apalagi yah yg mengerikan di e39 ini, apakah racksteer nya cepet rusak, apakah mesinnya reliable..dsb
7. anggap aja dpt unit wajar (kalo dpt yg mint yah lbh hoki lah) apakah nie mobil tetep sakaw ngebengkel? btw mobil cuman dipake wiken doang.

Thanks yah om.
waktu tahun 2006, saya pernah beli 528i berusia 9tahun... kondisinya bagus, rapih, masih enak dipakai, tenaga juga gede. jalan di tol, nyaman banget ..

sebulan setelah dibeli, mulai deh ada keluhan di rem. saat injak rem, agak nge-loss gitu... diperbaikilah 528i ke bengkel spesialis... biaya ga seberapa, tapi mobil sembuh, dan enak lagi...

tapi setelah itu, setiap bulan selalu ada sesuatu yg memaksa kita harus berobat ke bengkel, dengan biaya makin lama koq makin gede ya?

keluhan yang paling sering terjadi, sandaran jok sopir yg rebah separo. jadi kalo duduk, punggung nya miring. aneh banget... electric seat nya juga sering bermasalah, konon itu penyakit e39, ada rancangan yg kurang sempurna di e39.

karet2 meleleh? sudah pasti... di sana sini meleleh... hingga akhirnya plafond ambrol saat di tengah perjalanan, bikin kaget aja... kaca jendela tiba2 turun 10cm saat di parkir juga pernah lho.

setelah dipakai setahun, rasanya udah pengen goodbye ama si e39... tapi nyonya sayang banget ama si 528i itu... ga boleh dijual. padahal saat itu kantong mulai menjerit karena si bmw selalu minta jajan. dan buang waktu ke bengkel... sebulan minimal sekali harus ada yg diurus di bengkel. aneh...

belakangan, konsumsi premix (eh pertamax) nya = 1lt utk perjalanan 3,5km... bener2 pedih di kantong. hingga mau dipake pergi2an jauh, harus banyak pertimbangan bahan bakar. nyonya yg ga isi bahan bakar, cuek aja tiap kali dibilang ini mobil boros bukan main.
tapi nyonya tetep demen ama mobil ini, sebab kalo ke mall selalu dikasih tempat parkir oleh bapak parkir. walau parkiran mall penuh, selalu aja sisa lahan buat BMW. heran...

sekali waktu, di suatu siang, nyonya hendak menjemput anak pulang sekolah. apa yg terjadi? ke-4 pintu mobil ga bisa dibuka. nyonya terjebak di dalam mobil, di bawah sinar matahari... panas, pengap juga bang... mau coba pecahin kaca, karena mulai panik takut mati lemas, ternyata ga mudah memecahkan kaca. akhirnya panggil montir bmw datang ke lokasi, untung ada yg mau datang... saya lupa saat itu bagaimana cara membuka pintu. tapi setelah kejadian iu, nyonya ga mau pake mobil itu lagi, dan maksa dijual.
ga gampang juga saat itu jualnya. sampe sekali waktu ada yg buka harga, langsung disodorin deh...

saat ini, jika saya mengajukan hendak beli BMW, walau tahun muda, nyonya langsung menolak mentah mentah.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by gadjahalphien »

refund wrote: Thu Feb 24, 2022 18:19
Asfur wrote:Om2 master boleh disharing2 tentang suka duka piara e39, lagi ada angan2 semoga bisa kebeli e39, btw sekitar 2-3 thn lalu sempet hunting ini mobil dan menemukan unit yg hampir ngk pernah ada yg fresh, jadi batal beli krn :
1. ketemu yg rada2 fresh pun rata2 interior dalemnya juga pada kalah sama usia terutama console tengah yg terbuat dari karet itu pada pecah2 dan lumer2
2. yg tipe 525,528 dan 530 nya rata2 electric knob nya udah pada oglek2 atau letoy2, dipegang aja ngeri putus :glodak:
3. karet2 di engine bay rata2 juga pada brutusan dan pecah2 yg km nya masih 50 rb ke bawah, jgn kata yg udah diatas itu.
4. kalo ini sy blm pernah cobain krn ngk ngetes malem2, tp sempet nanya2 di fesbuk e39, rata2 owner pada bilang lampu e39 mau pfl dan fl nya semua kagak ada yg terang bawaan pabriknya, jadi dipasang after market macam bosch yg watt lbh gede ataupun HID aftermarket. nah apakah bener lampu e39 ini ngk terang?
5. dan setirnya apakah bener berat yah, soalnya test bbrp unit semua sih PS nya berat yah, nah ini sy bandingin dgn mobil2 jepun dan w204 yg sangat enteng :mky_01:
6. nah point2 apalagi yah yg mengerikan di e39 ini, apakah racksteer nya cepet rusak, apakah mesinnya reliable..dsb
7. anggap aja dpt unit wajar (kalo dpt yg mint yah lbh hoki lah) apakah nie mobil tetep sakaw ngebengkel? btw mobil cuman dipake wiken doang.

Thanks yah om.
waktu tahun 2006, saya pernah beli 528i berusia 9tahun... kondisinya bagus, rapih, masih enak dipakai, tenaga juga gede. jalan di tol, nyaman banget ..

sebulan setelah dibeli, mulai deh ada keluhan di rem. saat injak rem, agak nge-loss gitu... diperbaikilah 528i ke bengkel spesialis... biaya ga seberapa, tapi mobil sembuh, dan enak lagi...

tapi setelah itu, setiap bulan selalu ada sesuatu yg memaksa kita harus berobat ke bengkel, dengan biaya makin lama koq makin gede ya?

keluhan yang paling sering terjadi, sandaran jok sopir yg rebah separo. jadi kalo duduk, punggung nya miring. aneh banget... electric seat nya juga sering bermasalah, konon itu penyakit e39, ada rancangan yg kurang sempurna di e39.

karet2 meleleh? sudah pasti... di sana sini meleleh... hingga akhirnya plafond ambrol saat di tengah perjalanan, bikin kaget aja... kaca jendela tiba2 turun 10cm saat di parkir juga pernah lho.

setelah dipakai setahun, rasanya udah pengen goodbye ama si e39... tapi nyonya sayang banget ama si 528i itu... ga boleh dijual. padahal saat itu kantong mulai menjerit karena si bmw selalu minta jajan. dan buang waktu ke bengkel... sebulan minimal sekali harus ada yg diurus di bengkel. aneh...

belakangan, konsumsi premix (eh pertamax) nya = 1lt utk perjalanan 3,5km... bener2 pedih di kantong. hingga mau dipake pergi2an jauh, harus banyak pertimbangan bahan bakar. nyonya yg ga isi bahan bakar, cuek aja tiap kali dibilang ini mobil boros bukan main.
tapi nyonya tetep demen ama mobil ini, sebab kalo ke mall selalu dikasih tempat parkir oleh bapak parkir. walau parkiran mall penuh, selalu aja sisa lahan buat BMW. heran...

sekali waktu, di suatu siang, nyonya hendak menjemput anak pulang sekolah. apa yg terjadi? ke-4 pintu mobil ga bisa dibuka. nyonya terjebak di dalam mobil, di bawah sinar matahari... panas, pengap juga bang... mau coba pecahin kaca, karena mulai panik takut mati lemas, ternyata ga mudah memecahkan kaca. akhirnya panggil montir bmw datang ke lokasi, untung ada yg mau datang... saya lupa saat itu bagaimana cara membuka pintu. tapi setelah kejadian iu, nyonya ga mau pake mobil itu lagi, dan maksa dijual.
ga gampang juga saat itu jualnya. sampe sekali waktu ada yg buka harga, langsung disodorin deh...

saat ini, jika saya mengajukan hendak beli BMW, walau tahun muda, nyonya langsung menolak mentah mentah.
Kok dua cerita ini membuat mengernyitkan mata ya om.
Apalagi teringat circa 2017 sempat nyari mobil ini sebagai kandidat mobil pertama setelah kerja.

Bahkan sampai sekarang pun masih cukup senang melihat mobil ini.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Asfur »

refund wrote: Thu Feb 24, 2022 18:19
keluhan yang paling sering terjadi, sandaran jok sopir yg rebah separo. jadi kalo duduk, punggung nya miring. aneh banget... electric seat nya juga sering bermasalah, konon itu penyakit e39, ada rancangan yg kurang sempurna di e39.

karet2 meleleh? sudah pasti... di sana sini meleleh... hingga akhirnya plafond ambrol saat di tengah perjalanan, bikin kaget aja... kaca jendela tiba2 turun 10cm saat di parkir juga pernah lho.
wah iya nih, waktu itu sempet ketemu unit 528 ori full tangan 1 jalan baru 10rb km, tp sayang itu mobil abandoned diparkiran aja kelamaan dan hanya di panasin maju mundur krn bekas neneknya dan sang nenek stlh meninggal ngk ada yg mau pake lagi, tp kondisinya itu body jadi besot krn lahan parkir rumahnya ngk gede, plafon udah ada yg turun2, dan electric seatnya itu pas sy ngetes dia maju separo [emo-yesno] , untung kagak diomelin, krn mnrt dia emang itu PR om mesti dibenerin katanya, console pada meleleh, sempet mikir2 tp akhirnya sy ngk berani follow up lagi. Buka harga wkt itu 125 jt, trus saat masih pantau2 olx lagi bbrp bulan kedepan, mobilnya kayaknya diambil sorum dan dijual 200 jt an, udah pindah sorum sana sini, entah srkg sdh laku blm.
cruising
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri May 13, 2016 2:22
Location: Bekasi

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by cruising »

Saya belum lama ini beli E39 530 2001 sebelumnya biasa pakai Merc, sudah lumayan banyak belanja buat benerin modul ABS, Rem dan kaki kaki. Selama saya pakai ada beberapa kelebihan dan kekurangan yg saya temui :

Pros
+ Handling enak, agile, bantingan empuk
+ Mesin dan transmisi lebih responsive daripada merc (w124 300E, w210 E320)
+ Wangi khas BMW enak
+ Tampilan luar oke (subjektif)
+ Fiturnya lumayan canggih di zamannya

Kons
- Posisi Ecu dekat talang air, rawan kerendem kalau parkir diluar saat hujan deras (sudah sempat alami)
- Posisi Modul ABS persis diatas exhaust manifold kalau overheat lampu abs langsung nyala (gak boleh berhenti terlalu lama kondisi mesin hidup)
- Plastik interior gampang getas, terutama yg plastik cover jok
- Plastik dikolong mobil (fender, cover mesin, cover fuel pump dll) rata rata hancur. Kalau mau beli wajib cek kolong mobil
- Soket third brake lamp rata-rata meleleh karena bohlam terlalu panas, kalau ganti led indikator dashboard pasti nyala
- setir agak berat bagi sebagian orang
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Asfur »

cruising wrote: Fri Feb 25, 2022 1:38 Kons
- Posisi Ecu dekat talang air, rawan kerendem kalau parkir diluar saat hujan deras (sudah sempat alami)
- Posisi Modul ABS persis diatas exhaust manifold kalau overheat lampu abs langsung nyala (gak boleh berhenti terlalu lama kondisi mesin hidup)
- Plastik interior gampang getas, terutama yg plastik cover jok
- Plastik dikolong mobil (fender, cover mesin, cover fuel pump dll) rata rata hancur. Kalau mau beli wajib cek kolong mobil
- Soket third brake lamp rata-rata meleleh karena bohlam terlalu panas, kalau ganti led indikator dashboard pasti nyala
- setir agak berat bagi sebagian orang
- berarti kalo macet2an bisa dag dig dug yah, instrumen bisa ada yg ngambek
- iya plastik2 emang sy liat ada bbrp yg pada patah
- kolong fender juga nemuin ada bbrp yg udah pada koyak plastik fendernya.
- kalo buat saya malah setirnya terasa berat [emo-yesno]
filmkartun2012
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Tue Nov 20, 2012 2:00

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by filmkartun2012 »

Ikut baca-baca ya om
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 952
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by vanosz »

KielConstantine wrote: Thu Feb 24, 2022 17:08
Asfur wrote: Thu Feb 24, 2022 12:47 Wahh ahhahahaha, baca komen master2 diatas membuat sy merasa beruntung dulu ngk nekad ambil e39, jadi beli cr2, lantaran ngk dpt unit yg sesuai hati(untunk ngk dapet wkwkwk). Rupanya segitu seremnya piara e39.

Skrg kok jd kepengen kalo ada rejeki, tp ah sudah lupalan lah drpd boncos ngebengkel.
:big_biglaugh:

Yang bikin capek, bolak balik bengkelnya doank sih om…

Kalo harga sparepart seh dibilang so so aja lah . Masih masuk akal & affordable , termasuk kuat jg tuh engine M54 ..

Tapi kaga tau ah .. namanya maen Russian roulette.. tau2 kena roket nyasar dari russia lagi :wkkk:
:big_think:

ane pulang dan peegi sering lewat bengkel merk mobil ini selalu rame ya gans,

kynya orangnya pada hepi di situ,

senang kongkow gitu kynya,atau kopdar istilahnya x ya gans,

kadang ada ane liat di turunin dari mobil gendong gans,

mungkin saking sayangnya sama tuh merk mobil ini sampe gak di jalanin,



jd seringnya di gendong aja x ya gans,istimewa

mlh berhari hari ane lewat mobilnya masih ada gans,

klo sultan sering begtu x ya gans,


ane belum sanggup beli merk ini ikutan jadi sultan gans, :big_cry:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Asfur »

vanosz wrote: Sat Feb 26, 2022 23:19
:big_think:

ane pulang dan peegi sering lewat bengkel merk mobil ini selalu rame ya gans,

kynya orangnya pada hepi di situ,

senang kongkow gitu kynya,atau kopdar istilahnya x ya gans,

kadang ada ane liat di turunin dari mobil gendong gans,

mungkin saking sayangnya sama tuh merk mobil ini sampe gak di jalanin,



jd seringnya di gendong aja x ya gans,istimewa

mlh berhari hari ane lewat mobilnya masih ada gans,

klo sultan sering begtu x ya gans,


ane belum sanggup beli merk ini ikutan jadi sultan gans, :big_cry:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: bisa aja si agan tata kalimatnya , jadi gatheringnya dibengkel yah bukan di cafe atau di mall [emo-yesno]
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by Bean06 »

Stelah baca replies di sini. Jadi saya tahu kenapa lebih jarang ditemui di jalan weekdays daripada new eyes yang seangkatan.
clk230i
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Sep 03, 2017 16:10
Location: bandung

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by clk230i »

Asfur wrote: Fri Feb 25, 2022 1:10
refund wrote: Thu Feb 24, 2022 18:19
keluhan yang paling sering terjadi, sandaran jok sopir yg rebah separo. jadi kalo duduk, punggung nya miring. aneh banget... electric seat nya juga sering bermasalah, konon itu penyakit e39, ada rancangan yg kurang sempurna di e39.

karet2 meleleh? sudah pasti... di sana sini meleleh... hingga akhirnya plafond ambrol saat di tengah perjalanan, bikin kaget aja... kaca jendela tiba2 turun 10cm saat di parkir juga pernah lho.
wah iya nih, waktu itu sempet ketemu unit 528 ori full tangan 1 jalan baru 10rb km, tp sayang itu mobil abandoned diparkiran aja kelamaan dan hanya di panasin maju mundur krn bekas neneknya dan sang nenek stlh meninggal ngk ada yg mau pake lagi, tp kondisinya itu body jadi besot krn lahan parkir rumahnya ngk gede, plafon udah ada yg turun2, dan electric seatnya itu pas sy ngetes dia maju separo [emo-yesno] , untung kagak diomelin, krn mnrt dia emang itu PR om mesti dibenerin katanya, console pada meleleh, sempet mikir2 tp akhirnya sy ngk berani follow up lagi. Buka harga wkt itu 125 jt, trus saat masih pantau2 olx lagi bbrp bulan kedepan, mobilnya kayaknya diambil sorum dan dijual 200 jt an, udah pindah sorum sana sini, entah srkg sdh laku blm.
kayaknya pernah denger cerita tentang E39 ini..kalo ga salah setelah dibeli girbox jebol deh.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Tanya2 soal BMW E39

Post by thestoneroses »

Bean06 wrote: Sun Feb 27, 2022 15:00 Stelah baca replies di sini. Jadi saya tahu kenapa lebih jarang ditemui di jalan weekdays daripada new eyes yang seangkatan.
Apple to apple dgn w140-e38 ya oom?
140 di jalanan, hari kerja masih bisa ditemui, agak lumayan.
Ron Asheton Forever